Militer
Home > CASCISCUS > MILITER & KEPOLISIAN > Militer > Semua Tentang MILITER MAJAPAHIT
Total Views: 48779
Page 17 of 33 | ‹ First  < 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 >  Last ›

princeville - 02/01/2011 03:47 PM
#321

Quote:
Original Posted By virtualboy17
gan, postingin gambar2 pasukan2 majapahit dengan baju zirahnya dong gan, ane penasaran baju zirah majapahit kayak gimana ?


emang ada ??? emang pke ???
virtualboy17 - 02/01/2011 04:06 PM
#322

Quote:
Original Posted By princeville
emang ada ??? emang pke ???


emang gak pake ya ? siapa tau ada gitu, kayak kebanyakan pasukan2 abad pertengahan

tapi santai aja dong bung
rasenwolfe - 02/01/2011 04:47 PM
#323

Quote:
Original Posted By Judess
bukan dek. baidewei ntu manggil mbok disengaja atau nda sengaja? aku belum mbok2 loh.


Ngga sengaja mba heheh,
a sama o kan deket, sala ketik...

BTW saya mau nanya2 soal "sumber2 dari wilayah lain" yang pernah mba bahas, soal nya penting untuk konfirmasi data mba.

Untuk baju pelindung, kita ngga ada baju pelindung karena gelaran2 yang ada "memaksa" prajurit untuk bergerak cepat
Sebagai gantinya, kita memakai tameng

Pertanyaannya: tamengnya apakah hanya bulat atau bervariasi bentuk dan bahannya ? dan terbuat dari apa?

thanks
Judess - 02/01/2011 06:42 PM
#324

Quote:
Original Posted By rasenwolfe
Ngga sengaja mba heheh,
a sama o kan deket, sala ketik...

BTW saya mau nanya2 soal "sumber2 dari wilayah lain" yang pernah mba bahas, soal nya penting untuk konfirmasi data mba.

Untuk baju pelindung, kita ngga ada baju pelindung karena gelaran2 yang ada "memaksa" prajurit untuk bergerak cepat
Sebagai gantinya, kita memakai tameng

Pertanyaannya: tamengnya apakah hanya bulat atau bervariasi bentuk dan bahannya ? dan terbuat dari apa?

thanks


data yang mana dek? yang catatan pribadi? kalau data yang itu mohon maaf sekali mbak nda bisa sharing.
greatgan - 02/01/2011 08:30 PM
#325

bagaimana, kalau kita memulai "deduksi" dengan praduga2 kita dulu, sampai orang2 yg memiliki informasi yg lebih akurat dengan sejarah mampu menjelaskan ke kita..

kalau saya menduga, pasukan2 utama kerajaan terdiri dari pasukan cavalery dengan senjata utama panah dan tombak.. di dukung oleh para hamba/abdi yg membentuk unit infantry. unit infantry-nya seperti mesir kuno, umum-nya bertelanjang dada, dengan hanya memakai hiasan2 dari tembaga (cooper)..

tombak memakai lebih sedikit bahan baja yg (kemungkinan) sangat mahal dan sulit di produksi pada masa-nya, di bandingkan dengan pedang ala China misal-nya. dan tombak sangat effective untuk menahan laju cavalery musuh..

perang akan lebih banyak terjadi antara kedua pasukan berkuda dengan saling menembak panah. dan pasukan infantry berusaha membuat kepungan dan barikade bertombak. sebelum akhirnya semakin dekat dan beradu..

aku belum pernah lihat baju jirah dalam bentuk apapun.. kemungkinan besar, tidak ada yg pakai sama sekali.. cuaca tropis yg panas dan lembab, akan menyulitkan pemakaian baju kulit yg tebal..

jadi hanya mengandalkan perisai dari kayu.

