Arsitektur
Home > LOEKELOE > TEKNIK > Arsitektur > [ask] rak dinding/tempel
Total Views: 15946
Page 1 of 3 |  1 2 3 > 

uneh - 11/04/2010 11:41 PM
#1
[ask] rak dinding/tempel
agan agan para master disini, mo tanya nih.







itu kan posisi rak nempel ke tembok tanpa kaki.
nah, ane bingung neh, nempelnya pake apa yah?
sistemnya gimana ?

ada yang bisa kasih tau gak ? ato referensiin webnya yang bisa jelasin seputar rak tempel tsb.

btw biasanya pake bahan apa yah gan buat rak kek gt?

tq before
detonasi - 12/04/2010 05:52 PM
#2

mungkin bisa dengan skrup..(nemu waktu liat majalah )
Spoiler for sekrup


kl bahan cari aja kayu yg ringan
motosuki - 13/04/2010 01:51 AM
#3

sederhana nya kayak gini kali ya
dibuatkan pasak-pasak dari lemari tempel, yang siap ditempel ke dinding yang sudah dibolongkan pada bagian pasak.
penempelan bisa dilakukan terpisah, misalkan pada bagian-bagian yang ditempel pasak terlebih dahulu, setelah itu rak-rak nya dipasang berikutnya untuk memudahkan pemasangan.

kuching garong - 13/04/2010 03:36 AM
#4

pake klos dengan lidah atas dan bawah...
buayabetina - 13/04/2010 09:55 AM
#5

pas banget,,ane juga lagi bingung dalam hal pemasangan rak gantung..
nice info gan
Raspatih - 13/04/2010 01:30 PM
#6

Quote:
Original Posted By uneh



itu kan posisi rak nempel ke tembok tanpa kaki.
nah, ane bingung neh, nempelnya pake apa yah?
sistemnya gimana ?

ada yang bisa kasih tau gak ? ato referensiin webnya yang bisa jelasin seputar rak tempel tsb.

btw biasanya pake bahan apa yah gan buat rak kek gt?

tq before


Ini secara perhitungan teknisnya bener gak? Karena kayaknya bebannya tidak boleh berat. Apalagi pasaknya nancep di plywood belakang. Kayaknya buat menahan beban meja itu sendiri bisa kepayahan.

Kalo dari segi estetika, bolehlah meja nancep ke plywood seperti ini (meski nancepnya ke suwai). Tapi untuk fungsi dan daya tahan, riskan rasanya.
uneh - 13/04/2010 08:47 PM
#7

Quote:
Original Posted By motosuki
sederhana nya kayak gini kali ya
dibuatkan pasak-pasak dari lemari tempel, yang siap ditempel ke dinding yang sudah dibolongkan pada bagian pasak.
penempelan bisa dilakukan terpisah, misalkan pada bagian-bagian yang ditempel pasak terlebih dahulu, setelah itu rak-rak nya dipasang berikutnya untuk memudahkan pemasangan.



kurang lbh kaya gini yg ane bayangin.
jadi pantatnya rak di lapis pake plat besi. buat masang pischer yg ke tembok.
tapi ini agak ribet, soalnya pas pischer, mesti coak di kayu nya, buat pasang mur pischer.

nah, apa ada yang lebih simple dan pasti kuat?
beban kaya meja tempel itu, pasti di bebanin lcd sih pasti tuh.

nah, kalo pake lid siku lagi, itu jelek gan.. keliatan besinya. jadul banget. hehheh....
ayo dong, para master, kasih tau rahasianya.
uneh - 13/04/2010 08:48 PM
#8

Quote:
Original Posted By buayabetina
pas banget,,ane juga lagi bingung dalam hal pemasangan rak gantung..
nice info gan


ayo panggilin para master biar kasih rahasianya...

btw, kalo udah nemu, bagi bagi disini yak
Raspatih - 13/04/2010 11:01 PM
#9

Quote:
Original Posted By uneh
kurang lbh kaya gini yg ane bayangin.
jadi pantatnya rak di lapis pake plat besi. buat masang pischer yg ke tembok.
tapi ini agak ribet, soalnya pas pischer, mesti coak di kayu nya, buat pasang mur pischer.

nah, apa ada yang lebih simple dan pasti kuat?
beban kaya meja tempel itu, pasti di bebanin lcd sih pasti tuh.

nah, kalo pake lid siku lagi, itu jelek gan.. keliatan besinya. jadul banget. hehheh....
ayo dong, para master, kasih tau rahasianya.


