Sepeda
Home > LOEKELOE > ACTIVITY & HOBBY > Sepeda > (Q & A) Teknik Bersepeda
Total Views: 126670
Page 6 of 64 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 >  Last ›

gutzz - 18/08/2010 11:54 PM
#101

Quote:
Original Posted By Jakatawakalna
Bersepeda memang kegiatan yg menyenangkan, apalagi yg sdh punya jadwal dan komunitas gowes, kadang nunggu hari sabtu & minggu bisa kebawa mimpi..hehehe..
Namun pernahkah kita memeriksa persiapan yg perlu diperhatikan setiap kita mau berangkat 'nggowes? Fisik OK ? Sepeda OK? Perlengkapan OK?

Kita mencoba membuat semacam Check List...apa saja yg perlu dipersiapkan selain fisik yg bugar....

- Ban dalam dan pompa tangan.
- Tools kits travel size untuk sepeda.
- P3K.
- Periksa Sepeda, misal rem, baut2, tekanan angin ban, fungsi shifter, rantai berpelumas.
- Helmet, Jersey yg sesuai, sarung tangan, kacamata.
- Botol minuman, ato bawa makanan kecil, dan jangan lupa dompet....

apabila route dan trek yg akan dilewati cukup jauh dan menantang, maka perlu lbh teliti lagi persiapannya.
Kalo anggota yg 'nggowesnya banyak, selain perlengkapan pribadi, maka perlengkapan yg penggunaannya bisa sama2 bisa dibagi2 siapa tugas ato yg biasa bawa.

silahkan ditambah dan dikoreksi.....tks


Kalau kit tambal diy yang banyak dijual di pasaran efektif gak sih bro?
Kalau efektif kan lumayan tuh daripada bawa2 ban dalem (kalau jarak yg ditempuh gak terlalu jauh )
Jakatawakalna - 19/08/2010 12:06 AM
#102

Quote:
Original Posted By gutzz
Kalau kit tambal diy yang banyak dijual di pasaran efektif gak sih bro?
Kalau efektif kan lumayan tuh daripada bawa2 ban dalem (kalau jarak yg ditempuh gak terlalu jauh )


Kita tdk bisa prediksi akan seperti apa bocornya, bisa kecil, bisa pecah meledak, bisa sobek. Pada umumnya kit tambal ukurannya terbatas, dan untuk proses tambal sedikit perlu waktu. Kalo saya lbh suka tetap bawa ban dalam selain kit tambal...tinggal ganti dan praktis. Pada saat waktu istirahat...bisa dipake nambal ban..kalo msh bisa ditambal.....
Jakatawakalna - 19/08/2010 06:14 AM
#103
Step by step bunny hop.....
Berikut tahapan melakukan bunny hop....

Spoiler for bunny hop

bayuwhy - 19/08/2010 09:29 AM
#104

Quote:
Original Posted By Jakatawakalna
Kita tdk bisa prediksi akan seperti apa bocornya, bisa kecil, bisa pecah meledak, bisa sobek. Pada umumnya kit tambal ukurannya terbatas, dan untuk proses tambal sedikit perlu waktu. Kalo saya lbh suka tetap bawa ban dalam selain kit tambal...tinggal ganti dan praktis. Pada saat waktu istirahat...bisa dipake nambal ban..kalo msh bisa ditambal.....


Betul... apalagi kalau maen offroad, wajib bawa ban dalam cadangan. Ganti ban dalam cuma perlu waktu 5 menit sudah beres. Kalau tambal paling cepat 15 menit, itupun kalau sukses nambalnya. Kasihan teman2 harus nunggu lama...

Quote:
Original Posted By Jakatawakalna
Berikut tahapan melakukan bunny hop....

Spoiler for bunny hop



Saya nggak bisa aja belajar Bunny Hop... sudah terlalu tua kali...
gutzz - 19/08/2010 09:39 AM
#105

Quote:
Original Posted By Jakatawakalna
Berikut tahapan melakukan bunny hop....

