Arsitektur
Home > LOEKELOE > TEKNIK > Arsitektur > Help. Perkiraan biaya bangun Rumah..
Total Views: 16748
Page 1 of 4 |  1 2 3 4 > 

parega - 03/08/2010 10:20 AM
#1
Help. Perkiraan biaya bangun Rumah..
Teman2 Arsitek..selamat kenal.. saya pare mohon pencerahan nya dari teman yang ada di forum ini..
Gw punya Kampling di perum Cintra Indah..yang luas-nya 170M 17M X 10M.
Nah rencana di kampling tersebut mau gw bangun rumah dangan type 60-an satu lantai..kira2 tata ruangnya seperti gambar ini.

Spoiler for Design Rumah

Gw harus menyediakan dana brapa juta buat bangun rumah gw. dengan perkiran harga bangun sekarang..
Kalau GW bangun bertahap..gimana caranya..
Mohon bantuannya ya..
Terima Kasih banyak..
wedusitem86 - 03/08/2010 10:54 AM
#2

siapin dana sekitar 100-150jt om. finishing sambil jalan aja.
parega - 03/08/2010 11:23 AM
#3
dengan perkiran /meternya brapa?
Quote:
Original Posted By wedusitem86
siapin dana sekitar 100-150jt om. finishing sambil jalan aja.


100-150jt dalam perkiraan brapa /meter nya..
dan itu udah sama atap baja ringan pintu dan jendela2
tuentiten - 03/08/2010 12:12 PM
#4

Bantu nongolin denah rumahnya



coba bantu, kurang lebih luas bangunan yang akan dibangun 10 x 12 = 120 m2.
Kalau dambil harga pengerjaan bangunan per meter perseginnya 2 juta. Total dana yang mesti disiapin 120 m2 x 2 juta = 240 juta.

semoga membantu....
parega - 03/08/2010 01:32 PM
#5
Itu udah serah kunci
Quote:
Original Posted By tuentiten
Bantu nongolin denah rumahnya



coba bantu, kurang lebih luas bangunan yang akan dibangun 10 x 12 = 120 m2.
Kalau dambil harga pengerjaan bangunan per meter perseginnya 2 juta. Total dana yang mesti disiapin 120 m2 x 2 juta = 240 juta.

semoga membantu....


240jt itu udah selesai semuanya ya.. dalam istilah udah serah kunci ya...
Banyak juga ya..pak
Kalau mau membangun bertahap.., ada brapa tahap apak.
dan tahap2annya apa aja.. yang bisa di borongkan ke pemborong..
Kan ada pemborong yg menawarkan borongan bertahap.., bisa mohon pencerahannya tentang borongan bertahap..itu apa dan untung ruginya apa aja..pak..
Thanks
bapaooooo - 03/08/2010 02:14 PM
#6

menurut ane malah 300jt... agan diatas mungkin sudah bisa membantu... ho5..
Mingpa - 03/08/2010 02:27 PM
#7

Quote:
Original Posted By parega
Teman2 Arsitek..selamat kenal.. saya pare mohon pencerahan nya dari teman yang ada di forum ini..
Gw punya Kampling di perum Cintra Indah..yang luas-nya 170M 17M X 10M.
Nah rencana di kampling tersebut mau gw bangun rumah dangan type 60-an satu lantai..kira2 tata ruangnya seperti gambar ini.


Gw harus menyediakan dana brapa juta buat bangun rumah gw. dengan perkiran harga bangun sekarang..
Kalau GW bangun bertahap..gimana caranya..
Mohon bantuannya ya..
Terima Kasih banyak..

kalo tuk bertahap bisa si 3bulan kamu piih teras 3bulan lagi kamu pilih ruang keluarga/depan/belakang 3bulan seterusnya kamu bisa pilih yang lain
nophesmg - 03/08/2010 02:37 PM
#8

kurang detail kayaknya gan.. kasih spek bangunannya biar bisa pada bantu....

atau mungkin ada yan gbersedia upload contoh file RAB?
parega - 03/08/2010 02:41 PM
#9
Waduh..
Quote:
Original Posted By bapaooooo
menurut ane malah 300jt... agan diatas mungkin sudah bisa membantu... ho5..


