Martial Arts
Home > LOEKELOE > SPORTS > Martial Arts > Silat Tradisional Paseban & Pengasinan
Total Views: 8029
Page 1 of 9 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

gue-ranu - 19/06/2010 01:48 PM
#1
Silat Tradisional Paseban & Pengasinan
Salam,
sebenernya ane bukan praktisi dari silat tradisional paseban & silat pengasinan, tp disini ane mau ngajak agan2 smua untuk kenal lebih jauh tentang 2 silat tradisional ini.
ane si cuma tau dikit, mungkin nanti bro Ghorilla yg akan ngebahas lbh jauh lagi karena emang dia praktisi dr 2 silat tersebut.
ane coba copy paste dr thread sebelah sedikit deskripsi ttg silat paseban dan silat pengasinan.
Silat Pengasinan berorientasi pada pertarungan rapat, dengan permainan Trapping Hand sedangkan Silat Paseban berorientasi serangan striking dengan power, kuncian, patahan, dan bantingan
ok, buat bro Ghorilla monggo dilanjutkan.....
gue-ranu - 19/06/2010 01:51 PM
#2

Pertamax diamankan......hahhahahahaha
ghorylla - 19/06/2010 03:08 PM
#3

salam
ok karena Bro Ranoe udah nulis soal ini, ini bakalan sy terusin deh biar lebih jelas...

SILAT PENGASINAN
Silat ini merupakan silat khas dari daerah Pengasinan, Sawangan, Depok..penyebaran aliran ini banyak di daerah selatan jakarta sampai pada daerah Parung dan Cirendeu....

Silat ini berkembang pada komunitas Betawi Ora...komunitas Betawi yg domisilinya di pinggiran kota Jakarta...Ada keunikan pada masyarakat betawi Ora ini, karena budayanya yg dipengaruhi oleh tiga kultur yaitu Betawi, Sunda dan Jawa..Kenapa disebut sebagai Betawi Ora, karena ketika mereka bermuhibah ke Batavia/Jakarta, ketika diajak ngobrol oleh orang2 dari komunitas Betawi Tengah, mereka menyebut kata "tidak" dgn kata "ora" seperti pada bahasa Jawa...sedangkan orang2 Betawi Tengah pada umumnyamenyebut kata tersebut dgn "enggak" atau "kaga"...beberapa kosa kata Bahasa Sunda pun masuk ke dalam kosa kata Betawi Ora...

Dari dulu orang2 dari Pengasinan ini di daerah Paseban/Salemba terkenal sebagai jago silat dan biasanya berprofesi sebagai tukang buah keliling...

Kembali ke masalah silat...Silat Pengasinan ini menurut versi perguruan pusat MS Jalan Enam Pengasinan yg berkedudukan di kampung Pengasinan, Sawangan, adalah: Silat ini diciptakan oleh dua serangkai Mbah Misar/ Uwak Misar dan Mbah/ Uwak Siban...nah yg berkembang di kampung Pengasinan ini adalah silat versi dari Mbah Misar...sampai sekarang pun keturunannya masih mendiami kawasan tersebut, persis di sebelah/di area makam Mbah Misar dan Padepokan Pusat...Nah kalo dari jalur Mbah Siban, sekarang ini menjadi Silat Pahaman Baba Nasan di Pondok Labu...Saat ini keturunan dari Mbah Misar setau sy masih menjabat sebagai ketua Umum aliran ini/ Pengasinan Sawangan jalur Mbah Misar yaitu Bapak Agus Salim..

Pada perkembangannya juga ada aliran Pengasinan yang disebut dengan Silat Pengasinan aliran Kebon Kopi...nah setau saya mereka mempunyai versi sejarahnya sendiri..tapi tetap berkaitan dengan sosok Mbah Misar dan Mbah Siban....

Mbah Misar ini menurut cerita berguru kepada banyak guru, termasuk pernah berguru Silat Cikalong, Silat Cimande dan beberapa aliran lain, bahkan beliau pernah berguru pada seorang guru di Ujung Genteng Sukabumi...

