Budaya
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > (no SARA) Kelemahan teori 'Borobudur adalah peninggalan nabi Sulaiman'
Total Views: 162905
Page 28 of 187 | ‹ First  < 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 >  Last ›

arahmat88 - 12/07/2010 03:56 PM
#541

Quote:
Original Posted By zeth
Ini realita,mas.. bukan curhat colongan dan saya tahu, banyak yg sependapat dgn saya


Fakta ya mas?fakta sperti apa?realita?realita seperti apa? ...
mohon pencerahannya dari sesepuh...
arahmat88 - 12/07/2010 03:59 PM
#542

Quote:
Original Posted By prabuanom
pembahasan bahwa borobudur adalah peninggalan nabi sulaiman aja sudah sara. kenapa sara?karena menghina temen dr budha. waktu saya beri artikel lain yg menunjukan bahwa kakbah adalah sejatinya kuil hindu menurut orang india maka langsung naik darah dan marah marah orang orang ini. aneh khan mas?. maunya dihormati tp ga pernah belajar menghormati kepercayaan orang lain mereka mereka ini

dikit dikit atas nama kebenaran, atas nama hakekat, bah nonsense....intinya NOL besar!!

borobudur ya jelas peninggalan budha, titik!

kalo mau imbang sekalian aja yuk buat pembahasan bahwa kakbah adalah kuil hindu menurut orang india. kalo ga nanti pada marah marah mereka


Apa yg di tunggu mas?silahkan saja...
coffin - 12/07/2010 04:06 PM
#543

Quote:
Original Posted By arahmat88
Pertanyaan sy mas, saat anda katakan agama Islam itu agama sempalan, apa reaksi keluarga besar anda?Itu satu,
yang kedua, mengapa tiba2 anda singgung mengenai banned? apa banned menjadi 'jurus' anda saat ada pihak yg berseberangan pendapat dengan anda? ...

Maaf mas, harap jangan bias...tolong dilihat apa kasusnya, dan tolong jangan dijadikan kasus ini menjadi curhat colongan anda...


karena agama Buddha muncul lebih dahulu, kedua agama sama sama mengajarkan kebaikan, sama sama mengusung paham Tuhan Yang Esa, Tuhan yang satu

logikanya, jika Guru yang di agungkan dalam agama Buddha adalah nabi dalam agama lain, maka agama lain secara tidak langsung adalah lanjutan dari agama yang berkembang lebih dahulu,

jika ada yang marah dibilang agama Islam bagian dari agama Buddha, maka artinya sama saja dengan bilang : Agama Buddha lebih buruk dan tidak layak dipersandingkan dengan agama Islam
kalimat ini malah akan jauh lebih melecehkan agama Buddha

padahal kenyataannya tidak begitu, karena keduanya sama sama mengajarkan kebaikan dan penghormatan kepada Tuhan Yang Maha Esa

namun jika ada yang mengatakan sebaliknya, Agama Buddha adalah sempalan dari agama Islam, rata rata pasti manggut manggut saja dan bilang : oh benar juga, bos nya agama Buddha aja Islam

agama Islam muncul 1200 tahun lalu sedangkan agama Buddha muncul 2500 tahun lalu
Islam Tuhannya adalah Allah, sedangkan Buddha Tuhannya adalah Sang Hyang Adhi Budha

dan bagi saya, apapun disebutnya yang namanya Tuhan hanya ada satu
kecuali ada yang mengganggap di atas ada Tuhan banyak dan lalu joinan membuat alam semesta bersama sama

atau mungkin konyolnya ada yang menganggap Tuhan di atas ada banyak, tapi yang jadi bosnya itu satu

tapi kenyataannya memang ada yang mengklaim bahwa Tuhan hanya milik salah satu agama saja, sementara agama lain ngontrak

kedua, masalah banned, itu sebuah sindiran
biasanya banyak orang teriak marah banned id A, banned id B jika dia dianggap ngutak atik suatu agama mayoritas
tapi jika yang terjadi sebaliknya, agama minoritas yang di utak atik,orang orang akan bilang : ah itu kan kebenaran,

jadi, siapa yang bias disini?
coffin - 12/07/2010 04:39 PM
#544

Quote:
Original Posted By Masagung
Gambar kapal nabi Nuh di relief Borobudur ?