Ni gw kasih skala-nya satu kotak=1m persegi.

Kalau untuk kamar di blakang tidak masuk dulu gimana..? dalam arti untuk kamar di balakang di bangunnya blakangan, ini untuk meringankan pembangun awal..
Kalau 2jt/m kwalitas bangunan udah klas brapa ya..
Dan kalau dibangun Sendiri (Tampa Kontraktor) biayanya bisa di tekan brapa % dari pada di borongkan..lewat kontraktor.
NagaHitam - 03/08/2010 04:00 PM
#10

Pada dasarnya, jika ente belum punya duit yang cukup untuk membangun secara langsung sesuai gambar rencana, pilihan pembangunan bertahap merupakan pilihan yang baik.
Namun supaya rumah tetap jadi maka, tahapan struktur rumah harus dijadikan terlebih dahulu, misalnya:
1. Pondasi. Jika hanya rumah biasa tanpa kemungkinan ditingkat maka kedalaman pondasi batu kali cukup 60 cm dari muka tanah. Jika ingin ditingkat, pakailah pondasi cakar ayam P x L nya 80 x 80 cm, jika lebih dari 2 tiongkat, tentu dimensi tapak lebih besar dan lebih dalam. Pondasi cakar ayam hanya diletakkan dibawah kolom utama, bukan kolom praktis.
2. Balok dan Kolom. Untuk rumah biasa, pakailah beton adukan sendiri dengan perbandingan 1:2:3 (semen: pasir: kerikil). jadi misalnya dituang 1 sak semen, maka dalam campuran itu harus disertakan 2 sak pasir dan 3 sak kerikil) begitu pengertiannya. Tulangan kolom memakai minimal diameter 10 mm. Tulangan balok juga sama. Jika rumah bertingkat, harus diperhitungkan beban yang akan disangga (kegunaan ruangan) untuk mendapatkan dimensi kolom dan balok beton yang kuat dan hemat.
3. Atap. Pillihlah atap yang simpel dan cepat pengerjaannya seperti atap pelana. Kecuali jika ente mau meningkat, maka atap dapat diganti dengan dak beton.
3 item ini harus ada.
a. Selanjutnya materi pengisi dan penyekat seperti dinding bata/batako/papan awetan untuk bagian luar rumah yang berhadapan langsung dengan alam. Penggunaan dinding gipsum bisa buat didalam. 1 meter persegi dinding bata memerlukan antara 50 - 75 biji tergantung ukuran bata dan campurannya 1:5 (semen: pasir). Untuk daerah basah (KM/WC) lebih baik 1:2 biar air tidak rembes.
b. Kusen dan daunnya. Pakailah kayu yang udah diawetkan/oven. kayu kamper bagus untuk itu.
c. Lantai. mau langsung dikeramik juga boleh, jika hanya plesteran+acian juga gak papa tergantung berapa lama ente akan membangun tahapan selanjutnya.
d. kelistrikan. pastikan sambungan baik dan benar dan belilah kabel + peralatan aksesoris listrik yang berkualitas. Untuk menghindari kejadian yang tak terduga.

Untuk panduan awal, range biaya membangun rumah diluar harga tanah adalah:
a. rumah sederhana 500K - 1000K/m2.
b. rumah semi lux/real estate 1500K-2500K/m2
c. rumah lux 3000K/m2 sampai tak terbatas.

menurut ane, pakailah bahan2 yang murah tapi kuat. finishing bisa diatur selanjutnya.
jika rumah dibangun sendiri, ente bisa menghemat 20 % jika dibanding memakai mandor/borongan. dengan catatan ente harus memakai sistem opname, jangan bayar harian untuk pekerjanya.
Sediakan dana cadangan minimal 20 % dari perkiraan awal untuk jaga2. Karena dalam membangun rumah biasanya timbul perkembangan2 yang membutuhkan biaya tak terduga.
demikian kira-kira, selamat membangun.
tuentiten - 03/08/2010 04:08 PM
#11

