Jambi
Home > Kaskuser Regional > INDONESIA > SUMATERA > Jambi > ۩۞۩ Berita dan Pilitik Sekitar Jambi ۩۞۩
Total Views: 908
Page 1 of 2 |  1 2 > 

Gofizh - 23/05/2011 01:59 PM
#1
۩۞۩ Berita dan Pilitik Sekitar Jambi ۩۞۩
BAGI AGAN-AGAN ASLI JAMBI, YANG MEMPUNYAI BERITA SEPUTAR JAMBI BAIK BERITA POLITIK,KRIMINAL, MAUPUN BERITA FEATURES. TOLONG SHARE DI SINI UNTUK BERBAGI PENGETAHUAN PERKEMBANGAN JAMBI KE TEMAN-TEMAN KITA YANG BERADA DI PERANTAUAN.
AGAR THREAT INI TETAP BERTAHAN SAYA MENGHIMBAU AGAN-AGAN UNTUK MEMBERIKAN , :rate5 , DAM MEMBANTU THREAT INI.



SYARAT MENULIS BERITA DI THREAT INI :
1. Berita TIDAK boleh
2. Berita TIDAK boleh repost2
3. Berita TIDAK boleh :hoax
4. Berita HARUS :hn:hn:hn
-SEMOGA THREAT INI BERMANFAAT-
MalingSempaX - 24/05/2011 02:29 PM
#2

Berita Tanggal 24 - 05 - 2011

AJB Walikota Sungaipenuh

Langkah pasangan Asyafri Jaya Bakri (AJB)-Ardinal Salim untuk dilantik sebagai Walikota dan Wakil Walikota Sungaipenuh, berjalan mulus. Mahkamah Konstitusi (MK) menolak permohonan yang diajukan oleh pasangan Ahmadi Zubir-Mushar Azhari, pada perkara perselisihan Pilkada Kota Sungaipenuh putaran kedua 2011, kemarin (11/5).

“Mahkamah menolak seluruh permohonan pemohon (Ahmadi Zubir-Mushar Azhari),” kata Ketua MK Mahfud MD, saat membacakan putusan Nomor 47/PHPU.D-IX/2011 sekitar pukul 17.00 kemarin.

Dalam putusan tersebut, mahkamah menilai yang menjadi pokok perselisihan dalam perkara kali ini yaitu : pejabat pemerintah dan pegawai negeri sipil (PNS) tidak netral; penggunaan fasilitas negara; mutasi pejabat dan PNS; penundaan Pilkada putaran kedua; intimidasi; politik uang; pengelenggaraan Pilkada yang tidak netral; dan Panwaslu yang tidak netral.

Secara keseluruhan, dalil yang diajukan pemohon ditolak dengan alasan tidak cukup bukti, yang bisa meyakinkan mahkamah. Dalam pertimbangannya, mahkamah mengesampingkan dalil pemohon, yang mengatakan bahwa Gubernur Jambi Hasan Basri Agus (HBA) dan rombongan pada 10 Desember 2010, memobilisasi pejabat dan PNS untuk mendukung pasangan AJB-Ardinal. Pemohon juga mendalilkan, HBA memiliki hubungan keluarga dengan pasangan AJB-Ardinal.

“Berdasarkan fakta di persidangan, mahkamah menilai dalil mengenai mobilisasi PNS oleh Gubernur Jambi dan rombongan tidak memiliki relevansi,” kata majelis hakim.

Hal itu disebabkan perkara yang didalilkan terjadi pada Pilkada putaran pertama, sedangkan perkara saat ini adalah Pilkada putaran kedua. Mengenai dalil hubungan keluarga antara Gubernur Jambi dan pihak terkait (AJB-Ardinal), mahkamah menilai pemohon tidak memberikan cukup bukti.

“Seandainya memang bersaudara, pemohon masih harus membuktikan bahwa hubungan keluarga tersebut memberikan keuntungan secara melanggar hukum bagi pihak terkait,” kata majelis hakim.

Pada dalil pemohon yang mengatakan, Walikota Sungaipenuh melakukan mutasi terhadap pejabat yang tidak mendukung pasangan AJB-Ardinal, mahkamah juga melihat ada kejanggalan. Menurut majelis hakim, Walikota Sungaipenuh tiak matang mempertimbangkan mutasi pejabat itu. Hal ini berdasarkan keterangan saksi Asnadi Anas, yang empat kali mengalami mutasi (promosi atau demosi) dalam kurun waktu delapan bulan.

Walau menemukan kejanggalan itu, namun bukti yang diajukan pemohon tidak meyakinkan mahkamah, bahwa mutasi itu merupakan bagian dari upaya Walikota dan jajarannya, untuk secara terstruktur menggalang dukungan pasangan AJB-Ardinal. Dalam hal ini, mahkamah memberi catatan khusus terhadap pola mutasi pejabat dan PNS oleh Walikota Sungaipenuh, pada sekitar hari pelaksanaan Pilkada.

“Karena selain membuka kemungkinan disalahgunakan untuk mendukung salah satu pasangan calon, juga berpotensi menimbulkan isu yang akan mengganggu pelaksanaan Pilkada,” ujar majelis. Mengenai tudingan bahwa pemunduran pelaksanaan Pilkada Sungaipenuh putaran kedua, digunakan untuk merampungkan sosialisasi dan konsolidasi tim AJB-Ardinal, dali tersebut juga tidak terbukti.

Pantauan di lapangan, usai membacakan sidang para pedukung AJB-Ardinal yang ikut menyaksikan jalannya sidang langsung bersalaman atau berangkulan. Pihak pengamanan pun terpaksa menertibkan mereka, karena sidang belum dinyatakan ditutup. Setelah sidang ditutup, di luar ruang sidang Ardinal yang hadir tanpa AJB langsung dihujani ucapan selamat oleh para pendukungnya.

AJB yang dikonfirmasi koran ini, semalam, mengatakan, dari awal pihaknya sudah mengikuti seluruh proses hukum di MK ini, pihaknya pun berkomitmen sejak awal akan mengikuti apa pun keputusan MK, sekalipun putusan MK mengulang Pemilukada.

