Arsitektur
Home > LOEKELOE > TEKNIK > Arsitektur > IMB = Izin Mendirikan Bangunan
Total Views: 50004
Page 1.5 of 22 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

ariksyah - 06/07/2008 08:34 PM
#11

Kesimpulan:
1. Urus IMB sendiri jangan lewat oknum, kecuali penghasilan anda > 2 juta / hari

2. Kalau anda terburu-buru butuh < 1 bulan -padahal menurut peraturan proses IMB hanya 12 hari-. Maka lebih baik anda maju lewat oknum. Tapi pilihlah oknum yang pintar, minimal dia bisa baca tulis dengan lancar. Cari petugas yang memang resmi. Semuanya bisa disuap asal biayanya cocok. Jangan terjebak petugas yang justru tangan kedua atau ketiga dari proses IMB, bisa jatuh sangat mahal.

3. Selalu cek dan ricek, minta kejelasan dari semua proses IMB. Pakaian rapih, sok tau, kritis, ngeyel, ngotot sangat dianjurkan. Buat alumni UGM, bisa ngaku adik kelasnya Djoko Kirmanto (T.Sipil UGM 60-an, Menteri Pekerjaan Umum) atau Taufik Effendi (Kagama, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara)

Akhirnya seperti layaknya kekonyolan Pemerintah lain, cara pembayaran hanyalah lewat cash. Jangan mengharapkan ada ATM di kompleks Tiga Raksa, ATM terdekat di Cikupa. Anda hanya akan menjumpai ruang pejabat yang sepi, kambing-kambing disepanjang jalan, dan jangan lupa bawa kantong plastik karena lama-lama anda akan muntah melihat kenyataan pelayanan Pemerintah Kabupaten Tangerang.
ariksyah - 06/07/2008 08:39 PM
#12

sumber info dari :
http://priandoyo.wordpress.com/2007/02/14/tarif-calo-imb-izin-mendirikan-bangunan-kabupaten-tangerang /

teman2 bener gak sih yg ditulis di situs tsb ?
ada yg bisa bantu utk pembuatan IMB ?
thanks
fondazione - 06/07/2008 09:14 PM
#13

tangerang ama jakarta... tarifnya beda lah... jakarta pasti lebih mahal banyak apalagi buat kos2an...
Davian - 07/07/2008 06:11 PM
#14

klo di daerah tangerang dan banten sekitarnya gw bs bnt...PM aj klo mau..
yusa455 - 07/07/2008 08:34 PM
#15

biaya imb ga bisa dihitung berdasarkan m2 dan lain2.. nanti tau2 keluar skian rupiah dr pihak pengurus.. kepengurusan coba ke kantor walikota aja dulu.. sukses bro..
kiki95 - 11/07/2008 07:50 AM
#16

imb memang hrus diurus tetapi hati-hati jangan kejebak tidak diurus IPB(ijin penggunaan bangunan) dikeluarkan dari gubernur sesuai lokasi ijin penggunan lahan.Biasanya dari kecamatan yg memeriksa makaya harus periksa ke DTBP walikota.dijakarta biasanya 40Rb permeter dicalo nego aja.
ariksyah - 01/08/2008 11:54 PM
#17

Quote:
Original Posted By kiki95
imb memang hrus diurus tetapi hati-hati jangan kejebak tidak diurus IPB(ijin penggunaan bangunan) dikeluarkan dari gubernur sesuai lokasi ijin penggunan lahan.Biasanya dari kecamatan yg memeriksa makaya harus periksa ke DTBP walikota.dijakarta biasanya 40Rb permeter dicalo nego aja.


jadi IMB dan IPB harus dibuat ya?
trus DTBP singkatan apa?
thanks
race_d - 02/08/2008 04:23 PM
#18

numpang tanya ya. gue kan beli 1 ruko dari kontraktor/pengembang yg bangun sederatan ruko. nah IMB nya imb induk. jadi bukan per ruko. jadi pas jual beli, gue cuma dapat kopi nya saja, udah di legalisir apa gitu. bakal jadi masalah gak tuh?
banditseng - 02/08/2008 09:39 PM
#19

coba baca2 juga trit sebelumnya, udah pernah dibahas
kiki95 - 05/08/2008 10:03 AM
#20

numpang tanya ya. gue kan beli 1 ruko dari kontraktor/pengembang yg bangun sederatan ruko. nah IMB nya imb induk. jadi bukan per ruko. jadi pas jual beli, gue cuma dapat kopi nya saja, udah di legalisir apa gitu. bakal jadi masalah gak tuh?


pasti karena dia satu bangunan bukan satu-satuan bangunan.Kamu tidak akan dapat pinjaman dari bank,sebaiknya kamu pecah kan lagi imb kamu supaya dapat dipinjamkan bank.
pashaxand - 05/08/2008 04:15 PM
#21

Quote:
Original Posted By race_d
numpang tanya ya. gue kan beli 1 ruko dari kontraktor/pengembang yg bangun sederatan ruko. nah IMB nya imb induk. jadi bukan per ruko. jadi pas jual beli, gue cuma dapat kopi nya saja, udah di legalisir apa gitu. bakal jadi masalah gak tuh?


