MODEL KIT & R/C
Home > LOEKELOE > MODEL KIT & R/C > [Share Info]Serba-Serbi Drift RC (Electric)
Total Views: 246128
Page 1 of 491 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

callmeyas - 02/08/2008 11:02 PM
#1
Serba-serbi Drift RC Elektrik
Quote:
DILARANG NUMPANG PROMO DALAM BENTUK APAPUN!! YANG MELANGGAR BONUS BATA MERAH. MARI KITA JAGA KUALITAS TRIT INI.

PENTING DIBACA!!
BUAT PARA PEDAGANG, PM SAYA LBH DULU KALO MAU POSTING INFO APAPUN.


Spoiler for tips yg "mungkin" berguna

"mbah google adalah sahabatmu...jgn sungkan2 ato malu buat bersemedi di pendopo mbah google"

inti dari tips di atas, cari tahu dan selidiki sendiri tentang beberapa hal yg ngga di ketahui. kumpulkan informasi yg ada. setelah informasi terkumpul, tanyakan yg kurang paham, dari sana, setiap penjelasan yg diberikan niscaya lbh mudah di mengerti.

smua orang yg paham ato mengerti, awalnya jg sama2 ngga ngerti. pada saat berburu informasi gara2 penasaran krn suatu hal yg kurang jelas, saat itulah, kita benar2 menikmati yg namanya hobi (carilah kesenangan dalam menjalani hobi) dan berkomunitas (alias, sharing).


Spoiler for Daftar LHS yg biasa jadi jujugan para drifter RC

Hobiland
Jl. Dr. Cipto No. 5 Bandung
022-4232081
email: www.hobiland.net

Pitstop RC Shop
Jl. Laksda Adisucipto 38 Yogyakarta
0274-488491

Fun RC
Jl. Raya Mulyosari 248 Surabaya
031-5992271-72

Drift47
email: [email]sales@drift47.com[/email]
web: drift47.blogspot.com
081-79999247

RCdorishop.com
081-317454535
email: [email]sales@rcdorishop.com[/email]
web: www.rcdorishop.com

Winner 69
Jl. Kopo No. 599, Lt. dasar B51-28 Bandung
022-91360423 (HP)

Tamiya Toys
Jl. Latumenten no. 33, Lt. LG blok B7 no.1 & 9 Jakarta
YM & email: [email]tamiya_toys2@yahoo.com[/email]
web: www.tamiyatoys.com

Platinum RC Concept
Senayan Trade Center (STC) Lt. 1 no. 20-21 Jakarta
081-807922000


Spoiler for DAFTAR ISTILAH

Istilah2 yg dipake dalam RC Drift Indonesia (ver. April 2012)

Front One Way (FOW) / Center One Way (COW)
Bearing 1 arah yg dipasang di differential depan (FOW) / shaft propeller (COW). Fungsinya mengunci roda/differential ke 1 arah. Menciptakan efek handbrake (waktu throttle posisi brake, roda belakang mengunci, roda depan berputar bebas). Membantu banget buat sirkuit teknikal.

Sirkuit Teknikal
Jenis sirkuit dengan banyak variasi corner/tikungan dengan tempo speed slow sampe medium. Ada long sweeper, manji, S-corner, hairpin, dan obstacle spot.

Long Sweeper
Jenis corner yg menggabungkan straight dan corner yang memanjang atau melebar. Di corner ini umumnya diletakkan clipping zone / brushing area. Tempo speed di long sweeper biasanya antara medium-speed sampe high-speed.

Manji
Teknik drifting yang mengayun di sepanjang straight atau jalan lurus. Teknik ini membutuhkan mobil yang disetting dengan baik dan skill drifter yang terasah. Gerakan drift dalam manji itu mirip sekali dengan teknik drifting di S-corner yg melibatkan transisi atau switchback dari kiri ke kanan dan sebaliknya dalam tempo yg lebih cepat. Bayangkan agan ngedrift di S-corner tapi di jalan lurus.

S-corner
Jenis corner yang berbentuk huruf “S”. Merupakan corner yang paling sering dijumpai dan menguji kemampuan drifter dalam melakukan switchback yang halus dengan tempo yang tidak terlalu cepat.

Hairpin
Jenis corner yang umumnya berbentuk 180* / u-turn. Hairpin merupakan tikungan dengan speed sangat rendah (slow speed) dan umumnya diletakkan clipping point untuk melihat aksi nose diving.

