Kendaraan Roda 2
Home > LOEKELOE > OTOMOTIF > Kendaraan Roda 2 > (Share)Info dan pengalaman pake HID xenon kit di motor dong... - Part 2
Total Views: 85691
Page 164.5 of 185 | ‹ First  < 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 >  Last ›

gunawanspurs - 08/07/2012 05:57 PM
#3271

Quote:
Original Posted By harel1
trus kalo untuk 135 bagusnya pake kiprok apa om?
trus kalo gulung biasanya pake kawat apa ya om?


P135 LS DC full wave single phase, otomatis bisa pake kiprok2 FW ex motor lain/aftermarket, TAPI skematik aslinya, ga pake jalur Vreference ke stop kontak, shg bila hendak pake kiprok yg ada jalur Vref nya spt kiprok Tiger, mesti bikin jalur yg baru.

Utk urusan gulung ulang, praktisinya bukan saia om, tp setahuku, P135 LS digulung ulang pake kawat 1.2 mm germany + kiprok Tiger, output bisa mencapai 12-13 A.
harel1 - 08/07/2012 08:13 PM
#3272

Quote:
Original Posted By gunawanspurs
P135 LS DC full wave single phase, otomatis bisa pake kiprok2 FW ex motor lain/aftermarket, TAPI skematik aslinya, ga pake jalur Vreference ke stop kontak, shg bila hendak pake kiprok yg ada jalur Vref nya spt kiprok Tiger, mesti bikin jalur yg baru.

Utk urusan gulung ulang, praktisinya bukan saia om, tp setahuku, P135 LS digulung ulang pake kawat 1.2 mm germany + kiprok Tiger, output bisa mencapai 12-13 A.


oh geto ya om,soalnya pas ane buka kiproknya kok ini kabel cuma segini?
berarti kita narik kabel lagi ya ke kontak?

wow,kayaknya kalo gulung ulang manteb juga ya,hihi
rielove - 08/07/2012 11:11 PM
#3273

Quote:
Original Posted By gunawanspurs
OK, kebutuhan beban kelistrikannya nanti spt apa rencananya ?

BCU mau tetap dipakai atau tidak ?


Rencana kelistrikan nantinya akan digunakan untuk HID dengan ballast 55W 2AE, DE, 2 Spot LED 10W buat FOG Lamp.
Paling hanya itu aja seh master.
BCU tetep dipake gan. Posisi ane disolo.
gunawanspurs - 09/07/2012 07:28 AM
#3274

Quote:
Original Posted By Dallara

mau pasang HID di P220 di lampu jauh dan dekatnya. itu butuh perubahan apa aja ?, rencana BCU masih akan dipakai. trus bohlam yg Plug ama dudukan H7 di P220 apa yah gan rekomendasinya, catatan harga terjangkau en awet.

kmaren aku liat di diler soalnya P220 pake HID, mupeng, ga sempet nanya ke yg punya aku udah disuruh berangkat jaga pameran


Saran & rekomendasi ane om, utk P220, sebaiknya low beam (lampu dekat) projector menggunakan HID system, tapi di high beam (lampu jauh) menggunakan LED high power system, jangan HID. WHY ?

1. karena utk high beam, akan lebih banyak digunakan utk ngedim atau spot lamp, fungsi2 tsb kurang efektif menggunakan HID (lemot & cepat rusak)

2. HID terlalu menyilaukan utk fungsi high beam scr terus menerus.

3. Konsumsi daya HID kombinasi dua unit akan terlalu tinggi, sedangkan HID + LED masih sangat aman utk kelistrikan sutandar P220.

Utk HID, bisa pasang dgn rating 50/55w tergantung ballast yg digunakan.

Utk LED, bisa pasang LED bulb spt yg dijual di FJB Prides:

http://www.prides-online.com/showthread.php/15286-Super-Bright-11-Watt-LED-Bulb

Bisa jg modifikasi sedikit lebih repot tp cahaya lebih terang, pake projector LED spt ini:

Spoiler for LED projector




lapak: http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=12096477

Hasilnya pasti maknyuzz, dan bisa PnP dgn kelistrikan P220 dgn sedikit modifikasi menggunakan relay 5 kaki.

