Budaya
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > ##[ Budaya ] :"DISKUSI Seputar KERIS DAN TOSAN AJI (sementara)"## - Part 1
Total Views: 471691
Page 7 of 465 | ‹ First  < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 >  Last ›

jaro san - 29/05/2008 11:39 AM
#121

Nih dia br bs di potobucket

Umyang aksara Cina...
Kondisi..br disikat awal..belum bersih benar...

Lain waktu diupload keris saat bersih benar dan sesudah diwarangi

Saat ini dlm proses warangan, dan dibusanakan

monggo para sepuh dibabarkan seluk beluk kerisnya
C4hkri5 - 29/05/2008 11:40 AM
#122

Quote:
Original Posted By jaro san
Alo semua !! alo jg cahkeris.... br nongol neh aye...sbb br di jakarta hi.hi

yg nomor 4 tuh kl gak salah sih dapur brojol pajajaran...sepertinya jika dilihat barangnya, mk kakan tampak pijitannya..alias brojol sombro gicuu... kbetulan aye jg punya tuh yg model begokin..

o ya, keris umyang beraksara cina gw dah dipoto, bersama bbrp keris laen spt pamengkang jagad mojopahitan..tp mentoknya gw ak erti aranya upoad gitu... jika ada yg sudi beritahu caranya??

peace ah


Alow juga Om...

Keris Tilam Upih dan Keris Brojol..yg membedakan hanya pada ada dan tidak adanya tikel alis,....

semoga yg punya keris sudi mempoto scr close up..biar dpt diketahui dapur keris yg bener...

ditunggu poto potonya..utk pencerahan
C4hkri5 - 29/05/2008 12:12 PM
#123

Quote:
Original Posted By jaro san
Nih dia br bs di potobucket

Umyang aksara Cina...
Kondisi..br disikat awal..belum bersih benar...

Lain waktu diupload keris saat bersih benar dan sesudah diwarangi

Saat ini dlm proses warangan, dan dibusanakan

monggo para sepuh dibabarkan seluk beluk kerisnya
http://i289.photobucket.com/albums/ll215/jarosan_2008/DSC02474.jpg


1.Keris yang paling atas Dapur Tilam Upih,Pamor sepertinya (maaf maklum mata tua) Adeg Wengkon, utk model keris sepertinya mengambil gaya Mataram Surokartoan

2.Keris yang tengah Dapur Putut Kembar, Besi Keris berserat tanda tempa,Pamor nyanak

3.Tombak Dapur apa yah.... (pengetahuan sy benar2x cubluk ),..Pamor ngulit semongko


smbl nunggu sesepuh..memberi wejangan.
mmhidayat - 29/05/2008 03:37 PM
#124

bantuin munculkan foto koleksi mas jarosan :











C4hkri5 - 29/05/2008 05:15 PM
#125

^...ditunggu pendapat/komengnya mas....
N0v4s - 29/05/2008 05:23 PM
#126

Quote:
Original Posted By lioncrazy
hamba yang newbie ini mohon petunjuk,sudi kiranya para sesepuh disini memberi petunjuk dan memaparkan dapur,pamor,tangguh dan kegunaan keris koleksi saya ini:
1.
2.
3.
4.Kurang terawat
5.kurang terawat


mohon petunjuk dari sesepuh,makasih banyak sebelumnya

salam


Quote:
Original Posted By C4hkri5
^^...Mas..ijinkan saya mencoba belajar utk menjawab (mohon maaf kalo keliru )..
1.
2.
3.
4.
5.
Keris Luk 13, Dapur: Sengkelat, Pamor: (sepertinya)... Wos Wutah


Kita tunggu Ki Hidayat dan Ki Pajajaran ato Ki yg Lain...


sengkelatnya klo mau di hibah kan...............

saya siap memelihara mas...........

daripada dilarung ke laut kan sayang............

Si Terang - 29/05/2008 05:40 PM
#127

Terima kasih sanget info metode mentest kekuatan isoteris nya, rupanya ada cara yang cukup simple untuk memeriksa enerji Pusaka ya ...apakah ada ritual tertentu atau hanya niat saja sebelum melakukan pengecekan tersebut...mengingat saya nda ada kepekaan apalagi kemampuan spiritual untuk merasakan energi tersebut. Tapi mudah-2an metode tersebut bisa di praktekan untuk yang awam-2 kaya saya ya Mas... Suwun sanget
mmhidayat - 29/05/2008 05:44 PM
#128

Quote:
Original Posted By jaro san
Nih dia br bs di potobucket

Umyang aksara Cina...
Kondisi..br disikat awal..belum bersih benar...

