Burung
Home > LOEKELOE > MY PETS > Burung > Murai Batu Mania, Masuk sini >>>>>>
Total Views: 23702
Page 8 of 10 | ‹ First  < 3 4 5 6 7 8 9 10 > 

J4R4N3BL3XS - 04/12/2011 04:01 PM
#141

Newbie ikut gabung dan ijin share ya gan...

Quote:
Original Posted By rock'spider
gan ane mau tanya kok murai batu ane bunyi nya kebanyakan malam tuh sekitar jam 11 kenapa ya gan???


Mungkin burungnya lagi bermimpi/ mengigau gan..
Coba lampu di sekitarnya di matiin dan kerodongnya ganti yang warna gelap, biar dia bs tidur tenang..
setelkendow - 08/12/2011 05:50 AM
#142

cakep nih trit... tidak perlu ngomong apa2 daaahhh
setelkendow - 08/12/2011 05:51 AM
#143

Quote:
Original Posted By J4R4N3BL3XS
Newbie ikut gabung dan ijin share ya gan...



Mungkin burungnya lagi bermimpi/ mengigau gan..
Coba lampu di sekitarnya di matiin dan kerodongnya ganti yang warna gelap, biar dia bs tidur tenang..


kata embah gw itu liat cetan gan.. secara teknis dia mengigau...
bejosakti - 08/12/2011 08:42 AM
#144

Spoiler for muray bisu

Spoiler for muray bisu

mo nanya nih.sudah seminggu sy di titipi.tp nggak bunyi bunyi kenapa ya atau ada obat untuk muray stress.
mohon pencerahannya.
transcores - 08/12/2011 09:31 AM
#145

Quote:
Original Posted By bejosakti
Spoiler for muray bisu

Spoiler for muray bisu

mo nanya nih.sudah seminggu sy di titipi.tp nggak bunyi bunyi kenapa ya atau ada obat untuk muray stress.
mohon pencerahannya.


mungkin baru adaptasi gan...
coba aja di rawat terus...
di tempat sebelum nya sudah gacor gan?
bejosakti - 08/12/2011 11:22 AM
#146

Quote:
Original Posted By transcores
mungkin baru adaptasi gan...
coba aja di rawat terus...
di tempat sebelum nya sudah gacor gan?


justru si yg empunya sebelumnya dah bosan kerna nggak gacor gacor,mau ane tawar tp blom bunyi asal burungnya ekor hitam Aceh,dia rawat dah 1 tahun lebih, ada yg bilang katanya over berahi tp sepertinya kagak.

perlu di ketahui di ane banyak burung lainnya malah muray betina juga ada 2 nyoba betina di masukin ke kandang jantan yg itu nggakada reaksi hanya berebut ketika di kasih jangkrik,sampai itu pada diam. di pisah betinanya yg bunyi.
gsr957 - 08/12/2011 01:19 PM
#147

Quote:
Original Posted By sasangps
maaf, gan.. gak tahu



terima kasih masukannya



thanks masukannya

Ayo yang lainya mana?
Nanti klo uda sharing disini akan saya indeks di halaman pertama..
Biar bisa menjadi manfaat bagi penggemar murai batu lainnya
gsr957 - 08/12/2011 01:21 PM
#148
kalau cara buat cepet bunyi gimana gan
Quote:
Original Posted By sasangps
Ciri-ciri murai batu jantan dan betina

Spoiler for Ciri-ciri murai batu jantan dan betina

Ciri murai batu jantan adalah sebagai berikut:

- Mempunyai tubuh lebih besar

- Mempunyai kepala yang lebih besar dan lebih lebar

- Ekor lebih lebar dan panjang

- Kaki lebih panjang dan jika di teliti, murai batu anakan jantan mempunyai sisik yang lebih kasar dari pada betina.

- Paruh lebih panjang, lebih kokoh dan terlihat lebih tebal

- Bulu putih yang ada di punggung melebar

- Mempunyai bulu hitam yang lebih berkilau

Nah, untuk ciri murai batu anakan betina adalah sebaliknya. Tapi umumnya ciri-ciri ini juga tidak seratus persen benar, mengingat terkadang, ada juga anakan murai batu betina yang mempunyai ciri-ciri sebagaimana murai batu jantan dan sebaliknya.

Tapi paling tidak yang saya sebutkan di atas bisa menjadi tolak ukur untuk membedakan anakan murai batu. Ciri-ciri tersebut sebagian besar di jumpai pada anakan murai batu jantan, dan tidak di miliki oleh murai batu betina. Dalam hal ini sangat di butuhkan pengalaman dalam mengamati anakan murai batu.



