Arsitektur
Home > LOEKELOE > TEKNIK > Arsitektur > Hebel apa bata merah..????
Total Views: 40451
Page 9 of 11 | ‹ First  < 4 5 6 7 8 9 10 11 > 

dnsby07 - 15/12/2011 08:49 AM
#161

gan tolong dong, ane lagi bingung neh

ane mau tinggiin tembok di kebon belakang rumah, bentuknya letter U, dengan ukurang sisi kiri dan kanan masing-masing 11 meter, dan lebarnya 6 meter.

kalo ane hitung ane mau bikin tembok sepanjang 11m + 6m + 11m = 27m;
dengan tingginya 1 m;
jadi total 27m x 1m = 27 meter persegi gan;

ane lagi bingung biayanya berapa duit kalo pake bata merah atau pake hebel

ada yang bisa tolong bantu ane?

sekalian minta refernsi toko bangunan yg murah di daerah graha raya / ciledug.

makasih gan
dnsby07 - 15/12/2011 01:08 PM
#162

Quote:
Original Posted By dnsby07
gan tolong dong, ane lagi bingung neh

ane mau tinggiin tembok di kebon belakang rumah, bentuknya letter U, dengan ukurang sisi kiri dan kanan masing-masing 11 meter, dan lebarnya 6 meter.

kalo ane hitung ane mau bikin tembok sepanjang 11m + 6m + 11m = 27m;
dengan tingginya 1 m;
jadi total 27m x 1m = 27 meter persegi gan;

ane lagi bingung biayanya berapa duit kalo pake bata merah atau pake hebel

ada yang bisa tolong bantu ane?

sekalian minta refernsi toko bangunan yg murah di daerah graha raya / ciledug.

makasih gan


barusan ane dapet harga dari kontraktor

kalo pake bata merah Rp. 3,3juta

kalo pake bata ringan Rp. 3,6juta

tapi kyaknya ane kagak pilih dua-duanya
karna duit ane kurang
dika160507 - 14/01/2012 01:08 PM
#163

permisi insiyur2 di mari..
ane butuh pencerahan mengenai Hebel, ane baru kali ini membangun sebuah bangunan dan ane butuh bantuan penjelasan sedikit mengenai hebel..
ane jelasin dari awal dasar aja ya...

" ane mau bangun bangunan dengan ukuran 18M x 7m X 4M , nah skr temboknya mau ane pakin hebel semua, kemarin sempet nanya2 di toko matrial dan cari2 info di net tentang 1m3 hebel itu bisa dapet berapa m2 tembok, dari info yg ane dapet bisa 14m2, nah apakah itu betul??(dengan ketebalan hebel 9cm/10cm). Lalu untuk bahan perekat, stlh baca2 untuk hebel tidak perlu semen ya?cuku menggunakan morta??apa betul begitu??
llu untuk pelapis hebel ( acian klo di bata merah) agar tidak rembes air hujan bagaimana?apa masih menggunakan semen untuk acian atau menggunakan aquaproof atau ada bahan yg lain??"

jadi pertanyaan ane adalah:
1. 1m3 hebel itu bisa dapat berapa m2 hebel (dengan ketebalan 10cm) dan kira2 ane membutuhkan berapa m3 hebel??
2. Kira2 Untuk tembok berukuran 18x7x4 butuh berapa Mortar?
3. pelapis hebel agar tidak rembes air ( contoh: air hujan ), kira2 apa bahannya?

ty pencerahannya juragan2 disini
aguskb - 23/01/2012 07:10 PM
#164

Quote:
Original Posted By dika160507
permisi insiyur2 di mari..
jadi pertanyaan ane adalah:
1. 1m3 hebel itu bisa dapat berapa m2 hebel (dengan ketebalan 10cm) dan kira2 ane membutuhkan berapa m3 hebel??
2. Kira2 Untuk tembok berukuran 18x7x4 butuh berapa Mortar?
3. pelapis hebel agar tidak rembes air ( contoh: air hujan ), kira2 apa bahannya?

ty pencerahannya juragan2 disini


Ane belon pernah pake hebel, tapi pernah cari tahu dan itung2.

untuk hebel 60x20x10cm : 1 m3 = 83.3333 hebel (pangkalan kasih 83).
83 hebel kira2 10m2.

