SUPRANATURAL
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > {share} Ilmu minang masuk sini..!!
Total Views: 223887
Page 2 of 207 |  < 1 2 3 4 5 6 7 >  Last ›

sejuta bintang - 06/07/2008 03:28 PM
#21

Quote:
Original Posted By peregrinefalcon
onde mande.......
mentang2 ilmu minang........
mbok yao...jangan pake bahasa minang juga donk......

kan ane pengen belajar juga......



iya nanti ditranslate sama TS.. udah ya ....
peregrinefalcon - 06/07/2008 05:38 PM
#22

Quote:
Original Posted By sejuta bintang
iya nanti ditranslate sama TS.. udah ya ....


thanks ya mbak......

genit mode on.....
NecroPheonix - 07/07/2008 09:28 AM
#23

Quote:
Original Posted By polosman
ambo urang minang, lai indak syirik ko TS??


menurut awak samo se jo badoa nyo uda..
mintak nyo kan ndak ka nan lain do

menurt awak sih.............
Apajala - 07/07/2008 10:03 AM
#24

untuk TS dan uda2 yang lain..

dulu temen pernah ngasi2 tau yg kaya gini...tapi harus ada ijazahnya

dia istilahkan pantun....mungkin kalo disebut mantra kesannya gimana gitu...

macam2 waktu itu ada yg utk wibawa...menghilang...kuat kaki utk main bola (hihihih...yg ini nih yg gokil)

tapi krn utk ngefek harus ada ijazahnya...ya saya ga ingat lagi deh...

cuma sekalian mau nanya nih...."si mambang.."...itu maksudnya jin kah???

trus "bebajau cimambau di orang aku..." nih artinya apa ya...(kayanya bahasa minang tingkat tinggi..hihihi)
suhu_omtatok - 08/07/2008 05:43 AM
#25

Ranah Minang buek ambo, tasimpan kenangan tersendiri.
Ambo mangalami mati suri taun 1993, wakatu ambo barado di dakek Harau (Kab. Limo Puluah Kota). Ambo sada dari mati suri di Rumah sakit Kota Padang.
“Ka pakan sakali ko
Antah mambali antah indak
Antah mambali limau kapeh
Bajalan sakali ko
Antah baliek antah indak
Antah pulo mangadok lauik lapeh”

“Seseorang” yang juo tasimpan sampai kini dihati ambo, adalah urang minang nan basobok di Padang Japang (Mudiek).
“Taisak gunuang Pasaman
Dicinto gunuang Marapi
Manangih gunuang Singgalang
Tatagun aiea di lurah
Kasiah nan indak amuah abih
Antah dimano talataknyo “

Indak satu duo Buya nan ambo kenal nan juo ambo kirimkan doa hinggo kini ko, barasal dari Ranah nan Batuahko.
“Lah lamo mangguyang lidah
Dalam mukasuik nan sarato
Sapangka siriah baurek duo,
Ulamo panyambuang lidah
Syariat juo nan disato
Sampai kini baitu juo”


Sairiang balam jo barabah
Barabah juo tabang di muko
Sairiang salam nan jo sambah
Sambah kapado dunsanak anak pusako

Tandonyo hati nan suko
Lah datang tando basamo
Di lurah urang lah mandaki
Di bukik urang lah manurun
Nan patah datang batungkek
Nan buto datang batuntun

Kok di Jawa, acok bana tadanga ado tampek, ilmu atau parangai mistik, tapi di Ranah Minang agak taraso kurang bagaung katampek lain. Sabab karano sinkretisme di Jawa labiah manjadi pangka, tp di Minangkau kurang tadanga karano Islam labih baurek dlm hiduik Urang Minang.

Tapi bukan bararti Ilmu Supranatural kurang. Lah lamo urang minang manjadikan mistis sebagai bagian dari penyelesaian hiduik.

Ado Pantun cando bagara-gara urang mudo, sabagai bukti baureknyo mistis disamping pelaksanaan syariat;

“Limau puruik limau kambiang
Indak manuruik mamanjek dindiang”.


Ka dunsanak ambo, Urang Minang, tantu pernah mandanga:
Cindaku, Sijundai, Gasiang Tangkurak, Urang Bunian, Cirik Barandang, Santuang Pilalai, Kasiek Tujuah Muaro, Palasik,dll

Dunsanak nan bagabuang di kaskus, mungkin dapek mangagieh penyelasan labih mandalam. Dengan makasuik, bia urang lain tantu kalau di minang banyak juo ilmu-ilmu supranatural.


