Militer
Home > CASCISCUS > MILITER & KEPOLISIAN > Militer > Apa perbedaan AKPOL, TARUNA SUMBER SARJANA, SECAPA, SELAPA?
Total Views: 19636
Page 5 of 9 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 > 

radeon_9500 - 24/04/2010 12:47 AM
#81

Quote:
Original Posted By .SunGoKong



dari sersan ke perwira bukannya mengikuti secapa kalo lulus letda...
yang ente utarakan di atas maksudnya secaba ??

Mngkn jwban kk cya bsa mewakili
Quote:
Original Posted By cya130590

ouh ...


semua gak ada yang gak mungkin gan .
tapi sangat dan sangat susah .
ini bener" khusus dan spesial buat Prajurit sersan .
prajurit" pilihan .



Quote:
Original Posted By cya130590


kalau yang normal ya itu, ikut SECAPA .

tapi kalau yang langsung setara AKMIL/AAU/AAL, hanya prajurit pilihan .
terbaik dari yang paling terbaik .
cya130590 - 24/04/2010 09:39 AM
#82

Quote:
Original Posted By "G"
untuk masuk akpol syarat akademis nya lebih tinggi di bandingkan dgn scapa dan secata
makanya untuk orang yg ga memadai syarat akademik nya harus rela terlebih dahulu untuk ke scapa ataw secata

dan setau ane gan klo untuk akpol/tni ga ngaruh mo dari IPA ataw ips
kecuali klo mo ke AL biasa IPS itu untuk administrasi di base bukan di lapangan/kapal
sama seperti di AU

klo salah mohon di koreksi ya gan


kalau tahun ini AKMIL hanya menerima IPA, untuk IPS hanya di buka 4 tahun sekali .
sedangkan AAU/AAL dari tahun ke tahun hanya menerima IPA .
sedangkan AKPOL menerima IPA/IPS
untuk TNI jurusan sangat dan benar" mempengaruhi saat pendidikan ntar . TNI lebih berhubungan langsung ke ALAM . IPA jurusan yang cocok .

Quote:
Original Posted By moerdani
bisa kok klo baru lulus bintara polri mau msk akpol! temen ane lulusan bintara setahun ato dua tahun kemuadian.. dia ikut pendidikan akpol. sekarang tugas di surabaya.


dua tahun gan

Quote:
Original Posted By DGL
AKPOL atau AKMIL hampir dikatakan anak emas di tubuh dua instansi ini. kalo mau karir ampe puncak ya lewat dua akademi ini...yang lain hampir seperti anak tiri, gak mungkin ampe puncak dan gak mungkin menduduki posisi strategis.


bisa kok gan, asal bisa menjalani karier dengan sebaik mungkin .
adimbetand - 24/04/2010 03:20 PM
#83

Quote:
Original Posted By DGL
AKPOL atau AKMIL hampir dikatakan anak emas di tubuh dua instansi ini. kalo mau karir ampe puncak ya lewat dua akademi ini...yang lain hampir seperti anak tiri, gak mungkin ampe puncak dan gak mungkin menduduki posisi strategis.

sadis
jgn bilang anak tiri napa
mereka kan pelindung bangsa
aqua00 - 24/04/2010 04:53 PM
#84

Quote:
Original Posted By otoy_banget
googling aja gan...

Akpol: ya akademi kepolisian, merujuk kepada institusi pendidikan calon2 perwira polri.

TSS: Siswa2 akpol yang berasal dari pendidikan S1.

Secapa: sejenis pendidikan bagi anggota kepolisian non perwira, untuk dapat menjadi perwira. (sekolah Calon Perwira)

Selapa: Pendidikan profesional dalam Bidang Manajemen Kepolisian Tingkat Menengah bagi Perwira Polisi. (sekolah Lanjutan Perwira)

itu penjelasan singkat, silakan googling aja kalo mau lengkap.


perbedaannya bener yang ini gan, tapi persamaanny sama-sama keras... agan harus siap mental dan fisik kalo mau masuk...
cya130590 - 24/04/2010 04:59 PM
#85

Quote:
Original Posted By adimbetand
SETAMA


SECATA
nonton The Camp TR*NSTV kalau mau lebih jelas
broheart - 24/04/2010 05:00 PM
#86

Quote:
Original Posted By aqua00
perbedaannya bener yang ini gan, tapi persamaanny sama-sama keras... agan harus siap mental dan fisik kalo mau masuk...


