HEALTH & MEDICAL
Home > LOEKELOE > HEALTH & MEDICAL > anda bertanya..dr, coass, mhsw FK,org medis menjawab..
Total Views: 81546
Page 245 of 258 | ‹ First  < 240 241 242 243 244 245 246 247 248 249 250 >  Last ›

reverser - 23/08/2012 05:44 PM
#4881

Quote:
Original Posted By aishiterudora
di punggung sih..aq juga ga ngerti kenapa diminta rontgen thorax, lha dari dokter kantor nyuruhnya begono :berbusas harusnya gmn?
tp pas aq bawa hasil rontgen nya ke dokter lain, dblg myalgia. yg sakit otot daging, jd mau di rontgen jg ga bakal keliatan. bgono katanya


ya kalo di punggung imho lebih cocok kalau diminta foto rontgen v thorakalis AP dan Lateral, tapi mungkin mereka ada pertimbangan lain waktu minta foto thorax, soalnya saya kan gak liat klinisnya.
aishiterudora - 23/08/2012 05:58 PM
#4882

Quote:
Original Posted By reverser
ya kalo di punggung imho lebih cocok kalau diminta foto rontgen v thorakalis AP dan Lateral, tapi mungkin mereka ada pertimbangan lain waktu minta foto thorax, soalnya saya kan gak liat klinisnya.


trus gmn biar ga suka kambuh ya? selain dg obat.. soalnya ga mau jg kl harus bergantung ama obat terus2an x_x
renang ngefek ga buat ngilangin?
reverser - 23/08/2012 06:02 PM
#4883

Quote:
Original Posted By aishiterudora
trus gmn biar ga suka kambuh ya? selain dg obat.. soalnya ga mau jg kl harus bergantung ama obat terus2an x_x
renang ngefek ga buat ngilangin?


itu kan kalau sering kambuh, bisa memang ada kelainan anatomis gtu bangsa skoliosis, atau lebih sering ya karena habitualis, ini di punggung sisi kanan?
aishiterudora - 23/08/2012 06:12 PM
#4884

Quote:
Original Posted By reverser
itu kan kalau sering kambuh, bisa memang ada kelainan anatomis gtu bangsa skoliosis, atau lebih sering ya karena habitualis, ini di punggung sisi kanan?


ini lumayan sering kumat sih, punggung sisi kiri n kanan hehehee
..S.O.S.. - 23/08/2012 08:01 PM
#4885

Permisi agan2 tabib semua
ane nubie mau nanya, ibu ane terkena diabetes dan udah pake insulin, bgmn pengobatannya agar bisa sembuh ya?
Makasih sebelumnya, dan mhn maaf jika ada kesalahan. Thx
reverser - 23/08/2012 09:23 PM
#4886

Quote:
Original Posted By aishiterudora
ini lumayan sering kumat sih, punggung sisi kiri n kanan hehehee


kalau boleh saran bro, dr spesialis rehab medik cukup membantu loh kalau masalah otot gitu baik dari segi diagnosa maupun therapy
4s4t3 - 23/08/2012 11:04 PM
#4887

Quote:
Original Posted By Rysher
thx atas jawaban nya agan 4s4t3

ane lom cari tahu penyebab nya tapi setelah ane konsultasi di sini :

http://www.kaskus.co.id/showpost.php?p=699417082&postcount=4329

lalu di respon / dijawab ?

http://www.kaskus.co.id/showpost.php?p=699468030&postcount=4332

ane memutuskan untuk mengkonsumsi suplemen sangobion nya

kalo di stop suplemen nya apakah akan kambuh lagi Anemia nya ?

thx be 4


hmm.. kalo sudah merasa agak baikan sih seharusnya bisa dikurangi coba. dikurangi jadi seminggu 3x atau 2x saja konsumsinya. tapi kok saya lebih concern ke yg suka biru2 itu ya?
masih sering begitu apa ngga bro?

Quote:
Original Posted By adhoez
gan mohon bantuannya

cewe ane umur 22 tahun...setiap malam (mulai jam 9an malam) selalu sesak nafas, hidung mampet kaya pilek jadinya susah nafas...gejala ini udah berjalan 1 bulan gan...sekedar info..cewe ane kost di bandung..ada yng bilang ini efek udara dingin...

udah ane kasih teh manis anget...kadang OBH combi...sop ayam hangat..hilang sesaat terus kambuh lagi...padahal dulu gak begini...

ane mohon bantuannya gan..soalnya gak tega tiap malam begitu terus...

thanks gan bantuannya


iya mungkin ada asma itu bro. coba deh dibersihkan itu kamarnya. kalo masih tetep juga, artinya pindah kos deh. hehe.. kalo gejalanya menetap ya pergi kedokter buat konsultasi asmanya biar ga berkelanjutan itu asmanya.

