Arsitektur
Home > LOEKELOE > TEKNIK > Arsitektur > [ANSWER] Pilih Teknik Sipil atau Arsitektur
Total Views: 7406
Page 1 of 9 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

gery.pasta - 22/10/2010 07:16 PM
#1
[ANSWER] Pilih Teknik Sipil atau Arsitektur
salam kenal agan-agan semua..
ane baru bekunjung ke forum arsitek ini..
trus nemuin trit pertanyaan pilih teknik sipil atau teknik arsitektur .
nih tritnya : http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=5325569

PERTAMA-TAMA, TOLONG DI..

dulu dong gan..

Mungkin ini adalah suatu pertanyaan yang sering diajukan baik oleh remaja SMA yang mau kuliah maupun orang tua yang hendak melanjutkan pendidikan anaknya pada bidang study bangunan. Berikut gambaran tentang jurusan teknik sipil dan arsitektur.

Teknik Sipil
Teknik sipil mempelajari tentang bagaimana cara membangun sebuah bangunan yang kuat, indah serta ekonomis sehingga pada jurusan teknik sipil hampir mencakup semua konstruksi bangunan dari awal perancangan, perhitungan struktur, manajemen pelaksanaan bangunan sampai dengan perawatan bangunan pasca pembangunan.

Teknik Arsitektur
Teknik arsitektur mempelajari tentang bagaimana membuat gambar bangunan yang indah dan bagaimana agar desain tersebut dapat diterima oleh pihak lain.

Nah.. dari kedua jurusan tersebut ( teknik sipil dan arsitektur ) terdapat perbedaan yang saling bertentangan teknik arsitektur lebih menonjolkan keindahan bangunan sedangkan teknik sipil lebih pada kekuatan bangunan, seringkali seorang arsitek membuat bangunan yang indah tetapi apabila dilaksanakan dapat rubuh karena tidak kuat, begitu juga dengan teknik sipil dapat membangun sebuah bangunan yang kuat tetapi belum tentu indah. oleh karena itu perlu kerjasama antar keduanya. mungkin kata-kata berikut ini dapat menjadi gambaran

Teknik sipil perlu mempelajari teknik arsitektur meskipun hanya dasar-dasarnya saja.
Teknik Arsitektur perlu mempelajari teknik sipil meskipun hanya dasar-dasarnya saja.

Bagaimana dengan siswa SMP yang hendak mendalami bidang bangunan pada bangku STM ( sekolah teknologi menengah ) atau sekarang ini disebut SMK ( Sekolah menengah kejuruan ) ?

jurusan teknik bangunan yang ada di STM / SMK adalah:

Teknik Konstruksi bangunan
Pada jurusan ini kita lebih mendalami konstruksi bangunan baik secara kekuatan struktur bangunan, metode kerja pelaksanaan pembangunan, perhitungan rencana anggaran biaya, serta gambar bangunan. pada bangku kuliah jurusan yang sejalan dengannya adalah teknik sipil struktur.
.

Teknik Gambar Bangunan
Pada teknik gambar bangunan kita mempelajari bagaimana cara menggambar bangunan yang indah, detai-detail bangunan dan hal-hal yang berkaitan degan gambar bangunan. pada bangku kuliah jurusan yang sejalan denganya adalah teknik arsitektur.

Teknik Bangunan Air
pada teknik bangunan air kita lebih mempelajari tentang bangunan insfrastruktur misalnya jalan raya, jembatan, sungai, irigasi, drainase perkotaan dll. pada bangku kuliah jurusan yang sejaran denganya adalah teknik sipil transportasi atau pengairan

Teknik Bangunan Gedung
pada teknik bangunan gedung kita mempelajari tentang rancang bangun sebuah gedung, baik berupa rumah maupun gedung bertingkat.

Teknik Perkayuan
Pada jurusan ini kita mempelajari teknik – teknik perkayuan sebagai bahan bangunan, mebel, ukiran dll.

