CINTA INDONESIAKU
Home > KASKUS CORNER > CINTA INDONESIAKU > Majapahit, Bukti Kejayaan Bangsa Indonesia
Total Views: 3245
Page 1 of 3 |  1 2 3 > 

IPPAT - 29/10/2010 01:48 PM
#1
Majapahit, Bukti Kejayaan Bangsa Indonesia
Quote:
Quote:
di rate gan..

Quote:
jangan di
lebih baek di

Quote:
sebagai kaskuser yang baik... budayakan koment yaw..

Spoiler for no repost

Quote:
Kata Indonesia sebenarnya terlahir belum begitu lama, yaitu beberapa waktu sebelum diproklamirkan kemerdekaan tahun 1945. Kata Indonesia didedikasikan untuk bangsa ini agar menjadi pusatnya kebudayaan asia. Para pencetus nama tersebut antara lain adalah presiden pertama negara kita yaitu Ir. Soekarno.

Bangsa Indonesia adalah bangsa dan populasi yang mendiami wilayah negara Indonesia, jadi maknanya bangsa Indonesia terlahir lebih dahulu sebelum negara Indonesia.
Sebelum adanya negara Indonesia, wilayah negara kita dikenal dengan istilah nusantara yang bermakna pulau yang terpisah-pisah oleh lautan.

Adalah kerajaan Majapahit pada abad ke -12 yang memiliki wilayah nusantara.
Wilayah nusantara yang dikuasai Majapahit adalah tak hanya wilayah negara Indonesia saat ini melainkan meliputi Malaysia, Singapura, Brunei, Thailand dan Philipina.
Spoiler for wilayah kekuasaan majapahit

Quote:
majapahit-empire
Sungguh! wilayah yang sangat luas dengan pusat pemerintahan di Jawa Timur tepatnya di Mojokerto (kota kelahiran Mbah Surip).
Majapahit adalah satu-satunya kerajaan yang dapat memporakporandakan pasukan dari Mongolia yang merupakan negara super power pada masa itu yang diberitakan dalam kitab Pararaton.
Bukti peninggalan kejayaan Majapahit masih dapat dilihat sampai saat ini, misalnya gapura Bajangratu yang bisa dilihat di Mojokerto Jawa Timur.
Spoiler for Gapura Bajangratu

Kemudian ada juga tempat pemandian ‘Kolam Segaran’ dengan dimensi panjang 375 m dan lebar 125 m, diinding kolam setinggi 3,16 m, sementara lebarnya 1,6 m.
Spoiler for kolam Segaran di Trowulan

Ada juga bangunan peninggalan Majapahit yaitu Candi Brahu yang berukuran tinggi 25,7 m dan lebar 20,70 m yang berada di Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan Mojokerto Jawa Timur.

Seperti bangunan-bangunan kuno yang terdapat di Trowulan, Candi Brahu dibangun dari bata yang direkatkan satu sama lain dengan sistem gosok.
Tekhnologi yang sangat tinggi yang hanya dimiliki oleh negara-negara maju dan besar pada masa itu, inilah bukti yang membanggakan Bangsa Indonesia.

Spoiler for Candi Brahu di Trowulan


Kerajaan Majapahit membuktikan pada dunia bahwa bangsa Indonesia pada abad ke-12 telah mempunyai peradaban dan kebudayaan yang tinggi, sehingga pada saat itu Majapahit adalah ‘negara super power’ dengan pesaing utama kerajaan Mongolia.
Kekuasaan kerajaan Majapahit bertahan hingga lebih kurang 300 tahun.
Keruntuhan kerajaan Majapahit bukan datang dari pihak luar tetapi karena perang saudara dan perebutan kekuasaan dan ideologi.
Cara kekerasan yang ditempuh hingga menimbulkan kerusakan dan keretakan diantara rakyat, pejabat dan penguasa, awal dari hancurnya kekuasaan Majapahit.
Kemudian datanglah agama Islam dengan jalan perdagangan dan persaudaraan hingga dapat diterima masyarakat luas.
Akhirnya tampuk pimpinan dipegang oleh ningrat muslim.
Karena Majapahit terpecah belah disebabkan perang saudara, sehingga berdirilah negara-negara kecil yang memisahkan dan berontak terhadap kekuasaan pusat Majapahit di Jawa Timur.

Pada saat ini kekuasaan wilayah Majapahit dapat bersatu kembali walaupun tak semuanya, yaitu dengan nama Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), walaupun bentuk negara sudah berbeda tetapi didalamnya terdapat jiwa yang sama yaitu Bangsa Indonesia dan ternyata bendera dan lambang negara masih sama yaitu Merah Putih dan Garuda.
Adapun wilayah lainnya, misalnya Malaysia, Singapura, Brunei, Thailand dan Philipina menjadi negara sendiri. Namun demikian mereka tetap menjadi saudara kita karena dahulu memang dalam satu wilayah kekuasaan yaitu Majapahit.

