Arsitektur
Home > LOEKELOE > TEKNIK > Arsitektur > Fondasi yg cocok untuk tanah gambut..
Total Views: 2170
Page 2 of 3 |  < 1 2 3 > 

kobomen - 05/08/2010 01:59 PM
#21

Quote:
Original Posted By a12o3l
PM aja gan email, ntar ane kasih contoh rumah ato bangunan yg pake cerucuk.


ane minta satu donk gan,,
pm ane ye,,,
sekarpts2 - 25/08/2010 04:34 AM
#22

[QUOTE]PM aja gan email, ntar ane kasih contoh rumah ato bangunan yg pake cerucuk[/Q
kalo boleh minta link nya gan........thx before
babyn3o - 03/09/2010 10:35 AM
#23

cakar ayam deh kayaknya....

tp klo rumahnya uadah miring bisa d kembalikan lg ga ya??
civilistisme - 28/07/2011 09:14 PM
#24

oobibo13 - 29/07/2011 02:01 AM
#25

Share ilmu ane gan:

tanah gambut itu sangat labil gan (bener kaga?)
jadi seharusnya kalo kita mau maksain bikin pondasi di tanah ntu, kita harus make sistem podasi tiang pancang dimane tiang pancang ini harus nembus sedalam mungkin nyampe ketemu tanah keras yang kekuatannya bisa memungkinkan untuk menopang beban konstruksi. hehe,
oh iya, sebelumnya harus dilakukan tes SONDIR dulu kali yaa buat ngetes sedalam mana tanah keras itu berada


maap2 gan kalo ane ngaco, ane baru belajar, baru semester 2 hehehe

minta pencerahannya gan
civilistisme - 03/08/2011 12:36 AM
#26

Quote:
Original Posted By oobibo13
Share ilmu ane gan:

tanah gambut itu sangat labil gan (bener kaga?)
jadi seharusnya kalo kita mau maksain bikin pondasi di tanah ntu, kita harus make sistem podasi tiang pancang dimane tiang pancang ini harus nembus sedalam mungkin nyampe ketemu tanah keras yang kekuatannya bisa memungkinkan untuk menopang beban konstruksi. hehe,


oh iya, sebelumnya harus dilakukan tes SONDIR dulu kali yaa buat ngetes sedalam mana tanah keras itu berada


maap2 gan kalo ane ngaco, ane baru belajar, baru semester 2 hehehe

minta pencerahannya gan


Kalo tes sondir berapa sih gan biayanya. Soalya ni cuma bwat rumah tgal biasa!
RyoH - 03/08/2011 03:46 PM
#27

pondasi cerucuk bisa pake bambu gan murah dan kuat, kalo pake bore pile kemahalan kali belum alatnya yg berat malah ikut ambles ntar

Salam from Ngayojokarto Hadiningrat :
parahkwin - 03/08/2011 04:18 PM
#28

kebetulan ane kerja di tambang dan lokasi yg lokasi tambangnya di kalimantan...
ane bagian drafter gan...pondasi yg pas buat di tanah gambut emg pondasi cerucuk..biasanya pondasinya dari kayu ulin...dan dindingnya biasanya jg memakai dinding simpai...karena dinding simpai cenderung lebih tips dan lebih ringan dari dinding yg terbuat dari bata ato batako...
artamana - 04/08/2011 07:33 PM
#29

Quote:
Original Posted By oobibo13
Share ilmu ane gan:

tanah gambut itu sangat labil gan (bener kaga?)
jadi seharusnya kalo kita mau maksain bikin pondasi di tanah ntu, kita harus make sistem podasi tiang pancang dimane tiang pancang ini harus nembus sedalam mungkin nyampe ketemu tanah keras yang kekuatannya bisa memungkinkan untuk menopang beban konstruksi. hehe,
oh iya, sebelumnya harus dilakukan tes SONDIR dulu kali yaa buat ngetes sedalam mana tanah keras itu berada


maap2 gan kalo ane ngaco, ane baru belajar, baru semester 2 hehehe

minta pencerahannya gan


setuja gan...tiang pancang,ato pake minipile aja...
cm biayanya yah lbh besar...cakar ayam?mksdnya pondasi setempat?wah susah tuh dtanah gambut gan...ane jamin bakal ada setlement nanti..

