Entrepreneur Corner
Home > CASCISCUS > BUSINESS BOARD > Entrepreneur Corner > Ask? Syarat buka toko
Total Views: 842
Page 1 of 2 |  1 2 > 

handgrip - 24/06/2010 02:02 PM
#1
Ask? Syarat buka toko
agan2 sekalian, saya rencana mau buka toko. surat2 ijin apa yang harus dibikin? trus klo udah buka toko kena pajak retribusi dari pemda ga sih? mohon pencerahannya gimana sih klo mau buka toko
tisuebasah - 24/06/2010 07:03 PM
#2

buka toko di kaskus mah gratis gan...
handgrip - 25/06/2010 09:24 AM
#3

Quote:
Original Posted By tisuebasah
buka toko di kaskus mah gratis gan...


maksudnya toko beneran gan, bukan di kaskus. juragan2 lain ada yang tau ga
Clovermint - 25/06/2010 10:17 AM
#4
693
kyaknya udah ada threadnya di page blakang...

...yang pertama kali lo harus lakuin...minta surat pengantar dari RT...lapor ke kelurahan...entar pegi ke kantor pajak ngurus NPWP...trus ke kantor pemerintah daerah setempat ngurus SIUP...
handgrip - 25/06/2010 10:23 AM
#5

Quote:
Original Posted By Clovermint
kyaknya udah ada threadnya di page blakang...

...yang pertama kali lo harus lakuin...minta surat pengantar dari RT...lapor ke kelurahan...entar pegi ke kantor pajak ngurus NPWP...trus ke kantor pemerintah daerah setempat ngurus SIUP...


ribet juga ya gan, SIUP bukannya untuk CV ato PT ya yang berbada hukum, klo untuk toko kecil gitu bikin juga ya? trus ntar klo udah punya NPWP bayar pajaknya gimana sih, per tahun gitu ya?
RajaWebHost.com - 25/06/2010 11:33 AM
#6

beruntunglah anda yang tinggal di indonesia, bagi saya indonesia ialah surga buat para wirausaha, terutama wirausaha yang mau mulai dari kecil.

untuk buka toko kecil, tidak di perlukan izin-izin, mestinya sih perlu, tapi tau sendiri indonesia semerawutnya (percaya d, org pajak juga malas periksa toko kecil), kalo mau buka, ya buka aja....npwp, dan segala izin dari pemerintah belakangan aja, kecuali kalo usaha tersebut mengganggu ketertiban umum, seperti bikin berisik dan bau, anda harus minta izin dulu sama tetangga2 sktr dan RT.

legalitas usaha itu bukannya tidak penting, itu penting bila anda ingin ekspansi usahanya jadi besar. memiliki legalitas memungkinkan anda utk akses ke bank, perusahaan lain, pemerintah dan negara lain


www.RajaWebHost.com

Hosting terbaik, tercepat dan termurah
handgrip - 25/06/2010 05:00 PM
#7

Quote:
Original Posted By RajaWebHost.com
beruntunglah anda yang tinggal di indonesia, bagi saya indonesia ialah surga buat para wirausaha, terutama wirausaha yang mau mulai dari kecil.

untuk buka toko kecil, tidak di perlukan izin-izin, mestinya sih perlu, tapi tau sendiri indonesia semerawutnya (percaya d, org pajak juga malas periksa toko kecil), kalo mau buka, ya buka aja....npwp, dan segala izin dari pemerintah belakangan aja, kecuali kalo usaha tersebut mengganggu ketertiban umum, seperti bikin berisik dan bau, anda harus minta izin dulu sama tetangga2 sktr dan RT.