Menurut pengalaman saya, jika ada murai batu anakan yang masih belum jelas jenis kelaminnya, maka saya akan menyendirikan dan menunggu hingga terlihat jelas jantan dan betinanya seperti yang bisa di lihat di foto diatas. Memang tidak jarang, burung seperti betina, tapi setelah di pelihara menjadi jantan dan sebaliknya. Terkecuali anakan tersebut sudah mempunyai ciri-ciri yang jelas. Setelah terlihat di umur 2 hingga 3 bulan, baru saya berani menjual ke pembeli. Tentu saja, setelah jelas, jantan atau betinanya.

Seperti foto di bawah ini adalah anakan yang sudah jelas di ketahui jenis kelaminnya yaitu betina. Walaupun mempunyai warna yang hitam pekat, di sebagian warna bulunya yang sudah mulai tumbuh, tapi murai anakan ini betina.





Sumber: http://refreshindonesia.com/muraibatu/


Master Murai Batu:
Spoiler for Master Murai Batu

Yang saya maksud proses memaster disini adalah proses untuk mengajari murai batu belajar suara-suara dengan yang kita inginkan. Sedangkan burung master adalah burung yang ingin kita jadikan suara untuk di masukkan ke dalam murai batu kita.

Ada banyak tujuan memaster, sebagian besar tujuan memaster murai batu ini adalah untuk tujuan lomba. Tujuan inti dari proses ini adalah agar murai batu mempunyai suara yang lebih bervariasi atau bahkan agar mempunyai suara tajam dan lain-lain.


Sumber Gambar: http://www.ndobos.com/


Burung yang bisa kita jadikan master biasanya sering ada di sekitar kita. Mulai dari burung gereja, sriti dan lain-lain. Suara jangkrik dan belalang kerek juga tak kalah favorit untuk menjadi master. Karena suara jangkrik dan belalang ini dikenal akan membuat suara tembakan yang akan cukup terdengar jelas ketika lomba-lomba burung.



Sumber Gambar : http://duniasatwa.dszoo.com/forums/showthread.php?p=73345



Sumber gambar: http://www.smartmastering.com/images/burung-love-bird.gif

Suara yang membuat menonjol sebagai master lain adalah lovebird dan cililin. Suara-suara jenis ini sangat tajam dan sangat bagus untuk tembakan murai batu.Di arena lomba, suara ini juga sangat dominan, seperti halnya suara burung cucak jenggot.



Sumber gambar: http://jualmuraibatu.files.wordpress.com/2010/09/sonic-master-murai-batu-medan.jpg

Sumber: http://refreshindonesia.com/muraibatu/



Kapan saat memaster murai batu yang tepat
Tips memilih bakalan murai batu
Spoiler for memilih murai batu

Disini saya akan mencoba menambahkan untuk memilih bakalan murai batu yang berekor panjang, atau murai batu medan super, atau untuk memperoleh anakan untuk keperluan lomba dan sebagainya, maka yang di perlukan adalah melihat dari mana bakalan tersebut di dapatkan. Alangkah lebih baiknya jika Anda melihat langsung indukan jantan dan betinanya. Dan satu lagi yang penting adalah kredibilitas sang peternak muray batu tersebut. Kalau memang Anda sudah yakin akan kejujuran sang peternak, silahkan membeli hasil anakannya. Anda bisa mencoba memelihara anakan dari peternak tersebut, apakah memang hasil anakannya sesuai dengan atau paling tidak mendekati indukannya.

Yang paling penting di perhatikan disini adalah tidak semua katurangan indukan akan di turunkan ke anakannya. Bisa jadi anakan menjadi lebih jelek dari indukannya atau bahkan seperti pengalaman saya yaitu anakannya mempunyai ekor yang lebih panjang dari indukan jantannya. Setelah saya amati, sang indukan betina mempunyai ekor yang panjang yang membuat saya menarik kesimpulan bahwa hal tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa terjadi persilangan gen dari indukan jantan dan betina. Jadi, kita juga tidak bisa sepenuhnya menyalahkan sang peternak bila hasil anakan yang kita ambil tidak sesuai dengan indukannya seperti yang di katakan peternak atau penjualnya.

Sebagaimana manusia atau hewan yang biasa kita jumpai dalam proses regenerasinya. Tidak menutup kemungkinan, anakan tidak sama dengan indukannya. Kenyataannya, banyak indukan yang sudah berprestasi tapi sebagian anakannya biasa-biasa saja dan sebaliknya, tidak jarang murai berprestasi lahir dari indukan murai batu yang biasa-biasa saja. Karena ada banyak faktor yang mempengaruhi hasilnya. Mulai dari perawatan, master, asupan gizi yang cukup dan sebagainya. Tapi paling tidak, dari kesemuanya itu bisa kita tarik benang merahnya yaitu mengenal sang peternak, mencoba hasil anakan sang peternak tersebut, atau mencari informasi dari sang peternak. Sebab, ada beberapa peternak yang menjadi terkenal karena hasil anakannya sudah terbukti moncer di lapangan. Atau peternak yang sudah terkenal dengan hasil anakannya yang berekor panjang. Nah, peternak-peternak seperti itu bisa kita jadikan referensi jika ingin mengambil anakan murai batu.