Maaf, menurut saya sangat naif jika ada gambar kapal di candi2 nusantara termasuk borobudur, kemudian dianggap itu menceritakan bahtera nuh.
Mari kita pahami dengan mencoba membayangkan situasi dan kondisi masa itu dimana alam masih asli penuh hutan dan belum banyak jalan darat.
Jadi alat transportasi umum waktu itu ya cuma kuda, kereta atau perahu/kapal karena tehnologi pesawat terbang belum ditemukan.
Sebagai negara besar yg menguasai wilayah dgn banyak pulau sudah pasti Sriwijaya memiliki keahlian dalam bidang kelautan terutama transportasi melalui air yaitu perahu atau kapal.
Jadi wajar saja kalau di relief candi2 nusantara ada gambar kapal krn semua bangsa yg besar kala itu pasti memiliki armada laut yg tangguh.
Kisah perahu/kapal bukan semata-mata hanya kisah nabi nuh, bangsa viking, laskar mongol dan bangsa2 penakluk lain di dunia juga punya kisah tentang kehebatan pasukan maritim mereka.
Menarik kesimpulan bahwa gambar kapal pasti menceritakan nabi nuh, menurut saya, sama naifnya jika sekarang ini kita melihat photo orang mengoperasikan komputer kemudian kita simpulkan dia adalah Bill Gates, krn dia yg punya microsoft.


tentang gambar kapal itu, saya pernah beli buku tentang sejarah maritim di Indonesia,
disana disebutkan, berdasar penelitian, bahwa dunia maritim Indonesia sudah ada bahkan jauh sebelum jaman Sriwijaya

ada beberapa bukti yang menunjukan bahwa lebih dari 5000 tahun lalu pelaut kita bahkan sudah sampai ke afrika

ini juga ditunjukan dengan adanya transaksi dari pulau barus diujung pulau sumatra yang mengirim apa yang kita kenal sekarang sebagai kapur barus ke mesir kurang lebih 5000 tahun lalu

saya lupa naruh bukunya dimana, tapi nanti kalau ketemu saya tuliskan disini fakta fakta pendukungnya bahwa maritim indonesia sudah maju dari dulu,
arahmat88 - 12/07/2010 04:54 PM
#545

Ok lah klo memang ini malah jadi melebar....

Quote:
Original Posted By coffin
karena agama Buddha muncul lebih dahulu, kedua agama sama sama mengajarkan kebaikan, sama sama mengusung paham Tuhan Yang Esa, Tuhan yang satu


Sy tidak akan menyentuh ini karena sy sama sekali tidak ada ilmu di perihal ini.
Namun mohon sudilah kiranya untuk sedikit share untuk kita semua,
bahwa agama Budha pun mengajarkan Tuhan yg satu...


Quote:
Original Posted By coffin

logikanya, jika Guru yang di agungkan dalam agama Buddha adalah nabi dalam agama lain, maka agama lain secara tidak langsung adalah lanjutan dari agama yang berkembang lebih dahulu,

Jadi sebagai lanjutannya ya mas?sebagai lanjutannya, jadi apakah "versi yg baru ini" lebih baik kah atau sempalan ?
dan mungkin klo anaolgynya, sama sperti analogy software komputer dong ya mas?...


Quote:
Original Posted By coffin

jika ada yang marah dibilang agama Islam bagian dari agama Buddha, maka artinya sama saja dengan bilang : Agama Buddha lebih buruk dan tidak layak dipersandingkan dengan agama Islam
kalimat ini malah akan jauh lebih melecehkan agama Buddha

Klo sy pribadi akan spontan ngomong "buktikan dulu mas...jika agama Islam itu bagian dari ama Budha" ...


