Makassar
Home > Kaskuser Regional > INDONESIA > SULAWESI > Makassar > Pelajaran Bahasa Bugis Makassar disini
Total Views: 79730
Page 44 of 73 | ‹ First  < 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 >  Last ›

vhazollee - 01/01/2011 07:59 AM
#861

Quote:
Original Posted By kask.us
MAKASIH gan
istri ane orang Makassar nih
jadi mau belajar dikit2 bahasa sana
cendol udah di kirim ya


Thnx... bahasa daerah lokal memang mesti dilestarikan, banyak bahasa daeraah yg terancam punah. Kalau bukan kita yg melestarikannya siapa lagi?

Makanya melalui thread ini kita mencoba melawan globalisasi dgn lokalisasi
maksudnya adalah menghidupkan dan menonjolkan identitas lokal ke dunia internasional. Bahasa daerah harus kembali dijadikan bahasa sehari-hari di rumah, karena kalau bukan di rumah dimana lagi bahasa daerah bisa dipelajari?

Kalau pemerintah sibuk mengkampanyekan westernisasi sbg arti dari modernisasi, maka kita justru "lokalisasi" (pengertian yg kacau tapi paham yg kumaksud kan?).
Pemerintah mendirikan sekolah berstandar internasional yg mewajibkan bahasa Inggris dalam kelas, nanti kita akan bikin sekolah berstandar lokal dan bermutu internasional.

Ketika org Arab tak mau ikut2an berbahasa Inggris dan tetap bertahan dgn bahasa Arab, orang China & Jepang juga tetap bertahan dgn bahasanya, justru bahasa Arab dan Mandarin pun akhirnya menjadi bahasa internasional juga.
Bagaimana dgn bahasa lokal kita, tak perlu menginternasional, cukup dia lestari di kampung sendiri, org Bugis berbahasa Bugis, orang Makassar berbahasa Makassar, orang Jawa berbahasa Jawa, dsb.

Miris rasanya mendengar jauh di pelosok kampung yg terpencin seorang ibu menyapa anaknya yg masih balita dgn bahasa Indonesia, pdhal kalo anak itu sekolah nanti, nonton TV, baca koran dsb pastilah dia akan belajar bahasa Indonesia dgn sendirinya. Apakah bahasa lokal benar2 sudah mau dibuang?
Turatea12 - 03/01/2011 01:18 AM
#862

Betul sekali itu Daeng, saya juga kadang miris dengan keadaan dikampung. kalo soal bahasa Bugis saya rasa mereka masih kental karena di Makassarpun mereka tetap dengan bahasa Bugis tapi bagaimana ma orang Makassar sepertinya sdh mulai terkikis.
venom.jeka - 03/01/2011 01:46 AM
#863

Nyanyi2 lagi deh

SULAWESI PA'RASANGANTA
http://www.youtube.com/watch?v=1mc99BcYT04

Sulawesi pa'rasanganta
= Sulawesi kampung halaman kita

Butta passolongan ceratta
= Tanah tumpah darah kita

Anjari tanggungan malompo
= Sudah jadi tanggung jawab yang besar

Rikatte tuma a'buttayya
= Bagi kita Masyarakatnya (a'buttayya=menempatinya/masyarakatnya)

Punna tena kisipainga'
= Kalau kita tidak saling mengingatkan

Naki massing2 ngu'rangi
= Dan masing2 menyadari

Na amang sannang salewangan
= Sehingga aman tentram

Tamakkulle amang boritta
= Tidak akan aman kampung halaman kita

Cini sai bori bellayya
= Lihatlah kampung yang jauh disana

Bella na mo kamajuanna
= Sudah sangat jauh kemajuannya/perkembangannya

Te'ne mamo julu bangsana
= Persatuannya yang sangat bagus

Amang sannang pa'rasanganna
= Aman tentram daerahnya

Sambori sampa'rasanganta
= Wahai teman sedaerah

Baji maki a'julu ati
= Alangkah baiknya kita menyatukan hati kita

Na amang sannang salewangan
= Sehingga aman tentram dan sejahtera

Sulawesi Pa'rasanganta
= Sulawesi kampung/daerah kita

Sebuah lagu yang liriknya cukup sederhana tapi maknanya sangat dalam, jangan sampai daerah kita jauh tertinggal dengan daerah lain sedangkan kita jangankan bersatu untuk membangun tapi masih sibuk ribut sendiri.

Mudah2an rekan2 yang masih dibangku kuliah tidak lagi suka tawuran antar fakultas atau antar kampus serta bapak2 di dewan sana, perlihatkanlah jiwa siri na pacce sebagai orang Sulawesi khususnya Bugis/Makassar
closedd - 03/01/2011 02:18 PM
#864

bahasa makassar ya kirain bahasa bugis sengkang
evect - 03/01/2011 08:25 PM
#865

nice thread kanda

saya ini mahasiswa perantau di bandung

kalo dibandingkan anak mudanya sekarang makassar sama anak mudanya orang jawa, sunda, padang, aceh, dll miris sekalika liatki. Mereka itu masih pandai dan mahir memakai bahasa mereka bahkan dipakai dalam bahasa pergaulan mereka, tapi kalo kita kodong tinggal sedikit mami yang tau
nono kaki - 03/01/2011 08:49 PM
#866

