Kendaraan Roda 2 (Aksesoris)
Home > JUAL BELI > Otomotif > Kendaraan Roda 2 (Aksesoris) > Yang mau tarikan motornya kayak RX-KING..MASUK!! JAMINAN UANG KEMBALI!!
Total Views: 25587
Page 1 of 28 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

nerv2hot - 27/06/2011 11:07 AM
#1
Yang mau tarikan motornya kayak RX-KING..MASUK!! JAMINAN UANG KEMBALI!!
Bismillah...
mohon dicermati dulu gan...

[spoiler=Penjelasan & Manfaat YEIS]Tulisan dibawah ini saya dedikasikan kepada para Motorist Indonesia
untuk menghindari terjadinya kesalahpahaman dalam pemahaman tentang
YEIS. Banyak motorist yang menghabiskan banya uangnya untuk "guessing"
perihal penggunaan YEIS dan Intake chamber. Bukti dan
dokumentasi dari tulisan dibawah dapat anda cari pada SAE (Society of
Automotive Engineering, Inc.)

YEIS atau Yamaha Energy Induction System adalah alat tambahan
dalam sistem pemasukan yang originalnya didesain untuk meningkatkan
efisiensi pada mesin2 2 langkah. Teknologi ini bukan hal baru dan
merupakan trend pada tahun 80an. Hampir semua produsen motor 2 langkah
seperti Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, Aprilia, KTM dll menjadikan sistem ini sebagai standar mereka.
Namanya pun beragam tergantung produsen yang menggunakannya. Diluar
negeri teknologi ini lebih dikenal dengan nama "Boost Bottle", intake
chamber, atau "Hemholtz Chamber". Secara umum dikalangan tuner
internasional teknologi ini umum disebut dengan nama intake chamber
(IC). SETAHU SAYA produsen pertama yang mempublikasikan secara mendetil
tentang penelitian mereka tentang IC ini adalah YAMAHA, hal ini dapat
dilihat pada SAE Papers no. 810923 - Modification of Two Stroke Intake
System for Improvements of Fuel Consumption and Performance through the
Yamaha Energy Induction System (YEIS), by Noriyuki Hata, Takeo Fujita,
dan Noritaka Matsuo - Yamaha Motor Co., Ltd.

Pada mesin 4 langkah non turbo
dan supercharger VE berkisar antara 60-75% untuk kendaraan produksi dan
mendekati 90% untuk mesin balap (kondisi statik, pada daerah putaran
mesin tertentu saja). Jadi dengan VE 60% suatu mesin dengan volume 100cc
hanya mampu membakar 60cc campuran gas & bahan bakar. Menurut data dari
Eric Gorr, mesin2 GP125 umumnya mencapai VE sampai 144%, yang berarti
mereka membakar 180cc dengan kapasitas silinder hanya 125cc saja! Pada
saat VE maksimum, konsumsi BBM mesinpun menurun berdasarkan perhitungan
BSFC tentunya!

BSFC = Brake Specific Fuel Consumption, artinya berapa banyak tenaga
yang bisa dihasilkan suatu mesin per satuan bahan bakar yang
dikonsumsinya.

Oleh karena itu para pembuat motor meningkatkan desain knalpot
untuk mendapatkan tenaga yang semakin baik dan efisien. Tapi sayangnya
kondisi ini tidak gratis. Knalpot yang dirancang untuk bekerja efisien
di putaran tertentu cenderung membuat pengoperasian diputaran lainnya
menjadi tidak efisien.