‘’Kita menghormati proses hukum ini, apapun keputusannya harus kita terima dengan lapang dada,’’ ujarnya.

AJB juga menyebut tidak ada yang kalah dan tidak ada yang menang paska putusan MK, namun demikian, ini adalah kemenangan masyarakat 5 kecamatan di Kota Sungaipenuh.

‘’Sekali Saya tegaskan, ini adalah kemenangan masyarakat 5 kecamatan di Kota Sungaipenuh,’’ tegasnya.
ojieumank - 24/05/2011 08:35 PM
#3

yesss ada thread berita di jambi..
berita yg lagi HOT di jambi aja ya yg di sini..















boleh post ngga sih ??
kalo ngga delete aja
ojieumank - 24/05/2011 08:52 PM
#4
Selasa, 24 Mei 2011
Jalan Kerinci Jambi Tertutup Longsor



KERINCI,‑ Jalan yang menghubungkan Kabupaten Kerinci dengan Kota Jambi, tepatnya di Km 45 antara Bedeng IV dan Bedeng V, Desa Muara Emat, Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci longsor.

Kabar yang dihimpun dari sumber di lapangan, longsor terjadi sejak Minggu (22/5) malam sepanjang 40 meter. Akibat longsor tersebut, ribuan kubik material tanah dan batu menumpuk di badan jalan, sehingga kendaraan tidak bisa lewat.

Akibat peristiwa itu, semua kendaraan tak bisa lewat selama belasan jam sejak Minggu malam hingga Senin sore. Banyak penumpang travel jurusan Kerinci-Jambi dan sebaliknya yang terlantar.
Sabki, orang tua penumpang yang ditemui di salah satu loket di Kerinci. Menurutnya anaknya bisa kelaparan jika terlalu lama menunggu, apalagi di kawasan tersebut tidak ada sinyal handpone dan jauh dari permukiman warga.

"Penumpang tidak mungkin membawa makanan dari Jambi maupun dari Kerinci. Anak saya yang berangkat dari Jambi malam tadi bisa kelaparan di jalan, karena tidak ada tempat membeli makanan," katanya.

Bagian tiketing PO Safa Marwa Kerinci mengatakan, akibat longsor tersebut, armada angkutan yang membawa penumpang dari Jambi, belum ada yang sampai di Kerinci hingga kemarin sore. Hal yang sama terjadi pada penumpang travel yang berangkat dari Jambi.

Kapolres Kerinci AKBP Hastho Rahardjo, melalui Kasat Lantas Polres Kerinci AKP Harmain, saat dikonfirmasi mengatakan, akibat longsor terjadi kemacetan total di kawasan tersebut.
"Ya, informasi yang kami terima dari petugas di lapangan, sejak malam tadi terjadi kemacetan total di ruas jalan tersebut, karena material longsor menutupi semua badan jalan," ujarnya, saat dikonfirmasi, Senin (23/5).

Menurutnya, kemacetan mulai teratasi setelah pukul 18.30 kemarin, dua alat berat yang dikerahkan berhasil membuka separuh jalan, sehingga bisa dilewati. Untuk menghindari terjadinya kemacetan lebih panjang lagi, AKP Harmain mengimbau agar pengendara yang ingin berangkat ke Jambi, dan begitu juga sebaliknya, memilih jalan pintas melewati Provinsi Sumatera Barat. Longsor yang terjadi untuk yang kesekian kalinya ini, membawa dampak dan pengaruh yang cukup besar, karena jalan tersebut merupakan satu‑satunya jalan yang menghubungkan Kerinci dengan kabupaten lainnya di Provinsi Jambi.


Sumber : Tribun Jambi
forgotpassword - 25/05/2011 12:35 AM
#5

IKutan ngisi... berita maren ni
Waspadai Angin Kencang dan Puting Beliung di Jambi

JAMBI, TRIBUNJAMBI.COM - Senin (23/5) petang, sebagian Kota Jambi dilanda angin puting beliung dan hujan deras.

Menurut Prakirawan Cuaca, Gumilang Deranadyan, kejadian serupa masih akan melanda kawasan Kota Jambi selama sepekan ke depan.

"Waspadai hujan lebat disertai angin kencang pada sore atau malam hari, terutama di wilayah Jambi bagian Timur dan Barat," ujarnya kepada Tribun, Selasa (24/5/2011) di ruang kerjanya.

Selain itu, menurut Gumilang, cuaca selama sepekan ke depan umumnya berawan. Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih berpeluang terjadi di wilayah Provinsi Jambi bagian timur, tengah, dan barat pada sore atau malam hari.(*)
Gofizh - 25/05/2011 12:51 AM
#6
MTQ di Kerinci Ditutup
KERINCI - Pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Jambi di Kabupaten Kerinci tadi malam ditutup. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini menghasilkan juara umum adalah dari kabupaten Batanghari dengan nilai 67. Dengan dengan demikian sudah kali yang keempat Batanghari mendapat gelar juara umum.

Sementara harapan Kerinci dan Tanjab Timur yang optimis akan mendapatkan status juara umum, ternyata kandas. Diposisi kedua yakni diraih oleh kabupaten Tanjung Jabung Timur dengan nilai 65, diikuti oleh posisi ke tiga, yakni kabupaten Merangin, dengan nilai 40, sementara di posisi ke empat adalah Muaro Jambi dengan nilai 37.

Pada MTQ kali ini, di posisi lima besar, diraih oleh dua daerah, yaitu Kabupaten Tebo dan Sarolangun, karena perolehan nilai sama, yakni 36. “Pada MTQ tahun ini, sebagai juara umum jatuh kepada Kabupaten Batanghari,”sebut Ketua Dewan Hakim, saat mengumumkan nama-nama juara. Bukan hanya itu saja, pada lomba pawai indah dan mobil hias, Batanghari juga keluar sebagai juara satu dengan nilai 446, juara Kabupaten Tanjab Tim, nilai 420, jaura ke tiga Kabupaten Tanjab Barat dengan nilai 395.

