ACTIVITY & HOBBY
Home > LOEKELOE > ACTIVITY & HOBBY > Hobi Membuat Mesin CNC Sendiri (DIY CNC)
Total Views: 118021
Page 68 of 81 | ‹ First  < 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 >  Last ›

ardona - 01/06/2012 05:20 PM
#1341

Quote:
Original Posted By iwantanto
Hallo semua, maaf baru gabung. Sudah lama hobby CNC, cuma selama ini kiprahnya ke website luar negeri terus. Baru tau kalo di sini juga sudah rame.

Mau minta tolong bagi yang punya info atau mau jualan onderdil CNC (aluminium extrusion, linear bearing, rack pinion, ballscrew, stepper motor & driver, dll), kirim deh ke [email]iwantanto@gmail.com[/email]. Terutama di daerah Medan kok susah ya cari onderdil CNC.


Butuh yg seperti apa?
ddeeen - 04/06/2012 05:37 PM
#1342
Tolong kasih schema rangkaiannya gan...
Quote:
Original Posted By ardona
IC tersebut digunakan untuk membuat logic sequence stepper motor, lebih mudah kalau anda pakai ic L297 yg memang didesign untuk stepper motor.

Kombinasi L297-L298 bisa untuk motor stepper Bipolar
Kombinasi L297 - IRFZ44 bisa untuk motor stepper Unipolar

Silahkan cek datasheet masing2 ic untuk aplikasinya.


Hmm,,agan ardona jago masalah Komponen Elektronika ya..:addfriends

Ane gak paham ttg "datasheet" gan...
Ne rangkaian yang mo ane bikin gan..


Kalo IC-nya diganti IC L297 Maka Rangkaian-nya otomatis berubah dunk gan??. apa emang IC L297 persamaan dari IC CD4028BE & CD45xxBE gan??

Tolong kasih schema rangkaian yang pakai IC L297 gan Ardona....
animazizelf - 05/06/2012 10:33 AM
#1343

Keren banget ni :matabelo

Sudah 10 tahun yg lalu ane mempelajari CNC waktu kuliah, ane pikir blm ada yg handmade :2thumbup:2thumbup. mantap banget ni.

klo ada perkumpulannya di bandung. Ajak2 dong juragan ane pengen mempelajari lagi ni
bowosch - 05/06/2012 09:18 PM
#1344



dulu pernah menjadi topik hangat di trit ini. cnc dengan cor semen (Concrete CNC)

Akhirnya kesampaian juga ngrasain merakit mesin yang dibuat dari cor semen. meski yang ngecor bukan saya sendiri tapi sensasinya luar biasa. sampai-sampai mesin ini dijuluki sama orang-orang dengan sebutan Punden Berundak. hahaha

setelah 3 bulan pengerjaan kira-kita bentuk punden berundak menjadi seperti ini.

Spoiler for concrete cnc painted assy


itu meja yang ijo itu dari cor semen lho gan

Spoiler for bukti cor semen


nah loh ada bagian yang ane brakot keliatan kan batunya.
proses perakitan mesin ini ane rangkum dalam blog ane gan http://bowoschcnc.blogspot.com/
andrecncrouter - 06/06/2012 10:01 AM
#1345

mantapz gan bowosch..jadi pengen nyoba juga, kayanya anti getar hehe
ddeeen - 06/06/2012 01:46 PM
#1346
Help me please.....
Quote:
Original Posted By ddeeen
Hmm,,agan ardona jago masalah Komponen Elektronika ya..:addfriends

Ane gak paham ttg "datasheet" gan...
Ne rangkaian yang mo ane bikin gan..


Kalo IC-nya diganti IC L297 Maka Rangkaian-nya otomatis berubah dunk gan??. apa emang IC L297 persamaan dari IC CD4028BE & CD45xxBE gan??

Tolong kasih schema rangkaian yang pakai IC L297 gan Ardona....


Tolong agan2 disini bantu ane dunk...
ardona - 06/06/2012 06:49 PM
#1347

Quote:
Original Posted By ddeeen
Hmm,,agan ardona jago masalah Komponen Elektronika ya..:addfriends

Ane gak paham ttg "datasheet" gan...
Ne rangkaian yang mo ane bikin gan..


Kalo IC-nya diganti IC L297 Maka Rangkaian-nya otomatis berubah dunk gan??. apa emang IC L297 persamaan dari IC CD4028BE & CD45xxBE gan??

Tolong kasih schema rangkaian yang pakai IC L297 gan Ardona....


Susah ternyata kalau mau ngejelasin ya, kupikir tinggal ngomong aja selesai. sorry... nanti saya suruh orang saya bikin schematicnya dulu, saya gak sempet.
ddeeen - 07/06/2012 11:15 AM
#1348
Maaf ya gan,, ane ngrepotin.....
Maaf agan Ardona,, ane gak pham kalo merubah2 schematic gtu...

Maaf ya gan...