Quote:
Original Posted By NagaHitam
Pada dasarnya, jika ente belum punya duit yang cukup untuk membangun secara langsung sesuai gambar rencana, pilihan pembangunan bertahap merupakan pilihan yang baik.
Namun supaya rumah tetap jadi maka, tahapan struktur rumah harus dijadikan terlebih dahulu, misalnya:
1. Pondasi. Jika hanya rumah biasa tanpa kemungkinan ditingkat maka kedalaman pondasi batu kali cukup 60 cm dari muka tanah. Jika ingin ditingkat, pakailah pondasi cakar ayam P x L nya 80 x 80 cm, jika lebih dari 2 tiongkat, tentu dimensi tapak lebih besar dan lebih dalam. Pondasi cakar ayam hanya diletakkan dibawah kolom utama, bukan kolom praktis.
2. Balok dan Kolom. Untuk rumah biasa, pakailah beton adukan sendiri dengan perbandingan 1:2:3 (semen: pasir: kerikil). jadi misalnya dituang 1 sak semen, maka dalam campuran itu harus disertakan 2 sak pasir dan 3 sak kerikil) begitu pengertiannya. Tulangan kolom memakai minimal diameter 10 mm. Tulangan balok juga sama. Jika rumah bertingkat, harus diperhitungkan beban yang akan disangga (kegunaan ruangan) untuk mendapatkan dimensi kolom dan balok beton yang kuat dan hemat.
3. Atap. Pillihlah atap yang simpel dan cepat pengerjaannya seperti atap pelana. Kecuali jika ente mau meningkat, maka atap dapat diganti dengan dak beton.
3 item ini harus ada.
a. Selanjutnya materi pengisi dan penyekat seperti dinding bata/batako/papan awetan untuk bagian luar rumah yang berhadapan langsung dengan alam. Penggunaan dinding gipsum bisa buat didalam. 1 meter persegi dinding bata memerlukan antara 50 - 75 biji tergantung ukuran bata dan campurannya 1:5 (semen: pasir). Untuk daerah basah (KM/WC) lebih baik 1:2 biar air tidak rembes.
b. Kusen dan daunnya. Pakailah kayu yang udah diawetkan/oven. kayu kamper bagus untuk itu.
c. Lantai. mau langsung dikeramik juga boleh, jika hanya plesteran+acian juga gak papa tergantung berapa lama ente akan membangun tahapan selanjutnya.
d. kelistrikan. pastikan sambungan baik dan benar dan belilah kabel + peralatan aksesoris listrik yang berkualitas. Untuk menghindari kejadian yang tak terduga.

Untuk panduan awal, range biaya membangun rumah diluar harga tanah adalah:
a. rumah sederhana 500K - 1000K/m2.
b. rumah semi lux/real estate 1500K-2500K/m2
c. rumah lux 3000K/m2 sampai tak terbatas.

menurut ane, pakailah bahan2 yang murah tapi kuat. finishing bisa diatur selanjutnya.
jika rumah dibangun sendiri, ente bisa menghemat 20 % jika dibanding memakai mandor/borongan. dengan catatan ente harus memakai sistem opname, jangan bayar harian untuk pekerjanya.
Sediakan dana cadangan minimal 20 % dari perkiraan awal untuk jaga2. Karena dalam membangun rumah biasanya timbul perkembangan2 yang membutuhkan biaya tak terduga.
demikian kira-kira, selamat membangun.