Menurut pangkalan, 1 zak PM100 untuk pasang 1 m3 hebel. Ane nggk tahu kalo mortar acian (PM300?) itu kedap air apa tidak.
Alkimi - 23/01/2012 09:18 PM
#165

Ane sekarang lagi bangun 2 lantai... lantai satu hebel ukuran 9.5, lantai 2 hebel ukuran 7.5
crclogs - 24/01/2012 11:00 AM
#166
perlukan habel diplester???
gan, mau nanya nih. ane lagi bangun rumah pake habel dari developer..
tapi dari developer ga di plester cuma acian aja.. dari tetanga2 yg udah2 nempatin rumah di sono nyaranin agar di plester biar lebih rapih.. tapi kata temen ane yg biasa jadi mandor di bangunan bilang ga perlu di plester kecuali emang permukaannya ga rata. menurut agan2 sekalian gimana ya? kalo misalkan diplester bisa kasih rekomendasi pake pasir apa dan semen apa yg bagus dan paling irit. terima kasih.
Jyfer - 30/01/2012 09:41 AM
#167

Quote:
Original Posted By crclogs
gan, mau nanya nih. ane lagi bangun rumah pake habel dari developer..
tapi dari developer ga di plester cuma acian aja.. dari tetanga2 yg udah2 nempatin rumah di sono nyaranin agar di plester biar lebih rapih.. tapi kata temen ane yg biasa jadi mandor di bangunan bilang ga perlu di plester kecuali emang permukaannya ga rata. menurut agan2 sekalian gimana ya? kalo misalkan diplester bisa kasih rekomendasi pake pasir apa dan semen apa yg bagus dan paling irit. terima kasih.



Menurut ane tetep harus di plester gan. klo di aci doang takutnya klo ada retakan air bisa langsung merembes ke hebelnya. Buat plesteran bisa pake campuran semen dan pasir biasa, tetapi kalo ga mau ribet bisa pake mortar khusus buat plesteran. Ane lupa type mortarnya...mungkin suhu-suhu disini bisa kasi infonya.
deefnkz - 31/01/2012 03:52 PM
#168

ini thread bagus banged...pas ane mao mao renov ane banyak baca trus cari tahu juga tentang hebel. awal nya rencana ane pake hebel.
Cari di internet distributor nya hebel, akhirnya dapat juga...janjian liat barang ( hebel ) katanya orang distributor nya ada yg CLC sama ACC, Acc itu yg permukaannya rada halus dan di pasangnya musti pake semen instant ( MU,PM,dll) trus untuk CLC katanya orangnya bisa pake semen biasa karena permukaannya rada kasar.
Nah ane tanya kekuranganyan antara ACC sama CLC, katanya klo ACC itu pasti mahal untuk semen instant nya trus harganya 1m3 hebel ACC itu 850rb dan buat hebel CLC harganya 1m3 itu 750m3. Orang distributornya cerita ada clientnya beli CLC, nah pas hebelnya di plester ternyata semennya biasanya tidak mao nempel dan clientnya complent ke distributornya baru distributor complent ke pabrik. Sekarang katanya distributor itu tidak mao ambil lagi di pabrik itu. Klo kita pake hebel yang permukaan halus contoh ACC itu tidak perlu di plester lagi juga tidak apa tapi akhirnya orangnya cerita klo tidak di plester hebel itu bisa ngerusak paru2, seperti ada yg pernah posting di sini

Quote:
Original Posted By Mashbull
Gan ane denger hebel ini terbuat dari silica ya? Bukannya silica itu gak sehat gan? Kalau gak salah karena gampang masuk ke paru-paru, CMIIW.

Minta klarifikasinya gan. Karena di tempat kerja ane yang namanya silica udah dilarang karena healthy reason tadi.


nah akhirnya ane putusin pake bata merah aja....klo di hitung2 biayanya juga hampir sama. mungkin ntar klo tingkat rumah ane baru hebel.

semua itu terserah dari orangnya masing2 mao pake hebel atau bata merah.
tapi klo ane sekarang ini lebih milih bata merah, kata pas liat barang hebel emang di pegang itu rada bekapur gitu. mungkin klo ane ga liat barangnya langsung pesen order ane kaga bakalan tau.

silakan menentukan sendiri.....hebel atau bata merah:addfriends
Jyfer - 01/02/2012 07:48 PM
#169

Yah sebenarnya mau pake bata merah atau bata ringan sama aja, masing-masing punya keunggulan dan kelemahan nya masih-masing.

