BlackBerry Corner
Home > LOEKELOE > HANDPHONE & PDA > BlackBerry Corner > mengatasi trackball BB macet
Total Views: 10803
Page 2 of 7 |  < 1 2 3 4 5 6 7 > 

straightout - 08/09/2010 07:47 AM
#21

Klo masang besi penahannya biar gampang pake alat apa gan?ane udah nyoba di trackball ane yg udah rusak secara besi penahannya kecil plus bermagnet,pm ya gan thanks
moonisbulann - 08/09/2010 10:40 AM
#22

Kalo ane mau bersihin trackball sih gausah bongkar pasang casing gan haha (curve 8320)
Olympias - 08/09/2010 02:21 PM
#23

Quote:
Original Posted By DRIFTMAN
di coba pakai minyak kayu putih juga bisa kok gan,di bersihin pakai cutton bath


Coba cara ini dulu yang lebih gampang...takutnya kalo saya bongkar sendiri saya ga bisa masang lagi gan, atau malah kenapa2 sama bold saya hiks
bobobotak - 08/09/2010 02:56 PM
#24

Setuju sama TS, soalnya ogut juga selalu bersihin BB dengan cara yang sama kyk TS.

Mungkin yg perlu diperhatikan adalah:
1. Buat yg blm pernah bongkar BB nya, sebaiknya sambil nonton di Youtube gimana cara bongkar nya. Cari yg durasinya lebih dari 5 menit. Karena klo yang durasinya pendek, biasanya suka ga detail jelasinnya.
(film yg bagus juga memberi tahu di awal perlengkapan standar apa saja yg perlu dipersiapkan, jadi agan2 bisa tau alat2nya apa aj sblm bongkar)

2. Tidak perlu pake air sama sekali. Cukup pake tisue ata lap halus yang kering. Selalin karena faktor safety, hal ini juga karena yg kita bersihin adalah "roda penggerak" nya, bukan trackballnya.

3. Jangan pake alat sembarangan, khususnya jika sudah mencapai tahap dudukan trackball. Klo pake alat sembarangan, bisa2 ngerusak bagian dalam BB

4. Yang terakhir tentu saja....HATI-HATI! Slow but Sure! Ga perlu buru2..better slow and safe than sorry

Selamat Melakukan
alponso - 08/09/2010 04:40 PM
#25

Ijin bookmark, nanti pasti ane butuh
pancacool - 08/09/2010 07:09 PM
#26

Quote:
Original Posted By moonisbulann
Kalo ane mau bersihin trackball sih gausah bongkar pasang casing gan haha (curve 8320)


Haha, emang lebih mudah main cungkil aja ya gan..
Tapi ane kapok dah main cungkil..soalnya dah pernah patah kaki penahannya...
pancacool - 08/09/2010 07:11 PM
#27

Quote:
Original Posted By bobobotak
Setuju sama TS, soalnya ogut juga selalu bersihin BB dengan cara yang sama kyk TS.

Mungkin yg perlu diperhatikan adalah:
1. Buat yg blm pernah bongkar BB nya, sebaiknya sambil nonton di Youtube gimana cara bongkar nya. Cari yg durasinya lebih dari 5 menit. Karena klo yang durasinya pendek, biasanya suka ga detail jelasinnya.
(film yg bagus juga memberi tahu di awal perlengkapan standar apa saja yg perlu dipersiapkan, jadi agan2 bisa tau alat2nya apa aj sblm bongkar)

2. Tidak perlu pake air sama sekali. Cukup pake tisue ata lap halus yang kering. Selalin karena faktor safety, hal ini juga karena yg kita bersihin adalah "roda penggerak" nya, bukan trackballnya.

3. Jangan pake alat sembarangan, khususnya jika sudah mencapai tahap dudukan trackball. Klo pake alat sembarangan, bisa2 ngerusak bagian dalam BB

4. Yang terakhir tentu saja....HATI-HATI! Slow but Sure! Ga perlu buru2..better slow and safe than sorry

Selamat Melakukan


Mantap gan
kurnia_one - 08/09/2010 09:25 PM
#28

Udah bisa gan ane,kalo bb 83xx gak perlu bongkar casing kali
ane buka tracball cuma pake jarum jahit doank
GnSbrn - 09/09/2010 01:06 AM
#29

pake minyak kayu putih gan
LiMFe - 09/09/2010 01:29 AM
#30

Quote:
Original Posted By kurnia_one
Udah bisa gan ane,kalo bb 83xx gak perlu bongkar casing kali
ane buka tracball cuma pake jarum jahit doank


btul gan, klo bb bold lbi repot bongkar casingny drpd bersiin trekbol ny..
syarif666 - 12/09/2010 09:00 PM
#31

pake minyak akyu putih or alkohol juga bisa koq gan...
hehehehe
harriebs22 - 12/09/2010 09:48 PM
#32
nice trit ne gan..
Quote:
Original Posted By pancacool
Spoiler for warning
khusus pengguna BB yang brani ambil resiko


bingung dengan trackball BB yang macet?
ga bisa digerakin satu arah ato ke semua arah?

jangan terpancing emosi buat ganti trackball dengan yang baru, krna kita jelas RUGI..

berbekal kemampuan elektronik di SMK dlu, kebetulan banget trackball ane tiba2 macet ga keruan, ga bisa di gerakin ke atas,,licin banget kyak belut

nah ane ambil dah obeng T5 ama T6, ane bongkar casing BB nya..

trus ane bongkar trakcballnya,,terkejut ane ngeliat trackball yg isinya simple doank,, tapi di conter brani pasang hrga 150rbu baru..

geleng2 sndiri ane..

akhirnya ane bongkar dan seperti inilah hasilnya..