Pada lomba pameran dan bazaar, sebagai juara satu jatuh kepada Kabupaten Tanjung Jabung Barat dengan nilai 640, juara dua Kabupaten Kerinci, nilai 565, dan juara ketiga kabupaten Kerinci dengan nilai 470.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan hadiah kepada para juara. Untuk peraih juara satu diserahkan oleh Wakil Gubernur Jambi, Juara dua oleh Bupati Kerinci, Juara tiga, oleh Kemenag Provinsi Jambi, dan Juara empat oleh Wakil Bupati Kerinci.

Kemenag Provinsi Jambi, Abdul Kadir Husen, dalam sabutannya mengatakan, dengan puji rahmat tuhan yang maha esa, MTQ tahun ini berjalan dengan lancar dan aman, dan sukses.

Ia mengatakan, nuansa islam yang telah terbentuk pada pelaksanaan MTQ ini agar dapat selalu terjaga untuk masa-masa yang akan datang. Serta para peserta yang telah memberikan penampilan yang terbaik, juga akan memberikan kontribuis positif di tengah masyarakat. ”Semoga nuansa seperti ini selalu terjalin di masa-masa yang akan datang,”tukasnya.(hdi)
Gofizh - 25/05/2011 01:10 AM
#7
Murasman Menduga Ada yang Bermain
SUNGAI PENUH, TRIBUN – Tersendatnya pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh, ternyata menarik perhatian orang nomor satu di Kabupaten Kerinci, H Murasman.

 Ia menduga, terjadinya kelangkaan BBM kemungkinan kuat karena bukan digunakanan untuk keperluan masyarakat, namun digunakan untuk keperluan proyek dan industri, yang seharunya tidak menggunakan BBM bersubsidi dari pemerintah.

 Bupati Kerinci, H Murasman, saat dikonfirmasi mengakui hal tersebut. Ia mengatakan, seharusnya kontraktor dan industri harus mengikuti aturan main yang jelas. Kalau memang tidak dibolehkan menggunakan BBM bersubsidi, maka hal tersebut jangan dilakukan.

 Ya, saya menduga memang ada yang bermain dibalik kelangkaan BBM ini. Saya kira kalau hanya untuk keperluan masyarakat, pasokan BBM yang ada masih cukup,” ujar Murasman, saat dikonfirmasi Tribun, Selasa (8/12) kemarin.

Penulis : edijanuar
Editor : rahimin
Gofizh - 25/05/2011 01:16 AM
#8
HBA Bakal Didemo Selama Tiga Hari
SUNGAIPENUH, TRIBUNJAMBI.COM – Kedatangan Gubernur Jambi, Hasan Basri Agus (HBA) di Bumi Sakti Alam Kerinci, akan disambut aksi demonstrasi yang akan dilakukan sejumlah mahasiswa, dan masyarakat umum.

Aksi damai tersebut dilancarkan, untuk menuntut janji emas HBA sebelum
mencalonkan diri sebagai Gubernur Jambi. Karena selama menjabat sebagai
gubernur, HBA dinilai tidak memperhatikan pembangunan di Kabupaten Kerinci.

Gerakan Mahasiswa Peduli Rakyat (Gempur), melalui ketuanya, Yori Pernando, saat membenarkan adanya aksi demo tersebut. ia mengatakan, aksi
demo akan dilakukan selama tiga hari, yakni sejak hari Rabu (4/5) sampai hari

Jumat (6/5).

“Ya, kita menolak kedatangan HBA ke Kabupaten Kerinci, karena kepemimpinannya selama ini dianggap tidak memihak kepada masyarakat kerinci,” ujar Ketua Gempur, saat dikonfirmasi Tribun, Selasa (3/5) kemarin.
Menurutnya, aksi pada hari pertama, akan dilaksanakan dari Bundaran ke Kantor Bupati Kerinci. Pada hari kedua akan dilaksanakan di Bundaran ke kantor DPRD Kerinci. Sementara aksi pada hari ketiga akan dilakukan dari bundaran ke tempat penginapan HBA.

“Kita minta HBA memperhatikan jalan di Provinsi di Kerinci, sesuai dengan janji
emas yang ia sampaikan saat kampanye dulu. Saat ini HBA hanya diam melihat
penderitaan yang dialami oleh warga kerinci,” katanya

Penulis : edijanuar
Editor : rahimin
Sumber : Tribun Jambi
Laruku07 - 25/05/2011 02:38 AM
#9
Kejati Jambi Tetapkan Tersangka Korupsi Dekopinwil
Tribun Jambi - Selasa, 24 Mei 2011 23:24 WIB


Laporan wartawan Tribun Jambi, Bandot Arywono
JAMBI, TRIBUNJAMBI.COM - Penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jambi merahasiakan satu tersangka kasus dugaan korupsi di Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekopinwil) Jambi. Dalam kasus tersebut, negara ditaksir mengalami kerugian Rp 300 juta.

"Belum bisa dikasih tahu namanya. Tunggu nanti kalau sudah kita panggil untuk diperiksa," ujar Asisten Tindak Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Jambi, Masyrobi, Selasa (24/5). Untuk pemanggilan tersangka menurutnya, masih akan diagendakan oleh penyidik.

Penentuan tersangka tersebut berdasarkan pemeriksaan terhadap beberapa saksi, di antaranya staf Dekopinwil Jambi dan Dekopinda di beberapa kota/kabupaten yang ada di Jambi.

Sebelumnya, penyidik telah merekomendasikan satu tersangka pada kasus itu, yaitu Ketua Dekopinwil Jambi, Mairizal.

Dana sebesar Rp 300 juta yang berasal dari APBN tersebut seharusnya digunakan untuk beberapa kegiatan Dekopinwil Jambi, seperti kegiatan pasar rakyat dan penguatan usaha sejenis. Dalam pelaksanaannya di lapangan, diduga kuat dana itu digunakan untuk keperluan pribadi.





Penulis : bandot
Editor : ridwan
Sumber : Tribun Jambi
ojieumank - 25/05/2011 07:16 PM
#10
Berita Pendidikan
Tes SNMPTN Unja di Kampus Mendalo

Quote:



MUARO JAMBI, - Ujian tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Universitas Jambi (Unja) yang akan berlangsung pada Selasa 31 Mei s/d Rabu 1 Juni mendatang akan dilaksanakan di Kampus Unja Mendalo.