1 lagi tanamkan di dalam hati bahwa masuk ke akademi tersebut dengan niat untuk mengabdi pada bangsa dan negara
dr.moechtar - 24/04/2010 07:15 PM
#87

Mengingat setiap periode memiliki regulasi yang berbeda maka ane menjawab berdasarkan regulasi pada umumnya.
Kalo agan ingin masuk AKPOL persyaratan pada umumnya berasal dari SMA ataupun S1 dengan ketentuan umur dan lain sebagainya sebagaimana regulasi persyaratan yang telah ditentukan tersebut.

Bagi yang sudah menjadi anggota Polri dengan pangkat Bripda maupun Briptu juga dengan ketentuan persyaratan [COLOR="Blue"]Umur, Ijazah dan Lama kedinasannya dapat mendaftar sebagai Calon Taruna AKPOL,
nah ini poinnya..!!!! meskipun Umur, Ijazah dan lama kedinasannya sudah memenuhi persyaratan, calon peserta AKPOL yang berasal dari anggota Polri tersebut diharuskan Belum Nikah dan Tidak pernah menjalani pelanggaran disiplin / kode etik kepolisian selama kedinasannya.

Bagi anggota Polri yang sudah menikah dan memiliki ijazah serta kepangkatan yang sesuai ketentuan( pada umumnya BRIPTU dg kedinasan 0 tahun harus ijazah s1 Psikologi, dan Brigpol dg kedinasan 2 tahun keatas harus memiliki ijazah S1, serta BRIPKA dg kedinasan 2 tahun s/d AIPTU bisa dari ijazah SMA ) dapat mendaftarakan diri sebagai Calon Peserta Sekolah Perwira / Secapa.

semoga ini bermanfaat. [/COLOR]
cya130590 - 25/04/2010 12:45 AM
#88

Quote:
Original Posted By dr.moechtar
Mengingat setiap periode memiliki regulasi yang berbeda maka ane menjawab berdasarkan regulasi pada umumnya.
Kalo agan ingin masuk AKPOL persyaratan pada umumnya berasal dari SMA ataupun S1 dengan ketentuan umur dan lain sebagainya sebagaimana regulasi persyaratan yang telah ditentukan tersebut.

Bagi yang sudah menjadi anggota Polri dengan pangkat Bripda maupun Briptu juga dengan ketentuan persyaratan [COLOR="Blue"]Umur, Ijazah dan Lama kedinasannya dapat mendaftar sebagai Calon Taruna AKPOL,
nah ini poinnya..!!!! meskipun Umur, Ijazah dan lama kedinasannya sudah memenuhi persyaratan, calon peserta AKPOL yang berasal dari anggota Polri tersebut diharuskan Belum Nikah dan Tidak pernah menjalani pelanggaran disiplin / kode etik kepolisian selama kedinasannya.

Bagi anggota Polri yang sudah menikah dan memiliki ijazah serta kepangkatan yang sesuai ketentuan( pada umumnya BRIPTU dg kedinasan 0 tahun harus ijazah s1 Psikologi, dan Brigpol dg kedinasan 2 tahun keatas harus memiliki ijazah S1, serta BRIPKA dg kedinasan 2 tahun s/d AIPTU bisa dari ijazah SMA ) dapat mendaftarakan diri sebagai Calon Peserta Sekolah Perwira / Secapa.

semoga ini bermanfaat. [/COLOR]


MANTAP
82 !!!!
86 !!!!
cya130590 - 25/04/2010 12:48 AM
#89

DoPost
indoorca - 25/04/2010 01:42 AM
#90

Quote:
Original Posted By adimbetand
ane udh googling om,,yang ane bingung dibagian ini

seandainya andy menjadi masuk polisi pangkatnya(bripda) kalau dia bisa masuk akpol, kenapa harus masuk secapa?

kok, jadi riber sih, harus dibikin 2 sekolah ? :

gan ane bantu jawab berdasarkan pemahaman ane ya.

kita samain persepsi dulu
AKPOL= Akademi Kepolisian, sesuai namanya ini adalah akademi polisi yang akan mencetak calon perwira dengan masa pendidikan 3 tahun 4 bulan. lulusan sini setingkat D3, dan secara akademis gelarnya Ahli Madya. Lulus dari sini memiliki pangkat Inspektur Dua.
Untuk jadi Taruna/Taruni AKPOL terdiri dari beberapa sumber: yaitu

[*]SIPIL = Lulusan SMA/SMU/MA (tahun ini maksimal 21), S1 (tahun ini maksimal 22)
[*]Brigadir Polisi = (Tahun ini Maksimal 21 th)



PPSS (Perwira Polisi Sumber Sarjana) = sesuai namanya ini adalah pendidikan perwira polisi yang sumbernya dari sarjana dan pasca sarjana. lulus dari sini memiliki pangkat yang sama dengan lulusan akpol yaitu Inspektur Dua, cuma saja masa pendidikannya yang singkat kl tidak salah 9 bulanan (CMIIW). Sumbernya ya harus minimal S1 dan S2 (Sipil dan Brigadir Polisi).