Keunikan dari Silat Pengasinan ini adalah adanya perbedaan teknik pengembangan dari tiap2 guru meskipun masih satu perguruan...Jadi meskipun jurus dasarnya sama tapi tetap ada perbedaan dalam cara memainkannya, dan juga ada perbedaan dalam beberapa jurus lanjutannya...Tiap2 guru punya ciri khas tersendiri...Makanya terkadang jika dilihat oleh orang awam ketika ada beberapa grup silat aliran ini berkumpul maka seolah2 beda2 jurusnya..padahal yg dimainkannya sih jurus yg itu2 juga..inilah keunikannya, oleh karena itu terkadang penafsiran dan interpretasi terhadap jurusnya pun beda2 pada tiap guru...Keunikan lainnya adalah tiap2 guru punya spesialisasi tersendiri..ada guru yg spesialisasi maen toya, ada yg tidak mahir maen toya tetapi mahir sekali dalam bermain golok...Makanya jangan heran jika beberapa grup latihan silat Aliran ini memiliki cara bermain yg beda terhadap jurus dan konsep yg sama...

Ciri khas Silat ini ada pada konsep Jalan Enam yg mana itu merupakan konsep untuk menjalankan jurus, bertahan dan menyerang...Bagaimana konsep Jalan Enam itu? jadi pada dasarnya tubuh kita itu dibagi menjadi tiga area: bawah-tengah-atas..nah tiga area itu akan dibagi lagi menjadi dua kiri dan kanan atau luar dan dalam...akhirnya semuanya berjumlah enam area...Konsep lainnya adalah Empat Pancer, dimana pergerakan dalam memainkan jurus dan juga dalam pembelaan diri akan bergerak ke empat arah yg dimulai dari suatu titik dan berakhir pada titik yg sama...dari berbagai macam jurus pada akhirnya akan menjadi satu bentuk formless yg bertumpu pada satu titik...Konsep lainnya adalah Jaga Pukul, dilarang menterang duluan, namun jika diserang harus segera mungkin membalas serangan dengan serangan beruntun dan bertubi2, tangan yg digunakan untuk menangkis harus juga digunakan untuk menyerang....Ciri khas lainnya adalah permainan rapat dgn kombinasi tangkapan dan traping hand yg biasa disebut sebagai Kotek Sambutan...

Konsep yg saya uraikan ini adalah konsep yg sy dapat dari guru sy: Alm. Babe Uwie Effendi Bin Suhaedi/ Bang Uwie/ Bang Pendi dari Kawi-kawi--Paseban....

Saya mempelajari silat ini dari Alm Babe Uwie Effendi (21 Desember 1936-18 Juni 2007) ...Beliau memulai belajar Silat Pengasinan ini dari aliran Kebon Kopi yaitu dari Bapak Marno'i...kemudian beliau belajar selama bertahun2 dari beberapa orang guru yg kesemuanya adalah guru silat aliran pengasinan dan juga berguru ilmu lain dari seorang
Ajengan di daerah Banten...Guru2 Beliau diantaranya adalah: Haji Yakub-Pengasinan, Ri'ih Bin Ni'ung/Pak Rinta-Pengasinan, Cang Noar/Pak Anwar-domisili di Paseban...

Beberapa praktisi dari aliran ini menggunakan ilmu hadiran namun yg sy tekunin dari guru sy ini tidak menggunakn ilmu hadiran..melainkan betul2 murni olah fisik..
ghorylla - 19/06/2010 03:59 PM
#4

SILAT PASEBAN
Silat Paseban adalah silat yg berkembang di daerah Paseban Jakarta Pusat...Daerah ini dihuni oleh Komunitas Betawi Tengah...ciri khas dari betawi tengah ini adalah pada dialeknya, yg mana dalam pengucapan selalu berakhiran e, misalnya "kemana" - "kemane" , "ada apa"- "ade ape"....Budayanya banyak dipengaruhi oleh budaya Cina dan Arab...Mengenai penamaan kampung tersebyt menjadi Kampung Paseban karena dulu di darah itu ada rumah dengan halaman luas dan teras besar semacam pendopo, yg mana dalam bahasa setempat pendopo tersebut disebut dgn istilah paseban, akhirnya nama itu melekat pada nama kampung Paseban di Salemba, Jakarta Pusat...