Quote:
Original Posted By ..S.O.S..
Permisi agan2 tabib semua
ane nubie mau nanya, ibu ane terkena diabetes dan udah pake insulin, bgmn pengobatannya agar bisa sembuh ya?
Makasih sebelumnya, dan mhn maaf jika ada kesalahan. Thx


diabetes melitus itu ga bisa sembuh setau saya. pemberian insulin itu adalah upaya kita untuk mengganti kadar insulin di tubuh ibu anda yang memang sudah kurang sekali jumlahnya. pemberian insulin sudah tepat dan tidak berbahaya kok.

coba ibunya disuruh rajin olahraga (jika mampu) dan makan juga jangan dilarang2 ya bro.. kasihan ibunya kalo makan apa2 dilarang2. makan itu boleh apa saja ASAL SECUKUPNYA DAN BERGIZI.
4s4t3 - 23/08/2012 11:10 PM
#4888

Quote:
Original Posted By solar.cell
iya mata saya merah dan sudah saya coba cuci pakai air tapi kadang tidak membaik. yang membuat saya khawatir adalah bagian bawah mata saya. kadang bila terlalu banyak saya kucek bagian tsb akan muncul lapisan putih. lapisan ini terlihat menggelembung sedikit. kalau saya gambarkan lapisan ini seperti kulit.


hmm.. coba ada fotonya ga bro? biar teman2 yg lain disini bisa kasi masukan juga, barangkali kalo ada fotonya lebih jelas.

Quote:
Original Posted By mukakuratha
misi gan ane mau knsultasi tentang kulit wajah ane ...
jadi gini gan kulit wajah ane ada bercak2 putih kaya panu gitu (hampir full di muka ),rasanya kulit wajah ane kering banget,apalagi kalo habis kena air.
ane diemin tapi gak ilang2 ...
tu kenape ya gan ? apakah itu panu di wajah ?
ada obatnya gak .?
makasih sebelumnya ..


ini juga.. ada fotonya? soalnya kalo masalah2 kulit afdolnya lihat langsung. ibarat kata kalo dokter lain senjatanya stetoskop, kalo dokter kulit senjatanya kaca pembesar. hehe..
brutzblood - 23/08/2012 11:23 PM
#4889

selamat malam semuanya , semoga di thread ini pertanyaan saya bisa terjawab . saya mau tanya perihal TBC .
1. apakah penyebaran / penularan TBC cukup cepat ? misalkan dlm 1 rumah kita ada orang yg terjangkit dan dapat menular secara cepat ?

2. apabila kita berhubungan atau berciuman dgn penderita TBC yang masih baru , akan menularkah penyakitnya ?

makasih , semoga ada yg bisa jawab .
denimguy - 24/08/2012 12:20 AM
#4890

Quote:
Original Posted By 4s4t3
begini bro.. saya coba cerita saja ya.. badan saya dulu itu kurus banget jadi pertumbuhan sempat terganggu (tinggi saya cuma 160 bb 45kg saat itu) saya sempat kena TB paru 2x yg ternyata sumbernya dari pembantu saya. alhasil saya cungkring banget saat itu, tapi setelah pengobatan DOTS dan sembuh tentunya, nafsu makan saya lgsg meroket seakan2 tubuh saya ingin mengejar ketertinggalan pertumbuhan saya itu.

makan saya jadi tidak terkontrol, bayangkan dari 45 kg menjadi 61 kg dalam waktu kurang dari 1 tahun. tak lama setelah berat saya 61 kg, saya mengalami panas dan gejalanya mirip radang tenggorokan saja. tapi keesokan harinya muntah dan BAB warnanya aneh (pucat). datanglah saya ke dokter dan divonis food poisoning. memang hari sblm saya sakit saya pergi makan steak ikan, saya sih curiga steak ikan itu mgkn penyebabnya tapi entahlah.

setelah bed rest dan minum obat, muntah saya tidak kunjung membaik dan bahkan nafsu makan saya total menghilang. perlahan turunlah berat badan saya dari 61 ke 55 kg dalam seminggu. saya lari lagi ke dokter lain dan dianjurkan dirawat di rumah sakit karena makan bubur pun saya sudah muntah.

pas di RS saya di USG dan dinyatakan fatty liver. sampai situ saya tenang2 saja, tapi setelah diambil darah, SGPT/SGOT saya tinggi sekali sampai 200an tapi saya tidak kuning, dan marker hepatitis semua menunjukkan saya free Hepatitis.

dokter pun bingung karena selama di RS ga bisa negakin diagnosis pasti. akhirnya karna ga jelas saya maksa pulang karena merasa sudah baikan.

saya sejak itu masih rutin cek darah dan kadar SGPT/SGOT blm normal. selalu 2-1.5x dari nilai normal. akhirnya saya ke dokter umum dekat rumah saya untuk konsul fatty liver ini.
dia kasi saya HpPro, tapi dia bilang ini ya cuma normalin doang tp ga nyembuhin.