Obstacle spot
Bukan corner, tapi semacam tantangan unik yang ada di sirkuit dan tidak selalu ada di tiap sirkuit. Contoh, persimpangan jalan, jembatan yg bisa di lewatin, underpass (kolong jembatan), uphill-downhill, dan lain2.

Straight
Area disirkuit yang membentuk jalan lurus. Umumnya di pake sebagai start/finish area dan manji spot.

Clipping zone / brushing area
Area penjurian (terdiri dari titik awal dan akhir) dimana drifter harus melewati area ini dengan bemper belakang mobil. Clipping zone umumnya butuh latihan banyak supaya bisa menjaga mobilnya bisa ngedrift dgn mulus dari titik awal hingga akhir.

Brushing / wall tap
Teknik drifting yang mepetin bemper belakang disepanjang tembok sirkuit atau garis pembatas sirkuit. Semakin mepet atau nyentuh tembok alias wall tap(untuk wall tap, harus ada tembok atau pembatas yang setinggi bodi) tanpa merubah angle maka nilai showmanshipnya tinggi.

Switchback / transition
Gerakan atau manuver dalam drift dimana mobil mengayun dari kiri ke kanan atau sebaliknya. Biasa ditemui dalam S-corner dan straight. Manuver ini membutuhkan reflek drifter yang bagus agar throttle dan steering seimbang...tujuannya ya 1...supaya switchbacknya halus dan tidak over-angle trus spin-out

Clipping point
Area penjurian pada 1 titik saja dan umumnya diletakkan di apex terdalam corner. Juri akan melihat seberapa dalam drifter melakukan nose diving ato diving di apex corner. Semakin mepet sama garis terdalam sirkuit makin baik nilainya (kebalikannya brushing / wall tap).

Nose diving / diving
Teknik drifting yang memasukkan bemper depan mobil semakin mepet dan semulus mungkin mengikuti apex corner.

Apex
Garis maya yang terbentuk dalam balapan untuk bisa melewatin tiap corner dgn kecepatan tinggi. Umumnya berformat OUT-IN-OUT.

Angle
Sudut drifting yang dilihat dari garis tengah sirkuit. Semakin membentuk sudut 90* alias paralel dgn sirkuit, maka nilainya makin tinggi...dan tentunya makin KEREN. Angle semakin tinggi menuntut bukaan steering makin besar dan speed yg dihasilkan lebih rendah dibanding angle kecil.

Showmanship
Unsur entertainmen ato hiburan yang disuguhkan drifter kepada juri, penonton, maupun drifter lainnya. Semakin unik dan dirasa susah untuk di ikuti oleh drifter lain, maka nilainya makin tinggi. Contoh: jumping gila ala Hibino Tetsuya ato Daigo Saito di Ebisu, perfect drift (rear entry) Kawabata di Okayama maupun Fuji Speedway, replikasi angle, dll.

Over-angle / Over-shoot
Manuver drift dimana angle drift yang dihasilkan melebihi 90*. Jika dapat mengendalikan over-angle maka dapat menjadi “perfect drift” ala Kawabata (tentu saja menghasilkan nilai showmanship tinggi), jika gagal, maka menghasilkan spin-out dan mendapat pengurangan nilai.

Spin-out
Efek negatif over-angle yang membuat mobil terlihat berputar balik atau berputar2.

Replikasi / mirroring
Umum ditemui di video2 drift mobil beneran dimana chaser mengikuti ato menjiplak setiap angle dari leader dalam waktu yang bersamaan. Jika berhasil dilakukan, chaser memperoleh advantage dari leader dan meningkatkan nilai showmanship.

Leader
Posisi mobil dalam tandem battle dimana drifter berada di baris depan. Leader harus bisa ninggalin chaser atau menciptakan angle yang sukar di ikuti oleh chaser. Selain itu, Leader harus ngedrift ngikutin drift line.

Chaser
Posisi mobil dalam tandem battle dimana drifter berada di baris belakang. Chaser harus bisa menempel leader atau mengikuti anglenya leader. Selain itu, chaser harus ngedrift ngikutin leader. Untuk menambah nilai, chaser harus melakukan attack terhadap leader.

Tandem Battle / Tsuiso
Stage kedua dalam tiap event drift dimana dilakukan battle 1 lawan 1 sesuai bracket battle yang terbentuk setelah solo drift. Format yang umum adalah Best 16, Best 8, Semi Final, dan Final.