mending pancang dll...cm klo maw murah yah spt kata agan diatas,cerucuk kayu....
civilistisme - 04/08/2011 10:30 PM
#30

Quote:
Original Posted By artamana


setuja gan...tiang pancang,ato pake minipile aja...
cm biayanya yah lbh besar...cakar ayam?mksdnya pondasi setempat?wah susah tuh dtanah gambut gan...ane jamin bakal ada setlement nanti..

mending pancang dll...cm klo maw murah yah spt kata agan diatas,cerucuk kayu....



Klo pake cerucuk bagaimana yah cara ngitung kebutuhan cerucuk tersebut terhadap beban yg bekerja diatasnya. Misal 1 m persegi butuh cerucuk berapa???
aloysiusyudo - 04/08/2011 11:13 PM
#31

Quote:
Original Posted By civilistisme
Kalo tes sondir berapa sih gan biayanya. Soalya ni cuma bwat rumah tgal biasa!


Berdasarkan pengalaman ane kerja di konsultan arsitek dulu, tes sondir ga ada patokan harganya gan.. Tiap perusahaan sondir tanah punya paket pilihan macem2 yang ditawarkan juga berdasarkan luasan juga.. ada juga yang menawarkan gambar kontur CAD lahan tersebut.

Biasanya mereka bekerja sama dengan Staff Ahli atau Lab Tanah dari Universitas Terkemuka di kota setempat.. itu yang bikin mahal dan agak lama..

klo dulu di tempat ane lahan 100m2 disondir 3 titik plus gambar kontur (karena lahan ane konturnya tajem) itu bisa 2 jeti lebih.. nunggu 2 minggu lage..

sekedar info aja buat agan semoga bermanfaat..
aloysiusyudo - 04/08/2011 11:14 PM
#32

Quote:
Original Posted By civilistisme
Kalo tes sondir berapa sih gan biayanya. Soalya ni cuma bwat rumah tgal biasa!


Berdasarkan pengalaman ane kerja di konsultan arsitek dulu, tes sondir ga ada patokan harganya gan.. Tiap perusahaan sondir tanah punya paket pilihan macem2 yang ditawarkan juga berdasarkan luasan juga.. ada juga yang menawarkan gambar kontur CAD lahan tersebut.

Biasanya mereka bekerja sama dengan Staff Ahli atau Lab Tanah dari Universitas Terkemuka di kota setempat.. itu yang bikin mahal dan agak lama..

klo dulu di tempat ane lahan 100m2 disondir 3 titik plus gambar kontur (karena lahan ane konturnya tajem) itu bisa 2 jeti lebih.. nunggu 2 minggu lage..

sekedar info aja buat agan semoga bermanfaat..
aloysiusyudo - 04/08/2011 11:15 PM
#33

Quote:
Original Posted By civilistisme
Kalo tes sondir berapa sih gan biayanya. Soalya ni cuma bwat rumah tgal biasa!


Berdasarkan pengalaman ane kerja di konsultan arsitek dulu, tes sondir ga ada patokan harganya gan.. Tiap perusahaan sondir tanah punya paket pilihan macem2 yang ditawarkan juga berdasarkan luasan juga.. ada juga yang menawarkan gambar kontur CAD lahan tersebut.