Di daerah Paseban sendiri dulunya terkenal sebagai kampung gudangnya jago2 silat..terdapat berbagai aliran silat di sana di antaranya Serasi, Sabeni, Pengasinan, Tiga Berantai, dll...dari kesemuanya yg merupakan ciri khas ataupun silat khas dari daerah ini adalah Silat Paseban-Gerak Paksa Melintang Patah...

Silat Paseban sejarahnya terhenti hanya pada yg terkenal sebagai foundernya yaitu Engkong Mohammad Saleh Bin Salman/ Mad saleh...untuk garis selanjutnya ke atas sampai saat ini belum bisa dilacak mengenai keakuratannya..Sehingga sampai saat ini cukuplah garisnya sampai pada Engkong Saleh...

Silat Paseban ini memiliki beberapa ciri khas di antaranya serangannya yg mengandalkan power, pukulan2 jauh, variasi teknik tangkapan, kuncian, patahan dan juga bantingan termasuk beberapa teknik pergumulan...Pola serangannya selalu maju tidak ada mundur...dalam jarak menengah akan dilancarkan serangan mulai dari pukulan, tendangan, sikutan dan dengkul, namun jiak dalam jarak rapat maka kuncian, tangkapan, patahan dan bantingan yg akan dilancarkan...Silat ini secara keseluruhan jumlah jurusnya ada 18 ditambah dengan variasi Jurus Praktek yg jumlahnya bisa mencapai sekitar 350 teknik, sy sendiri untuk jurus praktek ga begitu tau jumlah pastinya karena ga pernah sy hitungin..angka ini berupa perkiraan aja...Berbeda dgn Pengasinan dalm memainkan jurus tidak ada perbedaan berarti antara tiap2 guru yg mengembangkannya, kalo pun ada perbedaan biasanya itu di jurus prakteknya, biasanya agak sedikit berbeda itu jika sudah memainkan jurus di atas jurus 6...jurus 1 sampai dengan 6 tidak ada perbedaan gerakannya antar tiap2 guru...

Saya belajar Silat Paseban ini dari Babe Cacang S. Murtadho , cucu dari Engking Mohammad Saleh Bin Salman...Beliau belajar sampai tamat pada Engkongnya, selain itu beliau juga dibimbing oleh Bang Bram salah satu murid dari Engkong Saleh dgn supervisi langsung dari Engkong...

Silat ini dalam cara memukul/menyerang mengutamakan kekuatan dari pinggang dan kuda-kuda..kuda2 yg kokoh mutlak diperlukan untuk meyerang baik membanting maupun memukul/menendang....Konsep silat ini adalah Gerak Paksa Melintang Patah....Lawan bergerak, maka serangannya harus kita paksa masuk dalam jebakan yg akan kita lancarka, begitu lawan melintang, maka langsung kita patahkan..kira2 demikian konsepnya...

