Arsitektur
Home > LOEKELOE > TEKNIK > Arsitektur > Tanya: Berapa perkiraan biaya lantai cor (concrete) per meter persegi
Total Views: 21509
Page 2.5 of 3 |  < 1 2 3 > 

Polydonspathula - 12/07/2011 02:32 PM
#31

Quote:
Original Posted By inuendo
untuk konstruksi yg aman menurut saya lebih aman hebel, dibanding dengan keraton dan konvensional sih, hebel yg paling aman, karena BJ nya paling ringan, dengan kekuatan setara, kelebihan lain adalah pemasangan bisa kapan saja alias dicicil terlebih dahulu, untuk bentang tidah perlu tiap 2M sepertinya, sebaiknya dimensi ruang di buat modul maksimal 3M, ilustrasinya apabila anda punya tanah lebar 6M maka sebaiknya dibagi 2 modul ruangnya jadi 3M, sehingga tidak perlu balok melayang, sebab kekuatan hebel bisa sampai bentang 3,5M gan, untuk balok melayang tiap 2M coba cari 2nd opinion dari pihak hebel, kalo perlu ngotot bin sok tau gak masalah gan, soalnya mereka biasanya mau cari aman


Quote:
Original Posted By inuendo
hitungan sederhana untuk menentukan tebal plat lantai beton
1/40 X lebar bentangan, misalnya bangunan 3X4 m, 1/40 X 3m = 0,075 m atau 7,5cm
sedangkan untuk tebal baloknya adalah 1/12 X bentangan jadi 1/12 X 3m = 0,25m atau 25cm
(kenapa diambil angka 3 dari 3X4 karena nantinya ada balok melintang di sisi 4M, jadi beban plat lantai hanya mengcover luasan 3X2m) jadi sebenarnya kebutuhanya memang hanya 7,5cm.
cuma tukang konvensional dengan dak konvensional akan membuat minimal 10cm, konsekuensinya adalah kekuatan berlebih, efeknya adalah membebani struktur secara berlebihan, efeknya berantai dibutuhkan struktur yg lebih kuat, semua ujungnya ke cost yg tinggi, padahal seharusnya dengan kebutuhan yg cukup jadi lebih baik dari cost dan manfaatnya sendiri.
akibat fatal dari overspeck adalah nantinya saat ada gempa besar struktur tanah tidak mendukung, bangunan tetap runtuh atau rusak dengan material lebih berat dan lebih merusak.
jadi intinya membangun cukup adalah lebih baik daripada overspek.


2 informasi ini yang saya butuhkan terima kasih utk agan inuendo ...
darmabakti - 13/07/2011 03:57 AM
#32
cara ngitung struktur balok melintang
rncananya ane mau nge-dak rumah gan, kira2 4mx6m..
posisinya diatas r.tamu n kalo bisa gak pake kolom tengah.
berati baloknya kan jadi lebih tebal sekitar 50cm, nah biar gak terlalu nongol rencananya ane mau bikin balok tidur gan, kira2 hal2 yg prlu diperhatikan untuk struktur balok tidur itu apa ya gan? dan cara perhitunganya gmn?
tolong bantuanya ya agan2 smua, thnx bgt sblumnya..b
hjk2000 - 25/07/2011 04:58 PM
#33

Quote:
Original Posted By jorgandson
mumpung dirumah lagi renov ane kasih harga RAB dari arsitek ane gan /M3 dak ane dikasih 2,6 juta atau /M2 tebal dak 12 cm 312 rebu-an. kalo agan mau ngedak 21 M2 x @312.000=3,74 jutaan
kalo mau pake bata, batako atau hebel bisa semua gan. hanya harganya hebel agak tinggi.
kalo ada yg salah mohon di koreksi agan2. maklum aja ane bukan ahlinya.

semoga membantu.



ngedak dimana gan murah banget, bisa kasih tau no telpnya? ane rencana mau tambah lantai juga, thanks
Blantix - 26/07/2011 07:26 AM
#34

