SUPRANATURAL
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Semua mengenai Taoism da Dewa Dewi Penolong..masuk sini [ sementara] - Part 2
Total Views: 77220
Page 109 of 115 | ‹ First  < 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 >  Last ›

rotitalk - 09/05/2012 05:50 PM
#2161

Gan Minghay ada di kulkas
minghay27 - 09/05/2012 06:03 PM
#2162

Quote:
Original Posted By rotitalk
Gan Minghay ada di kulkas


thanks om cendolnya
minghay27 - 11/05/2012 10:14 AM
#2163

Lu Ban Gong [Law Pan Kong]

Spoiler for minghay27




Lu Ban Gong [Law Pan Kong], yang kadang dikenal sebagai Qiao Sheng Xian Shi (Guru Besar Pertukangan), hidup pada masa Musim Semi dan Musim Gugur di negara Lu.

Lu Ban Gong adalah seorang tukang yang mahir. Kemampuan banyak digunakan untuk membangun tempat-tempat yang mengagumkan. Meskipun begitu, Lu Ban Gong bukanlah orang kaya, dia hidup di rumah yang sangat sederhana.
Orang awam mungkin menganggap bahwa dengan ketrampilan yang ada, Lu Ban Gong dapat memperoleh kekayaan dengan mudah. Namun bagi dirinya, pengabdian kepada dunia pertukangan lebih memiliki peran daripada sekedar kekayaan.

Dia juga menemukan berbagai peralatan pertukangan, seperti gergaji, kapak, gerinda, dan bor yang banyak dipakai hingga sekarang.

Suatu ketika saat sedang bekerja, kakinya terluka oleh sejenis rumput. Setelah diperhatikan baik-baik, rumput itu ternyata bergerigi tajam. Dari titik itulah dia mendapatkan ide untuk membuat gergaji.

Berbagai karya besar dihasilkan, seperti pahatan burung bangau di puncak Gunung Tianmu, pahatan kura-kura darat dari batu di Danau Yan di daerah Timur Laut Tiongkok, dan elang kayu di Propinsi Ganshu. Bangunan-bangunan indah, jembatan megah dan banyak karya besar lainnya lahir dari tangan Lu Ban Gong

Kisah mengenai Lu Ban Gong diceritakan dari mulut ke mulut dan dari masa ke masa hingga saat ini.
Lu Ban Gong mengabdikan seluruh hidupnya dalam dunia pertukangan, dan meninggalkan berbagai penemuan serta ciptaannya bagi generasi berikutnya.http://primbondonit.blogspot.com/2012/03/lu-ban-gong-law-pan-kong.html
minghay27 - 11/05/2012 10:58 AM
#2164

Dewa Pintu /
門神 Men Shen {Hok Kian = Mui Sin}

Spoiler for minghay27




Asal usul keberadaan 門神 Men Shen {Hok Kian = Mui Sin} Dewa Pintu sudah sangat lama. Hal ini membuktikan bahwa dari zaman dulu, rakyat sangat menaruh perhatian pada keamanan pintu. Fungsi Dewa Pintu walaupun tidak bisa dibandingkan dengan sistem keamanan berteknologi canggih seperti zaman sekarang, namun peranan yang bisa dikembangkan yaitu memberikan rasa tenang & tentram, bahkan tidak bisa diharapkan dari sistem keamanan. Biar bagaimanapun rakyat Tionghoa percaya bahwa Dewa Pintu bisa mengusir hantu atau setan. Hal ini juga tidak dapat dilihat atau dihadapi bahkan oleh sistem keamanan dengan teknologi canggih sekalipun.

Dewa Pintu ada beberapa macam: ada 武將門神 Wu Jiang Men Shen (Dewa Pintu Militer), 文官門神 Wen Guan Men Shen (Dewa Pintu Sipil), 祈福門神 Qi Fu Men Shen (Dewa Pintu Memohon Rezeki), dan lain-lain. Di berbagai tempat Dewa Pintu yang dihormati tidak sama. Selain Dewa Pintu 神荼 Shen Tu & 鬱壘 Yu Lei yang paling kuno dikenal orang, 秦叔寳 Qin Shu Bao {Hok Kian = Cin Siok Po} alias 秦瓊 Qin Qiong {Cin Kiong} & 尉遲恭 Yu Chi Gong {Ut Ti Kiong} alias 尉遲敬德 Yu Chi Jing De {Ut Ti Keng Tek} adalah Dewa Pintu yang pengaruhnya paling besar, & tersebar paling luas.

Qin Shu Bao {Cin Siok Po} & Yu Chi Gong {Ut Ti Kiong} adalah salah satu dari Dewa Pintu Militer. Cin Siok Po & Ut Ti Kiong adalah 2 Jendral terkenal pada masa Dinasti Tang [618 – 907 M] yang membantu Kaisar 唐太宗 Tang Tai Zong {Tong Thai Cong} – 李世民 Li Shi Min {Li Se Bin} mendirikan Dinasti Tang {Tong}. Bagaimana mereka berdua bisa menjadi Dewa Pintu ?