LCD nya pake briket di dinding. Kalo LCD ditaruh di meja gantung itu, jamin gak lama ambrol
kuching garong - 14/04/2010 12:39 AM
#10

mungkin kayak gini gan....
Spoiler for ilustrasi


uneh - 15/04/2010 10:39 PM
#11

Quote:
Original Posted By Raspatih
LCD nya pake briket di dinding. Kalo LCD ditaruh di meja gantung itu, jamin gak lama ambrol


masa sih gan ??
kalo lagi ga butuh, ane kadang ga merhatiin sih...
giliran butuh aja sekarang. bingung dah...
perasaan orang laen ada yang di kasih beban deh, tapi ane mo le;i;ing dulu deh, buat liat contoh contohnya.

Quote:
Original Posted By kuching garong
mungkin kayak gini gan....
Spoiler for ilustrasi




thx buat il;ustrasinya..
kalo begitu, seperti kata yang laen, itu ga pake beban yah ?
rencana sih ane juga ga pake beban berat, paling pajangan pajangan,
nah, buat di ruang nonton tv, rencananya pengen buat naru LCD, ato ngga tv tabung gitu...
kuat ga tuh ?
kuching garong - 16/04/2010 04:05 AM
#12

Quote:
Original Posted By uneh

thx buat il;ustrasinya..
kalo begitu, seperti kata yang laen, itu ga pake beban yah ?
rencana sih ane juga ga pake beban berat, paling pajangan pajangan,
nah, buat di ruang nonton tv, rencananya pengen buat naru LCD, ato ngga tv tabung gitu...
kuat ga tuh ?



ini udah ane sering kerjain gan....
kuat kalo cuma buat TV plasma/LCD plus kakinya...
idealnya sih kalo beban TV plasma/LCD pake bracket digantung di backing panel pake skrup atau kedinding pake fischer plus skrup.
(seperti di foto no.2 panel yang udah ada kabel audio-video, outlet TV dan stop kontak)

bahkan kitchen set (khususnya cabinet atas) pake sistim ini
tegoehs34 - 16/04/2010 02:47 PM
#13

Quote:
Original Posted By kuching garong
mungkin kayak gini gan....
Spoiler for ilustrasi




wow...ini dia yg saya cari2... makasih gan..kayaknya juga ribet kalo pake skrup
suckz91 - 17/04/2010 01:24 AM
#14

Quote:
Original Posted By uneh
masa sih gan ??
kalo lagi ga butuh, ane kadang ga merhatiin sih...
giliran butuh aja sekarang. bingung dah...
perasaan orang laen ada yang di kasih beban deh, tapi ane mo le;i;ing dulu deh, buat liat contoh contohnya.



thx buat il;ustrasinya..
kalo begitu, seperti kata yang laen, itu ga pake beban yah ?
rencana sih ane juga ga pake beban berat, paling pajangan pajangan,
nah, buat di ruang nonton tv, rencananya pengen buat naru LCD, ato ngga tv tabung gitu...
kuat ga tuh ?


pasti gak kuat...
tuh liad aja kabel LCDnya tinggi gitu..
LCDnya digantung juga gan..
apalagi TV tabung..
eddokopimanis - 17/04/2010 01:56 PM
#15

Quote:
Original Posted By kuching garong
mungkin kayak gini gan....
Spoiler for ilustrasi





misi gan...mo tanya .ni kuat y gan kalo posisi kea gt.?

kira2 buat lemari apaan itu gan.?? kalo kea lemari baju gitu kuat ga?
KIDRoach - 17/04/2010 02:32 PM
#16

^Biasa nya yang digantung itu setau gw rak buku.

Kalo buat baju, biasa nya takut rak nya rusak dan menurut gw kurang begitu berguna. Masalah nya, kalo untuk baju, biasa nya tempat baju nya tidak terlalu kuat jadi rak baju nya yang rusak ketika baju nya kebanyakan.

Kalo mau dibikin bisa jg, kalo mau aman, banyakin aja koneksi ke dinding nya...