Spoiler for bunny hop



Quote:
Original Posted By bayuwhy
Betul... apalagi kalau maen offroad, wajib bawa ban dalam cadangan. Ganti ban dalam cuma perlu waktu 5 menit sudah beres. Kalau tambal paling cepat 15 menit, itupun kalau sukses nambalnya. Kasihan teman2 harus nunggu lama...



Saya nggak bisa aja belajar Bunny Hop... sudah terlalu tua kali...


Jadi pengen juga belajar bunny hop.. mayan jg buat naekin sepeda dari jalan ke trotoar pas jalanan lg macet tanpa harus TTB
Tapi kalau gagal malu juga klo ada yg liatin

Btw soal nambal ban pake kit diy emangnya sering gagal ya? gmn ketahanannya?
hd123 - 19/08/2010 09:45 AM
#106

Quote:
Original Posted By Jakatawakalna
Berikut tahapan melakukan bunny hop....

Spoiler for bunny hop



wah nice info..... btw bunny hope itu bagus nya di lakukan pada kecepatan pelan sedang atau cepat? atau sama aja?
bayuwhy - 19/08/2010 09:50 AM
#107

Quote:
Original Posted By gutzz
Jadi pengen juga belajar bunny hop.. mayan jg buat naekin sepeda dari jalan ke trotoar pas jalanan lg macet tanpa harus TTB
Tapi kalau gagal malu juga klo ada yg liatin

Btw soal nambal ban pake kit diy emangnya sering gagal ya? gmn ketahanannya?


di Bandung ada pedagang sepeda online yang namanya Bonny, dia jago bgt Bunny Hop. Bisa ngeloncatin 3 orang yang tiduran. Coba aja belajar ke dia...

Tambal ban kalau buru-buru suka gagal, biasanya kalau lagi di jalan atau di gunung kan buru-buru. Lagian kan susah ngecek bagian mana yang bolong kalau di jalan gitu. Harus dalam kondisi nyantai di rumah, jadi bisa tenang ngerjainnya dan bisa nyiapin ember isi air buat ngecek yang bolongnya. Kalau ketahanannya, asal nambalnya bener kuat kok. Saya aja pakai buatan China yang 10 rb-an kuat. Tapi ya itu tadi, ngerjainnya di rumah.

Jadi biasanya kalau saya, pas bocor ganti aja pake ban dalam cadangan, biar cepet. Nanti setelah di rumah yang bocornya baru ditambal.
hd123 - 19/08/2010 09:51 AM
#108
mengatur ketinggian sadel yg ideal
iseng2 google nemu ini

http://www.bikeradar.com/fitness/article/technique-how-to-get-your-seat-height-right-14608

ada macem2 cara, tapi yg paling recommend itu

cara pertama:
tinggi sadel itu 0.883 dari tinggi inseam, di ukur dari center bb ke titik paling tinggi sadel.

cara kedua:
pada saat posisi pedal jam 6, kaki menekuk 25-30derajat dari posisi lurus, ideal nya 25 derajat.

help dunk yg bisa masukkan gambar.
bayuwhy - 19/08/2010 09:56 AM
#109

Quote:


Bike Radar dan situsnya Mbah Sheldon Brown adalah rujukan utama untuk masalah persepedaan...
gutzz - 19/08/2010 10:18 AM
#110

Quote:
Original Posted By bayuwhy
di Bandung ada pedagang sepeda online yang namanya Bonny, dia jago bgt Bunny Hop. Bisa ngeloncatin 3 orang yang tiduran. Coba aja belajar ke dia...

