Freshwater Fish
Home > LOEKELOE > MY PETS > Freshwater Fish > [Medan] pencinta aquascape, info/price and pics
Total Views: 130157
Page 210 of 227 | ‹ First  < 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214 215 >  Last ›

dejavuluphwita - 08/11/2011 09:06 PM
#4181

Ottocinclus Affinis




Quick stats:
- size : 1.5" (4 cm)
- Strata : Bottom, middle
- PH: 5.2-7.5
- Hardness: Soft to hard. dH range: 4.0 - 20.0
- Temperature: 68 to 82°F (20-28°C)

Classification:
Order: Siluriformes
Family: Loricariidae
SubFamily: Hypoptopomatinae
Genera: Otocinclus
Species: Varies

General Body Form:

An elongated fish with a flat belly and a slightly curved back. The eyes are set on the sides and are visible when looked at from the bottom. The mouth faces down as would be expected from a sucker type fish. This fish has no barbels or adipose fin. The pectoral, pelvic, dorsal, and anal fins are clear and the tail fin is striped .The females are more rounded or robust.


Coloration:

Not one of the most eye catching fish the otos most distinct feature is the brown stripe running down the sides. The main body color is a dull gray green color. Some species the body is more yellow and is often called the golden oto. The belly is white with a hint of yellow. The back is dark.


Maintenance:

The oto can be difficult to acclimate to the home aquarium, but provided the water conditions are correct and there is some green food they should be OK. The set up should be well established with a sand or gravel substrate, Densely planted with live plants or an established algae growth is essential. While they will take flake food and sinking pellets the natural greens are needed to provide proper health. If no algae is available they will eat the softer bodied plants. Provide good water circulation and filtering. Best keep in groups the actual number will vary upon tank size. Fine with most fish except the larger predatory species.


Biotope:

Heavily vegetated rivers of Brazil and the Amazon watershed.

Breeding:

It would have to be classified as difficult. They have been bred in captivity but it seems to be a sporadic occurrence. Similar to the armored catfish the eggs are laid on the leaves of plants or on the tank glass. No care is given once they are laid. The eggs hatch in about two days and three days later the fry are free swimming. Extremely small and delicate they must be fed newly hatched brine shrimp,



NB : ikan Ini sangat aman bagi yg melihara udang hias seperti Rcs, crs dan lain lain
dejavuluphwita - 08/11/2011 09:10 PM
#4182

Otto Grup Buy Medan

- Andy A.K.A yoyok = 5 ekor
- Sebastian = 3 ekor
- Aliang = 5 ekor
- Daniel = 5 ekor

Kalo ada lagi yg mau ikut Grup buy bisa PM saya atau andi aka yoyok2968



stok tersisa sekitar 100 ekor ...
ayo Buruan ...

Jangan Nunggu nunggu lagi ikan ini ikan sangat langka Di medan hehehehe


Tersedia Juga :
- RCS : red Cherry shrimp
- Black Crystal Shrimp
dejavuluphwita - 08/11/2011 09:16 PM
#4183

Quote:
Original Posted By joni9981
akan saya updet perkembangan dikemudian hari... jika tanpa masalah biasanya saya hanya silent reader ...hehhehe


Tidak baek silent reader bro ..
hehehehe
Duriosoft - 08/11/2011 11:06 PM
#4184

Quote:
Original Posted By yoyok2968
Sampai sekarang ini belum ada ketentuan berapa tinggi aquarium yang dikatakan lazim/proporsi nya tersebut (terutama untuk aquarium kecil) jika mengacu pada rumus 1-2w/galon, karena banyak juga aquarist/aquascape yang menggunakan aquarium model "tower" meninggi keatas.

Untuk rumus 1-2W/galon ini lebih mengacu pada perhitungan jumlah volume air didalam aquarium keseluruhan, jadi rumus ini tidak melihat berapa ukuran PxLXT yang lazim/porposional tersebut.


Memang tidak ada standarisasi yang baku untuk ini (PxLxT aqua). Tapi de facto-nya, yang namanya aquarium itu selalu diasumsikan ukuran horizontal-nya selalu lebih besar daripada tinggi. Maka dinamakan itu cuma patokan. Makanya rumus itu sebenarnya untuk digunakan aquarium konvensional. Aquarium konvensional itu selalu mendahulukan luas permukaan air berbanding volume. Artinya untuk volume yang sama, yang disukai adalah yang luas permukaan airnya lebih besar (pasti semua udah tau alasannya, kan?). Jadi jelas lebih suka lebih panjang dan lebih lebar daripada lebih tinggi.