Quote:
Original Posted By coffin

padahal kenyataannya tidak begitu, karena keduanya sama sama mengajarkan kebaikan dan penghormatan kepada Tuhan Yang Maha Esa

Nah, jika agama mengajarkan demikian...
lalu ada individu yg kemudian berlaku diluar ketentuan agama, lantas bagaimana tuh mas?
newbie, mohon pencerahannya ...

Quote:
Original Posted By coffin

namun jika ada yang mengatakan sebaliknya, Agama Buddha adalah sempalan dari agama Islam, rata rata pasti manggut manggut saja dan bilang : oh benar juga, bos nya agama Buddha aja Islam

Maaf, jika sy pribadi ditanya demikitan, sy akan jawab...agama Budha adalah pengembangannya dari agama Hindu,
sy ngga sampai hati jika harus mengatakan sempalan...

Quote:
Original Posted By coffin

agama Islam muncul 1200 tahun lalu sedangkan agama Buddha muncul 2500 tahun lalu
Islam Tuhannya adalah Allah, sedangkan Buddha Tuhannya adalah Sang Hyang Adhi Budha

Maksudnya apa dengan perbandingan 'tahun kelahiran' ini ?
mohon pencerahannya...

Quote:
Original Posted By coffin

dan bagi saya, apapun disebutnya yang namanya Tuhan hanya ada satu

Anda Atheist tp ada menyatakan hal seperti di atas...
hmmm, maaf, silahkan tanya lagi diri anda...
apa yg anda cari selama ini...

Quote:
Original Posted By coffin

kecuali ada yang mengganggap di atas ada Tuhan banyak dan lalu joinan membuat alam semesta bersama sama

atau mungkin konyolnya ada yang menganggap Tuhan di atas ada banyak, tapi yang jadi bosnya itu satu

tapi kenyataannya memang ada yang mengklaim bahwa Tuhan hanya milik salah satu agama saja, sementara agama lain ngontrak

kedua, masalah banned, itu sebuah sindiran
biasanya banyak orang teriak marah banned id A, banned id B jika dia dianggap ngutak atik suatu agama mayoritas
tapi jika yang terjadi sebaliknya, agama minoritas yang di utak atik,orang orang akan bilang : ah itu kan kebenaran,

jadi, siapa yang bias disini?


Mohon jangan me-judge...
arahmat88 - 12/07/2010 04:57 PM
#546

Quote:
Original Posted By arahmat88
Pertanyaan sy mas, saat anda katakan agama Islam itu agama sempalan, apa reaksi keluarga besar anda?Itu satu,
yang kedua, mengapa tiba2 anda singgung mengenai banned? apa banned menjadi 'jurus' anda saat ada pihak yg berseberangan pendapat dengan anda? ...

Maaf mas, harap jangan bias...tolong dilihat apa kasusnya, dan tolong jangan dijadikan kasus ini menjadi curhat colongan anda...


@Coffin,
Anda belum menjawab pertanyaan sy ini..
coffin - 12/07/2010 05:01 PM
#547

relief kapal di borobudur itu yang ini ya?


jika memang benar itu adalah kapal Nabi Nuh, kenapa tidak ada gambar hewan hewannya disitu?

seharusnya jika itu benar kapal Nabi Nuh paling tidak akan digambarkan wujud wujud hewan yang ada di kapal tersebut, bukan hanya manusia saja

dikisahkan juga pengikut manusia di kapal itu hanya 8 orang, menilik pahatan bentuk manusia di kapal tersebut rasanya lebih dari itu

dan jika menganalogi perbandingan ukuran, perbandingannya terlalu kecil

CMIIW
Masagung - 12/07/2010 05:13 PM
#548

Quote:
Original Posted By mainterus
dari mana anda tahu kalau itu salah...?
mungkin malah benar , gimana?


masalahnya semua itu kan masih perlu pengkajian yang panjang....