saya pasrah dgn fatty liver ini, tapi stlh saya bljr dan cari2 info lagi. ada dokter spesialis diabetes yang share2 ke saya tentang diabetes dan dia sebut ada obat ajaib yang namanya Metformin.

metformin ini kerjanya (kalau saya tidak salah) adalah sebagai insulin sensitizer (agar tubuh lebih peka terhadap insulin). lalu apa hubungannya dgn fatty liver?

salah satu anjuran bagi pengidap fatty liver khususnya yang bkn karena alkohol adalah:
1. menurunkan berat badan
2. OLAHRAGA
3. berharap pada metformin ini

terbentuknya lemak pada tempat2 "cadangan" termasuk liver adalah salah satu usaha tubuh terhadap kelebihan kalori dalam pola makan kita. konon katanya terbentuknya lemak adalah cara terakhir tubuh mengkompensasi sebelum anda menjadi diabetes.

dari sini saya menyimpulkan sendiri bahwa terbentuknya fatty liver itu kemungkinan adalah kompensasi tubuh akibat kelebihan kalori secara mendadak tersebut. perubahan BB saya dari >45-61kg secara mendadak mungkin membentuk fat di liver saya. jadi ada kemungkinan juga TUBUH saya sendiri yang memaksa saya untuk "SAKIT" agar bb saya turun ke tingkatan yang "AMAN" bagi tubuh saya.

setelah itu saya olahraga dan mengkonsumsi makanan yg lebih sehat. bb saya skrg hanya 53 kg tapi bkn timbunan lemak melainkan otot yang saya bangun dari bodybuilding. baru 2 minggu lalu saya cek darah untuk cek SGPT/SGOT saya, dan hasilnya sudah dalam range normal.

sedangkan metformin ini sendiri adalah membuat tubuh lebih peka thdp insulin sehingga diharapkan tidak terbentuk fat seperti pada fatty liver. jadi ada harapan bahwa metformin yg skrg dipakai sbg obat diabetes saja bisa menjadi penolong para fatty liver.

maaf kalau panjang, tapi semoga membantu.



Hello agan2 terutama 4s4t3,

Gan....sy barusan konsultasi ama internist dgn rujukan hasil lab krmn & dikasih resep: Crestor (Rosuvastatin 20Mg), Hp Pro, Glucophage XR (Metformin 500mg) & Methycobal (Mecobalamin 500ug).

Masalah telapak tangan kanan yg suka kesemutan & melemahnya genggaman terutama pd ibu jari sekarang agak mendingan tdk spt 10 hari lalu. Sy blum sempat ke ortopedi/rehabilitasi medik lainnya & tukang pijat krn msh mereka msh berlibur.

Waktu dulu sy pernah mencoba konsumsi Glucophage, air seni bisa berbuih/berbusa tp tetap bening. Nah tanda2 spt ini kembali terjadi sjk sy mulai konsumsi Glucophage dlm 2hari ini dan hal ini tdk spt biasanya bila sy tdk konsumsi Glucophage sama sekali. Dan abdomen bagian atas dibawah dada terasa agak lembek, perut kelihatan agak kecilan begitu. Nah apakah dengan manifestasi spt ini ada yg perlu sy perhatikan/kuatirkan?

Boleh tahu agan brp lama dulunya konsumsi Glucophage utk mengatasi masalah fatty liver nya? Apakah ada perkembangan hasil yg dpt dilihat/dirasakan dlm masa komsumsi tsb?

Diagnosa dokter internist menyatakan sy tdk ada gejala diabetes type2 berdasarkan hasil lab namun hrs mulai serious jaga makanan, olah raga & minum obat. Kemungkinan besar sy mengalami yg namanya "Insulin Resistance" atau "Metabolic Disorder" namun beliau tdk mengutarakan lbh lanjut krn pasien sdh byk menunggu jg. Boleh dibantu penjelasannya dsini gan.

Terima kasih sblmnya.
adhoez - 24/08/2012 09:51 AM
#4891

Quote:
Original Posted By Rysher


sama kaka ipar & keponakan ane juga gitu, gejala asma ringan coba kost nya di bersih kan dari kotoran/debu dan diberikan udara segar yang mengalir secara teratur.

semoga membantu



oh gitu ya gan..ok deh ane bersihin kostannya..hatur nuhun ya gan...

..S.O.S.. - 24/08/2012 10:01 AM
#4892

Quote:
Original Posted By 4s4t3

diabetes melitus itu ga bisa sembuh setau saya. pemberian insulin itu adalah upaya kita untuk mengganti kadar insulin di tubuh ibu anda yang memang sudah kurang sekali jumlahnya. pemberian insulin sudah tepat dan tidak berbahaya kok.

coba ibunya disuruh rajin olahraga (jika mampu) dan makan juga jangan dilarang2 ya bro.. kasihan ibunya kalo makan apa2 dilarang2. makan itu boleh apa saja ASAL SECUKUPNYA DAN BERGIZI.


