Freshwater Fish
Home > LOEKELOE > MY PETS > Freshwater Fish > Budidaya cacing sutra
Total Views: 30531
Page 14 of 20 | ‹ First  < 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 >  Last ›

Buto Galak - 25/07/2011 11:20 PM
#261

Progress......
Media :
- Lumpur sawah
- Pupuk kandang (tokai ayam/puyuh susah nyari)
- Jerami padi (dikit aja, ga' perlu tebel2x)
- Tutup lagi dg lumpur
- Dedak halus campur EM4 + tetes tebu dikit
diamkan dl 1 minggu.... (biar ter-fermentasi dulu)

Next planning... kalo udah 1 minggu (atau jerami dah mulai busuk).
Baru tebar starter casut...

Mohon doa dari rekan2x
Progress selanjutnya akan dilaporkan saat tebar starter casut.
tanjung.anom - 26/07/2011 09:33 AM
#262

Quote:
Original Posted By 0320pm
Mana nih FR yang udah pada nyoba *kabooorrr*


percobaan pertama masih jauh dari harapan
mgkn karena media yg tdk steril
sptnya ane ngambil lumpur sawah yg terkontaminasi...
entah insek atau apa...hiks..hiks
Buto Galak - 26/07/2011 09:39 AM
#263

^
^
Bener jg ya bos...
Waduh... lumpur punya gw terkontaminasi kaga' ya ?
kemaren pas ngambil kaga' kepikiran sih... (harap2x cemas)
tanjung.anom - 26/07/2011 09:46 PM
#264

Quote:
Original Posted By Buto Galak
^
^
Bener jg ya bos...
Waduh... lumpur punya gw terkontaminasi kaga' ya ?
kemaren pas ngambil kaga' kepikiran sih... (harap2x cemas)


hati2 gan...
pengalaman ane...waktu pertama casut ane lgsg pade koit
akhirnya nyari lumpur dari kolam teman ane
Buto Galak - 28/07/2011 06:35 PM
#265

Browsing inet, dapet artikel menarik... (link ada dibawah...)

Ternyata, casut tidak hanya bisa dikasih makan pakan organik, pakan anorganik jg bisa.

Selain pupuk kandang (bisa tokai ayam, sapi, kerbau, dll) jg bisa dikasih pupuk Nitrat, Fosfat (Duperfosfat/DS, Triple Superfosfat/ TSP, Superphosphat 36, Fused Magnesium Phospate/FMP), Silikat, natrium, Nitrogen (Urea, Zwavelzure amoniak/ZA, Amonium nitrat, Amonium sulfanitrat) dan lain-lain. Tp dengan takaran yg pas... utk takarannya, jg tanya gw, soalnya pelajaran kimia gw NOL besar
yg penting jangan berlebihan.

untuk penjelasan lengkap ada di sub bab 7.4 Budidaya Benthos :
[code]http://www.crayonpedia.org/mw/BAB_VII._TEKNOLOGI_PRODUKSI_PAKAN_ALAMI[/code]
MithaCutie - 01/08/2011 10:13 PM
#266

Jadi tertarik ni gan, klo boleh tau harga EM4 berapaan ya?
Rincian biaya yg di keluarkan bisa di kasih tahu ? ( pembuatan kolam, biaya pakan, dll ).

Sama mau lihat pic kolam2 agan Buto Galak dan agan 0320pm ( yang di spoiler udah kg bisa di buka gan . tlg di uplod lagi ya agan 0320pm plizz) :matabelo

trims b4
Buto Galak - 03/08/2011 07:32 AM
#267

Quote:
Original Posted By MithaCutie
Jadi tertarik ni gan, klo boleh tau harga EM4 berapaan ya?
Rincian biaya yg di keluarkan bisa di kasih tahu ? ( pembuatan kolam, biaya pakan, dll ).