Jadi di balik rumus 1-2Watt per galon itu sebenarnya ada syarat lain yang terkadang dilupakan. Yakni syarat penggunaan aquarium konvensional. Karena rumus itu digunakan cuma untuk patokan umum.

Quote:

Catatan:
Jadi untuk kasus seperti ini saya pribadi lebih merujuk pada "lumens" dari lampu tersebut, bagi yang belum tahu apa itu lumens? lumens bisa dikatakan kekuatan cahaya sebuah lampu (jarak kekuatan cahaya), jadi semakim besar lumens sebuah lampu, maka semakin dalam cahaya lampu tersebut menembus kedalam aquarium.

Untuk besaran lumens tergantung dari jenis lampu sebagai contoh lampu sama-sama 36 watt namun dengan jenis berbeda contoh nya PL-L 36 watt (41cm, 2900 lumen) dan T8 36 watt (120cm, 3250 lumen) disini kita bisa lihat kalau PL-L mempunya lumens yang lebih tinggi (karena ukuran panjang dari PL-L hanya 41cm jika dibandingkan dengan T8 yang mempunyai ukuran 3x dari PL-L)


Untuk pemahaman awam, bolehlah digunakan. Tapi sebenarnya lumens tidak ada hubungan dengan daya tembus atau dengan jarak (ingat dualisme cahaya? Cahaya selain energi - dalam bentuk gelombang - juga adalah materi - photon). Memang iya lumens menunjukkan "kekuatan" cahaya. Tapi intensitas cahaya cuma berurusan dengan luas area yang disinari, tidak dengan jarak ke sumber cahaya. Hanya saja kebetulan kita selalu menggunakan sumber cahaya yang omni (memancar ke segala arah), sehingga memang semakin jauh jarak dari sumber cahaya berarti semakin luas area yang diliputi (mudah2an masih ingat rumus hitung kulit bola ), yang artinya lumens per meter perseginya semakin kecil. Tapi kalau kita menggunakan sumber cahaya koheren (misalnya laser atau cahaya yang disalurkan dengan serat optik - umumnya cahayanya laser juga, sih! ) maka meski sudah menempuh jarak berkilo2meter, intensitas cahayanya tidak berkurang (untuk laser tergantung dengan kualitas bahan lensa pengumpul).

Oh, intensitas cahaya itu satuannya lux, yakni lumens/meter persegi.

Kalau lumens memang berbanding lurus dengan watt. Tinggal kecanggihan manufaktur saja untuk mengefisiensikan penggunaan watt listrik jadi lumens cahaya.
Duriosoft - 08/11/2011 11:11 PM
#4185

Quote:
Original Posted By dejavuluphwita
Ottocinclus Affinis




Quick stats:
- size : 1.5" (4 cm)
- Strata : Bottom, middle
- PH: 5.2-7.5
- Hardness: Soft to hard. dH range: 4.0 - 20.0
- Temperature: 68 to 82°F (20-28°C)

Classification:
Order: Siluriformes
Family: Loricariidae
SubFamily: Hypoptopomatinae
Genera: Otocinclus
Species: Varies

General Body Form:

An elongated fish with a flat belly and a slightly curved back. The eyes are set on the sides and are visible when looked at from the bottom. The mouth faces down as would be expected from a sucker type fish. This fish has no barbels or adipose fin. The pectoral, pelvic, dorsal, and anal fins are clear and the tail fin is striped .The females are more rounded or robust.


Coloration:

Not one of the most eye catching fish the otos most distinct feature is the brown stripe running down the sides. The main body color is a dull gray green color. Some species the body is more yellow and is often called the golden oto. The belly is white with a hint of yellow. The back is dark.


Maintenance:

The oto can be difficult to acclimate to the home aquarium, but provided the water conditions are correct and there is some green food they should be OK. The set up should be well established with a sand or gravel substrate, Densely planted with live plants or an established algae growth is essential. While they will take flake food and sinking pellets the natural greens are needed to provide proper health. If no algae is available they will eat the softer bodied plants. Provide good water circulation and filtering. Best keep in groups the actual number will vary upon tank size. Fine with most fish except the larger predatory species.


Biotope:

Heavily vegetated rivers of Brazil and the Amazon watershed.

