Kendaraan Roda 2
Home > LOEKELOE > OTOMOTIF > Kendaraan Roda 2 > === {Share} Kiprok yang dipake di motor kamu .....====
Total Views: 322406
Page 403 of 437 | ‹ First  < 398 399 400 401 402 403 404 405 406 407 408 >  Last ›

lordflute - 06/06/2012 02:22 PM
#8041

Quote:
Original Posted By gunawanspurs
Trouble is, kita ga tau diode tipe & merk apa yg digunakan pabrikan, dan belom tentu parts yg digunakan dlm kiprok tsb selalu sama (jd pernah mbongkar pun belom tentu menjamin kiprok selanjutnya akan sama pula parts electrical nya).

Ane hanya menjawab pertanyaan om didik yg ini:
Quote:
Original Posted By didikjepara
Punya data nilai hambatan masing2 dioda gak mas??
Syukur 2 all merk.

Jadi data2 yg om didik butuhkan bisa dilihat dilink yg ane cantumkan.

Kemudian ente jawab:
Quote:
Original Posted By gunawanspurs
AFAIK, nilai tes nya yg normal antara 0.4-0.8 kang.

Ane malah timbul pertanyaan. Itu type diodanya apa yak om? satuanya apa ? pada suhu berapa?


Kalo troublenya seperti yg agan sampaikan, Ane tanya dulu:
1. Apakah qta akan merancang kiprok?
2. Apakah qta akan mereparasi kiprok?

Karena apa? Misal 2 dioda 1N4007 antara komponen 1 dengan yang lainya tidak bisa disamakan (karakter detilnya gak mungkin sama alias dipastikan berbeda) akan tetapi mempunyai ciri karakteristik yang sama seperti yang tercantum pada data sheetnya.
wedus101 - 06/06/2012 02:52 PM
#8042

Ini sebenarnya pake motor apa ya ? Gulung ulang spulnya pake kawat apa & diameter brapa ? Instalasi DC full wave + rewinding spul nya udah bener belom ?

Banyak kasus modifikasi yg teori & prakteknya udah bener, tp cara pengerjaannya kurang sempurna, shg hasilnya jg kurang durable & reliable (spt penggunaan selang asbes tahan panas utk sambungan kawat ke kabel output spul, msh banyak yg ga menggunakannya, cma pake heatshrink yg lama kelamaan akan lumer & beresiko short).[/QUOTE]

tvs apache.. kawat tembaga diameternya lebih besar tapi lupa ukurannya.. pasangnya d tukang spull yg udah punya nama di temen2 komunitas cb dan bengkel2 d jogja
didikjepara - 06/06/2012 03:39 PM
#8043

Quote:
Original Posted By wedus101
rencana hid naik kelas ke 75w gmn? kira2 baiknya maklum suka touring berasa masih kurang terang aja

Kl yg d ukur tegangan kurang akurat untuk menentukan kuwat gak nya angkat beban HID 75W.
Kalo yg d ukur amper bisa di tentukan kuat gaknya buat angkat HID 75w.
Quote:
Original Posted By lordflute
lihat di: www.datasheetcatalog.com om
komplit disitu, semua data ada juga pabrikanya
tinggal masukan part-nya aza
semoga membantu

Makasih mas...buat arsip pribadi.
lordflute - 06/06/2012 03:53 PM
#8044

Quote:
Original Posted By didikjepara
Makasih mas...buat arsip pribadi.

Sama sama om, lapake mantab :thumbup, cobain bikin kiproknya. Murah kalo bikin ndiri...
gunawanspurs - 06/06/2012 04:19 PM
#8045

Quote:
Original Posted By lordflute
Ane hanya menjawab pertanyaan om didik yg ini:

Jadi data2 yg om didik butuhkan bisa dilihat dilink yg ane cantumkan.

Kemudian ente jawab:

Ane malah timbul pertanyaan. Itu type diodanya apa yak om? satuanya apa ? pada suhu berapa?


Kalo troublenya seperti yg agan sampaikan, Ane tanya dulu:
1. Apakah qta akan merancang kiprok?
2. Apakah qta akan mereparasi kiprok?

Karena apa? Misal 2 dioda 1N4007 antara komponen 1 dengan yang lainya tidak bisa disamakan (karakter detilnya gak mungkin sama alias dipastikan berbeda) akan tetapi mempunyai ciri karakteristik yang sama seperti yang tercantum pada data sheetnya.


