Arsitektur
Home > LOEKELOE > TEKNIK > Arsitektur > IMB = Izin Mendirikan Bangunan
Total Views: 50004 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 10 of 22 | ‹ First  < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 >  Last ›

RiccoSurvivalY - 01/06/2011 05:15 PM
#181

dateng aja ke dpu gan,,tnya bagian infrmasi pasti dijelasin dr awal smpe akhir :thumbup
aldorf - 25/06/2011 12:36 AM
#182

Quote:
Original Posted By berNavas
Bukannya sama aja omD
Kena denda = kena calo

Komentar ane;
Bayar denda bukannya sama aja dgn byr ke caloD cmn namanya aja bda,tpi ttp sama2 ngluarin duit lbh\)
Meskipun selisih-selisih sedikit,hyo..D

mending enak cari kenalan org dlm,syukur2 punya saudara.
lbh cpt ke urusnya,cpt kelar imb nyashakehand
itu aja kmtr ane om.........ngacir:


:2thumbup:2thumbup
malusmalus hehehe...iya juga sih...cm di tmpat ane serem gt khabarnya klo mo bikin IMB...^^
thereds - 30/06/2011 09:14 PM
#183

Quote:
Original Posted By aldorf
ane br maw urus IMB nie....

kemarin ke pameran property ngobrol-ngobrol ma orang malah disarankan buat daerah yg (diper)sulit bikin IMB mending bangun langsung, so setelah ntah kapan nanti ketahuan > sidang > bayar denda > IMB langsung nongol. Tp ngga tahu brp denda nya. Jelas-jelas ga pake calo kalo cara kek gt....

sekedar sharing aja, silahkan komentarnya agan-agan....


pada saat tahap pembangunan, kl ga ada IMB, kl ga ketauan bisa aja kejadian yg agan bilang, cuma hal gitu kecil bgt,pasti maen juga apa aparat...jelek2nya gan,bangunan tsb di segel trs dibongkar...malah tambah pahit....
yang legal2 aja lah......
Overtrack - 01/07/2011 11:14 AM
#184

Gan, kalo mo ngecek IMB, apa aja yang harus dibawa?

Soalnya ama pemilik lama dibilang udah ada IMB, cuma ane kan mo ngecek kali aja dia bohong
Rucky_Cahyadi - 04/07/2011 11:01 AM
#185

Gan, kira-kira kalo bikin pagar tembok panjang 9m + Pagar besi panjang 3 m mesti bikin imb gak ? kalo mesti, kira-kira biayanya berapa ?
mingzdynasti - 05/07/2011 12:03 PM
#186

gan...

mau tanya neh... kalo cm mau menambah kanopi pada taman belakang dengan bagian bawahnya dikasi paving blok... itu perlu IMB kaga sih gan?
koq kemaren ada orang datang mempertanyakan itu ya?

mohon pencerahannya gan...

terima kasih banyak
rahasia lelaki - 05/07/2011 12:58 PM
#187

Quote:
Original Posted By mingzdynasti
gan...

mau tanya neh... kalo cm mau menambah kanopi pada taman belakang dengan bagian bawahnya dikasi paving blok... itu perlu IMB kaga sih gan?
koq kemaren ada orang datang mempertanyakan itu ya?

mohon pencerahannya gan...

terima kasih banyak


ganti tanyain

rumahmu ada IMBnya ga ...........
tuh orang cari duit aja masa kanopi belakang dia tahu ditambah
shiva124 - 06/07/2011 12:45 AM
#188

Quote:
Original Posted By rahasia lelaki
ganti tanyain

rumahmu ada IMBnya ga ...........
tuh orang cari duit aja masa kanopi belakang dia tahu ditambah


setubuh sama agan ini,,,nyari duit tuh gan,,,mang rmh blkg nya ga ada rmh lg kok bs tau tuh org,,,,bingungs
shiva124 - 06/07/2011 12:48 AM
#189

Quote:
Original Posted By Overtrack
Gan, kalo mo ngecek IMB, apa aja yang harus dibawa?