Singkat kata demi mendapatkan mesin yang mampu beroperasi dengan efisien
di putaran tertentu, produsen selama ini terpaksa berkompromi pada
putaran mesin lainya. Dalam istilah Yamaha kondisi ini disebut dengan
"through of torque" (TOT). Pada kondisi ini tenaga mesin menurun,
konsumsi bahan bakar dan tingkat rideability motor pun menurun.
Penggunaan IC atau YEIS ternyata mampu mengurangi kerugian dari desain
knalpot yang baik. Dengan cara ini maka daerah pengoperasian efisien
dari suatu mesin meluas. Misal sebelumnya motor mulai bertenaga mulai
dari putaran 5000rpm - 8000rpm, kini dapat menjadi 3000rpm - 8000rpm.
Cara paling mudah untuk mengetahui pada putaran mesn berapa mesin
mengalami TOT adalah dengan membuka saringan udara dan melihat kapan
karburator memuntahkan kabut tipis kearah luar. Kabut tipis ini akan
mengacaukan pembakaran karena mesin akan mendapatkan campuran bahan
bakar yang terlalu kaya (kebanyakan bensin). Kabut bensin tipis ini
terjadi karena pulsa gelombang knalpot yang kembali ke mesin sebelum
waktunya, mambuat bahan bakar yang masuk termuntahkan keluar lagi
melalui karburator. Pada saat pulsa ini melewati venturi karburator dia
selalu mengangkat bensin dari dalam mangkuk karburator karena sifat
venturi karburator itu sendiri. Jika kita mengurangi pasokan bensin pada
putaran tersebut maka solusi masih belum terjawab arena pada kondisi
beban penuh mesin malah akan kekurangan bensin. Mirip buah simalakama.
Motor yang diset enak untuk pemakaian ringan tidak memiliki settingan
sama dengan mesin yang enak dipakai berakselerasi.

Yamaha menemukan bahwa kondisi "through of torque" terjadi pada kondisi:
- Beban ringan
- Pembukaan gas kecil
albertcool - 27/06/2011 11:42 AM
#2

bs sekalian dpasangin gk gan??

yakin bs nambah akselerasi?

garansi brp lama?

efek sampingnya apa?
hideaki - 27/06/2011 12:07 PM
#3

ini bisa buat di motor byson ga ?
nerv2hot - 27/06/2011 12:10 PM
#4

secara umum bisa, manifoldnya ada lubang kayak di gambar gan? kalo ga ada kudu pake manifold aftermarket yg ada tonjolan antara blok dan karbu gan...

nih gan buat yg 24 dan 28 merk KTC





cari disini bisa:

http://info-produk-v53.blogspot.com/2011/06/intake-manifold-ktc-24-dan-28-mm.html


BUAT YG MAKE BYSON a.k.a KEBO:
Quote:
Original Posted By hideaki
ini bisa buat di motor byson ga ?


Spoiler for buat byson

Quote:
Original Posted By nerv2hot
[B]video cara nyopotin AIS gan...kurang lebih sama...
http://www.youtube.com/watch?v=0NvARD--iqU
dan yg ini (lebih mirip byson saluran AIS yg ke blok) perhatikan menit 3.35
http://www.youtube.com/watch?v=WFTOrxg_B6w

nih posisi AIS di blok byson:

ini ditutup pake paking buntu / plat gan, terus di baut...

ini yang di intake manifold:

ini dicopot, diganti YEIS

terus kalo ada saluran lain kaya di video, ya ditutup aja gan...caranya ya sama gan...cmiiw


[/B]


Spoiler for buat byson laghee
Quote:
Original Posted By senia
iseng aja pengen nutup ais, dan ini sedikit sharenya....

1. buka dulu tutup aki di samping kanan, dgn membuka 2 baut
[spoiler=judul spoiler]


2. then buka kondom tangki sebelah kanan, 5 baut ( 4 L dan 1 plus)
Spoiler for judul spoiler

Spoiler for judul spoiler


3. buka sayap yg dibawah tangki
Spoiler for judul spoiler


4. jadinya kaya gini, dan keliatan deh target operasi-nya
Spoiler for judul spoiler

target operasi
Spoiler for judul spoiler


5. lepaskan 3 selang yg nempel ke AIS -nya, dgn melonggarkan klem nya dahulu
Spoiler for judul spoiler