"Dengan jumlah peserta yang mencapai 7.000-an maka pelaksaan ujian akan kita pusatkan di Kampus Unja Mendalo," ujar Ketua Panitia Lokal SNMPTN dan UMBPTN Unja Hajah Muazza MSi kepada Tribunjambi.com, Rabu (25/5/2011) siang di ruang kerjanya.

Dengan peserta sebanyak itu, maka menurut Muazza akan dipersiapkan 122 ruang ujian yang tersebar di seluruh fakultas yang ada di Kampus Unja Mendalo.

Peserta sendiri tambah Muazza dapat melihat denah lokasi ujian dan tempat duduknya masing-masing pada tanggal 30 Mei atau satu hari sebelum pelaksanaan ujian.




Jumlah Peserta Melebihi Target

Quote:
MUARO JAMBI, - Hari terakhir pendaftaran online Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur ujian tulis di Universitas Jambi (Unja) tampak sepi.

Dari pantauan Tribun, di lokasi tidak terlihat antrian panjang dari para calon pendaftar yang memanfaatkan komputer yang telah disediakan oleh panitian.

"Sekarang ini kan sistem pendaftaran gampang, jadi kalau mendaftar itu kan bisa dimana saja asalkan terhubung dengan jaringan internet," ujar Ketua Panitia Lokal SNMPTN dan UMBPTN Unja Muazza kepada Tribunjambi.com, Rabu (25/5/2011) siang.

Sementara itu, untuk jumlah pendaftar sendiri sampai sore ini sudah sebanyak 6891 peserta yang mendaftar untuk mengikuti ujian tulis pada Selasa 31 Mei dan Rabu 1 Juni.

Sedangkan peserta yang telah membeli PIN mencapai 7079. Yang artinya pada penutupan pendaftaran on line yang ditutup pada pukul 24.00 nanti maka akan ada 7079 peserta yang akan mengikuti ujian.

Melihat angka diatas maka menurut Muazza jumlah peserta telah melebihi dari target awal saat pendaftaran di mulai.

"Waktu awal pendaftaran kita menargetkan sekitar 5000an tetapi saat ini jumlahnya mencapai 7000an," jelasnya.



Sumber : Tribun jambi Online
MalingSempaX - 26/05/2011 11:07 PM
#11
Akibat Serangan Ulat Api
MUARABUNGO - Produksi ribuan hektare lahan sawit warga di Kuamang Kuning, Kecamatan Pelepat Ilir terancam turun 30 persen dari produksi normal. Penurunan produksi ini adalah risiko serangan ulat api yang saat ini sedang mengganas.
“Ini memang mengancam kalau tidak segera ditangani, karena produksi sawit akan turun,” ucap Kepala Retno Barusdy, Kabid BUPP Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Hutbun) Bungo, kemarin,(25/5).

Untuk mengatasi agar hama ulat api tidak menyebar dan berkembang biak, pihaknya mengaku telah turun ke lapangan untuk membasmi hama ulat api yang saat ini sangat meresahkan warga.

Adapun tindakan yang dilakukan, katanya, yakni dengan menjaring kupu-kupu pada malam hari, mengumpulkan telor serta membasmi kepompong yang menempel pada daun dengan melakukan penyemprotan. “Ulat api menyerang memang di saat musim kemarau, kalau datang hujan akan hilang dengan sendirinya,” jelasnya.

Namun, lanjut R Barusdy, kalau ulat ini masih berjumlah di bawah sebelas ekor setiap pelepah (daun) belum berbahaya, yang akan berpengaruh besar pada produksi bila mencapai 21 ekor ke atas dalam satu pelepah. “Jumlah ini yang harus kita tekan,” tandasnya. Saat ini, perkembangan pohon sawit tidak terganggu hingga berkurangannya produksi. Petani mesti mengeluarkan biaya perawatan lebih besar lagi untuk perkebunan sawit mereka. Terutama terhadap tanaman yang pernah terserang ulat api ini.

“Dengan begitu otomatis pengeluaran untuk biaya perawatan akan bertambah. Jika tidak produksinya akan turun,” ujarnya.

Hal tersebut juga diakui oleh Ahmad Husin Bagian Tanaman PT SAL. Menurutnya, saat ini dampak turunnya produksi belum terlihat. Tapi katanya, penurunan akan terlihat setelah enam bulan mendatang. “Penurunan belum begitu terlihat. Tapi jika cepat atasi ini tidak akan terjadi. Kalaupun ada penurunan tidak signifikan,” terangnya.

Diungkapkanya, penyebab terjadinya serangan ulat api selain faktor keseimbangan alam, juga bisa disebabkan dikarenakan predator ulat api yang sudah berkurang. Predator ulat tersebut yakni Eucanthecona sp atau Kepik dan Sycanus sp. “Berkurangnya predator ini juga disebabkan oleh petani, yang menggunakan herbisida yang berlebihan yang mengakibatkan predator ikut mati,” cetusnya.

Dan bahkan, perkembangan ulat api sangat cepat, hal ini dikarenakan dari satu ekor ulat populasinya bisa menghasilkan 200-400 ekor ulat baru. “Satu ekor ulat itu menghasilkan 200-400 telur yang akan menjadikan ulat baru per 100 hari, jika tidak diatasi maka dengan cepat pohon sawit akan punah akibat dari serangan ulat api tersebut,” ungkapnya. (mar)







Ditulis oleh mar
Kamis, 26 Mei 2011 18:39
Jambi Independent
Laruku07 - 27/05/2011 02:06 AM
#12

Quote:
[CENTER]Beredar Video Polisi Telanjangi Perempuan

[COLOR="RoyalBlue"]TRIBUNJAMBI.COM - Sejumlah polisi diduga menelanjangi seorang perempuan muda yang mereka sempat tahan. Si perempuan malang ini ditelanjangi dengan janji akan dilepas.

Petugas kepolisian yang jumlahnya 15 orang termasuk tiga di antaranya perempuan sudah di-nonaktifkan setelah video tersebut beredar di YouTube. Seorang polisi memaksa perempuan bersangkutan menari telanjang sementara yang lainnya asyik bertepuk tangan.