Bata merah:
+ Harga lebih murah
+ Cara pemasangan konvesional
+ Dipercaya lebih kuat(yg ini masih blom pasti)

-Bentuk ga presisi
-Kualitas bata antara satu dan yg lain ga sama, tergantung dibakarnya matang apa nggak
-Pemasangan memerlukan waktu yg lama

Bata ringan
+ Bentuk presisi
+ Gampang dipotong, pake gergaji kayu aja bisa
+ Kualitas terjamin
+ Pemasangan dapat dilakukan dengan cepat

- Pemasangan disarankan menggunakan semen khusus (Mortar)
- Harga lebih mahal
bitbitan - 03/02/2012 05:05 PM
#170
tambahan
Quote:
Original Posted By nophesmg
1. setau saya ngga disarankan. karena berat jenis lebih ringan gan... tapi masa hari gini bangun rumah struktur dindingnya masif? ntar kegoncang dikit ambruk lho...

2. kalau pake frame ya dinding ngga kena beban konstruksi gan.

3. ah yang boneng? hehehe.... sama aja kok kayak batu bata...

4. kan udah dari atas banyak penjelasannya.



mantab...
mungkin bisa dihitungkan secara total sampai pengecatan. kayaknya semen yang dibutuhkan untuk batu bata buanyak banget deh. ntar emang di jumlah bata nominal lebih murah. tapi di semennya akan lebih mahal karena tiap sela batu bata kan dikasih semen, belum acian ma plesternya...


tambahan aja
pas. bata mampu memikul beban dan geser (beban standar rumah) dan berfungsi sebagai penyekat antar ruang
pas. conblock tidak mampu memikul beban (hanya sedikit) dan berfungsi sebagai "pure" penyekat antar ruang

kesimpulan :
bangun rumah 1 ~ 2 lt. lebih irit pakai bata sehingga dimensi struktur bisa kecil karena beban diatasnya ikut dipikul oleh pas.bata
bangun apartemen (3 lt+) lebih irit pakai conblok. soalnya mampu meringankan beban ultimate pada apartemen sehingga nilai pekerjaan struktur dapat dihemat.

rajin2 sharing aja yaa
juanfaizalridwan.blogspot.com
sipil itenas
shoryken - 05/02/2012 01:36 PM
#171

bata merah lebih clasic apalagi untuk dindng tanpa plesteran
engineercvl - 05/02/2012 05:17 PM
#172

Tergantung tempat agan buat rumahnya...kalo daerah situ bnyk yang jual bata mending bata aja gan...bgitu jg sbaliknya
tp mnurut ane prinsip tahan gempa bagus hebel..dan lebih simple dalam konstruksinya dan metode pemasangannya...tapi skg dah bnyak jenis beton ringan kok gan..
ehitech.store - 06/02/2012 11:01 PM
#173

secara harga memang conblock lebih mahal tapi karena dimensinya lebih besar dapat menghemat tenaga kerja.. 1:3 dan untuk CLC denger2 bisa dipasang dengan mortar biasa (semen+pasir) dan bisa di plester..
untuk kualitas saya sendiri kurang tahu karena belum pernah pake juga sih... kalau di desa saya biasa pake bata merah karena masyarakat kurang aware dengan bata ringan.

