Kendaraan Roda 2
Home > LOEKELOE > OTOMOTIF > Kendaraan Roda 2 > Membahas motor 2-Tak
Total Views: 42681
Page 22 of 42 | ‹ First  < 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 >  Last ›

kotakamal - 21/01/2009 11:52 PM
#421

gimana cara ngurangin pumping losses koH?

pake supercharger kah?
fukego - 24/01/2009 12:05 AM
#422

pumping losses itu tenaga yang termakan untuk mengkompresi isi silinder.

misalnya kompresi naik dari 9 ke 12.
dulu waktu std saat 40 derajat sebelum TMA (entah brp mm tergantung motor) kompresi yang terbentuk sudah 9:1

kini di mesin yang sama namun kompresi tinggi 40 derajat sebelum TMA bisa jadi sudah 11:1

nah ingatlah bahwa tekanannya ke segala arah termasuk ke arah bawah (berlawanan dengan arah tekanan dari piston) akibatnya kan ada selisih tenaga yang termakan untuk mengatasi tekanan tersebut.

analoginya pompa ban motor pake pompa tangan:
di saat masih 10-15 psi kan masih gampang tuh kita tekan setang pompanya...
tapi kalo udah lebih dari 30 psi kita butuh tenaga lebih untuk memasukkan tekanan ke dalam ban.
apalagi kalo coba pompa ban motor pake tangan di 60 psi, makin capek kan kita nekan setang pompanya ke bawah?

andaikan saja tekanan udara di ban itu kompresi di dalam silinder.
dan tangan anda yang menekan setang pompa sebagai setang piston dari mesinnya.

makin besar tenaga yang dikeluarkan untuk menambah tekanan di silinder bisa berujung kemubaziran. kompresi tinggi tak selamanya oke...terbukti berkali-kali...

nah disitu lah letak pumping losses. karena selisihnya negatif (bisa saja hanya berlangsung selama millisecond tapi tetap saja ada losses kan)
fukego - 24/01/2009 12:10 AM
#423

Quote:
Original Posted By kotakamal
gimana cara ngurangin pumping losses koH?

pake supercharger kah?

supercharger sebenarnya menambah intake charge (termasuk kepadatan kompresi).

jadi dia menambah beban mesin untuk melakukan langkah kompresi.
namun daya yang dihasilkan dari boost itu juga bertambah dalam tingkat yang melebihi tingkat pertambahan konsumsi daya untuk langkah kompresi.

dan sebenarnya supercharger itu juga mengkonsumsi daya dari mesin karena supercharger diputar oleh kruk-as. tapi berhubung tenaga yang termakan masih lebih kecil dari tambahan tenaga yang dihasilkan boost maka tidak ada losses.
letnan_poppy - 02/03/2009 09:47 AM
#424

Quote:
Original Posted By immax
mekanik 2tak mantap bs hub bang alan,087881300501 d kalimalang dkt pancoran tuh.jamin melecut tuh mtr.
Bilang dr henry 125Z biru.mtr gw settingan dia masuk 160kmh gampang bgt.


thanks 4 the info bro, ini harga bersahabat kan?
inkarnasi - 04/03/2009 08:29 AM
#425

Quote:
Original Posted By moncoss
dulu pernah pake rx-king ... ampe setaon cuma isi bensin ama ganti oli samping doang ... gak pernah ke bengel, tapi tarikan tetep maknyuss


Sekarang RX-Kingnya kemana gan???
Cream Pie - 04/03/2009 10:31 AM
#426

wuih banyak master 2 tak nih di sini...

mo nanya dong gan, gue punya suzuki bravo rc100 '02

nah, pertanyaan pertama, apakah gue bisa pake blok & piston tornado gs 110cc?

trus yg kedua, apakah gue bisa pake rumah & kampas kopling tornado gs 110cc ATAU satria 120s (non kopling)?

thanks
kotakamal - 04/03/2009 03:25 PM
#427

Quote:
Original Posted By Cream Pie
wuih banyak master 2 tak nih di sini...

mo nanya dong gan, gue punya suzuki bravo rc100 '02

nah, pertanyaan pertama, apakah gue bisa pake blok & piston tornado gs 110cc?

trus yg kedua, apakah gue bisa pake rumah & kampas kopling tornado gs 110cc ATAU satria 120s (non kopling)?