Berdasarkan buku 歷代神仙通鑒 Li Dai Shen Xian Tong Jian, pada masa-masa awal Kaisar Li Se Bin naik tahta, beliau sering kali merasa tidak enak badan, pada malam hari sering bermimpi bertemu dengan hantu/setan yang datang mengganggu. Mungkin hal ini disebabkan karena pada masa awal berjuang mendirikan kekuasaan negara, beliau telah membunuh banyak orang. Dalam buku tersebut diceritakan : “Di luar pintu kamar tidur dilempar batu bata & genteng, setan & siluman berteriak-teriak, 36 bangunan istana, 72 pekarangan, tiada malam yang tenang”. Kaisar Tong Thai Cong diganggu sampai makan tak enak, tidur tak nyenyak.

Setelah Jendral Cin Siok Po & Jendral Ut Ti Kiong mengetahui peristiwa ini, lalu memohon untuk dapat menjaga keamanan dengan berdiri di kedua sisi pintu istana dengan memakai pakaian militer. Pada malam tersebut, benar-benar tidak terjadi apapun, tidak ada suara-suara dari roh-roh jahat yang mengganggu. Kaisar Tong Thai Cong merasa amat gembira. Namun kalau menyuruh mereka berdua berdiri sepanjang malam di depan pintu sampai langit terang (pagi hari), juga terlalu meletihkan (kasihan juga mereka berdua).

Kaisar Tong Thai Cong lalu menitahkan ahli lukis untuk menggambar mereka berdua dalam ujud “Memakai baju besi & memegang tombak bersabit, nampak berwibawa dengan sorot mata yang tajam.” Setelah selesai, kedua gambar tersebut digantung di kedua daun pintu istana. Sejak itu, Kaisar Tong Thai Cong – Li Se Bin tidak diganggu lagi oleh roh-roh halus itu lagi. Peristiwa ini tersebar luas di kalangan masyarakat. Oleh orang-orang pada generasi kemudian, Cin Siok Po & Ut Ti Kiong menjadi Dewa Pintu yang dihormati di rumah-rumah penduduk.

Khusus kelenteng yang bercorak Buddhisme, sering memakai gambar 2 orang Bodhisatva yang berpakaian perang lengkap, sebagai Dewa Pintu yaitu 伽藍菩薩 Qie Lan Pu Sa & 偉陀菩薩 Wei Tuo Pu Sa.

Pemasangan gambar Dewa Pintu ini, kemudian tidak terbatas hanya pada pintu kelenteng saja, tapi sudah umum terdapat di tiap bangunan, baik itu rumah penduduk maupun kantor-kantor. Sekarang hal ini dapat kita lihat di Taiwan, Hongkong & Singapura, bahkan di Jepang & Korea. Di antara beberapa macam Dewa Pintu, dewasa ini yang sering dipasang gambarnya di rumah-rumah penduduk, adalah Cin Siok Po & Ut Ti Kiong. Cin Siok Po & Ut Ti Kiong ini pulalah yang gambarnya kita lihat sekarang pada daun pintu sebagian besar kelenteng yang ada.http://jindeyuan.org/dewa-pintu/index.htm
minghay27 - 11/05/2012 11:10 AM
#2165

Dewa Dapur

Spoiler for minghay27




Dahulu kala tersebutlah seseorang yang bernama Zhao Wangye bermarga Zhang, sebenarnya dia seorang yang bertingkah laku buruk dan selalu melakukan kejahatan, tapi, mengapa Maharaja Giok (dewa tertinggi dalam agama Tao) mengizinkannya menjadi Zhao Wangye atau Dewa Dapur? Sebab meskipun dia telah banyak berbuat jahat, namun, begitu terlintas dalam benak sebersit ketulusan, telah melakukan satu hal yang baik, karena itu Maharaja Giok memaafkannya.


Sebelum menjadi Zhao Wangye, dia adalah seorang yang pemalas, tidak bekerja dan gemar berjudi. Karena kegemarannya berjudi, ia dapat mempertaruhkan segala apa yang dimilikinya. Dia tidak memikirkan masa depannya. Hingga pada suatu ketika, dia bertaruh (judi) dengan seseorang, bukan saja menghabiskan seluruh harta keluarga, lebih buruknya lagi istrinya pun dipertaruhkan. Oleh karena itu istrinya kemudian menikah lagi dengan seorang pencari kayu bakar.


Karena kalah berjudi itu habislah sudah seluruh harta benda keluarga yang dia miliki tanpa sisa bahkan dia masih memiliki sejumlah utang pada beberapa orang. Sampai suatu kali dia tidak dapat membeli makanan. Dia lalu menemui mantan istrinya yang dijual itu. Beruntunglah ia karena mantan istrinya sangat pengasih, meskipun telah dijual, dia tetap memberikan beberapa buah bacang, bahkan secara diam-diam menyelipkan 10 tael (mata uang Tiongkok kuno) ke dalam bacang, dan memberitahu kepadanya: “Ambillah bacang ini, jangan kasih orang lain ya!” Begitu dia pergi, kebetulan seseorang datang menagih utang padanya, “Cepat bayar utangmu!”

“Saya tidak punya uang,” jawabnya.

“Apa, tidak punya uang? Lalu yang ditanganmu itu apa?”

“Makanan!”

“Makanan juga boleh!” Akhirnya bacang itu dirampasnya.