Masalah keamanan CLC lebih ramah lingkungan dibanding dengan Hebel (AAC) setahu saya AAC itu ada unsur silica dan aluminium sangat bahaya kalau terhirup.. kasihan tukang2 kita khan kalo masang AAC.
pr3m4n - 09/02/2012 11:59 AM
#174

Bata ringan selain merek Hebel apa ya ?
deefnkz - 10/02/2012 09:54 AM
#175

Quote:
Original Posted By pr3m4n
Bata ringan selain merek Hebel apa ya ?


bukan merk gan...tapi tipe nya...bata ringan tipe AAC sama CLC.
klo hebel itu emang merk gan, tapi skrng merk lain juga banyak, jadi klo yang di jual di toko matrial itu bukan merk hebel tapi merk lain, orang taunya bata ringan itu hebel karena hebel yang pertama kali keluarin.
untuk perbedaan AAC sama CLC agan baca postingan di atas ^^
MUSANK - 12/02/2012 07:21 AM
#176

Quote:
Original Posted By RyoH
Menurut ane

Hebel lebih cocok untuk bangunan 2 lantai ke atas, terutama renovasi bangunan 2 lantai yang struktur bawahnya tidak mendukung bangunan 2 lantai.

karena Hebel lebih ringan (namanya saja bata ringan) dan hebel bisa mengapung di air .

Hanya saja mortar semen untuk pasangan, plester dan acian, tidak bisa menggunakan semen biasa, karena daya rekatnya harus setara dengan MU (mortar utama) ato PM (Prime mortar) jadi klo mau pake hebel liat2 dulu harga2 mortar tersebut.

Hebel mudah dipotong (pake gergaji pun bisa) , dan lebih presisi karena dia dibuat dengan mesin fabrikasi, ada beberapa modul ukuran , Kalo untuk pas. dinding biasa memakai modul 20cm x60cmX dengan ketebalan macem2

cekidot
http://www.hebel.co.id/en/spesifikasi/blok/blok-hebel/

Hebel juga mempunyai modul untk tangga,plat lantai,balok latiu & panel dinding.

Kelebihan yg lain karena dia sangat ringan dan presisi maka pengerjaannya relatif lebih cepat drpd bata konvensional

Kekurangannya : harga modul dan mortarnya relatif agak mahal saya terakhir ngecek harga 1 blok hebel 20cm x60cm = 10 rb/bh (harga jogja) alternatif lain produk lokal Citicon harganya =8 rb /bh.

Alternatif merk yg lain selain Hebel ada >> citicon,acon,celcon, dll

cekidot

1. Citicon
2. Acon
3. BanonCON

Semoga bermanfaat

Salam from Ngayojokarto Hadiningrat


Salam kenal gan ...
Alhamdulillah ane akhirnya bisa ngambil rumah 1 lantai tipe 56/138 dengan spesifikasi Pondasi pasangan batu kali, struktur beton bertulang k.225 dan dinding pasangan batu bata diplester.

ane jadi tertarik dengan kalimat agan yang ane Bold di atas. Karena klo emang bener berarti klo ane mo nambah lantai jadi 2 berarti ane tinggal nambah bangunan atas pake Hebel dong ya?
Karena setau ane klo mo bangun rumah 2 lantai berarti pondasi rumahnya harus di desain 2 lantai di mana waktu itu ane pernah nanya sama developer(bukan sama developer perumahan ane tapi developer perumahan yang deket2 rumah ane) katanya klo mo bikin pondasi rumah yang nantinya mo dipake buat 2 lantai harus nambah duit 50 juta (untuk tipe 54/111) padahal cuma ngerapihin pondasi dan perumahan ini termasuk level yang bagus lho gan.

Jadi ane mohon pencerahan dari agan2 di sini apakah pernyataan(yang ane Bold) tersebut di atas bisa ane pake acuan karena klo emang bener berarti itu kabar yang amat menggembirakan dong gan? soalnya kan berarti ane gak perlu ngebongkar total rumah ane klo mo mo nambah lantai.

Saya ucapkan Terima kasih banyak untuk pencerahannya
aguskb - 13/02/2012 08:31 PM
#177

Quote:
Original Posted By MUSANK
Salam kenal gan ...
Alhamdulillah ane akhirnya bisa ngambil rumah 1 lantai tipe 56/138 dengan spesifikasi Pondasi pasangan batu kali, struktur beton bertulang k.225 dan dinding pasangan batu bata diplester.

ane jadi tertarik dengan kalimat agan yang ane Bold di atas. Karena klo emang bener berarti klo ane mo nambah lantai jadi 2 berarti ane tinggal nambah bangunan atas pake Hebel dong ya?
Karena setau ane klo mo bangun rumah 2 lantai berarti pondasi rumahnya harus di desain 2 lantai di mana waktu itu ane pernah nanya sama developer(bukan sama developer perumahan ane tapi developer perumahan yang deket2 rumah ane) katanya klo mo bikin pondasi rumah yang nantinya mo dipake buat 2 lantai harus nambah duit 50 juta (untuk tipe 54/111) padahal cuma ngerapihin pondasi dan perumahan ini termasuk level yang bagus lho gan.