Silat ini mula2 dikembangkan oleh Kong saleh di daerah Paseban melalui Perguruan Silat Sinar Paseban...Pada perkembangannya guru sy/ Babe Cacang atas persetujuan Engkongnya mendirikan lagi Pendidikan Silat Taqwa Betawi dgn jalur keilmuan yg bersumber dari jalur Kong Saleh..kemudian murid2 Engkong yg lain juga mendirikan perkumpulan lagi seperti Perguruan Sohul, dll....Selain di Paseban, Engkong Saleh juga pernah melatih di daerah Depok, di sekitar Jembatan Serong, Ratu Jaya, dan Kalimulya...Akhirnya murid2 Engkong yg di Depok juga mengembangkan ilmunya dgn variasinya/interpretasinya masing2...Pak Nada mengembangkan di Depok, Kong Salim mengmbangkan di daerah Kalimulya dan mendirikan Perguruan Silat Sinar Kalimulya, aliran dari Kong Salim ini dikenal dengan Silat Paseban Lama...Ada sedikit perbedaan antara Silat Paseban Babe Cacang dgn Silat Paseban Lama Kong Salim...perbedaan tersebut ada pada permainan pukulannya/jurus..Kong Salim berkebalikan dgn Babe Cacang, Kong Salim mengembangkan permainan rapat dan berorientasi pada pukulan pendek dan speed, tidak menggunakan gerakan pinggang secara maksimal...perbedaan lainnya adalah adanya penamaan jurus setelah jurus 6..dalam SIlat Paseban Babe Cacang/Taqwa Betawi dan juga SInar Paseban jurus totalnya ada 18 jurus dan tidak ada penamaan pada jurus2 setelah jurus 6...jurus2 setelah jurus 6 pada Paseban Lama Kong Salim berbeda bentuk dgn Jurus 7 dan selanjutnya dari Babe Cacang....dalam jurus Praktek dari Kong Salim kuncian, patahan dan bantingan tidak sebanyak pada Babe cacang, terjadi perbedaan orientasi dalam pola serangan..juga tidak ada jurus pergumulan pada Paseban Lama Kong Salim...serangan2nya lebih pada serangan cepat dan beruntun dgn kecepatan, bantingannya
kong salim pun lebih berorientasi pada timing, momentum dan kecepatan...Demikianlah perbedaannya, semuanya tidak ada yg salah, karena perbedaan penafsiran itu adalah hal yg biasa di dunia silat tradisional...Saya pribadi pun beberpa kali berkunjung ke perguruannya Kong Salim dan demikian pula sebaliknya, bahkan sy diperkenankan untuk belajar teknik2 pengembangan dari Kong Salim...semua guru punya pendekatannya masing2 yg semuanya itu didasarkan pada usia, kondisi fisik dan jam terbangnya masing2...Saat ini kami dari Pendidikan Silat Paseban Taqwa Betawi/ Babe Cacang sedang berusaha untuk membuat semacam forum silaturahmi sesama Silat Paseban Kong Saleh..yg sudah terlaksana dan beberapa kali pertemuan/latihan bersama adalah dengan Perguruan Silat Paseban Lama Sinar Kalimulya/ Kong Salim....
Destroyer9 - 19/06/2010 05:32 PM
#5
Kembangkan.
Semoga Silat berkembang.
serunai - 19/06/2010 09:44 PM
#6

Mau nanya bro,

Untuk saat ini apakah ada perbedaan antara gaya pengasinan di kampung sawangan dan pengasinan gaya kebon kopi? Kira kira perbedaannya dimananya?

Terus sekarang yang jadi guru di kampung pengasinan sawangan sapa?

thanks bro
@soygeboy - 19/06/2010 09:51 PM
#7

Jadi inget, waktu coba ngunci Babe Cacang.. Yang sy rasakan ototnya kok lentur sekaligus liat... Tau2 doi dah ada di posisi yg berbahaya buat sy..

Salam hormat buat babeh.. Semoga bs ketemu lagi

Salam hangat,
situagila - 19/06/2010 10:53 PM
#8

mo nanya gan....

ada gak kira2 hubungan ttg silat antara daerah pengasinan (sawangan/indonesia) dengan pangasinan (filipina)?

makasih

ghorylla - 20/06/2010 12:56 AM
#9

Quote:
Original Posted By serunai
Mau nanya bro,

Untuk saat ini apakah ada perbedaan antara gaya pengasinan di kampung sawangan dan pengasinan gaya kebon kopi? Kira kira perbedaannya dimananya?

Terus sekarang yang jadi guru di kampung pengasinan sawangan sapa?

thanks bro


Salam
Jelas ada perbedaan antara yg di kampung pengasinan sawangan dgn yg di daerah kebon kopi..ga usah begitu, seperti udah sy bilang, dalam aliran pengasinan sawangan aja terjadi perbedaan gaya antara masing2 guru...