BTW: Ada gak ya sapi berwarna kuning gading dg tanda warna putih ... di lain dunia selain di Indonesia...? ( selain sapi banteng yg ada di ujung kulon sama yang ada di Bali)


gini ya mas...
sebuah teori itu harus didukung bukti, dan bukti yg terkuat adalah arsip atau catatan.
kalau dijaman canggih spt sekarang catatan bisa berupa file elektronik, tapi di jaman dulu catatan tsb berupa prasasti.
nah faktanya prasasti di nusantara itu kebanyakan berhuruf palawa dan berbahasa sanskerta..sudah jelas kan dari mana asalnya.
kemudian tidak ada catatan tertulis (prasasti0 juga yg menceritakan adanya nabi2 di jawa, yg secara eksplisit lho bukan digathuk2-kan.

masalah sapi itu sapi siapaya, keknya kita nggak pernah ngomongin sapi deh
Masagung - 12/07/2010 05:17 PM
#549

Quote:
Original Posted By coffin
relief kapal di borobudur itu yang ini ya?


jika memang benar itu adalah kapal Nabi Nuh, kenapa tidak ada gambar hewan hewannya disitu?

seharusnya jika itu benar kapal Nabi Nuh paling tidak akan digambarkan wujud wujud hewan yang ada di kapal tersebut, bukan hanya manusia saja

dikisahkan juga pengikut manusia di kapal itu hanya 8 orang, menilik pahatan bentuk manusia di kapal tersebut rasanya lebih dari itu

dan jika menganalogi perbandingan ukuran, perbandingannya terlalu kecil

CMIIW


terimakasih gambarnya mas.

coba kita lihat gambar perahu tsb dgn pikiran obyektif ya :

- perahu tsb bercadik (ada penyangga kecil di kanan dan kiri) itu menunjukkan bahwa perahu itu ukuran kecil bukan kapal besar, karena tidak pernah ada kapal besar yg bercadik...ribet kali jadinya nanti.

nah nabi nuh kan nggak naik perahu, tapi kapal besar yg muat banyak orang dan binatang2 juga.

mudah2an logika kita bisa menerima fakta di relief tsb.
rora vee - 12/07/2010 05:19 PM
#550
bbrp foto2 relief diborobudur
maaf, cm bisa sharing bbrp relief pahatan dr borobudur yaaa.....



Spoiler for relief di trave ke 3.. CMIIW

mohon petunjuk para sesepuh ttg tokoh2 yg di relief candi borobudur ini







ada burung....




Penggalan kehidupan sosioekonomi masa itu.... chariot dan gajah
Masagung - 12/07/2010 05:26 PM
#551

Quote:
Original Posted By rora vee
maaf, cm bisa sharing bbrp relief pahatan dr borobudur yaaa.....



Spoiler for relief di trave ke 3.. CMIIW

mohon petunjuk para sesepuh ttg tokoh2 yg di relief candi borobudur ini







ada burung....




Penggalan kehidupan sosioekonomi masa itu.... chariot dan gajah


gambar ke 4, ada sosok bertangan empat, siapakah dia?
kira2 merujuk ke kisah atau mitologi dari mana ?
submit - 12/07/2010 05:32 PM
#552

mohon maaf sepuh semuanya...jangan keluar dari trit yg dibicarakan...

coffin - 12/07/2010 05:40 PM
#553

Quote:
Original Posted By arahmat88
Ok lah klo memang ini malah jadi melebar....