Karena BCU P220 akan mendeteksi menyalakan LED high beam sbg kondisi bulb lampu putus, maka perlu diakali lebih jauh dgn relay 5 kaki tsb, yaitu:

kaki 85: sadap dari jalur high beam, kabel kecil
kaki 86: ground, bisa dibaut aja k bodi
kaki 87a: jalur orisinal low beam
kaki 87: jalur orisinal high beam
kaki 30: jalur input ballast HID

LED high beam juga menyadap ke jalur high beam, bisa langsung atau pake relay lagi (lebih aman).

Kenapa HID low beam sumber dayanya dari jalur low beam MAUPUN high beam ? Ini utk MENIPU BCU spt yg ane sampaikan tadi, shg dia selalu dapat beban sesuai limit minimalnya, baik pd kondisi low beam ataupun high beam.

This scheme should work, tp belum dicoba sih, silakan bereksperimen sendiri.

PS: HID jangan menggunakan kabel set konvensional (yg berfungsi sbg relay) spt yg digunakan di motor2 lain, ga berguna di Pulsar 220 yg msh pake BCU, HID harus langsung dapat arus dari jalur lampu dari BCU.

Quote:
Original Posted By rielove
Rencana kelistrikan nantinya akan digunakan untuk HID dengan ballast 55W 2AE, DE, 2 Spot LED 10W buat FOG Lamp.
Paling hanya itu aja seh master.
BCU tetep dipake gan. Posisi ane disolo.


1. Beban spt itu, rekomen gulung ulang spul

2. Solo - Semarang ga gitu jauh kan ? Mungkin bisa dikerjakan oleh mas Didik Jepara utk modif DC full wave + gulung ulang spul nya. Coba search nick name tsb & kontak beliau langsung.

3. Utk DC full wave, mas Didik mestinya udah faham mengakali BCU nya, opiniku, spul yg sudah digulung kawat germany 1.2 mm & menggunakan kiprok FW, salah satu ujung kawat output spul bisa digunakan utk paralel memasok arus AC ke BCU P200, karena arus AC nya pun mestinya sudah regulated (efek dari penggunaan kiprok full wave tsb). Ga perlu mempertahankan kiprok orisinal (tp klo mw ttp dipake jg ga papa sih, itung2 bwt cadangan yak ?).

4. Klo ga berminat pk jasa orang lain, bisa nyoba bikin sendiri, tp modif kelistrikan di Pulsar series mmg lumayan ribet & butuh belajar + pemahaman dasar2 kelistrikan motor utk mengerjakannya. Skematik modifikasi DC full wave dgn BCU dari pakdhe Sigit gajah.gendut pernah disampaikan, utk gulung ulang spul bisa hunting kawat sendiri & mempelajari caranya di internet, googling ajah.

PS: Opini pribadiku, total biaya modif dibantu orang lain msh relatif worth it (klo ga salah max sekitar 450-500 rb, DC full wave dgn BCU + gulung ulang spul), silakan dipertimbangkan sendiri.

Regards.
wirasaja - 09/07/2012 09:38 AM
#3275

Quote:
Original Posted By gunawanspurs
Saran & rekomendasi ane om, utk P220, sebaiknya low beam (lampu dekat) projector menggunakan HID system, tapi di high beam (lampu jauh) menggunakan LED high power system, jangan HID. WHY ?

1. karena utk high beam, akan lebih banyak digunakan utk ngedim atau spot lamp, fungsi2 tsb kurang efektif menggunakan HID (lemot & cepat rusak)

2. HID terlalu menyilaukan utk fungsi high beam scr terus menerus.

3. Konsumsi daya HID kombinasi dua unit akan terlalu tinggi, sedangkan HID + LED masih sangat aman utk kelistrikan sutandar P220.

Utk HID, bisa pasang dgn rating 50/55w tergantung ballast yg digunakan.

Utk LED, bisa pasang LED bulb spt yg dijual di FJB Prides:

http://www.prides-online.com/showthread.php/15286-Super-Bright-11-Watt-LED-Bulb

Bisa jg modifikasi sedikit lebih repot tp cahaya lebih terang, pake projector LED spt ini:

Spoiler for LED projector




lapak: http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=12096477

Hasilnya pasti maknyuzz, dan bisa PnP dgn kelistrikan P220 dgn sedikit modifikasi menggunakan relay 5 kaki.