Ada lagi contoh kejadian seperti pembeli yang kecewa setelah membeli hasil anakan dari seorang peternak. Setelah sekali mabung, panjang ekor anakannya tidak sama dengan dengan panjang ekor indukannya. Tapi sang pembeli tidak melihat terlebih dahulu bagaimana ekor murai batu tumbuh. Padahal anakan murai batu tersebut baru sekali mabung, atau berumur sekitar 3 bulan. Nah, disini kita harus mengetahui bahwa murai batu membutuhkan waktu sekitar 3 (tiga) kali mabung untuk proses tumbunya bulu ekornya tersebut. Perpanjangan setiap mabung berbeda-beda setiap murai batu. Ada yang hanya 1 (satu) cm hingga 3 (tiga) cm setelah mabungnya (ganti bulu). Dalam ngurak pertama (kurang lebih 3 bulan), kedua (kurang lebih satu tahun lebih) dan yang terakhir di ngurak yang ke tiga atau pada usia sekitar 2,5 tahun. Tak heran, kenapa murai batu ekor panjang memiliki harga yang tinggi karena untuk mencapai ekor yang maksimal, seekor murai batu memerlukan sekitar 2,5 tahun hingga 3 tahun untuk memiliki ekor yang maksimal.

Saya menuliskan beberapa pengalaman yang saya dapatkan selama memelihara murai batu. Yang mungkin mempunyai pendapat dan masukan silahkan di share disini untuk bisa dijadikan pembelajaran bagi sesama penghobiis murai batu yang lainnya.

Sumber: http://refreshindonesia.com/muraibatu/


Contoh Layout Kandang Penangkaran Murai Batu:



Proses Penangkaran Murai Batu Disini
0beng - 26/12/2011 06:58 AM
#149

Quote:
Original Posted By bejosakti

mo nanya nih.sudah seminggu sy di titipi.tp nggak bunyi bunyi kenapa ya atau ada obat untuk muray stress.
mohon pencerahannya.


Itu sudah di cak jantan / betina nya gan ??
jangan2 MB betina

Coba aja disendirikan dulu, jauhkan dari suara burung lain, apalagi burung yg suaranya banter/keras.
Genjot EF jangkriknya..

mudah2an setelah nyaman dia mau nyanyi gan...
bianglaw - 27/12/2011 10:49 PM
#150

Ane diriau gan klo plg jkt selalu bawa mure batu.cucak ijo n kacer..
Murai bt sini jg bagus2..variasi ada yg body besar&kecil..ekor jg ada yg pnjang 18cm..
Mental jg bagus lho gan..soalnya wktu lomba dipekanbaru ..justru yg dari daerah sini yg juara...murai medan no.2..
nozzboy - 28/12/2011 09:07 AM
#151

Quote:
Original Posted By bejosakti
Spoiler for muray bisu

Spoiler for muray bisu

mo nanya nih.sudah seminggu sy di titipi.tp nggak bunyi bunyi kenapa ya atau ada obat untuk muray stress.
mohon pencerahannya.


jemur + EF nya digenjot dulu...mandi setiap hari...kl memang 3 bln ga ada perubahan ya memang tipe MB memble...
atenxxxs - 28/12/2011 09:57 AM
#152

Ane bli murai bahan nh om,tdiny bodyny gemuk..,skrng jdi kurus..,burung trlihat sehat,dan mau makan.., apaa pnyebabny ya om..,
0beng - 02/01/2012 05:12 PM
#153

Quote:
Original Posted By atenxxxs
Ane bli murai bahan nh om,tdiny bodyny gemuk..,skrng jdi kurus..,burung trlihat sehat,dan mau makan.., apaa pnyebabny ya om..