Oh ndak masalah klo situ mw kasih info, aku hanya melengkapi dgn berkomentar dalam konteks MENGETES kesehatan diode kiprok spt yg situ sampaikan sebelumnya, kita ga akan bisa tahu diode tipe & merk apa yg dipakai di kiprok tsb shg tahu secara detil info database nilai resistensi brbagai macam kiprok jg ga akan banyak gunanya, KECUALI klo kiprok yg digunakan diketahui scr persis spek diodenya. That's exactly the TROUBLE is in the first place.

Yg paling bisa dilakukan adalah mengetahui range nilai resistensi yg biasanya sering ditemui pada diode kiprok yg sehat, dan sesuai pengalamanku + info di internet (monggo googling sendiri), nilainya berkisar 0.4-0.8, apapun diode bridge yg dipakai. Mau dipake syukur ndak jg ndak masalah.

Kalo urusan memperbaiki kiprok apalagi mbikin kiprok, saya serahkan pada master2nya sajah, sy mah cma nubietol yg tau sedikit ilmu ngecek kesehatan kelistrikan motor sm modif pasang aksesoris, that's all (itupun mesti terus berguru sm soehoe2 d sini).

Quote:
Original Posted By wedus101

tvs apache.. kawat tembaga diameternya lebih besar tapi lupa ukurannya.. pasangnya d tukang spull yg udah punya nama di temen2 komunitas cb dan bengkel2 d jogja


Utk TVS Apache, nilai yg dihasilkan IMHO rada2 d bawah yg semestinya, krn AFAIK TVS Apache menggunakan spul & magnet dari OEM yg sama dgn BAJAJ Pulsar 200 ku, Varroc, bahkan bentuk spul & magnet nya dgn Pulsar 180 UG4 pun sangat mirip (pengapian DC, hanya di TVS lampu msh AC).

Pulsar 200 ku yg pengapian AC shg spul charging cma 7 kern, output kelistrikan msh bisa masuk 15-16 A @high RPM, spul rewound dgn kawat germany 1.2 mm smpai mentok per kern, pake kiprok Hokiedokie. Setahuku TVS Apache cak Sinbe_Reza yg digulung sm Pakdhe Sigit gajah gendut, ngangkat HID dobel2 aja msh ga tekor tuh (dgn skema DC full wave).

Logikanya, dgn spul & magnet yg sama tp 8 kern, charging TVS Apache bisa lebih besar klo kawatnya sama kualitas + performa dan pengerjaannya sama2 bagus + kiprok jg OK. Ini asumsi sikon magnet nya jg masih sehat ya.
lordflute - 06/06/2012 05:00 PM
#8046

Quote:
Original Posted By gunawanspurs
Oh ndak masalah klo situ mw kasih info, aku hanya melengkapi dgn berkomentar dalam konteks MENGETES kesehatan diode kiprok spt yg situ sampaikan sebelumnya, kita ga akan bisa tahu diode tipe & merk apa yg dipakai di kiprok tsb shg tahu secara detil info database nilai resistensi brbagai macam kiprok jg ga akan banyak gunanya, KECUALI klo kiprok yg digunakan diketahui scr persis spek diodenya. That's exactly the TROUBLE is in the first place.

Yg paling bisa dilakukan adalah mengetahui range nilai resistensi yg biasanya sering ditemui pada diode kiprok yg sehat, dan sesuai pengalamanku + info di internet (monggo googling sendiri), nilainya berkisar 0.4-0.8, apapun diode bridge yg dipakai. Mau dipake syukur ndak jg ndak masalah.

Kalo urusan memperbaiki kiprok apalagi mbikin kiprok, saya serahkan pada master2nya sajah, sy mah cma nubietol yg tau sedikit ilmu ngecek kesehatan kelistrikan motor sm modif pasang aksesoris, that's all (itupun mesti terus berguru sm soehoe2 d sini).