Breeding:

It would have to be classified as difficult. They have been bred in captivity but it seems to be a sporadic occurrence. Similar to the armored catfish the eggs are laid on the leaves of plants or on the tank glass. No care is given once they are laid. The eggs hatch in about two days and three days later the fry are free swimming. Extremely small and delicate they must be fed newly hatched brine shrimp,



NB : ikan Ini sangat aman bagi yg melihara udang hias seperti Rcs, crs dan lain lain


Ikutan nambahin racun. Bagi yang suka miara taneman dalam aquarium, walaupun belum serius sampe ber-aquascape-ria, otocinclus akan sangat membantu membersihkan alga di tanaman anda, dan juga di kaca anda. Walau untuk kaca masih lbh bagus pake ikan sapu2, tapi sapu2 ngebabat semua tanaman. Jadi... tunggu apa lagi??
Duriosoft - 08/11/2011 11:26 PM
#4186

Quote:
Original Posted By yoyok2968
Mengenai masalah bro @dejavu dengan bro jaymes ada baik nya diselesaikan baik-baik, toh pihak bersangkutan juga sudah mengakui kesalahan nya dan mau menemui pihak terkait untuk meminta maaf, gw rasa ga adil jika kesalahan tersebut dijadikan tudingan untuk seumur hidup, ntar disini teman2 yang baca dan tidak tahu kejadian nya bakal salah paham lagi.

Jujur saya, bro @dejavu ini juga sebelum nya bermasalah juga dengan saya, namun karena dia telp saya dan jumpain saya untuk meminta maaf dan menjelaskan semua duduk masalah nya, its no problem.

Dan dari postingan bro @dejavu sebelum nya disitu ditulis kalau dia sudah telp bro jaymes dan ingin bertemu untuk minta maaf namun bro jaymes tidak mau.

Dalam hal ini saya tidak membela/membenarkan pihak manapun, yang pasti jika seorang sudah mau mengakui kesalahan nya arti nya dia telah jujur dengan diri nya dan juga mau berubah, jika suatu saat di ulang lagi kesalahan yang sama, maka fatal akibat nya.


Sorry bro Yoyok saya quote. Tapi kebetulan posting yang anda response tidak terlihat ama saya (emang saya set begitu). Saya kasih respon cuma kali ini saja, karena saya pernah dituduh sebagai klon dari dejavu.

Note buat semua, saya sama sekali tidak tau masalah sebenarnya apa.

@Dejavu
Ini pelajaran untuk anda. Ada pepatah bilang, "Sekali lancung ke ujian, seumur hidup orang tidak percaya". Saya yakin niat anda tulus untuk memperbaiki kesalahan. Terus terang saya sendiri mungkin tidak punya kebesaran hati seperti yang anda tunjukkan dengan menemui bro Yoyok. Tapi anda harus terima kalau tidak semua bisa bersikap berbesar hati. Bukan salah mereka, tapi kepercayaan itu memang sulit didapat.

Jadi kalau mereka tidak memaafkan atau tidak bisa berbaikan, terimalah dengan besar hati. Jangan salahkan mereka yang tidak bisa memaafkan anda. Sekali lagi, Jangan salahkan mereka yang tidak bisa memaafkan anda. Time heals.
NutZilla - 09/11/2011 12:37 AM
#4187

Quote:
Original Posted By yoyok2968
ya cuma numpang lewat, ga numpang posting juga nih informasi terbaru nyab


hihihi blum ada info terbaru soalnya. numpang upload bbrp poto udang gua aja deh ya biar rame.























btw krn ada yg mention, ini poto mini/dwarf riccia gua :
yoyok2968 - 09/11/2011 02:03 AM
#4188

Quote:
Original Posted By dejavuluphwita
upss Lewat elite hobyst udang hias Medan ni ...

salah kaprah Anda ...


Mau tanaman apa aja??
saya ada

- Glosso
- Hair grass japan
- peacock
- xmas
- java
- Higrophyla
- anubias nana
- dan banyak lagi
- flame moss

dilarang jualan disini bro, jika hendak berjualan harap menggunakan fasilitas PM
Quote:
Original Posted By Duriosoft
Memang tidak ada standarisasi yang baku untuk ini (PxLxT aqua). Tapi de facto-nya, yang namanya aquarium itu selalu diasumsikan ukuran horizontal-nya selalu lebih besar daripada tinggi. Maka dinamakan itu cuma patokan. Makanya rumus itu sebenarnya untuk digunakan aquarium konvensional. Aquarium konvensional itu selalu mendahulukan luas permukaan air berbanding volume. Artinya untuk volume yang sama, yang disukai adalah yang luas permukaan airnya lebih besar (pasti semua udah tau alasannya, kan?). Jadi jelas lebih suka lebih panjang dan lebih lebar daripada lebih tinggi.