Tambal ban kalau buru-buru suka gagal, biasanya kalau lagi di jalan atau di gunung kan buru-buru. Lagian kan susah ngecek bagian mana yang bolong kalau di jalan gitu. Harus dalam kondisi nyantai di rumah, jadi bisa tenang ngerjainnya dan bisa nyiapin ember isi air buat ngecek yang bolongnya. Kalau ketahanannya, asal nambalnya bener kuat kok. Saya aja pakai buatan China yang 10 rb-an kuat. Tapi ya itu tadi, ngerjainnya di rumah.

Jadi biasanya kalau saya, pas bocor ganti aja pake ban dalam cadangan, biar cepet. Nanti setelah di rumah yang bocornya baru ditambal.


Ane latihan dulu deh loncatin polisi tidur yg banyak berkeliaran disekitaran rumah

Bener juga... kalau di jalan rada susah juga cari letak bocok di ban nya
Tadinya ane pikir lebih praktis bawa kit soalnya kmrn liat di ace h/w ada kit 20rban dah dapet lever, patch & lem
Bentuknya kotak kecil gitu jadi gampang disakuin dibanding kalau bawa2 ban dalem

Quote:
Original Posted By hd123
iseng2 google nemu ini

http://www.bikeradar.com/fitness/article/technique-how-to-get-your-seat-height-right-14608

ada macem2 cara, tapi yg paling recommend itu

cara pertama:
tinggi sadel itu 0.883 dari tinggi inseam, di ukur dari center bb ke titik paling tinggi sadel.

cara kedua:
pada saat posisi pedal jam 6, kaki menekuk 25-30derajat dari posisi lurus, ideal nya 25 derajat.

help dunk yg bisa masukkan gambar.


Ribet amat yak ngukurnya
Ane sih pake cara "heel method" aja, dari situ tinggal di "fine tune" lagi setelah test ride
kuukuuruuyuuk - 19/08/2010 12:38 PM
#111

Quote:
Original Posted By Jakatawakalna
Berikut tahapan melakukan bunny hop....

Spoiler for bunny hop



tar mo coba praktekin ah,kebetulan ada bbrp poldur deket rumah
naizzuro - 19/08/2010 12:40 PM
#112

banyak juga tips2nya y, padahal ane asal narik aja...
kuukuuruuyuuk - 19/08/2010 12:47 PM
#113

Quote:
Original Posted By naizzuro
banyak juga tips2nya y, padahal ane asal narik aja...


awalnya jg gw asal gowes kok bro,tp lama kelamaan kan penasaran jg mengenai hal2 yg perlu diperhatikan untuk mendukung aktifitas gowes kita

threat ini cukup membantu lho
thanks buat temen2 yg udah mau share mengenai knowledge nya

&
windman - 19/08/2010 12:58 PM
#114

Quote:
Original Posted By Jakatawakalna
Berikut tahapan melakukan bunny hop....

Spoiler for bunny hop



terakhir kali saya yoba.....

jatoh sampe shifter saya pecah
Jakatawakalna - 19/08/2010 01:14 PM
#115

Quote:
Original Posted By gutzz

Ribet amat yak ngukurnya
Ane sih pake cara "heel method" aja, dari situ tinggal di "fine tune" lagi setelah test ride


sama...sy jg pake heel methode bila kondisi jalan relatif datar, bila sedikit ada tanjakan dan turunan berubah lagi seatpostnya. Namun menurut sy untuk fitting seatpost ini sangat beragam, apalagi kalo bukan seklas atlet, yg penting bisa pedaling dgn baik dan tdk menyiksa otot2 tertentu, terutama paha.
Jakatawakalna - 19/08/2010 01:55 PM
#116

Quote:
Original Posted By kuukuuruuyuuk
awalnya jg gw asal gowes kok bro,tp lama kelamaan kan penasaran jg mengenai hal2 yg perlu diperhatikan untuk mendukung aktifitas gowes kita

threat ini cukup membantu lho
thanks buat temen2 yg udah mau share mengenai knowledge nya