Karena BCU P220 akan mendeteksi menyalakan LED high beam sbg kondisi bulb lampu putus, maka perlu diakali lebih jauh dgn relay 5 kaki tsb, yaitu:

kaki 85: sadap dari jalur high beam, kabel kecil
kaki 86: ground, bisa dibaut aja k bodi
kaki 87a: jalur orisinal low beam
kaki 87: jalur orisinal high beam
kaki 30: jalur input ballast HID

LED high beam juga menyadap ke jalur high beam, bisa langsung atau pake relay lagi (lebih aman).

Kenapa HID low beam sumber dayanya dari jalur low beam MAUPUN high beam ? Ini utk MENIPU BCU spt yg ane sampaikan tadi, shg dia selalu dapat beban sesuai limit minimalnya, baik pd kondisi low beam ataupun high beam.

This scheme should work, tp belum dicoba sih, silakan bereksperimen sendiri.

PS: HID jangan menggunakan kabel set konvensional (yg berfungsi sbg relay) spt yg digunakan di motor2 lain, ga berguna di Pulsar 220 yg msh pake BCU, HID harus langsung dapat arus dari jalur lampu dari BCU.



1. Beban spt itu, rekomen gulung ulang spul

2. Solo - Semarang ga gitu jauh kan ? Mungkin bisa dikerjakan oleh mas Didik Jepara utk modif DC full wave + gulung ulang spul nya. Coba search nick name tsb & kontak beliau langsung.

3. Utk DC full wave, mas Didik mestinya udah faham mengakali BCU nya, opiniku, spul yg sudah digulung kawat germany 1.2 mm & menggunakan kiprok FW, salah satu ujung kawat output spul bisa digunakan utk paralel memasok arus AC ke BCU P200, karena arus AC nya pun mestinya sudah regulated (efek dari penggunaan kiprok full wave tsb). Ga perlu mempertahankan kiprok orisinal (tp klo mw ttp dipake jg ga papa sih, itung2 bwt cadangan yak ?).

4. Klo ga berminat pk jasa orang lain, bisa nyoba bikin sendiri, tp modif kelistrikan di Pulsar series mmg lumayan ribet & butuh belajar + pemahaman dasar2 kelistrikan motor utk mengerjakannya. Skematik modifikasi DC full wave dgn BCU dari pakdhe Sigit gajah.gendut pernah disampaikan, utk gulung ulang spul bisa hunting kawat sendiri & mempelajari caranya di internet, googling ajah.

PS: Opini pribadiku, total biaya modif dibantu orang lain msh relatif worth it (klo ga salah max sekitar 450-500 rb, DC full wave dgn BCU + gulung ulang spul), silakan dipertimbangkan sendiri.

Regards.



ikutan belajar ni untuk pulsar..
kayak nya harus belajar banyak ni ama suhu pulsar.. :thumbup :thumbup

oh iya om gun, itu led yg di prides..
soket H7 kan.. om gu sudah menggunakannya juga kah..
pengen ada review dari user langsung cos cukup tertarik..
sayang di FJB di mari lom ada ya

pengen coba yg beginian juga

meledic - 09/07/2012 10:17 AM
#3276

suhu maaf nubie numpang tanya nih ane tertarik mau masang HID di vario techno. ane ada beberapa pertanyaan tolong di bantu ya

- kira2 apa aja yang harus di rubah?

- berapa semua total biaya terima jadi?

- workshop yang terima pemasangan semua di daerah bekasi/depok dimana ya ?

pnp1701 - 09/07/2012 11:52 AM
#3277

Quote:
Original Posted By meledic
suhu maaf nubie numpang tanya nih ane tertarik mau masang HID di vario techno. ane ada beberapa pertanyaan tolong di bantu ya

- kira2 apa aja yang harus di rubah?

- berapa semua total biaya terima jadi?

- workshop yang terima pemasangan semua di daerah bekasi/depok dimana ya ?



