THE LOUNGE
Home > CASCISCUS > THE LOUNGE > Cara Membuat Gula Stevia Sendiri di Rumah (kandungan+manfaat juga)
Total Views: 2334 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 3 |  1 2 3 > 

sconov - 07/03/2011 09:37 PM
#1
Cara Membuat Gula Stevia Sendiri di Rumah (kandungan+manfaat juga)
Ane sebenarnya mau bikin tret tentang daun stevia, tapi ternyata agan GreenDetected dan Sikamari udah bikin duluan. Jadi, ane di sini mau bikin tret tentang cara bikin gula stevia sendiri di rumah, kandungan, dan manfaatnya. Buat yang gak tau stevia itu apa, itu ada di salah satu iklan pemanis buatan rendah kalori tropi**** s**m. Lebih lanjut baca tret agan GreenDetected di sini dan tret agan Sikamari di sini

Spoiler for Cara membuat gula stevia
Pertama, kita bikin bubuk stevia dulu
[spoiler=bubuk stevia]Cara Membuat Gula Stevia Sendiri di Rumah (kandungan+manfaat juga)

Pembuatan Bubuk Stevia
1. Keringkan daun stevia dengan cara menjemurnya atau dengan menggunakan oven.
2. Kemudian daun stevia kering tersebut dihaluskan dengan blender atau coffee grinder.
Spoiler for coffee grinder
Cara Membuat Gula Stevia Sendiri di Rumah (kandungan+manfaat juga)

Kemudian stevia bubuk yang sudah dihasilkan tersebut bisa disimpan ditempat yang kering atau bisa langsung digunakan sesuai dengan keinginan.

Kalo dah jadi bubuk, sekarang dibikin stevia cair, caranya:

1. Masukkan 1 sendok teh stevia bubuk kedalam filter/ saringan teh atau kopi.
2. Letakkan saringan tersebut kedalam mug / gelas tahan panas.
3. Tuangkan air mendidih kedalam saringan yang sudah berisi bubuk stevia tersebut.
4. Biarkan mengendap selama 5 menit.
5. Angkat saringan dan ampas stevia dari dalam mug / gelas.
6. Diamkan stevia cair sampai dingin.
7. Masukkan stevia cair yang sudah dingin kedalam botol saus/kecap plastik yang mempunyai lubang kecil. Gunanya agar mudah diatur pengeluarannya.[/spoiler]

Spoiler for tips
1. Simpan di tempat yang dingin.
2. Gunakan dengan cara diteteskan, sebab stevia sangatlah manis.
3. Jangan memeras ampas stevia disaringan untuk mengeluarkan airnya. Ini akan menyebabkan rasa getir / pahit.
4. Pengendapan yang lebih lama dapat menyebabkan rasa getir / pahit.
5. Gunakan stevia cair per tetes, rasakan dan cicipi dulu baru menambahkan tetes berikutnya. Jangan berlebihan dalam penggunaannya.


Spoiler for Apa aja yang ada di daun stevia yang bikin dia manis?
Daun stevia berisi glikosida yang mempunyai rasa manis tapi tidak menghasilkan kalori karena tubuh manusia tidak memproses glikosida dari daun stevia. Stevioside dan rebaudioside merupakan konstituen utama dari glikosida dengan gabungan dari molekul gula yang berbeda seperti yang terdapat pada tanaman stevia. Glikosida yang digunakan secara komersial dinamakan stevioside yang memberikan rasa manis 250-300 kali dari gula.

Daun stevia juga mengandung protein, fiber, karbohidrat, fosfor, kalium, kalsium, magnesium, natrium, besi, vitamin A, vitamin C, dan juga minyak. Rasa manis pada stevia disebabkan karena dua komponen yaitu stevioside (3-10% berat kering daun) dan rebaudioside (1-3%) yang dapat dinaikkan 250 kali manisnya dari sukrosa.

Stevioside mempunyai keunggulan dibandingkan pemanis buatan lainnya, yaitu stabil pada suhu tinggi (100°C), range pH 3-9, dan tidak menimbulkan warna gelap pada waktu pemasakan.

Rebaudioside merupakan pemanis terbaik yang ada pada tanaman stevia yang memberikan rasa manis 300 kali dibanding gula. Rebaudioside dengan kemurnian tinggi diperoleh dengan kristalisasi dari ekstrak stevia dengan menggunakan teknologi pemurnian tingkat tinggi. Rebaudioside mempunyai rasa yang lebih baik dari stevioside. Kekuatan kemanisannya sekitar 30% lebih tinggi daripada stevioside tetapi jumlahnya lebih sedikit.