Sy tidak akan menyentuh ini karena sy sama sekali tidak ada ilmu di perihal ini.
Namun mohon sudilah kiranya untuk sedikit share untuk kita semua,
bahwa agama Budha pun mengajarkan Tuhan yg satu...


silahkan baca literatur agama Buddha atau tanyakan kepada yang beragama Buddha, disitu tertulis jelas tentang Sang Hyang Adhi Buddha

Adhi berarti satu, bukan banyak
dan Sang Hyang Adhi Buddha tidak lah sama dengan Buddha Buddha yang diturunkan ke bumi untuk mengajarkan kebajikan

umat Buddha sendiri mengartikan kata Buddha sebagai yang tercerahkan,semua yang melaksanakan sila memiliki kemungkinan yang sama untuk menjadi Bodhisatva atau calon Buddha

bibit ke Buddha an ada di dalam setiap orang,

Quote:
Original Posted By arahmat88
Jadi sebagai lanjutannya ya mas?sebagai lanjutannya, jadi apakah "versi yg baru ini" lebih baik kah atau sempalan ?
dan mungkin klo anaolgynya, sama sperti analogy software komputer dong ya mas?...


mari menilik arti kata sempalan dulu, yang berarti pecahan atau bagian,
di masa awal penggunaan kata ini , awalnya tidak mengandung peyorasi,

namun banyak orang kemudian mengartikan sempalan sebagai kata yang peyoratif dan negatif

jadi siapakah disini yang mengartikan kalimat saya sebagai hal yang negatif?karena saya mengartikan itu sebagai "bagian"

daripada membandingkan lebih baik atau tidak saya lebih suka mengartikannya sebagai "sama baiknya", karena jika membandingkan maka rasanya akan mengarah ke salah satu lebih buruk daripada yang lainnya, padahal keduanya mengajarkan ke Esa an dan kebaikan

jika saya mengatakan yang baru lebih baik, itu sama artinya saya melecehkan agama Buddha,

Quote:
Original Posted By arahmat88
Klo sy pribadi akan spontan ngomong "buktikan dulu mas...jika agama Islam itu bagian dari ama Budha" ...


nah silahkan pertanyakan buktinya kepada mereka yang mengclaim bahwa Buddha Gautama yang lahir pada 623 SM di India adalah Nabi Idris,

karena saya mengambil kesimpulan dari kalimat tersebut

Quote:
Original Posted By arahmat88
Nah, jika agama mengajarkan demikian...
lalu ada individu yg kemudian berlaku diluar ketentuan agama, lantas bagaimana tuh mas?
newbie, mohon pencerahannya ...


seperti yang saya bilang kemarin, mereka yang berlaku di luar ketentuan agama dan berlaku tidak mencontoh sikap sikap ke Tuhan an, masihkah mereka layak disebut beragama?bahkan jikalaupun dia adalah seorang pemuka agama sekalipun

dan anda pun cukup tau dijaman ini banyak yang seperti itu, mengaku pemuka agama A, B atau C tapi kelakuannya jauh dari sifat sifat ke Tuhan an


Quote:
Original Posted By arahmat88
Maaf, jika sy pribadi ditanya demikitan, sy akan jawab...agama Budha adalah pengembangannya dari agama Hindu,
sy ngga sampai hati jika harus mengatakan sempalan...


pengembangan pun bermakna sesuatu diawali dari satu hal yang sama, jadi antara yang dikembangkan dan bentuk mula nya adalah satu bagian

kecuali jika seperti di atas, anda mengkonotasikan kata sempalan secara negatif

Quote:
Original Posted By arahmat88
Maksudnya apa dengan perbandingan 'tahun kelahiran' ini ?
mohon pencerahannya...


bagaimana bisa anda mempertanyakan ini?