Jadi di balik rumus 1-2Watt per galon itu sebenarnya ada syarat lain yang terkadang dilupakan. Yakni syarat penggunaan aquarium konvensional. Karena rumus itu digunakan cuma untuk patokan umum.

Ok untuk masalah ini saya sepakat, kalau rumus perhitungan 1-2 watt pergalon itu "HANYA" bisa diaplikasi kan dengan ukuran aquarium konvensional, secara defacto.
Mengenai masalah "defacto" ini sama saja dengan peraturan tidak tertulis, dimana seharus nya pembuat buku maupun artikel2 yang beredar mencantumkan juga bentuk ukuran PxLxT dari aquarium untuk aquascape yang baik itu seperti apa, jadi tidak ada kerancuan mengenai ukuran aquarium yang bagus untuk aquascape itu berapa sehingga pengaplikasian rumus 1-2 watt/galon bisa diterapkan.

Quote:
Untuk pemahaman awam, bolehlah digunakan. Tapi sebenarnya lumens tidak ada hubungan dengan daya tembus atau dengan jarak (ingat dualisme cahaya? Cahaya selain energi - dalam bentuk gelombang - juga adalah materi - photon). Memang iya lumens menunjukkan "kekuatan" cahaya. Tapi intensitas cahaya cuma berurusan dengan luas area yang disinari, tidak dengan jarak ke sumber cahaya. Hanya saja kebetulan kita selalu menggunakan sumber cahaya yang omni (memancar ke segala arah), sehingga memang semakin jauh jarak dari sumber cahaya berarti semakin luas area yang diliputi (mudah2an masih ingat rumus hitung kulit bola ), yang artinya lumens per meter perseginya semakin kecil. Tapi kalau kita menggunakan sumber cahaya koheren (misalnya laser atau cahaya yang disalurkan dengan serat optik - umumnya cahayanya laser juga, sih! ) maka meski sudah menempuh jarak berkilo2meter, intensitas cahayanya tidak berkurang (untuk laser tergantung dengan kualitas bahan lensa pengumpul).

Oh, intensitas cahaya itu satuannya lux, yakni lumens/meter persegi.

Kalau lumens memang berbanding lurus dengan watt. Tinggal kecanggihan manufaktur saja untuk mengefisiensikan penggunaan watt listrik jadi lumens cahaya.

Agar pembahasan tidak terlalu ke hal teknis (ntar teman2 pada binggung baca nya), ada baik nya pembahasan di kaitkan/pengaplikasian dengan aquascape, bagi saya tentu saja lumens sangat berhubungan dengan daya tembus atau jarak dari sumber cahaya lampu ke titik target, semakin besar lumens suatu lampu, maka semakin kuat cahaya tersebut dapat menembus (dalam hal ini aquarium), sebagai contoh pernyataan saya sebagai berikut "Aquarium dengan kedalaman 50cm membutuhkan lampu dengan lumens lebih sedikit dibandingkan aquarium dengan kedalaman 70cm" dan saya setuju jika lumens memang berbanding lurus dengan watt (tinggal pilih saja jenis T8, PL-L atau MH karna masing2 berbeda lumens nya meskipun watt nya sama)

Untuk Fiber Optic cahaya tersebut dilewatkan melalui kabel kaca (saya analogikan) yang berukuran kurang lebih setipis rambut manusia, dimana sinar laser tersebut ditembakan kemudian dengan sistem pemantulan pada media kabel kaca tersebut, sinar tersebut bisa dengan cepat sampai ketempat tujuan, hal tersebut dapat terjadi dikarenakan beberapa faktor, yakni kualitas bahan lensa pengumpul/pemantulan dan satu lagi yang penting yaitu besar penampang yang digunakan (jika penampang yang digunakan besar maka saya yakin kalau cahaya yang dilewatkan juga pasti akan mengalami Atenuasi/penurunan)
bahkan untuk FO sendiri intensitas cahaya nya tetap akan berkurang, hal ini bisa dipengaruhi faktor redaman, pembiasan dan efek lainnya. Maka nya digunakan lagi perangkat "Repeater" sebagai penguat cahaya yang sudah lemah tadi.