&


Iya om...dunia persepedaan memang cukup luas cakupannya dan menarik untuk didiskusikan, mulai dari yg asal 'nggelinding yg penting bisa jalan dan sampai tour de france yg melegenda. Kita tinggal pilih2...kira2 yg mana yg cocok dgn dunia persepedaan kita. Namun disayangkan kalo hanya memperhatikan property sepedanya aja tapi tidak diimbangi dgn pengetahuan lainnya, dan lebih lucu...beli sepeda yg mahal2 tapi tdk dipake hanya dipandang2 aja...hehehe boleh tuch kasih ke saya...
kuukuuruuyuuk - 19/08/2010 02:05 PM
#117

Quote:
Original Posted By Jakatawakalna
Iya om...dunia persepedaan memang cukup luas cakupannya dan menarik untuk didiskusikan, mulai dari yg asal 'nggelinding yg penting bisa jalan dan sampai tour de france yg melegenda. Kita tinggal pilih2...kira2 yg mana yg cocok dgn dunia persepedaan kita. Namun disayangkan kalo hanya memperhatikan property sepedanya aja tapi tidak diimbangi dgn pengetahuan lainnya, dan lebih lucu...beli sepeda yg mahal2 tapi tdk dipake hanya dipandang2 aja...hehehe boleh tuch kasih ke saya...


yang penting sepedahannya bukan sepedah nya bro
pilih sepedah yg sesuai kebutuhan saja
sepedah itu hampir mirip komputer,parts yang kita ambil ya harus disesuaikan jg untuk keperluan nya sebagai apa

jangan smpe salah pilih parts,nanti jadi nya malah mubazir
CMIIW
PBmaster - 20/08/2010 10:10 PM
#118

gw pernah bannya meledak s gara2 udh botak dipaksa ngebut di aspal panas.. pas kelas 6 sih
hampir jomplang.. makannya ban botak jgn dipake
Tijitibeh - 20/08/2010 11:02 PM
#119

Infonya mantabs nih oms:thumbup,jadi tambah tau banyak hal,biasanya kalo sepedaan ya asal genjot aja:
kalo offroad sih paling gak bawa ban dalem&kunci2 sepeda,cuman 3 minggu lalu ada temen yang jatuh trus dijahit sampe 6 jahitan,ga bawa p3k.om-om ada yang tau teknik jatuh gak ya
Jakatawakalna - 20/08/2010 11:33 PM
#120

Quote:
Original Posted By Tijitibeh
Infonya mantabs nih oms:thumbup,jadi tambah tau banyak hal,biasanya kalo sepedaan ya asal genjot aja:
kalo offroad sih paling gak bawa ban dalem&kunci2 sepeda,cuman 3 minggu lalu ada temen yang jatuh trus dijahit sampe 6 jahitan,ga bawa p3k.om-om ada yang tau teknik jatuh gak ya


Teknik jatuh ? sepertinya bagaimanapun jatuh pasti sakit...
reaksi reflek kita pada saat jatuh...biasanya badan msh nempel dgn sepeda..maksudnya lebih memperhatikan sepeda daripada badan.

Rasanya susah melatih cara jatuh yg benar....karena kalo sengaja kita menjatuhkan diri...reflek tubuh selalu menolak. Namun ada beberapa hal yg perlu diperhatikan..kalo pas jatuh. Secara sadar... setidaknya kita mengetahui bahwa kita akan jatuh...pada saat ini yg momentnya hanya sepersekian detik manfaatkan untuk menyelamatkan diri. Caranya kita yg menjatuhkan badan (bukan terjatuh) dgn posisi senyaman mungkin, tdk menahan tubuh dgn tangan, gunakan tangan untuk melindungi kepala sambil melipat tubuh.

Utamakan keselamatan diri kita daripada sepedanya......
Page 6 of 64 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 >  Last ›
Home > LOEKELOE > ACTIVITY & HOBBY > Sepeda > (Q & A) Teknik Bersepeda