Arsitektur
Home > LOEKELOE > TEKNIK > Arsitektur > Tanya: Berapa perkiraan biaya lantai cor (concrete) per meter persegi
Total Views: 21509
Page 1 of 3 |  1 2 3 > 

pluto5432 - 01/07/2010 11:41 AM
#1
Tanya: Berapa perkiraan biaya lantai cor (concrete) per meter persegi
Gan... kalau mo buat lantai cor / beton itu kira2 biaya per meter perseginya atau per meter kubiknya habis berapa ya? Ini untuk standard rumah dua lantai daerah surabaya Gan. Kalau mau simple, biaya material beton cor nya saja juga boleh (semen, pasir, koral) tanpa besi. Kalau ada yang punya pengalaman atau yang punya hobby hitung2an konstruksi, sharing infonya ya Gan????
awamsekali - 01/07/2010 02:57 PM
#2

tergantung gan, mau pakai mutu beton K berapa?
qiqi95 - 01/07/2010 06:23 PM
#3

per m3= kira 500rb k 225
inuendo - 02/07/2010 10:22 AM
#4

konvensional termasuk biaya tukang, dan perancah (ska folding) +- 700rb/m2 (terpasang)
kalo agan mau bisa coba keraton terpasang 450rb/m2
atau hebel dak beton 300rb/m2 terpasang (jakarta), sby kemungkinan bisa sama atau beda sedikit.
saran saya coba pake hebel aja lebih cepat dan mutu terjamin, tahan gempa, dan aman terhadap efek gempa, pemasangan kira2 30m2 1 hari selesai, 2 hari kemudian bisa langsung di pasang ubin, menghemat biaya tukang sangat signifikan
nightbaroon - 02/07/2010 03:52 PM
#5

Quote:
Original Posted By pluto5432
Gan... kalau mo buat lantai cor / beton itu kira2 biaya per meter perseginya atau per meter kubiknya habis berapa ya? Ini untuk standard rumah dua lantai daerah surabaya Gan. Kalau mau simple, biaya material beton cor nya saja juga boleh (semen, pasir, koral) tanpa besi. Kalau ada yang punya pengalaman atau yang punya hobby hitung2an konstruksi, sharing infonya ya Gan????


buat rumah harus pake besi gan, untuk tahanan gaya seimbang, tarik tekan. kalo gak ada besi bisa2 roboh loh...kisaran harga tergantung kontraktor yang bangun. mending langsung tanya aja ke kontraktornya, tergantung spek gan. tq
olas - 03/07/2010 08:33 PM
#6

kebetulan saya lagi bangun rumah gan ..

kalo pake Cor Keraton itu sekitar 8.5 juta / 16 kubik
kalo agan mau ngerjai sendiri dengan membeli pasir , semen , koral , dan upah pekerja .. itu hampir 8 juta-an juga gan .. yang pastinya untuk pengerjaan diatas 10 kubik ga mungkin sehari ... kalau pakai Keraton Beton itu bisa sehari..
inuendo - 05/07/2010 09:51 AM
#7

16m3 estimasi / m3 bisa 5m2berarti 80m2 ya gan luasanya
berarti mendekati 110.000 /m2 belum tukang ya gan...?
dulu saya ditawari tukang yg bisa masang borongan 125rb/m berarti sekitar 235rb/m terpasang ya gan...
smilehap - 05/07/2010 11:02 AM
#8

wah mahal juga ya gan, lom bikin kuda2 fondasinya ya...slnya ada rencana bikin juga neh...
arghhhhh22 - 05/07/2010 10:55 PM
#9
Ask
Halo bro/sist semuaaa...???

Ane mo ikutan nanya2 nehh, kebetulan mo nambah bangunan...
Klo cuma ngedak ukuran 3,5*3,25 m2 itung2annya gmn n' abis brp y?? Rencana ngedak buat jemuran n' tempat torn, ketebalannya mesti brp cm??
Trus klo mo pake tangga, enaknya pake tangga model apa?? Tangga puter atau tangga cor2an (yg paling murah biayanya)?