Kelistrikan rubah ke fullwave dc, spul gulung ulang pake kawat lebih besar, kiprok ganti
biaya tergantung harga kiprok, ballast & bulb hid yg dibeli, ada yg murah ada juga yg mahal, apalagi kalau sepasang, berarti beli 2 ballast & 2 bulb hid
kalau mau mantep, pasang sekalian projector, jadi cahaya fokus & gak nyebar
kalau utk di daerah bekasi, ke tempat agan hokiedokie aja
Lokovich - 09/07/2012 11:53 AM
#3278

Quote:
Original Posted By wirasaja
DC FW dulu gan kelistrikannya ( bukan pengapiannya lho ya gan new R dan RR udah DC pengapiannya )

mo HID ato Projie HID kuat2 aja kalo udah FW..
FW = Apa.. ?

monggo baca2 dari awal dulu gan kayaknya seriiing bgt di bahas d..
budget paling 500an..



owh gitu ya gan..
trus kalo maw buat FW di tu ninin brpaan biayanya gan ?
hehe
sory bnyak tnya gan..
:sorry
gunawanspurs - 09/07/2012 01:07 PM
#3279

Quote:
Original Posted By wirasaja
ikutan belajar ni untuk pulsar..
kayak nya harus belajar banyak ni ama suhu pulsar.. :thumbup :thumbup


Sy bukan soehoe kang, cma seorang user yg ingin lebih mengerti ngoprek kelistrikan motornya, terus belajar dr soehoe2 di sini & sharing2 sedikit pengalaman yg ada. Life is a never ending process of learning.

Quote:
Original Posted By wirasaja
oh iya om gun, itu led yg di prides..
soket H7 kan.. om gu sudah menggunakannya juga kah..
pengen ada review dari user langsung cos cukup tertarik..
sayang di FJB di mari lom ada ya

pengen coba yg beginian juga



Aku belum pernah pake mas, cma opiniku, kalo hendak dijadikan lampu utama spt di reflektor Ninja 250, akan kurang efektif. Tapi bila hendak dijadikan lampu DRL atau lampu tembak/ngedim, bisa cukup efektif, spt di konfigurasi Pulsar 220 atau di Ninja 250 dgn kombinasi HID projie di sisi yg satu & LED bulb d sisi sebelahnya.

Lampu LED ini sptnya bisa keren jg utk fungsi DRL, menggunakan relay 5 kaki, jadi normally open dari jalur lampu senja (pake rangkaian resistor aja spy voltase turun, arusnya dikira2 scr proporsional sesuai rating bulbnya), normally closed dari jalur high beam. Fungsi DRL lampu menyala redup, fungsi ngedim nyala terang sesuai ratingnya, CMIIW.
gunawanspurs - 09/07/2012 01:09 PM
#3280

Sharing lagi utk mas bro d atas yg pake P200, kalo hendak modifikasi sendiri, bisa pake skematik dari pakdhe Sigit gajah_gendut sbb (mohon izinnya pakdhe ):

Quote:
Original Posted By gajah_gendut
Sore, mau dikit share bagi para penunggang srigala

Modif Full DC Pulsar non UG IV, dengan BCU tetap terpasang.

Tools

[*]Kunci T8/Sok 8
[*]Kunci T10/Sok 10/ – Optional (lupa, ukuran baut spul berapa seh )
[*]Obeng minus kecil (biasa buat baut kacamata)
[*]Gunting
[*]Obeng getok (impact driver) - optional
[*]Solder + timah, cari timah yg bagus.
[*]AVO Meter digital (menu wajib VDC 20V, VAC 200V, Amp DC 10A, continuity test)
[*]Tang skun/crimping tools.



Bahan

[*]Kabel ukuran 18AWG, cari yg tembaganya silver, tahan panas (kalo yang tembaga merah gampang rapuh kalo kena panas), panjangnya kira2 1.5 meter (usahakan ada 3 warna masing2 1 –1.5meter, misal aja warnanya kuning, ijo, merah)
[*]Isolasi
[*]Heatshrink/kabel bakar/slang bakar – slang karet kalo kena panas menciut, cari yg ukuran 5mm.
[*]Slang asbes cari ukuran 5mm. Kalo ga tau slang asbes, bongkar daleman solder/setrika, sambungan kabel dengan elemen pemanasnya pasti pake slang asbes. Slang ini sangat tahan bakar (apalagi kalo cuman panas).
[*]Kiprok Tiger (ori boleh imitasi juga OK) beserta soket 6 pinnya.
[*]Mini Relay 4 kaki 12V/10A
[*]Diode 1Amp seri 1N400X 6 biji
[*]3 buah Electrolyte Capacitor/Elco 470µF/25V
[*]PCB lobang IC
[*]Box rangkaian elektronika ukuran disesuaikan dengan rangkaian.
[*]Fuse (sikring 15Amper)
[*]Soket (jika pingin rapi) – optional
[*]Kopi
[*]Rokok
[*]Cemilan
[*]Dll