Teknik Survey dan Pemetaan
Pada jurusan teknik survey dan pemetaan kita mempelajari ilmu ukur tanah, ilmu pengukuran bangunan gedung baik secara manual, menggunakan theodolit maupun peralatan canggih lainya.

Teknik Konstruksi Batu dan Beton
Pada teknik konstruksi batu dan beton hampir mirip dengan teknik konstruksi bangunan tapi lebih mendalami pada struktur beton sebagai bahan bangunan.

begitulah kurang lebih gambaran tentang jurusan teknik sipil dan arsitektur pada bidang study bangunan pada bangku STM maupun kuliah, selanjutnya pilihan ditangan agan sendiri karena tentunya yang tahu potensi terhebat yang ada pada diri kita adalah agan..:2thumbup

Spoiler for tambahan dari agan2 arsitek
Quote:
Original Posted By Alex Setiawan
Tergantung talentanya dimana, Gan

Kalo Arsitek berbicara indah dan jelek, jadi diperlukan kepekaan desain serta kreativitas terhadap sekitar.

Kalo Sipil berbicara benar dan salah, yang diperlukan di sini adalah tingkat kecermatan dan ketelatenan yang tinggi.

Kalo saya jujur masuk Arsitek karena alasannya, saya merasa senang membuat hal baru dan saya juga suka melakukan eksplorasi terhadap sesuatu yang telah exist. Dan melakukan penambahan/perbaikan pada keadaan tersebut.

Sekarang saya bekerja di pemerintahan yang bertugas mengatur tata kota Surabaya

Yang penting enjoy, Gan

Quote:
Original Posted By the_murderer
temen ane pilih sipil ampir tiap hari pelajran nya kalkulus mulu gan kalo ane arsi ampir tiap hari ngegambar ya walopun ada matematik tapi ga sebanyak sipil
22 nya bagus kok


Spoiler for tambahan dari agan2 sipil
Quote:
Original Posted By GaussJordan
kalo agan lebih suka ngitung, mending masuk teknik sipil, kalo lebih suka gambar masuk arsi

jawaban yang singkat, padat, dan berisi :toast
Quote:
Original Posted By colorpandora
fisika dipakai semua penjurusan di sipil gan ..
kayak di struktur , air , tanah / geoteknik , transport ..
kalo manajemen kayak itungan gitu ..
tapi kalo masalah itu dipikir belakangan gan ..
Let It Flow , cari yg sregg ..

:thumbup

ane juga sipil neh ..


Quote:
Original Posted By Andi_irawan
ane tambahin yaa Gan,...

Teknik sipil punya 5 bidang keahlian
1. Struktur : Struktur Bangunan dan Gedung
2. SDA (Air) : Sumber daya air ,..mulai dari irigasi,Bendung, Bendungan,..waduk dll
3. Tanah : mempelajari tentang kekuatan dukung tanah dan ilmu Geoteknik lainnya
4. Jalan : Mempelajari tentang Transportasi,..misal lampu lalu lintas,Desain alignment jalan raya dan perkerasan jalan,Bandara,Pelabuhan,,...
5. Manajemen Proyek : mempelajari tentang Pelaksanaan Pekerjaan dan menghitung biaya proyek,..sampe kurva dan berbagai upaya Optimasi dan Optimalisasi pekerjaan

Jurusan Arsitektur : salah satu disiplin ilmu yang diambil dari jurusan T.Sipil,..dan kebanyakan Arsitektur berdasar pada nilai estetik dan pengaturan Layout (Tapak) dari desain Bangunan,...