Kita sebagai bangsa Indonesia dapat mengambil hikmah atas kejadian yang dialami oleh Majapahit dan yang terpenting kita harus mengembalikan kejayaan bangsa ini ke pentas dunia, karena sebenarnya kita mempunyai kemampuan untuk itu.


sumber
Quote:
di rate gan..

Quote:
jangan di
lebih baek di
verditch - 29/10/2010 06:58 PM
#2
Rahasia Angkatan Laut Majapahit
nyumbang sedikit artikel

Quote:
Empu Nala,Laksamana Majapahit

Tahun 1339-1341 / Seluruh Nusantara bagian barat berturut-turut diserang dan ditaklukkan armada Kerajaan Majapahit pimpinan Laksamana Nala. Dimulai dengan menghancurkan Kerajaan Pasai, selanjutnya menuju Jambi dan Palembang. Kemudian mereka menaklukkan Langkasuka, Kelantan, Kedah, Selangor, Tumasik (Singapura). Selanjutnya armada Majapahit mendarat di Tanjungpura, menundukkan Sambas, Banjarmasin, Pasir, dan Kutai.

Dalam waktu 7 tahun setelah dikumandangkan "Sumpah Palapa", seluruh Sumatra, Semenanjung Melayu, Kalimantan, dan pulau-pulau di sekitarnya sudah menjadi wilayah kekuasaan Kerajaan Majapahit. Armada Majapahit dengan kekuatan 40.000 prajurit menjadi sesuatu kekuatan dahsyat tak ada tandingannya di Asia Tenggara ketika itu di masa kejayaan Majapahit. Dengan demikian, Nusantara bagian barat sepenuhnya sudah bersatu di bawah panji kerajaan Majapahit, kecuali Kerajaan Sunda.

Tahun 1343 / Bali diserang dan berhasil ditaklukkan Kerajaan Majapahit. Serangan oleh armada Kerajaan Majapahit ini di bawah komando Mahapatih Gajah Mada.

Tahun 1343 / Mahapatih Gajah Mada dibantu oleh Laksamana Nala memimpin armada laut Majapahit dengan kekuatan 3.000 prajurit menuju wilayah timur Nusantara untuk menaklukkan kerajaan-kerajaan yang bersikap dingin atau mencoba melepaskan diri. Kerajaan itu antara lain: Bali, Lombok, Sumbawa, Seram, Sulawesi, Dompo. Seluruh wilayah timur Nusantara telah disatukan, termasuk Pulau Irian, Sanggir Talaud, sampai Kepulauan Filipina Selatan. Pasukan kekuatan Majapahit tidak semuanya berasal dari pusat pemerintahan. Namun, hampir dua per tiga justru berasal dari Kerajaan Melayu dan gabungan beberapa dari kerajaan di wilayah Jawa yang sudah mengakui kekuasaan Kerajaan Majapahit.

Konon rahasia kekuatan laut Majapahit sejak jaman Gajah Mada yaitu terletaknya pimpinan yang dipegang oleh Mpu Nala sebagai panglima tertinggi.

Mpu Nala dalam membangun kekuatan laut yang tersohor kala itu, beliau menemukan sejenis pohon raksasa yang dirahasiakan lokasinya, untuk membangun kapal-kapal Majapahit yang berukuran besar di masa itu.

Persenjataan kapal-kapal Majapahit berupa meriam Jawa. Konon Gajah Mada kecil pernah diasuh oleh tentara Mongol yang dikirim Kublai Khan menyerbu Jawa guna membalas penghinaan yang dilakukan oleh Prabu Kertanegara mencoreng-coreng wajah utusan Tiongkok yang menuntut agar Singosari tunduk di bawah kekuasaan Tiongkok. Gajah Mada diajarkan oleh pengasuhnya orang Mongol itu mengenai prinsip senjata api sederhana.

Selanjutnya Gajah Mada mengembangkan senjata api itu untuk mempersenjatai kapal-kapal perang Majapahit ciptaan Mpu Nala yang istimewa itu, hingga mampu merajai wilayah di perairan Selatan (Nan Yang).

Keturunan Mpu Nala terus melanjutkan kepemimpinan militer Majapahit. Mpu Nala II tidak segemilang pendahulunya apalagi militer laut sudah demikian parah dalam melakukan tindak korupsi di wilayah kekuasaan masing-masing, sehingga rakyat tidak lagi menghormati kekuasaan pemerintahan pusat. Dan menurunkan wibawa Majapahit di kalangan kerajaan taklukannya.

Di masa kehancuran itu Mpu Nala II tidak segemilang pendahulunya. Sehingga seperti yang terjadi kemudian, kekuatan laut yang tersohor di Nan Yang itu saling bertempur satu kapal dengan kapal yang lain.

Quote:


jadi bukan hanya Gajah Mada saja tokoh hebat nya
Bigers - 29/10/2010 07:43 PM
#3

Quote:
Original Posted By verditch
nyumbang sedikit artikel



jadi bukan hanya Gajah Mada saja tokoh hebat nya


Memamng untuk wilayah Maritim seperti kepulauan Nusantara, dibutuhkan kekekuatan Angakatan Laut yang besar..