Perempuan ini ditangkap bersama seorang teman prianya di perbatasan Kota Tijuana, Meksiko, dengan tuduhan mencuri kartu debit bank dan juga check.

Sesaat setelah video beredar, Wali Kota Tijuana Carlos Bustamente mengumumkan penonaktifan 15 aparat polisi yang dianggap terlibat dalam tindakan tak bermoral. Penonkatifan ini juga dilakukan terhadap Victor Manuel de la Cruz Candelaria, kepala distrik Victor Manuel de la Cruz Candelaria.
[/COLOR]



Quote:
Ibu Jual Keperawanan Anaknya Rp 91 Juta

[COLOR="RoyalBlue"]TRIBUNJAMBI.COM - Seorang perempuan berusia 32 tahun mencoba menjual keperawanan anaknya kepada seorang pria senilai 10 ribu dollar AS atau sebesar Rp 91 juta. Demikian diberitakan AOL, Kamis (26/5/2011).

Perempuan bernama Felicia Rae McClure (32) asal Salt Lake City, Utah, Amerika Serikat (AS), mencoba menjual keperawanan anak perempuannya yang baru berusia 13 tahun.

Felicia disidang di 3rd District Court, Utah, dengan dua tuduhan melakukan kejahatan seksual terhadap anak dan eksploitasi di bawah umur. Jika ia terbukti bersalah maka ia menghadapi ancaman hukuman penjara 15 tahun atas sejumlah tuduhan yang dialamatkan kepadanya.

Rencana penjualan anak kandungnya ini berhasil ditemukan oleh sang pacar, Richard Glazer, ketika menemukan sejumlah SMS terkait rencana penjualan anak itu di ponsel Felicia.

Perempuan ini membawa anaknya ke toko pakaian dalam, Victoria's Secret, dan menyuruh anaknya memakai thong dan bra kemudian diperlihatkan kepada pria bernama Don. Anaknya, untuk pertama kali menerima tawaran itu tetapi tak lama kemudian membatalkannya. Namun, si ibu mengirimkan foto anaknya mengenakan pakaian dalam ke pria lain demi mendapatkan uang. Kejadian ini berlangsung antara 1 April dan Mei.
[/COLOR][/CENTER]





SUMBER : Tribun Jambi
roniidweasley - 27/05/2011 02:19 AM
#13

numpang nyimak dulu gan.
BP akan nambah wawasan kita.
way4x - 27/05/2011 10:39 AM
#14
Memprihatinkan, Jalan Bangko-Kerinci
numpang buat thread BP di ... REG jambi :

Memprihatinkan, Jalan Bangko-Kerinci

JAMBI - Enam puluh persen jalan rusak di Provinsi Jambi akan bertambah sulit diatasi oleh pihak pemerintah provinsi (Pemprov). Hal tersebut dikarenakan, proses perbaikan jalan yang masih terkesan asal-asalan. Ini diungkapkan Sekretaris komisi III DPRD Provinsi Jambi, Gusrizal, setelah perjalanan kerja di Kerinci. Ia melihat secara langsung perbaikan dan perluasan jalan yang tidak sesuai dengan standar alias asal jadi. Tepatnya pada jalan perbatasan Bangko- Kerinci. Sehingga kemungkinan terjadinya kerusakan jalan akan terulang.

“Beberapa hari yang lalu waktu saya perjalanan pulang ke Kerinci, tepatnya di Desa Gubuk duo saya melihat langsung di lapangan pengerjaan jalan Bangko batas Kerinci,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, pengerjaan jalan tersebut seharusnya menggungkan batu split. Tapi dari pantauannya, yang dipergunakan adalah batu koral biasa.

Gusrizal meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi, dalam hal ini Gubernur untuk tegas mengambil tindakan kepada pihak yang melakukan pengerjaan.

“Kami minta pak Gubernur tegas, terhadap pihak swasta yang bekerja asal-asalan. Karena, masyarakat Kerinci belum pernah mencicipi jalan bagus,” urainya.

Ia pun menmbahkan, perbaikan jalan tersebut menggunakan dana APBN, yang tidak ada kewenagannya dewan provinsi untuk mengambil pengawasan tindakan tegas. Oleh karena itu, politisi Golkar itu sangat mengharapkan ketegasan Gubernur Jambi untuk mengambil tindakan tegas.

“Bila perlu dibongkar jalan itu,” katanya.

Sedangkan, Gubenur Provinsi Jambi, Drs H Hasan Basri Agus dikonfirmasi terkait masalah ini mengatakan, untuk mengetahui pengerjaan jalan asal jadi atau tidak, harus diketahui dulu apa yang menjadi alat ukurnya.

”Harus diketahui dulu apa alat ukurnya dan apa indikator yang telah dibuat dewan,” terangnya. Yang pasti, pihaknya akan melihat dan mempelajari hal itu. Jika memang ditemukan yang tidak sesuai dengan standar pihak pemerintah akan mengambil tindakan sesuai hukum yang berlaku.

“Kami akan mempelajarinya,” katanya.

http://www.jambiekspres.co.id/radar-jambi/19194-memprihatinkan-jalan-bangko-kerinci.html

mudah mudahan bisa langsng di tindak lanjuti ... Pak ..
way4x - 27/05/2011 10:44 AM
#15
JHT Sudah Bisa dicairkan di Jamsostek
JHT Sudah Bisa dicairkan di Jamsostek

Bagi Anda yang menjadi anggota jamsostek dan JHT atau Jaminan Hari Tua dapat mencairkan dana tersebut di kantor jamsostek sekarang. Hal ini disampaikan langsung oleh pimpinan PT Jamsostek Cabang Jambi, Iswandhi Syaruli dan langsung memberikan intruksi kepada jajarannya untuk memberikan pelayan terbaik bagi peserta JHT dari Jamsostek.

Berdasarkan informasi yang diterima dari Pimpinan PT Jamsostek Cabang Jambi, Iswandhi Syaruli, pihaknya tidak memberikan batas waktu untuk pencairan dana. “Untuk pengambilan waktunya tidak dibatasi,” tegasnya ketika dikonfirmasi langsung oleh Jambipost.com, Selasa (24/5).