Cara modifikasi FW.
Lepas semua jalur kabel yg menuju karter kiri (sensor netral dan spul). Buka karter kiri pake Kunci T8, tuas presneling dilepas pake T10/kunci 10 ato apalah. Yang jelas sampe cover kiri lepas kayak bawah ini.
Liat baik2. Bandingkan dengan Wiring dari pabrik.




Kalau diliat di wiring diagram di atas spul pulsar ada 3 gulungan terpisah. 1 Spul CDI (1 gulungan aja, dibungkus pake kain asbes dan dicor resin, keluar via kabel merah), 1 spul pengisian aki (3 kutub, liat yg kawatnya kuning cerah, tersambung keluar melalui kabel biru strip putih) dan 1 spul lampu (4 pole kawat tembaga kemerahan keluar via kabe kuning strip merah).



Yang dilingkari merah tsb adalah ground tab. Spul lampu salah satu ujungnya ikutan nempel disitu. Kalau fullwave, syarat utamanya, spul sama sekali tidak boleh berhubungan langsung dengan ground/massa/chasis.

Lepaskan kawat spul lampu yg nempel di ground. Ingat, kawatnya saja, kabel item strip kuning dibiarin duduk manis disana.

Ambil kabel kuning yg tadi disiapkan, kupas bungkusnya 1-1.5cm. Solder serabutnya dengan kawat ground yg dilepas tadi. Cari cara gimana kira2 solderan tsb ga gampang lepas kalo ketarik2. kalo ane ane bikin simpul mati antara kawat dengan kabelnya, baru disolder. Yang ga tau bentuk simpul mati, tanya ama anak, adik, pacar, ponakan dan lain yg masih sekolah dan aktif ikut pramuka.




Setelah disolder, lindungi sambungannya dengan heatshrink. Tambahi slang asbes jika perlu, jika gak nemu, pake heatshrink aja cukup.
Jika sambungan sudah OK, cek ake avo contonuity test antara kabel kuning strip merah dengan kabel tambahan tadi. Kalo ada continuity, berhasil, jika tidak, bongkar lagi solderannya, pastikan lapisan email pada kawat spul dikupas/dikerik, jadi solderan sambungan kabel dan kawat spul bisa tersambung sempurna.




Belitkan kabel tambahan di sekeliling pole menuju keluar dari cover karter.

Belitan harus rapat, kalau kendor bisa lepas dan menghantam magnet.Gunakan lem silikon tahan panas jika perlu, biar kabel gak bergeser2.
Arahkan kabel keluar mengikuti grommet spt kabel lainnya.
Pasang kembali cover karter dan presneling. Dan sambungkan kembali soket2 yg tadi dilepas.

Bikin jumper kabel kuning strip merah di kiprok ori ke input kiprok tiger.
Ubah wiringnya spt gambar dibawah




Pasang kiprok tiger pada rangka, ingat harus menempel pd rangka.

Tutup karter kiri, rapikan kabel. Pastikan semua kabel sesuai gambar diatas.

Lanjut ke langkah berikut, modifikasi jalur BCU

Buka batok kepala pulsar. Lepas headlamp.
Lihat BCU, cari soket konektor 4 kaki warna merah dari BCU (jangan soket yang kuning, karena yang kuning adalah soket output ke lampu, sementara yang akan kita modifikasi adalah input output lampu BCU)



Cabut soket 4 kaki tsb. Di soket tsb ada 4 warna kabel. Kuning, Merah, merah strip kuning, dan merah strip hitam. Kuning supply lampu, merah lampu kota, merah strip kuning lampu dekat dan merah strip hitam lampu jauh.

Bikin skema relay untuk mengubah lampu dari AC ke DC spt ini.




Pasang soket pada rangkian relay inpuut output tadi. Masukkan rangkaian ke box plastik, agar terlindung.