Setuju gan, penjelasannya detail, mudah-mudahan bisa jadi bahan referensi TS...
parega - 03/08/2010 04:14 PM
#12
Terima Kasih Banyak..
Spoiler for penjelasan
Quote:
Original Posted By NagaHitam
Pada dasarnya, jika ente belum punya duit yang cukup untuk membangun secara langsung sesuai gambar rencana, pilihan pembangunan bertahap merupakan pilihan yang baik.
Namun supaya rumah tetap jadi maka, tahapan struktur rumah harus dijadikan terlebih dahulu, misalnya:
1. Pondasi. Jika hanya rumah biasa tanpa kemungkinan ditingkat maka kedalaman pondasi batu kali cukup 60 cm dari muka tanah. Jika ingin ditingkat, pakailah pondasi cakar ayam P x L nya 80 x 80 cm, jika lebih dari 2 tiongkat, tentu dimensi tapak lebih besar dan lebih dalam. Pondasi cakar ayam hanya diletakkan dibawah kolom utama, bukan kolom praktis.
2. Balok dan Kolom. Untuk rumah biasa, pakailah beton adukan sendiri dengan perbandingan 1:2:3 (semen: pasir: kerikil). jadi misalnya dituang 1 sak semen, maka dalam campuran itu harus disertakan 2 sak pasir dan 3 sak kerikil) begitu pengertiannya. Tulangan kolom memakai minimal diameter 10 mm. Tulangan balok juga sama. Jika rumah bertingkat, harus diperhitungkan beban yang akan disangga (kegunaan ruangan) untuk mendapatkan dimensi kolom dan balok beton yang kuat dan hemat.
3. Atap. Pillihlah atap yang simpel dan cepat pengerjaannya seperti atap pelana. Kecuali jika ente mau meningkat, maka atap dapat diganti dengan dak beton.
3 item ini harus ada.
a. Selanjutnya materi pengisi dan penyekat seperti dinding bata/batako/papan awetan untuk bagian luar rumah yang berhadapan langsung dengan alam. Penggunaan dinding gipsum bisa buat didalam. 1 meter persegi dinding bata memerlukan antara 50 - 75 biji tergantung ukuran bata dan campurannya 1:5 (semen: pasir). Untuk daerah basah (KM/WC) lebih baik 1:2 biar air tidak rembes.
b. Kusen dan daunnya. Pakailah kayu yang udah diawetkan/oven. kayu kamper bagus untuk itu.
c. Lantai. mau langsung dikeramik juga boleh, jika hanya plesteran+acian juga gak papa tergantung berapa lama ente akan membangun tahapan selanjutnya.
d. kelistrikan. pastikan sambungan baik dan benar dan belilah kabel + peralatan aksesoris listrik yang berkualitas. Untuk menghindari kejadian yang tak terduga.

Untuk panduan awal, range biaya membangun rumah diluar harga tanah adalah:
a. rumah sederhana 500K - 1000K/m2.
b. rumah semi lux/real estate 1500K-2500K/m2
c. rumah lux 3000K/m2 sampai tak terbatas.

menurut ane, pakailah bahan2 yang murah tapi kuat. finishing bisa diatur selanjutnya.
jika rumah dibangun sendiri, ente bisa menghemat 20 % jika dibanding memakai mandor/borongan. dengan catatan ente harus memakai sistem opname, jangan bayar harian untuk pekerjanya.
Sediakan dana cadangan minimal 20 % dari perkiraan awal untuk jaga2. Karena dalam membangun rumah biasanya timbul perkembangan2 yang membutuhkan biaya tak terduga.
demikian kira-kira, selamat membangun.