Trims
baako - 08/07/2008 07:09 AM
#26

Quote:
Original Posted By Si Kelana
membaca iko ado kaji makrifatnyo uda

bintang tujuh bintang tarajo
matohari talimo dikaniangku (diraso dikaniang)
awan tagantuang di daguakku (diraso diguak)
bintang tujuh di dadoku (diraso di dado)
aku membangunkan minyak anak antah kudrat tuhan (diraso dari dibelakang leher)
Hu Allah (dari belakang leher sampai ubun2 kepalo lalu seluruh tubuah)

dibaco waktu kapai kalua rumah




tarimokasi banyak atas pencerahan nyo yo uda kelana.......


mohon ijin mamakai nyo yo da...

semoga barakaik juo jo ambo......


untuak uda kelana..................
mapioso - 08/07/2008 11:11 PM
#27

salam hormat kami untuak suhu_omtatok

Quote:
Original Posted By suhu_omtatok

Kok di Jawa, acok bana tadanga ado tampek, ilmu atau parangai mistik, tapi di Ranah Minang agak taraso kurang bagaung katampek lain. Sabab karano sinkretisme di Jawa labiah manjadi pangka, tp di Minangkau kurang tadanga karano Islam labih baurek dlm hiduik Urang Minang.

Tapi bukan bararti Ilmu Supranatural kurang. Lah lamo urang minang manjadikan mistis sebagai bagian dari penyelesaian hiduik.

Ado Pantun cando bagara-gara urang mudo, sabagai bukti baureknyo mistis disamping pelaksanaan syariat;
“Limau puruik limau kambiang
Indak manuruik mamanjek dindiang”.


Ka dunsanak ambo, Urang Minang, tantu pernah mandanga:
Cindaku, Sijundai, Gasiang Tangkurak, Urang Bunian, Cirik Barandang, Santuang Pilalai, Kasiek Tujuah Muaro, Palasik,dll

Dunsanak nan bagabuang di kaskus, mungkin dapek mangagieh penyelasan labih mandalam. Dengan makasuik, bua urang lain tantu kalau di minang banyak juo ilmu-ilmu supranatural.


Trims


mulailah dahulu suhu ma agiah umpan bia kami yang manjalo
sanfak2006 - 09/07/2008 08:20 AM
#28

salam kenal Uda

Ijin manyimak, ilmu yang lainnyo mano ko uda ? ijan disimpan surang, kalua-an sadonyolah Uda
warzmith - 10/07/2008 04:32 PM
#29

assalamualaikum
aku ingin jelasin yang di maksud uda @suhu omtatok pake bahasa indonesia biar yg bkn org minang ngerti ^^

ini yg aku tau dari orangtua aja jadi ya terbatas klo ada yang mau nambahain boleh silahkan...
1. Palasik = Hantu Jeruk >purut== di minang palasik yaitu sesosok manusia yang memakai ilmu gaib Hitam tetapi sebelum meninggal dunia tidak dilepaskan ilmu hitamnya. Perwujudan palasik yaitu tubuh yang berjalan lebih dahulu dengan kepala yang mengikuti dari belakang dan memangsa anak kecil.
2.SiJundai atau Cindai yaitu penampakan yang berujud seperti perempuan yang biasanya ditemui di dahan dahan pohon tinggi, sijundai mempunyai rambut yang sangaat panjang yg terbuari sperti akar pohon dari dahan yg diduduki sampai menyentuh tanah, ia kadang" menangsi dan tertawa biasanya siJundai hanya duduk" saja (nyantai ga da kerjaan)
3. urang >bunian== yaitu kelompok orang minang yang diusir dari ranah minang, karena sudah dalam waktu lama menghilang urang bunian menjadi makhluk gaib (lupa kenapa bisa disuir n jadi kyk gitu) urang bunian itu kanibal. Ada cerita di kampung saya kampung Sumur (daerah kurai, bukittinggi) suatu hari si A yang hobi memancing pergi memancing ke daerah Payakumbuh, sendirian. tak lama waktu sudah magrib si A ini belum pulang sorenya dia ingin mandi lalu dia menemukan rawa sebelum dia sampai ke rawa ia menampak orang sedang mandi (cow/ce ya ga tau juga ^^a) trus dia di ajak ke kampungnya si urang Bunian bahwasanya ada pesta di sana, setiba di sana memang dia melihat tempat ramai sekali orang lagi pesta" ada yang lagi sembelih kerbau. pokonya kayak pesta adat gitu de.. Untungnya si A ini sadar kalau dia kan memancing udah di tengah hutan ga mungkin kan ada komunitas kayak gini . Si A pun melangkah pulang di tengah jalan ia melihat warung kecil, si A singgah kesana lalu bertanya kepada si penjaga warung "uni, sedang ada pesta apa di kampung seberang sana rame ya !!" si penjaga warung pun kaget " wah, ga ada kampung disana pak diu sana kan hutan " si A kaget . "bapak itu kampung urang bunian pak, untung bapak cepat sadar".. mendengar cerita itu si A bercerita ama org di kampungku sereeem...
4. Cindaku >== hampir sama dengan urang bunian tetapi cindaku ini jenis makhluk kanibal yang mengintai manusia di malam hari, ciri ciri cindaku yaitu tidak ada belah di atas bibir kyk org sumbing (tpi bukan org sumbing y)