Ini Trit yg sangat bermanfaat .
jowood - 05/08/2011 02:13 PM
#35

Just info, untuk struktur ringan penambahan dak beton biasa lebih mudah. Beda jika lantai atas nanti akan dibebani beban yg cukup berat atau mobilitas yg tinggi. Logikanya semua beban itu dipikul oleh pelat beton, kemudian diteruskan ke balok yang ditopang kolom hingga sampai ke pondasi.
Ada baiknya konsultasi kepada yg mengerti struktur, jangan asal percaya tukang. Safety first.
mogzem - 05/08/2011 04:29 PM
#36

kuliah di kaskus aje cukup ya gan ,,,g usa repot repot ke univ


omjojo2001 - 12/09/2011 05:36 PM
#37

gan ane mau ngedak,

ukuran 3 x 2.5, rencananya mau buat landasan torent air dan jemuran, kira kira baiknya menggunakan apa ya, beton konvensional, hebel, atau yang keraton.

kebetulan budget ane cuma pas pasan.


terima kasih
reshel - 15/09/2011 06:39 PM
#38

Quote:
Original Posted By omjojo2001
gan ane mau ngedak,

ukuran 3 x 2.5, rencananya mau buat landasan torent air dan jemuran, kira kira baiknya menggunakan apa ya, beton konvensional, hebel, atau yang keraton.

kebetulan budget ane cuma pas pasan.


terima kasih


pake floor deck ja,simple dan bagus,
iz4l2003 - 16/09/2011 07:19 PM
#39

ikutan nanya donk, klo rumah sudah di cor(atap dak), blm cakar ayam, apa sudah siap untuk 2 lantai?

terima kasih
buntink - 30/09/2011 07:05 PM
#40

kemarin ane dari kantor hebel gan
trnyata harga promo di web udh gk berlaku lagi
harga panel lantai (hebel) 345k m2 terpasang (negosiasi)
tpi mnurut ane masih terbilang lumayan..

sedikit perbandingan bila cor pake (bondek)
harga bondek + terpasang beres 220k
harga mix mobil molen (holcim) 630k m3
harga sewa mesin buat dorong/sedot cor dari molen 2jt/hari
vondutchez02 - 22/10/2011 11:35 PM
#41

Gan.. Kalo ukuran rmh saya mau di bikin 3 lantai dgn ukuran luas bgnan 15x6 .. Kira" bahan apa yg bgus dan murah ? Dan brp prakiraan biaya yg hrus saya sdiakan ?
dhetz - 27/10/2011 11:56 AM
#42

ane mau tanya.
knp pelaksana ato tukang2 masih rata2 pada ogah pake hebel ato kraton ya ? pada cenderung milih konvensional
karena takut masalah kekuatan.

mngkin info yg masuk masih kurang ya ato gmn
sansinos - 27/10/2011 12:58 PM
#43

Quote:
Original Posted By dhetz
ane mau tanya.
knp pelaksana ato tukang2 masih rata2 pada ogah pake hebel ato kraton ya ? pada cenderung milih konvensional
karena takut masalah kekuatan.

mngkin info yg masuk masih kurang ya ato gmn


bisa jadi kurang informasi.
padahal gak ada masalah kalau dipasang bener.
masalah benernya adalah, cara pemasangan yang perlu sabar dan teliti buat pasang bata kraton, klo gak bener bisa melengkung itu lantai nantinya.
kalau lantai hebel malah lebih enak lagi cara pasangnya.
jadi kesimpulan asal2an nih, pada gak nyaman dengan teknik baru jadi merasa enak pakai cara lama saja alias konvensional, walaupun lebih lama pengerjaannya, tapi sedikit kesalahan teknis tidak mudah terlihat.
Page 2.5 of 3 |  < 1 2 3 > 
Home > LOEKELOE > TEKNIK > Arsitektur > Tanya: Berapa perkiraan biaya lantai cor (concrete) per meter persegi