Mengenai pilihan jurusan yaaa disesuaikan ama minat dan bakat aj Gan,..Klo agan punya hobii Nggambar yaa masuk Arsitektur aja,..klo masuk Sipil mah harus kuat itungan maa Logikanya Gan,..maklum ane lulus 7 Tahun,..kkwkwkw,...salam Kenal Dari T. Sipil UB gan
SIPIIIIIIIIILLLLLLLL,....RIGIIIDDDDDDDDDDD

Quote:
Original Posted By eriksandi
slaam kenal gan sebelumnya hanya sekedar membantu saya anak teknik civil baru lulus kemaren tanggal 2 oktober gan ane kul di POLBAN dulunya POLI OF ITB bawah naungan ITB ya gan menurut ane mending teknik civil sih gan itu juga kalau suka bgt itungan...tapi itungn nya ga terlalu rumit ko gan
kalau uas ma uts juga dosen ngebolehin buka buku ko gan
tapi kalau nge gambar puyeng nya minta ampunn ane juga dulu ga biasa gadang eh pas ketemu gambar walau cuman 1 taun pusingnya minta ampun jadi kenal gadang lah ampe jam 3 tu paling minimal gan hehehe
kbayang kalau arsitek gan sampai ke detail paling dalem harus di gambar pusing kayaknya hehehe...

Quote:
Original Posted By dukenarga
ane sipil gan,
di sipil itu, fisika yang harus kuat ada di struktur, geotek (tanah), sama air. fisika keseimbangan gaya (newton) harus kuat di 3 subjur ini. yang manajemen sama transportasi ga terlalu dibutuhin sih fisikanya, walaupun emang ada.

thx buat tambahannya gan..


COBA CEK POST #3 BUAT YANG MASIH MIKIR-MIKIR

maap ya gan, kalo semisal ane ...
ane bukan bermaksud offense juga.
ni sumbernya gan : klik ajah
GaussJordan - 23/10/2010 06:43 AM
#2

kalo agan lebih suka ngitung, mending masuk teknik sipil, kalo lebih suka gambar masuk arsi
gery.pasta - 23/10/2010 08:41 AM
#3

POST INI COCOK BUAT YANG MASIH MIKIR-MIKIR MAU KEMANA

Spoiler for komen yang luar biasa
Quote:
Original Posted By Ztrekel_065
gini ya, itu tergantung dari diri kita masing2..
dari semua yg saya baca ada perbedaan pendapat dll
manusia juga tidak ada kekurangan dan kelebihan..ya kan..
jadi mau pilih arsitek apa sipil dari hati nurani kita...
atau juga tergantung dari lingkungan masing2...
nie tread banyak yg udah nga betul...
kan semuanya bisa baca dan mengilhami...
sori kalau saya kasar

Quote:
Original Posted By shogunz
buat agan agan yg mau masuk kuliah.. pertimbangkanlah dunia kerja.. kerja gak seindah dalam bayangan perkuliahan.. saya lulusan arsitektur.. dan sangat menyesal mengapa saya memilih jurusan tersebut sekalipun saya jago menggambar, mengapa? dunia kerja dalam civil engineer penuh dengan dosa.. bisa di katakan kalo kasarannya adalah maling.. maap.. terus terang aja ya.. berapa banyak sih negara ini membangun gedung? buat apa kuliah mahal2 kalo waktu kerja agan2 pada stres melakukan pekerjaan yg bertentangan dengan hati nurani.. mending duit ama waktu idup agan di pergunakan untuk berwirausaha.. sekali lagi mohon maap ya.. yg ga berkenan ama tulisan ane silahkan marah.. ane ga peduli..ane dah muak ama sistem pekerjaan di negara ini.. kuliah mati2an.. kerja ga kenal cape tapi gaji ga mencukupi..


Quote:
Original Posted By shogunz
atu lagi ye.. biaya untuk kuliah d arsitektur sangatlah tinggi.. lagipula sudah banyak lulusan arsitektur yg tidak bekerja d disiplin ilmunya tersebut alias dah banyak arsitek di indonesia.. gausah deh masuk arsitektur.. trus klo emang terpaksa harus kuliah.. pikir dulu yg satu ini.. AGAN SENENGNYA KALO KERJA, KERJA YG BAGAIMANA? intinya liatlah lebih luas prospek pekerjaan yg akan agan jalankan.. baru kalo udah tau yg pasti agan boleh memilih untuk kuliah sesuai dengan jurusan pekerjaan yg agan impikan.. SEKALI LAGI .. DUNIA KERJA TIDAKLAH SEINDAH YG AGAN BAYANGKAN!!!!!!!