Spoiler for manfaat
Selain rendah kalori, mengobati obesitas dan meringankan diabetes, daun Stevia juga
1. Menghambat pertumbuhan bakteri dan organisme yang menyebabkan infeksi, termasuk bakteri yang menyebabkan gangguan gigi dan penyakit gusi. Gambaran ini diperkuat dengan laporan pengguna Stevia yang lebih tahan terhadap serangan flu.
2. Air daun Stevia dapat pula digunakan sebagai perawatan kulit. Di Paraguay dan Amerika, cairan daun stevia digunakan untuk membuat sabun herbal, masker wajah, krim rambut dan juga bisa dibuat shampoo.
Stevia juga non karsinogenik (tidak menimbulkan kanker)


Spoiler for aman gak?
Apakah stevia aman?
Jawabannya adalah PASTI! Baik oleh umum maupun bagi penderita diabetes, hipoglikemia (kadar glukosa rendah), candida, tekanan darah tinggi dan kelebihan berat badan. Stevia merupakan pemanis pilihan untuk generasi masa depan. Stevia merupakan salah satu tanaman kesehatan yang paling diminati di dunia sekarang ini.

Spoiler for nyarinya?
Daun stevia ada di Indonesia, tadi ane search di kaskus ada kok. Atau buka blog ini, itu sumber dan kebetulan all about budidaya stevia. Prospek usahanya bagus lho gan, :2thumbup


Spoiler for agan yang pernah nyobain
Quote:
Original Posted By riza.buper07
Ane penah makan tu daun stevia lsg gan,.,. rasa manisnya agak beda hehehehehehe... untuk pastinya saya lupa cz sudah beberapa tahun lalu sewaktu direncanakan pengganti tanaman tebu penghasil gula dengan stevia...

kl mw nyoba di daerah tawang mangu daerah atas bnyak tu tanmaan stevia apa lagi di balai tanaman obatnya....
dresthaaa - 07/03/2011 09:38 PM
#2

Pertamax ga yah?\)
sconov - 07/03/2011 09:44 PM
#3

Quote:
Original Posted By imam ROLAZZ
wah baru tau ane gan D


di tipi kan ada gan D
sasagundul - 07/03/2011 09:52 PM
#4

wah mantab gan infonya :2thumbup
Calon HT nih p

ane bantu rate bintang 5 gan D
sconov - 07/03/2011 09:54 PM
#5

Quote:
Original Posted By sasagundul
wah mantab gan infonya :2thumbup
Calon HT nih p

ane bantu rate bintang 5 gan D


amiiiiiiinnnnnn o makasih gan shakehand2
Marco666.. - 07/03/2011 09:55 PM
#6

cihuy, thanks gan,, ane mau coba D
jojobear10 - 07/03/2011 09:56 PM
#7

wah ane penasaran jd pgn nyobain neh.....
sconov - 07/03/2011 09:56 PM
#8

Quote:
Original Posted By Marco666..
cihuy, thanks gan,, ane mau coba D


entar kasih tau rasanya ya gan, ane gak punya duit buat beli stevia hammer: hanya di angan-angan ngakak
And1992 - 07/03/2011 10:13 PM
#9

mantap infonya..
jd mw nyoba..
supersembil - 07/03/2011 10:16 PM
#10

ane bantu sundul sama rate gan D sup2: sup2:
Thevandalizm - 07/03/2011 10:17 PM
#11

mantab gan infonya :2thumbup
tar ane coba deh D
NiccoloPaganin1 - 07/03/2011 10:44 PM
#12

kayanya ane musti beli dulu tanemannya biar bisa nanem, klo ga punya gimana mau bikin yangakak
sconov - 08/03/2011 10:54 AM
#13

Quote:
Original Posted By supersembil
ane bantu sundul sama rate gan D sup2: sup2:


tengs gan kiss

Quote:
Original Posted By NiccoloPaganin1
kayanya ane musti beli dulu tanemannya biar bisa nanem, klo ga punya gimana mau bikin yangakak


beli donk gan, kan udah ada yg jual daunnya, ngapain nanem kalo bisa beli ngakak
sconov - 15/03/2011 04:29 PM
#14

sepi :mewek
ffndywjy - 09/05/2011 12:31 AM
#15

thx gan, jd tambah pengetahuannya... klu boleh tau, metode pembuatan dalam skala besarnya gmn yah? kalo dibuat jd gula stevia gmn yah? klu itu kan jadinya gula cair kan gan?
PemburuID - 10/05/2011 09:43 AM
#16

gile gan beneran apa kagak yah gan bingung Cara Membuat Gula Stevia Sendiri di Rumah (kandungan+manfaat juga)
DuoMadness - 12/05/2011 12:19 AM
#17

weeeew. ijin bookmark gan. bsok mo kasih liat nyokap ane spa tw dy mo ngubah gula pasir jd gula stavia gan
balialit - 12/05/2011 12:22 AM
#18

nice tips...
moga brguna kelak... :2thumbup
stay.SIC - 12/05/2011 12:25 AM
#19

begitu ya, dapet daun stevia dimana bingungs
Bargnani Sob - 12/05/2011 12:37 AM
#20

nice share gan... patut dicoba nih beer:
Page 1 of 3 |  1 2 3 > 
Home > CASCISCUS > THE LOUNGE > Cara Membuat Gula Stevia Sendiri di Rumah (kandungan+manfaat juga)