SECAPA=Sekolah Calon Perwira. Nah sesuai namanya lulusan dari sini akan menjadi perwira pertama dengan pangkat Inspektur Dua. Sumbernya, khusus untuk ini harus anggota polri yang belum menjadi perwira.

SELAPA= Sekolah lanjutan perwira, nah ini udah jelas [U]sumbernya harus anggota polri yang sudah perwira pertama[/U], kl tidak salah dari perwira pertama ke perwira menengah.

+++++++++++++++++++++

ok persamaan persepsi saya kira cukup. kita kembali ke andy yang mau menjadi perwira. Dikarenakan kita belum tahu apakah Andy ini Sipil atau sudah anggota polri. ada 2 skenario yaitu Andy sebagai Sipil dan Andy sebagai anggota polri

Skenario pertama, Andy diasumsikan sebagai warga Sipil

[*]Asumsi satu, Andy lulusan S1 dengan umur 22 tahun status sipil.
Dikarenakan statusnya Andy adalah Sipil dan lulusan S1, untuk menjadi perwira polisi Andy memiliki dua jalur kesempatan, yaitu melalui jalur AKPOL dan PPSS.
[*]Asumsi dua, Andy lulusan SMU/SMA/MA dengan umur 21 tahun status sipil.
Dikarenakan statusnya Andy adalah Sipil dan lulusan SMA, untuk menjadi perwira polisi Andy memiliki satu jalur kesempatan, yaitu melalui jalur AKPOL.



Skenario kedua, Andy diasumsikan sebagai anggota polri

[*]Asumsi pertamax, Andy lulusan S1 dengan umur 22 tahun status Brigadir Polisi dan memiliki masa dinas > 2 tahun.
Dikarenakan statusnya Andy adalah anggota polri dengan pangkat brigadir polisi dan memiliki S1, untuk menaikan pangkat menjadi perwira polisi Andy memiliki kesempatan melalui jalur AKPOL dan PPSS.
[*]Asumsi keduax, Andy lulusan SMA dengan umur 21 tahun status Brigadir Polisi dan memiliki masa dinas > 2 tahun.
Dikarenakan statusnya Andy adalah anggota polri dengan pangkat brigadir polisi dan memiliki pendidikan SMA, untuk menaikan pangkat menjadi perwira polisi Andy memiliki kesempatan melalui jalur AKPOL.



Untuk jalur SECAPA, ya udah jelas. Si andy harus menjadi polisi terlebih dahulu dengan jalur bintara dan bisa melanjutkan ke secapa dengan catatan mendapatkan rekomendasi dari atasan atau masa dinas.

ane rasa segitu aje sedikit penjelasannya. kl ada salah2 mohon di ralat ya gan.

Ijin balik kanan.
indoorca - 25/04/2010 01:52 AM
#91

Quote:
Original Posted By maniakgames
dongo amet tu orang sarjana ikut secaba harusnye kan yg sekolah 9 bulan itu lulus2 langsung perwira, ga mungkin dia bisa ikut akpol akpol itu cuma bisa untuk anak lulusan SMA and usia nya di bawah 22 tahun, gw tau ni kasusnye kalo ga temen lo yg boong kalo ga lo nya yg o0n


bro, bahasa lo parah bener.

gw rasa bukan masalah dongo atau kg, gw banyak kenal polisi2 bintara yang sebelumnya udah pada S1. dan sepengetahuan gw, meski S1 kl dia ikutan bintara ya tetep aja lulus pendidikan diktuk caba ya mereka brigadir dua (V satu).

kasus bintara S1 yang pada daftar akpol mah banyak, ud ga keitung. Bintara SMA yang coba daftar akpol jg banyak. tp kl soal kelulusan ya tergantung nasib.