Setelah bacang itu dirampas, dia kembali menemui istrinya. Istrinya bertanya padanya, ”bacangnya mana?” “Dirampas orang!” Katanya. Tepat ketika pembicaraan sampai di situ, si suami yang seorang penebang kayu bakar itu pun pulang, Zhao Wangye kebingungan mencari tempat untuk sembunyi, lalu dia bergegas masuk ke dalam tungku. Si penebang kayu bakar ini kelelahan peluhnya membasahi tubuhnya sambil memikul setumpuk kayu bakar, dia hendak mandi sekembalinya memotong kayu bakar. Dan dia benar-benar baik terhadap istrinya dengan mengatakan, “Biarlah air panasnya saya yang siapkan.” Istrinya bergegas berkata, “O, jangan! Jangan! Biarlah saya nyalakan!“ Tapi, suami barunya ini bersikeras, lalu mengambil kayu bakar dan dinyalakan di dalam tungku.


Zhao Wangye bersembunyi di dalam dan memutuskan tidak keluar. Di benaknya dia berpikir, “jika saya keluar, sang istri pasti akan dipukul sama suaminya! Dia lebih baik mengorbankan diri, akhirnya dia tewas terbakar hidup-hidup.


Setelah tewas terbakar, setiap pagi, siang maupun malam mantan istrinya itu membakar dupa dan sembahyang di depan tungku. Melihat itu, suaminya bertanya, “Lho! Aneh! Kenapa setiap pagi, siang atau malam kamu selalu menyembahyangi tungku?” Tentu saja dia tidak boleh mengatakan kalau mantan suaminya itu mati terbakar di tungku tersebut, dan dengan sangat terpaksa dia berkata, “Kita manusia bisa hidup di dunia, harus bersyukur pada tungku dan kompor, sebab benda-benda ini memasak nasi untuk kita.” Kemudian belakangan orang-orang merasa kata-katanya memang benar, “Kita harus bersyukur pada tungku dan kompor. Seandainya tidak ada tungku dan kompor, kita tidak bisa hidup!” Lalu, tiap-tiap keluarga menyembahyangi tungku dan kompor di rumah mereka.


Setelah Maharaja Giok mengetahui hal ini, ia mengampuni semua kesalahan Zhao Wangye dan Maharaja Giok menobatkannya sebagai Zhao Wangye (Dewa Dapur), dan memberi perintah kepadanya bahwa setiap 24 Desember tahun Imlek naik ke istana langit untuk memberi laporan yang disebut “Kebaikan di langit, kedamaian di bumi. Demikianlah asal usul legenda tentang Zhao Wangye

-Untuk kisah ini sangat menyentuh hati semoga semua yang membaca kisah ini bisa banyak2 merenung dan menjalankan nasihat2 yg tersirat disini dan memberikan kita kesadaran akan perjalanan hidup.

Kisah Tentang Dewa Dapur
Kebudayaan tradisional Tiongkok adalah budaya yang diinspirasikan dengan sempurna oleh Dewa dan dipuja oleh manusia selama lima ribu tahun.

Dalam legenda Dewa Dapur, dikisahkan bahwa Dewa Dapur dikirim dari Surga ke Bumi oleh Kaisar Langit. Dewa Dapur bertugas untuk memantau perilaku dan merekam perbuatan manusia sehari-hari yang baik maupun buruk.

Tanggal 23 Desember Kalender Lunar disebut juga “Hari Dewa Dapur”, dimana Dewa Dapur akan melapor kepada Kaisar Langit. Oleh karena itu setiap rumah tangga membuat upacara persembahan kepada Dewa Dapur. Seperti kata pepatah, “Ketika Dewa Dapur menyebarkan kata-kata yang baik di surga, bumi menjadi damai”. Istilah ini sudah tersebar luas diantara orang Tiongkok.

Pada masa Dinasti Ming, ada seorang guru bernama Yu Du. Dia adalah seorang cendikia muda dan lulus ujian pegawai istana tingkat pertama pada usia 17 tahun. Dia dan beberapa temannya mendirikan sebuah sekolah. Dalam beberapa tahun, dia juga sudah tujuh kali mencoba untuk ikut ujian tingkat tinggi untuk menjadi pegawai istana, tetapi selalu gagal.

Yu memiliki lima orang anak laki-laki dan empat anak perempuan. Empat anak laki-lakinya meninggal di usia muda karena sakit, tetapi anak ketiganya sehat dan cerdas. Namun, ketika anak ini berusia delapan tahun, ia hilang saat bermain di luar rumah. Hanya satu dari anak perempuannya yang selamat. Istri Yu sangat sedih dan terus menangis hingga akhirnya menjadi buta. Yu terpaksa menutup sekolahnya karena kekurangan murid.

Dikisahkan, dia mengalami kesulitan keuangan dan masalah pada keluarganya, sehingga ia merenung “Saya tidak membuat kesalahan besar dalam hidup saya, tapi mengapa saya dihukum seberat ini?”.Setiap hari Yu menulis kepada Dewa Dapur dan meminta untuk meneruskan pesannya kepada Kaisar Langit. Selang beberapa tahun kemudian, kehidupan masih belum ada perubahan. Ketika ia berusia 47 tahun, ia bahkan harus meminjam beras dari tetangganya untuk dimakan bersama keluarga saat malam tahun baru.