Lain waktu diupload keris saat bersih benar dan sesudah diwarangi

Saat ini dlm proses warangan, dan dibusanakan

monggo para sepuh dibabarkan seluk beluk kerisnya



Mas, saya juga pernah melihat keris serupa yang dikatakan umpyang, ada yang ditatah dengan aksara arab, ada juga yang aksara jawa. ini saya lampirkan fotonya.





mohon kiranya mas jaro, mas adi atau rekan lainnya bisa memberikan pencerahan baik mengenai besi maupun aura serta dayanya untuk keris terlampir di atas.

nuwun.
Suzaku Musha - 29/05/2008 05:52 PM
#129

Quote:
Original Posted By adi6510
@ mas Suzaku musha. Oya, sesepuh lainnya yang saya minta-in bantuan buat nerawang keris panjenengan via foto, agak beda sedikit hasil terawangan nya dari sesepuh pertama. Terserah mas suzaku mau milih yang mana. Berikut hasil terawangan sesepuh kedua : (1). Aura asli keris : cahaya merah kebiruan. (2). Wujud yoni khodam keris : Macan. (3). Minyak yang cocok buat meminyaki keris : amat dianjurkan minyak bunga matahari atau jika gak bisa pake minyak bunga kenanga. (4). Waktu yang afdol untuk meminyaki keris : malam Jumat wage atau malam Selasa kliwon, dengan pemberian minyak bunga matahari (khususnya) diperkirakan si khodam akan mau diajak berkomunikasi langsung tanpa perantara. (5). Musik yang disukai oleh si khodam keris : diputarkan pada malam yang sama saat meminyaki keris, musik instrumentalia gamelan jawa khas mangkunegaran dan ada bunyi gong-nya. (6). Fungsi yoni khodam keris : untuk kejayaan dan disegani pada saat berperang. Semoga berguna. Mohon maaf jika ada salah kata. CMIIW, please.


matur nuwun lg mas adi, kenalan sesepuhnya banyak ya
sampaikan juga terima kasih saya pada sesepuh yg ini ya mas

tp minyaknya ga tau cari dimana
adi6510 - 29/05/2008 06:35 PM
#130

@ mas suzaku. Sami-sami, mas. Oya, khan ada 3 alternatif minyak buat keris njenengan yakni : minyak bunga matahari, minyak kenanga, minyak misik. Yang paling sesuai dan paling sulit adalah : minyak bunga matahari. Coba deh nyari akses ke kenalan kraton kasunanan dan puro mangkunegaran. Mungkin mereka punya. Atau ke toko khusus minyak dan oleh2x haji. Atau ke sesepuh ahli minyak di FS, dulu ada Thread khusus segala minyak. Good Luck. Peace ah.
lioncrazy - 29/05/2008 08:12 PM
#131

Quote:
Original Posted By C4hkri5
^^...Mas..ijinkan saya mencoba belajar utk menjawab (mohon maaf kalo keliru )..
1.
Keris Luk 13, Dapur: Nogo Siluman ( ), Pamor:...waduh gak jelas je mas sepertinya sih...nyanak...., Tangguh:...maaf gak tau je

2.
Keris Sajen luk 5, Dapur: Pulanggeni, Pamor:......
Wah pegangan/dedernya kendit

3.
Keris Lurus, Dapur: Tilam Upih, Pamor: Adeg separuh (pamor bendera )

4.
Keris Lurus, Dapur Kebo Lajer , Pamor: .....

5.
Keris Luk 13, Dapur: Sengkelat, Pamor: (sepertinya)... Wos Wutah



Wah..ternyata sy banyak gak taunya..jd ..banyak yg gak kejawab ...msh perlu kursus lagi nih.....

Kita tunggu Ki Hidayat dan Ki Pajajaran ato Ki yg Lain...


Makasih banyak mas pemaparannya,nanti tak besarin biar jelas ya mas
lioncrazy - 29/05/2008 08:17 PM
#132

Quote:
Original Posted By N0v4s
sengkelatnya klo mau di hibah kan...............

saya siap memelihara mas...........

daripada dilarung ke laut kan sayang............



