Sepeda
Home > LOEKELOE > ACTIVITY & HOBBY > Sepeda > (Q & A) Teknik Bersepeda
Total Views: 126670 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 20 of 64 | ‹ First  < 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 >  Last ›

ickvanovs - 25/11/2010 03:17 PM
#381

Quote:
Original Posted By azer89
om mau tanya stem oversize ntu apaan ya?


size nya lebih gede dari ukuran standard
rifqizamakhsyar - 25/11/2010 04:00 PM
#382

apiiikk tenann ilovekaskus
azer89 - 25/11/2010 04:08 PM
#383

Quote:
Original Posted By bayuwhy


Stem = dudukan handlebar (stang) yang juga jadi penghubung antara handlebar dengan fork. Oversize itu ukurannya, ada 2 macam, standard dan oversize.


ho iya, makasih atas penjelasannya, bukannya umumnya stem jaman sekarang udah oversize semua ya om ?
klo misalnya saya ganti stem pendek efek handlingnya gimana om? (tanya2 dulu... takutnya pas beli malah ga cocok D )
ickvanovs - 25/11/2010 06:09 PM
#384

Quote:
Original Posted By azer89
ho iya, makasih atas penjelasannya, bukannya umumnya stem jaman sekarang udah oversize semua ya om ?
klo misalnya saya ganti stem pendek efek handlingnya gimana om? (tanya2 dulu... takutnya pas beli malah ga cocok D )


Mayoritas emang dah oversize.

Efek ke handling sih gak kerasa beda kalo ganti stem pendek, yg kerasa beda riding position lebih relax.
themumi - 25/11/2010 08:20 PM
#385

Quote:
Original Posted By ickvanovs
Mayoritas emang dah oversize.

Efek ke handling sih gak kerasa beda kalo ganti stem pendek, yg kerasa beda riding position lebih relax.


semakin pendek stem kalo ga salah semakin responsif deh.. itu kenapa sepeda FR/DH make stem mefettttt..
ickvanovs - 25/11/2010 08:24 PM
#386

Quote:
Original Posted By themumi
semakin pendek stem kalo ga salah semakin responsif deh.. itu kenapa sepeda FR/DH make stem mefettttt..


oh iya turning angle nya makin kecil tapi menurut gue gak terlalu ngefek deh

lebih berasa pake handlebar panjangan atau pendekan
themumi - 25/11/2010 08:29 PM
#387

Quote:
Original Posted By ickvanovs
oh iya turning angle nya makin kecil tapi menurut gue gak terlalu ngefek deh

lebih berasa pake handlebar panjangan atau pendekan


yups.. stem pendek n handlebar lebar D

serasa pake setir mobil diameter mobil F1 tapi keliling setir BUS D
ickvanovs - 25/11/2010 08:31 PM
#388

Quote:
Original Posted By themumi
yups.. stem pendek n handlebar lebar D

serasa pake setir mobil diameter mobil F1 tapi keliling setir BUS D


maap ane gak ngerti maksud lu apaan Peace:
themumi - 25/11/2010 08:42 PM
#389

Quote:
Original Posted By ickvanovs
maap ane gak ngerti maksud lu apaan Peace:


ane baca2 lagi.. kok ikutan bingung ya \(
ickvanovs - 25/11/2010 08:51 PM
#390

Quote:
Original Posted By themumi
ane baca2 lagi.. kok ikutan bingung ya \(


nah loh ngakaks

gue sih beneran gak mudeng om o
gutzz - 25/11/2010 08:54 PM
#391

Ane juga bingung ngakaks
Mungkin maksudnya turning angle yang lebih banyak karena stem pendek + leverage yang lebih banyak karena handlebar yang panjang? amazed:
ickvanovs - 25/11/2010 08:56 PM
#392

Quote:
Original Posted By gutzz
Ane juga bingung ngakaks
Mungkin maksudnya turning angle yang lebih banyak karena stem pendek + leverage yang lebih banyak karena handlebar yang panjang? amazed:


ngakaks

tau tuh lagi error kayanya die, bisa nyambung ke F1 ama BUS

ngasih contoh tapi kaga jelas o
azer89 - 25/11/2010 10:23 PM
#393

Quote:
Original Posted By ickvanovs
ngakaks

tau tuh lagi error kayanya die, bisa nyambung ke F1 ama BUS

ngasih contoh tapi kaga jelas o



jadi kayak nyetir bus pake setirannya F1 yak D

i see.. jadi handlingnya ga terlalu masalah klo cuman ganti ke stem pendek...
ickvanovs - 25/11/2010 10:27 PM
#394

Quote:
Original Posted By azer89
i see.. jadi handlingnya ga terlalu masalah klo cuman ganti ke stem pendek...


ya kalo gue sih gak brasa brubah tuh, apa gue yang kurang sensitif kali ya ngakaks
jagoanvirtual - 26/11/2010 10:12 PM
#395

Quote:
Original Posted By bayuwhy
Mungkin istilah yang lebih tepat bukan posisi sadel, tapi ketinggian seatpost. Kalau yang dimaksud posisi sadel itu tentang mendongak atau menunduknya sadel, dan juga maju mundurnya sadel.

Ketinggian seatpost yang ideal untuk pemakaian sehari-hari atau nanjak adalah, pada saat kita duduk di sadel, dengan salah satu pedal berada di titik terbawah, maka kaki yang menginjak pedal lurus, tapi tidak sampai jinjit. Konsekuensinya, kaki memang tidak bisa menyentuh tanah. Kalaupun bisa pakai ujung sepatu.