Ok back to topic pengaplikasian cahaya lampu untuk aquarium ukuran kecil (dibawah 100 liter) dari hasil praktek dan penerapan saya selama ini, jika mengacu pada rumus 1-2 w/galon maka tanaman sukar sekali untuk dapat tumbuh yang bisa tumbuh hanyalah tanaman dengan kategory low light seperti Anubias dan jenis Fern.
Kita ambil contoh aquarium bro @joni9981 dengan volume air 29 liter, kalau dari anjuran bro @durisoft lampu yang digunakan adalah 29 watt, anjura dari saya lampu yang digunakan lebih baik kisaran 35-40 watt (saya tidak mengacu pada rumus yang sudah ada untuk aqua berukuran kecil) namun saya mengacu pada hasil praktek langsung pada beberapa aquarium ukuran nano/kecil milik teman-teman medan dengan ukuran rata2 60x30x30 dan dibawah itu, maka rumus 1-2 w/galon kurang tepat untuk diaplikasikan, mungkin bro @durisoft bisa melakukan experimen menggunakan aquarium ukuran kecil anggap saja 60x30x30 atau dibawah itu dengan penerapan perhitungan cahaya yang digunakan sesuai dengan rumus yang ada lalu bisa dilihat hasil tanaman nya (jenis tanaman stem plant atau lebih extrem glosso)b
yoyok2968 - 09/11/2011 02:19 AM
#4189

@Nutzilla
Mantap, bagus-bagus grade udang CRS nya:addfriends:addfriends, sayangnya pemeliharaan udang jenis ini harus di imbangin dengan cost biaya yang tidak sedikit (minimal harus punya chiller dan Ada soil), namun kembali lagi ke prinsip hobby kalau hobby itu tidak bisa dibandingkan dengan hargabb.

Btw CRS high grade nya sudah sampai batasan mana nih, denger2 sudah masukin Kingkong ya.
rizhaaa - 09/11/2011 06:21 AM
#4190

Quote:
Original Posted By jaymes2415
Bisa juga seh lsg beli 1 sak trus di bagi2....1 sak biasanya 50kg ya



Di medan ndk tau ya kecuali di ACE hardware, bole coba juanda aqr yg di jln juanda ato di bonavide jln thamrin



Kalo tanaman jenis itu ada seh. Tanaman dr keluarga anubias dan microsorium...bole cari bro liethang utk pemesanan. Utk kluarga anubias dan microsorium memang rada mahal ya, tp tahan banting. Trus toleransi ph nya ada tuh, jd kalo pasang aerator yeh harus di cek ph juga . Karena aerator menaikan ph



1 sak 80 lebu? Muyah ya...brp kg tuh 1 sak nya



haha coba aja ke tempat achuan...... mau ketemu bro alex dulu?? aquascape nya juga dah jadi seh dan baik kok org nya... rumah nya di katamso sana deket tempat achuan juga.....org nya baik dan enak di ajak ngobrol...pengalaman aquascape nya juga dah bagus. nanti pm saya, br ku kase no telp dia...cuman org nya rada sibuk ya


yeah lumayan, tp belakangan ini wa denger dah ndk jual tanaman ya



katamso dimananya??
Duriosoft - 09/11/2011 09:38 AM
#4191

Quote:
Original Posted By yoyok2968
Agar pembahasan tidak terlalu ke hal teknis (ntar teman2 pada binggung baca nya), ada baik nya pembahasan di kaitkan/pengaplikasian dengan aquascape, bagi saya tentu saja lumens sangat berhubungan dengan daya tembus atau jarak dari sumber cahaya lampu ke titik target, semakin besar lumens suatu lampu, maka semakin kuat cahaya tersebut dapat menembus (dalam hal ini aquarium), sebagai contoh pernyataan saya sebagai berikut "Aquarium dengan kedalaman 50cm membutuhkan lampu dengan lumens lebih sedikit dibandingkan aquarium dengan kedalaman 70cm"


Makanya saya bilang sebelumnya kalau asumsi ini valid. Artinya bisa dipakai karena memang bisa diterapkan di keadaan sehari2. Tapi kalau kita lihat dari segi ilmiahnya, tidak ada hubungan antara lumens dengan jarak atau daya tembus.

Tapi, btw, kalau baca keterangan saya tentang cahaya omni dan koheren, rekan aquascaper pasti bisa menarik kesimpulan kalau lampu yg dipake memancarkan cahaya ke segala arah, dan intensitasnya bisa ditingkatkan dengan "mengumpulkan" cahaya yang lari ke arah yang salah. Aplikasinya? Ya tinggal pake kap lampu... Hehehehe....

