Arsitektur
Home > LOEKELOE > TEKNIK > Arsitektur > Hebel apa bata merah..????
Total Views: 40451
Page 4 of 11 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 >  Last ›

juprie - 15/12/2010 05:43 PM
#61

ijin mantau ah....
narendrabali - 15/12/2010 06:34 PM
#62

wah nice inpo



Wiryawan Paritranaya
A college student, yet a photographer and of course Senior Consultant Manager ORIFLAME indonesia
YOUNG, RICH, and FAMOUS
buzz me on ym: nparitranaya
twit me @paritranaya
blogku
fb: wiryawan
or check my web
saiabiy - 18/12/2010 02:53 AM
#63

Quote:
Original Posted By NewComer99
ada yang punya pengalaman masang Hebel tanpa semen mortar?
hanya semen biasa..
ada masalah gak yah??

mungkin semen biasanya dibuat agak tebel dan kualitas perbandingan pasirnya yg bagus yah?


pengalaman masang sih belum. tapi ane pernah ngliat orang masang hebel/celcon kaya masang batako. pake mortar konvensional (semen ama pasir)

kalo masalah sih ke'nya ngga. cuman sayang aja celcon dipasang pake mortar konvensional. orang milih celcon dengan biaya lebih mahal karena ringan, relatif rapi setelah dipasang. kalo pake campuran semen pasir biasa dengan nat 2-3 cm amburadul gan. sayang celconnya. lagian kalo celcon dipasang pake campuran semen pasir malah jadi lebih mahal ke'nya. coz kalo pake semen instan, natnya bisa 1 mm.
mekov - 27/12/2010 03:06 AM
#64

Kalo buat rumah 2-3tingkat sih gw pikir masi mending bata merah bos.. dimana proporsi antara luas bangunan dan tinggi bangunan biasanya masih di perbandingan 1:3. Selain itu pemasangan hebel menuntut keahlian dan kerapian tukang. Dimana bila tukang ngga rapi masangnya, dijamin plesterannya yang menggunakan mortar bakal tebel & mahal.. CMIIW
Mashbull - 27/12/2010 10:55 AM
#65

Gan ane denger hebel ini terbuat dari silica ya? Bukannya silica itu gak sehat gan? Kalau gak salah karena gampang masuk ke paru-paru, CMIIW.

Minta klarifikasinya gan. Karena di tempat kerja ane yang namanya silica udah dilarang karena healthy reason tadi.
Tompleng - 02/01/2011 04:28 PM
#66

ane setuju gan hebel aja
13.thirteen - 03/01/2011 09:35 PM
#67

gan mo tnya donk...
Klo untuk garasi itu (dak) sebaiknya pke hebel/bata merah/batako yah..?

Kbetulan ane mo bwt garasi, tdnya mo pake canopy,tp umur canopy ga panjang...besi2 canopy yg skrg rapuh2...makanya ane mo dak ajah biar kuat jg n tahan lama
rockandrolla - 05/01/2011 12:11 AM
#68

info di thread ini bermanfaat bgt nih gan, kebetulan mau pake bata merah buat bangun kamar lg..
inuendo - 05/01/2011 09:33 AM
#69

Quote:
Original Posted By saiabiy
Bata vs Hebel

Hebel itu adalah salah satu merk celcon (jenis bata ringan). karena pertama masuk di indonesia jadi dikenalnya demikian.
selain hebel ada merk lain untuk celcon kaya i-brick, primacon dll.

Kelebihan celcon:
1. struktur bangunan lebih hemat, karena beban mati dari dinding jauh lebih ringan.
2. aplikasi yang cepat dan hemat finishing.
3. ketebalan yang beragam ada yang 7 cm, 10 cm.
4. lebih ramah lingkungan. proses pembakaran bata merah mengasilkan co2 yang cukup tinggi

kekurangan :
1. celcon tidak di desain untuk menahan beban. fungsinya hanya sebagai pembatas ruangan. jadi kalo kena beban gampang banget temboknya retak
2. karena celcon berpori cukup besar, dinding tidak bisa menerima suhu ekstrim
3. harga jual yang relatif mahal kurang lebih diatas 500 rb per m3.