Oh....begitu.....lha wong yang ente quote kan posting ane yg kedua...sante aja om
Meski bukan suhu, Ane dah coba rancang (2 jenis tambah 1 jenis lagi masih uji coba) trus mbikin juga, dan jadi. Kalo repair susah meski ngilangin lapisan penguat rangkaian (yg item/coklat).
lordflute - 06/06/2012 05:02 PM
#8047

do post napa yak
bagusracer - 06/06/2012 07:51 PM
#8048

misi om2 suhu2, mau nanya nih, ane pake kiprok tiger, tapi kok pas idle lampu ane kokikut irama idle(langsam) ya??
ket: lampu pake yg murah2an, warna kuning std
pake t5 buat senja
aki yb5l kalo gag salah
tambah elco 10000 uf
sekian thx
mamen.radeon - 06/06/2012 10:20 PM
#8049

maaf para master/ OOT sedikit ya/ kalau untuk sekring yg bagus itu yg model tabung apa yg kotak ya?!
didikjepara - 07/06/2012 09:51 AM
#8050

Quote:
Original Posted By lordflute

Sama sama om, lapake mantab :thumbup, cobain bikin kiproknya. Murah kalo bikin ndiri...

Dah pernah rakit sendiri mas...tapi susah dpt komponen yg kwalitas bgs...
Quote:
Original Posted By mamen.radeon
maaf para master/ OOT sedikit ya/ kalau untuk sekring yg bagus itu yg model tabung apa yg kotak ya?!


Saya sih lbh mantab pakai yg tancab
lordflute - 07/06/2012 12:28 PM
#8051

Quote:
Original Posted By didikjepara
Dah pernah rakit sendiri mas...tapi susah dpt komponen yg kwalitas bgs...

masalahe apa om, coba dishare....
yang ane buat OK2...aja
mbokne.gajah - 07/06/2012 12:52 PM
#8052

Quote:
Original Posted By gunawanspurs
Oh ndak masalah klo situ mw kasih info, aku hanya melengkapi dgn berkomentar dalam konteks MENGETES kesehatan diode kiprok spt yg situ sampaikan sebelumnya, kita ga akan bisa tahu diode tipe & merk apa yg dipakai di kiprok tsb shg tahu secara detil info database nilai resistensi brbagai macam kiprok jg ga akan banyak gunanya, KECUALI klo kiprok yg digunakan diketahui scr persis spek diodenya. That's exactly the TROUBLE is in the first place.

Yg paling bisa dilakukan adalah mengetahui range nilai resistensi yg biasanya sering ditemui pada diode kiprok yg sehat, dan sesuai pengalamanku + info di internet (monggo googling sendiri), nilainya berkisar 0.4-0.8, apapun diode bridge yg dipakai. Mau dipake syukur ndak jg ndak masalah.

Kalo urusan memperbaiki kiprok apalagi mbikin kiprok, saya serahkan pada master2nya sajah, sy mah cma nubietol yg tau sedikit ilmu ngecek kesehatan kelistrikan motor sm modif pasang aksesoris, that's all (itupun mesti terus berguru sm soehoe2 d sini).



Utk TVS Apache, nilai yg dihasilkan IMHO rada2 d bawah yg semestinya, krn AFAIK TVS Apache menggunakan spul & magnet dari OEM yg sama dgn BAJAJ Pulsar 200 ku, Varroc, bahkan bentuk spul & magnet nya dgn Pulsar 180 UG4 pun sangat mirip (pengapian DC, hanya di TVS lampu msh AC).

Pulsar 200 ku yg pengapian AC shg spul charging cma 7 kern, output kelistrikan msh bisa masuk 15-16 A @high RPM, spul rewound dgn kawat germany 1.2 mm smpai mentok per kern, pake kiprok Hokiedokie. Setahuku TVS Apache cak Sinbe_Reza yg digulung sm Pakdhe Sigit gajah gendut, ngangkat HID dobel2 aja msh ga tekor tuh (dgn skema DC full wave).

Logikanya, dgn spul & magnet yg sama tp 8 kern, charging TVS Apache bisa lebih besar klo kawatnya sama kualitas + performa dan pengerjaannya sama2 bagus + kiprok jg OK. Ini asumsi sikon magnet nya jg masih sehat ya.




standar apache aja kalo di FW, sudah terlalu mampu kalo buat ngangkat beban 10 amper.
lordflute - 07/06/2012 12:59 PM
#8053

Quote:
Original Posted By mbokne.gajah
standar apache aja kalo di FW, sudah terlalu mampu kalo buat ngangkat beban 10 amper.


beuh ada pak de, coba2 mampir kesini ane pakde
gunawanspurs - 07/06/2012 01:59 PM
#8054

Quote:
Original Posted By lordflute
Oh....begitu.....lha wong yang ente quote kan posting ane yg kedua...sante aja om
Meski bukan suhu, Ane dah coba rancang (2 jenis tambah 1 jenis lagi masih uji coba) trus mbikin juga, dan jadi. Kalo repair susah meski ngilangin lapisan penguat rangkaian (yg item/coklat).