Perbedaannya...yg gaya Pengasinan Sawangan jurus pembukaannyatidak menggunakan putaran kepalan, klo kebon kopi banyak menggunakan kepalan tangan...kuda2 beberapa guru di aliran kebon kopi lebih rendah daripada yg di pengasinan sawangan...permainan tangkisan/ketokan di tangan musuh lebih banyak di kebon kopi, klo di pengasinan sawangan lebih banyak langsung tangkep tangan lawan dan dipuntir/dipelintir/di kunci....kurang lebih itu beberapa perbedaannya...

Guru di Pengasinan Sawangan? Banyak dan masing2 punya gaya/cara main yg beda2..seperti misalnya Pak Anin dgn bentuk pentilan lemes, kalo Pak Napah lebih Full power, pentilannya lebih menggunakan tenaga yg didukung oleh gerakan pinggang dan sentakan...dan masih ada beberapa guru lainnya...

Kalo Alm. Guru saya itu mengkombinasikan beberapa permainan dari guru2nya yg kemudian dikombinasikannya menghasilkan gayanya sendiri...Guru saya mempelajarinya dari Aliran Kebon Kopi dan juga Pengasinan Sawangan...
ghorylla - 20/06/2010 01:02 AM
#10

Quote:
Original Posted By situagila
mo nanya gan....

ada gak kira2 hubungan ttg silat antara daerah pengasinan (sawangan/indonesia) dengan pangasinan (filipina)?

makasih



salam
wah sy kurang tau juga dimana hubungannya...

klo ditanya apa ada teknik atau gerakan yg sama dengan FMA? sy katakan ada beberapa konsep dan teknik yg mirip, misalnya gerakan pola Hubad hubud-sori kalo salah nyebutinnya karena sy ga pernah belajar arnis, nah teknik itu juga ada di drill-nya Pengasinan, klo di Pengasinan gaya Babe Uwie Effendi itu masih masuk dari pecahan teknik dari Kotek Sambutan..Lalu teknik merebut senjata/pisau dgn cara mengetok titik di punggung tangan/kepalan lawan yg memegang pisau, itu ada juga di Pengasinan...Permainan yg mungkin mirip itu , sy pernah dikasih tau guru sy teknik dimana tangan kanan memegang golok yg agak panjang sedangkan tangan kiri menggunakan pisau yg lebih pendek....teknik ini sebenarnya konsepnya hampir sama dengan teknik menggunakn golok ganda/double kiri-kanan....
situagila - 20/06/2010 01:11 AM
#11

Quote:
Original Posted By ghorylla
salam
wah sy kurang tau juga dimana hubungannya...

klo ditanya apa ada teknik atau gerakan yg sama dengan FMA? sy katakan ada beberapa konsep dan teknik yg mirip, misalnya gerakan pola Hubad hubud-sori kalo salah nyebutinnya karena sy ga pernah belajar arnis, nah teknik itu juga ada di drill-nya Pengasinan, klo di Pengasinan gaya Babe Uwie Effendi itu masih masuk dari pecahan teknik dari Kotek Sambutan..Lalu teknik merebut senjata/pisau dgn cara mengetok titik di punggung tangan/kepalan lawan yg memegang pisau, itu ada juga di Pengasinan...Permainan yg mungkin mirip itu , sy pernah dikasih tau guru sy teknik dimana tangan kanan memegang golok yg agak panjang sedangkan tangan kiri menggunakan pisau yg lebih pendek....teknik ini sebenarnya konsepnya hampir sama dengan teknik menggunakn golok ganda/double kiri-kanan....


yang saya bold, sepertinya betul2 mirip tuh silat pengasinan dg arnis/eskrima....soalnya klo ane pernah liat di youtube, di eskrima memang seperti itu (tangan kanan megang golok/pedang/stick, tangan kiri pegang pisau) CMIIW.....

mungkin aja orang2 di pengasinan sawangan merupakan orang2 yg migrasi dari pangasinan di filipina yah? ato sebaliknya......
ghorylla - 20/06/2010 01:56 AM
#12

Quote:
Original Posted By situagila
yang saya bold, sepertinya betul2 mirip tuh silat pengasinan dg arnis/eskrima....soalnya klo ane pernah liat di youtube, di eskrima memang seperti itu (tangan kanan megang golok/pedang/stick, tangan kiri pegang pisau) CMIIW.....