6. utk ngelepas AIS dari body, buka baut yg diatas AIS yg nempel ke body

7. lepas 4 sekrup yg ada di AIS
Spoiler for judul spoiler

jadinya kaya gini
Spoiler for judul spoiler

dan yg saya kotak-in kuning dilepas aja sama karet karetnya, jadi kaya gini, nah...lubang ini yg akan ditutup oleh paking...
Spoiler for judul spoiler


8. lanjut ke input yg kecil disebelah kanan, dibuka dengan cara dicungkil pake obeng minus kecil
Spoiler for judul spoiler

Spoiler for judul spoiler


9. ada lubang kecil dibagian dalam, ditutup aja. kalo saya tutup pake lem gasket
Spoiler for judul spoiler


10. sambil nunggu les gasket kering, bikin paking deh utk bagian yg tadi diawal
Spoiler for judul spoiler


11. paking beres, lem kering, tinggal dirangkai ulang....kalo udah coba ditiup tiup dari lubang inputnya siapa tau masih bocor udara...yg benar harus mampet sama sekali
Spoiler for judul spoiler

Spoiler for judul spoiler


12. setelah semua terpasang, nyalakan mesin sambil digas gas dikit, dan coba dengar di AIS tadi ada bunyi udara rembes ngga, kalo ngga mean udah done...
dan jangan lupa stel angin ya......

13. sebetulnya ada yg lebih mudah, dgn menutup lubang yg diatas blok mesin, cuman gatau kenapa gagal mulu euy, selalu ada rembesan udara....
Spoiler for judul spoiler

dan juga ada yg nutup lubang yg ada di rumah filter karbu...(ga ada gambar, lupa motret ach...)


note :
- utk yg lebih ngerti dan udah lakuin, tolong input-an nya yah...siapa tau saya ada miss
- utk yg mau coba silakan dipilih mau pake cara yg mana
- cara yg saya pake beribet ya ? hehehee...soalnya pgn tau daleman-nya AIS tuh kaya apa....
- part AIS yg tadi dicopot jgn ilang ya....
- lama pengerjaan sekitar 2 jam, soalnya diseling A Mild n BBM-an
- efeknya apa.... katanya sih buat ngurangin letupan knalpot.....kalo ke performance mah ngga lah....

semoga bermanfaat

salamdiyais
[/spoiler]

BUAT yg make PULSAR...CEKIDOT!!

Quote:
Original Posted By TheEighth
Misi, nubie numpang ngeracun
ni ane kasi cara bolongin intake biar bisa pasang yeis :thumbup
ni cara yg paling sederhana, ga perlu bawa2 ke tukang las

Spoiler for Alat dan Bahan

alat2nya :
1. kunci 10, buat buka baut intake
2. obeng kembang, buat ngendorin klem karet intake
3. bor, buat bolongin intake nya

bahan2nya :
1. 1 unit tabung YEIS lengkap dengan selangnya *
2. Nipple **
3. Super glue

* : kalo bingung sm apa itu YEIS, bisa googling
** : Nipple ini ane ambil dr nipple yg ada di mangkok karbu bekas, tepatnya nipple yg buat saluran tab bensin


Spoiler for Cara

Cara :
1. Copot baut intake yg nempol di mesin dengan kunci 10
2. Kendorin klemnya
3. Yaudah copot aja intake nya
4. Siapkan bor dan nipple (ingat, mata bor harus bener2 disesuaikan dgn besarnya nipple, harus pake alat bantu hitung kek jangka sorong ato apalah)
5. Siapkan niat dan hilangkan perasaan "eman" kalo intake mo di bolongin
6. Yaudah di bor tu intake nya. Ingat, harus bener2 pas biar ga pake bobok2 ke tukang las
7. Bersihkan kotoran2 sisa pengeboran (kalo bisa bagian dalem intake juga di amplas biar mantap)
8. Masukin dah tu nipple ke bolongan yg uda tersedia ()
9. Sebelumnya, nipple di kasih super glue dulu. Sebenernya sih sudah kenceng , tp biar ga ragu aja
10. Tunggu lem biar kering
11. Kita pasang lg intake ke tempat semula
12. Ini yg di tunggu2, pasang selang yeis pada nipple yg kini uda tersedia