Solo Drift / Tansou
Stage pertama dalam tiap event drift dimana tiap peserta harus melakukan single run untuk dinilai dan menentukan posisi drifter tersebut dalam bracket battle. Solo Drift bisa jg disebut Kualifikasi. Format yang umum adalah warm-up lap dan 2 counted lap (dihitung).

Attack
Manuver chaser dalam tandem battle, dimana chaser menempel pintu samping mobil leader (format yang plg umum) dengan angle yang hampir sama ato sama dengan leader. Attack dinilai sempurna bila bemper mobil chaser sejajar dengan pintu mobil leader. Bila bemper mobil chaser lebih dari bemper mobil leader, maka chaser dinyatakan overtaking dan mendapat pengurangan nilai.

Overtake / Overtaking
Manuver chaser menyalip mobil leader. Overtaking sangat tidak diperbolehkan dalam tandem battle, kecuali leader mengalami spin-out / crash / out of line.

Crash
Nabrak ato nyangkut...kedua2nya berakibat fatal.

Out of line
Drifter baik dgn sengaja ato ngga sengaja ngga bisa ngedrift di drift line yang udah ditentukan oleh juri atau keluar dari garis pembatas sirkuit.

Drift line / Race line
Jalur yang sudah ditetapkan oleh juri berdasarkan layout sirkuit dan wajib di ikuti oleh setiap drifter. Di jalur tersebut juga sudah disiapkan clipping point dan clipping zone untuk menentukan nilai tiap drifter dalam solo drift.
callmeyas - 03/08/2008 12:44 AM
#2
Lanjutan pekiwan :)
Spoiler for tips by blackJuices

kalo untuk pemula sih mungkin bisa TT01D , Sakura Zero, diatasnya ada TA05. .budget lebih mungkin bisa Yokomo mr4tc, atau yang bagus lagi OTA r31.

Itu cm kit doank y gan..., jadi kalo baru mulai dari awal. agan perlu

Batre
Bagusnya pake lipo yang gde mAh nya gan...bisa smakin lama maennya. makin lama maen, makin lama latihan. makin banyak latihan, insya allah skill smakin bagus. 350-400k.

Charger
u/perawatan batre yang baik, biasanya lbh bagus pake balance charger. harga sekitar 500k. seken bisa lbih murah.

Motor
katanya sih untuk drift, minimal bisa pake yang 27T ... "
lbih kecil T nya lebih bagus. mohon koreksi master2. harga 27T sktar 150-200k atau bisa yang lebih bagus pake Brushless. seken bisa lbh murah.

Esc
Esc pilih yang bisa support motor dengan baik. ada yg pake TEU104 tamiya. hrg sktar 350k mau lbih bagus pake combo brushless yg udah dpt motor. hrg skitar 1jt. seken bisa lebih murah.

Servo
Berdasarkan info yang saya dapat, servo untuk drift itu minimal torsinya 4kg, dan kcepatan rata2 0,15 - 0,2 mS .. lbih cpet, lbih baik. pake gear metal, juga lbh baik, pake bearing, juga lbh baik. ada tipe analog n digital. harga 150k - 350k

Remot
Skrg udah byk remot 2,4Ghz...tinggal pilih..udah dpt receiver. bbrp ada yang dpt servo dalam penjualannya.
bisa juga pake remote FM/AM... futaba, sanwa, flysky, ko propo, spektrum. kalo pemula & budget terbatas biasanya pake flysky ...cz murah n udah 2,4 ghz. harga 400k, 1jt, 2jt, dst....

Body + Cat
Kalo beli kit yg ga dapet body.. y cari sendiri macam2 body.
harga sekita 250k-400k.."

Ban Drift
byk macamnya. hrg sekitar 150k-200k

tapi kalo dirumah agan udah punya barang2 diatas, ya cuma tinggal cari kit aja.

saya juga lagi bangun RC drift gan dari Nol, dgn budget terbatas..
skedar share, yg ane beli pertama ya barang2 di atas..
kit itu no terakhir(cz ane blum terlalu ngebet buat main).
kalo brang diatas udah lengkap, sapa tau ada rezeki lebih... ane mungkin bisa beli kit yang lbih baik dari target ane slama ini.(target ane sakura s zero).

kalo udah beli kit nya, kita latihan2 biasa aja dlu gan ..
n kalo ada rezeki tambahan lagi..., baru bli hop up tambahan.. n bikin RC nya jadi CS ..

