Arsitektur
Home > LOEKELOE > TEKNIK > Arsitektur > mau nanya aturan komisi perantara dalam jual beli tanah/rumah
Total Views: 3694

baimtetsu84 - 17/11/2010 11:01 PM
#1
mau nanya aturan komisi perantara dalam jual beli tanah/rumah
mlm gan. .ane mau tanya sm agan2 yg udah berpengalaman dlm bidang properti

ane perantara nih gan baru kemaren tembus ber2 sama temen ane. .kmrn ceritanya ane yg bawa nih org(pembeli) dan temen ane yg tau2 lokasinya. .setelah pencarian dapat satu yg cocok. .setelah deal ane sm temen ane k rumah sodaranya kebetulan pemilik ga da. .nah setelah pembeli yg saya bawa cocol dgn tanah dan harga jadi komisi yg tadinya 2 org jd ber3 dgn pihak saudaranya. .setelah saya lihat pembeli menulis semua pengeluaran d situ dia menulis komisi perantara 2,5% dari harga tanah tsb. .ada kira2 15 juta rupiah. .dan si pembeli setelah hitung2an dia nawar gan maunya terima bersih. .

yg saya mau tanyakan apakah klo kasus diatas si penjual juga memberikan komisi 2,5% juga???apa alasannya

mohon bantuan dari agan2 yg mengerti ttg kasus saya. .

wil11 - 17/11/2010 11:18 PM
#2

masa ga ada perjanjian dari awal bro ? biasanya yg ngasi yang butuh, misalnya: pembeli yang suruh si bro nyari, ya dia yg bayar, ato si penjual suruh jualin rumahnya, ya dia yg ngasi, tapi kalo si bro mau tarikkin berdua ya gpp, yg penting semuanya senang aja, haha.
baimtetsu84 - 17/11/2010 11:37 PM
#3

Quote:
Original Posted By wil11
masa ga ada perjanjian dari awal bro ? biasanya yg ngasi yang butuh, misalnya: pembeli yang suruh si bro nyari, ya dia yg bayar, ato si penjual suruh jualin rumahnya, ya dia yg ngasi, tapi kalo si bro mau tarikkin berdua ya gpp, yg penting semuanya senang aja, haha.


ooh gtu ya gan. .berarti si penjual ane bisa lobiin nih ya secara kan pembeli ane yg bawa. .hehe
Ztrekel_065 - 18/11/2010 01:37 AM
#4

Quote:
Original Posted By baimtetsu84
ooh gtu ya gan. .berarti si penjual ane bisa lobiin nih ya secara kan pembeli ane yg bawa. .hehe


emang harus gan si pembeli sama penjual ngasi duit ke kamu..
karena...si penjual kan mau jual tu rumah...
perlu relasi buat cari orng buat beli tu rumah..trus kamu yg dapat relasinya..
dan duit yg akan kamu dapat dari pembicaraan..

trus dari pembeli kalau dia suruh cariin rumah trus kamu dapat, pasti ada komisi lagi dari usaha kamu...dapat tu rumah..n cocok..deal kan 2'2
jadi komisi kamu double
tapi tergantung pembicaraan berapa2 duit yg mau di kasih ke kamu
nukie9500 - 18/11/2010 05:30 AM
#5

Pada dasarnya, base commision/Fee marketing yang pasti dapet adalah dari panjual bang sebesar 2.5% dari nilai transaksi. Tapi, bila seandainya umpamanya, Buyer mau kasih komisi juga, itu haknya buyer, bener kata Om Bro wiLL11. Jadi utamanya siapa yang memberikan Job Desk, itulah yang harus memberi Base commision, yang lainnya tambahan.'

Kalau melihat kasusnya Om bro.. Pembeli sebenarnya minta sama abang ga ni, atau abang yang tawarin ke Pembeli? dan Sodara temen abang, dia seharusnya sudah dapet base commision dari penjual.