Oh jadi ga perlu diet super ketat ya bro/sis?

Btw boleh tau penjelasan ilmiahnya,
1. Kenapa kadar insulin berkurang dan kenapa kok pankreas tdk bisa memproduksi insulin yg cukup?
2. Apakah karena memang "kualitas genetik pankreas" yang kurang bagus sejak lahir? ato ada kesalahan dalam gaya hidup?
3. Sy dengar2 penyakit diabetes ini bisa menurun. Saya takut penyakit ini menurun pada saya, cara mencegah agar sy tdk kena gmn ya?

Mohon pencerahannya ya bro/sist. Terima Kasih banyak
Rysher - 24/08/2012 10:41 AM
#4893

Quote:
Original Posted By 4s4t3
hmm.. kalo sudah merasa agak baikan sih seharusnya bisa dikurangi coba. dikurangi jadi seminggu 3x atau 2x saja konsumsinya. tapi kok saya lebih concern ke yg suka biru2 itu ya?
masih sering begitu apa ngga bro?


Thx atas jawaban nya agan 4s4t3

Dulu disekitar Mata ane suka ada skrg sudah berangsur-angsur hilang tapi kalo dikulit yang Biru nya masi suka Nampak/Muncul sekarang di tangan yang Kanan Muncul lagi.

Quote:
Original Posted By adhoez
oh gitu ya gan..ok deh ane bersihin kostannya..hatur nuhun ya gan...


Sama-sama Agan adhoez, Tolong Jaga agar Kost Ce nya Tetap Bersih dari Kotoran/Debu dan Udara Segar nya Mengalir Terus.
solar.cell - 24/08/2012 03:00 PM
#4894

tolong tanya , kalau di daerah surabaya di mana ya tempat memeriksakan mata yang cukup bagus? soalnya saya mulai khawatir nih dengan kondisi mata saya.
majapahit17 - 24/08/2012 03:08 PM
#4895

permisi agan2 senior..

mau tanya, tante ane 49 tahun, sdh menopause,, tensi 150/100

2 bulan lalu,, nyeri pada jempol kanan,, sendi interphalangesnya,, bberapa hr sblumnya tu jempol ga sengaja kena pintu,,nyeri akhirnya sulit bergerak.. dan udah GA BISA LURUS (agak bengkok) seperti normal lg,, meskipun skarang udah ga nyeri lagi..

kondisi sekarang : tangan kanan,, di regio humerus nyeri,,sulit bergerak,,dan agak bengkak sudah 2 bulanan.. cuma bs diangkat kedepan, ga lebih dari 60 derajat

kira2 sakitnya apa ya gan ? apakah oa ? soalnya asam uratnya normal...

kalo oa tatalaksananya yg paling bagus apa ya gan ?

ane takut jadi tambah parah..itu aja udah ganggu gan,, ktnya dia sulit kerja... tangan kanan soalnya..MOHON BANTUANNYA Ya MOHON BANTUANNYA
:sorry
moscatu - 24/08/2012 03:38 PM
#4896
tanya
sblmnya minta maaf kl slh tmpt.mw tanya,kl mw beli salep pikang suang dmn ya?kmrn da cari2 di k24,apotik roxy dan kimia farma nga ada jg.mungkin ada yg tw selain tmpt diatas?thx..
lilinmalam - 24/08/2012 04:50 PM
#4897

baca-baca ttg myalgia di post sebelumnya dan googling, 2 tahun lalu ane kecelakaan, tabrakan mobil..
pertama2 udah check up, rontgen, baik2 aja...
tp 1 tahun trakhir sring sakit juga bagian2 otot+sendi.. terutama di kaki dan lutut, ..tapi kalau udah parah kadang dari punggung, pinggul ampe kaki smuanya sakit, pegel gajelas, kesemutan aneh, dll..
slama ini ane kira cuma kecapean tp pas baca2 ttg ini.. apa mungkin kena ini jg y?
blm bisa check up lg karena bbrp hal ..
makasih sbelumnya agan-sista..
4s4t3 - 24/08/2012 10:05 PM
#4898

Quote:
Original Posted By denimguy
Hello agan2 terutama 4s4t3,

Gan....sy barusan konsultasi ama internist dgn rujukan hasil lab krmn & dikasih resep: Crestor (Rosuvastatin 20Mg), Hp Pro, Glucophage XR (Metformin 500mg) & Methycobal (Mecobalamin 500ug).

