TANAMAN
Home > LOEKELOE > TANAMAN > TOGA [Tanaman Obat keluarGA]
Total Views: 228448
Page 52 of 57 | ‹ First  < 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 > 

Heritech - 25/01/2012 03:35 PM
#1021

thank gan banyak banget tips nya, kebetulan ane juga hobi
xover - 26/01/2012 08:27 AM
#1022

Quote:
Original Posted By comojime


CEGUK

Nama latin: Quisqualis indica L

Nama daerah: Dani; Udani; Wudani; Bidani; Kacekluk; Cekluk; Wedani; Saradengan; Tikao.

Deskripsi tanaman: Perdu merambat, panjang batang sampai 5 meter. Batang berkayu, bercabang-cabang, cabang muda berwarna hijau, berduri. Daun tunggal, bulat telur. Perbungaan bentuk bulir, terdapat di ketiak daun dan di ujung cabang. Kelopak berwarna hijau kekuningan. Putik berwarna putih sampai merah tua. Buah tergolong buah batu, biji kecil, pipih berwarna hitam. Akar tunggang.

Habitat: Tumbuh di dataran rendah dalam semak belukar dan sebagai tanaman pagar.

Bagian tanaman yang digunakan: Biji

Kandungan kimia: Trigonelina; Minyak lemak; Gom; Resin

Khasiat: Antelmintik; Tonik

Nama simplesia: Quisqualidis indicae semen


Resep tradisional:

Obat cacing
Biji ceguk 5 butir; Air 1 cangkir, Biji ceguk ditumbuk; kemudian direbus hingga 1/2 cangkir, Diminum 2 kali sehari.


Saya tertarik dengan tanaman ceguk, akarnya kan bisa juga buat obat cacing.. kalo ada yg tau bagian apanya ya? pokok akar atau cabangnya
novacainepcgame - 27/01/2012 08:13 AM
#1023

ninitza - 27/01/2012 05:24 PM
#1024
khasiat bayam duri
Quote:
Original Posted By comojime


BAYAM DURI

Famili : Amaranthaceae

Bayam duri, acap dianggap sebelah mata. Di bandingkan bayam sayur biasa, meski rasanya sama, tumbuhan ini jarang disentuh. Padahal, banyak yang tidak menyadari, selain enak, tumbuhan ini penuh khasiat, menyembuhkan disentri, bisul, sampai keputihan.

Bayam duri berasal dari suku Amaranthus. Masyarakat mengenalnya dengan bermacam nama. Di Lampung, bayam duri lebih dikenal dengan nama bayam kerui. Adapula yang mengenalnya senggang cucuk (Sunda), bayam eri, bayam raja, bayam roda, bayam cikron (Jawa), Ternyak duri, ternyak lakek (Madura).

Di Bali, namanya Bayam Kikihan, Bayam siap, atau Kerug Pasih. Sedangkan di Minahasa bernama Kedawa Mawaw, karawa rap-rap, karawa in asu, korawa kawayo. Di Makasar namanya Sinau katinting, di Bugis bernama Podo Maduri. Tapi di Halmahera Utara bayam duri lebih dikenal dengan nama Maijanga atau ma hohoru, di Ternate namanya Baya, sedangkan di Loda bernama Loda. Sebagaimana tertulis dalam buku Atlas Tumbuhan Obat Indonesia Jilid 1, karya dr Setiawan Dalimartha, Trubus Agriwidya, Jakarta, 1999, tersebut bahwa dengan memanfaatkan akarnya, banyak khasiat yang bisa diambil. Misalnya untuk pengobatan bisul yang keras, wasir (hemoroid), ekzema, gusi bengkak berdarah, malancarkan pengeluaran ASI ( laktagoga ), demam, kutil, luka bakr dan di gigit ular berbisa. Seluruh tumbuhan direbus, airnya selagi hangat di gunakan untuk merendam kaki yang pegal linu, dan reumatik.

Asing : Prickly Amaranth, Le Xian Cai (Cina)

Sifat Kimiawi : Kaya kandungan kimia antara lain amarantin, rutin, kalium nitrat, piridoksin, garam-garam fosfat, besi, Vitamin A, C dan K.

Efek Farmakologis : Tanaman ini mempunyai sifat masuk meridien jantung dan ginjal. Menghilangkan panas (anti piretik), peluruh kemih (diuretik), menghilangkan racun (anti-toksin) menghilangkan bengkak, menghentikan diare dan membersihkan darah. Tanaman ini juga bersifat : Rasa manis, pahit dan sejuk.

