Militer
Home > CASCISCUS > MILITER & KEPOLISIAN > Militer > {Indonesia Pra klonial} seperti apakah ?
Total Views: 15107
Page 1 of 7 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

Thanatocks - 09/05/2010 10:31 PM
#1
{Indonesia Pra klonial} seperti apakah ?
Seperti apakah gambaran militer-militer yang berada di wilayah Indonesia
pada zaman pra kolonial ?

Quote:
-apakah kita punya baju zirah dan perisai ?

Quote:
-sepanjang apakah pedang-pedang nenek moyang kita dahulu ?

Quote:
-bagaimana dengan benteng-benteng dan dinding-dinding kerajaan untuk bertahan ? apakah kita punya ?

Quote:
-apakah kita punya senjata jarak jauh seperti Terabuchet atau Catapult ?

Quote:
Kapal-kapal Indonesia sebesar apakah ?

Quote:
-Klo di Jepang ada Samurai dan Ninja, di Mongolia ada Mangudai,di Arab ada Assasin,Nah apakah Indonesia pada zaman pra kolonialis punya pasukan khusus seperti mereka?




Gan ini serius saya pengen tau bagaimana gambaran militer Indonesia pada masa pra kolonial yang katanya pernah menguasai
Borneo,Sarawak,Philipine,Thailand selatan dll.

liat deh kekuasan majapahit...
Quote:
pandu saksono - 09/05/2010 10:36 PM
#2

pasti ada. tapi karena kita lama dijajah, maka gaungnya hilang
Global Hawk UAV - 09/05/2010 10:44 PM
#3

pake keris sakti gan
dika160507 - 09/05/2010 10:55 PM
#4

Quote:
Original Posted By Global Hawk UAV
pake keris sakti gan


mudah-mudahan pasukan khususnya bukan jin atau mahluk gaib ya..
Global Hawk UAV - 09/05/2010 10:57 PM
#5

Quote:
Original Posted By dika160507


mudah-mudahan pasukan khususnya bukan jin atau mahluk gaib ya..

SF nya Bhayangkara namanya klo keraton Mojopahit
RajaSultanKing - 09/05/2010 11:14 PM
#6

Quote:
Original Posted By ZeusInAutumn
maaf gan mungkin pengetahuan ane rendah dan yang ane denger sampe sekarang paling bambu runcing hehe.. mungkin ada tapi lebih tradisional mungkin gan..


Titip lapak gan!


sumpah ni org ngejunk abis....coba kalo ane udah ISO....

sepertinya ada gan, yang ane tau sih cuma tombak mata satu, pedang curved ala arab (kyknya keinspirasi dari gujarat), keris sama shield bunder gitu....panah juga, kapak juga

cuma itu doang sih paling...clurit termasuk gak ya?? hehe
Thanatocks - 09/05/2010 11:19 PM
#7

pliss Share-annya dong gan,.,,,
ane bener2 pengen tau gimana gambarannya militer zaman dahulu..

agan-agan semua apa gak penasaran apa ?
doradoradorara - 09/05/2010 11:32 PM
#8

SUSAH BANGET DAPET PERTAMAXX hammer
NICE INFO GAN NIH ANE KASIH
Killua.47 - 09/05/2010 11:35 PM
#9

maap gan... tapi kalo soal milter di indonesia jaman baheuuulaaa bangeeeet... masternya ngumpul di forseX...
parkbench - 09/05/2010 11:40 PM
#10

Quote:
Original Posted By doradoradorara
SUSAH BANGET DAPET PERTAMAXX hammer
NICE INFO GAN NIH ANE KASIH


Mayday Mayday, Headquarters Headquarters, Junker Detect Junker Detect

Send DenBaMer please
shoux - 10/05/2010 12:09 AM
#11

Quote:
-apakah kita punya baju zirah dan perisai ?
-sepanjang apakah pedang-pedang nenek moyang kita dahulu ?


senjata Majapahit
Pedang, Trisula, Tombak, Keris, panah
baju zirah, tdk ada....gak mau berat2 kali...