Sama mau lihat pic kolam2 agan Buto Galak dan agan 0320pm ( yang di spoiler udah kg bisa di buka gan . tlg di uplod lagi ya agan 0320pm plizz) :matabelo

trims b4

Harga EM4 utk botol 1000ml berkisar antara 20-25rb (tergantung toko ambil untung )
Kalo kolam sih mending kolam tanah aja, kalo kolam semen/beton lom ada yg berhasil secara signifikan.
kalo utk biaya pembuatan kolam, ya relatif.
utk pakan, kaya'nya ga' begitu gede.

Photo..... lom bisa upload gan, kaga' punya kamera
nyari kamera dulu ahhh....
MithaCutie - 03/08/2011 11:40 AM
#268

Quote:
Original Posted By Buto Galak
Harga EM4 utk botol 1000ml berkisar antara 20-25rb (tergantung toko ambil untung )
Kalo kolam sih mending kolam tanah aja, kalo kolam semen/beton lom ada yg berhasil secara signifikan.
kalo utk biaya pembuatan kolam, ya relatif.
utk pakan, kaya'nya ga' begitu gede.

Photo..... lom bisa upload gan, kaga' punya kamera
nyari kamera dulu ahhh....



klo kolam tanah, cacing nya ditaruhnya gimana gan? apa kaga ilang msk ke tanah?

Lumpur selain di sawah ada di mana gan?... Apa bisa tanah liat/ tanah biasa kita masukkin aja ke kolam ?

Maklum Nubitol mohon jangan diketawakan ya malu
Buto Galak - 04/08/2011 08:08 PM
#269

Quote:
Original Posted By MithaCutie
klo kolam tanah, cacing nya ditaruhnya gimana gan? apa kaga ilang msk ke tanah?

Lumpur selain di sawah ada di mana gan?... Apa bisa tanah liat/ tanah biasa kita masukkin aja ke kolam ?

Maklum Nubitol mohon jangan diketawakan ya malu

Kalo nyungsep (halah... apaan tuh "nyungsep") ke lumpur, kemungkinan besar "ya", soalnya casut suka sembunyi & makan dalem lumpur, tp kaga' pernah dalem sih, paling 10-15 cm masuk lumpur.
Kolam tanah : ya kaya' kolam ikan itu, yg penting air bisa tergenang.

Selain lumpur sawah.... bisa pake lumpur kolam ikan.
yg penting lumpur halus, soalnya kalo pake tanah biasa lom pernah coba
0320pm - 04/08/2011 09:02 PM
#270

Akhirnya nongol lagi dimari , setelah beberapa hari ga bisa posting gara2 kena banned

Maaf ane belum bisa posting gambar kolam ane, lagian ane udah ga pedhe gan, itu kolam ga berhasil kok

Btw, bener apa kata agan buto galak, disarankan tidak menggunakan kolam terpal atau beton, sekilas alasan yang cukup masuk akal adalah kolam jenis ini 'panas', disarankan pakai kolam tanah (mirip sawah), ga usah kawatir, casut ga bakal bisa nyelam jauh kebawah kok, yang perlu diperhatikan adalah debit air yang lewat, jangan terlalu besar agar casut tidak terbawa aliran air

Ane pernah liat foto budidaya casut di malaysia (dari gugel), bentuknya sederhana banget, kolam sawah yang cukup luas dikasih tokai unggas, dengan sendirinya segmen2 koloni casut dalam jumlah besar akan terbentuk dengan sendirinya

Kalo yang di jawa tengah, doi bikin kolam disawah juga yang ditutup dengan kain kasa nyamuk (biar kalo ujan air yang masuk ke kolam tidak terlalu besar debitnya), makanan yang dipake sepertinya ada campuran pupuk buatan (tebakan ane urea, takarannya ane ga bisa nebak) -- bener apa kata agan buto galak, yang empunya bilang kalo takaran ini dia sebut 'vitamin' yang bisa buat telur casut banyak

Gitu gan kira2
Buto Galak - 04/08/2011 09:51 PM
#271

@0320pm
akhirnya nongol jg....
Kalau takaran urea sih, ane jg ga bisa nebak.
Baca2x link ane yg diatas jg masih meraba-raba, kalo buat pupuk organik sih ada takarannya.
tp utk pupuk anorganik kok kaya'nya kaga' nemu, ya ? apa kelewatan bacanya ?