Soalnya ama pemilik lama dibilang udah ada IMB, cuma ane kan mo ngecek kali aja dia bohong


loh gan,,,kalo tuh rmh dah agan beli y pasti disertakan sertifikat imb +yg lain ny,,,,itu dah sah gan,,,,kalo masalah bangunan tinggal liat aja yg agan tinggal sm ga bangunan ny sm imb ny,,,,maaf kalo ane salah,,,Yb
aldi.lee18 - 06/07/2011 02:44 PM
#190

mau tanya dong, sy mau bikin IMB di daerah kapuk,jakarta barat, bangunan sdh ada berupa gudang kontruksi besi berhubung imb tdk ada and mau minta kredit di bank maka imb harus dibuat. bangunan sebesar 1000m2.ada yg tau berapa kira2 besaran biaya yg harus dikeluarkan? tolong dong agan2 yg tau mohon ane diberi pencerahan? kalo berkenan tlg jawaban di PM aja yah.thx all:addfriendscendolb
mingzdynasti - 07/07/2011 02:44 PM
#191

Quote:
Original Posted By rahasia lelaki
ganti tanyain

rumahmu ada IMBnya ga ...........
tuh orang cari duit aja masa kanopi belakang dia tahu ditambah


harusnya sih ada gan... soalnya baru serah terima ama developer... trus sebelom di tempatin ane mau tambah kanopi dibelakang...

hahaha sial tu orang berarti cari duit gampang kali ya... wkwkwk untung kemaren ga gw ladenin...

anyway... thanks gan...
mingzdynasti - 07/07/2011 02:45 PM
#192

Quote:
Original Posted By shiva124
setubuh sama agan ini,,,nyari duit tuh gan,,,mang rmh blkg nya ga ada rmh lg kok bs tau tuh org,,,,bingungs


rumah ane pagar sampingnya pendek gan... jadi bisa keliatan dr luar... hahaha
rhmtgstr - 10/07/2011 03:29 AM
#193

gan rumah ane 15x10 meteran, 1 lantai, luas lahan 400 meter...klo mau ngurus imb kira2 butuh biaya berapa y untuk persiapan kantong (ditabungan cuma ada 2,5an ganmalus)?? trus menempuh cara jalan apa ya terbaik buat ane yg beralamat di tangerang selatan pamulang,,,
trus klo mau dijadiin tempat usaha gitu harus ngurus apa, dimana dan gimana gan??bingung
sry ane banyak tanya \)b
aimanbro - 20/07/2011 04:43 PM
#194
Ngurus IMB
Gan setahu ane seh lebih enak emang sama kontraktor dan jasa arsitek gan mereka bisanya sudah punya link. Kalau mau konsultasi mampir kesini aje gan

Jasa Arsitek | Bangun Rumah | Kontraktor Bangunan
hitori^87 - 22/07/2011 11:17 AM
#195
Imb
Quote:
Original Posted By parega
Gw mau urus IMB di daerah Jonggol dan untuk pengurusannya harus ke BPT Bogor yg lokasinya ada di cibinong.

Nah Gw cari alamatnya ternya ada web resmi BPT bogor.. yg gw bingunkan rumus pengitungan IMBnya kayak gini..

Biaya Restri busi IMB
1. Bangunan Rumah Tinggal.
• Biaya Sempadan : 0.95% (RAB + 2NJOP x Luas Bangunan) = A
• Biaya Pengawasan : 10% x A = B
• Biaya Pendaftaran : 6% x A = C
• Biaya Kontruksi : 1% x A = D
Besarnya resribusi IMB : Rp= (A + B + C + D)..

Sumber dari
http://bpt.bogorkab.org/v2/files/IMB.pdf

Setelah Gw coba hitung biayanya gila bangat rumah yag mau gw bangun 60M

nih Coba kita Masukin.

RAB Gw 80JT, NJOP/m 700RB.
Coba aja Agan hitung biayanya bisa Puluhan juta..