Jadi ane mohon pencerahan dari agan2 di sini apakah pernyataan(yang ane Bold) tersebut di atas bisa ane pake acuan karena klo emang bener berarti itu kabar yang amat menggembirakan dong gan? soalnya kan berarti ane gak perlu ngebongkar total rumah ane klo mo mo nambah lantai.

Saya ucapkan Terima kasih banyak untuk pencerahannya


Itu cuma acuan umum >- hebel lebih ringan dari bata. Untuk jelasnya cari orang sipil yg berpengalaman atau tukang yg berpengalaman.


Beban lantai 2 (tembok dan lantai dan isi) dan atap (rangka dan genteng) bakal dipikul oleh kolom. Untuk bangunan berlantai 2, beton kolom harus lebih kokoh (lebih besar penampang, lebih besar diameter besinya, dan tentunya lebih mahal) dibanding kolom untuk bangunan satu lantai. Untuk rumah berlantai 2 biasanya kolom struktur utama pake pondasi setempat.

Ane nggak tahu spek K255, coba tanya apa spek itu cukup untuk lantai 2 dgn hebel (+ baja ringan + genteng metal)? Ini kalo mao serba ringan.

Kalo nggk cukup, ente bisa suntik (tambah) kolom untuk membantu memikul beban. Jumlah dan tempat kolom tambahan tergantung bangunannya. Nggak perlu bongkar total rumah.
caesarch - 13/02/2012 09:44 PM
#178

Nice trit nh, berguna bgt bwt yg pgn tanya jawab..
Thanx smua..
70NI770 - 14/02/2012 01:12 PM
#179

gan numpang tanya kalau hebel dengan batu bata mana lebih baik buat menopang dapur gantung ?
gslkaskus1 - 15/02/2012 10:32 AM
#180

sedikit share dr pengguna hebel :P

rmh ane br selesai januari pertengahan kmrn..
full hebel 1.5 lantai,total sekitar 190m2..
dak lantai atas menggunakan plat hebel..
sebagian besar dinding menggunakan mortar instan..
ps (ane pake hebel yg beneran HEBEL,ga tau merk laen,takutnya barang mirip tp spek beda )

yg ane dapati:
sampai detik ini..retak rambut hanya ane dapati pd bagian2 yg di plester n aci pake adukan biasa (ada bagian yg kehabisan mortar instan n yg memakai adukan biasa spt bagian2 tiang n kolom,lintel,dll)

halaman lantai atas ane kalo lg dpt siang yg "sangat cerah", keramiknya ane rasa bisa buat goreng telor..tp untuk lantai bawah..ademmm (plafon cuma 30-40cm dr dak)..tp emang rmh ane bnyk bolongan nya sih,sirkulasi udara diutamakan krn konsep go green als ga pake AC
oh yaa..lupa..ada membrane waterproff SIKA jg sih di atas..hehehe..

as far..ane puas dng pilihan hebel ane yg dr awal ngincer isolasi suara n panas yg maksimal..

satu kekecewaan tentang hebel cuma dr aplikator pemasangan dak lantai saja,aplikatornya ga rapih..mencang mencong n ada bgn yg ga rata krn keganjel apaan tauk..

ps..kalau ada yg bilang dinding untuk memikul beban, ane jd bingung dah..setau ane dinding untuk sekat..
pemikul beban ya tiang n kolom
bahkan untuk spek rmh tahan gempa,dinding disarankan yg plng ringan..ini dpt disimpulkan,dinding bkn berfungsi sbg pemikul beban dunk
cmiiw, maklum ane cuma tukang listrik
Page 9 of 11 | ‹ First  < 4 5 6 7 8 9 10 11 > 
Home > LOEKELOE > TEKNIK > Arsitektur > Hebel apa bata merah..????