Arsitektur
Home > LOEKELOE > TEKNIK > Arsitektur > (Ask) Fondasi, Tiang, Sloof, Ring dan Plat Lantai 2 (Beton)
Total Views: 6689

Jhon_Wong - 18/11/2010 09:39 PM
#1
(Ask) Fondasi, Tiang, Sloof, Ring dan Plat Lantai 2 (Beton)
Agan2 semua permisi yang dari tehnik atau yang pengalaman,
Ane minta bantuannya, ane mau bangun rumah

Keterangan Rumah
- 2 lantai
- Jarak antar tiang 4 meter
- Kondisi tanah padat, keras dan stabil
- Pinginnya tahan terhadap gempa

Pertanyaan:
1. Di tanah tersebut sudah ada Fondasi yang di buat oleh Kakek ane 20 tahun yang lalu, namun sayang rumahnya batal dibangun, kondisi setelah di periksa tukang katanya masih bagus. Apakah fondasi itu masih bisa di gunakan? Kalo bisa Apa saja perbaikan yang mesti ane lakukan?

2. Untuk Sloof, Tiang, ring dan dak Apakah cukup menggunakan besi 12mm? Apakah sudah kuat dan memnuhi syarat tahan gempa?

3. Berapa ukuran Dimensi untuk Sloof, Tiang dan Ring? Apakah cukup jika ane pakai ukuran 20x30cm? (Ane pernah baca buku tapi ane ngk bisa ngitung dimensinya)

4. Berapa ya ukuran kedalaman tiang mulai dari permukaan tanah kebawah untuk rumah 2 lantai tersebut? Apakah cukup 60cm?

5. Rumah ane tersebut kan rencannya ada 6 ruangan, Apakah boleh ane cor lantainya perruangan, agar bisa menghemat kayu bekistingnya? Atau Harus langsung di cor sekaligus?

6. Yang Terakhir untuk pembesian lantai 2 kan ada besi yang dijalin, Standarnya yg tahan gempa berapa cm jarak antar jalinan besi tersebut? (ini agar ane bisa mengestimasi jumlah besi yang diperlukan)

Tolong dengan sangat bantuannya gan!!!
nukie9500 - 19/11/2010 10:13 AM
#2

Quote:
Original Posted By Jhon_Wong
Agan2 semua permisi yang dari tehnik atau yang pengalaman,
Ane minta bantuannya, ane mau bangun rumah

Keterangan Rumah
- 2 lantai
- Jarak antar tiang 4 meter
- Kondisi tanah padat, keras dan stabil
- Pinginnya tahan terhadap gempa

Pertanyaan:
1. Di tanah tersebut sudah ada Fondasi yang di buat oleh Kakek ane 20 tahun yang lalu, namun sayang rumahnya batal dibangun, kondisi setelah di periksa tukang katanya masih bagus. Apakah fondasi itu masih bisa di gunakan? Kalo bisa Apa saja perbaikan yang mesti ane lakukan?

2. Untuk Sloof, Tiang, ring dan dak Apakah cukup menggunakan besi 12mm? Apakah sudah kuat dan memnuhi syarat tahan gempa?

3. Berapa ukuran Dimensi untuk Sloof, Tiang dan Ring? Apakah cukup jika ane pakai ukuran 20x30cm? (Ane pernah baca buku tapi ane ngk bisa ngitung dimensinya)

4. Berapa ya ukuran kedalaman tiang mulai dari permukaan tanah kebawah untuk rumah 2 lantai tersebut? Apakah cukup 60cm?

5. Rumah ane tersebut kan rencannya ada 6 ruangan, Apakah boleh ane cor lantainya perruangan, agar bisa menghemat kayu bekistingnya? Atau Harus langsung di cor sekaligus?

6. Yang Terakhir untuk pembesian lantai 2 kan ada besi yang dijalin, Standarnya yg tahan gempa berapa cm jarak antar jalinan besi tersebut? (ini agar ane bisa mengestimasi jumlah besi yang diperlukan)

Tolong dengan sangat bantuannya gan!!!


Coba bantu bang...
1. Kalau hanya untuk satu Lantai, pondasi yang sudah tertanam ga masalah, untuk di gunakan.