Waduh maaf mas novas,tu barang peninggalan leluhur saya,harus di lestarikan,mohon maaf bukannya gak boleh.
snakerstwins - 29/05/2008 08:26 PM
#133

hebaaaattt,.... numpang mojok nambah pengalaman. btw kerisnya bagus2...
Pajajaran - 29/05/2008 08:32 PM
#134

Quote:
Original Posted By mdz
kalo diijinkan nanti aku juga akan ikut mengupload keris2ku ya kang mas..

mohon ijin nya dan mohon pembabarannya..biar aku bisa ikutan belajar


Mas D....masih ditunggu ni gambar-2 Pusaka Djnengan
Pajajaran - 29/05/2008 08:35 PM
#135

Quote:
Original Posted By mmhidayat
Mas, saya juga pernah melihat keris serupa yang dikatakan umpyang, ada yang ditatah dengan aksara arab, ada juga yang aksara jawa. ini saya lampirkan fotonya.





mohon kiranya mas jaro, mas adi atau rekan lainnya bisa memberikan pencerahan baik mengenai besi maupun aura serta dayanya untuk keris terlampir di atas.

nuwun.


Ki MH..rupanya banyak juga ya Keris beraksara, baik aksara jawa kuna maupun bahasa lainnya...biasanya dikeluarkannya keris jenis ini untuk apa ya? apakah menandakan suatu peristiwa misalnya??....Suwun
lioncrazy - 29/05/2008 09:39 PM
#136

Ni lebih gede ,mas C4hkri5




Monggo tanggapanya poro sesepuh,maklum newbie
makasih
jaro san - 29/05/2008 10:17 PM
#137

Quote:
Original Posted By mmhidayat
Mas, saya juga pernah melihat keris serupa yang dikatakan umpyang, ada yang ditatah dengan aksara arab, ada juga yang aksara jawa. ini saya lampirkan fotonya.





mohon kiranya mas jaro, mas adi atau rekan lainnya bisa memberikan pencerahan baik mengenai besi maupun aura serta dayanya untuk keris terlampir di atas.

nuwun.


Salam om MH..

Akhirnya keluar jg koleksi Umyang( ada yg sebut putut) nya..he.he..kena pancingannya .....

BTW..itu milik om MH sendiri yah? apa termasuk keris yg mo dihibahkan om?..

Umyang sy lainnya ada yg aksara jawa, ada jg yg tanpa aksara..

Umyang om MH keduanya msh komplit, mulus seperti keris/tumbak om MH lainnya..Salut yah....
jaro san - 29/05/2008 10:26 PM
#138

Quote:
Original Posted By Pajajaran
Ki MH..rupanya banyak juga ya Keris beraksara, baik aksara jawa kuna maupun bahasa lainnya...biasanya dikeluarkannya keris jenis ini untuk apa ya? apakah menandakan suatu peristiwa misalnya??....Suwun


sori lancang dikit ngejawab om...walau bukan yg ditanya..

Umyang atau ada yg sebut putut...(kl menurut sy beda walau sedikit)..

Umyang beraksara biasanya bahasa jawa..tulisannya ya umyang atau sumyang jimpe, jk ada beraksara arab kira2 mirip arti tulisannya sumyang jimpe. Jenis Jimpe jk aseli ditempa Empu khusus (bukan Empu Umyang dr jaman Pajang). Lokasi pembuatan hanya ada 2 tempat, yaitu AlaS Jimbe Blitar dan bromo. Dimana disitu terdapat kerajaannya mahluk jenis tuyul atau bajang yg biasanya dipakai sang empu utk mengisi keris.

Umyang Cina sy khususnya, setelah dibaca oleh seorang dr Jepang yg bs aksara cina, saat kami bertemu di rumah pak M sepuh sy di Jogja: adl semacam tanda kelahiran seseorang( keturunan bangsawan cina tempo dulu). Biasanya tanda kelahiran anggota kerajaan/ saudagar kaya cina tsb, membuatkan tanda kelahian berbentuk pedang seperti pisau dg bahan batu giok. Kebetulan sy punya yg dr bahan batu putih. Disitu tertera nama si bayi, tahun lahir dan doa/ simbol rajah. Gambar jg naga dan Buda pertapa. Aksara, simbol rajah dan relief naga-buda pertapa persis tdp di keris Umyang Cina tsb, kecuali aksara berisi tulisan nama bayi.