Ini pict posisi bolongan di intake

Spoiler for bolongan intake


Ini pict intake yg uda dipasangin nipple, jd kek intake tigy
Spoiler for intake with nipple


Sorry, pict tempat naruh yeis nya belom ane share, belom sempet

Spoiler for Review

Ni review nya:

Setelah masang tabung YEIS ini, yg ane rasakan ni pibo jd ga lemot lg
powernya tu kerasa bgt lonjakannya
jd enak buat jalur dalkot

tp menurut ane, masang kek ginian ato upgrade pengapian tu ga bisa nambah larinya motor
ya paling topspeed nambah 3-4 kpj lah
kecuali kita senggol sektor mesin kek PnP ato bore-up itu baru kita bisa ngerasain bener perubahan larinya
jd kalo pasang2 ginian tu cuma nambah tenaga motor
CMIIW

tp overall, ni YEIS worthed buat di pasang, bisa buat nutupin kekurangan pibo yg selama ini ane rasa powernya kurang "kerasa"
kalo uda pasang yeis, ati2 jgn mainin gas di gigi 1, loncat2 tu motor
apalagi ane pake "gas enteng"
CMIIW dan IMHO
kalo ada kesalahan, ane mohon maaf dan mohon koreksinya dr suhu2 yg lebih berpengalaman di bidangnya


buat VIXION neh cek..
http://www.forum-vixion.com/forum/viewtopic.php?f=41&t=2575&start=15
http://www.kaskus.co.id/showpost.php?p=414565246&postcount=38
nerv2hot - 27/06/2011 12:18 PM
#5

cara pasang dan contohnya udah di UPDATE...cek diataaasss...

silahkan gan....
qqpatriot - 27/06/2011 12:20 PM
#6

gan kalau bisa ada demo pemasngannya via Youtube...lebih seru gan...
sekalian PM ane hrgnya yah gan...
thx
nerv2hot - 27/06/2011 12:24 PM
#7

PM sent

pemasangan sungguh sangat mudah gan...ga perlu skill...tinggal tancep & kencengin koq...gambar pemasangan dah ane apdet tuh diatas...cekidot...

harga udah best deal gan...garansi koq...

silahkan dipesan
dhewhite - 27/06/2011 12:32 PM
#8

ane dah nyoba ni barang di cb ane, manipold ane bolongin, trus pakein breather dikuatin pake lem besi, ane pake karbu neo tech, seetlah dipasang, ga ada perbedaan yang drastis, sepertinya masih sama saja ama sebelum pake yeis..
tapi ane coba tes yang di tigi 2004, lah galak bener tarikannya..
mungkin yang jualan bisa menjelaskan kenapa bisa begitu..hehe..bagi2 ilmu ya om..
nerv2hot - 27/06/2011 12:43 PM
#9

gini gan, bisa aja modif yg ente bikin ga sempurna...coba ente pake manifold yg udah ada tonjolannya, atau karbu PE 28 aja dah yg banyak di pasaran...

kalo YEIS kan di desain ada itung2annya gan, meskipun beda motor beda hasil, tapi pasti ada perbedaan yg signifikan dibanding sebelum pake YEIS ataw intake chamber tersebut....

tuh diatas ane UPDATE lagi buat pemakaian di motor2 lain...cekidot...
arvy_vey - 27/06/2011 12:47 PM
#10

kl buat MX bisa gak Gan....?
tp karbunya dah pake Keihin PWL....
PM me nope'nya donk Gan...
dhewhite - 27/06/2011 12:48 PM
#11

Quote:
Original Posted By nerv2hot
gini gan, bisa aja modif yg ente bikin ga sempurna...coba ente pake manifold yg udah ada tonjolannya, atau karbu PE 28 aja dah yg banyak di pasaran...