Quote:
Original Posted By andisoewandi
Bener juga nih kata agan..!!

DUNIA KERJA ITU KEJAM.

tapi sekali lagi itu berbalik pada niatan awal kita-kita semua.

sory nih ada contoh gan..!! istriku itu dia juga lulusan arsitek sama seperti gw, kalo gw ngikutin idealisme sebagai seorang arsitek murni..Alhamdullilah sudah menghasilkan beberapa karya. nah kalo istriku itu dia lebih condong ke wirausaha..!! dulu pernah jadi guru, dan terakhir kepala sekolah...Nah itu bukti nyata buat gw "BAHWA NIATAN AWAL ITU PENTING" yang akan menentukan kearah mana kita berjalan..

JANGAN PERNAH TAKUT MENEMPUH PENDIDIKAN...!!!meskipun biayanya selangit ke tujuh, kalo ada kemauan pasti ada jalan..

saran yag bagus..thx ya gan
permenpete - 23/10/2010 09:44 AM
#4

wah thx bro infonya, baru tau gw bedanya
lg pengen nerusin kul tapi bimbang jurnya
gery.pasta - 23/10/2010 12:03 PM
#5

Quote:
Original Posted By permenpete
wah thx bro infonya, baru tau gw bedanya
lg pengen nerusin kul tapi bimbang jurnya


oke, semoga sukses gan..:thumbup
tedies - 23/10/2010 03:18 PM
#6

Gan !!
di SMK ane Teknik Gambar Bangunan nya itu termasuk juga Teknik Kontruksi Bangunan, Teknik Kontruksi Gedung, Teknik Bangunan Air, ETC.
Kalau Beton ma Kayu ada Jurusan TKB (Teknik Kontruksi Beton) sama TKK (Teknik Kontruksi Kayu)

Nah gan ane minta pendapat nih. .
nanti kalau mau jadi Arsitektur + Sipil Gimana. . ???

gery.pasta - 23/10/2010 07:01 PM
#7

Quote:
Original Posted By tedies
Gan !!
di SMK ane Teknik Gambar Bangunan nya itu termasuk juga Teknik Kontruksi Bangunan, Teknik Kontruksi Gedung, Teknik Bangunan Air, ETC.
Kalau Beton ma Kayu ada Jurusan TKB (Teknik Kontruksi Beton) sama TKK (Teknik Kontruksi Kayu)

Nah gan ane minta pendapat nih. .
nanti kalau mau jadi Arsitektur + Sipil Gimana. . ???



lho ya terserah agan..
agan lebih sreg yang mana..
Andi_irawan - 24/10/2010 03:23 PM
#8

ane tambahin yaa Gan,...

Teknik sipil punya 5 bidang keahlian
1. Struktur : Struktur Bangunan dan Gedung
2. SDA (Air) : Sumber daya air ,..mulai dari irigasi,Bendung, Bendungan,..waduk dll
3. Tanah : mempelajari tentang kekuatan dukung tanah dan ilmu Geoteknik lainnya
4. Jalan : Mempelajari tentang Transportasi,..misal lampu lalu lintas,Desain alignment jalan raya dan perkerasan jalan,Bandara,Pelabuhan,,...
5. Manajemen Proyek : mempelajari tentang Pelaksanaan Pekerjaan dan menghitung biaya proyek,..sampe kurva dan berbagai upaya Optimasi dan Optimalisasi pekerjaan

Jurusan Arsitektur : salah satu disiplin ilmu yang diambil dari jurusan T.Sipil,..dan kebanyakan Arsitektur berdasar pada nilai estetik dan pengaturan Layout (Tapak) dari desain Bangunan,...