Benar apa nggak sih nih..


permisi, mau tanya untuk pengurusan IMBnya sampai gmn akhirnya? berapa biayanya? ada kenalan ga ? thanks
jorgandson - 23/07/2011 02:41 PM
#196

Quote:
Original Posted By parega
Gw mau urus IMB di daerah Jonggol dan untuk pengurusannya harus ke BPT Bogor yg lokasinya ada di cibinong.

Nah Gw cari alamatnya ternya ada web resmi BPT bogor.. yg gw bingunkan rumus pengitungan IMBnya kayak gini..

Biaya Restri busi IMB
1. Bangunan Rumah Tinggal.
• Biaya Sempadan : 0.95% (RAB + 2NJOP x Luas Bangunan) = A
• Biaya Pengawasan : 10% x A = B
• Biaya Pendaftaran : 6% x A = C
• Biaya Kontruksi : 1% x A = D
Besarnya resribusi IMB : Rp= (A + B + C + D)..

Sumber dari
http://bpt.bogorkab.org/v2/files/IMB.pdf

Setelah Gw coba hitung biayanya gila bangat rumah yag mau gw bangun 60M

nih Coba kita Masukin.

RAB Gw 80JT, NJOP/m 700RB.
Coba aja Agan hitung biayanya bisa Puluhan juta..

Benar apa nggak sih nih..


ane coba iseng2 bantu ngitungin gan :

1. Bangunan Rumah Tinggal.
• Biaya Sempadan : 0.95% (80.000.000+ (2x700.000) x 60M2) = 1.558.000

• Biaya Pengawasan : 10% x 1,558 juta = 155.800
• Biaya Pendaftaran : 6% x 1,558 juta = 93.480
• Biaya Kontruksi : 1% x 1,558 juta =15.580

total : 1.822.860 gan ga sampe 2 juta
masih wajar kok gan.
artinya IMB sekitar 2% dari RAB
Bayisetan - 24/07/2011 01:58 AM
#197

ane mau nanya nih ane lg bangun rumah dan sudah imbnya berlaku bulan 11 2009 tp ane baru bangun diakhir 2010 tertulis kan dimbnya pelaksanan paling telat 6 bulan setelah diterbitkan nah imb ane ini ngga berlaku lgi donk?? apa bisa perpanjang aja apa harus baru ( jadi 2 x bayar donk ane)
jorgandson - 24/07/2011 12:13 PM
#198

Quote:
Original Posted By Bayisetan
ane mau nanya nih ane lg bangun rumah dan sudah imbnya berlaku bulan 11 2009 tp ane baru bangun diakhir 2010 tertulis kan dimbnya pelaksanan paling telat 6 bulan setelah diterbitkan nah imb ane ini ngga berlaku lgi donk?? apa bisa perpanjang aja apa harus baru ( jadi 2 x bayar donk ane)


bisa gan diperpanjang aja. pernah tanya juga sama orang yg buat imb, katanya bisa diperpanjang.
tapi kalo bangun dlu aja gan, nanti kalo ada pol pp yg dateng, baru di buat perpanjangannya. hehehe Yb
shiva124 - 25/07/2011 03:32 AM
#199

closed
sandi.mulya - 06/08/2011 10:42 PM
#200

IMB KABUPATEN CIREBON
Sumber : http://bppt.cirebonkab.go.id/category/izin-mendirikan-bangunan-imb
Izin Mendirikan Bangunan
July 22nd, 2011 // 2:59 am @ admin // No Comments
A. Persyaratan izin adalah sebagai berikut :
1. Fhotocopy Surat Izin Lokasi atau Surat Keterangan Lokasi, khusus bangunan untuk keperluan industri, perdagangan/jasa atau kegiatan usaha komersial lainnya dan Surat Penetapan Lokasi untuk bangunan kepentingan pemerintah.