sekali lagi.. cuma dugaan2..
princeville - 02/01/2011 08:57 PM
#326

Quote:
Original Posted By greatgan
bagaimana, kalau kita memulai "deduksi" dengan praduga2 kita dulu, sampai orang2 yg memiliki informasi yg lebih akurat dengan sejarah mampu menjelaskan ke kita..

kalau saya menduga, pasukan2 utama kerajaan terdiri dari pasukan cavalery dengan senjata utama panah dan tombak.. di dukung oleh para hamba/abdi yg membentuk unit infantry. unit infantry-nya seperti mesir kuno, umum-nya bertelanjang dada, dengan hanya memakai hiasan2 dari tembaga (cooper)..

tombak memakai lebih sedikit bahan baja yg (kemungkinan) sangat mahal dan sulit di produksi pada masa-nya, di bandingkan dengan pedang ala China misal-nya. dan tombak sangat effective untuk menahan laju cavalery musuh..

perang akan lebih banyak terjadi antara kedua pasukan berkuda dengan saling menembak panah. dan pasukan infantry berusaha membuat kepungan dan barikade bertombak. sebelum akhirnya semakin dekat dan beradu..

aku belum pernah lihat baju jirah dalam bentuk apapun.. kemungkinan besar, tidak ada yg pakai sama sekali.. cuaca tropis yg panas dan lembab, akan menyulitkan pemakaian baju kulit yg tebal..

jadi hanya mengandalkan perisai dari kayu.

sekali lagi.. cuma dugaan2..


gw melihat bahwa cavalary lebih ke arah unit khusus yg harus bergerak cepat. dari novel krisnha hadi dan pengarang lainnya lebih banyak disebutkan bentuk pasukan segelar sepapan dengan berbagai gelar perang seperti supit urang, garuda layang, cakra byuha, diradameta, pasar wutah dll. berbagai gelar perang ini dimungkinkan untuk prajurit infantri yg bergerak cepat diatas tanah.
rakataz - 03/01/2011 02:21 PM
#327

Quote:
Original Posted By Enrico97
ane udah lama tertarik dengan sejarah2 kerajaan di tanah air.. ane lihat di peta yg udah TS perlihatkan di trit ini daerah Philipina Selatan sepertinya tidak termasuk daerah vasaal Majapahit.. mungkin ada historinya tentang penaklukan militer Majapahit di Philipina selatan? thanks


ga taw ya philipina pernah jd daerah taklukan majapahit apa ngga. cuma gw pernah baca kalo majapahit pernah melakukan ekspedisi militer ke philipina selatan. pasukan dikirim melalui kalimantan, dikepalai juga oleh pejabat majapahit dari kalimanatan ( mungkin raja bawahan majapahit di kalimantan).

oleh karena itulah kenapa di philipina (terutama di slatan) terdapat senjata yg namanya Kris. asalanya ya itu, dari keris.

trus soal armor majapahit, IMO majapahit punya yg namanya armor/baju pelindung. dari salah satu milis yg pernah gw baca, pernah ditemukan baju zirah (bukan zirah eropa ya ) di philipina (juga) yg doiperkirakan dari sriwijaya atau majapahit. kalaulah sriwijaya sudah mengenal armor, apa iya majapahit ga kenal juga.

terus majapahit sudah berhub internasional dengan negara lain sejak lama, terutama cina, masak iya ga kenal teknologi baju pelindung ? minimal dari bahan semacam kulit lah.

kalau kita tilik2, mungkin cerita2 satria masa lalu yg kebal2 senjata sebenarnya adalah satria2 yg menggunakan baju pelindung. cuma karena kebiasaan masa lalu yg suka melebih2kan cerita asal bos senang, makanya jadi cerita2 ilmu kebal gitu deh...hehehe
rakataz - 03/01/2011 02:28 PM
#328

Quote:
Original Posted By greatgan
bagaimana, kalau kita memulai "deduksi" dengan praduga2 kita dulu, sampai orang2 yg memiliki informasi yg lebih akurat dengan sejarah mampu menjelaskan ke kita..