2. Untuk ukuran 20X30, ane saranin pake besi dia.13 bang.

3. Sloof 20X30 sudah lebih dari cukup bang, standardnya untuk sloof 15X25, atau 15X30cm.

4. Kedalaman pondasi untuk rumah 2 lt. sebaiknya kedalaman 1M untuk pondasi Plat Beton nya, kalau untuk pondasi menerus/pondasi batu kalinya, 80cm. karena sudah tertanam 60 cm, tinggal tambahkan pondasi plat beton nya, kedalaman 80-100cm.

5. Untuk efisiensi waktu dan biaya, lebih baik pada saat pengecoran bersamaan, untuk menghindari adanya pengecoran yang tidak rata.

6. Maksudnya ring/sengkangnya nya ya bang... jarak /15-20cm bang....kalau mau pastinya, dihitung menggunakan perhitungan struktur bang, ada programnya SAP dan ETABS... biar lebih akurat. Sebelum bongkar/tambah yang sudah ada.

Semoga membantu info ini ya bang... Sukses Jaya.
andisoewandi - 19/11/2010 02:34 PM
#3

Quote:
Original Posted By nukie9500
Coba bantu bang...
1. Kalau hanya untuk satu Lantai, pondasi yang sudah tertanam ga masalah, untuk di gunakan.

2. Untuk ukuran 20X30, ane saranin pake besi dia.13 bang.

3. Sloof 20X30 sudah lebih dari cukup bang, standardnya untuk sloof 15X25, atau 15X30cm.

4. Kedalaman pondasi untuk rumah 2 lt. sebaiknya kedalaman 1M untuk pondasi Plat Beton nya, kalau untuk pondasi menerus/pondasi batu kalinya, 80cm. karena sudah tertanam 60 cm, tinggal tambahkan pondasi plat beton nya, kedalaman 80-100cm.

5. Untuk efisiensi waktu dan biaya, lebih baik pada saat pengecoran bersamaan, untuk menghindari adanya pengecoran yang tidak rata.

6. Maksudnya ring/sengkangnya nya ya bang... jarak /15-20cm bang....kalau mau pastinya, dihitung menggunakan perhitungan struktur bang, ada programnya SAP dan ETABS... biar lebih akurat. Sebelum bongkar/tambah yang sudah ada.

Semoga membantu info ini ya bang... Sukses Jaya.


setuju nih sama agan..
ini sih konstruksi sedehana dan hampir semua mandor bangunan mengerti ini, namun ada bagusnya kita punya pengertian sendiri agar tidak di tipu oleh oknum mandor....selamat membangun gan
yogo1991 - 19/11/2010 02:59 PM
#4

Quote:
Original Posted By nukie9500
Coba bantu bang...
1. Kalau hanya untuk satu Lantai, pondasi yang sudah tertanam ga masalah, untuk di gunakan.

2. Untuk ukuran 20X30, ane saranin pake besi dia.13 bang.

3. Sloof 20X30 sudah lebih dari cukup bang, standardnya untuk sloof 15X25, atau 15X30cm.

4. Kedalaman pondasi untuk rumah 2 lt. sebaiknya kedalaman 1M untuk pondasi Plat Beton nya, kalau untuk pondasi menerus/pondasi batu kalinya, 80cm. karena sudah tertanam 60 cm, tinggal tambahkan pondasi plat beton nya, kedalaman 80-100cm.

5. Untuk efisiensi waktu dan biaya, lebih baik pada saat pengecoran bersamaan, untuk menghindari adanya pengecoran yang tidak rata.

6. Maksudnya ring/sengkangnya nya ya bang... jarak /15-20cm bang....kalau mau pastinya, dihitung menggunakan perhitungan struktur bang, ada programnya SAP dan ETABS... biar lebih akurat. Sebelum bongkar/tambah yang sudah ada.

Semoga membantu info ini ya bang... Sukses Jaya.






Jawaban agan nukie dah top bgt, lebih dari cukup tuh.
Ane mau sharing aja untuk poin 5 (pengecoran sebagian sebagian)
Teorinya bisa aja sebagian2 atau peruangan tapi (ada TAPInya neh) pengecoran harus berhenti dititik moment =
0 Nah agak sulit kan nentuin moment 0 itu dimana, karena ini kerjaan para profesional.

Klu tidak pas di 0 bisa dipastikan suatu saat nanti terjadi lendutan n coran akan retak, penutup lantai rusak meskipun lama-lama jg akan runtuh. Kan jadi biaya lg.