Suatu ketika ia mendengar seorang pria mengetuk pintu rumahnya. Pria itu adalah seorang laki-laki tua. Sang kakek itu berkata, “Saya mendengar bahwa Anda sangat sedih dan khawatir dengan kehidupan Anda. Saya datang ingin menghibur Anda". Mr. Yu berkata kepada sang kakek : “Saya belajar sepanjang hidup, tetapi saya belum mendapatkan apapun. Saya bahkan tidak bisa membiayai keluarga saya.”

Sang kakek berkata : “Aku mengenalmu cukup lama! pikiran anda mengandung nafsu dan niat buruk. Anda menulis surat kepada Kaisar langit penuh dengan keluhan. Hukuman Anda masih lama!". Mendengar perkataan itu Yu terkejut dan berkata, “Saya telah berjanji untuk berbuat baik selamanya, bagaimana bisa anda mengatakan bahwa pikiran saya mengandung nafsu?."

Mendengar perkataan tersebut kakek tua itu berkata, “Ambil contoh misalnya menghargai kertas. Teman-teman dan muridmu sering menggunakan buku-buku lama untuk membungkus sesuatu atau membersihkan meja, tetapi anda tidak pernah melarangnya. Anda mengambil beberapa halaman di jalan dan membakarnya dirumah untuk menunjukkan pada orang lain."

"Anda suka berdebat, hati Anda penuh dengan kecemburuan,ketidakadilan dan kata-kata yang tajam dan penuh dengan arti. Anda berharap mendapat keuntungan atas segala apapun yang anda lakukan. Meskipun Anda belum pernah berselingkuh dengan seorang wanita, Anda menatap setiap wanita yang menarik dengan nafsu di dalam hati. Semua pikiran buruk Anda juga telah terekam. Anda bahkan tidak bisa menghindari kesulitan di depan Anda namun Anda berharap berkah Dewa.” kata kakek itu.

Setelah mendengar kata-kata Dewa Dapur, Mr. Yu ketakutan dan menangis : ”Anda pasti Dewa Dapur, Anda tahu apa yang saya lakukan. Kasihani dan bantu saya!”. Orang tua itu berkata : “Anda mempelajari banyak buku selama bertahun-tahun, tentunya Anda memahami prinsip melakukan perbuatan baik untuk kebahagiaan. Karena Anda tidak tekun, semua perbuatan baik dan kata-kata baik anda hanyalah dipermukaan saja."

"Mengapa anda tidak melakukan sesuatu dengan sungguh-sungguh, tidak mengharapkan imbalan dan melepas keuntungan dan ketenaran. Tidak memandang perbuatan baik itu besar atau kecil, tetapi hanya melakukannya saja. Seiring dengan waktu berjalan, anda akan melihat hasilnya. Selama melakukan perbuatan baik dengan tergesa-gesa, kemungkinan anda mengubah keputusan langit!”, kembali kakek itu berujar. Setelah berkata kakek tua itu berjalan mendekati dapur dan menghilang.

Setelah hari itu Yu benar-benar merubah dirinya dan sedikit demi sedikit memperbaiki pemahamannya, ia berusaha melakukan yang terbaik untuk orang lain. Tiga tahun kemudian, Mr Yu mendapat pekerjaan untuk mengajar di istana.

Selama di istana, Perdana Menteri sangat menghormatinya dan terus menerus mempromosikannya. Akhirnya, tanpa disengaja dia menemukan anaknya yang telah hilang, hal ini membawa kebahagiaan besar pada istrinya sehingga penglihatan istrinya kembali normal. Karena sifatnya yang mulia, orang-orang sangat menghormatinya dan mengirimkan anak-anak mereka untuk belajar kepadanya.

Kisah Yu dan Dewa Dapur menceritakan bahwa keberuntungan dan kesengsaraan dalam kehidupan ini memiliki hubungan langsung dengan karakter kita. “Perbuatan baik akan mendatangkan kebaikan dan perbuatan jahat akan mendatangkan kejahatan”, ini adalah prinsip dari langit. Seperti kata pepatah, “Sekali Anda memiliki keinginan di dalam hati, langit dan bumi tahu akan hal itu.”
TheConjurer - 16/05/2012 07:31 PM
#2166

Quote:
Original Posted By agan.teng83
Dear Para senior,permisi mau tanya mengenai Chai Shen Ye. menurut yang saya tahu beliau adalah dewa yang bertugas untuk membagikan rezeki kepada manusia.

Spoiler for Chai Shen Ye


dan selalu di gambarkan seperti di atas.

tapi saya juga melihat ada dilukiskan seperti berikut

Spoiler for versi lain






apakah benar sama atau bagaimana?

lalu apakah ada yang tahu mengenai doa pujian untuk beliau? dan bagaimana cara sembahyangnya?

Terima kasih.