PT. Jamsostek juga telah mengumumkan secara resmi nama-nama peserta yang masih aktif dan dapat mencairkan dana JHT di beberapa media, salah satunya adalah media harian Tribun.

“Kita berharap mereka yang memiliki kartu Jamsostek untuk datang ke kantor, nantinya kita verifikasi data mereka,” Ujar Iswandhi Syaruli kepada jambipost.com.

Menurutnya, ada tiga kategori bagi peserta JHT ini yang belum mengambil dana ini. Pertama, peserta JHT tahu memiliki saldo di Jamsostek, namun peserta belum mau mengambilnya. Karena, kata Iswandhi, menyimpan di Jamsostek tidak dikenakan biaya admisnistrasi dan juga bunganya ada.

Kedua, bisa juga orang tersebut tidak tahu kalau pernah terdafatr di Jamsostek sementara ada saldonya mengendap di Jamsostek. Dan ketuga, para peserta malas untuk mengambil saldo tersebut karena saldonya sedikit.

Iswandhi menjabarkan, peserta JHT Jamsostek yang namanya tercantun dalam pengumuman bisa saja sudah meninggal dunia. Tapi, pencairan bisa diwakilkan oleh ahli warisnya. Syaratnya, kata dia, ahli waris harus bisa membuktikan dengan membawa surat yang lengkap.

Mereka yang dapat mengajukan klaim pembayaran ini adalah tercatat sebagai peserta JHT Jamsostek yang telah berhenti dari perusahaan dan mempunyai masa kepesertaan aktif maupun non aktif sekurang-kurangnya lima tahun. Lalu, telah melewati masa tunggu satu bulan sejak berhenti bekerja.

Seperti diberikan sebelumnya, di Jamsostek Cabang Jambi terdapat dana Jaminan Hari Tua bagi pekerja non aktif sebesar Rp 9,7 miliar. Itu dimiliki oleh sekitar 23 ribuan tenaga kerja yang tidak aktif lagi.

http://www.jambipost.com/jht-sudah-bisa-dicairkan-di-jamsostek/htm
ojieumank - 28/05/2011 05:36 PM
#16
Bupati Kerinci Terima Penghargaan
Quote:
Laporan wartawan Tribun Jambi, Edi Januar
KERINCI, - Bupati Kerinci, H Murasman, meraih penghargaan dari Kementerian Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia. Penghargaan itu karena berhasil melaksanakan pembangunan di Kabupaten Kerinci.

Bupati Kerinci, H Murasman, melalui Kabag Humas dan Protokoler Pemda Kerinci, Julizarman, mengatakan, hari ini (Jumat-red) bupati berangkat ke Jakarta untuk menerima penghargaan tersebut secara langsung.

"Memang benar bupati menerima penghargaan dari Kementerian Pertahanan. Hari ini beliau akan berangkat ke Jakarta untuk menerima penghargaan tersebut," ujarnya kepada Tribunjambi.Com, Jumat (27/5).

Penghargaan akan diserahkan kepada Bupati Kerinci pada Minggu (29/5), di Grand Ballroom Saripah Hotel Pasifik Internasional, Jakarta. "Selain Bupati Kerinci, sebanyak 73 gubernur dan bupati, yang berasal dari beberapa daerah di Indonesia juga ikut menerima penghargaan," katanya.

Penghargaan tersebut adalah best of the best award internasional human being in Indonesia. "Temanya adalah potensi pertahanan negara diawali aktivitas sosok individu, yang merasa bertanggungjawab kepada bangsanya," jelasnya.

Diterimanya penghargaan itu, sekaligus membuktikan pembangunan di kabupaten terus berlanjut, dan mendapatkan perhatian dari pemerintah pusat. "Warga Kerinci patut berbangga dengan penghargaan ini," kata Julizarman kepada Tribun.



:selamat selamat buat beliau :selamat



Sumber : Tribun jambi
ojieumank - 28/05/2011 05:37 PM
#17
43 Desa di Tanjabbar Jambi Nikmati Listrik
KUALA TUNGKAl, TRIBUNJAMBI.COM - Sebanyak 43 desa yang ada di wilayah ulu segera mendapat pasokan arus listrik. Syaratnya, pembangunan pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) di Desa Purwodadi, Kecamatan Tebing Tinggi, segera terealisasi.

Bupati Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), Usman Ermulan, membenarkan rencana pembangunan itu. Kata Usman, PLTG akan dibangun oleh PT Purwodadi Power yang pasokan gasnya berasal dari dari PT Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi (PDPDE) Gas yang saat ini tengah menyiapkan penanaman pipa gas.

"Perusahaan PLTG-nya sudah oke, mesinnya juga sudah siap. Begitu gas siap, PLTG langsung connect," kata Usman, Jumat (27/5).

Diperkirakan, perusahaan PT Purwodadi Power itu akan menginvestasikan dana hingga Rp 15 miliar. Usman menjelaskan, perusahaan konsorsium tersebut saat tengah mengurus perizinan dan tengah menggarap lahan.

"Saat ini kita sedang berusaha mempercepat penananam pipa, agar PLTG bisa langsung beroperasi," ujarnya.

Asisten II Setda Tanjabbar, Mukhlis mengatakan, seluruh izin yang dimiliki sudah disampaikan ke Pemkab Tanjabbar. Di dalamnya termasuk kajian teknis lahan yang dilakukan Badan Pertanahan Nasional (BPN) juga sudah selesai.

"Izinnya mungkin minggu depan keluar. Mesinnya sudah ada di Singapura. Mungkin dua unit mesin yang akan disediakan," kata Mukhlis.

Untuk menerangi 43 desa di wilayah Tebing Tinggi, dan sekitarnya, PT Purwodadi Power akan mendapatkan sebesar 3 million standard cubic feet per day (MMSCF) gas. Jumlah tersebut mampu menghasilkan energi listrik sebesar empat megawatt

Selain mempersiapkan arus listrik, Pemkab Tanjabbar juga akan menyiapkan jaringan dan tiang listrik. Kata Mukhlis, tiang listrik akan menggunakan tiang milik Pemkab Tanjabbar yang saat ini sudah tersedia di sepanjang jalan.