Begitu bang.. saran aq...semoga lancar jaya untuk pembagian base commision nya.
baimtetsu84 - 18/11/2010 05:47 PM
#6

Quote:
Original Posted By nukie9500
Pada dasarnya, base commision/Fee marketing yang pasti dapet adalah dari panjual bang sebesar 2.5% dari nilai transaksi. Tapi, bila seandainya umpamanya, Buyer mau kasih komisi juga, itu haknya buyer, bener kata Om Bro wiLL11. Jadi utamanya siapa yang memberikan Job Desk, itulah yang harus memberi Base commision, yang lainnya tambahan.'

Kalau melihat kasusnya Om bro.. Pembeli sebenarnya minta sama abang ga ni, atau abang yang tawarin ke Pembeli? dan Sodara temen abang, dia seharusnya sudah dapet base commision dari penjual.

Begitu bang.. saran aq...semoga lancar jaya untuk pembagian base commision nya.


kasusnya gini loh gan, ane kan pasang iklan rumah trus ada yg tlp mau liat tuh rumah..nah rumah yg ane iklanin itu dr temen ane jadi ane yg iklanin doang..bbrapa lama kemudian ane d tlp calon pembeli klo rumah yg saya iklanin itu si pembeli tertarik...nah setelah di TKP sama pembeli mungkin kurang cocok sipembeli minta cari alternatif laen..nah kebetulan si temen ane banyak kenalan yg jual tanah...yawda ane sm temen ane nganterin tuh si calon pembeli di lokasi laen...nah ternyata ada nyangkut gan sm tanah kosng yg nantinya dia mau bangun rumah...dan ternyata deal

nah yg jadi pertanyaannya..ane kan yg iklanin dan pembeli tlp ane jd ane yg bawa...klo rumah yg ngasih tmn ane yg perantara juga...nah kasus d atas kan rumah yg ane iklanin ga jadi trus temen ane ngasih tau lokasi yg laen..ane br2 yg nganter pembeli,,,jadi kasusnya gmn dong tuh gan soal komisi???ane jadi bungung juga secara ga ada perjanjian karena spontan aja...

nah ane bilang komisi ber3 karena pas dateng k rumah penjual (kebetulan temen ane kenal bgt ma nih org) orgnya yg punya ga ada jadi kita berhadapan sama saudaranya...nah di situ saudaranya ngejelasain semua tetek bengek dan harga dan pembeli deal tinggal nunggu yg punya rumah aja...nah d situ juga saya lihat sipembeli mulai itung2an soal biaya semuanya termasuk komisi saya 2,5% tapi kan si penjual engga da d situ...nah kira2 etis ga sih gan klo kita ber2 minta komisi juga sama penjual???alesannya apa?

mohon agan2 bantuanya
bolkirut - 19/11/2010 12:43 AM
#7

pada dasarnya link awal si pembeli dr om bro..
jd gimanapun hasilnya asalkan semua pihak gak ada yg keberatan kayaknya okeh aja..
wellywang - 19/11/2010 07:19 AM
#8

setahu saya kalau kita sebagai penjual terus pakai jasa broker resmi (r** w**te, cen****, dsb), kalau tuh barang laku, maka yang 'wajib' keluar komisi adalah penjual, si pembeli bebas dari kewajiban memberi komisi, kecuali kalau dianya ikhlas.
nukie9500 - 19/11/2010 09:42 AM
#9

Quote:
Original Posted By baimtetsu84
kasusnya gini loh gan, ane kan pasang iklan rumah trus ada yg tlp mau liat tuh rumah..nah rumah yg ane iklanin itu dr temen ane jadi ane yg iklanin doang..bbrapa lama kemudian ane d tlp calon pembeli klo rumah yg saya iklanin itu si pembeli tertarik...nah setelah di TKP sama pembeli mungkin kurang cocok sipembeli minta cari alternatif laen..nah kebetulan si temen ane banyak kenalan yg jual tanah...yawda ane sm temen ane nganterin tuh si calon pembeli di lokasi laen...nah ternyata ada nyangkut gan sm tanah kosng yg nantinya dia mau bangun rumah...dan ternyata deal

nah yg jadi pertanyaannya..ane kan yg iklanin dan pembeli tlp ane jd ane yg bawa...klo rumah yg ngasih tmn ane yg perantara juga...nah kasus d atas kan rumah yg ane iklanin ga jadi trus temen ane ngasih tau lokasi yg laen..ane br2 yg nganter pembeli,,,jadi kasusnya gmn dong tuh gan soal komisi???ane jadi bungung juga secara ga ada perjanjian karena spontan aja...