Terima kasih banyak pak atas penjelasan yg cukup memberi pencerahan buat saya..
Jujur aja saya belum pernah membangun.. rumah dari NOL, kalau jadi ini mungkin rumah saya yg pertama yg saya bangun..dari awal.. (bukan Beli Jadi) heee2. jadi ada kekwatiran juga kalau uang habis rumah nggak jadi-jadi.. kayak teman2 saya yg sudah mengalaminya..
antontakaful - 03/08/2010 04:21 PM
#13

Quote:
Original Posted By parega
Spoiler for penjelasan


Terima kasih banyak pak atas penjelasan yg cukup memberi pencerahan buat saya..
Jujur aja saya belum pernah membangun.. rumah dari NOL, kalau jadi ini mungkin rumah saya yg pertama yg saya bangun..dari awal.. (bukan Beli Jadi) heee2. jadi ada kekwatiran juga kalau uang habis rumah nggak jadi-jadi.. kayak teman2 saya yg sudah mengalaminya..


temen agan tu uang nya banyak yah jadi sambil becanda bikinnya
kustiyaman - 03/08/2010 04:25 PM
#14

Quote:
Original Posted By NagaHitam
Pada dasarnya, jika ente belum punya duit yang cukup untuk membangun secara langsung sesuai gambar rencana, pilihan pembangunan bertahap merupakan pilihan yang baik.
Namun supaya rumah tetap jadi maka, tahapan struktur rumah harus dijadikan terlebih dahulu, misalnya:
1. Pondasi. Jika hanya rumah biasa tanpa kemungkinan ditingkat maka kedalaman pondasi batu kali cukup 60 cm dari muka tanah. Jika ingin ditingkat, pakailah pondasi cakar ayam P x L nya 80 x 80 cm, jika lebih dari 2 tiongkat, tentu dimensi tapak lebih besar dan lebih dalam. Pondasi cakar ayam hanya diletakkan dibawah kolom utama, bukan kolom praktis.
2. Balok dan Kolom. Untuk rumah biasa, pakailah beton adukan sendiri dengan perbandingan 1:2:3 (semen: pasir: kerikil). jadi misalnya dituang 1 sak semen, maka dalam campuran itu harus disertakan 2 sak pasir dan 3 sak kerikil) begitu pengertiannya. Tulangan kolom memakai minimal diameter 10 mm. Tulangan balok juga sama. Jika rumah bertingkat, harus diperhitungkan beban yang akan disangga (kegunaan ruangan) untuk mendapatkan dimensi kolom dan balok beton yang kuat dan hemat.
3. Atap. Pillihlah atap yang simpel dan cepat pengerjaannya seperti atap pelana. Kecuali jika ente mau meningkat, maka atap dapat diganti dengan dak beton.
3 item ini harus ada.
a. Selanjutnya materi pengisi dan penyekat seperti dinding bata/batako/papan awetan untuk bagian luar rumah yang berhadapan langsung dengan alam. Penggunaan dinding gipsum bisa buat didalam. 1 meter persegi dinding bata memerlukan antara 50 - 75 biji tergantung ukuran bata dan campurannya 1:5 (semen: pasir). Untuk daerah basah (KM/WC) lebih baik 1:2 biar air tidak rembes.
b. Kusen dan daunnya. Pakailah kayu yang udah diawetkan/oven. kayu kamper bagus untuk itu.
c. Lantai. mau langsung dikeramik juga boleh, jika hanya plesteran+acian juga gak papa tergantung berapa lama ente akan membangun tahapan selanjutnya.
d. kelistrikan. pastikan sambungan baik dan benar dan belilah kabel + peralatan aksesoris listrik yang berkualitas. Untuk menghindari kejadian yang tak terduga.

Untuk panduan awal, range biaya membangun rumah diluar harga tanah adalah:
a. rumah sederhana 500K - 1000K/m2.
b. rumah semi lux/real estate 1500K-2500K/m2
c. rumah lux 3000K/m2 sampai tak terbatas.

menurut ane, pakailah bahan2 yang murah tapi kuat. finishing bisa diatur selanjutnya.
jika rumah dibangun sendiri, ente bisa menghemat 20 % jika dibanding memakai mandor/borongan. dengan catatan ente harus memakai sistem opname, jangan bayar harian untuk pekerjanya.
Sediakan dana cadangan minimal 20 % dari perkiraan awal untuk jaga2. Karena dalam membangun rumah biasanya timbul perkembangan2 yang membutuhkan biaya tak terduga.
demikian kira-kira, selamat membangun.