"Masalah harga listrik, nanti akan dibicarakan lagi dan akan mendapat persetujuan dari PLN. Kita harapkan lebih murah tarifnya," katanya.



sumber : Tribun jambi
ojieumank - 31/05/2011 10:55 AM
#18
Lebih Mahal dari Harga Pasaran
KOTABARU-Pengadaan seragam sekolah untuk siswa baru yang diserahkan kepada sekolah mulai mengundang kecurigaan dari berbagai pihak. Ini karena harga yang dipatok justru lebih mahal ketimbang jika dibeli langsung di pasaran.
Dari pantauan di beberapa pusat perbelanjaan dan toko pakaian, harga untuk seragam SMA dengan dasar famatek, satu stelnya hanya sekitar Rp 90 ribuan dan untuk SMP Rp 80 ribu. Di beberapa swalayan harga seragam SMP jauh lebih murah lagi. Untuk bajunya saja hanya Rp 30 ribu. Kemudian, celananya sekitar Rp 40 ribu.
Sementara Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Jambi menetapkan harga standar pakaian untuk tingkat SMP biaya pakaian paling tinggi yang ditetapkan pihak sekolah sebesar Rp 640 ribu untuk 6 stel pakaian. Dengan kata lain, harga satu stel pakaian sekitar Rp 106 ribu. Itu berarti jauh dari harga pasaran. Harusnya bila pembelian pakaian itu dilakukan dalam jumlah banyak oleh sekolah, tentu harganya akan jauh lebih murah. Harga pakaian untuk tingkat SMA ternyata juga kurang lebih sama dengan pakaian siswa SMP. Untuk tingkat SMA, harga yang dipatok Disdik berkisar antara Rp 630 hingga 850 ribu. Sejumlah pihak menguatirkan, akan banyak kerugian yang dirasakan siswa bila membeli pakaian di sekolah. Belum lagi dengan kualitas yang belum tentu baik.

Untuk diketahui saja, sebelumnya Komisi D DPRD Kota Jambi bersama sejumlah kepala sekolah (kepsek) dan pihak Disdik Provinsi Jambi menggelar pertemuan terkait hal tersebut, Kamis (26/5). Ironisnya, pertemuan tersebut berlangsung tertutup. Namun yang pasti, pada pertemuan itu gagal merekomendasikan pengadaan pakaian seragam sekolah dikembalikan ke siswa. Pihak sekolah ketika itu menolak dengan alasan kuatir akan keseragaman. Sementara DPRD Kota Jambi minta pihak sekolah konsisten jika pengadaan seragam dikelola oleh pihak sekolah. Berdasarkan informasi yang diperoleh di lapangan, sejumlah sekolah diduga keburu sudah mengadakan kontrak dengan pengusaha pengadaan pakaian. Kabarnya, inilah yang menjadi salah satu alasan untuk mengambil keputusan, sehingga untuk pengadaan pakaian seragam diserahkan kepada sekolah. Salah seorang pengamat pendidikan yang juga Ketua Dewan Pendidikan Provinsi Jambi, A Shomad menuding pengadaan seragam oleh pihak sekolah merupakan proyek tahunan bagi kepala sekolah. Selama ini, kata dia, pakaian yang dibeli dari sekolah kebanyakan kualitasnya justru jauh lebih jelek dari standar yang seharusnya, baik dari bahannnya maupun jahitannya. ”Inikan proyek tahunan kepala sekolah (kepsek). Seharusnya saat ini sudah tak dilaksanakan lagi,” ungkap Shomad.

Shomad menghendaki Komisi D DPRD Kota Jambi bisa membawa perubahan. Seharusnya, kata dia, ketika mengadakan hearing dengan Disdik Kota untuk menetapkan petunjuk teknis (Juknis) Penerimaan Siswa Baru (PSB) Jambi Kamis (26/5) lalu, ada ketentuan pengadaan pakaian dikembalikan ke orangtua bukannya pengadaan diserahkan kepada sekolah. Dia menilai, pengadaan pakaian oleh pihak sekolah merupakan komersialisasi dunia pendidikan, dan dia sangat menyayangkan Komisi D tak mampu membendung keinginan Disdik dan sekolah untuk proyek tersebut. ”Dimulai dari pengadaan pakaian, lalu beli buku dan sebagainya sehingga guru selalu disibukkan dengan hal yang berbau dengan uang dan tak memikirkan mengenai pendidikan” ujarnya.

Saat disinggung terkait komentar pihak sekolah bahwa pengadaan seragam oleh sekolah adalah karena alasan keseragaman dan ketepatan waktu, Shomad menyatakan kalau hal tersebut belum tentu. ”Apakah ada jaminan ketika masuk sekolah siswa yang mampu tidak membeli pakaian lain yang lebih baik,” ujarnya.
Dia berharap, menjelang PSB yang tak begitu lama lagi, akan ada perubahan dari kebijakan pengadaan pakaian sekolah tersebut. ”Sebaiknya kebijakan tersebut bisa berubah, pengadaan pakaian dikembalikan ke orangtua,” ucapnya. Sementara itu, Wakil Ketua Komisi D DPRD Kota Jambi, Rasdi mengatakan, kebijakan pengadaan pakaian seragam oleh pihak sekolah bisa saja berubah. ”Bisa saja dibatalkan bila banyak penolakan dari orangtua siswa, apalagi komite,” ujar Rasdi. Rasdi mengatakan, alasan disetujuinya seragam diadakan oleh sekolah memang karena alasan untuk keseragaman dan ketepatan waktu.