Kelebihan Bata
1. Harga relatif murah
2. aplikator sudah terbiasa pasang
3. lebih tahan terhadap cuaca (dgn catatan aplikasinya tepat)

kekurangan bata
1. finishing lebih boros
2. pencemaran lingkungan
3. waktu pengerjaan lebih lama

semoga bermanfaat.


saya kurang setuju dengan yg saya garis bawahi, untuk daya tekan celcon lebih baik dari bata merah, sudah ada uji lab nya, silahkan anda buktikan dengan membawa ke lab beton untuk daya tekan.
kemudian kurang kuat suhu ekstrim juga tidak tepat, celcon terbukti lebih tahan api dapi pada batu bata, sifatnya justru lebih resisten terhadap suhu, tidak mudah memanas saat siang dan tidak mudah mendingin saat malam, pori2 besar dipermukaan justru bagus buat insulasi baik suhu maupun suara.
inuendo - 05/01/2011 09:40 AM
#70

Quote:
Original Posted By saiabiy
Bata vs Hebel

Hebel itu adalah salah satu merk celcon (jenis bata ringan). karena pertama masuk di indonesia jadi dikenalnya demikian.
selain hebel ada merk lain untuk celcon kaya i-brick, primacon dll.

Kelebihan celcon:
1. struktur bangunan lebih hemat, karena beban mati dari dinding jauh lebih ringan.
2. aplikasi yang cepat dan hemat finishing.
3. ketebalan yang beragam ada yang 7 cm, 10 cm.
4. lebih ramah lingkungan. proses pembakaran bata merah mengasilkan co2 yang cukup tinggi

kekurangan :
1. celcon tidak di desain untuk menahan beban. fungsinya hanya sebagai pembatas ruangan. jadi kalo kena beban gampang banget temboknya retak
2. karena celcon berpori cukup besar, dinding tidak bisa menerima suhu ekstrim
3. harga jual yang relatif mahal kurang lebih diatas 500 rb per m3.

Kelebihan Bata
1. Harga relatif murah
2. aplikator sudah terbiasa pasang
3. lebih tahan terhadap cuaca (dgn catatan aplikasinya tepat)

kekurangan bata
1. finishing lebih boros
2. pencemaran lingkungan
3. waktu pengerjaan lebih lama

semoga bermanfaat.


saya kurang setuju dengan yg saya garis bawahi, untuk daya tekan celcon lebih baik dari bata merah, sudah ada uji lab nya, silahkan anda buktikan dengan membawa ke lab beton untuk daya tekan.
kemudian kurang kuat suhu ekstrim juga tidak tepat, celcon terbukti lebih tahan api dapi pada batu bata, sifatnya justru lebih resisten terhadap suhu, tidak mudah memanas saat siang dan tidak mudah mendingin saat malam, pori2 besar dipermukaan justru bagus buat insulasi baik suhu maupun suara.
cieciecie - 05/01/2011 02:14 PM
#71

ternyata hebel tu bata ringan to...

kalo bata ringan mah tahu..
endhema - 05/01/2011 03:16 PM
#72

ikut menyimak ah...

ada yang punya foto2 instalasi hebel kah??
upload donk...
rockandrolla - 05/01/2011 07:13 PM
#73

Quote:
Original Posted By inuendo
saya kurang setuju dengan yg saya garis bawahi, untuk daya tekan celcon lebih baik dari bata merah, sudah ada uji lab nya, silahkan anda buktikan dengan membawa ke lab beton untuk daya tekan.
kemudian kurang kuat suhu ekstrim juga tidak tepat, celcon terbukti lebih tahan api dapi pada batu bata, sifatnya justru lebih resisten terhadap suhu, tidak mudah memanas saat siang dan tidak mudah mendingin saat malam, pori2 besar dipermukaan justru bagus buat insulasi baik suhu maupun suara.