Mengenai pilihan jurusan yaaa disesuaikan ama minat dan bakat aj Gan,..Klo agan punya hobii Nggambar yaa masuk Arsitektur aja,..klo masuk Sipil mah harus kuat itungan maa Logikanya Gan,..maklum ane lulus 7 Tahun,..kkwkwkw,...salam Kenal Dari T. Sipil UB gan
SIPIIIIIIIIILLLLLLLL,....RIGIIIDDDDDDDDDDD
Articvotra - 24/10/2010 03:53 PM
#9

ane ambil jurusan teknik sipil, karena kalo arsitektur ane kurang ahli dalam menggambar,ane lebih condong ke hitungan, soalnya ane dari dulu demen sama pelajaran fisika.
gery.pasta - 24/10/2010 07:56 PM
#10

Quote:
Original Posted By Andi_irawan
ane tambahin yaa Gan,...

Teknik sipil punya 5 bidang keahlian
1. Struktur : Struktur Bangunan dan Gedung
2. SDA (Air) : Sumber daya air ,..mulai dari irigasi,Bendung, Bendungan,..waduk dll
3. Tanah : mempelajari tentang kekuatan dukung tanah dan ilmu Geoteknik lainnya
4. Jalan : Mempelajari tentang Transportasi,..misal lampu lalu lintas,Desain alignment jalan raya dan perkerasan jalan,Bandara,Pelabuhan,,...
5. Manajemen Proyek : mempelajari tentang Pelaksanaan Pekerjaan dan menghitung biaya proyek,..sampe kurva dan berbagai upaya Optimasi dan Optimalisasi pekerjaan

Jurusan Arsitektur : salah satu disiplin ilmu yang diambil dari jurusan T.Sipil,..dan kebanyakan Arsitektur berdasar pada nilai estetik dan pengaturan Layout (Tapak) dari desain Bangunan,...

Mengenai pilihan jurusan yaaa disesuaikan ama minat dan bakat aj Gan,..Klo agan punya hobii Nggambar yaa masuk Arsitektur aja,..klo masuk Sipil mah harus kuat itungan maa Logikanya Gan,..maklum ane lulus 7 Tahun,..kkwkwkw,...salam Kenal Dari T. Sipil UB gan
SIPIIIIIIIIILLLLLLLL,....RIGIIIDDDDDDDDDDD


oke gan..
makasih buat tambahannya gan..
ane taruh di pekiwan yah..
gery.pasta - 24/10/2010 07:58 PM
#11

Quote:
Original Posted By Articvotra
ane ambil jurusan teknik sipil, karena kalo arsitektur ane kurang ahli dalam menggambar,ane lebih condong ke hitungan, soalnya ane dari dulu demen sama pelajaran fisika.


kalo fisika di sipil cenderung ke hidro dong gan?
tedies - 24/10/2010 08:45 PM
#12

Quote:
Original Posted By gery.pasta
lho ya terserah agan..
agan lebih sreg yang mana..



Ane suka 2 - 2 nya gan !!! hehe

kalau masuk teknik sipil cuman merancang, dll, lalu mendesainnya pakai imajinasi ane aja apakah bisa gan. .??

gery.pasta - 24/10/2010 09:00 PM
#13

Quote:
Original Posted By tedies
Ane suka 2 - 2 nya gan !!! hehe

kalau masuk teknik sipil cuman merancang, dll, lalu mendesainnya pakai imajinasi ane aja apakah bisa gan. .??



kalo mendesainnya pake imajinasi ya sah2 aja gan..
tapi kalo di sipil ngrancangnya harus berdasarkan perhitungan struktur bangunan yang kuat dan hemat :2thumbup
colorpandora - 25/10/2010 12:00 AM
#14

Quote:
Original Posted By gery.pasta
kalo fisika di sipil cenderung ke hidro dong gan?


fisika dipakai semua penjurusan di sipil gan ..
kayak di struktur , air , tanah / geoteknik , transport ..
kalo manajemen kayak itungan gitu ..
tapi kalo masalah itu dipikir belakangan gan ..
Let It Flow , cari yg sregg ..