Oh ya mengenai biarpun calon taruna/taruni yg sudah bintara punya S1, tp ga bisa sembarangan S1. Misalnya itu sepupunya dia dr S1 perikanan, pas kebetulan aja periode dia mendaftar S1 perikanan boleh ikutan. Tp untuk periode selanjutnya belum tentu S1 perikanan ada formasinya.
indoorca - 25/04/2010 02:14 AM
#92

Quote:
Original Posted By radeon_9500
maaf ya saya cba ikut jwb,walaupun saya bkan bang rudy..

Klo dri sersan ke perwira dlam TNI saya blm prnh dgr bsa,tetapi klo dri prajurit ke sersan bsa..


Kl ente belum pernah dengar, ane sebaliknya.
saya pernah baca sharing dari alumni AMN (akmil tempo dulu).

Quote:
Bermacam-macam acara yang manyakitkan, menakutkan, menjengkelkan, mengharukan, membanggakan, diberikan selama seminggu perpeloncoan, untuk membuat kepribadian bawaan kami hancur lebur, ditekan sampai titik nol…untuk kemudian dibentuk dan diisi dengan kebanggaan cops AMN..(yang lebih dihabisi adalah mereka yang masuk AMN sudah jadi tentara, terutama yang dari corps baret merah/RPKAD, betul betul dihajar habis babisan agar kesombongannya hancur lebur…Demikian juga para anak pejabat tinggi terutama Jendral TNI, bukan dilindungi, bahkan sebaliknya, lebih diperberat…)


sumber: http://tirtaamijaya.wordpress.com/2007/12/12/suka-duka-menjadi-taruna-akademi-milter-nasional-episode -1/

Kl sekarang ? silahkan baca2 di http://www.tniad.mil.id/akmil/1akmilpenerimaan.php

disitu ane tidak melihat aturan khusus untuk bintara yang ingin menjadi taruna, hanya saja ada aturan bagi yang sudah bekerja.
adimbetand - 25/04/2010 08:01 AM
#93

Quote:
Original Posted By indoorca
gan ane bantu jawab berdasarkan pemahaman ane ya.

kita samain persepsi dulu
AKPOL= Akademi Kepolisian, sesuai namanya ini adalah akademi polisi yang akan mencetak calon perwira dengan masa pendidikan 3 tahun 4 bulan. lulusan sini setingkat D3, dan secara akademis gelarnya Ahli Madya. Lulus dari sini memiliki pangkat Inspektur Dua.
Untuk jadi Taruna/Taruni AKPOL terdiri dari beberapa sumber: yaitu

[*]SIPIL = Lulusan SMA/SMU/MA (tahun ini maksimal 21), S1 (tahun ini maksimal 22)
[*]Brigadir Polisi = (Tahun ini Maksimal 21 th)



PPSS (Perwira Polisi Sumber Sarjana) = sesuai namanya ini adalah pendidikan perwira polisi yang sumbernya dari sarjana dan pasca sarjana. lulus dari sini memiliki pangkat yang sama dengan lulusan akpol yaitu Inspektur Dua, cuma saja masa pendidikannya yang singkat kl tidak salah 9 bulanan (CMIIW). Sumbernya ya harus minimal S1 dan S2 (Sipil dan Brigadir Polisi).

SECAPA=Sekolah Calon Perwira. Nah sesuai namanya lulusan dari sini akan menjadi perwira pertama dengan pangkat Inspektur Dua. Sumbernya, khusus untuk ini harus anggota polri yang belum menjadi perwira.

SELAPA= Sekolah lanjutan perwira, nah ini udah jelas [U]sumbernya harus anggota polri yang sudah perwira pertama[/U], kl tidak salah dari perwira pertama ke perwira menengah.

+++++++++++++++++++++

ok persamaan persepsi saya kira cukup. kita kembali ke andy yang mau menjadi perwira. Dikarenakan kita belum tahu apakah Andy ini Sipil atau sudah anggota polri. ada 2 skenario yaitu Andy sebagai Sipil dan Andy sebagai anggota polri

Skenario pertama, Andy diasumsikan sebagai warga Sipil

[*]Asumsi satu, Andy lulusan S1 dengan umur 22 tahun status sipil.
Dikarenakan statusnya Andy adalah Sipil dan lulusan S1, untuk menjadi perwira polisi Andy memiliki dua jalur kesempatan, yaitu melalui jalur AKPOL dan PPSS.
[*]Asumsi dua, Andy lulusan SMU/SMA/MA dengan umur 21 tahun status sipil.
Dikarenakan statusnya Andy adalah Sipil dan lulusan SMA, untuk menjadi perwira polisi Andy memiliki satu jalur kesempatan, yaitu melalui jalur AKPOL.