Nah di Umyang aksara Cina tsb, tdp kesemuanya.. tampaknya si bangsawan cina memesan tanda kelahiran di jawa, oleh Empu lokal yg ahlinya keris. Di keris tsb tdp nama sang pemilik tanda kelahiran. Gunanya skeselamatan si bayi sekaligus sbg jimat/ piandel khususnya bidang usaha.

Ada yg sebut, umyang cina ini dr jaman pajang ada pula sebut jaman majapahit. Besi dr jenis Malelo Kendogo. Ada yg sebut buatan empu Kalianyir.

Setahu sy tdp 9 jenis Umyang dg khasiyat berbeda. Sedang sy incar, bbrp umyang di jogya, malang dan lampung. Yg di bantul milik pak jankung Umyang beras( selalu terbukti dapat memenuhkan gelas berisi bbrp butir beras menjadi penuh dlm kurang dr 5 menit), di sorowajan jogja ktk sy datangi ke rumah pemilik, malah umyangnya berbahan batu mengandung logam mirip bethok buda(amat tua, sptnya dr jaman buda sebelum abad 4), umyang jk beraksara mk termasuk masih muda, paling tua dr jaman majapahit dg besi hitam kelengan spt milik pak MH di poto. Di sleman umyang tumbak milik pak nyot super langka. Dr jaman kerajaan Kediri (Daha), makannya darah manusia, jk ditaruh 1 gelas penuh darah malamnya, mk paginya akan susut inggal 1/4 kadang 1/2 gelas, khodam 2 raja bajang dr jenis berwarna kuning keemasan. Bentuknya mirip arca Gupolo tp cebol. Di Tempel Sleman, umyang milik rekan sepuh sy di sana jk digores silang (X) ke sebidang tanah, mk si pemilik tanah akan segera minta dibeli tanahnya oleh si penggores. Di bogor milik sepuh asal jatim, umyang dipake menagih hutang, dg menyuruh khodamnya mengganggu si penghutang, misal ktk tidur ranjangnya diangkat ingga terbalik, diteror, dsb hingga dai membayar hutangnya(Umyang Tagih). Umyang sy bentuk mirip umyang pak MH yg wana hitam tanpa aksara dr jaman singosari besi warna abu2 khodam 1 bajang jenis warna hitam yg ganas, sy kembalikan ke pemilik semla. di Purworejo Umyang jk ditarik dr warangka mk sontak listrik rumah padam, kejadian 2x ditarik 2 kali padam, js Umyang sekaligus Sumpet(Singkir) geni. Di malang umyang didapat dr benteng pendem cilacap ukuran besar seperti pedang, di mulut pututnya tdp emas dan matanya tdp batu mirah, di lampung ktk sy telpon pemiliknya sering bingung dengar suara tangisan bayi di malam hari, semntara jk sawah mrk panen, mk hasilnya melebihi ukuran normal. Misal 1 hektar sawah umpama panen 4 ton mk doi timbang hasilnya 10-12 ton. Sdg mencari channel ke seorang pedagang khusus Umyang yg mencari umyang hati, jk ditusukkan ke hati ayam, mk dlm 1-3 menit hati akan kering, bahkan pecah-rekah. Doi berani bayar mahal utk itu.
Msh ada umyang msh di alam gaib, di daerah kalasan, suatu saat insyaAllah sy tirakati.

SHOLLAALAAHU NGALAIHI WASALLAM

PEACE
jeruk purut - 30/05/2008 08:21 AM
#139

salam para sesepuh semua.....ki PJ, ki hidayat, ki cahkris jg yang laen....
saya turun gunung lagi....ternyata diskusi perkerisan udah jauh ceritanya....
Pajajaran - 30/05/2008 09:25 AM
#140

Quote:
Original Posted By jaro san
sori lancang dikit ngejawab om...walau bukan yg ditanya..

Umyang atau ada yg sebut putut...(kl menurut sy beda walau sedikit)..

Umyang beraksara biasanya bahasa jawa..tulisannya ya umyang atau sumyang jimpe, jk ada beraksara arab kira2 mirip arti tulisannya sumyang jimpe. Jenis Jimpe jk aseli ditempa Empu khusus (bukan Empu Umyang dr jaman Pajang). Lokasi pembuatan hanya ada 2 tempat, yaitu AlaS Jimbe Blitar dan bromo. Dimana disitu terdapat kerajaannya mahluk jenis tuyul atau bajang yg biasanya dipakai sang empu utk mengisi keris.