nah itu aja si yang aku tau selebihnya juga baru dengar mungkin ada yang mau nambahin.....
N0v4s - 10/07/2008 05:11 PM
#30

Quote:
Original Posted By mistik88
mengulang trit yang dulu pernah ada..

ada baiknya kita share lagi mengenai ilmu-ilmu dari minang.

sebagai pembuka :

mantera pengisi tenaga dalam :

Inyiak gunuang marapi
inyiak gunung singgalang
datanglah ka diri denai..
bukan rupo nan den undang..
ilmu inyiak nan den pegang.
berkat la ilaha ilallah
muhammad rasulullah


salam


mantap ko mah................

kalau wak ndak salah iko
maimbau kakuatan inyiak
dari saedaran marapi jo singgalang
suhu_omtatok - 10/07/2008 07:05 PM
#31

Quote:
Original Posted By warzmith
assalamualaikum
aku ingin jelasin yang di maksud uda @suhu omtatok pake bahasa indonesia biar yg bkn org minang ngerti ^^




Jelaslah apa yg diterangkan Warzmith,


Gimana pula dgn Palasik Kuduang....
Tidak cuma di Ranah Minang, hampir dibanyak tempat di pulau sumatera, kisah Orang Bunian ada. hanya saja, apakah kata "Bunian" berasal dari kata "Buni-an" yg bermakna "bunyian-musik".....


terima atau tidak, Minang sangat mewarnai beberapa tamaddun di Sumatera.
Di Sumatera Utara, ada beberapa marga yang meyakini bahwa nenek moyang mereka berasal dari Pagaruyung (Sumatera Barat). Marga Nasution di Suku Mandailing meyakini itu (Mandailing ternyata juga sebagai salah satu nama suku di Pariaman; sering disingkat Mandai). Marga Purba Tambak di Suku Simalungun juga meyakini bahwa karuhun mereka berasal dari Pagaruyung. Beberapa Sub. Marga Sembering di Karo juga mengaku berasal dari Pagaruyung.

Masyarakat Melayu Kab. Batubara di Sumut, meyakini bahwa nenek moyang mereka berasal dari Sumatera Barat, yg bermigrasi ketika terjadi persoalan di Kerajaan Pagaruyung. Makanya beberapa nama tempat di Kab. Batubara 'terilhami' dari daerah leluhurnya; seperti Limo Puluh Kota, Talawi, dll.
Kosa Kata Melayu Batubara banyak sekali kemiripan dengan Kosa Kata Melayu Minangkabau; seperti Kalambir (Kelapa), Gelamai (Dodol), Gilo Baso, dll.