Quote:
Original Posted By closedd
bahasa makassar ya kirain bahasa bugis sengkang


bahas bahasa bugis ji jg om...
venom.jeka - 04/01/2011 03:38 PM
#867

Quote:
Original Posted By evect
nice thread kanda

saya ini mahasiswa perantau di bandung

kalo dibandingkan anak mudanya sekarang makassar sama anak mudanya orang jawa, sunda, padang, aceh, dll miris sekalika liatki. Mereka itu masih pandai dan mahir memakai bahasa mereka bahkan dipakai dalam bahasa pergaulan mereka, tapi kalo kita kodong tinggal sedikit mami yang tau


Iyye tojengi itu, kalo orang lain toh masih dengan bangga pake bahasa daerahna tapi kita yg Bugis/Makassar malah ikut2an pake bahasa lho atau ngak, makkala mamaka kalo liat temanku begitu.

Pernaja juga di jakarta sebentar eh bgt pulang teman2ku a'logat semuami baru saya tetap dengan bahasa Makassar kental nabilang ibu kosku kenapa kau venom na tdk berubah bahasanu jadi kubilang iyye ka saya tetap lebih cinta bahasa daerahku daripada bahasana orang
GatraSetyadi - 07/01/2011 06:01 PM
#868

nice thread gan

ane lagi belajar dikit2 nih
AndvMraz - 08/01/2011 02:35 AM
#869

nice thread bro..
mau ka jg blajar lebih dlm bahasa makassar..
anw, lagu sulawesi para'sanganta.. arti ny bgus sx..
vhazollee - 09/01/2011 09:35 AM
#870

Quote:
Original Posted By AndvMraz
nice thread bro..
mau ka jg blajar lebih dlm bahasa makassar..
anw, lagu sulawesi para'sanganta.. arti ny bgus sx..


Tolong dibantu lirik lengkap lagu tsb...
Nanti kita coba bantu translate....


Kebetulah sy juga tdk terlalu hafal lirik lengkapnya.

Sebagian yg saya tahu :

SULAWESI PA'RASANGANTA
(Sulawesi Kampung Halaman Kita)


Sulawesi pa'rasanganta
(sulawesi kampung halaman kita)

Butta passolongan ceratta
(tanah tumpah darah kita)

Anjari a'rungang malompo
(Menjadi jalan yang besar)

Ikatte tuma'buttayya
(bagi kita penduduk negeri)

Cini sai bori bellayya
(lihatlah negeri yang jauh / lihatlah sejauh negeri)

Bellanamo kamajuanta
(sudah jauh kemajuan (yg telah dicapai))

.......
tenamo kuissengi sambunganna, Sambori
(nda kutau'mi sambunganna, teman sekampung)
vhazollee - 09/01/2011 10:33 AM
#871
Kisah kematian La Gunturu
Sekedar selingan...

Kisah kematian La Gunturu

Silahkan yg ngerti bantu translate ke bahasa Indonesia biar yg tdk ngerti bahasa Bugis juga bisa paham sedikit..


[YOUTUBE]613D9RBpMdQ[/YOUTUBE]
Turatea12 - 09/01/2011 04:56 PM
#872

Quote:
Original Posted By vhazollee
Tolong dibantu lirik lengkap lagu tsb...
Nanti kita coba bantu translate....
Kebetulah sy juga tdk terlalu hafal lirik lengkapnya

Aih ndak naliatki seng postinganku Daeng, kan adami itu diatas lengkap dengan link youtube na hehehehe
achmad14 - 09/01/2011 05:11 PM
#873
ada yang tau??
apa artinya ??
ada yang tau ???
rimba900 - 09/01/2011 08:49 PM
#874

weleh bhs bgtuan kek na jgn mi di bahas di threat di.via pm mo deh
Turatea12 - 10/01/2011 12:32 AM
#875

Quote:
Original Posted By achmad14
apa artinya ??
ada yang tau ???


Ih apa tong isseng inia, bicara bgt diforum ngapai postinganta langsung disunat toh
vhazollee - 11/01/2011 02:57 PM
#876

Hidup RL...!!!

Cepat, tegas dan lincah...

Mantap Mentong!
bretttalk - 11/01/2011 10:32 PM
#877
Tabe'
Suka sekalika baca ini trit
Tabe' ngaseng senior di', mauka rangkumki dulu isina ini trit supaya ndak di lupai.....
berhubung jauh maki dari kampung kamase...:2thumbup
Aoru - 12/01/2011 12:36 AM
#878

sry gan double post..
Aoru - 12/01/2011 12:39 AM
#879

Ijin nyimak Gan..

kalo d makassar bilang "aku sayang kamu" ama "aku kangen banget sama kamu" apa ya Gan, soalnya cw gw lg d makassar nih

mohon pencerahannya gan
Anya n Uis - 12/01/2011 10:25 AM
#880

Quote:
Original Posted By Aoru
Ijin nyimak Gan..

kalo d makassar bilang "aku sayang kamu" ama "aku kangen banget sama kamu" apa ya Gan, soalnya cw gw lg d makassar nih

mohon pencerahannya gan


Aku Sayang Kamu
Ku Sayangki'

Nakukkua Ri Kau
Saya rindu Padamu

CMIIW
Page 44 of 73 | ‹ First  < 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 >  Last ›
Home > Kaskuser Regional > INDONESIA > SULAWESI > Makassar > Pelajaran Bahasa Bugis Makassar disini