Iyah mungkin miskomunikasi saja, krn awalnya sampeyan posting ttg metode pengetesan kesehatan diode di kiprok, trus kang Didik tanya nilai hasil tesnya berapa (asumsiku ya tes kesehatan diode kiprok tsb), sampeyan jawab link database diode dgn data terkaitnya. Tak tanggapi klo data tsb ndak guna dlm pengetesan krn kita ndak tau diode dlm kiprok nya apa, jd ndak ada kaitan sm proses perbaikan, apalagi pembuatan kiprok.

Mungkin krn kita melihat alur diskusi dgn kaca mata yg berbeda, sampeyan sbg ahli pembuat kiprok -yg wajar berpatokan data tsb krn kiproknya mmg bikinan sendiri, sy sekedar pengguna kiprok macam2 yg ga tau isinya apa aja, jadinya ga nyambung deh.

Ndak papa, namanya jg diskusi, nothing personal.

Quote:
Original Posted By mbokne.gajah
standar apache aja kalo di FW, sudah terlalu mampu kalo buat ngangkat beban 10 amper.


Nah tuh, bener kan, Apache maknyuzz output kelistrikannya.

Masalahnya, knapa Apache mas bro Wedhus pas2an gitu ya, padahal udah digulung ulang ??

=============================

@Pakdhe Sigit, soehoe Nova, dan soehoe2 lainnya, sy mw tanya nih. Begini, dari mana kita bisa tahu "bottleneck" dari produksi kelistrikan adanya di alternator atau di kiprok (rektifikasi) ?

Soalnya kasusku, dgn beban mentok sekitar 15-16 A, Vdc udah mepet dgn Vaccu (12.8 vs 12.5) di RPM 5000, dan digeber lebih kencang sudah ga bisa naik lagi (tadinya dari RPM idle yg cma 11.9 V perlahan bisa naik seiring kenaikan RPM s/d 12.8 V tsb).

Di lain fihak, dalam pengetesan output spul phase to phase tanpa beban, idle (1200 RPM) dapat 20 V, gas dibuka Vac naik scr linear seiring kenaikan RPM mesin, 7000 RPM dapat 120 V, dan masih naik lagi klo gas digeber lagi (naik RPM).

Dari situ, aku berfikir, apa kiprok yg kugunakan sudah mentok (jadi "bottleneck"), sedangkan potensi output alternator masih ada yg tersisa ? Ataukah logika berfikirku salah sama sekali ya ?

Mohon petunjuk2 & koreksinya.
mbokne.gajah - 07/06/2012 05:30 PM
#8055

Quote:
Original Posted By gunawanspurs
Iyah mungkin miskomunikasi saja, krn awalnya sampeyan posting ttg metode pengetesan kesehatan diode di kiprok, trus kang Didik tanya nilai hasil tesnya berapa (asumsiku ya tes kesehatan diode kiprok tsb), sampeyan jawab link database diode dgn data terkaitnya. Tak tanggapi klo data tsb ndak guna dlm pengetesan krn kita ndak tau diode dlm kiprok nya apa, jd ndak ada kaitan sm proses perbaikan, apalagi pembuatan kiprok.

Mungkin krn kita melihat alur diskusi dgn kaca mata yg berbeda, sampeyan sbg ahli pembuat kiprok -yg wajar berpatokan data tsb krn kiproknya mmg bikinan sendiri, sy sekedar pengguna kiprok macam2 yg ga tau isinya apa aja, jadinya ga nyambung deh.

Ndak papa, namanya jg diskusi, nothing personal.



Nah tuh, bener kan, Apache maknyuzz output kelistrikannya.

Masalahnya, knapa Apache mas bro Wedhus pas2an gitu ya, padahal udah digulung ulang ??

=============================

@Pakdhe Sigit, soehoe Nova, dan soehoe2 lainnya, sy mw tanya nih. Begini, dari mana kita bisa tahu "bottleneck" dari produksi kelistrikan adanya di alternator atau di kiprok (rektifikasi) ?