INFO YANG SANGAT BERGUNA ...

kalo boleh sekalian minta info, kalau mau membuat dak beton dengan penambahan tinggi sekitar 1 meter luas 3,5 m x 8 m kira-kira membutuhkan biaya berapa ya ??
rencananya diatas akan dibuat semacam taman (dengan pot berisi tanaman buah-buahan) dan tempat tower air

trims ...
mundinggaya - 03/08/2010 04:46 PM
#15

maaf gan ane gk pinter nulis panjang lebar.
Ane pengalaman dlm membangun bangunan Alfa*art. Liat dari denah agan seh simple mirip2 dengan bangunan Alfa*art yg biasa ane kerjain. Kisaran harga bangunan Alfa*art sekitar 250 jt an, klo desain yg agan buat pasti di bawah itu, karena Alfa*art sendiri menggunakan Folding Gate yg notabene emang mahal.
O iya klo agan ngerjain sendiri (bukan dikerjain ama kontraktor) agan sendiri yg menyiapkan tukang n agan sendiri yg beli kebutuhan proyeknya pasti jauh lebih rendah harganya. Kisaran 150 jt an ane taksir.

klo boleh saran Ruang tamu, ruang keluarga n ruang makan 1 line aja gan, ntar di partisi aja klo agan dah dpt tambahan dana.
nophesmg - 03/08/2010 05:03 PM
#16

wah, ini berarti kesimpulannya 150-200jt ya?
NagaHitam - 03/08/2010 07:27 PM
#17

Quote:
Original Posted By kustiyaman
INFO YANG SANGAT BERGUNA ...

kalo boleh sekalian minta info, kalau mau membuat dak beton dengan penambahan tinggi sekitar 1 meter luas 3,5 m x 8 m kira-kira membutuhkan biaya berapa ya ??
rencananya diatas akan dibuat semacam taman (dengan pot berisi tanaman buah-buahan) dan tempat tower air

trims ...


Kurang jelas maksud ente di kalimat yg ane bold. Apa maksud ente mau membuat mezanine dari lantai yang udah ada?
Untuk infor awal, pertimbangkan berat beban yang akan disangga dak dan kolomnya. Sebagai contoh, unit density tanah merah sekitar 1,9 ton/m3 (ini untuk menghitung beban tanah merah dari volume yang akan dipakai sebagai taman), BJ air = 1 ton/m3 (ini untuk perhitungan berapa besar beban dari daya tampung tower air), berat beton bertulang = 2,4 ton/m3 dan beban2 tambahan lainnya. Perhitungan beban dipergunakan untuk menentukan dimensi ketebalan dak beton dan besaran ukuran kolom penyangga.

Untuk ancer2 biaya, 1 m3 beton bertulang jadi (dalam artian sudah termasuk biaya tukang, peralatan, cetakan/formwork, perancah, biaya material dll) membutuhkan biaya minimal 900K - 1,3 juta/m3. Nah, jika ente memakai ketebalan dak beton minimal 15 cm, kolom 20 x 20 cm, balok induk 20 x 30 cm, balok anak 15 x 20 cm, bisa dhitung sendiri berapa kebutuhan biayanya. Plus biaya cadangan 5 - 10 %.
Biaya/m3 bisa lebih kecil jika ente bisa mencari sumber bahan yang murah.
parega - 03/08/2010 08:44 PM
#18
Thank ya
Quote:
Original Posted By Mingpa
kalo tuk bertahap bisa si 3bulan kamu piih teras 3bulan lagi kamu pilih ruang keluarga/depan/belakang 3bulan seterusnya kamu bisa pilih yang lain


Oo gitu ya.. ada yang bilang Pondasi dulu, setelah itu dinding dan atap. terakhir finishing.., tapi mengakasi dananya yang susah kali ya..