Sayangnya Rasdi tak bisa berkomentar lebih jauh ketika ditanyakan apa sanksi bila sekolah terlambat memberikan pakaian sekolah. Rasdi hanya mengatakan, itu kesepakatan orangtua dengan sekolah. Rasdi mengaku sejauh ini belum mengetahui terkait adanya desas-desus yang menyatakan kini sudah ada kontrak antara pengusaha pengadaan pakaian dengan pihak sekolah. ”Saya tak tahu itu dan belum dengar,” pungkasnya. Sebelumnya, Hisbullah Ketua Komisi D juga mengungkapkan hal sama. Kesepakatan untuk pembelian pakaian oleh sekolah bisa dibatalkan bila ada permintaan dari orangtua siswa. (amh)



Sumber : Metrojambi.com
ojieumank - 31/05/2011 11:06 AM
#19
Masjid Bersejarah Rusak Berat

KERINCI, TRIBUNJAMBI.COM --Sebuah masjid kuno peninggalan masa-masa awal Islam di Desa Lolo Hilir, Kecamatan Gunung Raya, Kabupaten Kerinci, yang sudah terdaftar sebagai benda cagar budaya, saat ini kondisinya sudah sangat memprihatinkan, rusak berat tinggal puing.

"Sudah belasan tahun, kondisi masjid ini begini tidak pernah terawat lagi, hingga kini yang tersisa hanya puing-puingnya seperti kerangka, lantai batu alam campuran semen yang keras, tiang-tiang dan sokguru dari kayu keras," kata salah seorang warga Lolo Hilir Kamra (39), di Kerinci, Senin.

Sementara bagian atap dan dinding yang dulunya adalah papan berukiran motif khas desa setempat telah banyak hilang dicomot warga dijadikan kayu bakar dan bahkan ada yang dijual kepada para makelar barang antik. Beruntung bagian kubahnya masih tersisa meski sudah sangat kusam dan usang.

"Masjid ini adalah masjid pertama di desa kami, menurut para ahli masjid ini diperkirakan dibangun pada abad 15 hingga 16 masehi, juga pernah dipugar pada zaman Belanda," terang Kamra.

Masjid tua yang oleh masyarakat setempat disebut Masjid Lamo tersebut dibangun di pinggir sungai Lolo, dengan begitu dulunya umat Islam atau jemaah masjid bisa dengan mudah langsung mengambil wuduk atau mandi di sungai tersebut.

Saat ini sudah lama masjid itu tidak dipergunakan lagi oleh masyarakat setempat karena semenjak 1990 mereka sudah membangun masjid baru yang pemanen di bagian lain desa. Semenjak itulah masjid tua itu terbengkalai.

"Ketika terjadi gempa dahsyat pada 1995 dan 2009 lalu masjid tua tersebut terbukti sangat kokoh konstruksinya karena tak sedikit pun mengalamim kerusakan, termasuk bagian lantai yang terbuat dari batu alam itu," terang Kamra.

Kondisi memprihatinkan tinggal puing tersebut juga sangat sangat disayangkan budayawan dan penelitik budaya Kerinci Iskandar Zakaria.

Ia menilai pihak instansi terkait harus secepatnya mengeluarkan aturan penyelatamatan benda cagar budaya tersebut dan memprogramkan pemugaran atau renovasi.

"Sangat disayangkan, khasanah budaya yang telah berumur ratusan tahun itu bisa hancur tersisa hanya puing seperti itu, pemkab dan pemprov serta kemenbudpar semestinya segera memprogramkan pelestarian banguna tersebut karena sudah termasuk bangunan cagar budaya," katanya.



Sumber : Tribun Jambi
Laruku07 - 31/05/2011 11:49 AM
#20
Jambi Kebagian Migas Rp 500 Miliar
JAMBI, TRIBUNJAMBI.COM - Provinsi Jambi mampu menghasilkan 65.000 barel minyak dan gas bumi setiap hari. Jumlah tersebut beasal dari beberapa perusahaan seperti Pertamina, Conoco Philips, PetroChina dan Pearl Oil Tungkal Limited.

Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (Kadis ESDM) Provinsi Jambi, Ir Irmasnsyah Rachman mengatakan, dari jumlah tersebut bagi hasil untuk provinsi/kabupaten dari sektor Migas pada 2010 adalah Rp 500 miliar.

"(Jumlah) Rp 500 miliar adalah totalitas dana bagi hasil 2010 untuk provinsi, kabupaten penghasil dan kabupaten non-penghasil," ujar Irmansyah, Senin (30/5).

Saat ini, tambahnya, sudah ada lima perusahaan tambang sedang melakukan eksplorasi Migas di Provinsi Jambi. Ia berharap kelima investor pertambangan Migas itu dapat menemukan Migas di Jambi, sehingga akan lebih menambah pemasukan bagi Jambi.

Dia menjelaskan daerah penghasil Migas di Jambi tersebar di beberpa daerah, antara lain Tebo, Sarolangun, Batanghari, Muaro Jambi, Tanjabbar dan Tanjabtim.

Namun, untuk tingkat Sumatera persentase Migas Provinsi Jambi, hanya tiga persen. Angka itu sangat jauh sekali dibandingkan dengan Riau bisa mencapai sekitar 42 persen. Hasil Migas Jambi banyak diekspor ke Cina dan Singapura.

Ia menambahkan bahwa ekspor hasil Migas tersebut adalah wewenang pemerintah pusat, termasuk daerah tujuan ekspornya. Terkecuali batu bara bisa dijual oleh pemerintah daerah setempat.

Sedangkan dari sektor pertambangan batu bara, lanjutnya, tahun 2010 pemerintah provinsi mendapat bagian hasil batu bara sebesar Rp 11 miliar. Pembagian ini diatur dalam UU Nomor 33/2004.

Dana pembagian hasil batu bara ini, Provinsi Jambi mendapat 80 persen sedangkan 20 persen untuk pusat. Angka 80 persen itu dibagi lagi untuk daerah penghasil mendapatkan 32 persen, kabupaten/kota lainnya 32 persen dan Pemprov Jambi 16 persen.

Jika dikalkulasikan, pada 2010 Provinsi Jambi secara keseluruhan hanya mendapatkan jatah bagi hasil sebesar Rp 55 miliar. Itu pun dibagi lagi untuk Pemprov Jambi Rp 11 miliar, daerah penghasil Rp 22 miliar, dan 10 kabupaten/kota lainnya mendapatkan masing-masing Rp 3,2 miliar.


Editor : ridwan
Sumber : Antara
Page 1 of 2 |  1 2 > 
Home > Kaskuser Regional > INDONESIA > SUMATERA > Jambi > ۩۞۩ Berita dan Pilitik Sekitar Jambi ۩۞۩