Masalah telapak tangan kanan yg suka kesemutan & melemahnya genggaman terutama pd ibu jari sekarang agak mendingan tdk spt 10 hari lalu. Sy blum sempat ke ortopedi/rehabilitasi medik lainnya & tukang pijat krn msh mereka msh berlibur.

Waktu dulu sy pernah mencoba konsumsi Glucophage, air seni bisa berbuih/berbusa tp tetap bening. Nah tanda2 spt ini kembali terjadi sjk sy mulai konsumsi Glucophage dlm 2hari ini dan hal ini tdk spt biasanya bila sy tdk konsumsi Glucophage sama sekali. Dan abdomen bagian atas dibawah dada terasa agak lembek, perut kelihatan agak kecilan begitu. Nah apakah dengan manifestasi spt ini ada yg perlu sy perhatikan/kuatirkan?

Boleh tahu agan brp lama dulunya konsumsi Glucophage utk mengatasi masalah fatty liver nya? Apakah ada perkembangan hasil yg dpt dilihat/dirasakan dlm masa komsumsi tsb?

Diagnosa dokter internist menyatakan sy tdk ada gejala diabetes type2 berdasarkan hasil lab namun hrs mulai serious jaga makanan, olah raga & minum obat. Kemungkinan besar sy mengalami yg namanya "Insulin Resistance" atau "Metabolic Disorder" namun beliau tdk mengutarakan lbh lanjut krn pasien sdh byk menunggu jg. Boleh dibantu penjelasannya dsini gan.

Terima kasih sblmnya.

btw saya belum sempat konsumsi metformin untuk fatty liver saya dulu bos. cuma saya dulu ada dengar dari dosen saya kalo ada harapan metformin ini nantinya berkembang menjadi salah satu obat untuk fatty liver karena dia juga terlibat dalam research tersebut.

yg masalah perut lembek dll itu selama tidak bergejala apapun bagi anda ya gpp sih bos menurut saya. lalu urine berbuih itu bisa dikonsul ke dokternya, saya kurang kompeten.

lalu tentang metabolic disorder itu adalah gabungan 3 penyakit, yakni darah tinggi, diabetes melitus, dan hiperlipidemia (org awam sebut kolesterol and the gank). biasanya orgnya itu juga obesitas, ada "ban renang" di perut. yah 3 serangkai itu saling berkaitan dan memperburuk. istilahnya 3 penyakit itu tuh saling mutualisme di atas penderitaan anda gitulah. cara ngobatinnya ya semuanya diobatin. diabetesnya diobatin, hiperlipidemia diobatin, darah tingginya dikontrol. hehe..

btw yg penjelasan resistensi insulin itu digabung sama jawaban saya di bawah ya bos..

Quote:
Original Posted By ..S.O.S..
Oh jadi ga perlu diet super ketat ya bro/sis?

Btw boleh tau penjelasan ilmiahnya,
1. Kenapa kadar insulin berkurang dan kenapa kok pankreas tdk bisa memproduksi insulin yg cukup?
2. Apakah karena memang "kualitas genetik pankreas" yang kurang bagus sejak lahir? ato ada kesalahan dalam gaya hidup?
3. Sy dengar2 penyakit diabetes ini bisa menurun. Saya takut penyakit ini menurun pada saya, cara mencegah agar sy tdk kena gmn ya?

Mohon pencerahannya ya bro/sist. Terima Kasih banyak


sekalian ini menjelaskan untuk para pengidap diabetes ya..

jadi gini, pankreas (yang fungsinya mengeluarkan insulin) skrg ini sudah tidak mampu lagi mengeluarkan insulin (yang fungsinya menurunkan kadar gula dalam darah) dalam jumlah yang memadai. ditambah pula kemungkinan besar badan anda juga sudah kebal sama yg namanya insulin.

biasanya dalam regimen standar penatalaksanaan diabetes melitus tipe 2 ada 2 macam obat yg diberikan. guna obat pertama adalah untuk membantu pankreas anda bekerja LEBIH KERAS LAGI dalam upaya membentuk insulin yg lebih banyak. obat satunya lagi itu berupaya membuat badan anda yang sudah kebal insulin dikembalikan lagi memorinya agar menjadi lebih peka terhadap insulin tersebut. sehingga dengan kombinasi 2 obat ini, kadar gula anda yg tadinya sangat tinggi dapat kembali normal. (ingat: DIHARAPKAN).

tatalaksana orang diabetes melitus tipe 2 yang versi lama ini memang menggunakan obat2an seperti itu yakni memaksa pankreas bekerja lebih keras lagi, ditambah membuat badan anda jadi lebih sensitif insulin. jika tidak memadai maka barulah insulin injeksi jadi pilihan terakhir.