Biasanya mereka bekerja sama dengan Staff Ahli atau Lab Tanah dari Universitas Terkemuka di kota setempat.. itu yang bikin mahal dan agak lama..

klo dulu di tempat ane lahan 100m2 disondir 3 titik plus gambar kontur (karena lahan ane konturnya tajem) itu bisa 2 jeti lebih.. nunggu 2 minggu lage..

sekedar info aja buat agan semoga bermanfaat..
cerb3ros - 05/08/2011 01:34 AM
#34

Quote:
Original Posted By civilistisme
Klo pake cerucuk bagaimana yah cara ngitung kebutuhan cerucuk tersebut terhadap beban yg bekerja diatasnya. Misal 1 m persegi butuh cerucuk berapa???

share ilmu :

cerucuk bambunya di pasang setiap 25-30 cm dengan panjang kkrng lbh 4-6m, cerucuk bambu ini setau saya tidak menahan beban di atasnya, cara ini di pakai untuk memperbaiki kualitas tanah saja, yg tetap memikul beban adalah pondasi diatas crucuk bambu tsb yg terbuat dari beton bertulang, oleh sebab itu, pada bangunan yg menggunakan cara seperti ini kebanyakan terjadi penurunan bangunan.

menurut saya bisa memakai :
1. pondasi sumuran
2. pondasi cerucuk bambu
3. pondasi plat beton
4. mini tiang pancang :2thumbup:2thumbup

paling bener c menggunakan mini tiang pancang yg panjangnya 6 m(kl tidak salah), dan kl fungsi bangunan rmh tinggal kl menurut saya gk usah memakai sondir, karna menambah biaya lg, ckup 1 kolom dengan 3 mini tiang pancang menurut saya jg udah kuat hehehehe...

just share aja bos...hehehehe
civilistisme - 07/08/2011 12:56 AM
#35

Quote:
Original Posted By aloysiusyudo


Berdasarkan pengalaman ane kerja di konsultan arsitek dulu, tes sondir ga ada patokan harganya gan.. Tiap perusahaan sondir tanah punya paket pilihan macem2 yang ditawarkan juga berdasarkan luasan juga.. ada juga yang menawarkan gambar kontur CAD lahan tersebut.

Widih kaya BB aja ade pket2 nya. Hahahaha


Biasanya mereka bekerja sama dengan Staff Ahli atau Lab Tanah dari Universitas Terkemuka di kota setempat.. itu yang bikin mahal dan agak lama..

klo dulu di tempat ane lahan 100m2 disondir 3 titik plus gambar kontur (karena lahan ane konturnya tajem) itu bisa 2 jeti lebih.. nunggu 2 minggu lage..

Wuihhh mahal jg yah gan...


sekedar info aja buat agan semoga bermanfaat..


Mantap inpo nya gan.
tiannana - 13/08/2011 08:56 PM
#36

ane pake kayu gelam (120x120 sebanyak 44batang/sampai rapat) trs setelah itu atasnya di kasih cakar ayam pake behel 16" SNI. kualitas mantep bgt gan...
acer80 - 13/08/2011 10:26 PM
#37

Pondasi yang cocok : Pondasi dalam >( 1meter) umumnya menggunakan kayu cerocok yang dipancang kedalam tanah denga kedalaman antara 3m s/d 10m (tergantung pengukuran tanah CPT). Kayu dipancang secara manual dengan jarak antara kayu 15 cm s/d 50cm (tergantung beban yang mau disalurkan)
civilistisme - 13/08/2011 11:00 PM
#38

Quote:
Original Posted By tiannana
ane pake kayu gelam (120x120 sebanyak 44batang/sampai rapat) trs setelah itu atasnya di kasih cakar ayam pake behel 16" SNI. kualitas mantep bgt gan...


Rumah bertingkat ga gan. Ane mau tya nih gan... klo pas tiang itu jaraknya sama ga ma yg laen. ane pernah denger klo pas tiang biasanya lebih byak dari tempat yg laen...
derisains - 29/02/2012 04:00 PM
#39

Pake Pondasi Cerucuk aja Gan dai kayu atau bambu, baru di atasnya pondasi Tapak
architectholic - 01/03/2012 01:46 PM
#40

make tiang pancang kayu ulin aja,terus di kunci dengan sunduk dan kalang sebelum pondasi batu gunung di buat
Page 2 of 3 |  < 1 2 3 > 
Home > LOEKELOE > TEKNIK > Arsitektur > Fondasi yg cocok untuk tanah gambut..