Ane tunggu kabarnya gan Ardona....
agna_8989 - 09/06/2012 04:37 AM
#1349

Maaf mau tanya...
Di solo atau jogja ada ga tempat jasa pemotongan plat logam (besi/stainless) menggunakan CNC Laser/Plasma?
Terimakasih untuk infonya...
Cibools - 14/06/2012 12:48 AM
#1350

Driver pake mikrokontroller.... lebih murah dan bisa mendrive lebih dari 3 motor stepper...
henryyulianto - 15/06/2012 06:25 PM
#1351
nimbrung newbie nih
Pertama: Moga agan cpt sembuh.
Kedua: ane jg newbie nih, br nyari2 referensi sono-sini dari abah google. G tau dtng nya dr mana nih, kok ane tahu2 pingin pingin bikin CNC sndri sejak 2 bulanan yg lalu. Utk para master mhn pencerahannya....
Nuhun....

Agan yg satu ini pantes dapat cendol dah....
:toast
slenco - 15/06/2012 07:38 PM
#1352

Quote:

makasih ya gan infonya.
blu3534 - 15/06/2012 09:16 PM
#1353
Minta info gan....
Susah bener nyari square & rectangular tube (pipa kotak) yang tebal 4 mm & up . Buat konstruksi meja cnc gan...

Kalo ada yang punya info tolong PM ya gan, ane cari yang ukuran 80x80mm, 50x50mm, 50x100mm tebal minimal 4 mm

Kalo bisa tkp jabodetabek biar gampang angkut pake delman

henryyulianto - 17/06/2012 04:40 PM
#1354

Quote:
Original Posted By haryset
ada yg tau cari as baja 12 mm pass panjang 125 cm rencana butuh dua
sama yang ukuran 60 cm juga butuh dua


Agan klo di Bandung bisa coba ke toko jl. Suniaraja, atau masuk gang Suniaraja.
henryyulianto - 17/06/2012 04:45 PM
#1355

Buat agan2 para master, mohon pencerahannya. Ane mo tanya2
1. Apa kegunaan coupling pada sebuah mesin CNC ya?
2. Untuk yang blm prnh bikin CNC trus mo nyoba2 bikin, sebaiknya bahan yang di pake utk kontruksi bodi nya pake bhn apa?

Trims sekali...
henryyulianto - 17/06/2012 05:53 PM
#1356

Quote:
Original Posted By ardona
Mainan buat saya belajar







Spoiler for all


Muantab gambarnya.
henryyulianto - 17/06/2012 05:55 PM
#1357

Quote:
Original Posted By henryyulianto
Muantab gambarnya. Ukuran stepper apa tergantung dari design besar-atau kecilnya bodi ya gan? Thanks inpo nya
ddeeen - 18/06/2012 12:07 PM
#1358
Help me, Lagi nunggu rangkaian kombinasi L297
Quote:
Original Posted By ardona
Susah ternyata kalau mau ngejelasin ya, kupikir tinggal ngomong aja selesai. sorry... nanti saya suruh orang saya bikin schematicnya dulu, saya gak sempet.


Hehe... belum ada kabarnya ya agan2 disini..
Ane kepengen bgt ngebuat cnc..


Oya gan,ane mo tanya. didalam rangkaian ada "step,direction,dan enable" yang nantinya itu dihubungkan ke port serial printer di komputer, benerkan gan??

Trus Apakah Letak jalur step,direction, dan enable di port komputer sama untuk beda software maupun rangkaian cnc controller??

Trus enable itu diatur oleh sofware (mach3,dll) ya gan??.
Lalu fungsi dari enable itu apa gan??
r4pids - 20/06/2012 10:58 AM
#1359

Quote:
Original Posted By henryyulianto
Buat agan2 para master, mohon pencerahannya. Ane mo tanya2
1. Apa kegunaan coupling pada sebuah mesin CNC ya?
2. Untuk yang blm prnh bikin CNC trus mo nyoba2 bikin, sebaiknya bahan yang di pake utk kontruksi bodi nya pake bhn apa?

Trims sekali...


1. Untuk kompensasi bila antara shaft motor dan shaft yang akan digerakkan tidak paralel. Setiap coupling ada batas toleransi sudut "tidak paralel".
2. Paling gampang menggunakan konstruksi MDF / Kayu.
henryyulianto - 20/06/2012 10:48 PM
#1360

Quote:
Original Posted By r4pids
1. Untuk kompensasi bila antara shaft motor dan shaft yang akan digerakkan tidak paralel. Setiap coupling ada batas toleransi sudut "tidak paralel".
2. Paling gampang menggunakan konstruksi MDF / Kayu.



Makasih gan. Sebelum bikin yang beneran, nyoba2 dulu buat konstruksinya pake sisa2 MDF bekas. Walaupun msh awam sekali. Ane yakin utk pertama kali bikin pasti ada aja tingkat kegagalanya. Makanya coba2 dulu yg boongan.
Page 68 of 81 | ‹ First  < 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 >  Last ›
Home > LOEKELOE > ACTIVITY & HOBBY > Hobi Membuat Mesin CNC Sendiri (DIY CNC)