Ia nih bagi info dong mengenai doa pujian dan tata cara sembahyang untuk Dewa Han Tan Kong..
Thanx
melz_chan - 16/05/2012 09:01 PM
#2167

Cerita 8 Xian selalu buat gw tertarik. Apalagi yang katanya Lu Dong Bin dengan Mu Dan.
Gw pernah dengar beberapa orang bilang katanya Dewi Guan Yin itu sebenarnya cowok. Tapi ada beberapa yang bilang bukan. Sebenarnya mana yang benar sih.. Ato memang ada yang sengaja menjelek2an Guan Shi Yin Pu Sa
melz_chan - 16/05/2012 09:06 PM
#2168

dobel post sorry inet error
melz_chan - 16/05/2012 09:24 PM
#2169

sory triple post inetnya lagi aneh >.
minghay27 - 16/05/2012 10:36 PM
#2170

Quote:
Original Posted By TheConjurer
Ia nih bagi info dong mengenai doa pujian dan tata cara sembahyang untuk Dewa Han Tan Kong..
Thanx


coba tanya suhu edys dimari.....
minghay27 - 16/05/2012 10:43 PM
#2171

Quote:
Original Posted By melz_chan
Cerita 8 Xian selalu buat gw tertarik. Apalagi yang katanya Lu Dong Bin dengan Mu Dan.
Gw pernah dengar beberapa orang bilang katanya Dewi Guan Yin itu sebenarnya cowok. Tapi ada beberapa yang bilang bukan. Sebenarnya mana yang benar sih.. Ato memang ada yang sengaja menjelek2an Guan Shi Yin Pu Sa


dewi Guan yin / dewi Kwan Im kayaknya daku punya satu buku tentang doa2 TA PEI COU berisi 84 gambar dan nama berserta penjelasannya coba cari divihara/klenteng2 terdekat...siapa tahu ada dan disana ada gambar perwujudan dewi Kwan Im Pou Sat yang dikatakan dalam wujud sebagai laki2
rotitalk - 18/05/2012 10:28 PM
#2172

Quote:
Original Posted By melz_chan
Cerita 8 Xian selalu buat gw tertarik. Apalagi yang katanya Lu Dong Bin dengan Mu Dan.
Gw pernah dengar beberapa orang bilang katanya Dewi Guan Yin itu sebenarnya cowok. Tapi ada beberapa yang bilang bukan. Sebenarnya mana yang benar sih.. Ato memang ada yang sengaja menjelek2an Guan Shi Yin Pu Sa


Quote:
Original Posted By minghay27


dewi Guan yin / dewi Kwan Im kayaknya daku punya satu buku tentang doa2 TA PEI COU berisi 84 gambar dan nama berserta penjelasannya coba cari divihara/klenteng2 terdekat...siapa tahu ada dan disana ada gambar perwujudan dewi Kwan Im Pou Sat yang dikatakan dalam wujud sebagai laki2


Kuan Im Phusa/ Avalokitesvara Bodhisatva Mahasatva sdh tdk terikat bentuk, ruang, waktu dll. Bisa wujud sbg dewa/ dewi, manusia, hewan, maupun iblis sekalipun. Ga ada gunanya debatin sbg wujud laki atau perempuan, yg terpenting adalah dharma Beliau.
minghay27 - 19/05/2012 11:45 AM
#2173

TURUT BERDUKA CITA ATAS MENINGGALNYA IBUNDA TERCINTA DARI TEMAN /SAHABAT KITA SARVA aka..MARTIN
http://news.detik..com/read/2012/05/11/140206/1914979/10/ini-identitas-12-turis-wni-korban-kecelakaan -di-paris

Dengan apa yang telah terjadi, berharap yang terbaik dan semoga kamu kuat menjalani ini semua
Kami keluarga besar MILS mengucapkan turut berduka cita dan berbelasungkawa atas kejadian ini
rotitalk - 20/05/2012 12:35 PM
#2174

Quote:
Original Posted By minghay27
TURUT BERDUKA CITA ATAS MENINGGALNYA IBUNDA TERCINTA DARI TEMAN /SAHABAT KITA SARVA aka..MARTIN
http://news.detik..com/read/2012/05/11/140206/1914979/10/ini-identitas-12-turis-wni-korban-kecelakaan -di-paris

Dengan apa yang telah terjadi, berharap yang terbaik dan semoga kamu kuat menjalani ini semua
Kami keluarga besar MILS mengucapkan turut berduka cita dan berbelasungkawa atas kejadian ini

Turut berduka cita...
rotitalk - 20/05/2012 12:37 PM
#2175

Quote:
Original Posted By minghay27
TURUT BERDUKA CITA ATAS MENINGGALNYA IBUNDA TERCINTA DARI TEMAN /SAHABAT KITA SARVA aka..MARTIN
http://news.detik..com/read/2012/05/11/140206/1914979/10/ini-identitas-12-turis-wni-korban-kecelakaan -di-paris

Dengan apa yang telah terjadi, berharap yang terbaik dan semoga kamu kuat menjalani ini semua
Kami keluarga besar MILS mengucapkan turut berduka cita dan berbelasungkawa atas kejadian ini

Turut berduka cita...
rotitalk - 20/05/2012 05:36 PM
#2176

Quote:
Original Posted By minghay27
TURUT BERDUKA CITA ATAS MENINGGALNYA IBUNDA TERCINTA DARI TEMAN /SAHABAT KITA SARVA aka..MARTIN
http://news.detik..com/read/2012/05/11/140206/1914979/10/ini-identitas-12-turis-wni-korban-kecelakaan -di-paris