tapi tatalaksana yang terbaru (namun belum populer) adalah penerapan langsung pemakaian insulin injeksi (suntik) pada tahap pertama. gunanya adalah untuk mengambil alih fungsi pankreas anda secara penuh sambil "mengistirahatkan" pankreas anda yg telah berjuang keras selama ini, dengan harapan pankreas anda bisa pulih seperti sedia kala alias ada kemungkinan sembuh total (sekali lagi: HARAPAN).

pola hidup yg saya sarankan bagi para diabetesi:

1. ubah pola makan
dari yg penuh karbohidrat menjadi lebih banyak ke arah protein. perbandingan karbohidratrotein:lemak= 2:3:1. jika sulit mengartikannya, ya coba banyak2lah makan protein lebih banyak daripada karbohidrat. contoh makanan protein tinggi: daging2an. jika anda beralasan masalah ekonomi untuk beli daging2an bisa dialihkan ke arah kedelai (tempe, tahu, susu kacang tanpa pemanis).

2. olahraga yang melelahkan
ya, harus melelahkan. olahraga yang saya sarankan adalah membangun otot. selama dalam usia produktif hingga menjelang 40an tidak menutup kemungkinan untuk membentuk otot. jika ada uang lebih bisa daftar ke gym. jika tidak bisa, lakukan push-up sit-up pull-up. intinya adalah membentuk otot.
MENGAPA PERLU? karena olahraga adalah cara alami untuk membuat tubuh anda KEMBALI SENSITIF terhadap insulin. ya, fungsinya sama seperti salah satu obat yg anda konsumsi tadi. jadi jgn remehkan olahraga ya bos.

3. minum obat secara teratur
minum obat secara teratur jgn di-stop karena ini bukan penyakit biasa. kata2 yg lebih bijak adalah cobalah untuk hidup berdampingan dengan diabetes ini. jgn dilawan tapi berusaha hidup berdampingan

4. waspadai darah tinggi
selain kadar gula dalam darah anda yg tinggi, selalu RUTIN cek tekanan darah anda. wajib selalu 120/80. TIDAK BOLEH TIDAK. diabetes meningkatkan resiko untuk stroke hingga 2-3x lipat.

5. rutin periksa HbA1c
ini adalah rapot anda. jika nilai HbA1c dalam range normal Lab. artinya anda berhasil mengontrol kadar gula anda selama 3 bulan terakhir. anda tidak dapat menipu HbA1c dgn PUASA EKSTRIM sebelum pengecekan darah karena HbA1c adalah rapot anda selama 3 bulan silam.

6. TIDAK PERLU PANTANG MAKAN
ya, tidak perlu anda berpantang makanan apapun. TAPI, makanlah secukupnya dan bergizi seimbang. tau darimana cukup atau tidak? lihat rapot anda, jika nilai anda jelek berarti anda perlu konsultasi atau hitung2 lagi dalam jumlah PORSI makanan yg ingin anda konsumsi, tapi bukan dari variasi makanannya.

PERINGATAN:
jika setelah minum obat (atau injeksi insulin)and merasa badan anda tidak enak, lemasssss sekali hingga mau pingsan, segera minum teh manis. selalu sediakan permen di kantong selalu.

====================================================================
jawaban pertanyaan agan SOS:
1. pankreas sudah terlalu lelah mknya produksinya menurun.
sebenarnya, pertama kali yg terjadi adalah badan yg tidak lagi sensitif dgn insulin. maka pankreas akan mengcounter itu dgn produksi lebih banyak lagi. knp bisa resistance? karena pertama adalah penimbunan lemak perut (salah satunya) sehingga menimbulkan resistensi dari insulin, lalu kedua kemungkinan juga dari faktor genetik. ada bagannya, panjang dan cukup rumit, jika berminat bisa hubungi saya. namun lama kelamaan, pankreas juga punya limit. ibarat kata mobil digeber di rpm tinggi terus pasti ancur lama2. pankreas juga akan "lelah" lama kelamaan. makanya sudah tidak sensitif, produksinya menurun, hancurlah sudah. hehe..

2. diabetes melitus ada 2 tipe. yg tipe 1 itu karena mmg sejak lahir sel2 pankreasnya rusak. jadi sejak kecil sudah suntik insulin. sedangkan diabetes tipe 2 kemungkinan besar diduga adalah kombinasi antara genetik (keturunan) dan faktor lingkungan (pola hidup tidak sehat)

3. faktor genetik memang ada pegang peranan. jadi untuk mencegah, bisa memulai pola hidup sehat dan olahraga seperti saran saya diatas.

Quote:
Original Posted By Rysher
Thx atas jawaban nya agan 4s4t3

Dulu disekitar Mata ane suka ada skrg sudah berangsur-angsur hilang tapi kalo dikulit yang Biru nya masi suka Nampak/Muncul sekarang di tangan yang Kanan Muncul lagi.



coba diperiksakan bos itu biru2nya ke dokter. coba datang lagi ke dokter dgn komplain awal "biru2". lalu ditambahin dengan keluhan sering lemas tidak ada tenaga.