mungkin aja orang2 di pengasinan sawangan merupakan orang2 yg migrasi dari pangasinan di filipina yah? ato sebaliknya......


salam
yah biarpun sama2 pake senjata panjang dan pendek tapi kan tetep aja ada perbedaannya, cuma bedanya dimana sy ga bisa banyak komentar karena sy ga begitu paham soal Arnis karena sy bukan praktisinya, hanya sekedar sharing sama temen2 yg lagi pada belajar Arnis...

Yang jelas bedanya kalo di Silat, permainan senjata itu ga dikasih di awal, harus fasih dalam permainan jurus tangan kosong dulu baru menerapkannya pada senjata...yg penting paham konsep2 jurusnya dan paham karakteristik dari suatu senjata, kemudian terapkan pada jurus2....intinya senjata itu merupakan perpanjangan dari tangan kita....kalo dibandingkan dgn FMA, permainan senjata Silat ya pastinya lebih sederhana dari Arnis...karena silat pengasinan tidak mengkhususkan pada permainan senjata...

rasanya ga mungkin kalo orang pengasinan bermigrasi ke Filipina atau ada orang Filipina bermigrasi ke Pengasinan...yg jelas nenek moyang Orang2 Pengasinan kalo ga salah ada teori yg menyebutkan ada pencampuran dgn tentara dari Bagelen, ada yg bilang mungkin pada era Diponegoro, ada juga yg bilang pada era Sultan Agung sekitar penyerbuan Batavia...ga tau juga kalo migrasinya pada era itu..hanya saja sy ga pernah dengardari sesepuh dan juga ga pernah dengar ada ahli yg mengatakan ada orang Filipina/ ada pengaruh dari filipina..kalo dari cina itu sangat dimungkinkan..karena dari cara hormatnya aja ada pengaruh dari cina..klo pengaruh dari silat sunda itu sudah pasti terutama dari CImande dan Cikalong....
serunai - 20/06/2010 10:23 AM
#13

Quote:
Original Posted By ghorylla
salam

...nah yg berkembang di kampung Pengasinan ini adalah silat versi dari Mbah Siban...sampai sekarang pun keturunannya masih mendiami kawasan tersebut, persis di sebelah/di area makam Mbah Misar dan Padepokan Pusat...Nah kalo dari jalur Mbah Siban, sekarang ini menjadi Silat Pahaman Baba Nasan di Pondok Labu...Saat ini keturunan dari Mbah Misar setau sy masih menjabat sebagai ketua Umum aliran ini yaitu Bapak Agus Salim..



Sori bro saya agak bingung dengan nama nama yang saya bolt.
Kalau mengacu dari tulisan anda tersebut, pengertian saya kok begini.. versi mbah Siban berkembang di kampung pengasinan. Selain itu dari jalur Mbah Siban ini sekarang juga berkembang menjadi silat pahaman Baba Nasan di pondok labu.

Nah keturunan dari Mbah Misar lah yang saat ini menjabat sebagai ketua umum dari aliran silat pahaman Bab Nasan.
Tolong dikoreksi kalau pemahaman saya salah.
thx
ghorylla - 20/06/2010 11:42 AM
#14

Quote:
Original Posted By serunai
Sori bro saya agak bingung dengan nama nama yang saya bolt.
Kalau mengacu dari tulisan anda tersebut, pengertian saya kok begini.. versi mbah Siban berkembang di kampung pengasinan. Selain itu dari jalur Mbah Siban ini sekarang juga berkembang menjadi silat pahaman Baba Nasan di pondok labu.

