Militer
Home > CASCISCUS > MILITER & KEPOLISIAN > Militer > Apa perbedaan AKPOL, TARUNA SUMBER SARJANA, SECAPA, SELAPA?
Total Views: 19636
Page 8 of 9 | ‹ First  < 3 4 5 6 7 8 9 > 

indoorca - 06/05/2010 03:58 PM
#141

Quote:
Original Posted By safetha
minimal umur 16thn (enak nih,dulu jaman gw minimal 17 8bln)

tiap taon jg ntar berubah lagi
indoorca - 06/05/2010 04:25 PM
#142

Quote:
Original Posted By safetha
lulusan akpol jd perwira,bukan jadi bintara yg bawa BM ato jagain lampu merah boss..

kl di mata masyarakat, perwira dan bintara adalah sama2 melayani dan mengayomi masyarakat gan. so meski ud perwira kan tetep boleh jagain lampu merah. ya ga gan ? hehehe
adimbetand - 06/05/2010 05:28 PM
#143

Quote:
Original Posted By indoorca
kl di mata masyarakat, perwira dan bintara adalah sama2 melayani dan mengayomi masyarakat gan. so meski ud perwira kan tetep boleh jagain lampu merah. ya ga gan ? hehehe


tergantung bgain apa bro,,,klo polantas ya iya,,,tapi klo reskrim,,ya kgak
indoorca - 07/05/2010 02:21 AM
#144

Quote:
Original Posted By adimbetand
tergantung bgain apa bro,,,klo polantas ya iya,,,tapi klo reskrim,,ya kgak

yg namanya tgs mah siap dimana aj bro
pernah liat selain ditlantas tgs di lamer ?
pernah liat PM TNI tgs di lamer ?

udah lah, beda threat lg ngomongin jalur perwira polisi di beberapa jalur jd ngomongin soal tgs di lamer.
hidsan - 07/05/2010 12:32 PM
#145

waw...ane mw masuk akpol juga nih...absen disini yg mw masuk akpol
Ilhamradityo - 07/05/2010 01:09 PM
#146

nice inpoh gan...
ichigeki21 - 09/05/2010 02:24 PM
#147

gan terakhir pendaftaran kapan ya?..
sekalian persyaratannya apa ajah?..
ane mau siapain sekarang nihhh....
semoga kita masuk gannnn
Jorgicendol - 10/05/2010 04:50 AM
#148

ijin bukmark gan buat masa depan
el_khadafi - 10/05/2010 02:03 PM
#149

Quote:
Original Posted By safetha
coba memberi penjelasan yah bos... kok malah banyak yg ngaco ya ini..

AKPOL : lembaga pendidikan polri yg merekrut pemuda pemudi tamatan smu minimal umur 16thn (enak nih,dulu jaman gw minimal 17 8bln) max 21 dan para bintara polisi yg sudah berdinas selama minimal 2thn, untuk bintara max umur 21.
akpol jg menerima lulusan sarjana,tetapi maks umur 22 (waktu penerimaan tahun 2007,2008,2009 untuk sarjana max30). di akpol para taruna dibina/dipersiapkan selama krg lebih 3.5thn untuk menjadi para pemimpin polri khususnya jalur komando dan jabatan2 strategis (kapolres,kapolda,kapolri). belom pernah ada sejarahnya kapolri bukan alumni akpol. mayoritas kapolres,kapolwil,kapolda adalah dulunya alumni akpol (kira2 90%). taruna akpol merupakan prioritas pendidikan di polri,krn mereka2 ini lah yg nantinya memimpin polri (berbeda dari ppss dan secapa). lulusan akpol menyandang pangkat ipda (inspektur polisi tingkat dua)

secapa : sekolah lanjutan perwira,disini adalah sekolah lanjutan bagi bintara yg ingin menaikan golongannya dr bintara menjadi perwira. untuk syarat minimal masa dinas nya saya kurang tau. lulusan secapa menyandang pangkat ipda(inspektur polisi tingkat dua).

ppss: lembaga pendidkan polri yg hanya menerima orang sipil yg merupakan lulusan D-IV,s1,s2. untuk jurusan2 yg diterima,setiap tahun berbeda. tergantung kebutuhan polri saat itu. masa pendidikan singkat,tidak sampai 1thn. lulus mendapat pangkat ipda(inspektur polisi tingkat dua). lulusan ppss (klo di tni namanya spa pk) dikhususkan di jalur staff. makanya mereka dicari yg sudah sarjana..

nah yg jadi pertanyaan knp uda ada akpol masi ada secapa?

pertama,akpol menerima pendaftaran setahun hanya sekali dan rata2 jumlah yg diterima 300org

kedua,pola pembinaan & pendidikan akpol dengan secapa berbeda. level akpol lebih tinggi. makanya bintara yg memiliki kemampuan baik/ diatas rata2,biasanya yg lolos masuk akpol,sedangkan bintara yg hanya memiliki kemapuan rata2 biasanya daftar ke secapa.

ketiga,output akpol dan secapa beda. lebih jelasnya tanya aja ke kantor polisi ya bosss...

keempat, apa lg yah bingung... next time klo uda tau ane posting lg deh bos..