kalau saya menduga, pasukan2 utama kerajaan terdiri dari pasukan cavalery dengan senjata utama panah dan tombak.. di dukung oleh para hamba/abdi yg membentuk unit infantry. unit infantry-nya seperti mesir kuno, umum-nya bertelanjang dada, dengan hanya memakai hiasan2 dari tembaga (cooper)..

tombak memakai lebih sedikit bahan baja yg (kemungkinan) sangat mahal dan sulit di produksi pada masa-nya, di bandingkan dengan pedang ala China misal-nya. dan tombak sangat effective untuk menahan laju cavalery musuh..

perang akan lebih banyak terjadi antara kedua pasukan berkuda dengan saling menembak panah. dan pasukan infantry berusaha membuat kepungan dan barikade bertombak. sebelum akhirnya semakin dekat dan beradu..

aku belum pernah lihat baju jirah dalam bentuk apapun.. kemungkinan besar, tidak ada yg pakai sama sekali.. cuaca tropis yg panas dan lembab, akan menyulitkan pemakaian baju kulit yg tebal..

jadi hanya mengandalkan perisai dari kayu.

sekali lagi.. cuma dugaan2..


untuk mendukung sebuah pasukan berkuda tentunya diperlukan daerah penghasil kuda. dan tampaknya jawa bukanlah daerah penghasil kuda. kalo harus mendatangkan dari luar, tentunya akan sangat mahal. ehingga cavalery menjadi tulang punggung majapahit kayaknya agak sulit.

tp itu cm IMO loh..
greatgan - 03/01/2011 02:58 PM
#329

Quote:
Original Posted By rakataz

terus majapahit sudah berhub internasional dengan negara lain sejak lama, terutama cina, masak iya ga kenal teknologi baju pelindung ? minimal dari bahan semacam kulit lah.

kalau kita tilik2, mungkin cerita2 satria masa lalu yg kebal2 senjata sebenarnya adalah satria2 yg menggunakan baju pelindung. cuma karena kebiasaan masa lalu yg suka melebih2kan cerita asal bos senang, makanya jadi cerita2 ilmu kebal gitu deh...hehehe


itu dia.. sejauh ini belum pernah lihat di buku sejarah atau museum, armor asli Indonesia.. kalau pun ada terbatas pada armor dari kulit.. yg pasti tidak nyaman d pakai pada musim panas. dan memiliki resistansi yg rendah terhadap senjata logam.

Quote:
Original Posted By rakataz
untuk mendukung sebuah pasukan berkuda tentunya diperlukan daerah penghasil kuda. dan tampaknya jawa bukanlah daerah penghasil kuda. kalo harus mendatangkan dari luar, tentunya akan sangat mahal. ehingga cavalery menjadi tulang punggung majapahit kayaknya agak sulit.

tp itu cm IMO loh..


oohh.. begitu ya. aku kurang mengerti itu..

kalau memang betul demikian, maka kemungkinan untuk mengandalkan pasukan berkuda sangat rendah ya.
eagleroaming - 03/01/2011 03:10 PM
#330

ikut urun rembug bro all cm IMHO aj secara zaman dulu sdh ada senjata keris dgn sgla mitosnya, apa iya cm buat ngiris/melukai lwn klo lht bntknya yg lemas (tp klo beracun mgkn/diberi warangan dll) cb renungkan (silahkan yg punya referensi bs SHARING DIMARI)alternatif lain pertempuran zaman dulu/klasik?!),

sdgkn saya pernah mendengar bhw dlu sblm penaklukan pulau Bali Mahapatih Gajahmada bersemadi di Gua Gajah utk menjamming adu sakti kekuatan gaib pulau Bali jd tdk perlu hrs bertumpah darah benturan lsg man to man FRONTAL BATTLE ckup dgn cr JAWA ASLI/ADU SAKTI?! lalu kerajaan Bali/mrk kirim utusan yg intinya TUNDUK kpd Kemaharajaan MAJAPAHIT (krn mrk pikir percuma bertempur klo pusaka andalan tlh lbh dulu ditaklukkan/analogi sdrhn skrg kena JAMMING mgkn) Monggo kerso silahken atuh dishare dimari mengingat ada istilah TAYUH/TAYUB n ADU SAKTI PUSAKA (yg diabadikan di crt drama ketoprak dll?)