Mas bro, KLo memang sudah beli dan Hard Cash, lebih baik di tuntut tu, pengembang nya untuk mengeluarkan Sertificate atas bangunan yg Mas bro beli, Sertifikat nya kemungkinan sudah di pecah2, tapi masih disimpan di bank, sebagai jaminan kredit pembangunan oleh pengembang, ini yang harus mas bro wasapadai. Jadi KLo saran ane, Mas bro harus ajak salah satu pengelola pengembang ke kantor Notaris, untuk melegalisir, KLo memang jaminan Photo Copy itu, Sah dan bisa di pertanggung jawabkan, karena tanpa ada surat pernjanjian antara Mas Bro dengan pihak pengembang, Mas bro akan kesulitan di kemudian hari, makanya diperlukan Kantor notaris, sebagai Legalisasi dari Surat2 pernyataan yang dibuat oleh pengembang. Ok mas bro.. sukses dah.
chenayang - 14/01/2009 07:17 PM
#22
Izin Mendirikan Bangunan [IMB]
tmn2 saya mau nanya, saya memohon imb 1 bulan yg lalu yg saya renovasi hanya menambah teras kedepan sebesar 3 meter dan garasi saya yg berukuran 7 x 9 meter saya ubah pake atap kanopi..saya urus nya melalu salah satu anggota tata kota, dan setelah 40 hari, biaya yg dikenakan adalah 9 juta...apa ini harga wajar?
Life In Mono - 15/01/2009 03:44 AM
#23

sepertinya anda udah kena penipuan oleh oknum tata kota yang anda percayai untuk mengurus IMB anda

saya pernah beberapa kali mengurus IMB

untuk yang luasan 540 M² saya cuma dikenakan biaya sekitar Rp. 2.100.000 dan itu udah masuk kedalam biaya survey dan pembuatan plang IMB



di dinas tata kota kita meminta formulirnya, tetapi yang menetapkan berapa besarnya biaya yang harus kita bayar adalah PU

untuk kategori kategori tertentu beda beda tarif /M²
bluejai - 15/01/2009 07:10 AM
#24

Quote:
Original Posted By chenayang
tmn2 saya mau nanya, saya memohon imb 1 bulan yg lalu yg saya renovasi hanya menambah teras kedepan sebesar 3 meter dan garasi saya yg berukuran 7 x 9 meter saya ubah pake atap kanopi..saya urus nya melalu salah satu anggota tata kota, dan setelah 40 hari, biaya yg dikenakan adalah 9 juta...apa ini harga wajar?


Mahal amat bos,
Gw renov rumah nambah kira2 60m2, gw cuma deposite di pengembang 1,2jt untuk biaya IMB sudah termasuk biaya lain2 (kerusakan taman, kerusakan bangunan tetangga).
Flapp - 15/01/2009 10:20 PM
#25

udah pasti 9jt itu tipuan dan kibulan. ga resmi itu getokan. supaya kalo ga resmi anda nawar juga di 1-2jt yg sebenernya adalah tarif resmi tapi kalo nawar berarti kan masuk kantor pribadi. hati2.
dikey - 16/01/2009 12:24 AM
#26

Memangnya renovasi hrs urus IMB ?
usb16 - 16/01/2009 12:53 PM
#27

^^ sama
...mang renovasi mesti ngurus IMB?

Ada kluarga gw, renovasi besar aja (rombak bangunan satu lantai), tambah teras, dan taman) kurang lebih 70m2 ga ngrurus IMB tuh.
roadrunner - 17/01/2009 11:23 AM
#28

itu ngibul. Ada daftarnya kok.
obed_ney - 17/01/2009 07:34 PM
#29

wah 100% tipuan bro..
btw ngurus sendiri or pake biro jasa bro?
gemini_sign - 18/01/2009 02:42 AM
#30

9 juta kayaknya ga wajar deh. tetangga gw dulu nambahin 1 lantai, uda setengah jadi aja (tanpa pake imb) kena denda cuma 500rb. masa bikin teras ama ganti atap aja bisa 9juta?

nanya sekalian tentang imb donk.
tadi gw ngebahas tentang imb sama temen gw. kalo misal renov rumah itu (bukan dari 0) itu kan musti pake imb. tapi kata temen gw, kalo misalnya tu rumah da jadi, petugas imbnya ga bisa ganggu gugat rumah kalo da jadi. jadi bisanya didenda kalo pas ketawan lagi dalam tahap pembangunan. betul ga? tadi jadi polemik juga, soalnya temen gw yang laen bilang kalo misalnya uda jadipun akan dihancurin kalo ketawan bikin tanpa imb. jadi yang betul yang mana?
Page 1.5 of 22 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > LOEKELOE > TEKNIK > Arsitektur > IMB = Izin Mendirikan Bangunan