Dengan apa yang telah terjadi, berharap yang terbaik dan semoga kamu kuat menjalani ini semua
Kami keluarga besar MILS mengucapkan turut berduka cita dan berbelasungkawa atas kejadian ini


Turut berduka cita...
minghay27 - 25/05/2012 01:09 PM
#2177

Nama-nama Dewa-dewi
yang sudah ada(start dari page 104 sampai selesai)

*I Huang Ta Tie
*San Qing
*Hian Thian Siang Tie
*He He Xian Er
*Kwan Kong kongco
*Thian Sang Se MU
*Bao Sang Da Di
*Seng Ong Ya / Seng Hong Ya
*^^ Hakim Neraka Yan Luo Wang (Giam Lo Ong)
*^^Da Ye Er Ye – Dewa Jangkung & Pendek
*Er Lang Shen
*Ciu Thian Sian Nie
*Yue Lao Kongco
*Tek Hay Cin Jin
*Kong Tek Cun Ong/Guang Ze Zun Wang
*Cai Shen Ye Kongco
*Pat Sian (ba xian),berserta masing2 dewa yang masuk dalam 8 dewa
*Lu Ban Gong
*Men Shen
*Co Kun Kong/Cauw Kun Kong /dewa dapur


yang sebentar lagi daku lanjutkeun...
*Tai Sui
*Qing Shui Zu Shi {Hok Kian = Ching Cui Co Su} (note untuk dewa ini sebab masih lom nge apakah beliau mendapat pencerahannya dari mana entah dr Taoism atawa Buddhism...jd maaf kalau ada kesalahan tentang pemahaman diriku tentang beliau meski diri ini sudah banyak ditolong olehnya....
*Sam Po Tai Jin
*Ho Tek Ceng Sin/Fu Tek Cen Shen Kongco
karena baru nemu 1 link yg menjelaskan tentang semua dewa-dewi komplit dr sumber yang lain yaitu dr yayasan Sam po kong dan karena sudah berbentuk buku lebih baik bila mendownloud aja sendiri yach.............karena ga etis kl aku masukin dimari dan isinya mah komplit..plit

judulnya ini
DEWA - DEWI
KELENTENG

diterbitin oleh yayasan Sam po kong gedung batu

iini linknya http://www.scribd.com/doc/41492865/D...#outer_page_49
minghay27 - 25/05/2012 01:36 PM
#2178

The Grand Duke Jupiter "Tai Sui"
Spoiler for minghay27

Tai Sui (Cina: 太岁; pinyin: Tàisuì) mengacu pada bintang langsung berlawanan dengan Jupiter. Mereka mempengaruhi zodiak Cina, dan juga merupakan teori dalam agama Tao dan Feng Shui.
Tai Sui Umum # 1 (甲子 太岁 金 辨 大 将军)

Dalam zodiak China, ada enam puluh (awalnya 12 sesuai dengan batang duniawi, kemudian populer diyakini menjadi 60, satu untuk setiap kombinasi batang-cabang) jendral surgawi yang membantu Kaisar Langit dalam mengambil tanggung jawab atas kesejahteraan dari dunia fana. Masing-masing mengambil giliran bertugas selama setahun. Karena kebanyakan dari mereka memiliki latar belakang militer, mereka biasanya dikenal sebagai Jenderal Militer, atau sebagai Dewa Siklus. Setiap fitur dan senjata menandakan kesejahteraan tahun itu. Misalnya, jika Tai Sui tahun adalah salah satu yang memegang pena, itu menandakan kerusuhan politik untuk itu tahun tertentu. Di sisi lain, jika Tai Sui tahun memegang tombak atau pedang itu menandakan kebutuhan untuk bekerja keras dan unggul untuk tahun itu.

Dalam Taoisme, mereka yang Cina Zodiac adalah bersinggungan, atau dengan tanda konflik atau bentrokan dengan Tai Sui tahun disarankan untuk pergi melalui sesi doa dengan Imam Tao untuk meminta berkah dalam memperoleh Perdamaian dan Good Fortune sepanjang tahun. Azimat dianggap merupakan perlindungan terhadap Tai Sui dijual di banyak daerah.

Dalam Feng Shui, luas rumah yang sesuai dengan posisi tahun itu Tai Sui harus dibiarkan atau kemalangan akan menimpa tempat tinggal.

Tai Sui Umum 2012 adalah Jenderal Peng Tai.http://en.wikipedia.org/wiki/Tai_Sui


dr sumber lain ....