rakataz - 03/01/2011 03:21 PM
#331
carried Ateria
Quote:
Original Posted By greatgan
itu dia.. sejauh ini belum pernah lihat di buku sejarah atau museum, armor asli Indonesia.. kalau pun ada terbatas pada armor dari kulit.. yg pasti tidak nyaman d pakai pada musim panas. dan memiliki resistansi yg rendah terhadap senjata logam.


dari milis yg pernah gw baca, potongan armor yg ditemukan berciri sriwijaya ato majapahit itu terbuat dari logam dengan ada ukiran semacam dewa di atasnya. tp mungkin pemakaiannya hanya dikalangan terbatas, tidak sampai ke prajurit bawah.

dan mungkin juga pemakaian baju pelindung itu terbatas pada divisi2 tertentu saja. selain mungkin karena seperti yg bro sebut tadi, kendala iklim, pemeliharaannya jg semakin sulit dan mahal. atau bisa saja karena sifat masyarakat kita yg mahir 'mendaur ulang', sehingga klo ketemu bahan logam ato semacamnya, dah di pake aja buat wajan ato panci wkwkwk...sama halnya seperti bangunan2 kuno yg batunya diambilin untuk dijadikan bangunan baru.

IMO

Quote:
Original Posted By greatgan


oohh.. begitu ya. aku kurang mengerti itu..

kalau memang betul demikian, maka kemungkinan untuk mengandalkan pasukan berkuda sangat rendah ya.


dan lagi, untuk menjadi kuda perang kan ada kriteria nya. ga smua kuda bisa menjadi kuda perang. mungkin sama ceritanya kayak yunani, yg lebih mengenal infantri daripada cavalery (meskipun mereka punya satuan2 cavalery). krena itu, terbatasnya stok kuda yg bagus/pantas.

saking langkanya, kuda menjadi simbol menyerahnya seorang panglima kepada panglima lain. seperti trik kuda troya.
rakataz - 03/01/2011 03:28 PM
#332

Quote:
Original Posted By eagleroaming
ikut urun rembug bro all cm IMHO aj secara zaman dulu sdh ada senjata keris dgn sgla mitosnya, apa iya cm buat ngiris/melukai lwn klo lht bntknya yg lemas (tp klo beracun mgkn/diberi warangan dll) cb renungkan (silahkan yg punya referensi bs SHARING DIMARI)alternatif lain pertempuran zaman dulu/klasik?!),


kayaknya kalo liat dari bentuknya keris bukan senjata sabet/iris..tp senjata tipe tusuk. IMO

Quote:
Original Posted By eagleroaming

sdgkn saya pernah mendengar bhw dlu sblm penaklukan pulau Bali Mahapatih Gajahmada bersemadi di Gua Gajah utk menjamming adu sakti kekuatan gaib pulau Bali jd tdk perlu hrs bertumpah darah benturan lsg man to man FRONTAL BATTLE ckup dgn cr JAWA ASLI/ADU SAKTI?! lalu kerajaan Bali/mrk kirim utusan yg intinya TUNDUK kpd Kemaharajaan MAJAPAHIT (krn mrk pikir percuma bertempur klo pusaka andalan tlh lbh dulu ditaklukkan/analogi sdrhn skrg kena JAMMING mgkn) Monggo kerso silahken atuh dishare dimari mengingat ada istilah TAYUH/TAYUB n ADU SAKTI PUSAKA (yg diabadikan di crt drama ketoprak dll?)