kalo YEIS kan di desain ada itung2annya gan, meskipun beda motor beda hasil, tapi pasti ada perbedaan yg signifikan dibanding sebelum pake YEIS ataw intake chamber tersebut....

tuh diatas ane UPDATE lagi buat pemakaian di motor2 lain...cekidot...


kalo ganti manipol berarti ganti karbu juga dunk sob? justru ini pengennya ga begitu ketara tapi hasilnya baik..hehe
nerv2hot - 27/06/2011 12:56 PM
#12

Quote:
Original Posted By arvy_vey
kl buat MX bisa gak Gan....?
tp karbunya dah pake Keihin PWL....
PM me nope'nya donk Gan...


cek spoiler diatas gan...ane ga begitu paham karbu PWL, tapi selama ada tonjolan yg kayak pentil di karbu/manifoldnya pastibisa kok

ane dah cek...PWL super sangat bisa...
silahkan dipesan
betas84 - 27/06/2011 01:00 PM
#13

brapaan nih bos????
cara pasang di king gmn?tabung yeis yang lama dicopot langsung ganti yang baru apa gmn???
nerv2hot - 27/06/2011 01:05 PM
#14

buat scoopy bisa gaaan....mangstab...
nerv2hot - 27/06/2011 01:08 PM
#15

Quote:
Original Posted By betas84
brapaan nih bos????
cara pasang di king gmn?tabung yeis yang lama dicopot langsung ganti yang baru apa gmn???


btul....tabung lama kin buat ngejar putaran atas gan...tp gmn yg mau make aja sih...

only 80rb...worthed bgt gan
sr.Bennito - 27/06/2011 01:15 PM
#16

Quote:
Original Posted By betas84
brapaan nih bos????
cara pasang di king gmn?tabung yeis yang lama dicopot langsung ganti yang baru apa gmn???


kalo di king udah ada kenapa diganti gan? kalo menurut ane malah lebih bagus yeis bawaan pabrik soalnya udah dihitung sesuai mesin, tapi ane gatau juga deh yeis yang juragan jual disini kaya gimana, siapa tau lebih bagus

kalo buat vixion gimana gan? manifold vixion yang paling kanan

Spoiler for manifold


bisa dipasang ga tuh gan?
nerv2hot - 27/06/2011 01:20 PM
#17

Quote:
Original Posted By sr.Bennito
kalo di king udah ada kenapa diganti gan? kalo menurut ane malah lebih bagus yeis bawaan pabrik soalnya udah dihitung sesuai mesin, tapi ane gatau juga deh yeis yang juragan jual disini kaya gimana, siapa tau lebih bagus

kalo buat vixion gimana gan? manifold vixion yang paling kanan

Spoiler for manifold


bisa dipasang ga tuh gan?


beda peruntukan ahja gan...YEIS standar king buat ngejar di RPM atas...punya saya ngejar di RPM bawah

buat vixion pasang di tonjolan yg kuning pada gbr ente no. 2 dari kanan bukan di manifold...tapi maen aja ke bengkel gan...

silahkan dipesan gan..
Technic - 27/06/2011 01:24 PM
#18

gan buat motor bebek absolute revo bisa ga?sekalian pasangin,,
vv0l7g4ng - 27/06/2011 01:24 PM
#19

COD ke Cirendeu ngga gan?
sr.Bennito - 27/06/2011 01:25 PM
#20

Quote:
Original Posted By nerv2hot
beda peruntukan ahja gan...YEIS standar king buat ngejar di RPM atas...punya saya ngejar di RPM bawah

buat vixion pasang di tonjolan yg kuning pada karbu gan bukan di manifold

silahkan dipesan gan..


vixion gada karbunya mas
Page 1 of 28 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > JUAL BELI > Otomotif > Kendaraan Roda 2 (Aksesoris) > Yang mau tarikan motornya kayak RX-KING..MASUK!! JAMINAN UANG KEMBALI!!