Quote:
saya setuju jika lumens memang berbanding lurus dengan watt (tinggal pilih saja jenis T8, PL-L atau MH karna masing2 berbeda lumens nya meskipun watt nya sama)


Maksud berbanding lurus dengan watt itu artinya selain dari watt, faktor yang lain harus sama. Dalam kondisi ini, kenaikan watt pasti berarti kenaikan lumens. Penurunan watt pasti berarti penurunan lumens. Pada sumber cahaya listrik, selain watt banyak faktor2 lain yang bermain. Misalnya efisiensi ballast, jenis gas mulia yang digunakan, jumlah gas mulia yang digunakan, proporsi ukuran tabung, dan lain lain. Jadi tergantung pada manufaktur, bagaimana kecanggihan mereka membuat produk yang efisien mengkonversi watt ke lumens (tapi tetep bisa "laku"). Tapi ingat manufaktur itu pelaku ekonomi, sehingga mereka bikin produk juga harus melibatkan pertimbangan ekonomi.

Jadi bisa saja dua lampu dengan watt yang sama memiliki lumens berbeda. Karena mungkin teknologi di dalamnya berbeda, atau jenis dan jumlah bahan yang digunakan berbeda, atau ballast yang digunakan efisiensinya berbeda. Tapi kalau kita ambil dua lampu dari manufaktur yang sama dengan model yang sama, bisa dipastikan lampu dengan watt yang lebih tinggi juga memberikan lumens yang lebih tinggi.

Quote:
....
bahkan untuk FO sendiri intensitas cahaya nya tetap akan berkurang, hal ini bisa dipengaruhi faktor redaman, pembiasan dan efek lainnya. Maka nya digunakan lagi perangkat "Repeater" sebagai penguat cahaya yang sudah lemah tadi.


Ya, dibutuhkan repeater, antara lain karena

[*]Tidak/belum ada medium yang sempurna. Akibatnya tetap ada cahaya yang "bocor" dari sisi2 FO.
[*]FO tidak bisa lurus 100%. Akibatnya terjadi pemantulan di sisi2nya. Memang ini by-design. Tapi pemantulan ini sendiri bisa "bocor" spt disebutkan sebelumnya atau malah memperlemah partikel cahaya yang lain.
[*]Untuk menjamin kualitas.



Tapi yang mau saya "buktikan" dengan contoh FO itu adalah: cahaya di sana bisa menempuh jarak dalam orde kilometer tanpa kehilangan "kekuatan" yang berarti. Saya yakin FO tidak butuh repeater tiap 50cm atau 100cm, kan?

Quote:

Ok back to topic pengaplikasian cahaya lampu untuk aquarium ukuran kecil (dibawah 100 liter) dari hasil praktek dan penerapan saya selama ini, jika mengacu pada rumus 1-2 w/galon maka tanaman sukar sekali untuk dapat tumbuh yang bisa tumbuh hanyalah tanaman dengan kategory low light seperti Anubias dan jenis Fern.
Kita ambil contoh aquarium bro @joni9981 dengan volume air 29 liter, kalau dari anjuran bro @durisoft lampu yang digunakan adalah 29 watt, anjura dari saya lampu yang digunakan lebih baik kisaran 35-40 watt (saya tidak mengacu pada rumus yang sudah ada untuk aqua berukuran kecil) namun saya mengacu pada hasil praktek langsung pada beberapa aquarium ukuran nano/kecil milik teman-teman medan dengan ukuran rata2 60x30x30 dan dibawah itu, maka rumus 1-2 w/galon kurang tepat untuk diaplikasikan, mungkin bro @durisoft bisa melakukan experimen menggunakan aquarium ukuran kecil anggap saja 60x30x30 atau dibawah itu dengan penerapan perhitungan cahaya yang digunakan sesuai dengan rumus yang ada lalu bisa dilihat hasil tanaman nya (jenis tanaman stem plant atau lebih extrem glosso)b


Ya lain cerita dong praktek langsung dengan patokan umum, bro! Praktek langsung sudah melibatkan environment tempat "test". Di situ sudah terakumulasi data langsung dari lokasi akuarium (dapat bantuan sinar matahari atau tidak), tekanan udara, suhu, "jenis"/kualitas air, layout, ketelatenan perawat, dll sbg. Makanya saya selalu bilang itu bukan rumus. Itu cuma patokan umum, dan penerapannya sebaiknya disesuaikan dengan sikon yang ada (mis. jenis tanaman). Contoh extrimnya, bagi yang aquariumnya selalu dapat sinar matahari yang cukup, malah cuma perlu 0watt per gallon, ya kan?