Umyang Cina sy khususnya, setelah dibaca oleh seorang dr Jepang yg bs aksara cina, saat kami bertemu di rumah pak M sepuh sy di Jogja: adl semacam tanda kelahiran seseorang( keturunan bangsawan cina tempo dulu). Biasanya tanda kelahiran anggota kerajaan/ saudagar kaya cina tsb, membuatkan tanda kelahian berbentuk pedang seperti pisau dg bahan batu giok. Kebetulan sy punya yg dr bahan batu putih. Disitu tertera nama si bayi, tahun lahir dan doa/ simbol rajah. Gambar jg naga dan Buda pertapa. Aksara, simbol rajah dan relief naga-buda pertapa persis tdp di keris Umyang Cina tsb, kecuali aksara berisi tulisan nama bayi.

Nah di Umyang aksara Cina tsb, tdp kesemuanya.. tampaknya si bangsawan cina memesan tanda kelahiran di jawa, oleh Empu lokal yg ahlinya keris. Di keris tsb tdp nama sang pemilik tanda kelahiran. Gunanya skeselamatan si bayi sekaligus sbg jimat/ piandel khususnya bidang usaha.

Ada yg sebut, umyang cina ini dr jaman pajang ada pula sebut jaman majapahit. Besi dr jenis Malelo Kendogo. Ada yg sebut buatan empu Kalianyir.

Setahu sy tdp 9 jenis Umyang dg khasiyat berbeda. Sedang sy incar, bbrp umyang di jogya, malang dan lampung. Yg di bantul milik pak jankung Umyang beras( selalu terbukti dapat memenuhkan gelas berisi bbrp butir beras menjadi penuh dlm kurang dr 5 menit), di sorowajan jogja ktk sy datangi ke rumah pemilik, malah umyangnya berbahan batu mengandung logam(amat tua, sptnya dr jaman buda sebelum abad 4), di sleman umyang tumbak milik pak nyot super langka. Dr jaman kerajaan Kediri (Daha), makannya darah manusia, jk ditaruh 1 gelas penuh darah malamnya, mk paginya akan susut inggal 1/4 kadang 1/2 gelas, khodam 2 raja bajang dr jenis berwarna kuning keemasan. Bentuknya mirip arca Gpolo tp cebol. Di empel umyang milik rekan sepuh sy di sana jk digores silang (X) ke sebidang tanah, mk si pemilik tanah akan segera minta dibeli tanahnya oleh si penggores. Di bogor milik sepuh asal jatim, umyang dipake menagih hutang, dg menyuruh khodamnya mengganggu si penghutang, misal ktk tidur ranjangnya diangkat ingga terbalik, diteror, dsb hingga dai membayar hutangnya(Umyang Tagih). Umyang sy bentuk mirip umyang pak MH yg wana hitam tanpa aksara dr jaman singosari besi warna abu2 khodam 1 bajang jenis warna hitam yg ganas, sy kembalikan ke pemilik semla. di Purworejo Umyang jk ditarik dr warangka mk sontak listrik rumah padam, kejadian 2x ditarik 2 kali padam, js Umyang sekaligus Sumpet(Singkir) geni. Di malang umyang didapat dr benteng pendem cilacap ukuran besar seperti pedang, di mulut pututnya tdp emas dan matanya tdp batu mirah, di lampung ktk sy telpon pemiliknya sering bingung dengar suara tangisan bayi di malam hari, semntara jk sawah mrk panen, mk hasilnya melebihi ukuran normal. Misal 1 hektar sawah umpama panen 4 ton mk doi timbang hasilnya 10-12 ton. Sdg mencari channel ke seorang pedagang khusus Umyang yg mencari umyang hati, jk ditusukkan ke hati ayam, mk dlm 1-3 menit hati akan kering, bahkan pecah-rekah. Doi berani bayar mahal utk itu.
Msh ada umyang msh di alam gaib, di daerah kalasan, suatu saat insyaAllah sy tirakati.

SHOLLAALAAHU NGALAIHI WASALLAM

PEACE


Oooo siappp....wah..wah jadi demikian ya asal usul Umyang, tidak disangka begitu fenomenal ya sejarah maupun khasiat pusaka tersebut...mudah-2an suatu saat ada jodoh untuk merawatnya... terima kasih banyak atas pencerahannya Ki Jarosan, mhn ijin di jadikan referensi pribadi..
Page 7 of 465 | ‹ First  < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 >  Last ›
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > ##[ Budaya ] :"DISKUSI Seputar KERIS DAN TOSAN AJI (sementara)"## - Part 1