Bagian tanaman yang digunakan : Seluruh tanaman baik segar maupun kering yang diangin-anginkan.
Cara budidaya : Dengan cara Stek ataupun biji.

Resep tradisional:

1 Disentri : Akar segar 30 gr dicuci bersih, ditambah 15 gr gula enau dan air bersih secukupnya lalu direbus hingga sisa 1 gelas, minum sebelum makan

2 Keputihan : Akar segar 30-60 gr, dicuci bersih ditambahkan sedikit gula batu, digodok dengan 3 gls air sampai 1 gls, disaring dan diminum.

3 TBC Kelenjar : Akar segar 30-60 gr atau seluruh tumbuhan, dicuci bersih digodok air bersih dicampur arak secukupnya, diminum.

4 Sakit kerongkongan : Akar segar 45 gr dicuci bersih, digodog dan diminum.

5 Bisul : Daun segar secukupnya dicuci bersih lalu digiling halus, campurkan madu secukupnya menutupi bisul lalu dibalut. Sehari diganti 2x.

6 Wasir : Segenggam daun segar dicuci, digodog dan dipakai menguapi dan mencuci wasirnya.

7 Eksim (Dermatitis) : Seluruh tumbuhan secukupnya digodok, tambahkan sedikit garam dan airnya digunakan mencuci bagian yang sakit.

8 Radang saluran pernapasan : Daun 1/4 genggam dicuci dan digiling halus, diberi air masak 3 sendok makan dan garam sedikit, diperas dan disaring lalu diminum 2x sehari

9 Buang air kemih tidak lancar : Satu potong akar dengan bonggolnya dicuci bersih, digodog dengan 2 gls air bersih sampai menjadi 1 gls, minum sekaligus.

10 Gusi luka berdarah : Tanaman secukupnya dibakar (dengan alas genteng) dan dijadikan bubuk, dipakai seperti salep dioleskan kebagian yang sakit.

11 Menambah produksi ASI : Satu batang bayang dicuci bersih, digiling halus dan dipakai sebagai tapal disekeliling payu dara.

12 Demam : Daun segar segenggam dicuci, digiling, ditambah air, dipakai sebagai tapal didahi
Orchidforyou - 28/01/2012 09:50 AM
#1025

Quote:
Original Posted By ninitza


makasih infonya, cara masaknya sama dengan bayam biasa?
denistore - 29/01/2012 01:12 PM
#1026

mau tanya,apa benar daun sembung bisa mengobati masuk angin?
denistore - 29/01/2012 01:17 PM
#1027

daun mangkokan bisa menyuburkan rambut apakah ada selain itu yg bisa menyuburkan rambut
gtoroyi - 31/01/2012 02:56 AM
#1028
Urgent
Gan,, ane mw nanya,, tanaman Bungur itu untuk di Jakarta Barat atau atau Pusat atau Utara,, ada di daerah mana c gan?? ane beneran butuh bwt nyokap.. soalnya gula darah nyokap tinggi..
denger2 c bungur itu bagus bwt kesehatan..

pliss mohon bantuannya agan2..
Greenery - 01/02/2012 11:27 AM
#1029

Quote:
Original Posted By Kak.Nando
Spoiler for Gambar









Taksonomi :
Kingdom: Plantae
Filum: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Lamiales
Famili: Lamiaceae
Genus: Plectranthus
Spesies: Plectranthus amboinensis

Ciri Tanaman :
Tumbuhan ini mempunyai batang yang lembut dan berlendir. Daunnya tebal bergerigi berbentuk hati dan permukaan daunnya agak kasar.
Jika kita memetik, meremas atau menyentuh sedikit tanaman ini, akan mengeluarkan aroma obat obatan yang segar. Masyarakat cina menggunakan daunnya untuk dicampur dalam masakan jenis sup.

Khasiat:
Membantu mengobati Batuk, Asma atau Sakit Kepala.
(Untuk Asma : Hentikan penggunaan jika khasiatnya tidak terasa)
Memperbanyak Asi pasca persalinan.

Bagian yang digunakan :
Daun

Cara Penggunaan :
Rebuskan daun bangun bangun ini untuk mendapatkan ekstraknya sebelum diminum sebagi jus atau tonik.