:thumbup

ane juga sipil neh ..
gery.pasta - 25/10/2010 12:56 AM
#15

Quote:
Original Posted By colorpandora
fisika dipakai semua penjurusan di sipil gan ..
kayak di struktur , air , tanah / geoteknik , transport ..
kalo manajemen kayak itungan gitu ..
tapi kalo masalah itu dipikir belakangan gan ..
Let It Flow , cari yg sregg ..

:thumbup

ane juga sipil neh ..


thx gan buat koreksinya
Articvotra - 25/10/2010 06:43 PM
#16

Quote:
Original Posted By colorpandora
fisika dipakai semua penjurusan di sipil gan ..
kayak di struktur , air , tanah / geoteknik , transport ..
kalo manajemen kayak itungan gitu ..
tapi kalo masalah itu dipikir belakangan gan ..
Let It Flow , cari yg sregg ..

:thumbup

ane juga sipil neh ..


iya gan, kayaknya sipil emang lebih luas.
eriksandi - 26/10/2010 12:25 AM
#17

slaam kenal gan sebelumnya hanya sekedar membantu saya anak teknik civil baru lulus kemaren tanggal 2 oktober gan ane kul di POLBAN dulunya POLI OF ITB bawah naungan ITB ya gan menurut ane mending teknik civil sih gan itu juga kalau suka bgt itungan...tapi itungn nya ga terlalu rumit ko gan
kalau uas ma uts juga dosen ngebolehin buka buku ko gan
tapi kalau nge gambar puyeng nya minta ampunn ane juga dulu ga biasa gadang eh pas ketemu gambar walau cuman 1 taun pusingnya minta ampun jadi kenal gadang lah ampe jam 3 tu paling minimal gan hehehe
kbayang kalau arsitek gan sampai ke detail paling dalem harus di gambar pusing kayaknya hehehe...
gery.pasta - 26/10/2010 02:30 AM
#18

Quote:
Original Posted By eriksandi
slaam kenal gan sebelumnya hanya sekedar membantu saya anak teknik civil baru lulus kemaren tanggal 2 oktober gan ane kul di POLBAN dulunya POLI OF ITB bawah naungan ITB ya gan menurut ane mending teknik civil sih gan itu juga kalau suka bgt itungan...tapi itungn nya ga terlalu rumit ko gan
kalau uas ma uts juga dosen ngebolehin buka buku ko gan
tapi kalau nge gambar puyeng nya minta ampunn ane juga dulu ga biasa gadang eh pas ketemu gambar walau cuman 1 taun pusingnya minta ampun jadi kenal gadang lah ampe jam 3 tu paling minimal gan hehehe
kbayang kalau arsitek gan sampai ke detail paling dalem harus di gambar pusing kayaknya hehehe...



bener bgt tuh gan,,
ayo..ayo..
anak arsitek ada yang mau nambahin ndak?
axceleric - 28/10/2010 01:22 AM
#19

agan2 smua..
ane taun depan lulus sma..
rencana mo ambil jurusan sipil di UNPAR..
kira2 bagus kagak ya?

omong2, kalo sipil, fisikanya belajar yg bagian apa?
torsi?
newton?
haha..

mohon di share ya..
bingung ane..^^
maklum masi nubie..
gery.pasta - 28/10/2010 02:48 AM
#20

Quote:
Original Posted By axceleric
agan2 smua..
ane taun depan lulus sma..
rencana mo ambil jurusan sipil di UNPAR..
kira2 bagus kagak ya?

omong2, kalo sipil, fisikanya belajar yg bagian apa?
torsi?
newton?
haha..

mohon di share ya..
bingung ane..^^
maklum masi nubie..


ayo..ayo..
agan2 yang anak sipil di UNPAR tolong dibantu adeknya

ya banyak, torsi iya, momen, fluida, dll..
ntar deh rasain sendiri gimana enaknya
Page 1 of 9 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > LOEKELOE > TEKNIK > Arsitektur > [ANSWER] Pilih Teknik Sipil atau Arsitektur