Skenario kedua, Andy diasumsikan sebagai anggota polri

[*]Asumsi pertamax, Andy lulusan S1 dengan umur 22 tahun status Brigadir Polisi dan memiliki masa dinas > 2 tahun.
Dikarenakan statusnya Andy adalah anggota polri dengan pangkat brigadir polisi dan memiliki S1, untuk menaikan pangkat menjadi perwira polisi Andy memiliki kesempatan melalui jalur AKPOL dan PPSS.
[*]Asumsi keduax, Andy lulusan SMA dengan umur 21 tahun status Brigadir Polisi dan memiliki masa dinas > 2 tahun.
Dikarenakan statusnya Andy adalah anggota polri dengan pangkat brigadir polisi dan memiliki pendidikan SMA, untuk menaikan pangkat menjadi perwira polisi Andy memiliki kesempatan melalui jalur AKPOL.



Untuk jalur SECAPA, ya udah jelas. Si andy harus menjadi polisi terlebih dahulu dengan jalur bintara dan bisa melanjutkan ke secapa dengan catatan mendapatkan rekomendasi dari atasan atau masa dinas.

ane rasa segitu aje sedikit penjelasannya. kl ada salah2 mohon di ralat ya gan.

Ijin balik kanan.


wow
ente memberikan oenjelasan yg terbaik diantara semuanya
adimbetand - 25/04/2010 08:04 AM
#94

Quote:
Original Posted By indoorca
Kl ente belum pernah dengar, ane sebaliknya.
saya pernah baca sharing dari alumni AMN (akmil tempo dulu).



sumber: http://tirtaamijaya.wordpress.com/2007/12/12/suka-duka-menjadi-taruna-akademi-milter-nasional-episode -1/

Kl sekarang ? silahkan baca2 di http://www.tniad.mil.id/akmil/1akmilpenerimaan.php

disitu ane tidak melihat aturan khusus untuk bintara yang ingin menjadi taruna, hanya saja ada aturan bagi yang sudah bekerja.


anjrittt :
akimil lebih mengerikan dripada akpol ya
cya130590 - 25/04/2010 11:16 AM
#95

Quote:
Original Posted By indoorca
gan ane bantu jawab berdasarkan pemahaman ane ya.

kita samain persepsi dulu
AKPOL= Akademi Kepolisian, sesuai namanya ini adalah akademi polisi yang akan mencetak calon perwira dengan masa pendidikan 3 tahun 4 bulan. lulusan sini setingkat D3, dan secara akademis gelarnya Ahli Madya. Lulus dari sini memiliki pangkat Inspektur Dua.
Untuk jadi Taruna/Taruni AKPOL terdiri dari beberapa sumber: yaitu
[LIST=1]
[*]SIPIL = Lulusan SMA/SMU/MA (tahun ini maksimal 21), S1 (tahun ini maksimal 22)
[*]Brigadir Polisi = (Tahun ini Maksimal 21 th)

ane rasa segitu aje sedikit penjelasannya. kl ada salah2 mohon di ralat ya gan.

Ijin balik kanan.


untuk masa pendidikan, mulai tahun ini menjadi 4 tahun, berlaku untuk sekolah kedinasaan AKMIL/AAU/AAL/AKPOL, lulusan setingkat S1, bukan D3 lagi .
taruna/taruni yang lulus dari AKPOL akan bergelar S.IK(Sarjana Ilmu Kepolisian), sedangkan jenjang S2 akan dilanjutkan ke PTIK(Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian)
cya130590 - 25/04/2010 11:19 AM
#96

Quote:
Original Posted By adimbetand
anjrittt :
akimil lebih mengerikan dripada akpol ya


bukan mengerikan, cuma porsi latihan saja lebih ekstra AKADEMI TNI
indoorca - 27/04/2010 12:22 AM
#97

Quote:
Original Posted By adimbetand
anjrittt :
akimil lebih mengerikan dripada akpol ya


gan, saya rasa urusan mengerika atau tidak itu tergantung konteks dan sesuai porsinya. kl implementasi di militer ya sepertinya memang sudah seharusnya, tp kl hal tersebut dilakukan sekolah kedinasan sipil yang sok gaya2an militer itu yg baru menyeramkan.
indoorca - 27/04/2010 01:36 AM
#98
nambahin
Quote:
Original Posted By cya130590
untuk masa pendidikan, mulai tahun ini menjadi 4 tahun, berlaku untuk sekolah kedinasaan AKMIL/AAU/AAL/AKPOL, lulusan setingkat S1, bukan D3 lagi .
taruna/taruni yang lulus dari AKPOL akan bergelar S.IK(Sarjana Ilmu Kepolisian), sedangkan jenjang S2 akan dilanjutkan ke PTIK(Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian)