"Tai Sui" juga dikenal sebagai Jupiter Duke Besar. Meskipun hal itu disebut Duke Besar Jupiter, tidak mewakili planet Jupiter yang sebenarnya. Tai Sui adalah bintang berwujud yang bergerak langsung berlawanan dari planet Jupiter. Ketika diterjemahkan dari Cina, Tai Sui dikenal sebagai Allah Tahunan. "Tai Sui" adalah "Tuhan Bumi" yang paling kuat. Kisah "Tai Sui" tersebar luas, ada beberapa versi. Satu klaim bahwa dia adalah dewa bulan dan lain dia adalah prajurit dewa. Tapi account yang sebenarnya adalah dewa tahun. Kalender lunar Cina memiliki 60 tahun dalam satu siklus, yang dibentuk oleh batang Surgawi dan Duniawi cabang. Oleh karena itu ada 60 "Tai Sui" dalam siklus, masing-masing mendominasi satu tahun tunggal. Ini adalah alasan Tai Sui disebut dewa tahun, setiap peristiwa yang terjadi selama tahun berjalan adalah di bawah yurisdiksinya. Orang-orang yang sangat menghormati dia, dan takut menyinggung perasaannya karena akan menyebabkan kemalangan dan nasib buruk. Untuk menghindari menyinggung Sui Tai tahun, orang menenangkan dan mengabadikan Sui Tai tahun.

Setiap tahun, akan ada Tuhan Tahunan baru bertugas menjaga semua hal di bumi. Pengangkatannya akan dilakukan pada jangka 1 surya atau disebut "Li Chun", dalam bahasa Cina. Dan berikutnya akan mengambil alih tugas pada mengikuti "Li Chun".

Setiap tahun akan ada beberapa tanda zodiak yang menentang kekuatan dengan "Tai Sui". Ini tanda zodiak dikatakan menderita beberapa bentuk nasib buruk. Dampak negatif berbeda dari orang ke orang tergantung pada data kelahiran individu. Ini tanda zodiak dapat ditentukan berdasarkan cabang bumi tahun ini karena sesuai dengan tanda zodiak 12 Cina. Hal ini dapat diklasifikasikan dalam menyinggung, bentrokan atau pembentukan bertentangan dengan "Tai Sui".

Kebiasaan umum & tradisi jaman kuno bahwa "Tai Sui" disembah antara tanggal 1 dan tanggal 15 bulan 1 lunar tahun. Banyak orang memiliki kesalahpahaman bahwa "Tai Sui" hanya dapat disembah selama periode namun tidak yang benar-benar benar. Satu dapat benar-benar berdoa kepada Tai Sui setiap hari sepanjang tahun kecuali jika Anda menyinggung, bentrokan atau konflik dengan "Tai Sui" yang Anda harus membuat doa khusus atau menawarkan untuk "Tai Sui" yang dikenal sebagai "Pemberantasan Umur" (Ya Tai Sui) atau "Umur Berdoa" (Pai Tai Sui), yang harus dilakukan dalam waktu 1 sampai tanggal 15 bulan lunar 1 tahun. Namun jangan mengambil catatan jika Anda melakukannya, Anda harus kembali berkat pada akhir tahun.
http://sgforums.com/forums/1366/topics/423545
minghay27 - 25/05/2012 01:50 PM
#2179

Qing Shui Zu Shi - Master dari tanah berbatu air jernih
Spoiler for minghay27


清水祖師Qing Shui Zu Shi {Hok Kian = Ching Cui Co Su } was a Deity who Protecting the immigrants originating from Quan Zhou { Coan Ciu }.清水祖师Qing Shui Zu Shi {Hok Kian = Ching Cui Co Su} adalah Dewa yang Melindungi imigran yang berasal dari Quan Zhou {Coan Ciu}. His familiar title was 祖師公Zu Shi Gong {Hok Kian = Co Su Kong }. Judul akrab Nya祖师公Zu Shi {Hok Falun Kian = Co Su Kong}. There were also various honorary titles for him, for example: Qing Shui Yan Zu Shi (a Master from rocky ground of clear water (Cadas Air Bersih), Xian Ying Zu Shi (a Master who always acceded the request), San Dai Zu Shi (ancestor of three 3 generations), Luo Bi Zu Shi (Deity who lives freely), Hei Mian Zu Shi (blackface ancestor). Ada juga berbagai gelar kehormatan baginya, misalnya: Qing Shui Zu Shi Yan (Master dari tanah berbatu air jernih (cadas Air Bersih), Xian Zu Shi Ying (Master yang selalu mengabulkan permintaan), San Dai Shi Zu (nenek moyang tiga 3 generasi), Luo Bi Zu Shi (Dewa yang hidup bebas), Hei Mian Zu Shi (blackface nenek moyang).

Co Su Kong was a Buddhist Monk named Chen Zhao Ying {Hok Kian = Tan Ciao Eng}. Co Su Kong adalah seorang Monk budha bernama Chen Zhao Ying {Hok Kian = Tan Ciao Eng}. He was born in Fu Jian {Hok Kian} Province, Qing Xi Regency, the Feng Chai Shan Mountain on the 6 th day of 11 th month of Chinese Calendar (Imlek), in 1044 M, during Song Dynasty Era [960-1279 M], the fourth year of Emperor Ren Zhong Government. Ia lahir di Fu Jian {Hok Kian} Propinsi, Qing Xi Kabupaten Feng Chai Shan Gunung pada hari ke 6 dari 11 bulan th Kalender Cina (Imlek), pada 1044 M, selama Era Dinasti Song [960-1279 M ], tahun keempat Kaisar Pemerintah Zhong Ren. Chen Zhao Ying, since his early childhood had left worldly life, learnt to Acharya San Bing Sian Su, who then renamed with Pu Zu {Pho Ciok}. Chen Zhao Ying, sejak masa kecilnya telah meninggalkan kehidupan duniawi, belajar Acharya San Bing Sian Su, yang kemudian berganti nama dengan Zu Pu {Pho Ciok}.