Saya baru denger nama Mpu Nala ini..

Apakah bekas2 istana kerajaan Majapahit masi ada ya
IPPAT - 29/10/2010 10:12 PM
#4

Quote:
Original Posted By Bigers
Memamng untuk wilayah Maritim seperti kepulauan Nusantara, dibutuhkan kekekuatan Angakatan Laut yang besar..

Saya baru denger nama Mpu Nala ini..

Apakah bekas2 istana kerajaan Majapahit masi ada ya


bener gan...
kita harus punya armada laut yang kuat untuk mempertahankan tanah air...
jadi armada laut itu menjaga di perbatasan laut indonesia...
jadi kalo di perbatasan aman....
maka daerah indonesia pasti aman...

kalo bekas istana majapahit ane kurang taw gan...
ntar ane search dulu...
IPPAT - 29/10/2010 10:13 PM
#5

Quote:
Original Posted By verditch
nyumbang sedikit artikel



jadi bukan hanya Gajah Mada saja tokoh hebat nya


thx gan....
atas masukannya...
ejitsuzawa - 14/11/2010 06:03 PM
#6

sayang terjadi perang saudara yg mengakibatkan kerajaan majapahit itu hancur...
andai saja tidak terjadi perang saudara..
pasti bangsa kita tidak akan di masuki oleh para penjajah..
sehingga membuat negara kita tertinggal dari negara2 lain..
:mewek
IPPAT - 14/11/2010 07:20 PM
#7

Quote:
Original Posted By ejitsuzawa
sayang terjadi perang saudara yg mengakibatkan kerajaan majapahit itu hancur...
andai saja tidak terjadi perang saudara..
pasti bangsa kita tidak akan di masuki oleh para penjajah..
sehingga membuat negara kita tertinggal dari negara2 lain..
:mewek


bner banget gan...
jadi jangan sampe kita berperang dengan sesama...
BlueFaith - 15/11/2010 04:23 AM
#8

sungguh luas sekali yah wilayah kekuasaan majapahit jaman dahulu yah gan, bangga juga gan jadi bangsa indonesia
IPPAT - 28/11/2010 02:46 PM
#9

Quote:
Original Posted By BlueFaith
sungguh luas sekali yah wilayah kekuasaan majapahit jaman dahulu yah gan, bangga juga gan jadi bangsa indonesia


ea gan....
kita terpecah karena penjajah...
jkpoli - 27/03/2011 07:38 AM
#10

Sejarah yang mengingatkan kita
Bagaimana kekuatan nusantara pada duluny
sekarang masih bisa kita ingat
Jihko - 28/03/2011 11:31 AM
#11

memang, Majapahit dengan komandonya patih Gajah Mada sangat-sangat ditakuti dunia...... kita sangat bangga dengan prestasi itu....
Thorenn.R - 03/04/2011 08:23 AM
#12

Iya gan!!! Di hape ane kan ada aplikasi oxford world history, nah ane liat di situ iseng2 klik majapahit, ehhh nongol gan!! Wahh hebat gan emang bangsa kita ini ! :2thumbup terkenal pada zaman dulu !!! Tapi sekarang??? :nohope
bok3pol - 06/04/2011 10:22 AM
#13

saatnya kita kembalikan kejayaan Indonesia

:rate5 dolo gan
okyuchan - 06/04/2011 12:34 PM
#14

ikut bangga gan dengaer ceritanya.. saatnya kita kembalikan kejayaan indonesia ... mulailah dari yang kecil,danmulai sekarang juga
plututok - 06/04/2011 04:07 PM
#15

Waktu itu namanya NUSANTARA (kalo jawa NUSWANTORO)
sekarang saatnya bawa Nusantara Indonesia sejaya di waktu itu
sugasugagus - 06/04/2011 09:25 PM
#16

malaysia juga termasuk wilayah majapahit kan ya gan? cuma kita di pisahkan karena penjajah tolol itu
roistiawan - 15/04/2011 10:23 PM
#17

wah kalau baca2 literatur tentang majapahit emang bisa bikin bangga gan,,cuma masih banyak juga perdebatan tentang sejarah majapahit
signoritasexy - 14/05/2011 01:46 PM
#18

baca postingan TS, saya jadi ingat sama guru PPKn ane pas SMA katanya amsih keturunan kerajaan apa gitu deh gan, keturunan ke 16 kalo ga salah guru saya dulu itu
adhisadhis - 19/05/2011 10:55 AM
#19

hebat majapahit... berarti ASEAN adalah kekuasaan kita dulu
mynameis_alwan - 02/06/2011 01:39 AM
#20

wew, luas bener majapahit.g kalah sama united kingdom
bener2 layak d bilang atlantis deh INDONESIA
Page 1 of 3 |  1 2 3 > 
Home > KASKUS CORNER > CINTA INDONESIAKU > Majapahit, Bukti Kejayaan Bangsa Indonesia