Nah keturunan dari Mbah Misar lah yang saat ini menjabat sebagai ketua umum dari aliran silat pahaman Bab Nasan.
Tolong dikoreksi kalau pemahaman saya salah.
thx


Salam
begini mas Serunai, ga usah bingung..ni sy ulang...menurut sesepuh2 Silat Pengasinan itu diciptakan oleh Mbah Misar dan Mbah Siban, mereka saling belajar...nah pada akhirnya masing2 mengembangkan style-nya tersendiri terutama di level keturunannya....Nah yg di Pengasinan itu style-nya menagcu pada permainannya Mbah Misar dmana Mbah Misar juga belajar/mendapat pengaruh dari Mbah Siban...yg di Pengasinan itu keturunan dari Mabah Misar....Nah ketua umum yg jalurnya dari Mbah Misar itu adalah keturunannya sendiri dari generasi ke sekian....klo yg dari jalur Mbah SIban itulah yg berkembang jadi silat Pahaman...

Yang jadi ketua dari jalur Mbah Siban saya ga tau siapa tepatnya...karena kegiatan maupun seremoni yg diadakan berbeda tempat dan juga mungkin beda jalurnya....klo yg dari mbah Misar sekali lg sy ulang itu sekarang yg jadi ketuanya adalah Pak Agus yg masih keturunan darah dari Mbah Misar...

Justru yg saat ini lebih berkembang itu yg dari Mbah Misar, berkembang di sini dalam arti menyebar lebih luas meskipun antara satu dgn yg lain gayanya beda2, selain itu diwadahi/bernaung dalam bendera yg sama salah satunya dalam naungan MS Jalan Enam Pengasinan. perguruan MS ini sampai sekarang masih rutin mengadakan ritual2 ataupum seremoni yg berkaitan dgn aliran ini...dulu kata guru saya, yg dari aliran Kebon Kopi juga setiap tahun memiliki tradisi seremoni sendiri di tempat yg berbeda, waktu guru sy masih belajar di kebon kopi, beliau bilang kalo dulu yg mengadakan seremoni itu dipimpin oleh Bapak Marno'i....sy sendiri ga tau apakah yg aliran Kebon Kopi ini sekarang masih mengadakan acara ini...

kalo yg dari jalur Mbah Misar-Pengasinan Sawangan tiap taun ada acara wajib, di situ seluruh perguruan/ jalur guru2 yg menisbahkan permainannya dari jalur Mbah Misar berkumpul di Sawangan pada Bulan Maulud...acara biasanya dilangsungkan selama 3 hari...nah tiap acara ini lah biasanyan selalu dihadiri oleh pendekar/perwakilan dari Cimande, karena kami selalu menganggap aliran Cimande sebagai Abang.....
ghorylla - 20/06/2010 11:45 AM
#15

salam
terima kasih Mas Dodit, itu memang di tulisan terdahulu ada salah ketik, sy yg salah, makasih atas koreksinya, itu udah sy betulkan..mudah2an ga salah ketik aja...thanks mas...
hebiryu - 20/06/2010 11:59 AM
#16

foto2 dan video dong bro ghorylla ...
ghorylla - 20/06/2010 12:01 PM
#17

Quote:
Original Posted By hebiryu
foto2 dan video dong bro ghorylla ...


salam
salah satu video ada di FB sy...nati foto dan video cb sy tampilkan, mungkin juga dari versi guru lain juga akan sy tampilkan...
hebiryu - 20/06/2010 12:24 PM
#18

pasang bro....
nanti malam aku bikin thread KYS + foto-foto. hehehe
black.prada - 20/06/2010 12:46 PM
#19

Quote:
Original Posted By ghorylla
salam
salah satu video ada di FB sy...nati foto dan video cb sy tampilkan, mungkin juga dari versi guru lain juga akan sy tampilkan...


fbnya apa mas gorila?biar ane add
serunai - 20/06/2010 01:40 PM
#20

Quote:
Original Posted By ghorylla
salam
terima kasih Mas Dodit, itu memang di tulisan terdahulu ada salah ketik, sy yg salah, makasih atas koreksinya, itu udah sy betulkan..mudah2an ga salah ketik aja...thanks mas...


Oke sekarang saya paham jalur jalurnya. Thanks bro informasinya. Kayaknya layak liput nih
Page 1 of 9 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > LOEKELOE > SPORTS > Martial Arts > Silat Tradisional Paseban & Pengasinan