2. Surat pernyataan dari pemilik tanah bagi pemohon pemegang hak atas tanah apabila penandatanganan permohonan bukan dilakukan oleh pemohon sendiri,

3. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP),

4. Gambar bangunan,

5. Fhotocopy sertifikat hak atas tanah atau bukti perolehan tanah,

6. Perhitungan konstruksi bentangan lebih dari 7,9 Meter, bangunan bertingkat dan rangka baja,

7. Site plan (khusus untuk pengembang perumahan).

B. Besaran retribusi Izin Mendirikan Bangunan non rumah tinggal ditetapkan berdasarkan besaran harga dasar tarif sebagai berikut :
(1) Besaran harga dasar Izin Mendirikan Bangunan non rumah tinggal :
1. Biaya Sempadan Bangunan
a. Bangunan Lantai Atas : Rp. 300,00/M2
Bangunan Permanen : Rp. 150,00/M2

b. Bangunan Semi Permanen : Rp. 100,00/M2

c. Bangunan Temporer : Rp. 50,00/M2

d. Bangunan Perusahaan Industri : Rp. 500,00/M2

e. Bangunan Saluran dari Pasangan Batu/ Bata atau Beton : Rp. 50,00/M2

f. Bangunan Pagar Pekarangan dari Pagar Tembok Bata/kayu atau Besi : Rp. 50,00/M2

g. Bangunan Papan Reklame Bertiang dan sejenisnya : Rp.1000,00/M2

h. Bangunan Jembatan / Jalan / Perkerasan : Rp. 100,00/M2

i. Bangunan Teras : Rp. 100,00/M2

j. Bangunan Turup Penahan Tanah : Rp. 150,00/M2

k. Bangunan pasangan Antene dengan Konstruksi Rangka Besi : Rp. 200,00/M2

l. Penanaman Kabel, Pipa dan sejenisnya : Rp. 50,00/M2

2. Biaya Pemeriksaan Koreksi Gambar :
0,65 % x Luas Bangunan x Harga Dasar Bangunan

3. Biaya Koreksi Konstruksi Dikenakan terhadap bangunan yang memakai kuda-kuda konstruksi kayu dengan bentangan 7,9 M keatas, bangunan bertingkat bangunan beton dan baja serta bangunan yang terkena penelitian khusus (instalasi perlengkapan bangunan dan lain-lain) :
0,75 x Harga Dasar Bangunan.

4. Biaya Pengukuran : 0,30 % x Luas Bangunan x Harga Dasar Bangunan.

5. Biaya Pengawasan Khusus Bangunan Perusahaan / Industri dan Real Estate.
a. Perusahaan / Industri : 15 % x Biaya Pemeriksaan Gambar
b. Real Estate :10 % x Biaya Pemeriksaan Gambar.

6. Biaya Bangunan Bertingkat :
a. Bangunan bertingkat lantai 1 sampai dengan :
- Lantai 3 masing-masing 75 % x Biaya Lantai Dasar
- Lantai 4 dan seterusnya 50 % X Biaya Lantai Dasar
b. Bangunan yang berfungsi sebagai Dak penutup atap tidak dihitung sebagai tingkatan
7. Biaya Pembuatan Plat tanda telah memiliki Izin Mendirikan Bangunan sebesar Rp. 1.750,00/Plat.

8. Bangunan yang direhabilitasi berat dikenakan biaya Retribusi Izin Mendirikan Bangunan 50 % dari Penetapan Biaya Retribusinya.

9. Balik nama Izin Mendirikan Bangunan pemohon dikenakan Biaya Sempadan Bangunan, Plat Nomor Bangunan.
(2) Penetapan perhitungan retribusi izin mendirikan bangunan dihitung pengkalian koefisien luas bangunan (KLB) x koefisien tingkat bangunan (KTB) x koefisien guna bangunan (KGB) x penetapan harga dasar dengan memperhitungkan faktor-faktor.
Penetapan perhitungan retribusi IMB untuk bangunan yang sulit dihitung luasnya.

C. Masa Berlaku Izin :
Selama bangunan itu berdiri dan tidak berubah bentuk.

D. Jangka waktu proses penyelesaian perizinan : 5 hari kerja.

Izin Bertanya :
1. Luas Bangunan saya 83 Meter, Biaya sampai 1 juta, bagaimana menghitungnnya sampai seperti itu?
Page 10 of 22 | ‹ First  < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 >  Last ›
Home > LOEKELOE > TEKNIK > Arsitektur > IMB = Izin Mendirikan Bangunan