Skema perubahan jalur



Setelah selesai, pasang kembali reflektor dan batok. Coba hidupkan mesin dan nyalakan lampu.
Ukur tegangan aki, jika RPM naik, harusnya tegangan ikut naik. Batas aman tegangan charge aki antara 13-16V. Dibawah atau diatasnya.. bahaya. Kalau dibawah aki akan tekor, jika diatasnya aki akan cepat menguap karena overcharge.
Coba nyalain lampu2, masih kedip2 atau udah lumayan stabil, seperti halnya lampu2 DC


Kelemahan :
Sistem ini tidak full DC seluruhnya. Karena BCU masih meminta input AC. Jika dipaksa diberikan arus DC, beberapa pulsar (pengapian AC akhir 2009/2010) banyak yg control BCU nya jadi error. Misal lampu tidak bisa dimatikan, posisi lampu selalu high, dll. Pulsar2 keluaran awal, bisa langsung diberikan arus DC dengan trigger lampu konsol di saklar.
Karena masih ada arus AC nya, maka jika mesin tidak menyala, maka lampu juga tidak bisa menyala. Tapi cara ini cukup efektif untuk memperbesar pengisian ke aki. Kurang lebih spul standar bisa menghasilkan 8A (jika RPM diatas 5000). Bagi yang menginginkan pengisian bener2 tinggi, semisal memasang aksesoris lenong, isa mengupgrade kawat spul ke ukuran 1-1.2mm (semua pole spul pengisian dan aki dijadikan 1 untuk pengisian semua).


Jika ada pertanyaan, silakan kontak YM pendekar_pedang_tumpul. Sebelumnya ane mohon maaf. Ane gak akan menjawab pertanyaan dasar, dan ane hanya mau menjawab untuk pertanyaan yang paling tidak udah mau berusaha melakukan sebelumnya. Ntar dari pertanyaan yg diajukan ane bisa menilai, udah melakukan sedikit usaha, atau belum sama sekali.

kalo cm sekedar nanya, ntar ane juga mau sekedar jawab. kalau ada yg mau berusaha, ane juga berusaha bantu


NOTE:

- klo 100% sesuai petunjuk d atas, berarti output max 7-8 A, paralel 2 kiprok (kiprok FW & kiprok orisinal Pulsar)

- Kalo hendak gulung ulang spul, logikaku ndak perlu paralel kiprok lagi, cukup satu kiprok FW, hanya salah satu kabel input kiprok (output spul) disadap utk memasok arus ke BCU (kabel kuning), d mana arus AC nya pun sudah akan regulated krn sudah nyolok k kiprok FW. Jalur kelistrikan ke soket kiprok orisinal yg lama masih bisa digunakan dgn penyesuaian2 sesuai jalur kiprok Tiger. Tapi klo mau lebih maksimal, bagusnya sih kabel output spul diganti pake yg lebih tebal & berkualitas, krn kabel ori nya kurus kering ga optimal.

CMIIW.
meledic - 09/07/2012 04:16 PM
#3281

Quote:
Original Posted By pnp1701
Kelistrikan rubah ke fullwave dc, spul gulung ulang pake kawat lebih besar, kiprok ganti
biaya tergantung harga kiprok, ballast & bulb hid yg dibeli, ada yg murah ada juga yg mahal, apalagi kalau sepasang, berarti beli 2 ballast & 2 bulb hid
kalau mau mantep, pasang sekalian projector, jadi cahaya fokus & gak nyebar
kalau utk di daerah bekasi, ke tempat agan hokiedokie aja


harus gulung ulang spul gan? bedanya yang mahal sama yang murah apa gan? apa ada perbedaan kualitas dari pencahayaan sama lifetimenya?

terus kisaran berapa gan harga yang murah sama yang mahal? soalnya ane lagi itung2 budget nih hehehe

maaf yaa suhu banyak tanya
rielove - 09/07/2012 04:55 PM
#3282

Quote:
Original Posted By gunawanspurs
Saran & rekomendasi ane om, utk P220, sebaiknya low beam (lampu dekat) projector menggunakan HID system, tapi di high beam (lampu jauh) menggunakan LED high power system, jangan HID. WHY ?

