Arsitektur
Home > LOEKELOE > TEKNIK > Arsitektur > IMB = Izin Mendirikan Bangunan
Total Views: 50004
Page 21 of 22 | ‹ First  < 16 17 18 19 20 21 22 > 

shinc35 - 04/10/2012 06:28 PM
#401

Quote:
Original Posted By skppro
tapi rasanya kalo emang sudah direncanakan ke depannya bakalan ada pelebaran jalan artinya dia posisi di jalan sekunder lah minimal. nah klo udah masuk perumahan ane rasa g mungkin lebih dari 5 m gan.. apalagi rumah sederhana yang notabene kurang lebih cuma punya panjang tanah 12 m. brarti g bisa dipake dong tanahanya kolo gsb nya 10 m.. nah lho... :nagakak seperti ane bilang sebelumnya juga, kecuali ini adalah tanah yg masuk area pengembangan industri.. memang gsb ada kemungkinan lebih dari 10 m bahkan. FYI, untuk di area perdagangan bahkan gsb bisa sampai 0m lho... CMIIW...



Sekarang jalan di depannya sudah 30-35 gan, jadi sudah tidak direnacanakan kena pelebaran lagi.
Alasan GSB yang 10m, katanya pemkot karena bakal jadi terusan jalan raya (sehingga dipersiapkan jalan selebar 30m).

Sebenarnya rumah-rumah yang lain/tetangga memang sizenya jumbo, 400m2 ke atas. Ini kebetulan ada satu/dua kavling yang dipecah-pecah sendiri sama developernya (developer pribadi, bukan PT). Jadi lahirlah rumah-rumah mini. Tapi gak nyangka tetap kena aturan yang sama.

Gitu ceritanya...
brat1bret - 04/10/2012 09:31 PM
#402

Quote:
Original Posted By iTimeless

Maaf KDB ini kepanjangan apa ya?
KDB = Koefisen Dasar Bangunan

[*]WBS = 50%
[*]WSD = 60%
[*]WKC = 50%
[*]WTM = 10 sd 20%
[*]DLL



Basement untuk parkiran motor gan
Untuk basemen done ya gan, hanya hitung retribusi saja
dan luasnya itu setengah dari KDB lantai dasar.

Maaf mungkin istilahnya bukan overlap gan, jadi kolom tetangga ada masuk ke tanah saya kira2 7x20cm, ada 2 buah
Pic terlampir
Pas nanti pengurusan IMB kan ada pengukuran lahan juga gan,
coba nanti di cek dan bila terbukti masuk tanah agan mungkin selanjutnya agan bisa minta ganti rugi,
tp sebetulnya nanti pas agan bikin dinding jg kan tertutup tuh , masa dinding bangunan agan mau numpang di dinding tetangga yg udh jadi


Supaya tidak dipersulit birokrasi saat pengurusan IMB sebaiknya semua rencana sesuai dgn peraturan yang ada, klo mau melanggar sebaiknya gunakan jasa pengurusan
InRealLife - 04/10/2012 09:44 PM
#403

Quote:
Original Posted By adriandigital


makasih kakak atas doanya....

berikut aku kasih preview rumahnya
Spoiler for rumhaku





OOT, rumahnya keren gan. kayaknya ga jauh dari tempat saya tuh
iTimeless - 05/10/2012 10:37 AM
#404

Quote:
Original Posted By brat1bret
Supaya tidak dipersulit birokrasi saat pengurusan IMB sebaiknya semua rencana sesuai dgn peraturan yang ada, klo mau melanggar sebaiknya gunakan jasa pengurusan


Maaf KDB ini kepanjangan apa ya?
KDB = Koefisen Dasar Bangunan
WBS = 50%
WSD = 60%
WKC = 50%
WTM = 10 sd 20%
DLL

Basement untuk parkiran motor gan
Untuk basemen done ya gan, hanya hitung retribusi saja
dan luasnya itu setengah dari KDB lantai dasar.
Setengah dari KDB lantai dasar itu artinya ukuran basement cuma boleh 50% ukuran lantai dasar gan?

Maaf mungkin istilahnya bukan overlap gan, jadi kolom tetangga ada masuk ke tanah saya kira2 7x20cm, ada 2 buah
Pic terlampir
Pas nanti pengurusan IMB kan ada pengukuran lahan juga gan,
coba nanti di cek dan bila terbukti masuk tanah agan mungkin selanjutnya agan bisa minta ganti rugi,
tp sebetulnya nanti pas agan bikin dinding jg kan tertutup tuh , masa dinding bangunan agan mau numpang di dinding tetangga yg udh jadi
Klo misal saya merasa bentuk lahan saya jadi ngga bagus klo di overlap gitu, dan prefer yang overlap dibongkar, biasa gmn gan?
dannysebastian - 05/10/2012 04:37 PM
#405