Quote:
Original Posted By suckz91
pasti gak kuat...
tuh liad aja kabel LCDnya tinggi gitu..
LCDnya digantung juga gan..
apalagi TV tabung..


Tergantung jg sih menurut gw...

Belum tentu ga kuat, kalo dipasang nya bener...

Kalo dipasang pake paku biasa aja ya pasti jatuh lagi... Tapi kalo pake fisser (Kalo ga salah itu namanya di Indo) harus nya gpp. Ini ada beberapa jenis fisser nya...
http://www.do-it-yourself-help.com/wall_anchors.html
kuching garong - 18/04/2010 01:04 AM
#17

Quote:
Original Posted By eddokopimanis
misi gan...mo tanya .ni kuat y gan kalo posisi kea gt.?

kira2 buat lemari apaan itu gan.?? kalo kea lemari baju gitu kuat ga?



biasanya buat kitchen set atas, credenza tv, dll. kebetulan ane bergerak dibidang interior

makin panjang cabinetnya ya klosnya ikut makin panjang jadi mestinya kuat kalo bebannya cuma piring, baju, tv, buku, dan lain2......

kalo beban extra berat ya sebaiknya jangan pake lemari gantung....
bloodrayne85 - 18/04/2010 08:25 AM
#18

Quote:
Original Posted By kuching garong
mungkin kayak gini gan....
Spoiler for ilustrasi




nah biasanya pemasangan skrup di dindingnya memakai fischer.

jadi lebih aman untuk dinding (tidak rompal) dan lebih kuat utk menyangga sesuatu seperti rak gantung tersebut.
uneh - 21/04/2010 01:33 AM
#19

kemaren abis jalan2. liat liat, ada juga yang pake besi segitiga gt. paling kalo lemari sih bisa aja tuh besi segitiga nya ketutup. tp kalo yang rak buku, gimana nutupnya yah.. ...
wkwkkw...

rencana ane mo bikin rak gantung gitu bua pajangan di dinding, tempat lcd, trus juga ma buat naro wastafel di wc. ama buat rak buku gt....


paling banyak sih ya pake fischer gt....
tapi kalo mo kuat pake yang besi kali yah... disini sih biasana di bilang ramset. jadi bukan skrup yang masuk, tapi tinggal kunci pake mur, semua bahan dari logam...


btw, buat rak dinding kaya buat rakbuku ato meja lcd gt, biasanya pake bahan apa ya bikinya?
multiplek kah? trus finishing pake semacem lapisan kayu yang imitasi?
ato kayu beneran?
kuching garong - 21/04/2010 10:55 PM
#20

Quote:
Original Posted By uneh
kemaren abis jalan2. liat liat, ada juga yang pake besi segitiga gt. paling kalo lemari sih bisa aja tuh besi segitiga nya ketutup. tp kalo yang rak buku, gimana nutupnya yah.. ...
wkwkkw...

rencana ane mo bikin rak gantung gitu bua pajangan di dinding, tempat lcd, trus juga ma buat naro wastafel di wc. ama buat rak buku gt....


paling banyak sih ya pake fischer gt....
tapi kalo mo kuat pake yang besi kali yah... disini sih biasana di bilang ramset. jadi bukan skrup yang masuk, tapi tinggal kunci pake mur, semua bahan dari logam...


btw, buat rak dinding kaya buat rakbuku ato meja lcd gt, biasanya pake bahan apa ya bikinya?
multiplek kah? trus finishing pake semacem lapisan kayu yang imitasi?
ato kayu beneran?




banyak jalan menuju roma....

untuk material dasar....
partikel board
hardboard
mdf
mutipleks
blockboard
solidwood dll

untuk material finishing
bisa finish cat (duco, melamic, polyurethane, plitur, laquer dll) pada permukaan tripleks sungkai, nyatoh, teak, fancy, dll
bisa pakai finish tempel (hpl, tacosheet, supercon dll)

untuk accesories
bisa pakai blum, hettich, hafele, kafele, ferrari dll

kalo untuk yang model gantung disarankan menggunakan bahan dasar multipleks karena agak ringan tapi kuat....

semua tergantung selera dan isi kantong.....

Page 1 of 3 |  1 2 3 > 
Home > LOEKELOE > TEKNIK > Arsitektur > [ask] rak dinding/tempel