Arsitektur
Home > LOEKELOE > TEKNIK > Arsitektur > Sharing SKA (sertifikat keahlian) Arsitek, Sipil, dan SIBP / IPTB
Total Views: 7030
Page 2.5 of 4 |  < 1 2 3 4 > 

algiazhari - 01/03/2011 03:09 PM
#31

SKA + SKT????jadi ngingetin ane pas mash di kontraktor yg suka ngikut tender pemerintah......he...he... krn toh itu cm formalitas (menurut ane pribadi) krn di tempat kerja ane dulu yg krjanya sopir aj bs didaftarin biar dpt SKA/SKT sekedar utk menuhin persyaratan Tender, tp ad juga pentingnya semisal kursus keahlian pas mo dpt SKA/SKTnya bisa menambah Khasanah pengetahuan kita, dan jg bs jd smcm referensi utk lamar kerja (Opini ane berimbang kan?)....he....he.......
berNavas - 01/03/2011 06:11 PM
#32

Quote:
Original Posted By algiazhari
SKA + SKT????jadi ngingetin ane pas mash di kontraktor yg suka ngikut tender pemerintah......he...he... krn toh itu cm formalitas (menurut ane pribadi) krn di tempat kerja ane dulu yg krjanya sopir aj bs didaftarin biar dpt SKA/SKT sekedar utk menuhin persyaratan Tender, tp ad juga pentingnya semisal kursus keahlian pas mo dpt SKA/SKTnya bisa menambah Khasanah pengetahuan kita, dan jg bs jd smcm referensi utk lamar kerja (Opini ane berimbang kan?)....he....he.......


Bnr gan,buat formalitas belaka klo buat kontraktor.
Tp klo keprofesian dri IAI tdk sembarangan gan.,ada aturannya.
Hrs memenuhi persyaratan & pnya pengalaman di proyek dlu dan punya ijasah S1.
Yah,setidaknya klo punya SKA sedikit menambah jenjang karir lah gan & lbh di segani di bidangnya.Klo pun tdk ya bsa di pajang di tembok kamar sertifikatnya gan,buat hiasan
phsycofunk - 01/03/2011 08:26 PM
#33

Quote:
Original Posted By berNavas
Bnr gan,buat formalitas belaka klo buat kontraktor.
Tp klo keprofesian dri IAI tdk sembarangan gan.,ada aturannya.
Hrs memenuhi persyaratan & pnya pengalaman di proyek dlu dan punya ijasah S1.
Yah,setidaknya klo punya SKA sedikit menambah jenjang karir lah gan & lbh di segani di bidangnya.Klo pun tdk ya bsa di pajang di tembok kamar sertifikatnya gan,buat hiasan


Menurut ane, SKA itu penting gan untuk profesi kita (ane), ane dihargai beda setelah punya SKA,.. walaupun SKA nya baru IP-M
weim - 11/04/2011 03:32 PM
#34

berbagi pengalaman mengenai SKA, ane punya SKA HPJI untuk Pengawas Jalan dan Pengawas Jembatan (ahli madya)
di HPJI ada 3 kategori yaitu : Pengawas, Perencana dan Pelaksana.
Sedangkan tingkatannya (dari terendah) : Ahli Muda #2, Ahli Muda #1, Ahli Madya, dan Ahli Utama.
Menurut ane, SKA dari HPJI mutlak diperlukan untuk tender proyek pemerintah yang dibawah naungan Bina Marga (jalan&jembatan), dari perencanaan, pengawasan dan pelaksanaan.
-
Sebagai anggota HPJI, ane ga ngrasain kontribusi nyata dari HPJI. Saat klarifikasi tenaga ahli (kalau proyek APBN biasanya di P2JJ), toh dites lagi oleh orang P2JJ atau kortim. Penilaiannya pun banyak yang berdasarkan like n dislike. Lalu kegunaan SKA apa?
Kalau misal ada engineer yang kena blacklist, HPJI juga tutup mata. Tapi tiap awal tahun, surat berisi tagihan iuran tahunan selalu datang di alamat rumah anggota HPJI
a12o3l - 11/04/2011 05:00 PM
#35

Quote:
Original Posted By Doraemon18
NICE THREAD....!!!!

Gan maw nanya atuh...
Klo misalnya kerja, apa ngaruhnya antara
punya SKA ato engga...

dan kegunaan SKA itu apa...??