legalitas usaha itu bukannya tidak penting, itu penting bila anda ingin ekspansi usahanya jadi besar. memiliki legalitas memungkinkan anda utk akses ke bank, perusahaan lain, pemerintah dan negara lain


www.RajaWebHost.com

Hosting terbaik, tercepat dan termurah



ntar klo petugas pajaknya iseng bisa2 kita kena denda besar gan, gimana menurut agan
Clovermint - 25/06/2010 08:01 PM
#8
996
Quote:
Original Posted By handgrip
ribet juga ya gan, SIUP bukannya untuk CV ato PT ya yang berbada hukum, klo untuk toko kecil gitu bikin juga ya? trus ntar klo udah punya NPWP bayar pajaknya gimana sih, per tahun gitu ya?


klo tokonya kecil...lo cuman perlu surat pengantar dari RT...trus lapor ke klurahan...entar lo bayar pajaknya ke klurahan...
ishady - 27/06/2010 11:17 PM
#9
dukung toko kecil
Saya dukung yg di bawah ini:
Buka toko kecil (relatif) ga perlu izin gan
Apalagi kalo di kompleks perumahan, paling izin tetangga (lisan aja) kalo di sebelahnya rumah tinggal (kalo tebel muka,ga izin ya gapapa...he3)
TApi kalo di sebelahnya udah pertokoan; langsung aja gan (pengalaman sendiri udah bbrp kali)
Quote:
Original Posted By RajaWebHost.com

Spoiler for koment raja

beruntunglah anda yang tinggal di indonesia, bagi saya indonesia ialah surga buat para wirausaha, terutama wirausaha yang mau mulai dari kecil.

untuk buka toko kecil, tidak di perlukan izin-izin, mestinya sih perlu, tapi tau sendiri indonesia semerawutnya (percaya d, org pajak juga malas periksa toko kecil), kalo mau buka, ya buka aja....npwp, dan segala izin dari pemerintah belakangan aja, kecuali kalo usaha tersebut mengganggu ketertiban umum, seperti bikin berisik dan bau, anda harus minta izin dulu sama tetangga2 sktr dan RT.

legalitas usaha itu bukannya tidak penting, itu penting bila anda ingin ekspansi usahanya jadi besar. memiliki legalitas memungkinkan anda utk akses ke bank, perusahaan lain, pemerintah dan negara lain


www.RajaWebHost.com

Hosting terbaik, tercepat dan termurah



Quote:
Original Posted By handgrip
ntar klo petugas pajaknya iseng bisa2 kita kena denda besar gan, gimana menurut agan

Selama ini, pengalaman saya, belum terjadi gan
Izin2 dan pajak -biasanya- nunggu aja sampe disamperin petugas ybs (pemda ato pajak)
Tapi yang lebih bagus tentu urus izin2 dan pajak sebelum disamperin
TEnang aja gan, per-syaratan/surat2 mudah seperti yg banyak dijelasin di posting atas
Untuk pajak; punya NPWP tidak berarti harus bayar gan, kalo selama beberapa waktu pertama blum untung ato blum mencapai jumlah tertentu, agan ga perlu bayar tapi tetep perlu laporan
Tksh n smoga sukses dengan tokonya
handgrip - 28/06/2010 09:04 AM
#10

Quote:
Original Posted By ishady
Saya dukung yg di bawah ini:
Buka toko kecil (relatif) ga perlu izin gan
Apalagi kalo di kompleks perumahan, paling izin tetangga (lisan aja) kalo di sebelahnya rumah tinggal (kalo tebel muka,ga izin ya gapapa...he3)
TApi kalo di sebelahnya udah pertokoan; langsung aja gan (pengalaman sendiri udah bbrp kali)

[/spoiler]


Selama ini, pengalaman saya, belum terjadi gan
Izin2 dan pajak -biasanya- nunggu aja sampe disamperin petugas ybs (pemda ato pajak)
Tapi yang lebih bagus tentu urus izin2 dan pajak sebelum disamperin
TEnang aja gan, per-syaratan/surat2 mudah seperti yg banyak dijelasin di posting atas
Untuk pajak; punya NPWP tidak berarti harus bayar gan, kalo selama beberapa waktu pertama blum untung ato blum mencapai jumlah tertentu, agan ga perlu bayar tapi tetep perlu laporan
Tksh n smoga sukses dengan tokonya



o gitu ya, berarti kita perlu bikin pembukuan juga dong (repot juga, mana ga gitu ngerti akuntansi he.3), emang laba sampai berapa juta per tahun yang bisa dikenakan pajak
perc3takan - 28/06/2010 01:29 PM
#11

buka toko dimana? kalo cuma sewa toko seperti di mangga dua atau roxy mas, gak perlu ampe izin yg ribet2, apalagi kalo u cuma sewa 2 tahun.
7butterfly7 - 28/06/2010 05:52 PM
#12