Quote:
Original Posted By iTimeless
Maaf KDB ini kepanjangan apa ya?
KDB = Koefisen Dasar Bangunan
WBS = 50%
WSD = 60%
WKC = 50%
WTM = 10 sd 20%
DLL

Setengah dari KDB lantai dasar itu artinya ukuran basement cuma boleh 50% ukuran lantai dasar gan?


tergantung KTB gan (koefisien tapak basement)
brat1bret - 05/10/2012 07:18 PM
#406

Quote:
Original Posted By dannysebastian

tergantung KTB gan (koefisien tapak basement)

Eh iya lupa... untung ada yg ingetin

Quote:
Original Posted By iTimeless

Setengah dari KDB lantai dasar itu artinya ukuran basement cuma boleh 50% ukuran lantai dasar gan?

Klo misal saya merasa bentuk lahan saya jadi ngga bagus klo di overlap gitu, dan prefer yang overlap dibongkar, biasa gmn gan?


Padat
KLB 0.70 sd 3.00, KDB 75%, KTB 85%
Kurang padat
KLB 0.60 sd 2.40, KDB 60%, KTB 80%
Tidak padat
KLB 0.50 sd 2.00, KDB 50%, KTB 75%


Yg masalah overlap silahkan agan ukur ulang saja, bila memang terbukti masuk tanah agan kan tinggal dibicarakan tentunya

koreksi koresi cwiiw
iTimeless - 06/10/2012 10:42 PM
#407

Quote:
Original Posted By brat1bret
Eh iya lupa... untung ada yg ingetin



Padat
KLB 0.70 sd 3.00, KDB 75%, KTB 85%
Kurang padat
KLB 0.60 sd 2.40, KDB 60%, KTB 80%
Tidak padat
KLB 0.50 sd 2.00, KDB 50%, KTB 75%


Yg masalah overlap silahkan agan ukur ulang saja, bila memang terbukti masuk tanah agan kan tinggal dibicarakan tentunya

koreksi koresi cwiiw


tengkyu gan, ane coba2 dulu
adriandigital - 07/10/2012 03:17 PM
#408

Quote:
Original Posted By InRealLife
OOT, rumahnya keren gan. kayaknya ga jauh dari tempat saya tuh


emang rumah ente dimana gan..?
nico0000 - 08/10/2012 04:42 PM
#409

gan, ane mau tanya nih,

ane mau bangun rumah di daerah pondok rangon cibubur,, rumah ane tuh di dalam jalan kampung, bukan jalan raya. Walaupun secara sertifikat Lua tanah sih sekitar 1000 m2, tapi secara aktualnya tuh tanah kepemilikannnya dibagi dua yaitu punya istri ane dan punya mertua ane.

Pada saat pengurusan IMB, keluiarlah rencana tata letak bangunan di mana yg isinya ada sketsa denah, disitu digambarin rumah ane harus mundur 10m dari jalan (rumah ane di hook gan), jadi mundur depan dan samping 10 m.

Jujur, ane merasa berat dengan gambar ini, kira2 ada gak keputusan yg menjelaskan Garis Sempadan Bangunan di daerah ane harus 10 m (sekali lagi rumah ane di jalan kampung gan), terus metode mengajukan keberatan gimana ya??
brat1bret - 09/10/2012 06:21 PM
#410

Quote:
Original Posted By nico0000
gan, ane mau tanya nih,

ane mau bangun rumah di daerah pondok rangon cibubur,, rumah ane tuh di dalam jalan kampung, bukan jalan raya. Walaupun secara sertifikat Lua tanah sih sekitar 1000 m2, tapi secara aktualnya tuh tanah kepemilikannnya dibagi dua yaitu punya istri ane dan punya mertua ane.

Pada saat pengurusan IMB, keluiarlah rencana tata letak bangunan di mana yg isinya ada sketsa denah, disitu digambarin rumah ane harus mundur 10m dari jalan (rumah ane di hook gan), jadi mundur depan dan samping 10 m.

Jujur, ane merasa berat dengan gambar ini, kira2 ada gak keputusan yg menjelaskan Garis Sempadan Bangunan di daerah ane harus 10 m (sekali lagi rumah ane di jalan kampung gan), terus metode mengajukan keberatan gimana ya??