Kalau kaki dapat menjejak tanah pada waktu duduk di sadel berarti kependekan seatpostnya. Ini membuat kayuhan tidak efisien, cepat cape, dan lucu kalau dilihat oleh orang lain. Posisi seatpost pendek begini hanya diaplikasikan pada saat menemui turunan offroad, dimana saat itu efisiensi pedaling tidak terlalu diperlukan.

Kan pada waktu berhenti, misal di lampu merah, kita bisa turun dari sadel dan berdiri pada top tube. Tidak perlu harus duduk terus.


bang bayu, kalau lampu merah sih bisa" aja berdiri di top tube
tapi kalau misalnya macet? atau depan ada mobil/sepeda motor rebutan jalan..
saya harus gimana ? sedangkan belakang jg byk sepeda motor / mobil.

apa saya harus berdiri di atas top tube, kaki kanan di pedal, dan kaki kiri dorong ke belakang pelan" agar bisa maju kedepan ?

dan bagaimana kalau kondisinya macet kira" 1 km.. ?

soalnya saya hanya bisa jinjit sekarang kecuali berdiri di atas top tube baru bisa injak lantai \) (sesuai saran bang bayu kemarin)
CheonMaSinGun - 27/11/2010 04:09 AM
#396

^^^ pegangan ke mobil sebelah aja... D(Q & A) Teknik Bersepeda
ickvanovs - 27/11/2010 07:37 AM
#397

Quote:
Original Posted By jagoanvirtual
bang bayu, kalau lampu merah sih bisa" aja berdiri di top tube
tapi kalau misalnya macet? atau depan ada mobil/sepeda motor rebutan jalan..
saya harus gimana ? sedangkan belakang jg byk sepeda motor / mobil.

apa saya harus berdiri di atas top tube, kaki kanan di pedal, dan kaki kiri dorong ke belakang pelan" agar bisa maju kedepan ?

dan bagaimana kalau kondisinya macet kira" 1 km.. ?

soalnya saya hanya bisa jinjit sekarang kecuali berdiri di atas top tube baru bisa injak lantai \) (sesuai saran bang bayu kemarin)


Gue rasa semua pesepeda kalau kondisi macet pasti turun ke top tube. Atau gak ya lu adjust aja pas mau masuk jalan macet turunin seatpost jadi kaki lu sampe. Ntar dah lewat macet naikin lagi.

Ketinggian seatpost gak mutlak harus begitu seperti yg om momod bilang, mau2 lu kok set nya gimana toh itu sepeda2 lu kok bukan sepedanya om momod ngakaks

Tapi memang untuk power transfer dan body geometri yang paling max ya seperti yang dibilang om momod. At the end kembali ke si pesepeda, posisi mana yang lu paling berasa nyaman?
ickvanovs - 27/11/2010 07:37 AM
#398

Quote:
Original Posted By CheonMaSinGun
^^^ pegangan ke mobil sebelah aja... Dhttp://img.kaskus.us/images/kaskusmobile_hp.gif


Ini juga bisa hehehe tapi awas handlebar mentok p
jagoanvirtual - 27/11/2010 09:29 AM
#399

Quote:
Original Posted By ickvanovs
Gue rasa semua pesepeda kalau kondisi macet pasti turun ke top tube. Atau gak ya lu adjust aja pas mau masuk jalan macet turunin seatpost jadi kaki lu sampe. Ntar dah lewat macet naikin lagi.

Ketinggian seatpost gak mutlak harus begitu seperti yg om momod bilang, mau2 lu kok set nya gimana toh itu sepeda2 lu kok bukan sepedanya om momod ngakaks

Tapi memang untuk power transfer dan body geometri yang paling max ya seperti yang dibilang om momod. At the end kembali ke si pesepeda, posisi mana yang lu paling berasa nyaman?

ic, saya kadang gowes, dengkul bisa sakit \( makanya saya ikuti saran om momod.

Quote:
Original Posted By ickvanovs
Gue rasa semua pesepeda kalau kondisi macet pasti turun ke top tube.

ic, kalau macet biasanya kan bisa jalan meski hanya sedikit sedikit, itu jalannya gimana ? satu kaki di pedal, sedangkan satu kaki lagi dorong ke belakang untuk jalan maju sedikit ?

Quote:
Atau gak ya lu adjust aja pas mau masuk jalan macet turunin seatpost jadi kaki lu sampe. Ntar dah lewat macet naikin lagi.

ini cape om, repot bgt hihihi...

soalnya saya masi pemula, sambil belajar" teknik yang benar dalam bersepeda, agar tidak cedera dalam bersepeda

makasih penjelasannya om..
gutzz - 27/11/2010 10:48 AM
#400

Quote:
Original Posted By jagoanvirtual
ic, saya kadang gowes, dengkul bisa sakit \( makanya saya ikuti saran om momod.


ic, kalau macet biasanya kan bisa jalan meski hanya sedikit sedikit, itu jalannya gimana ? satu kaki di pedal, sedangkan satu kaki lagi dorong ke belakang untuk jalan maju sedikit ?


ini cape om, repot bgt hihihi...

soalnya saya masi pemula, sambil belajar" teknik yang benar dalam bersepeda, agar tidak cedera dalam bersepeda

makasih penjelasannya om..


Ribet amat D

Kalau bener2 macet mah mending dituntun aja sepedanya atau sekalian naikin trotoar Peace:
Maksain naik sepeda juga bakalan cape sendiri soalnya bakalan naik turun terus
Alternatifnya bisa belajar trackstand (googling aja buat tutorialnya) tapi trackstand gak disaranin di tempat yang sempit
Pengen naikin/nurunin seatpost tanpa ribet? beli crankbrothers joplin ngacir: (harga hampir 2jutaan)
Page 20 of 64 | ‹ First  < 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 >  Last ›
Home > LOEKELOE > ACTIVITY & HOBBY > Sepeda > (Q & A) Teknik Bersepeda