Quote:
Original Posted By RajaWebHost.com
beruntunglah anda yang tinggal di indonesia, bagi saya indonesia ialah surga buat para wirausaha, terutama wirausaha yang mau mulai dari kecil.

untuk buka toko kecil, tidak di perlukan izin-izin, mestinya sih perlu, tapi tau sendiri indonesia semerawutnya (percaya d, org pajak juga malas periksa toko kecil), kalo mau buka, ya buka aja....npwp, dan segala izin dari pemerintah belakangan aja, kecuali kalo usaha tersebut mengganggu ketertiban umum, seperti bikin berisik dan bau, anda harus minta izin dulu sama tetangga2 sktr dan RT.

legalitas usaha itu bukannya tidak penting, itu penting bila anda ingin ekspansi usahanya jadi besar. memiliki legalitas memungkinkan anda utk akses ke bank, perusahaan lain, pemerintah dan negara lain


www.RajaWebHost.com

Hosting terbaik, tercepat dan termurah

Setuju.
biasanya, setahu saya:
buka aja dulu. Nanti didatangi petugas, kita dikasih tahu apa yg perlu, apa syarat yg diperlukan, kemana ngurus.

So, maju jalan dulu, smoga sukses.
pepertanyakan - 29/06/2010 01:16 AM
#13

agan2 yang bingung masalah birokrasi, surat2 spt SIUP, TDP, NPWP, UUG, pembuatan PT, CV dan lain2, serta pengurusan pajak, kebetulan saya punya kenalan yg udah terpercaya dan pengerjaannya baik. Kalau berminat silahkan :PM, nanti saya beritahu nomor kontaknya.
salam sukses
t4hugor3ng - 29/07/2010 06:10 PM
#14

C0ba klik ke : http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=4764761

Ne ringkasannya :

Kl0 w prhatikan......, byk retailer2 baru yg muncul tp lbh byk lg yg brguguran !! Tau npa ?? Krn umumnya gk perhitungkan dana cadangan utk 0perasi0nal (yg w bilang 3-6 bulan). Kebanyakkan brpikir "w ada dana 60 juta, enaqnya usaha dagang pa & dimana y ??".

Nah..........., qt sering lupa memasukkan cadangan biaya hidup slama min 6 bulan jg ! Ujung2nya pd kelabakan & berantakkan krn antara duit utk biaya hidup trcampur baur dgn biaya 0perasi0nal !

Ilustrasinya gni....., utk biaya 0perasi0nal msl perlu 15 juta/bulan (listrik, air, service charge, telp0n, belanja barang, gaji pgawai/qt sdri). Nah..........., spt yg sblmnya w cerita qt kn perlu 3-6 X lipat dari tu utk cadangan biaya 0perasi0nal !!

Trz msl biaya hidup qt pribadi perlu 5 juta/bln. Qt jg WAJIB siapin 6 X lipatnya, bhkan titik amannya seh 1 thn utk cadangan biaya hidup !!

Jgn brpikir utk biaya hidup qt bisa ambil dari hasil dagang tu, krn 1 tahun prtama hasil dagangan qt tuh blm ada artinya !! Gk bakalan bisa utk nutup biaya hidup ! Bahkan dlm 6 bln prtama biazanya msh minuz ! Gmana qt bisa ambil dari hasil dagangan, sdangkan masih c0mpang camping k0q ! Ibarat bayi baru brjalan mrangkak dipaksa utk marath0n.....