Maaf koo nanyanya konyol..
maklum, masih mahasiswa semester 5
dan ane taw SKA aja dari thread ini...

benar-benar memberikan informasi,.. ^^


kalau kerja punya SKA atau nggak tergantung Perusahaannya gan, biasanya SKA dipakai buat proses pelelangan Pemerintah dan pembuatan SBU (Sertifikat Badan Usaha).

1. Untuk proses pelelangan:
dalam proses ini setau ane perusahaan diminta untuk menulis daftar tenaga yg memiliki SKA/SKT yg telah ditetapkan oleh panitia pelelangan.

2. Untuk proses pembautan/perpanjangan SBU.
setiap Badan Usaha Konstruksi gak akan bisa jadi SBU (sertifikat badan usaha) nya jika nggak ada tenaga ahli dengan bukti SKA.

jadi SKA itu dipakai oleh perusahaan untuk menunjukan seberapa Profesional tenaga mereka pada Instansi tertentu, walaupun kadang gak semestinya atau cuman SKA nya doang yg ada, Orangnya gak ada alias kerja di lain, keuntungan orang yang udah punya SKA itu SKA nya bisa dipakai di berbagai perusahaan dan bisa di Sewa juga kayak mobil aja.
stasiun - 31/05/2011 05:21 AM
#36

Quote:
Original Posted By a12o3l
kalau kerja punya SKA atau nggak tergantung Perusahaannya gan, biasanya SKA dipakai buat proses pelelangan Pemerintah dan pembuatan SBU (Sertifikat Badan Usaha).

1. Untuk proses pelelangan:
dalam proses ini setau ane perusahaan diminta untuk menulis daftar tenaga yg memiliki SKA/SKT yg telah ditetapkan oleh panitia pelelangan.

2. Untuk proses pembautan/perpanjangan SBU.
setiap Badan Usaha Konstruksi gak akan bisa jadi SBU (sertifikat badan usaha) nya jika nggak ada tenaga ahli dengan bukti SKA.

jadi SKA itu dipakai oleh perusahaan untuk menunjukan seberapa Profesional tenaga mereka pada Instansi tertentu, walaupun kadang gak semestinya atau cuman SKA nya doang yg ada, Orangnya gak ada alias kerja di lain, keuntungan orang yang udah punya SKA itu SKA nya bisa dipakai di berbagai perusahaan dan bisa di Sewa juga kayak mobil aja.


wah yang bener gan...
boleh pm-in tempat penyewaan ato rental ska/skt gan
RiccoSurvivalY - 01/06/2011 05:19 PM
#37

kalo SKA dari IAI tu gmna gan?
berNavas - 02/06/2011 12:13 AM
#38

Quote:
Original Posted By RiccoSurvivalY
kalo SKA dari IAI tu gmna gan?


Main ke sini aja klo soal IAI
rudyrisa - 02/06/2011 11:17 AM
#39

Makasi Info2 Nya Tentang SKA Dari Para Senior Praktikal....

Tapi Memang Yg Berpengalaman Adalah Tetap Yang memegang Kompetensi di Lapangan, Kalo Masalah SKA Memang Agak Membingungkan, Saya Saja Kepengen Bikin SIBP/SIPTB masih Bingung,,,Ya Semua Bener juga,,,Antara Memiliki SKA & Yg Tidak...

Mudah2an SKA itu Tidak Menghambat Rezeki Ya....Karena Rekan2 Senior Saya Ada Yg memiliki & Ada Yg Tidak,,,Tapi Mereka Juga Sukses...


Thanks Bisa Share
billyjoeandrez - 02/06/2011 08:44 PM
#40

Ane pun punya SKA dari ATAKI gan

staff kantor pun juga semua punya masing2 keahlian, soalnya utk tender proyek pemerintah sekarang mensyaratkan banyak macem2 SKA, jadi mau ga mau harus dibikin, proyek pemerintah kan ketat di administrasinya, makanya itu jd syarat mutlak jg tanpa harus mempermasalahkan dia mampu memikul sertifikat yang dibebankan kepadanya, soalnya kalo dari segi fungsi, SKA kan lain ama SIBP atau IPTB

CMIIW
billyz - 03/06/2011 04:08 PM
#41

Quote:
Original Posted By rudyrisa
Makasi Info2 Nya Tentang SKA Dari Para Senior Praktikal....