sipp.... ini yang lebih lengkap. sekedar informasi. kedepan akpol akan kembali ke lulusan smu lagi, bagi yg lulusan S1 diarahkan ke PPSS
nspb18 - 11/05/2010 09:31 PM
#150

ada yang mau ane nanya nih..
trus kira2 untuk nanti kariernya apakah ada perbedaan antara lulusan Akpol dengan PPSS? misalnya yang dari Akpol mungkin lebih diutamakan, atau bagaimana?

mohon penjelasannya buat yang tau..
Rollands_13 - 17/05/2010 08:25 PM
#151

gan klo selapa gt mksdunya gmn ?
thrx - 17/05/2010 08:35 PM
#152

hahahaha, TIDAK DIPUNGUT BIAYA APAAN NI?Biaya formulir doang yang gak dipungut
Novemb - 17/05/2010 09:18 PM
#153
mohon izin newbie gabung..
izin Gan..kalo penjurusan sesudah pendidikan itu baik dari AKPOL atauSECABA gimana ya?mohon pencerahan..
primzx - 17/05/2010 09:41 PM
#154

Quote:
Original Posted By VSVRY
permisi agan2... mohon informasinya

ada yang tau g ya... tanda ke pangkatan untuk taruna akpol

klo militer khan : prajurit taruna, sertar, sermatar.. klo akpol ??????


ini ane jg penasaran gan, apa pangkatnya brigtar (brigadir taruna)???

trus kecabangan di polisi itu ada apa aja ya gan??

kalo di TNI kan ada infanteri, zeni, kavaleri, dll.

kalo di akpol ada apa aja??
slendrocuk - 18/05/2010 08:42 AM
#155

Quote:
Original Posted By nspb18
ada yang mau ane nanya nih..
trus kira2 untuk nanti kariernya apakah ada perbedaan antara lulusan Akpol dengan PPSS? misalnya yang dari Akpol mungkin lebih diutamakan, atau bagaimana?

mohon penjelasannya buat yang tau..

gini gan,,kalo lulusan akpol itu disiapkan untuk menjadi pejabat teras polri,,karena dalam masa pendidikan.nya yg cukup lama (4thn) taruna akpol dilatih untuk menguasai berbagai macam keahlian(menembak,,sar,,terjun,,survival,,diving,,anti teror,,dll)..disamping latihan,,taruna akpol jg kuliah selama pendidikan,,setau ane akpol kerjasama bareng undip dalam tenaga pengajar.nya.. jd lulusan akpol sangat mungkin menduduki jabatan strategis di kepolisian misal: kapolsek,kapolres,kapolwil,kapolda,kabareskrim sampai kapolri..lulus akpol pangkat inspektur dua loh..

beda dengan PPSS mereka jg sama dgn akpol setelah lulus pendidikan yg kira2 hanya 10 bulan mereka jg diberi pangkat inspektur dua,,tp lulusan PPSS tidak bisa menduduki jabatan strategis di kepolisian,,karena tdk punya dasar pasukan..mereka bekerja sesuai keahlian mereka sewaktu kuliah di tempat umum.. misal dulunya kuliah kedokteran,,setelah lulus PPSS maka ditempatkan di DOKKES polri,,sebagai dokter..tp punya pangkat..kira2 gitu gan.. CMIIW ya...
slendrocuk - 18/05/2010 08:54 AM
#156

Quote:
Original Posted By primzx
ini ane jg penasaran gan, apa pangkatnya brigtar (brigadir taruna)???

trus kecabangan di polisi itu ada apa aja ya gan??

kalo di TNI kan ada infanteri, zeni, kavaleri, dll.

kalo di akpol ada apa aja??


ane tambahin ya gan,,kalo pangkat selama di akpol : CHABHATAR ( CALON BHAYANGKARA TARUNA)ini pangkat selama basis 3 bulan dan belum resmi jd taruna akpol, ABRIGTAR (AJUN BRIGADIR TARUNA)ini taruna tingkat 1, BRIGDATAR (BRIGADIR DUA TARUNA)ini taruna tingkat 2, BRIGTUTAR (BRIGADIR SATU TARUNA)yg ini taruna tingkat 3, BRIGTAR (BRIGADIR TARUNA) nah ini taruna tingkat 4 ( tingkat akhir,,king of resimen)

kalo di polisi cabangnya ada : reskrim, intel, lantas, brimob, narkoba, kira2 itu gan yg terkenal.. ada yg lain jg cuma ane kurang tau CMIIW ya
slendrocuk - 18/05/2010 09:14 AM
#157

Quote:
Original Posted By Novemb
izin Gan..kalo penjurusan sesudah pendidikan itu baik dari AKPOL atauSECABA gimana ya?mohon pencerahan..

nanti diadakan psikotes untuk menentukan penjurusan gan,, kira2 gitu caranya..
schumacher_kw1 - 18/05/2010 10:05 AM
#158

kalo gak salah nangkep,mahoon maap kalo salah..
SPSS = Perwira Karir kan??
ned2 - 20/07/2010 08:56 PM
#159

makasih gan atas infonya...
:thumbup

ijin menyimak aja...

:matabelo
Ridhoxxx - 22/08/2010 01:45 PM
#160

semua taruna akpol, akmil, PPPS, keren semua
Page 8 of 9 | ‹ First  < 3 4 5 6 7 8 9 > 
Home > CASCISCUS > MILITER & KEPOLISIAN > Militer > Apa perbedaan AKPOL, TARUNA SUMBER SARJANA, SECAPA, SELAPA?