thanks


Seingat saya rc100 sm tornado gs strokenya sama, jd tinggal plug n play.

kampas kopling bisa pake tornado gs.
BiJi_HaNgAt - 04/03/2009 06:50 PM
#428

Quote:
Original Posted By kotakamal
Seingat saya rc100 sm tornado gs strokenya sama, jd tinggal plug n play.

kampas kopling bisa pake tornado gs.


nongol juga ini tread akhirnya...
Cream Pie - 05/03/2009 12:20 PM
#429

Quote:
Original Posted By kotakamal
Seingat saya rc100 sm tornado gs strokenya sama, jd tinggal plug n play.

kampas kopling bisa pake tornado gs.


mantab gan! tengkiu...
btw rumah kopling nya tornado gs juga bisa kan bro?
kotakamal - 05/03/2009 06:20 PM
#430

Quote:
Original Posted By Cream Pie
mantab gan! tengkiu...
btw rumah kopling nya tornado gs juga bisa kan bro?


Sama saja bro...
Cream Pie - 06/03/2009 11:00 AM
#431

^ sip gan!

nah skrg, ada rekomendasi merek u/ blok, piston & kopling tornado gs?
sgp, indopart, atau apakah?

trus belinya di mana yg mantab?
beres kah? bonjer/otista kah? ada toko spesifik yg harganya friendly?

sekali lagi thx gan!
kotakamal - 06/03/2009 02:39 PM
#432

Quote:
Original Posted By Cream Pie
^ sip gan!

nah skrg, ada rekomendasi merek u/ blok, piston & kopling tornado gs?
sgp, indopart, atau apakah?

trus belinya di mana yg mantab?
beres kah? bonjer/otista kah? ada toko spesifik yg harganya friendly?

sekali lagi thx gan!


Kalo piston lebih demen pake NPP koH
Kalo part yg laen ya SGP.
BiJi_HaNgAt - 06/03/2009 10:31 PM
#433

Quote:
Original Posted By kotakamal
Kalo piston lebih demen pake NPP koH
Kalo part yg laen ya SGP.


gue denger kalo pake NPP saking keras nya itu piston.. bisa2 kegerus tu dinding silinder.. bener ngga sih ?
made in japan katanya..
immax - 06/03/2009 11:40 PM
#434

Quote:
Original Posted By letnan_poppy
thanks 4 the info bro, ini harga bersahabat kan?


banget~~~~~~
kotakamal - 08/03/2009 12:04 PM
#435

Quote:
Original Posted By BiJi_HaNgAt
gue denger kalo pake NPP saking keras nya itu piston.. bisa2 kegerus tu dinding silinder.. bener ngga sih ?
made in japan katanya..


Gak jg koH...selama ini aman² aja tuh Kalo sampe kegerus bisa jd campuran oli kurang.

NPP&NPR setau gw bikinan Ciroyom deket pasar loak Jatayu Bandung.
BiJi_HaNgAt - 08/03/2009 02:48 PM
#436

Quote:
Original Posted By kotakamal
Gak jg koH...selama ini aman² aja tuh Kalo sampe kegerus bisa jd campuran oli kurang.

NPP&NPR setau gw bikinan Ciroyom deket pasar loak Jatayu Bandung.


lohhh... katanya jepun ori ??
kotakamal - 09/03/2009 08:30 PM
#437

Quote:
Original Posted By BiJi_HaNgAt
lohhh... katanya jepun ori ??


Mungkin lisensi Japan koH... soalnya temen gw dulu pada KP di pabriknya di Ciroyom.
BiJi_HaNgAt - 10/03/2009 08:00 AM
#438

katanya keras skali tu piston .. bisa2 blok habis kegerus ama tu ring.. bisa ngebubut blok sendiri
Cream Pie - 10/03/2009 12:29 PM
#439

Quote:
Original Posted By kotakamal
Kalo piston lebih demen pake NPP koH
Kalo part yg laen ya SGP.


mantap..
kothok king - 10/03/2009 03:19 PM
#440

nanya gan,, kalo piston dah "B" tuh artinya apa??
ku pas dijelasin ma montir ku kagak ngerti aku..
Page 22 of 42 | ‹ First  < 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 >  Last ›
Home > LOEKELOE > OTOMOTIF > Kendaraan Roda 2 > Membahas motor 2-Tak