Quote:
Original Posted By solar.cell
tolong tanya , kalau di daerah surabaya di mana ya tempat memeriksakan mata yang cukup bagus? soalnya saya mulai khawatir nih dengan kondisi mata saya.


wah saya kurang tahu daerah surabaya bos. saya domisili jakarta soalnya. maaf.
4s4t3 - 24/08/2012 10:30 PM
#4899

Quote:
Original Posted By majapahit17
permisi agan2 senior..

mau tanya, tante ane 49 tahun, sdh menopause,, tensi 150/100

2 bulan lalu,, nyeri pada jempol kanan,, sendi interphalangesnya,, bberapa hr sblumnya tu jempol ga sengaja kena pintu,,nyeri akhirnya sulit bergerak.. dan udah GA BISA LURUS (agak bengkok) seperti normal lg,, meskipun skarang udah ga nyeri lagi..

kondisi sekarang : tangan kanan,, di regio humerus nyeri,,sulit bergerak,,dan agak bengkak sudah 2 bulanan.. cuma bs diangkat kedepan, ga lebih dari 60 derajat

kira2 sakitnya apa ya gan ? apakah oa ? soalnya asam uratnya normal...

kalo oa tatalaksananya yg paling bagus apa ya gan ?

ane takut jadi tambah parah..itu aja udah ganggu gan,, ktnya dia sulit kerja... tangan kanan soalnya..MOHON BANTUANNYA Ya MOHON BANTUANNYA
:sorry


hmm.. saya bantu sundul saja deh ya.. biar keliatan sama teman2 yg lainnya.

Quote:
Original Posted By moscatu
sblmnya minta maaf kl slh tmpt.mw tanya,kl mw beli salep pikang suang dmn ya?kmrn da cari2 di k24,apotik roxy dan kimia farma nga ada jg.mungkin ada yg tw selain tmpt diatas?thx..


wah.. salep apaan tuh bos? saya baru denger.. hehe.. maaf ya ga bisa bantu. saya bantu sundul aja biar keliatan.

Quote:
Original Posted By lilinmalam
baca-baca ttg myalgia di post sebelumnya dan googling, 2 tahun lalu ane kecelakaan, tabrakan mobil..
pertama2 udah check up, rontgen, baik2 aja...
tp 1 tahun trakhir sring sakit juga bagian2 otot+sendi.. terutama di kaki dan lutut, ..tapi kalau udah parah kadang dari punggung, pinggul ampe kaki smuanya sakit, pegel gajelas, kesemutan aneh, dll..
slama ini ane kira cuma kecapean tp pas baca2 ttg ini.. apa mungkin kena ini jg y?
blm bisa check up lg karena bbrp hal ..
makasih sbelumnya agan-sista..


sebenarnya myalgia itu bukan diagnosis tapi hanya gejala (atau symptom). myalgia itu artinya nyeri otot (titik). nah apa penyebab nyeri otot tersebut? itu yg harus di cari tahu.
..S.O.S.. - 25/08/2012 02:46 AM
#4900

Quote:
Original Posted By 4s4t3

jadi gini, pankreas (yang fungsinya mengeluarkan insulin) skrg ini sudah tidak mampu lagi mengeluarkan insulin (yang fungsinya menurunkan kadar gula dalam darah) dalam jumlah yang memadai. ditambah pula kemungkinan besar badan anda juga sudah kebal sama yg namanya insulin.

biasanya dalam regimen standar penatalaksanaan diabetes melitus tipe 2 ada 2 macam obat yg diberikan. guna obat pertama adalah untuk membantu pankreas anda bekerja LEBIH KERAS LAGI dalam upaya membentuk insulin yg lebih banyak. obat satunya lagi itu berupaya membuat badan anda yang sudah kebal insulin dikembalikan lagi memorinya agar menjadi lebih peka terhadap insulin tersebut. sehingga dengan kombinasi 2 obat ini, kadar gula anda yg tadinya sangat tinggi dapat kembali normal. (ingat: DIHARAPKAN).

tatalaksana orang diabetes melitus tipe 2 yang versi lama ini memang menggunakan obat2an seperti itu yakni memaksa pankreas bekerja lebih keras lagi, ditambah membuat badan anda jadi lebih sensitif insulin. jika tidak memadai maka barulah insulin injeksi jadi pilihan terakhir.

tapi tatalaksana yang terbaru (namun belum populer) adalah penerapan langsung pemakaian insulin injeksi (suntik) pada tahap pertama. gunanya adalah untuk mengambil alih fungsi pankreas anda secara penuh sambil "mengistirahatkan" pankreas anda yg telah berjuang keras selama ini, dengan harapan pankreas anda bisa pulih seperti sedia kala alias ada kemungkinan sembuh total (sekali lagi: HARAPAN).

pola hidup yg saya sarankan bagi para diabetesi:

1. ubah pola makan
dari yg penuh karbohidrat menjadi lebih banyak ke arah protein. perbandingan karbohidratrotein:lemak= 2:3:1. jika sulit mengartikannya, ya coba banyak2lah makan protein lebih banyak daripada karbohidrat. contoh makanan protein tinggi: daging2an. jika anda beralasan masalah ekonomi untuk beli daging2an bisa dialihkan ke arah kedelai (tempe, tahu, susu kacang tanpa pemanis).