MB Bahan sudh makan voer atau blm ??
Sementara diaksih makan yg dia doyan aja dulu om.. Jangkrik/kroto, jgn di ablak / di angin2in dulu takutnya modar
agusmubers - 03/01/2012 10:36 AM
#154

permisi agan-agan sekalian para master MB,
ane masih pemula dalam dunia per MB-an ini..
perawatan untuk MB yang selalu menggigil gimana ya, adakah perawatan khusus buat MB tersebut, badannya sangat kurus gan, untuk makan EF sih masih rakus dan sudah ngevoor juga, dirumah ane sih baru 2minggu gan, cuman info dari temen ane yang melihara ini burung, badan selalu menggigil sejak dibawa dari lahat sana gan, apakah sakit ya gan murai ane ini.
mohon bantuan masukan dari agan-agan sekalian, sebelumnya ane ucapin terima kasih buat agan-agan yang menjawab pertanyaan ane ini
0beng - 03/01/2012 11:34 AM
#155

Quote:
Original Posted By agusmubers

perawatan untuk MB yang selalu menggigil gimana ya, adakah perawatan khusus buat MB tersebut, badannya sangat kurus gan, untuk makan EF sih masih rakus dan sudah ngevoor juga, dirumah ane sih baru 2minggu gan, cuman info dari temen ane yang melihara ini burung, badan selalu menggigil sejak dibawa dari lahat sana gan, apakah sakit ya gan murai ane ini.



EF nya dikasih apa aja, dan porsinya gmn gan, coba di sharing sekalian

ane bukan pakarnya sih, tapi dicoba aja :
setiap hari dikasih kroto segar 1 sdk dan jangkrik nya di genjot dulu porsinya.
jgn di mandikan dulu, kl ada matahari di jemur sebentar secara bertahap.
Diberi Super N, di tetes lgs ke paruhnya atau di suntikan ke jangkriknya, dicoba dan dilihat perkembangannya 3-4 hari.

semoga membantu. ;)
agusmubers - 03/01/2012 11:42 AM
#156

[QUOTE=0beng;608087041]EF nya dikasih apa aja, dan porsinya gmn gan, coba di sharing sekalian

ane bukan pakarnya sih, tapi dicoba aja :
setiap hari dikasih kroto segar 1 sdk dan jangkrik nya di genjot dulu porsinya.
jgn di mandikan dulu, kl ada matahari di jemur sebentar secara bertahap.
Diberi Super N, di tetes lgs ke paruhnya atau di suntikan ke jangkriknya, dicoba dan dilihat perkembangannya 3-4 hari.

semoga membantu. ;)

untuk perawatan harian ane
EF yang ane kasih jangkrik p/s 5 gan + kroto 1 sdk tiap hari
burung kaga ane jemur gan takut makin ngedrop, trus vitamin ane kasih super N plus vita stress gan tiap hari ganti
tks ya gan atas masukannya
atenxxxs - 10/01/2012 02:58 PM
#157

Quote:
Original Posted By 0beng


MB Bahan sudh makan voer atau blm ??
Sementara diaksih makan yg dia doyan aja dulu om.. Jangkrik/kroto, jgn di ablak / di angin2in dulu takutnya modar

Bahan om..dh 2 mggu skrng..,dan mulai agak jinak di kasih jangkrik di. Tangan. Dh mau..,tp masih agak giras klo di taaro pnggir jln..,tp masih blum ngevoer jg sampe saatinh..,
atenxxxs - 10/01/2012 03:01 PM
#158

Quote:
Original Posted By agusmubers
permisi agan-agan sekalian para master MB,
ane masih pemula dalam dunia per MB-an ini..
perawatan untuk MB yang selalu menggigil gimana ya, adakah perawatan khusus buat MB tersebut, badannya sangat kurus gan, untuk makan EF sih masih rakus dan sudah ngevoor juga, dirumah ane sih baru 2minggu gan, cuman info dari temen ane yang melihara ini burung, badan selalu menggigil sejak dibawa dari lahat sana gan, apakah sakit ya gan murai ane ini.
mohon bantuan masukan dari agan-agan sekalian, sebelumnya ane ucapin terima kasih buat agan-agan yang menjawab pertanyaan ane ini


Nasib kita sdikitsama nh..,hheee:2shakehand ,coba di kasih super n atau trimezin..,om..,mb ane pertama ngangkatjg kurus..,tpskrng awakny dh bagus..,
Rakarifkirafa - 13/01/2012 03:34 PM
#159
UH Minded
Permisi nih gan..... Ane punya MB borneo gacor... Cuman masalhnya kagak doyan EF selain UH..... Dah Voer total sih.. Klo dikasih jangkrik pasti kagak diembat..... Ada yang tau solusinya gak..

atenxxxs - 19/01/2012 11:26 AM
#160

Akhirny..,mb ane dh voer total..,pass. Perkembangan 1bulan.., sbntar lg mision complete..,hiihhii :2thumbup
Page 8 of 10 | ‹ First  < 3 4 5 6 7 8 9 10 > 
Home > LOEKELOE > MY PETS > Burung > Murai Batu Mania, Masuk sini >>>>>>