wah jd bingung jg, jadi bagusan celcon apa bata merah nih gan??mau ngebangun lantai 2 lagi tp tkt gk kuat...klo struktur dan kaki2 pondasi sih udah pas...cm bingung di bahan yg ingin di gunakan, antara bata atau celcon
ilovesprint - 06/01/2011 03:17 PM
#74

ikut mantau gan, lg mempelajari buat diaplikasiin
sukma.merah - 17/01/2011 06:36 PM
#75

di up ahhhhh

gan2..ada yg tau kontraktor yg bagus,ga colong2an,murah & yg sdh biasa masang hebel (baik dinding & lantai plat) ga ya,minta share nya dunk..terutama yg jakarta maturnuwun sebelumnya..

terus ke masalah teknis dikit..
ane dpt spek teknis durablock (ini termasuk celcon pa bkn ya) yg mengatakan serap air nya 14% http://www.durablock-indo.com/data.htm
Nah yg ane bingung,ane uda nyari2 spek hebel,kok ga ktemu2 ya
mana website hebel indonesia udah ga jelas pula,ga bisa diakses..
Ada yg bisa kasi info ga,serap air hebel di level berapa
buntink - 18/01/2011 10:36 AM
#76

sm2 mmpunyai kelebihan & kekurangan masing2, tinggal atur selera aja ya gan.. :2thumbup
aaofik - 20/01/2011 08:23 AM
#77

duh jadi bingung...bata merah atau habel..saya juga dlm waktu dekat mau bangun rumah 2lt. cuman aplikasinya pengen 1lt dulu...nah klo kondisi tulangan (apa yah bahasa tekniknya) sama dak gtu kan termasuk struktur yah? kayaknya asal tulangan (kolom dll) kuat..kayaknya g masalah yah pake habel?

masalahnya saya hitung..klo pake bata merah perlu semen plus pasir..ditambah pas acian kasar perlu pasir + semen...nah belum lagi acian halus (semen) = banyak semen

sementara pake habel cuman butuh semen instan ditambah acian cukup dengan semen instan (asumsi saya ini bisa lebih hemat)...dengan perhitungan juga..gak usah capek2 beli cat putih buat dasar..karna kayaknya cukup pake semen instan.

tahan gak bata habel akan kondisi air (misal aplikasi untuk toilet)..untuk rumah seperti itu apa bagus? ...kondisi rumah yg akan di bangun..dibelakang rumah ada danau buatan yg dekat sekali ke rumah (cuman dijamin gak banjir..karena posisi tanah dibanding penduduk lain ada di atas)
yudho.wongso - 20/01/2011 11:57 AM
#78

Numpang nanya nih Gan, kalau untuk pemasangan pipa-pipa instalasi listrik, apakah hebel jg bisa di-gerinda seperti dinding bata gitu? Trus apakah bekasnya nanti gak akan retak rambut, secara plesteran hebel tipis gitu?
Makasih gan..
pre174 - 20/01/2011 03:54 PM
#79

diitung dua duanya aja coba murah mana hehe
kyknya kalo masih skala kecil pake bata aja
imo
agan.teng83 - 25/01/2011 04:22 PM
#80

Quote:
Original Posted By inuendo
untuk tidak membebani struktur, hebel jauh lebih baik dari bata merah.
untuk material jatuhnya sama, tidak percaya? silahkan buktikan.

kenapa sama? penggunaan hebel memungkinkan finishing langsung acian tanpa plester lebih dahulu. ini jelas menghemat material dan tukang, dengan syarat, aplikasi adukan saat pemasangan menggunakan sendok semen khusus hebel.

jadi prinsipnya walau lebih mahal dari bata merah tapi finishing dan waktu serta tukangnya membuat hebel sama biayanya dibanding bata merah.
keuntungan hebel selain lebih kedap suara, dia juga lebih kuat tekan, dan saat ada musibah gempa tidak separah bata merah efeknya



Thanks bro penjelasanya, setuju tuh dengan penjelasan bro, ga perlu plester karena permukaannya lebih rata dari pada bata merah, selain itu kedap suara dan lebih tahan api.
Page 4 of 11 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 >  Last ›
Home > LOEKELOE > TEKNIK > Arsitektur > Hebel apa bata merah..????