Budaya
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > ## [Sejarah]: "Napak Tilas Jejak Perjuangan Pangeran Sambernyawa"##
Total Views: 59387
Page 20 of 38 | ‹ First  < 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 >  Last ›

adi6510 - 08/01/2009 12:58 PM
#381

Quote:
Original Posted By aki_bungsu
salam kenal mas TS...

jujur saya senang adanya thread ini karena jadi inget kampung halaman & leluhur2 saya.... sayang kraton kartosuro udah mulai gak terawat... (walaupun saya salah satu penghuninya...hikhik..)....

monggo ditunggu lanjutanya..mas2...
wasalam


Salam kenal juga.....

Penghuni kraton kartasura yah ?

Hmm berarti dari trah PB 1 dunk ?

Soale hanya PB 1 dan PB 2 yang sempat bertahta di Kraton Kartasura....

CMIIW, please....

ingsunpiyambak - 08/01/2009 01:12 PM
#382

Quote:
Original Posted By adi6510
Salam kenal juga.....

Penghuni kraton kartasura yah ?

Hmm berarti dari trah PB 1 dunk ?

Soale hanya PB 1 dan PB 2 yang sempat bertahta di Kraton Kartasura....

CMIIW, please....


masih adakah kraton akrtasura tu?kraton sebelum di pindah ke daerah tempat yang baru dekat river solo right?
ariherdi - 08/01/2009 01:15 PM
#383

Quote:
Original Posted By ariherdi
Mas Adi nuwun sewu, mau nambahi para pendamping perjuangan Pangeran Sambernyowo, kayaknya di bagian depan belum ada.

40 punggawa baku dan kelompok khusus:

1. Kyai Wirodiwongso/Kyai Tumenggung Kudonowarso/di Mantenan, Ngalroh Selogiri, Wonogiri

2. Raden Sutowijoyo/Kyai Ngabei Ronggo Panambang/di Randhusongo, Tasikmadu, Karanganyar

3. Mas Ngabei Joyodikromo/Gn. Wijil, Kampung Ngawen, Gunung Kidul

4. Kyai Ngabei Joyosantiko/ Cabeyan, Kaling, Tasikmadu

5. Kyai Ngabei Joyorencono/ Karang, kaling, Tasikmadu

6. Kyai Ngabei Joyopuspito/ Ngendho Kerten, Wetan Bangak Banyudono

7. Kyai Ngabei Joyohutomo/ Ngendho Kerten, Wetan Bangak Banyudono

8. Raden Ngabei Joyosentono/ Mungup, Sawit

9. Raden Ngabei Joyomursito/ Krisikan, Simo, Boyolali

10. Kyai Ngabei Joyowidento/ Troketon, Karangasem, Solo.



11. Kyai Ngabei Joyosuwanyo / Potromulyo, Wetan Kaliwungu, Kendal, Weleri, Semarang

12. Kyai Ngabei Joyoprabowo / Gn. Wijil Prambanan

13. Kyai Ngabei Joyoyudo / Gombong, Kadipuro, Solo

14. Kyai Ngabei Joyotilarso / Krisikan, Simo, Boyolali

15. Kyai Ngabei Joyoleyangan / Sentono Gede, Matesih, Karanganyar

16. Kyai Ngabei Joyosuwito / Ngendho,Banyudono

17. Kyai Ngabei Joyodipuro / Tunggul, Manyaran, Wuryantoro Wonogiri

18. Raden Ngabei Joyosutarmo / Sukomerto, Kepatihan, Nglaroh Selogiri

19. Kyai Somarasemita / Joyosudarso / Sidowayah, Polanharjo

20. Kyai Surengpati Sepuh / Joyopanamur / Sentono Gede, Matesih, Karanganyar

21. Kyai Surojoyo / Joyopamenang / Kedungdhowo, Matesih, Karanganyar

22. Kyai Surowongso / Joyopanantang / Punthuk Engkuk, Kalibanteng, Sendang Griyo, Selogiri

23. Kyai Condro Tanoyo / Joyowirono / Katah, Singodutan, Selogiri

24. Kyai Surengpati Enem / Joyopawiro / Geger, manyaran, Wonogiri

25. Kyai Citrodiwongso / Joyopangrawit / Girimaloyo, Wuryantoro, Wonogiri

26. Kyai Surigerjito / Joyohulatan / Kedhungdhowo, Plosorejo, Matesih

27. Mas Demang Poncowigeno / Joyo Alap Alap / Brengosan, Purwari, Solo


Yang Menyusul kemudian:

1. Kyai Kartomanggolo

2. Kyai Taliwangsul / Wonogiri

3. Kyai Gunowijoyo / Gn.Malang, matesih

4. Kyai Singodhiwongso / Randusongo, Tasikmadu

5. Kartolesono / Bendungan Nglaroh, Selogiri

6. Kyai Setroketu / Hastana Bibis Luhur, Solo

7. Kyai Jemparing / Matang Kidul Tilas Kraton Kartasuro

8. Kyai Gagakbri / Ngrusah, Manyaran

9. Kyai Gagakpranowo / Kadipiro, Sendangtirto, Sleman

10. Kyai Gagakrejo / Sendhanglanang, Wonogiri

11. Kyai Gunobau / Jetak, Bendungan Nglaroh, Wonogiri

12. Raden Mangunrejo

13. Raden Hendropanitis


Kelompok Khusus:

1. Raden Ayu Kusumonarso, Garwo Sunan Amangkurat IV, Nenek Pangeran Sambernyowo, makam di Keblaon

2. Raden Ayu Kusumo Patahati, Garwo Sepuh Pangeran Sambernyowo, Putri Kyai Kasan Nuriman, Makam Si Gunung Wijil, Selogiri

3. Kyai Kasan Nuriman, Guru dan mertua Pangeran Sambernyowo, Makam di Karang Tengah Selogiri

4. Nyai Emban, Emban Pangeran Sambernyowo, Makam di desa Tumanggal, Jatipuro

5. Gamel (pemelihara kuda) Pangeran Sambernyowo, makam di desa Gempolan, Jatiyoso.

Mohon maaf jika terjadi salah penulisan nama, dan gelar
Suzaku Musha - 08/01/2009 01:22 PM
#384

klo yg di atas itu nama tempat asal atau makamnya ya mas?
jaro san - 08/01/2009 01:32 PM
#385

mantafff!!! viva Sambernyowo... !!!!

oya.. @ts.. kl raden santri yang makamnya di bogor tuh... keturunan dr jalur mana yah om TS??

peace
ariherdi - 08/01/2009 04:51 PM
#386

Quote:
Original Posted By Suzaku Musha
klo yg di atas itu nama tempat asal atau makamnya ya mas?


Mohon maaf mas, aku sendiri kurang ngerti itu tempat asal ato makamnya. Semoga kaskuser di sini ada yang bisa kasih pencerahan, ato mungkin Mas Adi tau?
prabuanom - 08/01/2009 08:35 PM
#387

Quote:
Original Posted By jaro san
mantafff!!! viva Sambernyowo... !!!!

oya.. @ts.. kl raden santri yang makamnya di bogor tuh... keturunan dr jalur mana yah om TS??

peace

wah jd inget mas rasyid lagi
yg sudah mengunjungi langsung kesana adalah mas adi
monggo mas adi bs dibabar
aki_bungsu - 09/01/2009 09:11 AM
#388

Quote:
Original Posted By adi6510
Salam kenal juga.....

Penghuni kraton kartasura yah ?

Hmm berarti dari trah PB 1 dunk ?

Soale hanya PB 1 dan PB 2 yang sempat bertahta di Kraton Kartasura....

CMIIW, please....



salam mas...

mantan penghuni mas...
masalah saya trah dari mana itu tidak penting bagi saya mas... yg cukup miris keadaan disana aja... benteng kraton banyak ditumbuhi rumput2 liar...
tapi cocok untuk menyepi & uka uka ..hehhehe...

emang bener sih hanya PB 1 dan PB 2 yang sempat bertahta di Kraton Kartasura...

ntar kalo pulang kesana, insya allah saya upload gambar terkini keadaan bekas kraton yg dulu pernah berjaya tsb.

wasalam
ingsunpiyambak - 09/01/2009 10:25 AM
#389

keraton kartasura yang pernah disiege oleh pasukan sunan kuning with chinese militia?
jaro san - 09/01/2009 10:46 AM
#390

yoi gan.... milisi chinese malah berhasil masuk ke dalam keraton, merusak bangunan dan isinya, termasuk wadah beras keramat yg konon adl milik bidadari nawangwulan istri joko tarub.... jg setelah pasukan chinese pemberontak tsb pergi... bbrp pusaka keraton hilang...

peace
Suzaku Musha - 09/01/2009 01:01 PM
#391

cek cp bang ariherdi
adi6510 - 09/01/2009 05:21 PM
#392

Quote:
Original Posted By jaro san
mantafff!!! viva Sambernyowo... !!!!

oya.. @ts.. kl raden santri yang makamnya di bogor tuh... keturunan dr jalur mana yah om TS??

peace



@ mas jaro.

Kalo ndak salah niy, dari hasil penelusuran... mohon di-koreksi juga niy....

Eyang Santri aka KPH Joyokusumo merupakan putra dari KPH Prabuwijoyo + Gusti Putri Ratu Alit.
Sedangkan KPH Prabuwijoyo merupakan putra KGPAA Mangkunegoro I + Raden Ayu Patah Ati.
Dan, Gusti Putri Ratu Alit merupakan putri kandung dari SISKS Pakubuwono III.
Sementara, Raden Ayu Patah Ati adalah keturunan dari Sultan Hadiwijaya aka Jaka Tingkir.