Untuk hal ini saya rasa belum diimplementasikan di tahun ini. mungkin anda pernah baca tulisan Bang Wahyu di http://masway.wordpress.com/2010/01/05/informasi-awal-seputar-penerimaan-akpol-2010/

"Mohon izin quote tulisannya bang"
Quote:

Pendidikan Akpol direncanakan selama 4 tahun, lulusannya setara sarjana S-1, dan akan memiliki gelar Sarjana Ilmu Kepolisian. Sedangkan untuk jenjang S-2 nya akan ditempuh di PTIK Jakarta.


Entah pendidikan 4 tahun di akpol baru sekedar wancana atau implemented, saya jg kurang jelas. Sepertinya sih belum (CMIIW).

Btw, sedikit informasi masa pendidikan sumber SMA dan Sarjana (S1 & S2) ada perbedaan. Kl SMA 3 th 4 bulan, Sarjana 2 th 4 bulan.

Kl untuk pendidikan di Akmil memang saya pernah membaca di beberapa surat kabar akan dilakukan selama 4 tahun dan bekerja sama dengan UGM, setelah lulus mendapatkan gelar Sarjana Pertahanan, hit this link. Tapi lagi-lagi sy sendiri msh blm tahu apakah sudah diimplementasikan per-tahun ini atau belum.

atau abang-abang yg lain mau menambahkan.

bravo TNI, bravo POLRI, bravo Indonesia
cru7seven - 27/04/2010 06:19 PM
#99

kebetulan ane tadi mampir di Polri.go.id

nih udah ada pembukaan akpol dan PPSS



dan

cya130590 - 27/04/2010 07:41 PM
#100

Quote:
Original Posted By indoorca
Untuk hal ini saya rasa belum diimplementasikan di tahun ini. mungkin anda pernah baca tulisan Bang Wahyu di http://masway.wordpress.com/2010/01/05/informasi-awal-seputar-penerimaan-akpol-2010/

"Mohon izin quote tulisannya bang"


Entah pendidikan 4 tahun di akpol baru sekedar wancana atau implemented, saya jg kurang jelas. Sepertinya sih belum (CMIIW).

Btw, sedikit informasi masa pendidikan sumber SMA dan Sarjana (S1 & S2) ada perbedaan. Kl SMA 3 th 4 bulan, Sarjana 2 th 4 bulan.

Kl untuk pendidikan di Akmil memang saya pernah membaca di beberapa surat kabar akan dilakukan selama 4 tahun dan bekerja sama dengan UGM, setelah lulus mendapatkan gelar Sarjana Pertahanan, hit this link. Tapi lagi-lagi sy sendiri msh blm tahu apakah sudah diimplementasikan per-tahun ini atau belum.

atau abang-abang yg lain mau menambahkan.

bravo TNI, bravo POLRI, bravo Indonesia



kalau AKMIL/AAU/AAL bergelar S1 di mulai dari angkatan 2009 .
kerja sama ITB dan UGM setau saya .


Sudah dipastikan, bahwa penerimaan AKPOL tahun ini, lulusan nya akan bergelar S1 . masa pendidikan bukan 4 tahun, melainkan 3 tahun 6 Bulan .
untuk PPSS, masa pendidikan 6 Bulan .
sudah punya brosur nya, tapi gak punya scan , ini juga di perkuat oleh temen di mabes POLRI dan adek asuh yang sekarang lagi pendidikan di AKPOL
ringkasan brosur
PROGRAM PENDIDIKAN AKPOL

[*]Lama pendidikan 3 tahun 6 bulan dengan output: pangkat Inspektur Dua Polisi dan gelar Sarjana S1 .



[*]Pendekatan pendidikan melalui metode pembelajaran, pelatihan dan pengasuhan .


brosur hanya ada di POLDA masing"
Page 5 of 9 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 > 
Home > CASCISCUS > MILITER & KEPOLISIAN > Militer > Apa perbedaan AKPOL, TARUNA SUMBER SARJANA, SECAPA, SELAPA?