Tapi Memang Yg Berpengalaman Adalah Tetap Yang memegang Kompetensi di Lapangan, Kalo Masalah SKA Memang Agak Membingungkan, Saya Saja Kepengen Bikin SIBP/SIPTB masih Bingung,,,Ya Semua Bener juga,,,Antara Memiliki SKA & Yg Tidak...

Mudah2an SKA itu Tidak Menghambat Rezeki Ya....Karena Rekan2 Senior Saya Ada Yg memiliki & Ada Yg Tidak,,,Tapi Mereka Juga Sukses...


Thanks Bisa Share


tidak memiliki ska hanya bisa menghambat rezeki untuk jadi tenaga ahli proyek pemerintah saja gan.
justwilly46 - 05/07/2011 12:27 PM
#42

bedanya ska yg ahli madya dengan profesional madya paan y??
rhmtgstr - 13/07/2011 06:22 AM
#43

nih gan link ska buat arsitek
Spoiler for
amboenz - 13/07/2011 05:38 PM
#44

Nice gan..ane bentar lagi mau lulus jadi sarjana arsitek..tapi belom dapet gambaran jelas, gmana setelah ane lulus gan, apa ane mesti ngambil kaya yang agan bilang ini ato ga?kira kira untuk lapangan pekerjaan sekarang, apa surat ini penting banget apa ga?

thanks gan
d2t_rider - 14/07/2011 11:42 PM
#45
gan tolong ane cari skt
Quote:
Original Posted By Akur79
oke gan, thks buat masukannya. Mungkin jika agan mengerti info tentang pembuatan ska, iptb dll, bisa sharing disini..



makasih buat infonya.. ditunggu info2 dari teman2 lain..

ane butuh skt ini gan kalau boleh di sewa mau buat tender
SKT :
tukang cor beton
tukang besi beton
pelaksana SDA
saluran irigasi
Iyoy blekbek - 20/07/2011 10:08 AM
#46

Quote:
Original Posted By d2t_rider
ane butuh skt ini gan kalau boleh di sewa mau buat tender
SKT :
tukang cor beton
tukang besi beton
pelaksana SDA
saluran irigasi



Wah sama kita gan! ane juga mau nawarin kerjasama untuk agan2 yang punya SKA nih gan.. SKAnya di bidang Sumber Daya Air.. Buat tender di Tarakan, kalimantan Timur.

Kalo agan minat, hubungin ane ya.. 081366532030

ato ga, PMin ane, biar ane yang menghubungi agan....
d4dh - 30/07/2011 11:06 AM
#47

nice trit gan.. nyimak dulu ah
Lamsas - 08/09/2011 12:33 PM
#48

ane jarang ngegunain SKA ane gan.......padahal ane udeh ahli utama arsitek di PATI / LPJK...biaya SKAnya sih ane gak ada kluar biaya sepersenpun alias dibayarin perusahaan.
kaka13 - 10/09/2011 12:16 PM
#49

Quote:
Original Posted By NG.Clone
berapa SKA yang harus dilampirkan tergantung dari permintaan KAK dan nilai proyek itu sendiri. tapi mulai 2011 persyaratan pengadaan diperketat dengan penggunaan e-proc. persyartan tenaga ahli yang dibutuhkan juga makin diperketat seperti : (untuk Tenaga Ahli Arsitektur dan Proyek perencanaan)
1. Team leader harus S2 dengan pengalaman min 12 tahun (SKA)
2. Tenaga Ahli min S1 berpengalaman 12 tahun (SKA setara madya)
3. Ass Tenaga Ahli min S1 berpengalaman 8 tahun (SKA junior - Madya
bahkan untuk tenaga pendukung seperti drafter pun sekarang harus S1.


Benar gan. . sepakat gan. . diperketat smw ruang lingkup. .
sandy_cuth - 11/09/2011 07:08 PM
#50

numpang tanya nih gan, bukankah Sertifikasi Keahlian itu dibutuhkan oleh kebanyakan kegiatan konsultansi di pemerintahan ya, jadi sangat tergantung sama bowhir dan KAK, kalo pemilik kegiatan adalah swasta dan lebih percaya sama portofolio dan hasil kerja sebelumnya, kan boleh saja ya Gan? maaf nubi banyak tanya..
Page 2.5 of 4 |  < 1 2 3 4 > 
Home > LOEKELOE > TEKNIK > Arsitektur > Sharing SKA (sertifikat keahlian) Arsitek, Sipil, dan SIBP / IPTB