dari situ cuma dapet ini :

Berdasarkan pengalaman beberapa pembudidaya dosis yang digunakan untuk pupuk kandang dari kotoran ayam sebanyak 50% dari jumlah media yang akan dibuat. Jika jumlah media yang dibuat sebanyak 500 gram maka jumlah pupuknya adalah 250 gram. Kemudian pupuk tersebut dimasukkan kedalam wadah budidaya dicampur dengan lumpur kolam dengan perbandingan satu banding satu. Pupuk tersebut akan berproses didalam media dan akan tumbuh mikroorganisme sebagai makanan utama dari Tubifex. Waktu yang dibutuhkan oleh proses dekomposisi pupuk didalam media kultur pakan alami Tubifex ini berkisar antara 2-7 hari. Setelah itu baru bisa dilakukan penebaran bibit Tubifex kedalam media kultur.

Selama dalam pemeliharaan harus terus dilakukan pemupukan susulan seminggu sekali dengan dosis 9% pemupukan awal. Berdasarkan hasil penelitian Yuherman (1987) pemupukan susulan dengan dosis 75% dari pemupukan awal setelah 10 hari inokulasi dapat memberikan pertumbuhan yang optimal pada tubifex. Pakan alami Tubifex mempunyai siklus hidup yang relatif singkat yaitu 50 – 57 hari. Oleh karena itu agar pembudidayaannya bisa berlangsung terus harus selalu diberikan pemupukan susulan. Dalam memberikan pemupukan susulan ini caranya hampir sama dengan pemupukan awal dan ada juga yang memberikan pemupukan susulannya dalam bentuk larutan pupuk yang dicairkan.

Yg cetak tebal....
berarti : pupuk yg dicairkan = pupuk anorganik
(menurut logika gw lho)

Silakan yg mau nambahi lagi...
DungKenMaster - 04/08/2011 11:31 PM
#272

Quote:
Original Posted By Buto Galak
@0320pm
akhirnya nongol jg....
Kalau takaran urea sih, ane jg ga bisa nebak.
Baca2x link ane yg diatas jg masih meraba-raba, kalo buat pupuk organik sih ada takarannya.
tp utk pupuk anorganik kok kaya'nya kaga' nemu, ya ? apa kelewatan bacanya ?

dari situ cuma dapet ini :

Berdasarkan pengalaman beberapa pembudidaya dosis yang digunakan untuk pupuk kandang dari kotoran ayam sebanyak 50% dari jumlah media yang akan dibuat. Jika jumlah media yang dibuat sebanyak 500 gram maka jumlah pupuknya adalah 250 gram. Kemudian pupuk tersebut dimasukkan kedalam wadah budidaya dicampur dengan lumpur kolam dengan perbandingan satu banding satu. Pupuk tersebut akan berproses didalam media dan akan tumbuh mikroorganisme sebagai makanan utama dari Tubifex. Waktu yang dibutuhkan oleh proses dekomposisi pupuk didalam media kultur pakan alami Tubifex ini berkisar antara 2-7 hari. Setelah itu baru bisa dilakukan penebaran bibit Tubifex kedalam media kultur.

Selama dalam pemeliharaan harus terus dilakukan pemupukan susulan seminggu sekali dengan dosis 9% pemupukan awal. Berdasarkan hasil penelitian Yuherman (1987) pemupukan susulan dengan dosis 75% dari pemupukan awal setelah 10 hari inokulasi dapat memberikan pertumbuhan yang optimal pada tubifex. Pakan alami Tubifex mempunyai siklus hidup yang relatif singkat yaitu 50 – 57 hari. Oleh karena itu agar pembudidayaannya bisa berlangsung terus harus selalu diberikan pemupukan susulan. Dalam memberikan pemupukan susulan ini caranya hampir sama dengan pemupukan awal dan ada juga yang memberikan pemupukan susulannya dalam bentuk larutan pupuk yang dicairkan.