So lebih baik pake saran Nukie, apalagi sekarang ngecor pake concrete matang seperti holcim, adhi mix, ready mix, dll (bukan iklan lho) sudah murah dan pengerjaan extra cepat.

semoga membantu
Jhon_Wong - 19/11/2010 03:04 PM
#5

Quote:
Original Posted By nukie9500
Coba bantu bang...
1. Kalau hanya untuk satu Lantai, pondasi yang sudah tertanam ga masalah, untuk di gunakan.

2. Untuk ukuran 20X30, ane saranin pake besi dia.13 bang.

3. Sloof 20X30 sudah lebih dari cukup bang, standardnya untuk sloof 15X25, atau 15X30cm.

4. Kedalaman pondasi untuk rumah 2 lt. sebaiknya kedalaman 1M untuk pondasi Plat Beton nya, kalau untuk pondasi menerus/pondasi batu kalinya, 80cm. karena sudah tertanam 60 cm, tinggal tambahkan pondasi plat beton nya, kedalaman 80-100cm.

5. Untuk efisiensi waktu dan biaya, lebih baik pada saat pengecoran bersamaan, untuk menghindari adanya pengecoran yang tidak rata.

6. Maksudnya ring/sengkangnya nya ya bang... jarak /15-20cm bang....kalau mau pastinya, dihitung menggunakan perhitungan struktur bang, ada programnya SAP dan ETABS... biar lebih akurat. Sebelum bongkar/tambah yang sudah ada.

Semoga membantu info ini ya bang... Sukses Jaya.



Terima Kasih banyak gan atas bantuannya,
sangat membantu ane, mohon sedikit pencerahan lg gan

untuk jawaban nomor satu, jadi fondasi ane ngk bisa digunakan untuk 2 lantai lagi ya gan?
Apakah masih ada solusi agar fondasi tersebut bisa digunakan untuk 2 lantai gan? Atau ane memang harus bikin fondasi ulang untuk 2 lantai ya gan?

terimakasih sebelumnya gan,
nukie9500 - 19/11/2010 10:11 PM
#6

Quote:
Original Posted By Jhon_Wong
Terima Kasih banyak gan atas bantuannya,
sangat membantu ane, mohon sedikit pencerahan lg gan

untuk jawaban nomor satu, jadi fondasi ane ngk bisa digunakan untuk 2 lantai lagi ya gan?
Apakah masih ada solusi agar fondasi tersebut bisa digunakan untuk 2 lantai gan? Atau ane memang harus bikin fondasi ulang untuk 2 lantai ya gan?

terimakasih sebelumnya gan,

Bisa bang, khan belum di urug tanah kan? langsung di suntik pondasi lamanya bang, tambahkan kedalaman nya, dan buat pondasi plat beton langsung sesuai dengan kolom2 ruangan, sesuai dengan denah bangunan nya...

Semoga membantu ya bang... Sukses jaya untuk bangun rumah nya.
junanda - 20/11/2010 08:41 PM
#7

Quote:
Original Posted By Jhon_Wong
Agan2 semua permisi yang dari tehnik atau yang pengalaman,
Ane minta bantuannya, ane mau bangun rumah

Keterangan Rumah
- 2 lantai
- Jarak antar tiang 4 meter
- Kondisi tanah padat, keras dan stabil
- Pinginnya tahan terhadap gempa

Pertanyaan:
1. Di tanah tersebut sudah ada Fondasi yang di buat oleh Kakek ane 20 tahun yang lalu, namun sayang rumahnya batal dibangun, kondisi setelah di periksa tukang katanya masih bagus. Apakah fondasi itu masih bisa di gunakan? Kalo bisa Apa saja perbaikan yang mesti ane lakukan?

2. Untuk Sloof, Tiang, ring dan dak Apakah cukup menggunakan besi 12mm? Apakah sudah kuat dan memnuhi syarat tahan gempa?

3. Berapa ukuran Dimensi untuk Sloof, Tiang dan Ring? Apakah cukup jika ane pakai ukuran 20x30cm? (Ane pernah baca buku tapi ane ngk bisa ngitung dimensinya)

4. Berapa ya ukuran kedalaman tiang mulai dari permukaan tanah kebawah untuk rumah 2 lantai tersebut? Apakah cukup 60cm?

5. Rumah ane tersebut kan rencannya ada 6 ruangan, Apakah boleh ane cor lantainya perruangan, agar bisa menghemat kayu bekistingnya? Atau Harus langsung di cor sekaligus?