nah ane bilang komisi ber3 karena pas dateng k rumah penjual (kebetulan temen ane kenal bgt ma nih org) orgnya yg punya ga ada jadi kita berhadapan sama saudaranya...nah di situ saudaranya ngejelasain semua tetek bengek dan harga dan pembeli deal tinggal nunggu yg punya rumah aja...nah d situ juga saya lihat sipembeli mulai itung2an soal biaya semuanya termasuk komisi saya 2,5% tapi kan si penjual engga da d situ...nah kira2 etis ga sih gan klo kita ber2 minta komisi juga sama penjual???alesannya apa?

mohon agan2 bantuanya

Sebenarnya kalau dibaca kasus bang Bro ini, dasar base commision/Fee marketing, tetep harus dapet bang, karena Buyer disini adalah orang umum, kebetulan baca iklan Bang Bro, yang intinya dari pemasaran ini, Bang Bro Musti dapet dari Penjual, apakah itu nanti dibagi 3 sama temen2 bang bro dari pihak penjual. Sedangkan bila Buyer ingin memberi komisi, ya itu rejekinya bang bro sendiri, kalau mau bagi/memberi kepada rekans mediator dari pihak penjual, itu diserahkan kepada Bang bro sendiri, sebagai pengambil keputusan. Itu seandainya Buyer mau memberi komisi ya, tapi buyernya kog ngomongin soal komisi di depan penjual yaa, secara transaksi bussiness, kurang etis Bang... itu hak dari buyer bila ingin memberi. Masalahnya, jangan sampe komisi yang mau diberikan ke Bang Bro, memotong dari nilai transaksi jual beli ini. Sama juga boong itu mah, sama aja nilai yang dikasih sama buyer mengambil jatah komisi penjual terhadap mediator. Dalam kasus seperti ini, dari sisi mediator, semuanya berhak mendapatkan komisi dari pihak buyer ini.

Tolong diperjelas kemasing-masing pihak Om, jangan sampe transaksi jual beli ini batal, gara2 salah satu pihak mempermasalahkan soal komisi untuk para mediator. Kalau buyer mau meberi komisi ke mediator khususnya disini bang bro, tolong nilai 2.5% Base Commision, ditambah dari harga transaksi bila itu dari Buyer, kalau dari Penjual nilai 2.5% diambil dari nilai transaksi dengan pihak Buyer.

Jelas ya Om bro.. penjelasan ane ni. Dan bang bro, mempunyai hak untuk menyampaikan ke pihak Penjual dan pembeli, untuk tidak saling berbicara soal komisi mediator pada saat transaksi. Kalaupun mau dibicarakan masing2 pihak, langsung berbicara dengan mediator.

Sukses Jaya Bang Om Bro....


Ps: dapet komisi dengernya ga ni.....
Gepenkk - 28/11/2010 01:38 PM
#10

Daripada gak jadi ya meningan ambil aja win2 solution. Minimal sih emang 1% tergantung besarnya transaksi
robert123456789 - 03/06/2011 03:51 AM
#11

Stau ane penjual yang pasti ngeluarin uang jasa
.PAMA. - 30/06/2011 07:52 PM
#12

Sori mau tanya, komisi penjualan itu standar 2.5% atau bisa lebih?
Ada makelar tanya minta komisi 5%.
jualanpalugada - 22/05/2012 05:36 PM
#13

ikut nyimak buat tambahan informasi,,,
thx agan2..
zordine - 17/09/2012 10:09 AM
#14

mau nanya nih gan. gw sewain ruko. yg sewa itu dari tetangga sendiri.
trus kl misalnya baru kasih DP, trus ada sesuatu hal jd batal. mesti kasih komisi ga ini
Home > LOEKELOE > TEKNIK > Arsitektur > mau nanya aturan komisi perantara dalam jual beli tanah/rumah