2. olahraga yang melelahkan
ya, harus melelahkan. olahraga yang saya sarankan adalah membangun otot. selama dalam usia produktif hingga menjelang 40an tidak menutup kemungkinan untuk membentuk otot. jika ada uang lebih bisa daftar ke gym. jika tidak bisa, lakukan push-up sit-up pull-up. intinya adalah membentuk otot.
MENGAPA PERLU? karena olahraga adalah cara alami untuk membuat tubuh anda KEMBALI SENSITIF terhadap insulin. ya, fungsinya sama seperti salah satu obat yg anda konsumsi tadi. jadi jgn remehkan olahraga ya bos.

3. minum obat secara teratur
minum obat secara teratur jgn di-stop karena ini bukan penyakit biasa. kata2 yg lebih bijak adalah cobalah untuk hidup berdampingan dengan diabetes ini. jgn dilawan tapi berusaha hidup berdampingan

4. waspadai darah tinggi
selain kadar gula dalam darah anda yg tinggi, selalu RUTIN cek tekanan darah anda. wajib selalu 120/80. TIDAK BOLEH TIDAK. diabetes meningkatkan resiko untuk stroke hingga 2-3x lipat.

5. rutin periksa HbA1c
ini adalah rapot anda. jika nilai HbA1c dalam range normal Lab. artinya anda berhasil mengontrol kadar gula anda selama 3 bulan terakhir. anda tidak dapat menipu HbA1c dgn PUASA EKSTRIM sebelum pengecekan darah karena HbA1c adalah rapot anda selama 3 bulan silam.

6. TIDAK PERLU PANTANG MAKAN
ya, tidak perlu anda berpantang makanan apapun. TAPI, makanlah secukupnya dan bergizi seimbang. tau darimana cukup atau tidak? lihat rapot anda, jika nilai anda jelek berarti anda perlu konsultasi atau hitung2 lagi dalam jumlah PORSI makanan yg ingin anda konsumsi, tapi bukan dari variasi makanannya.

PERINGATAN:
jika setelah minum obat (atau injeksi insulin)and merasa badan anda tidak enak, lemasssss sekali hingga mau pingsan, segera minum teh manis. selalu sediakan permen di kantong selalu.

====================================================================
jawaban pertanyaan agan SOS:
1. pankreas sudah terlalu lelah mknya produksinya menurun.
sebenarnya, pertama kali yg terjadi adalah badan yg tidak lagi sensitif dgn insulin. maka pankreas akan mengcounter itu dgn produksi lebih banyak lagi. knp bisa resistance? karena pertama adalah penimbunan lemak perut (salah satunya) sehingga menimbulkan resistensi dari insulin, lalu kedua kemungkinan juga dari faktor genetik. ada bagannya, panjang dan cukup rumit, jika berminat bisa hubungi saya. namun lama kelamaan, pankreas juga punya limit. ibarat kata mobil digeber di rpm tinggi terus pasti ancur lama2. pankreas juga akan "lelah" lama kelamaan. makanya sudah tidak sensitif, produksinya menurun, hancurlah sudah. hehe..

2. diabetes melitus ada 2 tipe. yg tipe 1 itu karena mmg sejak lahir sel2 pankreasnya rusak. jadi sejak kecil sudah suntik insulin. sedangkan diabetes tipe 2 kemungkinan besar diduga adalah kombinasi antara genetik (keturunan) dan faktor lingkungan (pola hidup tidak sehat)

3. faktor genetik memang ada pegang peranan. jadi untuk mencegah, bisa memulai pola hidup sehat dan olahraga seperti saran saya diatas.

:2thumbup:2thumbup

many thanks utk penjelasannya bro.........ane berdoa, agan jd dokter yg sukses......dan semoga semakin bnyk dokter yg bisa ngasih pencerahan yang sangat jelas seperti ini, ane seringnya jumpa dokter kyknya udah kelelahan ngadepin bnyk pasien, jadi ga sempat lg ngasih penjelasan secerah ini
Page 245 of 258 | ‹ First  < 240 241 242 243 244 245 246 247 248 249 250 >  Last ›
Home > LOEKELOE > HEALTH & MEDICAL > anda bertanya..dr, coass, mhsw FK,org medis menjawab..