Quote:
-bagaimana dengan benteng-benteng dan dinding-dinding kerajaan untuk bertahan ? apakah kita punya ?


keraton majapahit temboknya rendah, konsep perangnya diluar, babat musuh sebanyak mungkin sebelum masuk keraton, kalau udah masuk keraton ya pasti kalah/ menyerah....
setau saya nyaris tdk pernah ada perang dimana musuhnya sudah masuk keraton, lalu yg bertahan menang...

tapi bukan berarti masa pra kolonial td bisa buat benteng2...itu lihat candi borobudur bijimana gedenya....
tapi jangan lupa juga, siklus bencana alam di indonesia yg tiap 200 thn sekali....trowulan pun rata dgn tanah mungkin disebabkan hal ini...

Quote:
-apakah kita punya senjata jarak jauh seperti Terabuchet atau Catapult ?


tidak kepikiran, krn keraton2 temboknya bisa diloncati....
tapi majapahit mengembangkan meriam, ini yg buat armada laut majapait kuat

ini masih ada di melayu, namanya meriam sigonda, sejarahnya berasal dari majapahit

Quote:
Kapal-kapal Indonesia sebesar apakah ?


armada laut majapahit yg terkuat senusantara....di bawah komando Mpu nala, kapal2 majapahit bervariasi....ada yg modelnya bercadik, ada yg model jung
yg jelas
kata Diego de Couto adalah orang jawa yg pertama kali ke Tanjung Harapan, Afrika, dan Madagaskar
kapal2 dulu ada yg beratnya sampe 1000 ton...
orang2 jawa dulu terkenal kapalnya gede2....
nurut cerita..mpu nala bisa buat kapal besar2 karena bisa dapat kayu dari pohon2 besar yg letaknya jadi rahasia...

Quote:
-Klo di Jepang ada Samurai dan Ninja, di Mongolia ada Mangudai,di Arab ada Assasin,Nah apakah Indonesia pada zaman pra kolonialis punya pasukan khusus seperti mereka?


ada bhayangkara, ini ketauan juga gara2 berhasil mematahkan kudeta...klo gak mungkin gak ada yg nulis sejarahnya?

tapi kata Diego de Couto ttg pasukan di jawa...

Quote:
Mereka adalah pemberani dan penuh keyakinan diri dan hanya karena penghinaan kecil saja bisa melakukan amuk untuk balas dendam. Dan meskipun ia telah ditusuk-tusuk dengan tombak sampai tembus, mereka akan terus merangsek maju sehingga dekat kepada lawannya.


susah tau sejarah konkrit majapahit, krn semenjak jaman kolonial, banyak manuskrip2 yg hilang....
tapi satu yg pasti, majapahit hancur2an krn perang saudara sendiri....
serakah akan kekuasaan...
mungkin ini kutukan dari mpu gandring? ampe jaman soekarno-soeharto-gusdur-megawati....?
bobb123 - 10/05/2010 12:14 AM
#12

dateng aja ke jogja gan.....dateng ke krato sultan jogja or solo. klo kejauhan buat dateng kesono di cek aja disini...http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=3285505
MrBhass - 10/05/2010 12:35 AM
#13

Quote:
Original Posted By Thanatocks
Seperti apakah gambaran militer-militer yang berada di wilayah Indonesia
pada zaman pra kolonial ?

Gan ini serius saya pengen tau bagaimana gambaran militer Indonesia pada masa pra kolonial yang katanya pernah menguasai
Borneo,Sarawak,Philipine,Thailand selatan dll.

liat deh kekuasan majapahit...


Dari literature yang ane baca:

-apakah kita punya baju zirah dan perisai ?

Perisai punya. Baju Zirah sepertinya gak ada. Kalaupun ada hanyalah basic.

-sepanjang apakah pedang-pedang nenek moyang kita dahulu ?