Jadi Eyang Santri sekaligus bersama-sama merupakan trah Mangkunegaran, trah Kasunanan Solo dan trah Kraton Pajang secara sekaligus.

Mekaten, mas.

CMIIIW, please.

adi6510 - 09/01/2009 05:24 PM
#393

Quote:
Original Posted By ariherdi
Mohon maaf mas, aku sendiri kurang ngerti itu tempat asal ato makamnya. Semoga kaskuser di sini ada yang bisa kasih pencerahan, ato mungkin Mas Adi tau?



Kalo ndak salah, niy, itu semua adalah tempat beliau-beliau dimakamkan.

Contoh Raden Ayu Soemonarso adalah Eyang putri dari KGPAA Mangkunegoro I, yang dimakamkan di Makam Keblokan.

CMIIW, please.

adi6510 - 09/01/2009 05:26 PM
#394

Quote:
Original Posted By jaro san
yoi gan.... milisi chinese malah berhasil masuk ke dalam keraton, merusak bangunan dan isinya, termasuk wadah beras keramat yg konon adl milik bidadari nawangwulan istri joko tarub.... jg setelah pasukan chinese pemberontak tsb pergi... bbrp pusaka keraton hilang...

peace



Wadah beras keramat milik bidadari Nyai Nawang Wulan yah....

Pusaka itu bernama Kiai Dudha.....

Berupa dandang tempat menanak nasi....

Saya ada koleksi foto-nya.....

Suzaku Musha - 09/01/2009 05:47 PM
#395

klo punggawa nya mas adi?

misal :
11. Kyai Ngabei Joyosuwanyo / Potromulyo, Wetan Kaliwungu, Kendal, Weleri, Semarang

beliau tempat asalnya semarang, atau makamnya yg di semarang?
ariherdi - 09/01/2009 06:51 PM
#396

Quote:
Original Posted By Suzaku Musha
cek cp bang ariherdi


Maturnuwun kang
prabuanom - 09/01/2009 07:05 PM
#397

Quote:
Original Posted By jaro san
yoi gan.... milisi chinese malah berhasil masuk ke dalam keraton, merusak bangunan dan isinya, termasuk wadah beras keramat yg konon adl milik bidadari nawangwulan istri joko tarub.... jg setelah pasukan chinese pemberontak tsb pergi... bbrp pusaka keraton hilang...

peace

sebenrnya pasukan sunan kuning itu mengadakan pemberontakan terhadap kartasura yg waktu itu masih mataram ya?
periode kartasura masih mataram satu kan belum giyanti?bagi dong kisah seputar pemebrontakan pacinan ini.
prabuanom - 09/01/2009 07:07 PM
#398

Quote:
Original Posted By jaro san
yoi gan.... milisi chinese malah berhasil masuk ke dalam keraton, merusak bangunan dan isinya, termasuk wadah beras keramat yg konon adl milik bidadari nawangwulan istri joko tarub.... jg setelah pasukan chinese pemberontak tsb pergi... bbrp pusaka keraton hilang...

peace

sebenrnya pasukan sunan kuning itu mengadakan pemberontakan terhadap kartasura yg waktu itu masih mataram ya?
periode kartasura masih mataram satu kan belum giyanti?bagi dong kisah seputar pemebrontakan pacinan ini.
adi6510 - 10/01/2009 11:17 AM
#399

Quote:
Original Posted By aki_bungsu
salam mas...

mantan penghuni mas...
masalah saya trah dari mana itu tidak penting bagi saya mas... yg cukup miris keadaan disana aja... benteng kraton banyak ditumbuhi rumput2 liar...
tapi cocok untuk menyepi & uka uka ..hehhehe...

emang bener sih hanya PB 1 dan PB 2 yang sempat bertahta di Kraton Kartasura...

ntar kalo pulang kesana, insya allah saya upload gambar terkini keadaan bekas kraton yg dulu pernah berjaya tsb.

wasalam


Ditunggu upload-an foto kraton kartasura, mas.

adi6510 - 10/01/2009 11:29 AM
#400

Quote:
Original Posted By Suzaku Musha
klo punggawa nya mas adi?

misal :
11. Kyai Ngabei Joyosuwanyo / Potromulyo, Wetan Kaliwungu, Kendal, Weleri, Semarang

beliau tempat asalnya semarang, atau makamnya yg di semarang?


Sepertinya makam nya yang berlokasi di Semarang.

Page 20 of 38 | ‹ First  < 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 >  Last ›
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > ## [Sejarah]: "Napak Tilas Jejak Perjuangan Pangeran Sambernyawa"##