Untuk mengetahui tentang ketentuan GSB baik itu di kampung maupun di kota silahkan ke dinas perijinan, bilang saja mau lihat [color=black]Lembar Rencana Kota (LRK) daerah Agan[/color]

Kalaupun agan bisa membujuk supaya gsb di tempat agan bisa lebih kecil berarti gsb yang dikecilkan bukan saja hanya yang di depan rumah agan, tp juga sepanjang jalan tersebut, masa nanti ada jalan blengkak blengkok hehe
Silahkan adukan hal ini ke pa Jokowi, pa jokowi sudah pegang blueprint nya kan katanya xixixixi
dannysebastian - 10/10/2012 08:28 AM
#411

Quote:
Original Posted By nico0000
gan, ane mau tanya nih,

ane mau bangun rumah di daerah pondok rangon cibubur,, rumah ane tuh di dalam jalan kampung, bukan jalan raya. Walaupun secara sertifikat Lua tanah sih sekitar 1000 m2, tapi secara aktualnya tuh tanah kepemilikannnya dibagi dua yaitu punya istri ane dan punya mertua ane.

Pada saat pengurusan IMB, keluiarlah rencana tata letak bangunan di mana yg isinya ada sketsa denah, disitu digambarin rumah ane harus mundur 10m dari jalan (rumah ane di hook gan), jadi mundur depan dan samping 10 m.

Jujur, ane merasa berat dengan gambar ini, kira2 ada gak keputusan yg menjelaskan Garis Sempadan Bangunan di daerah ane harus 10 m (sekali lagi rumah ane di jalan kampung gan), terus metode mengajukan keberatan gimana ya??


di kecamatan juga ada LRK gan..cek aja ke kecamatan dl.

Tapi emang gt aturannya gan. Ada temen yang punya tanah 10x20 tp depan dipotong 10m jadi cm sisa 10x10. Ternyata kdbnya cuma 20% ya sama aja yang bisa dibangun cm 4x10. Jadi dah apartemen kecil mewah..ahaha..

Tapi saran sih kan luas tuh tanah. kalau dipotong 10x10 masih bisa lah 20x20 kecuali pengin untuk fungsi lain.yang dipotong itu bisa dibikin yang non permanent kayak gazebo atau apalah..asal perencanaan bagus saya rasa ga masalah. Tapi cek KDB gan. sama aja ntar. Kalo KDB cm 20%. mau GSB 5m juga ga ngaruh

brat1bret - 10/10/2012 12:08 PM
#412

Quote:
Original Posted By dannysebastian


di kecamatan juga ada LRK gan..cek aja ke kecamatan dl.

Tapi emang gt aturannya gan. Ada temen yang punya tanah 10x20 tp depan dipotong 10m jadi cm sisa 10x10. Ternyata kdbnya cuma 20% ya sama aja yang bisa dibangun cm 4x10. Jadi dah apartemen kecil mewah..ahaha..

Tapi saran sih kan luas tuh tanah. kalau dipotong 10x10 masih bisa lah 20x20 kecuali pengin untuk fungsi lain.yang dipotong itu bisa dibikin yang non permanent kayak gazebo atau apalah..asal perencanaan bagus saya rasa ga masalah. Tapi cek KDB gan. sama aja ntar. Kalo KDB cm 20%. mau GSB 5m juga ga ngaruh



Hikmahnya adalah sebelum beli lahan sebaiknya dicek dulu peruntukannya
Harganya yang bikin ngiler, pas urusan ijin ternyata wisma taman

iTimeless - 11/10/2012 11:34 AM
#413
Desain struktur tanpa SIBP
Gan soal perhitungan struktur, SIBP ini perlu ngga sich?

Soalnya kata yang hitung klo IMB resmi perlu ada SIBP nya, sedangkan harga SIBP nya nambah 5 juta

Btw harga perhitungan struktur 10rb/m2 ini mahal atau pantas ya?

Hitungannya yang standard: Ga termasuk gambar pembesian dan rekapitulasi estimasi kebutuhan pembesian dan bahan cor beton
brat1bret - 11/10/2012 04:47 PM
#414

Quote:
Original Posted By iTimeless
Gan soal perhitungan struktur, SIBP ini perlu ngga sich?

Soalnya kata yang hitung klo IMB resmi perlu ada SIBP nya, sedangkan harga SIBP nya nambah 5 juta

Btw harga perhitungan struktur 10rb/m2 ini mahal atau pantas ya?

Hitungannya yang standard: Ga termasuk gambar pembesian dan rekapitulasi estimasi kebutuhan pembesian dan bahan cor beton



[*]IPTB perlu
(istilahnya saat ini bukan SIBP lagi tp IPTB)
[*]Kenapa hanya struktur? Arsitektur dan mekanikal elektrikal bagaimana IPTB nya?
[*]Biaya dilihat lagi dari IPTB kelas apa dgn harga 10rb/m itu?


republikyemen - 13/10/2012 09:05 PM
#415
Perda Baru?
gan, denger2 di Depok ada perda baru ya?

jadi untuk pengajuan IMB, rumah minimal LT nya 80 m2??

