Arsitektur
Home > LOEKELOE > TEKNIK > Arsitektur > [HELP] Bangunan Batako
Total Views: 1040

Ir.AgusMuchsoni - 06/04/2011 08:40 PM
#11

Quote:
Original Posted By gogildong
Maap gan loloan itu apa ya?


mungkin yang dimaksud adukan semen + pasir kali gans

ane juga masi nubie soalnya
hexadead - 13/04/2011 05:24 PM
#12

- apakah dindingnya nanti bisa dipasang kitchen set, ac atau gantungan buat barang yang berat ? agak ngeri soalnya dalamnya berongga, takut malah dindingnya gak kuat....
---kalo ragu agan bikin kolom praktis aja 20x20cm.

- saya lihat waktu pembangunan, slope cor-coran kayaknya kecil banget (cuma setebal batako) apakah cukup kuat untuk menahan bebah mengingat dindingnya yang berongga?
-- bebannya apa nih gan ?

- atap pakai baja ringan dan genteng beton. apakah ideal untuk dinding batako?
----liat kolomnya gan. support gak buat genteng beton. kalo baja ringan sih kuat nahan genteng beton. kalo koom terlalu kecil harius dibikin dulu sebagai tambahan untuk jaga2 struktur...biasanya tanya ke vendor baja ringannya..karena sedikit banyak berhubungan

sebenarnya saya ingin ganti pakai bata dengan tambah biaya tapi developer tidak mengijinkan dengan alasan tidak sesuai dengan RAB....
----lah ? belinya pake duit agan ato developer nih ?

- kalau mau menambah jaringan kabel/pipa di dinding apakah memungkinkan untuk di tanam dalam dinding? pertimbangan saya adalah soal kekuatan dindingnya.....
---kuat. saya jamin. pipa kabel gak punya beban. kecuali kabelnya kabel tufur

1. kira2 untuk pasang beban AC aja kuat gak gan?
Kalo untuk isian dinding batako sebaiknya semen cor aja atau campur pasir?
--- AC? indoor ato outdoor ?? kalo outdoor gak kuat gan. saran saya bikin dudukan setinggi 10 cm dari ubin aja dari bata / kayu bekas. tutup sama adukan...

2. kalo mau pakai genteng beton masih bisa diterapkan gak ya?
Truz ukuran kolom idealnya berapa supaya kuat menopang?
---luas bangunan brp gan ? ada itungannya tuh..


wah tanya yg buagus tuh! krn mewakili tanya ane jg.
Iya gan, ane beli rumah type 45, kyaknya si pemiliknya hanya asal berdiri (kesannya). Kelihatan dari podasinya yg gak pake cakar ayam. dindingnya pun pake batako. Nah trus kalo ane mo tingkat berarti beresiko, jg gak yah??!
---jelas beresiko. itu harus bikin baru. kalo disuruh nyuntik jg ane gak brani...gak pake cakar ayam ngeri gan. dibikin tingkat tp goyang di kakinya. kalupun bisa kolomnya bisa gede bgt tuh gan. ujung2nya biaya lebih gede.

nitip nanya jg gan..
klo ane mo ninggiin bangunan yg awalnya batako pake bata, bisa ga ya gan? ato jangan2 ane harus ganti semua temboknnya pake bata? soalnya ane ada rencana bikin kitchen set
--- ganti batako ke bata ? bisa gan. batako gak harus diganti semua. yg perlu ditambah kolomnya gan...batako bukan elemen struktural lho..


persis ane nih sekarang lagi bangun rumah, boleh tanya ga , kemaren ditawarin pengganti batako katanya sil on atau shell on atau apalah itu ? itu bagaimana agan sekalian? ane belum setuju sih.. kalo bisa kasih perbandingannya thank you..
---cellcon gan, beton ringan, (aerial concrete). beton tapi ada rongga udaranya gan. kalo gak salah 5000-an sebiji ukuran 40x60cm...maap kalo salah. mereknya yg umum "HEBEL"



maap kalo salah...
:toast
mujay - 12/07/2011 11:20 AM
#13

rumah ane juga memakai batako tapiane bangga. karnea membeli dengan jerih aya uangs endiri
Jyfer - 13/07/2011 12:12 AM
#14

Klo pake celcon sih dijamin kuat. Bener banget tuh merk celcon yg paling terkenal yg ane tau emang HEBEL, tp ada banyak merk lain kok kaya powerblock, lightbrite, dll. Tp klo sekarang harganya mahal tuh gan, bisa kena 800rban perkubik. Ane jual soalnya jadi tau ^^
Home > LOEKELOE > TEKNIK > Arsitektur > [HELP] Bangunan Batako