Spoiler for trackball BB


berdasarkan no gambar diatas :

1. adalah as roda penghubung bola trackball yg merupakan magnet pada ujung nya. (yg warna item magnet)
2. tutup belakang cover trackball.
3. bola trackball.
4. tutup atas cover trackball.

masalah macetnya trackball terjadi pada gambar 1 yg mana kotor akibat bnyaknya daki dari tangan ato debu2 dah serbuk2 kapas kecil yg lama2 menumpuk di as roda trackball, sehingga membuat trackball licin dan akhirnya macet krna bola ga bisa menjalankan lagi as roda trackball nya. cara mengatasinya hanya dengan membersihkan as roda dari kotoran tersebut, lalu memasang kembali trackball tsb.

penting : jika ingin membongkar sendiri, harap diperhatikan secara seksama pembongkaran nya, sehingga tidak menimbulkan kerusakan pada cover bwah maupun atas.

cara membongkar trackball :

1. agan tanggalin trackball dari keypad nya,
2. perhatikan bagian bawah trackball,
3. cungkil besi penahan penutup cover belakang trackball dengan obeng kecil
4. lepaskan penutup cover belakang
5. lepaskan as roda dan bersihkan,
6. pasang kembali




nice trit gan..
kbtuLan ane user pemuLa,, beLi 8320 bekas..
baru hari ke3 trackbaLL ngadat ga bsa naek turun..
bikin panic@d disco..
haha
untung ad trit agan..
thanks gan..

:Thumb
skypiea - 13/09/2010 01:29 AM
#33

sama gan.. ane pernah bongkar. tp masang lagi nya itu yg lama, soalnya jari ane gede2,wkwk..
cdai - 13/09/2010 01:50 AM
#34

Jarang2 ni membagi ilmu kpd sesama2, Insyallah agan akan mendapatkan berkahnya membagi ilmu, amin...

:2thumbup
imam0007 - 13/09/2010 06:30 AM
#35

Bongkarnya ane bisa gan cuma masang nya belepotan hehe...
andrestan - 13/09/2010 01:31 PM
#36

wah mntp bro jadi ga usa gnti trakball segala ya bro..
brrt BB ber trackball aman di pake tnpa rus takut track ball rusak hehe...'

tr ane praktekin sndri de bro hehe...
thnx y bro..

diez1988 - 13/09/2010 05:55 PM
#37

nice info nih gan, cma ane takut aja kl coba sendiri, yg ada bukan bener, makin rusak nanti nya, wkwkwkw
mahodetector - 13/09/2010 06:54 PM
#38

Gue dl pernah pake curve 8310 bekas kakak w...

Dipake seminggu cepet macet gara2 tangan w keringetan mulu. Cari2 tutorial bersihin trackball dari yg pake minyak kayu putih, pake alkohol, pake sedotan dll ga mempan!

sampe w bongkar lingkaran besinya, eh akhirnya trackball ori w patah kaki sama lingkaran besinya tuh BB tiap dipasang lingkerannya pasti copot sendiri jd hapenya kaya terminator (kerongkong, ga ada lingkeran penahan trackball)

Akhirnya desperate, beli trackball baru, enak keset gila, tp ya gt seminggu lgsg dakian, beli lg dakian lg sampe2 uda beli trackball 6x dan selalu copot lingkerannya. Aihhh saking parnonya w sedia trackball cadangan d dompet

Akhirnya drpd makan ati w beli yg trackpad aja. No trackball no cry...

Ehh nemu tretnya TS keburu hapenya w jual
sakred - 13/09/2010 07:38 PM
#39

Waah.. jadi pengen bongkar Javelin ane neh.. dah rewel neh.. macet sanah sinih.. tapi beresiko ga,, nar kaya agan di atas.. niat bersiin trackball malah mati LCD nya.. nangis darah ntar saya...
Tp THIS IS NICE INFO makasih gann
pancacool - 14/09/2010 07:28 PM
#40

Quote:
Original Posted By mahodetector
Gue dl pernah pake curve 8310 bekas kakak w...

Dipake seminggu cepet macet gara2 tangan w keringetan mulu. Cari2 tutorial bersihin trackball dari yg pake minyak kayu putih, pake alkohol, pake sedotan dll ga mempan!

sampe w bongkar lingkaran besinya, eh akhirnya trackball ori w patah kaki sama lingkaran besinya tuh BB tiap dipasang lingkerannya pasti copot sendiri jd hapenya kaya terminator (kerongkong, ga ada lingkeran penahan trackball)

Akhirnya desperate, beli trackball baru, enak keset gila, tp ya gt seminggu lgsg dakian, beli lg dakian lg sampe2 uda beli trackball 6x dan selalu copot lingkerannya. Aihhh saking parnonya w sedia trackball cadangan d dompet

Akhirnya drpd makan ati w beli yg trackpad aja. No trackball no cry...

Ehh nemu tretnya TS keburu hapenya w jual


haha, nasib gan,,
tapi dpat hikmah nya tu gan,,conter hp nya seneng agan beli trackball trus...
Page 2 of 7 |  < 1 2 3 4 5 6 7 > 
Home > LOEKELOE > HANDPHONE & PDA > BlackBerry Corner > mengatasi trackball BB macet