Soalnya kasusku, dgn beban mentok sekitar 15-16 A, Vdc udah mepet dgn Vaccu (12.8 vs 12.5) di RPM 5000, dan digeber lebih kencang sudah ga bisa naik lagi (tadinya dari RPM idle yg cma 11.9 V perlahan bisa naik seiring kenaikan RPM s/d 12.8 V tsb).

Di lain fihak, dalam pengetesan output spul phase to phase tanpa beban, idle (1200 RPM) dapat 20 V, gas dibuka Vac naik scr linear seiring kenaikan RPM mesin, 7000 RPM dapat 120 V, dan masih naik lagi klo gas digeber lagi (naik RPM).

Dari situ, aku berfikir, apa kiprok yg kugunakan sudah mentok (jadi "bottleneck"), sedangkan potensi output alternator masih ada yg tersisa ? Ataukah logika berfikirku salah sama sekali ya ?

Mohon petunjuk2 & koreksinya.


faktor yg berpengaruh adalah .... besarnya kabel yg dipake. kalo pake kabek standarnya ya wassalam meski digulung pake 1.2mm sekalipun.


ane pake kabel output 16AWG, bypass jalur (gak lewat kabel bodi) produksi setrumnya. kabel bodi apache kucil banget. ga beda ama pulsar
fe1 - 07/06/2012 07:48 PM
#8056

Quote:
Original Posted By mbokne.gajah
faktor yg berpengaruh adalah .... besarnya kabel yg dipake. kalo pake kabek standarnya ya wassalam meski digulung pake 1.2mm sekalipun.


ane pake kabel output 16AWG, bypass jalur (gak lewat kabel bodi) produksi setrumnya. kabel bodi apache kucil banget. ga beda ama pulsar


gak sekalian pake 12AWG
didikjepara - 08/06/2012 12:38 AM
#8057

Quote:
Original Posted By lordflute
masalahe apa om, coba dishare....
yang ane buat OK2...aja


Kalo sekedar angkat beban setandar/HID 35w aman mas...
Masalah kalo angkat HID 2x35w+acsesoris tambahan yg beban total >13A..
rudy009 - 08/06/2012 09:49 AM
#8058

spul hangus masih bisa di perbaiki ga suhu2....?
gunawanspurs - 08/06/2012 11:03 AM
#8059

Quote:
Original Posted By rudy009
spul hangus masih bisa di perbaiki ga suhu2....?


Digulung ulang om, sekalian pake kawat lebih tebal & berkualitas, itungannya jd upgrade ga sekedar perbaikan.
sinbe_reza - 08/06/2012 11:36 AM
#8060

dah lama juga neh gak men di marih

but yang punya tvs apache n ngerasa sumber dya kelistrikan sudah berkurang kemampuannya n sudah di gulung ulang juga sepulnya tapi resultnya teteup aja ya
sepengetahuan ane yg baru kesetrum kemaren sore
tvs apache bawaan motor udah punya kawat spul yg kualitasnya bisa di bilang bagus hanya saja ukurannya kecil tapi jumlah lilitannya tiap kern rada banyak(lupa berapa lilitan pastinya) hasilnya tegangan bisa tinggi namun amphere yg di dapet gak begitu tinggi cmiiw
klo pun dah gulung ulang pake kawat yg lebih gede. nili resistansi kawat yg di pake juga mempengaruhi dari output nantinya. dan ketika altenator sudah mumpuni tapi kabel penghubung menuju R/R tidah sebanding maka bisa terjadi bottleneck istilahnya kita punya jetpump n tandon aer gede tapi pipa ato selang yg di pake cmn 3/4" ya aer gak bakalan cepet tersalurkan. ne yg terjadi di tvs apache wiring set bawaan pabrik kecilnya kebangetan klo di suruh ngisi HID 35w 2biji n sekarang udah ane apgret ke 14awg(tapi cuman yg dari spul k regulator ja) selebihnya masih pake wiring set bawaan n untuk perangkat elektronik d motor dengan kebutuhan khusus cukup pasang relay n bypas pake kabel 18awg. jadinya di bawahjok ane macem kayak perumahan relay
Page 403 of 437 | ‹ First  < 398 399 400 401 402 403 404 405 406 407 408 >  Last ›
Home > LOEKELOE > OTOMOTIF > Kendaraan Roda 2 > === {Share} Kiprok yang dipake di motor kamu .....====