mungkin ada benarnya cerita tersebut. karena saya lebih suka merasionalakan cerita2 rakyat masa lalau. seperti ilmu kebal yg secara rasional mungkin adalah bukti keberadaan baju pelindung/armor.

dan lagi, ekspedisi majapahit tidak hanya ke bali saja tapi juga sampai ke singapura yang jelas2 adalah benar2 perang sebenaranya, man to man.
pemangsa - 03/01/2011 03:28 PM
#333

Quote:
Original Posted By rakataz
untuk mendukung sebuah pasukan berkuda tentunya diperlukan daerah penghasil kuda. dan tampaknya jawa bukanlah daerah penghasil kuda. kalo harus mendatangkan dari luar, tentunya akan sangat mahal. ehingga cavalery menjadi tulang punggung majapahit kayaknya agak sulit.

tp itu cm IMO loh..


Maaf agak OOT, saat perang Diponegoro (5-6 abad setelah Majapahit) hampir semua pasukan merupakan kavaleri kuda. Kuda didapatkan dari desa2 ditanah jawa. Yang saya juga bingung, kuda2 ini didatangkan darimana? Apakah juga diimpor dari luar? sedangkan para pemuda di desa2 yang menunggang kuda tsb, apakah pemuda2 desa tadi sanggup mengimpor kuda?
AfrikaKorps - 03/01/2011 03:35 PM
#334

Quote:
Original Posted By eagleroaming
ikut urun rembug bro all cm IMHO aj secara zaman dulu sdh ada senjata keris dgn sgla mitosnya, apa iya cm buat ngiris/melukai lwn klo lht bntknya yg lemas (tp klo beracun mgkn/diberi warangan dll) cb renungkan (silahkan yg punya referensi bs SHARING DIMARI)alternatif lain pertempuran zaman dulu/klasik?!),

sdgkn saya pernah mendengar bhw dlu sblm penaklukan pulau Bali Mahapatih Gajahmada bersemadi di Gua Gajah utk menjamming adu sakti kekuatan gaib pulau Bali jd tdk perlu hrs bertumpah darah benturan lsg man to man FRONTAL BATTLE ckup dgn cr JAWA ASLI/ADU SAKTI?! lalu kerajaan Bali/mrk kirim utusan yg intinya TUNDUK kpd Kemaharajaan MAJAPAHIT (krn mrk pikir percuma bertempur klo pusaka andalan tlh lbh dulu ditaklukkan/analogi sdrhn skrg kena JAMMING mgkn) Monggo kerso silahken atuh dishare dimari mengingat ada istilah TAYUH/TAYUB n ADU SAKTI PUSAKA (yg diabadikan di crt drama ketoprak dll?)




masa seh ??? :matabelo gua gajah itu sekarang jadi pura.....
rakataz - 03/01/2011 03:38 PM
#335

Quote:
Original Posted By pemangsa
Maaf agak OOT, saat perang Diponegoro (5-6 abad setelah Majapahit) hampir semua pasukan merupakan kavaleri kuda. Kuda didapatkan dari desa2 ditanah jawa. Yang saya juga bingung, kuda2 ini didatangkan darimana? Apakah juga diimpor dari luar? sedangkan para pemuda di desa2 yang menunggang kuda tsb, apakah pemuda2 desa tadi sanggup mengimpor kuda?


saya sendiri kurang data ttg komposisi pasukan diponegoro. kesulitan memperoleh kuda bukan berarti tidak mempunya kavaleri. tp menjadikan kavaleri menjadi tulang punggung militer nya yg sulit. karena, harus ada kemampuan untuk meregenerasi kuda2 yg hilang secara cepat.

dan lagi, sepanjang pengetahuan saya, pangeran diponegoro bermarkas di gua. yg jadi pertanyaan, dimanakah dia menyimpan kuda2 pasukannya, jika memang benar kavaleri adalah tulang punggung/mayoritas dari pasukannya?