Chen Zhao Ying was skilled in treatment & bringing about rain for the people around An Xi { An Hui } & Xia Men { E Meng }. Chen Zhao Ying terampil dalam pengobatan & mendatangkan hujan bagi orang-orang di sekitar An Xi {An Hui} & Xia Men {E Meng}. He often helped poor people in terms of treatment and helped people built a bridge. Beliau sering membantu penduduk miskin dalam hal pengobatan dan membantu orang-orang membangun jembatan. Nearby a cave he did penance there was a source of clear water, named Qing Shui Yan { Ching Cui Giam } meaning the Rocky Ground of Clear Water. Terdekat gua dia lakukan penebusan dosa ada sumber air jernih, bernama Qing Shui Yan {Ching Cui Giam} berarti Ground Rocky Air Batal. With clear water & meditation inside this cave Chen Zhao Ying healed people who asked for his helps. Dengan air jernih & meditasi di gua ini Chen Zhao Ying menyembuhkan orang-orang yang meminta membantu nya. Therefore, he was called 清水巗祖師 Qing Shui Yan Zu Shi {Qing Shui Zu Shi} meaning the Master from Rocky Ground of Clear Water. Oleh karena itu, ia dipanggil 清水 巗 祖师 Qing Shui Zu Shi {Yan Qing Shui Zu Shi} yang berarti Guru dari Ground Rocky Air Batal.

Qing Shui Zu Shi was often performed with different face, sometimes black, yellow or red. Qing Shui Zu Shi sering dilakukan dengan wajah yang berbeda, kadang-kadang hitam, kuning atau merah. Black face represented the victory over evil spirit who disturbed him at the time of meditation at Qing Shui Yan. Wajah hitam mewakili kemenangan atas roh jahat yang mengganggunya pada saat meditasi di Qing Shui Yan. There was also a historian who had opinion that the different of face color caused by the different original place of adoration. Ada juga seorang sejarawan yang memiliki pendapat bahwa perbedaan warna muka disebabkan oleh tempat asalnya berbeda dari adorasi. Qing Shui Zu Shi statue was presented as a Buddhist monk sitting with the legs crossed by wearing hats with 5 Buddhist colors, by wearing a red robe { Jia Sha }. Qing Shui Zu Shi patung disajikan sebagai seorang biksu Buddha duduk bersila dengan memakai topi 5 warna Buddhis, dengan mengenakan jubah merah {Jia Sha}.

It was said when he was angry, his nose might break off, but after praying, his bridge could be found again in the arm of his robe. Dikatakan saat marah, hidungnya mungkin pecah, tapi setelah berdoa, jembatan itu dapat ditemukan lagi di lengan jubahnya. That nose then was attached again on the original place. Hidung yang kemudian melekat lagi pada tempat yang asli. Thus, Qing Shui Zu Shi was also called 落鼻祖師 Luo Bi Zu Shi, meaning the Deity whose Nose Broken Off. Dengan demikian, Qing Shui Zu Shi juga disebut 落 鼻祖 师 Luo Bi Zu Shi, yang berarti Dewa yang Hidung Patah aktif.

Co Su Kong died at the time of meditated on the 6 th day of the 6 th month of Imlek, in year of 1143 M, during the Emperor Wi Zhong government era of Song dynasty of the ninth year. Co Su Kong wafat pada saat bermeditasi pada hari ke 6 bulan 6 th Imlek, tahun 1143 M, pada masa pemerintahan Kaisar Wi Zhong dari dinasti Song tahun kesembilan.

Qing Shui Zu Shi Temples were many existing in Fu Jian {Hok Kian} Province. Kuil Qing Shui Zu Shi yang banyak ada di Fu Jian {Hok Kian} Provinsi. In Taiwan & other Asian countries, Qing Shui Zu Shi temple was built by immigrant group from Xia Men { E Meng}. Di Taiwan & negara Asia lainnya, Qing Shui Zu Shi candi ini dibangun oleh kelompok imigran dari Xia Men {E Meng}.
batak_cina - 25/05/2012 02:17 PM
#2180

Quote:
Original Posted By agan.teng83
Dear Para senior,permisi mau tanya mengenai Chai Shen Ye. menurut yang saya tahu beliau adalah dewa yang bertugas untuk membagikan rezeki kepada manusia.

Spoiler for Chai Shen Ye


dan selalu di gambarkan seperti di atas.

tapi saya juga melihat ada dilukiskan seperti berikut

Spoiler for versi lain






apakah benar sama atau bagaimana?

lalu apakah ada yang tahu mengenai doa pujian untuk beliau? dan bagaimana cara sembahyangnya?

Terima kasih.

Bro yang atas itu beneran Chai Sin Ya.. Dewa Keuangan di langit..
Kalo di indonesian seperti yang ngatur Bank Indonesia. hehe

Yang ke dua yang pasti bukan Cha Sin Ya.. gua lupa dewa apa namanya.
Page 109 of 115 | ‹ First  < 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 >  Last ›
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Semua mengenai Taoism da Dewa Dewi Penolong..masuk sini [ sementara] - Part 2