Quote:
Original Posted By mundinggaya
maaf gan ane gk pinter nulis panjang lebar.
Ane pengalaman dlm membangun bangunan Alfa*art. Liat dari denah agan seh simple mirip2 dengan bangunan Alfa*art yg biasa ane kerjain. Kisaran harga bangunan Alfa*art sekitar 250 jt an, klo desain yg agan buat pasti di bawah itu, karena Alfa*art sendiri menggunakan Folding Gate yg notabene emang mahal.
O iya klo agan ngerjain sendiri (bukan dikerjain ama kontraktor) agan sendiri yg menyiapkan tukang n agan sendiri yg beli kebutuhan proyeknya pasti jauh lebih rendah harganya. Kisaran 150 jt an ane taksir.

klo boleh saran Ruang tamu, ruang keluarga n ruang makan 1 line aja gan, ntar di partisi aja klo agan dah dpt tambahan dana.


Desain rumah ini saya buat waktu saya di tugaskan di luar kota dan kebetulan kantor ane menyewakan rumah dan isi buat ane sekeluarga..
nah waktu tinggal disitu lah terasa nyaman, waktu ada tamu pripasi tuan rumah tdk tergangu, dah pencahayaan masuk semua dari depan dan blakang. makan jadi enak karena di belakang ruang makan ada taman..yang bikin sejuk di mata.. heee2. Terima kasih banyak sarannya ya mas..
parega - 03/08/2010 08:47 PM
#19
Iya sharing donk..
Quote:
Original Posted By nophesmg
kurang detail kayaknya gan.. kasih spek bangunannya biar bisa pada bantu....

atau mungkin ada yan gbersedia upload contoh file RAB?


Iya mas kalau ada sharing donk.. jadi kita kan bisa tau kira2 dana yang harus di sediakan..barapa sesuai dengan harga bangunan nya.. apa lagi kalau mau minta bantuan dana ke BANK... heee2 jadinya tidak meleset jauh..
kustiyaman - 04/08/2010 11:13 AM
#20

Quote:
Original Posted By NagaHitam
Kurang jelas maksud ente di kalimat yg ane bold. Apa maksud ente mau membuat mezanine dari lantai yang udah ada?
Untuk infor awal, pertimbangkan berat beban yang akan disangga dak dan kolomnya. Sebagai contoh, unit density tanah merah sekitar 1,9 ton/m3 (ini untuk menghitung beban tanah merah dari volume yang akan dipakai sebagai taman), BJ air = 1 ton/m3 (ini untuk perhitungan berapa besar beban dari daya tampung tower air), berat beton bertulang = 2,4 ton/m3 dan beban2 tambahan lainnya. Perhitungan beban dipergunakan untuk menentukan dimensi ketebalan dak beton dan besaran ukuran kolom penyangga.

Untuk ancer2 biaya, 1 m3 beton bertulang jadi (dalam artian sudah termasuk biaya tukang, peralatan, cetakan/formwork, perancah, biaya material dll) membutuhkan biaya minimal 900K - 1,3 juta/m3. Nah, jika ente memakai ketebalan dak beton minimal 15 cm, kolom 20 x 20 cm, balok induk 20 x 30 cm, balok anak 15 x 20 cm, bisa dhitung sendiri berapa kebutuhan biayanya. Plus biaya cadangan 5 - 10 %.
Biaya/m3 bisa lebih kecil jika ente bisa mencari sumber bahan yang murah.


terima kasih atas infonya gan ...
Untuk TS trims ya udah dipinjemin lapaknya ..
maksud ane tadinya dibawahnya ada kamar dan ruang tamu dengan atap asbes dengan tinggi sekitar 2,5 m. sekarang atapnya mau ane bongkar dan diganti dengan dak beton supaya berfungsi ganda selain atap juga bisa sebagai lahan tambahan ... (taman, dll) maklum didepan rumah gak punya lahan buat nyimpen tanaman ...
Page 1 of 4 |  1 2 3 4 > 
Home > LOEKELOE > TEKNIK > Arsitektur > Help. Perkiraan biaya bangun Rumah..