waah mesti rubah site plan n proyeksi keuangan nih klo emang bener..
bastognee - 15/10/2012 02:56 AM
#416
perlukah IMB buat bangunan semi permanen?
gan..ane barusan sewa tanah 5 tahun di tangerang..rencana tanah kosong itu mao dgunakan buat toko material n tempat tinggal juga...perlu IMB ga yah?? secara ane bangunnya semi permanen...tembok kiri kanan pake batako n bagian belakang pake tong drum...mohon petunjuknya gan...
dannysebastian - 15/10/2012 08:25 AM
#417

Quote:
Original Posted By brat1bret

[*]IPTB perlu
(istilahnya saat ini bukan SIBP lagi tp IPTB)
[*]Kenapa hanya struktur? Arsitektur dan mekanikal elektrikal bagaimana IPTB nya?
[*]Biaya dilihat lagi dari IPTB kelas apa dgn harga 10rb/m itu?



emg perlu gan? bangunan kurang dr 8 lantai bukannya ga perlu?
brat1bret - 15/10/2012 12:11 PM
#418

Quote:
Original Posted By republikyemen
gan, denger2 di Depok ada perda baru ya?

jadi untuk pengajuan IMB, rumah minimal LT nya 80 m2??

waah mesti rubah site plan n proyeksi keuangan nih klo emang bener..

Ada perda baru itu di jakarta, tgl 9 september kmrn oleh bang foke
rencana retribusi akan dibikin flat sama dengan tangerang

Mengenai agan mungkin bangunannya kegedean jd harus dgn luas tanah 80m2 normalnya baru bisa terbit imb. bangunan agan melanggar kdb sepertinya gan, cuma nga dibilang melanggar aja biar cepet nga ribet jawabin pertanyaan agan

Quote:
Original Posted By bastognee
gan..ane barusan sewa tanah 5 tahun di tangerang..rencana tanah kosong itu mao dgunakan buat toko material n tempat tinggal juga...perlu IMB ga yah?? secara ane bangunnya semi permanen...tembok kiri kanan pake batako n bagian belakang pake tong drum...mohon petunjuknya gan...

Kordinasi sama orang kelurahan aja gan, ane jg bingung itu bagunan seperti apa

Quote:
Original Posted By dannysebastian

emg perlu gan? bangunan kurang dr 8 lantai bukannya ga perlu?


Klo misal ada bangunan 4 lantai terus luasnya 2000m2 gimana gan?
imb rumah biasa aja itu ada ko gan sibp nya, hanya saja yg tanda tangan paling siapa gitu gan buat langganan nama di dinas perijinan.
Rata2 yg pake lengkap untuk iptb tadi sih di peruntukan perkantoran gan
Diatas luasan 1500m2 sudah masuk TPAK
republikyemen - 15/10/2012 01:32 PM
#419

Quote:
Original Posted By brat1bret
Ada perda baru itu di jakarta, tgl 9 september kmrn oleh bang foke
rencana retribusi akan dibikin flat sama dengan tangerang

Mengenai agan mungkin bangunannya kegedean jd harus dgn luas tanah 80m2 normalnya baru bisa terbit imb. bangunan agan melanggar kdb sepertinya gan, cuma nga dibilang melanggar aja biar cepet nga ribet jawabin pertanyaan agan


kemaren sempet nanya di milis properti juga gan, dan ada yg bulan lalu ngajuin tanah 72, tapi sama dinas tata ruang n permukiman nya suruh diganti jd 80 dgn KDB max 45%..

pertanyaan selanjut nya adalah, klo misal nya kite dapet IMB tipe 39/36, itu di lapangan bisa ngelebihin dikit gak jd tipe 42/45? dan konsekuensi nya apa klo lebih dr imb aktual nya..

brat1bret - 15/10/2012 04:16 PM
#420

Quote:
Original Posted By republikyemen
kemaren sempet nanya di milis properti juga gan, dan ada yg bulan lalu ngajuin tanah 72, tapi sama dinas tata ruang n permukiman nya suruh diganti jd 80 dgn KDB max 45%..

pertanyaan selanjut nya adalah, klo misal nya kite dapet IMB tipe 39/36, itu di lapangan bisa ngelebihin dikit gak jd tipe 42/45? dan konsekuensi nya apa klo lebih dr imb aktual nya..



Peruntukan wisma apa itu gan KDB 45%?
bukannya di sertifikatnya sdh ada ukuran luas tanah?
mungkin bisa saja bangunan dgn kdb 45% luasnya kelebihan jika dgn luas tanah 72, tp ini masalah nantinya,
kecuali dia ada 2 sertifikat dgn tanah sebelahnya.

Kelebihan KDB selain peruntukan Wisma Taman msh bisa ditoleransi gan,
paling konsekwensinya nanti ada biaya pelanggaran di IMB nya
Page 21 of 22 | ‹ First  < 16 17 18 19 20 21 22 > 
Home > LOEKELOE > TEKNIK > Arsitektur > IMB = Izin Mendirikan Bangunan