Quote:
Original Posted By arahmat88
Anda Atheist tp ada menyatakan hal seperti di atas...
hmmm, maaf, silahkan tanya lagi diri anda...
apa yg anda cari selama ini...


apakah anda sudah benar benar memahami pengertian atheis menurut versi saya? saya rasa saya sudah menerangkannya dengan baik di post sebelumnya yang anda quote,

sudah saya tulis juga di atas, atheis bagi saya adalah orang yang tindak tanduknya jauh dari sifat sifat ke Tuhan an bahkan jikalaupun dia adalah seorang pemuka agama

silahkan dibaca lagi

Quote:
Original Posted By arahmat88
Mohon jangan me-judge...


silahkan baca koran, lihat di tv dan gali ingatan anda, dan anda akan tau bahwa saya tidak sekedar menjudge saja tapi dengan melihat fakta diluaran

Quote:
Original Posted By arahmat88
@Coffin,
Anda belum menjawab pertanyaan sy ini..


inipun sudah saya jawab, di post sebelumnya

yang tersinggung hanyalah yang mengira bahwa Agama Buddha lebih buruk dari pada Agama Islam dan menyatakan Agama Buddha tidak layak dipersandingkan dengan Agama Islam

dan seperti yang sudah saya tuliskan, di keluarga saya tidak ada yang memandang rendah agama lain yang si sandang saudaranya
coffin - 12/07/2010 05:42 PM
#554

Quote:
Original Posted By submit
mohon maaf sepuh semuanya...jangan keluar dari trit yg dibicarakan...



terima kasih diingatkan mas, OOT saya berakhir di post sebelum ini
zeth - 12/07/2010 05:47 PM
#555

Quote:
Original Posted By arahmat88
Fakta ya mas?fakta sperti apa?realita?realita seperti apa? ...
mohon pencerahannya dari sesepuh...


walah,mas...baca dari sejarah yg ada, ke perpustakaan, dan lain2..juga baca dari halaman pertama thread ini,deh.
Tentang sejarah Borobudur yang mau dibelokkan oleh Kyai Pahmi Basia.
arahmat88 - 12/07/2010 05:52 PM
#556

Quote:
Original Posted By zeth
walah,mas...baca dari sejarah yg ada, ke perpustakaan, dan lain2..juga baca dari halaman pertama thread ini,deh.
Tentang sejarah Borobudur yang mau dibelokkan oleh Kyai Pahmi Basia.

See?dari tadi anda sudah memegang jawabannya...
tp bgitu susah untuk anda lihat...
angin_laut - 12/07/2010 05:52 PM
#557

Quote:
Original Posted By Suzaku Musha
mantab banyak klonengan berbau kandang yg sama


ssstttt jgn keras2 tar mbokan ada
yang bikin ID baru lg mas.............

Quote:
Original Posted By zeth
Nah..mereka tidak mau percaya,mas..dengan alasan,yang meneliti adalah para ilmuwan barat atau bani israel...wakakaka!


setubuh gan zeth

@arahmat88 :selamat atas kelahiran ID baru nya
arahmat88 - 12/07/2010 05:54 PM
#558

Quote:
Original Posted By coffin
terima kasih diingatkan mas, OOT saya berakhir di post sebelum ini


Maaf jika sy me-judge....anda OOT karena anda BIAS...
sekali lagi mohon maaf...
arahmat88 - 12/07/2010 05:55 PM
#559

Quote:
Original Posted By angin_laut
ssstttt jgn keras2 tar mbokan ada
yang bikin ID baru lg mas.............



setubuh gan zeth

[B]@arahmat88 :selamat atas kelahiran ID baru nya[/B]


Terima kasih mas...
dan mohon pencerahan dari sesepuh semua...
coffin - 12/07/2010 05:57 PM
#560



gambar yang ini menunjukan abhaya mudra,

telapak tangan kiri terbuka diatas pangkuan telapak tangan kanan diatas lutut kanan dengan jari-jari terbuka ke atas, ibu jari ke dalam,
yaitu mudra yang dipakai oleh Amoghasidhi Dhyani Buddha yang berarti jangan takut

relief disebelah kanannya menggunakan namaskara mudra / prayer mudra
Page 28 of 187 | ‹ First  < 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 >  Last ›
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > (no SARA) Kelemahan teori 'Borobudur adalah peninggalan nabi Sulaiman'