Yg cetak tebal....
berarti : pupuk yg dicairkan = pupuk anorganik
(menurut logika gw lho)

Silakan yg mau nambahi lagi...


keren gan, monggo dilanjut diskusinya
DungKenMaster - 04/08/2011 11:32 PM
#273

Maaf dopost gan
DungKenMaster - 04/08/2011 11:32 PM
#274

Woh triple kill
DungKenMaster - 04/08/2011 11:33 PM
#275

Connection error
0320pm - 04/08/2011 11:35 PM
#276

Mantap gan
Buto Galak - 05/08/2011 08:00 AM
#277

Bagi rekan2x yg pengin kultur pakan alami, link gw diatas bisa dijadikan pegangan. Cos, itu kaya'nya dr buku pelajaran SMK (kaya'nya SMK perikanan yah ). Jd udah masuk kurikulum.
Nih TS-nya ke mana yah... ?

Link bisa di pindah ke pejwan, biar bisa dijadikan referensi.
MithaCutie - 05/08/2011 09:58 PM
#278

Quote:
Original Posted By Buto Galak
Progress......
Media :
- Lumpur sawah
- Pupuk kandang (tokai ayam/puyuh susah nyari)
- Jerami padi (dikit aja, ga' perlu tebel2x)
- Tutup lagi dg lumpur
- Dedak halus campur EM4 + tetes tebu dikit
diamkan dl 1 minggu.... (biar ter-fermentasi dulu)

Next planning... kalo udah 1 minggu (atau jerami dah mulai busuk).
Baru tebar starter casut...

Mohon doa dari rekan2x
Progress selanjutnya akan dilaporkan saat tebar starter casut.


Gan nanti kalau sudah jadi, Agan kasih pakan nya apa?
apa tokai ayam? klo di kasih makan Pupuk kandang / dedak kaga bisa ya?
Susah cari ayam di tmpt ane nih. hadeeh...
Buto Galak - 06/08/2011 12:06 AM
#279

Quote:
Original Posted By MithaCutie
Gan nanti kalau sudah jadi, Agan kasih pakan nya apa?
apa tokai ayam? klo di kasih makan Pupuk kandang / dedak kaga bisa ya?
Susah cari ayam di tmpt ane nih. hadeeh...


td pagi (05/08/2011) gw kasih fermentasi dedak halus.
alternatif laen, dg menambah unsur hara, dengan cara pemupukan.
Pemupukan bisa menggunakan pupuk organik (tokai ayam, sapi, dll) maupun dengan pupuk anorganik (urea, TSP, ZA, NPK).

Utk takaran pupuk anorganik, gw lom tau.
Sementara cari aman dulu aja, pake pupuk organik.

Sebenarnya udah gw siapkan pupuk anorganik, cuma lom berani pake
Kemarin beli Urea = 4rb/kg, TSP 2rb/kg, NPK 10rb/kg (kemahalan kaga' ya ?)
Utk pupuk organik, beli aja pupuk kandang tempat penjualan tanaman hias.

Utk report, sekian dulu yah...
Mo bobo' nemenin bini yg lg sakit gigi....
0320pm - 08/08/2011 12:53 PM
#280

Quote:
Original Posted By Buto Galak
td pagi (05/08/2011) gw kasih fermentasi dedak halus.
alternatif laen, dg menambah unsur hara, dengan cara pemupukan.
Pemupukan bisa menggunakan pupuk organik (tokai ayam, sapi, dll) maupun dengan pupuk anorganik (urea, TSP, ZA, NPK).

Utk takaran pupuk anorganik, gw lom tau.
Sementara cari aman dulu aja, pake pupuk organik.

Sebenarnya udah gw siapkan pupuk anorganik, cuma lom berani pake
Kemarin beli Urea = 4rb/kg, TSP 2rb/kg, NPK 10rb/kg (kemahalan kaga' ya ?)
Utk pupuk organik, beli aja pupuk kandang tempat penjualan tanaman hias.

Utk report, sekian dulu yah...
Mo bobo' nemenin bini yg lg sakit gigi....


moga lekas sembuh sakit giginya gan
Page 14 of 20 | ‹ First  < 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 >  Last ›
Home > LOEKELOE > MY PETS > Freshwater Fish > Budidaya cacing sutra