1. karena utk high beam, akan lebih banyak digunakan utk ngedim atau spot lamp, fungsi2 tsb kurang efektif menggunakan HID (lemot & cepat rusak)

2. HID terlalu menyilaukan utk fungsi high beam scr terus menerus.

3. Konsumsi daya HID kombinasi dua unit akan terlalu tinggi, sedangkan HID + LED masih sangat aman utk kelistrikan sutandar P220.

Utk HID, bisa pasang dgn rating 50/55w tergantung ballast yg digunakan.

Utk LED, bisa pasang LED bulb spt yg dijual di FJB Prides:

http://www.prides-online.com/showthread.php/15286-Super-Bright-11-Watt-LED-Bulb

Bisa jg modifikasi sedikit lebih repot tp cahaya lebih terang, pake projector LED spt ini:

Spoiler for LED projector




lapak: http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=12096477

Hasilnya pasti maknyuzz, dan bisa PnP dgn kelistrikan P220 dgn sedikit modifikasi menggunakan relay 5 kaki.

Karena BCU P220 akan mendeteksi menyalakan LED high beam sbg kondisi bulb lampu putus, maka perlu diakali lebih jauh dgn relay 5 kaki tsb, yaitu:

kaki 85: sadap dari jalur high beam, kabel kecil
kaki 86: ground, bisa dibaut aja k bodi
kaki 87a: jalur orisinal low beam
kaki 87: jalur orisinal high beam
kaki 30: jalur input ballast HID

LED high beam juga menyadap ke jalur high beam, bisa langsung atau pake relay lagi (lebih aman).

Kenapa HID low beam sumber dayanya dari jalur low beam MAUPUN high beam ? Ini utk MENIPU BCU spt yg ane sampaikan tadi, shg dia selalu dapat beban sesuai limit minimalnya, baik pd kondisi low beam ataupun high beam.

This scheme should work, tp belum dicoba sih, silakan bereksperimen sendiri.

PS: HID jangan menggunakan kabel set konvensional (yg berfungsi sbg relay) spt yg digunakan di motor2 lain, ga berguna di Pulsar 220 yg msh pake BCU, HID harus langsung dapat arus dari jalur lampu dari BCU.



1. Beban spt itu, rekomen gulung ulang spul

2. Solo - Semarang ga gitu jauh kan ? Mungkin bisa dikerjakan oleh mas Didik Jepara utk modif DC full wave + gulung ulang spul nya. Coba search nick name tsb & kontak beliau langsung.

3. Utk DC full wave, mas Didik mestinya udah faham mengakali BCU nya, opiniku, spul yg sudah digulung kawat germany 1.2 mm & menggunakan kiprok FW, salah satu ujung kawat output spul bisa digunakan utk paralel memasok arus AC ke BCU P200, karena arus AC nya pun mestinya sudah regulated (efek dari penggunaan kiprok full wave tsb). Ga perlu mempertahankan kiprok orisinal (tp klo mw ttp dipake jg ga papa sih, itung2 bwt cadangan yak ?).

4. Klo ga berminat pk jasa orang lain, bisa nyoba bikin sendiri, tp modif kelistrikan di Pulsar series mmg lumayan ribet & butuh belajar + pemahaman dasar2 kelistrikan motor utk mengerjakannya. Skematik modifikasi DC full wave dgn BCU dari pakdhe Sigit gajah.gendut pernah disampaikan, utk gulung ulang spul bisa hunting kawat sendiri & mempelajari caranya di internet, googling ajah.

PS: Opini pribadiku, total biaya modif dibantu orang lain msh relatif worth it (klo ga salah max sekitar 450-500 rb, DC full wave dgn BCU + gulung ulang spul), silakan dipertimbangkan sendiri.

Regards.


oK Master, udah konsultasi sama teknisi dan udah terkoneksi sama om como, semoga harganya bisa goyang lagi.
Rencana kayaknya mau pake E46-R
didikjepara - 09/07/2012 09:25 PM
#3283

Quote:
Original Posted By meledic
harus gulung ulang spul gan? bedanya yang mahal sama yang murah apa gan? apa ada perbedaan kualitas dari pencahayaan sama lifetimenya?

terus kisaran berapa gan harga yang murah sama yang mahal? soalnya ane lagi itung2 budget nih hehehe

maaf yaa suhu banyak tanya


Sekedar saran langsung ke TKP seller yg bersankutan,suruh nyobain projie nya dan jelasin sejelas2nya tentang listriknya.
Jangan mau beli kucing dlm karung.
pnp1701 - 09/07/2012 11:08 PM
#3284