Cara perkembang biakan :
Stek ( pada tanah yang lembab atau tanah yang terlindung cahaya )


Kak.Nando, daun bangun-bangun ini kalo diremes, berbau "mint" ? Daunnya kasar berbulu ?
ndda2108 - 01/02/2012 01:47 PM
#1030
mw bertanya untuk mendapatkanya
ada yang tau tanaman songgoh langit ga ada dmna ?? mw buat obat neh
teebite - 04/02/2012 01:00 PM
#1031

ooow itu namanya toga...
banyak khasiatnya...
lajanglanang - 10/02/2012 11:04 PM
#1032

Quote:
Original Posted By gtoroyi
Gan,, ane mw nanya,, tanaman Bungur itu untuk di Jakarta Barat atau atau Pusat atau Utara,, ada di daerah mana c gan?? ane beneran butuh bwt nyokap.. soalnya gula darah nyokap tinggi..
denger2 c bungur itu bagus bwt kesehatan..

pliss mohon bantuannya agan2..



gan ente coba minumin sirih merah aja itu juga bisa buat gula darah gan, banyak dijual di tukang pohon hias. tapi klo ada darah tingginya jangan terlalu bnyak kasihnya....caranya cukup diseduh aja
totohary - 12/02/2012 12:10 PM
#1033
Tanya Nama Tanaman
Quote:
Original Posted By orthrus
http://i605.photobucket.com/albums/tt138/dzig_pix/_DSC5325.jpg
yang ini kayaknya salah upload ya??:d..
daun sendok yang kayak ini
http://i605.photobucket.com/albums/tt138/dzig_pix/_DSC5371.jpg
daun sendok bisa dibudidayakan dengan biji (bijinya banyak)..untuk biji ada dijual ditoko obat cina dengan nama 車前草

salam buat bro dzig atas pengetahuan yang dibagi


Agan agan mau nanya nih, nama tanaman yang disebut pertama di atas plus khasiatnya?
Gambarnya ini gan....:
Spoiler for Tanaman Apa Ini?



Tx
leovemc - 13/02/2012 11:17 AM
#1034

Quote:
Original Posted By tookeek
tanaman ini selain berkhasiat sebagai penambah nafsu makan, juga berkhasiat buat radang2 ringan disekitar saluran nafas atas.


kira2 ada yg kenal petani temulawak disekitaran depok ga ya?
ojibuffy - 13/02/2012 04:31 PM
#1035

gan, ada yg tau khasiat tapak limo ga?
totohary - 13/02/2012 04:55 PM
#1036

Quote:
Original Posted By ojibuffy
gan, ada yg tau khasiat tapak limo ga?


Maksudnya Tapak Liman ya gan?

Coba ke sini gan....

http://kask.us/10574168

sama ini gan...

http://www.detikhealth.com/read/2010/04/01/094609/1330011/769/herbal-tapak-liman
roystore - 14/02/2012 10:13 AM
#1037

tanaman obat utk pnyakit tulang apa ya :travel
ojibuffy - 14/02/2012 01:18 PM
#1038

Quote:
Original Posted By totohary
Maksudnya Tapak Liman ya gan?

Coba ke sini gan....

http://kask.us/10574168

sama ini gan...

http://www.detikhealth.com/read/2010/04/01/094609/1330011/769/herbal-tapak-liman


bukan tapak liman gan, tapi tapak limo ( kata temen ane yg ngasih tau tentang ini ) , bentuknya kyk daun singkong ber-ruas lima, rasanya sangat pahit .

ane udah googling tapi ga ada keterangan tentang tapak limo, kata temen ane di kantor tapak limo sangat bagus buat orang diabetes, dan kebetulan juga sudah ada yg membuktikan .

ane cuma mau cari artikelnya yg jelas, biar lebih yakin
totohary - 15/02/2012 01:40 PM
#1039

Untuk diabetes, setahu ane ada tanaman lain juga gan yang sangat berkhasiat... pake sirih merah

Coba googling aja gan, insya allah banyak artikel tentang khasiat sirih merah untuk diabetes....
Beberapa artikel di antaranya:

http://voiceofbojonegoro.com/vob-read/vob-info/20120115/terapi-diabetes-dengan-sirih-merah.html

http://www.herbal.web.id/2011/09/khasiat-daun-sirih-merah-untuk-jantung.html

http://kamissore.blogspot.com/2009/04/khasiat-sirih-merah-atasi-diabetes.html


Salam
Dramaga.. - 15/02/2012 02:25 PM
#1040

akhirnya akhirnya, makasih atas penjelasannya dari tanaman2 yang bisa dijadikan obat.
Page 52 of 57 | ‹ First  < 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 > 
Home > LOEKELOE > TANAMAN > TOGA [Tanaman Obat keluarGA]