justru krn pageran diponegoro bermarkas di goa2 dan gerilya, menunjukan kalo pasukannya kebanyakan adalah infantri. bukan berarti saya bilang pangeran diponegoro ga punya kavaleri ya..hehe
princeville - 03/01/2011 03:51 PM
#336

Quote:
Original Posted By pemangsa
Maaf agak OOT, saat perang Diponegoro (5-6 abad setelah Majapahit) hampir semua pasukan merupakan kavaleri kuda. Kuda didapatkan dari desa2 ditanah jawa. Yang saya juga bingung, kuda2 ini didatangkan darimana? Apakah juga diimpor dari luar? sedangkan para pemuda di desa2 yang menunggang kuda tsb, apakah pemuda2 desa tadi sanggup mengimpor kuda?


pertanyaanny, bagaimana pola pergelaran pasukan dan konsep militer yang di anut di jaman diponegoro dan di jaman majapahit ???
pemangsa - 03/01/2011 03:55 PM
#337

Quote:
Original Posted By princeville
pertanyaanny, bagaimana pola pergelaran pasukan dan konsep militer yang di anut di jaman diponegoro dan di jaman majapahit ???


Wahh..., tadi ane cuma mikir sumber kuda di tanah Jawa. Mungkin ada yang tau..
eagleroaming - 03/01/2011 03:56 PM
#338

Quote:
Original Posted By AfrikaKorps
masa seh ??? :matabelo gua gajah itu sekarang jadi pura.....


MGKN SAJA BRO...TOLG YG NGERTI SEJARAH BALI N NGERTI PUSAKA BS SHARING

CB DILIHAT SGLA SESUATU DGN HOLISTIK (EKSOTERIS/FISIK & ISOTERIS/NON FISIK) SPT YG SDH2 BHW LELUHUR KT SGT FILOSOFIS BHKN PERTEMPURAN JD KARYA SASTRA PUJANGGA KERAJAAN, BERTEMPUR ARTINYA SGT LUAS SELAIN FISIK/BERANTEM/BERTEMPUR JGA ADA ADU STRATEGI (SPT LWN MONGOL) ATAU BHKN DGN MENGGUNAKAN MERGER/PERkimpoiAN (SPT DYAH PITALOKA DL)

MGKN KLO SEANDAINYA BOLEH AGK MELEBAR SDIKIT MINTA BANTUAN INDIGO CB DLHT KEBELAKANG PAS ZAMAN TSB DISESUAIKAN DGN BUKTI CATATAN SEJARAH?!





PERTANYAANYA SKRG APAKAH PENAKLUKAN SUATU KERAJAAN LAIN HANYA DGN..."THE MOTHER OF ALL BATTLE" ALIAS PERTEMPURAN FISIK MAN TO MAN
falkenhayn - 03/01/2011 11:19 PM
#339

Quote:
Original Posted By pemangsa
Wahh..., tadi ane cuma mikir sumber kuda di tanah Jawa. Mungkin ada yang tau..



Dari Sumbawan Gan.....
kalau mau agak jauh dikit ya dari India ato Arab..
lalu di ternakkan di sini..
falkenhayn - 03/01/2011 11:31 PM
#340

Quote:
Original Posted By princeville
pertanyaanny, bagaimana pola pergelaran pasukan dan konsep militer yang di anut di jaman diponegoro dan di jaman majapahit ???


mungkin model model SAPIT URANG gitu, yang intinya memfokuskan kekuatan pada kedua sisi sayapnya kemudia mengepung atau memotong musuh dan menghancurkan pasukan musuh yang terkepung, taktik yang juga dipakai oleh Pak Dirman di Ambarawa. CMIIW...

mungkin ada juragan yang mau menambahkan
Page 17 of 33 | ‹ First  < 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 >  Last ›
Home > CASCISCUS > MILITER & KEPOLISIAN > Militer > Semua Tentang MILITER MAJAPAHIT