Dalam sebuah peperangan, pedang itu adalah SIDEARM. Kecuali two handed sword. Gak di barat, gak di Indo, gak di Jepang, sama aja semuanya. Katana aja itu kalo perang beneran gak dipake koq, pakenya TOMBAK dan PERISAI. sama dengan keris, keris itu simbol status, senjata duel, tetapi bukan senjata perang beneran... kalah jarak sama Tombak

-bagaimana dengan benteng-benteng dan dinding-dinding kerajaan untuk bertahan ? apakah kita punya ?

Gak ada benteng2 begituan. Perang di Indonesia masih Primitive. Cuma rebutan hasil bumi dan budak. Kalo udah kalah, si lawan mundur dari wilayah. Yang pertama buat benteng di kita itu Portugis di Malaka.

-apakah kita punya senjata jarak jauh seperti Terabuchet atau Catapult ?

Gak ada... Kan gak ada benteng buat apa Trebuchet dan Catapult.
Kanon afaik masuknya dari pedagang2 Turki. Tetapi ukuran kecil2, dan rolenya lebih ke Anti Personnel dan untuk naval warfare... bukan buat SIEGE.

-Kapal-kapal Indonesia sebesar apakah ?

Kapal dagang Indonesia gede koq... Lebih gede dari Galleon. Dan desain hullnya itu mantab, ditembak meriam sama portugis ga tembus. Sayangnya ga bersenjata. Ini kapal dagang ACEH lho. BTW, Phinisi itu bukan asli Indonesia, contekan Schooner yang terdampar di Makassar itu.

-Klo di Jepang ada Samurai dan Ninja, di Mongolia ada Mangudai,di Arab ada Assasin,Nah apakah Indonesia pada zaman pra kolonialis punya pasukan khusus seperti mereka?

Ada kalo ga salah trit yang bahas soal ini di formil...


Ane tau jawabnya dari buku ini.....
http://books.google.co.id/books?id=cIFiNRH3oWsC&printsec=frontcover&dq=Military+Revolution+1800&sourc e=bl&ots=8Mc87xDIxN&sig=kdTpnjonofbh0_p7pgpPVU371sM&hl=id&ei=wuPmS7ulE8u9rAf0y-23Bw&sa=X&oi=book_resu lt&ct=result&resnum=1&ved=0CBYQ6AEwAA#v=onepage&q&f=false

Dibahas semua analisisnya disitu salah satu bab khusus INDONESIA dan ASIA TENGGARA...
Global Hawk UAV - 10/05/2010 12:38 AM
#14

pernah denger keris ki surosegara? Itu keris majapahit yg dipake mpu nala. Sekarang ada di rumah ane
typhoonbringer - 10/05/2010 01:10 AM
#15

Quote:
Original Posted By MrBhass
Dari literature yang ane baca:

-apakah kita punya baju zirah dan perisai ?

Perisai punya. Baju Zirah sepertinya gak ada. Kalaupun ada hanyalah basic.

-sepanjang apakah pedang-pedang nenek moyang kita dahulu ?

Dalam sebuah peperangan, pedang itu adalah SIDEARM. Kecuali two handed sword. Gak di barat, gak di Indo, gak di Jepang, sama aja semuanya. Katana aja itu kalo perang beneran gak dipake koq, pakenya TOMBAK dan PERISAI. sama dengan keris, keris itu simbol status, senjata duel, tetapi bukan senjata perang beneran... kalah jarak sama Tombak

-bagaimana dengan benteng-benteng dan dinding-dinding kerajaan untuk bertahan ? apakah kita punya ?

Gak ada benteng2 begituan. Perang di Indonesia masih Primitive. Cuma rebutan hasil bumi dan budak. Kalo udah kalah, si lawan mundur dari wilayah. Yang pertama buat benteng di kita itu Portugis di Malaka.

-apakah kita punya senjata jarak jauh seperti Terabuchet atau Catapult ?

Gak ada... Kan gak ada benteng buat apa Trebuchet dan Catapult.
Kanon afaik masuknya dari pedagang2 Turki. Tetapi ukuran kecil2, dan rolenya lebih ke Anti Personnel dan untuk naval warfare... bukan buat SIEGE.

-Kapal-kapal Indonesia sebesar apakah ?