Kl0 qt yg jaga sdri tu warung dagangan, qt brhak atas sejumlah kecil sbgai gaji ! Ingat y...., sejumlah kecil !

Nah............., skrg gk aneh kn kl0 qt liat (s0rry y bkn mksd w mnyinggung) pedagang2 kecil spt pnjual g0rengan, qt liat jualannya lariz tp npa jarang yg bisa maju... Krn antara biaya 0perasi0nal dagangan trcampur baur ma biaya hidup... Hasil dagang hari ne yg cma (misal) 100 ribu, lgsg dipake utk biaya hidup es0k hari... In the end..., gk ada hasil yg trsisa... :'(
didiasgar - 17/06/2011 11:33 AM
#15

ane punya toko di itc ..... , Kaga usah mikirin perizinan segala gan langsung actions aja, Buka Toko Mah kaga usah dibikin ribet buka aja, kalau mu bikin perusahaan baru mikirin legalitasnya,

buka toko apa dulu gan...? SIUP, TDP, NPWP...etc mah untuk usaha besar atuh.
harus buat pembukuan kalau ngak punya kompetensi dibidang akuntansi repot juga,

buat pencatatan aja, kaga usah dibikin ribet,
ngitung laba ruginya simple aja : keuntungan - biaya = Laba/rugi

kaga usah dibikin ribet & pusing langsung action aja gan !!!
doeatoedjoeh88 - 17/06/2011 12:22 PM
#16

ijin nyimak gan..
ekadp - 17/06/2011 04:58 PM
#17

buka aja gan, ga usah mikir perijinan dulu.. tp silaturahmi ke pak rt-nya, kasih apa gitu, makanan aja biar ga dikira suap

yg jd problem, biasanya kl tetangga sirik. so kl memang besok jalan, dibuatin ijin aja. setahu ane, surat keterangan RT ama HO cukup kok
superwoofer - 17/06/2011 05:34 PM
#18

Bener tuh kata agan2 diatas gak usah kuatir ama macem2 itu,

kecuali mau bikin papan nama ato neon box yg besar nah pasti didatangi orang pajak ato seringnya satpol PP dr kecamatan.
Kalo masih didaerah perumahan ato pinggiran kota sebelum pasang bisa melapor dulu kekecamatan, dijamin deh pasti ada solusi yg lebih murah daripada ke pemkot hehehehheeee....... itulah Indonesia ada duit ada solusi
ekadp. - 17/06/2011 10:07 PM
#19

Quote:
Original Posted By superwoofer
Bener tuh kata agan2 diatas gak usah kuatir ama macem2 itu,

kecuali mau bikin papan nama ato neon box yg besar nah pasti didatangi orang pajak ato seringnya satpol PP dr kecamatan.
Kalo masih didaerah perumahan ato pinggiran kota sebelum pasang bisa melapor dulu kekecamatan, dijamin deh pasti ada solusi yg lebih murah daripada ke pemkot hehehehheeee....... itulah Indonesia ada duit ada solusi


belum tentu juga, kl bukan di daerah rame sih no prob pasang plang gitu

coba aja ke daerah jalan solo yogya, tp yg agak pelosok masuk. dulu pernah tanya2 orang sana, papan nama gitu pake HO ga, diketawain, apaan itu HO, kata mereka

tergantung area juga sih, saran ane coba ajak kenalan temen2 toko2 di sekitaran, ajak akrab ama pemilik tokonya, n ngobrol2 tanya. pinter2, area ini mungkin butuh, area lain belum tentu
12obe12t - 18/03/2012 07:33 PM
#20
..
ikut nyimak gan,

misal klo kita bangun toko ukuran 3x4 d depan rumash misalnya gan
perlu izin apa ajaa??

moga@ ada yg jawab..
Page 1 of 2 |  1 2 > 
Home > CASCISCUS > BUSINESS BOARD > Entrepreneur Corner > Ask? Syarat buka toko