Jadi kalau ada yang kasih data hasil praktek dan sikon anda kurang lebih sama, pasti lebih bagus pake data hasil praktek.

1watt per liter itu dapat referensinya dari rekan aquascaper di forum sebelah. Linknya ada di posting saya sebelumnya. Sepertinya juga dari praktek.

IMHO, pakai cahaya dengan watt berlebih seharusnya tidak pengaruh buruk pada tanaman air dengan syarat tidak menaikkan suhu air dengan berlebihan. Cuma ya jangan terlalu berlebihan. Jgn buang2 energi, dan ingat bahwa PLN masih mengandalkan bahan bakar yang "terbakar", artinya konsumsi listrik kita berbanding lurus dengan sumbangan CO2 ke udara. Masak kita mau mensimulasi alam di akuarium kita tapi ...(yg terakhir ini off topic, cuma sedikit kekesalan saya aja liat orang2 gampang banget buang2 energi. Tapi bisa dianggap racun untuk hemat energi ).
NutZilla - 09/11/2011 09:47 AM
#4192

Quote:
Original Posted By yoyok2968
@Nutzilla
Mantap, bagus-bagus grade udang CRS nya:addfriends:addfriends, sayangnya pemeliharaan udang jenis ini harus di imbangin dengan cost biaya yang tidak sedikit (minimal harus punya chiller dan Ada soil), namun kembali lagi ke prinsip hobby kalau hobby itu tidak bisa dibandingkan dengan hargabb.

Btw CRS high grade nya sudah sampai batasan mana nih, denger2 sudah masukin Kingkong ya.


ah gosip deh hehehe

pembahasannya berat nih, puyeng baca nya hahaha ijin nyimak aja deh buat nambah ilmu.
Duriosoft - 09/11/2011 10:02 AM
#4193

Quote:
Original Posted By NutZilla
ah gosip deh hehehe

Keren2 bro CRS-nya. Emang pake chiller kayak bro Yoyok bilang? Share dong pic aquariumnya. Selalu jaga pH, gak bro? Ini kan suka di air agak asam, kan?

Saya pernah ditawarin CRS dari bandung, cuma dulu masih takut. Sekarang? Teteup...

Quote:
pembahasannya berat nih, puyeng baca nya hahaha ijin nyimak aja deh buat nambah ilmu.


Hehehe... Cuma share pengetahuan aja. Dulu saya juga tukang nyimak, dan sering dapat ide dari diskusi spt ini.
Duriosoft - 09/11/2011 10:31 AM
#4194

Quote:
Original Posted By NutZilla
btw krn ada yg mention, ini poto mini/dwarf riccia gua :


Keren... manteb kayaknya buat nangkarin udang. Itu memang diikat biar tenggelam, kan? Atau yng ini spesial udah tenggelam dari aslinya?
NutZilla - 09/11/2011 11:42 AM
#4195

Quote:
Original Posted By Duriosoft
Keren2 bro CRS-nya. Emang pake chiller kayak bro Yoyok bilang? Share dong pic aquariumnya. Selalu jaga pH, gak bro? Ini kan suka di air agak asam, kan?

Saya pernah ditawarin CRS dari bandung, cuma dulu masih takut. Sekarang? Teteup...


flash back dikit dulu yah. crs ini kan ada higrade same lograde yah. maksudnya grade di sini bukan pattern lho. dulu grading crs itu adalah dilihat dari pattern nya, ada grade C, B, A, S, SS. nah skrg ini grading crs ga liat dari pattern lagi, tapi dari soliditas warna tubuh, tebal cangkang, bentuk fisik, dll. secara umum, semakin tinggi grade crs hrg nya makin mahal, semakin mahal crs tsb maka dia akan semakin rewel dan sensitif. crs yg murah (kisaran 10rb) itu biasa nya disebut crs low grade. crs yg mahal (50rb ke atas) itu biasanya yg dibilang hi grade.

nah parameter yg penting utk crs itu :
1. suhu 23-25 c
2. ph 5.5-6.5
3. gh 3-5
4. amonia
0 5. nitrite
0 6. nitrate
0
semakin low grade crs, toleransi nya terhadap parameter akan semakin besar (ga rewel getu lho), dan sebaliknya crs hi grade rewel nya minta ampun (puteri keraton deh). nah utk masalah chiller sama lho, kalo maen crs bandung ga perlu chiller tuh. dulu saya pernah taro di tank aquascape, yg mana cuma pake kipas, maen co2 dan pupuk cair non stop, tetep aja breeding tuh. yg penting suhu dijaga max 28 deh.

utk ph jg sama, crs low grade bisa toleransi sampe ph 7 kok. utk hi grade disarankan maen di ph 5.5-6 aja.