Kapal dagang Indonesia gede koq... Lebih gede dari Galleon. Dan desain hullnya itu mantab, ditembak meriam sama portugis ga tembus. Sayangnya ga bersenjata. Ini kapal dagang ACEH lho. BTW, Phinisi itu bukan asli Indonesia, contekan Schooner yang terdampar di Makassar itu.

-Klo di Jepang ada Samurai dan Ninja, di Mongolia ada Mangudai,di Arab ada Assasin,Nah apakah Indonesia pada zaman pra kolonialis punya pasukan khusus seperti mereka?

Ada kalo ga salah trit yang bahas soal ini di formil...


Ane tau jawabnya dari buku ini.....
http://books.google.co.id/books?id=cIFiNRH3oWsC&printsec=frontcover&dq=Military+Revolution+1800&sourc e=bl&ots=8Mc87xDIxN&sig=kdTpnjonofbh0_p7pgpPVU371sM&hl=id&ei=wuPmS7ulE8u9rAf0y-23Bw&sa=X&oi=book_resu lt&ct=result&resnum=1&ved=0CBYQ6AEwAA#v=onepage&q&f=false

Dibahas semua analisisnya disitu salah satu bab khusus INDONESIA dan ASIA TENGGARA...


setau gw yang seotau ini, keris dipake buat SF nya kalo lagi serangan malam, kalo majapahit itu bhayangkara contohnya, kerajaan lain gw kurang tau, bukanya demak punya benteng yah? cmiiw
l425p33d - 10/05/2010 01:18 AM
#16

kalo di bikin film kolosal ala seperti red clift, confisius pasti gak kalah keren ceritanya gan
bung.kus - 10/05/2010 02:03 AM
#17

Kalo ga salah, waktu eropa pertama kali datang, kapal kapal perang kerajaan aceh jauh lebih besar dari punya orang2 eropa itu
MrBhass - 10/05/2010 07:08 AM
#18

Quote:
Original Posted By typhoonbringer
setau gw yang seotau ini, keris dipake buat SF nya kalo lagi serangan malam, kalo majapahit itu bhayangkara contohnya, kerajaan lain gw kurang tau, bukanya demak punya benteng yah? cmiiw


Demak itu kan kerajaan yang ada setelah Kolonial kan? Lha wong abad 16...
Revolusi Militer di Indonesia itu dimulai setelah 1511, waktu Portugis menduduki Malaka.

Waktu itu sultan2 di Aceh dan Semenanjung sih diem2 aja, disangkain Portugis cuma ngincer budak dan rampasan. Ternyata Portugis malah buat benteng. Dan diem aja disono.

Di buku yang ane tulis ada sketsa kota Jayakarta sebelum didudukin Belanda dan ganti nama jadi batavia, gak ada bentengnya koq! rumah2 doang. Malahan komen orang Bule "Lha ini koq kota besar di Jawa kayak Desa di Eropa yach?"

Tradisi benteng2an dan siege warfare itu China yang utama.
Jepang malah aneh, buat benteng dan istana bagus2, begitu lawan nyerang, samurainya dikeluarin buat adu-aduan diluar benteng.
kendariboy - 10/05/2010 08:44 AM
#19

kemungkinan memang majapahit lebih light infantry, karena emang lawannya setaraf, gak kayak di eropa ataupun timur tengah...
Dan gak perlu baju zirah, terlalu berat medannya kan masih hutan lebat...

Bhayangkara bukannya mereka lebih pasukan pengawal kerajaan (paspampres)? itu periode awal majapahit sih, gak tau zaman hayam wuruk...

klo benteng, kayaknya benteng pertama yang dibuat orang Indonesia itu kayaknya benteng wolio, kesultanan Buton, dibangun sekitar akhir 1500-an, merupakan benteng terluas di Indonesia, kayaknya butuh waktu sehari-semalam tuk keliling benteng...
kendariboy - 10/05/2010 08:48 AM
#20

dihapus...
Page 1 of 7 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > CASCISCUS > MILITER & KEPOLISIAN > Militer > {Indonesia Pra klonial} seperti apakah ?