Budaya Pencak Silat juga sangat terwarnai, disamping Melayu lain juga mempunyai warna dalam Budaya Pencak Silat ini.
Di Tamiang (Kab. Aceh Tamiang), silat lintau menjadi tradisi asli di wilayah ini, Padahal Lintau adalah nama tempat di Kab. Tanah Datar (Sumbar) yg juga "menularkan" jurus silat ke wilayah lain disamping Kumango.
Di Sumatera Utara, Orang Batak Toba menyebut pencak silat dengan kata Moccak yg kemudian teradaptasi menjadi Mossak. Kata Moccak jelas berasal Pencak - Mencak, yg berakar dari kata Pacak (Piawai). di Batak Toba, huruf C tidak ditemukan dalam aksara asli, makanya Orang Batak Toba menyebut Kecap dengan kata Kessap.
Disini bukti bahwa Pencak Silat di Tanah Batak Toba merupakan budaya serapan dari Melayu di wilayah timurnya dan Minangkabau saat ekspansi Padri di wilayah ini.
Di Sumatera Utara, Suku Simalungun mempunyai jenis beladiri milik mereka sendiri, yg mereka sebut "Mandihar".

Btw, Diwilayah Pasaman (Sumbar) yg berpenduduk suku Minang, Mandailing, Melayu dan Rao; ada tempat yg bernama Ophir. Kebetulan atau tidak, di Alkitab (kitab suci Kristen) ada disebutkan nama tempat "Ophir" yg menghasilkan kayu cendana dan Kapur Barus...
suhu_omtatok - 10/07/2008 07:14 PM
#32

"assalamualaikum
den kirim salam ka jihin tanah
den tantu asal bamulo
tuan kalua dari aie batino
indak den malapeh balo mustako
sang kaka sang kipat malapeh balo mustako
indak den malapeh balo mustako
jihin taru malapeh balo mustako
jihin nan tuo malapeh balo mustako"
amri permana - 10/07/2008 07:43 PM
#33

ni mantra fungsinya apa mas!!!

pake ama bukan orang minang manhur kaga'
suhu_omtatok - 10/07/2008 08:25 PM
#34

Quote:
Original Posted By amri permana
ni mantra fungsinya apa mas!!!

pake ama bukan orang minang manhur kaga'


itu mantra untuk untuk memanggil jin.

amalan tidak bersuku, tidak berpartai....
warzmith - 11/07/2008 01:45 PM
#35

wow, @suhu omtatok
cerita lagi donk, ternyata minang itu luas ya. Masih banyak yang aku belum tahu (MSH Seumur Jagung ^^)....
WELL - 11/07/2008 02:11 PM
#36

Ade nyang tau kagak critenye nape kerisnye orang minang di taroknye di depan katenye ade elmunye :amaed:
(ada yang tahu gak ceritanya kenapa kerisnya orang minang disisipkan di depan katanya ada ilmunya :amazed
N0v4s - 11/07/2008 11:39 PM
#37

Quote:
Original Posted By WELL
Ade nyang tau kagak critenye nape kerisnye orang minang di taroknye di depan katenye ade elmunye :amaed:
(ada yang tahu gak ceritanya kenapa kerisnya orang minang disisipkan di depan katanya ada ilmunya :amazed


mmmmmmmmmm

ya gitu dechhh.............



________________________________________
abang bokep - 12/07/2008 12:40 AM
#38

HADIRR...!!!!


kemana saja ini threat... yg lamo lah tanggalam.... kini ambo hadir di siko duduak sambia baselo mandanga pituah dari uda2 jo mamak.




kop steng ciek luh...
abang bokep - 12/07/2008 12:55 AM
#39

Quote:
Original Posted By WELL
Ade nyang tau kagak critenye nape kerisnye orang minang di taroknye di depan katenye ade elmunye :amaed:
(ada yang tahu gak ceritanya kenapa kerisnya orang minang disisipkan di depan katanya ada ilmunya :amazed


setahu gw, itu tanda kalo orang tsb akan menikam kan keris nya dari depan. bukan dari belakang.


jadi kalo bertarung... orang akan berhati2 karena yg bersangkutan membawa keris...
soal nya banyak terjadi... orang2 yg di duga tidak membawa keris... tapi setelah tarung tau2 ko ada keris nya... jadi lawannya ga ada antisipasi buat itu.... ( seperti cerita james bond )



hahaa.. itu pendapat gw... gw tau sih inti sebenar nya...


no sara, no offence...
protein - 12/07/2008 12:58 AM
#40

cieleh.. iko nyo nan ditunggu2...
Page 2 of 207 |  < 1 2 3 4 5 6 7 >  Last ›
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > {share} Ilmu minang masuk sini..!!