Quote:
Original Posted By Duriosoft
Keren... manteb kayaknya buat nangkarin udang. Itu memang diikat biar tenggelam, kan? Atau yng ini spesial udah tenggelam dari aslinya?


dwarf riccia ini sebenernya bukan keluarga riccia sih, lebih ke keluarga pelia deh. soalnya dia bisa berakar, jadi bisa nempel ke batu dan kayu, sedangkan keluarga riccia itu asli nya adalah tanaman terapung, jadi tidak berakar. cuma krn bentuk fisiknya mirip riccia makanya disebut dwarf riccia. diiket di awal aja bro, ntar setelah berakar dia akan nempel sendiri.

utk slender riccia, IMHO itu sebenernya riccia biasa yg sudah transisi ke bentuk air. sering tuh ada di tank gua, bentuk nya panjang2, warna hijau gelap rada transparan, beda dgn riccia yg kita biasa liat. tapi sebenernya itu riccia biasa yg sdh transisi full bentuk air.
dejavuluphwita - 09/11/2011 02:01 PM
#4196

Quote:
Original Posted By NutZilla
hihihi blum ada info terbaru soalnya. numpang upload bbrp poto udang gua aja deh ya biar rame.























btw krn ada yg mention, ini poto mini/dwarf riccia gua :

Black kingkongnya kok ga ditunjukan ni ?? disembunyikan ya
Quote:
Original Posted By yoyok2968
@Nutzilla
Mantap, bagus-bagus grade udang CRS nya:addfriends:addfriends, sayangnya pemeliharaan udang jenis ini harus di imbangin dengan cost biaya yang tidak sedikit (minimal harus punya chiller dan Ada soil), namun kembali lagi ke prinsip hobby kalau hobby itu tidak bisa dibandingkan dengan hargabb.

Btw CRS high grade nya sudah sampai batasan mana nih, denger2 sudah masukin Kingkong ya.

Yupzz
Quote:
Original Posted By rizhaaa
katamso dimananya??

Cari pasir silika Ya ? Pm aja de gw
Quote:
Original Posted By NutZilla
ah gosip deh hehehe

pembahasannya berat nih, puyeng baca nya hahaha ijin nyimak aja deh buat nambah ilmu.


hahaha gosip ya?
dejavuluphwita - 09/11/2011 02:03 PM
#4197
Updated grup buy rcs dan otto
For Ottocinclus affinis

yoyok2968 = 5 ekor
Daniel = 5 ekor
aliang = 5 ekor
sebastian = 3 ekor
sisa stok otto ada 100 ekor

For RCS
ALiang = 50 ekor
dimas = 50 ekor
sebastian = 50 ekor



jika mau Nambah lagi silakan PM saya atau yoyok2968

atau bisa sms di 08566163955 atau PM di Kaskus sja



Waktu 1 minggu mulai dari sekarang
Melson - 09/11/2011 02:06 PM
#4198

numpang lewat gan

rame yah....
dejavuluphwita - 09/11/2011 02:06 PM
#4199

Quote:
Original Posted By Duriosoft
Ikutan nambahin racun. Bagi yang suka miara taneman dalam aquarium, walaupun belum serius sampe ber-aquascape-ria, otocinclus akan sangat membantu membersihkan alga di tanaman anda, dan juga di kaca anda. Walau untuk kaca masih lbh bagus pake ikan sapu2, tapi sapu2 ngebabat semua tanaman. Jadi... tunggu apa lagi??


hehehe thanks ya bro buat uda membantu .. heheheheh
dejavuluphwita - 09/11/2011 02:07 PM
#4200

Quote:
Original Posted By Melson
numpang lewat gan

rame yah....


silakan nuhun masta ....

ia rame lagi thread nya ..
Page 210 of 227 | ‹ First  < 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214 215 >  Last ›
Home > LOEKELOE > MY PETS > Freshwater Fish > [Medan] pencinta aquascape, info/price and pics