6. Yang Terakhir untuk pembesian lantai 2 kan ada besi yang dijalin, Standarnya yg tahan gempa berapa cm jarak antar jalinan besi tersebut? (ini agar ane bisa mengestimasi jumlah besi yang diperlukan)

Tolong dengan sangat bantuannya gan!!!


kolom ( tiang ) ga kegedean gan ?

maap nih dengan tiang sgede itu mungkin bisa 3 lt lbh gan

- pembesian kolom mnurut Pbi 71 , 1 - 6 % dmensi kolom gan,

saran ane pake aja 20 x 20 tuk kolom, lebih hemat n efesiensi tuk ruang jg

- ring mungkin maksudnya ring balok yg diatas dinding y, samain aja ama sloofnya gan

klo butuh itungannya tinggal bilang gan, ane coba itungin tar

gratis,
itung2 mengaplikasikan sdkt ilmu yg ane punya
^_^
varaphe0us - 21/11/2010 11:20 AM
#8

nubie numpang mojok ya gan, pengen belajar2 jg gan

trims
sneijder1908 - 21/11/2010 05:41 PM
#9

sloof pake besi 13 dah cukup yah buat rumah 2 lt
nukie9500 - 21/11/2010 11:40 PM
#10

Quote:
Original Posted By sneijder1908
sloof pake besi 13 dah cukup yah buat rumah 2 lt


Cukup Om.. itu sudah diperhitungkan menggunakan aplikasi perhitungan struktur, ukuran sloof aja menggunakan 20X30 bang.....

Sukses Jaya.
junanda - 22/11/2010 03:42 PM
#11

Quote:
Original Posted By sneijder1908
sloof pake besi 13 dah cukup yah buat rumah 2 lt


klo hunian biasa, sangat cukup gan.. ^^
hmpagehgiri - 11/10/2011 05:36 PM
#12

nambahin aja..
pake besi ulir gan, spy tahan gempa. mahalan dikit sih.
kalo sengkang/ring pake besi polos gak apa2.
ucimgnayas - 11/10/2011 09:47 PM
#13

GAn pondasi ane pake bata merah, trus atasnya dicor dengan besi 8. pasangn batako kira2 kuat g y, trus fungsi cakar ayam tuh apa? apa perlu bangunan 1 lt menggunakan cakar ayam
black_bond - 28/12/2011 06:37 PM
#14

Quote:
Original Posted By ucimgnayas
GAn pondasi ane pake bata merah, trus atasnya dicor dengan besi 8. pasangn batako kira2 kuat g y, trus fungsi cakar ayam tuh apa? apa perlu bangunan 1 lt menggunakan cakar ayam


dicor dengan besi 8?! maksudnya gmana gan?! sloof pake besi 8 gitu maksudnya?! untuk rumah tidak bertingkat?!

kalo iya...sloofnya pake ukuran 15/20...yang 20 untuk tingginya..., ringnya pake besi 6 jarak sengkang 15cm dah cukup...tapi dgn catatan...bawah sloof ada pasangan pondasi batu kali...

kalo kasusnya cuma pake pasangan bata merah di bawah sloof (rolag)...berapa kedalamannya? kalo tipis...gedein sloofnya gan...jadiin ukuran 15/25...pake besi 10 aja...begelnya besi 8 jarak sengkang 15 cm....sama kepadatan tanah ruang dalam dan rabat lantainya mesti di kencangin gan....menghindari lantai melengkung karena amblas...soalnya gak ada pondasi batu kali yang selain berfungsi untuk pijakan tanah juga punya fungsi mengikat tanah di bagian bawah lantai bangunan...

rumah tidak bertingkat gak perlu pake footplat gan...kecuali tinggi dinding di atas 4,5 meter...footplat fungsinya selain sebagai pijakan, yang terpenting supaya bidang vertikal bangunan tidak terangkat/ rubuh.... karena tapaknya yang seperti telapak kaki terkancing tanah urug di atasnya...jadi kalo ketinggian bangunannya rata2 bangunan tidak tingkat dan kondisi tanahnya stabil...footplatnya mubazir gan....pondasi batu kali aja udah lebih dari cukup

sori kalo ane sok tau...
Home > LOEKELOE > TEKNIK > Arsitektur > (Ask) Fondasi, Tiang, Sloof, Ring dan Plat Lantai 2 (Beton)