NB: klo pake jasa dari developer nya katanya kena hampir 40 jutaan,...hikzz...

Thx atas jawabannya,....

inuendo - 07/07/2010 10:49 AM
#10

pakai hebel aja gan, masih promo kenanya 300rb terpasang
agan siapin sloof atas.
untuk sloof hitunganya untuk 15cmX15cm itu 150rb/M berarti 3,5X4X150k= 2,1jt
Plat lantai hebel 14X300= 4,2jt (terpasang)
finishing dak dengan acian + aqua profing 150rb/M2 = 2,1jt
total 8,4jt untuk material
tukang untuk sederhananya total material X 35% = 2,9jt
total kotor berarti 11,3jt
untuk dana tak terduga 20% berarti grand total = Rp 13.560.000
silahkan siapkan dana kira2 seperti diatas untuk dak dan suportnya saja
untuk tangga bisa pakai tangga putar saja dengan diameter 120cm pasaran sekitar 3jt
artho - 08/07/2010 10:08 AM
#11

saya dapet info, kalo ngedak tuh ada umurnya jg ya?
kalo nggak di pake, atau nggak di tutup ama kramik gitu katanya bisa kropos?
arghhhhh22 - 08/07/2010 11:50 AM
#12

Quote:
Original Posted By inuendo
pakai hebel aja gan, masih promo kenanya 300rb terpasang
agan siapin sloof atas.
untuk sloof hitunganya untuk 15cmX15cm itu 150rb/M berarti 3,5X4X150k= 2,1jt
Plat lantai hebel 14X300= 4,2jt (terpasang)
finishing dak dengan acian + aqua profing 150rb/M2 = 2,1jt
total 8,4jt untuk material
tukang untuk sederhananya total material X 35% = 2,9jt
total kotor berarti 11,3jt
untuk dana tak terduga 20% berarti grand total = Rp 13.560.000
silahkan siapkan dana kira2 seperti diatas untuk dak dan suportnya saja
untuk tangga bisa pakai tangga putar saja dengan diameter 120cm pasaran sekitar 3jt



Waahhh, tengkyuu broo...sangat detail...sangat membantu buat sy...

AI2001 - 08/07/2010 09:22 PM
#13

ikutan nanya donk
mohon bantuannya kalo itungan antara pake kraton, hebel,konvensional
luas 120m2
trus bedanya keraton ama hebel lebih kuatan mana(maunya pake kamar anak di bawah atap)
jadi ane bangun tinggi 3.5 mtr untuk lantai 1,trus 1 mtr lantai 2
cuma kata hebel bisa di dak kapan-kapan (secara ane nikah aja belom) asal pas pembuatan balok insinyur hebel juga ikut mengawasi (harus ada besi yang dilebihkan) tapi koq pake balok melayangnya banyak banget yah?(tiap 2 mtr)
sedang kraton harus dibangun berbarengan(duit cekak nih)
secara konstruksi lebih aman mana yah gan
terima kasih sebelumnya
inuendo - 09/07/2010 11:08 AM
#14

untuk konstruksi yg aman menurut saya lebih aman hebel, dibanding dengan keraton dan konvensional sih, hebel yg paling aman, karena BJ nya paling ringan, dengan kekuatan setara, kelebihan lain adalah pemasangan bisa kapan saja alias dicicil terlebih dahulu, untuk bentang tidah perlu tiap 2M sepertinya, sebaiknya dimensi ruang di buat modul maksimal 3M, ilustrasinya apabila anda punya tanah lebar 6M maka sebaiknya dibagi 2 modul ruangnya jadi 3M, sehingga tidak perlu balok melayang, sebab kekuatan hebel bisa sampai bentang 3,5M gan, untuk balok melayang tiap 2M coba cari 2nd opinion dari pihak hebel, kalo perlu ngotot bin sok tau gak masalah gan, soalnya mereka biasanya mau cari aman
bandithung - 09/07/2010 10:18 PM
#15

nie coba disini kawan:

ngedak pakek h_e_b_e_l

ngitung duit nya

cara masangnya

*bentangan max 3.25m
AI2001 - 09/07/2010 11:28 PM
#16

Quote:
Original Posted By inuendo
untuk konstruksi yg aman menurut saya lebih aman hebel, dibanding dengan keraton dan konvensional sih, hebel yg paling aman, karena BJ nya paling ringan, dengan kekuatan setara, kelebihan lain adalah pemasangan bisa kapan saja alias dicicil terlebih dahulu, untuk bentang tidah perlu tiap 2M sepertinya, sebaiknya dimensi ruang di buat modul maksimal 3M, ilustrasinya apabila anda punya tanah lebar 6M maka sebaiknya dibagi 2 modul ruangnya jadi 3M, sehingga tidak perlu balok melayang, sebab kekuatan hebel bisa sampai bentang 3,5M gan, untuk balok melayang tiap 2M coba cari 2nd opinion dari pihak hebel, kalo perlu ngotot bin sok tau gak masalah gan, soalnya mereka biasanya mau cari aman

ane juga nga ngerti ama hebel gan koq malah di arahkan temboknya yang tebal banget gan
padahal ane liat(ampe ane ukur sendiri) ada bangunan 4 lantai cuma make tebal7,5 blas dari bawah sampai atas
qiqi95 - 15/07/2010 04:26 PM
#17

Quote:
Original Posted By AI2001
ane juga nga ngerti ama hebel gan koq malah di arahkan temboknya yang tebal banget gan
padahal ane liat(ampe ane ukur sendiri) ada bangunan 4 lantai cuma make tebal7,5 blas dari bawah sampai atas


weew ati2 ketebalan lantai ditentukan dengan hitungan konstruksi.Ati2 jangan sampai ketebalan atau ketipisan bisa mempengaruhi struktur bangunan
inuendo - 16/07/2010 09:45 AM
#18

hitungan sederhana untuk menentukan tebal plat lantai beton
1/40 X lebar bentangan, misalnya bangunan 3X4 m, 1/40 X 3m = 0,075 m atau 7,5cm
sedangkan untuk tebal baloknya adalah 1/12 X bentangan jadi 1/12 X 3m = 0,25m atau 25cm
(kenapa diambil angka 3 dari 3X4 karena nantinya ada balok melintang di sisi 4M, jadi beban plat lantai hanya mengcover luasan 3X2m) jadi sebenarnya kebutuhanya memang hanya 7,5cm.
cuma tukang konvensional dengan dak konvensional akan membuat minimal 10cm, konsekuensinya adalah kekuatan berlebih, efeknya adalah membebani struktur secara berlebihan, efeknya berantai dibutuhkan struktur yg lebih kuat, semua ujungnya ke cost yg tinggi, padahal seharusnya dengan kebutuhan yg cukup jadi lebih baik dari cost dan manfaatnya sendiri.
akibat fatal dari overspeck adalah nantinya saat ada gempa besar struktur tanah tidak mendukung, bangunan tetap runtuh atau rusak dengan material lebih berat dan lebih merusak.
jadi intinya membangun cukup adalah lebih baik daripada overspek.
wolf-drew - 25/07/2010 02:42 PM
#19

Tambahan. kalau saran saya sih mending pake produk Hollow Core Slab karena lebih kuat dari hebel dan bentangannya bisa lebih panjang. harga terpasang untuk tebal 12 cm kira2 290 ribu /m2. ada hollow di lantainya sehingga membuat berat sendiri dari lantai tersebut lebih ringan sehingga dimensi dari pondasi dan struktur bisa diperkecil . silahkan liat aja info lebih jelas di www.beton.co.id .
joedemarco - 31/07/2010 07:02 AM
#20

promonya hebel masih ada gak ya? kalo masih ada tolong donk yg punya contactnya bagi2 ke saya, thx
Page 1 of 3 |  1 2 3 > 
Home > LOEKELOE > TEKNIK > Arsitektur > Tanya: Berapa perkiraan biaya lantai cor (concrete) per meter persegi