Quote:
Original Posted By meledic
harus gulung ulang spul gan? bedanya yang mahal sama yang murah apa gan? apa ada perbedaan kualitas dari pencahayaan sama lifetimenya?

terus kisaran berapa gan harga yang murah sama yang mahal? soalnya ane lagi itung2 budget nih hehehe

maaf yaa suhu banyak tanya


Kalo utk harga, gulung ulang spul 100 rb, kiprok 250 rb, ballast hyluxtek 300 rb x2, bulb cnlight 200 rb x2, kabel set 50 rb x2, belum hitung projector x2.

coba aja ke hokiedokie di bekasi, disana lengkap dr gulung ulang spul, kiprok, ballast, bulb hid, ada semua.
pnp1701 - 09/07/2012 11:11 PM
#3285

Quote:
Original Posted By didikjepara
Sekedar saran langsung ke TKP seller yg bersankutan,suruh nyobain projie nya dan jelasin sejelas2nya tentang listriknya.
Jangan mau beli kucing dlm karung.


Betul sekali... dateng ke tempat seller, konsultasi dulu, gak perlu langsung beli/pasang. Tanya sebanyak-banyaknya di tempat seller & tanya sama suhu2 disini + baca2 di internet.
lirv eL - 09/07/2012 11:13 PM
#3286

Quote:
Original Posted By pnp1701
Kalo utk harga, gulung ulang spul 100 rb, kiprok 250 rb, ballast hyluxtek 300 rb x2, bulb cnlight 200 rb x2, kabel set 50 rb x2, belum hitung projector x2.

coba aja ke hokiedokie di bekasi, disana lengkap dr gulung ulang spul, kiprok, ballast, bulb hid, ada semua.


ga perlu
tinggal pake kabel set mobil aja kan
YuweireN - 09/07/2012 11:52 PM
#3287

agan/sesepuh ddi bidang HID, newbie mau tanya donk. bedanya ballast tebal dan ballast tipis itu apa ya? (kelebihan / kurangannya). dan kira² lebih bagus mana ya ballast tebal dan ballast tipis? lebih awetan yg mana juga ya?

Trus tempat yang ahli masang HID dmana ya(motor ane Jupiter zx, 2 lampu)?

Mohon pencerahaannya para master² HID.

Trims...
pnp1701 - 10/07/2012 12:11 AM
#3288

Quote:
Original Posted By lirv eL
ga perlu
tinggal pake kabel set mobil aja kan


iya suhu, kalo pake kabel set mobil cukup 1 aja, harganya kalo gak salah 75 ribu
didikjepara - 10/07/2012 01:51 PM
#3289

Quote:
Original Posted By YuweireN
agan/sesepuh ddi bidang HID, newbie mau tanya donk. bedanya ballast tebal dan ballast tipis itu apa ya? (kelebihan / kurangannya). dan kira² lebih bagus mana ya ballast tebal dan ballast tipis? lebih awetan yg mana juga ya?

Trus tempat yang ahli masang HID dmana ya(motor ane Jupiter zx, 2 lampu)?

Mohon pencerahaannya para master² HID.

Trims...


Sekarang ballast tebal dah banyak d tinggalkan.secara kwalitas bgs ballast tipis,secara fisik makan tempat dan repot waktu pasang.
Jupiter Z pasang 2 lampu musti banyak yg d rubah,selain fullwave,gulung ulang spull,ganti lampu spido,stop dg led.Tapi bukan berarti gak bisa karena aku sering pasang kyk gini.
Deztajunior - 10/07/2012 03:55 PM
#3290

yang kemaren kegedean gas nya

sekarang sih ane kecilin asal 5 menit ga turun sampe 12,2 berarti oke

sekarang mantab lah

malah pengen led

soalnya kan yg dekat motor itu cahaya nya ga ada kalo hid doang

jadi seperti foglamp gitu
Page 164.5 of 185 | ‹ First  < 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 >  Last ›
Home > LOEKELOE > OTOMOTIF > Kendaraan Roda 2 > (Share)Info dan pengalaman pake HID xenon kit di motor dong... - Part 2