Mohon koreksinya bagi yang udah master ...
maafkan kalo ane salah n sotoy ..


Spoiler for Review Kit TT01

Good Side:
1. Spare part seabrek dan murmer
2. Konstruksi chassis sangat simpel dan simetris. proses bongkar pasang mudah
3. Harga kit relatif terjangkau
4. Variasi TT01D (dan TT01ED) sudah dilengkapi Ball bearing, motor Sport Tuned, heat sink motor, adjustable upper arm untuk camber dan toe, upper deck untuk rigidita, dan dilengkapi CVA oil damper (shocknya bisa di isi oli).
5. Dilengkapi bodi yg detail banget dan rapi (kalo bruntung udah dilengkapi LED kit)

Bad Side:
1. rasio FDR terbatas krn spur dan pinion beda tipenya, bukan 48P ato 64P. tapi AV gear.
2. motor mount tidak support untuk Brushless.
3. propeller shaft plastik cepat terpuntir kalau menggunakan motor seperti RZ ato TZ. (sport tuned jg termasuk)
4. tidak ada counter-steer kit dari pabrikan. (CS ratio terbatas dan butuh di akal)
5. Ban driftech TT01 masih terlalu lengket dan msh terasa kandungan karetnya.
6. kemampuan tuning (camber, toe, steering angle, dll) msh minim.
7. selain TT01D dan TT01ED, area2 yg berputar hanya menggunakan bushing plastik yg cepat kalah. dianjurkan untuk ganti bearing.

Rekomendasi pengguna:
1. newbie yg bener2 baru pertama kali turun maen RC dan memiliki budget sangat terbatas. (FYI: harga kit only TT01 seken dikisaran 500rban)
2. siapapun yg ingin coba rally (sedikit modif sana sini) dgn budget murah meriah.

Score (1-10) : 6/10 (terbantu spare part murah meriah dan gampang carinya, dan yg paling penting, TT01 banyak membantu newbie2 baru dan awam dalam hal RC)

Review by hardedge: Untuk TT01 saya ga rekomen, soalnya dia sangat terbatas untuk hop up sampai ke pro kit, csnya jg sangat terbatas hanya sampai 1.44 klo pakai active hobby, steering sangat tidak cocok untuk countersteer, mau di bikin sampai pro kit malah jadi mahal, mao irit biaya malah tambah bengkak, kit itu di develop bukan untuk drift.


Spoiler for TOE dan CAMBER

TOE adlh seting mekanis pada suspensi (termasuk lower arm, upper arm, pivot, dan roda) kendaraan dimana mengatur arah ban. Ban ke dalam bodi di sebut TOE-IN, ban ke luar bodi disebut TOE-OUT. berikut foto contoh TOE-IN dan TOE-OUT



CAMBER adalah seting mekanis pada suspensi (sama diatas) yang mengatur kemiringan ban. Berikut contoh CAMBER Negativ, 0, dan POSITIF



nah apa sih efek dari setingan TOE dan CAMBER?? ini ada tabel yg bagus dari HPI...bener2 jelas banget neh. (hati2, untuk setting CS bisa kebalik...gak tau nih...bingung juga)



Sisanya? praktekkan di lapangan donk "teori sampe berbusa ga guna kalo ga dicoba"



Spoiler for belajar ngedrift yuk

belajar drift gak susah...asal ada yg ngasih tau dan rutin latian drift beda dari balapan touring, drift butuh kesabaran, keuletan, dan motivasi untuk bisa. drift ada 2, basic yaitu 50:50 ato murni 4WD, dan advance yaitu counter-steer. kita bahas yg 50:50 dulu. thanx to hpi racing for the good guidance

Step 1 - basic powerslide dan mengenal counter-steer untuk koreksi kepala


Step 2 - mengenal teknik rem untuk buang pantat dan melewati S corner


Step 3 - mengenal inertia drift (sbelum msk corner di manji)


Step 4 - mengenal full brake drift (butuh FOW) dan tandem drift


Kalo bete liat gambar, liat ini aja
[youtube]6aWsmdDQGgo[/youtube]


Spoiler for belajar drift counter-steer yuk

drift counter-steer ibaratnya ngedrift pake mobil beneran. pantat akan selalu membuang kesana kemari, dan untuk mengendalikannya dibutuhkan teknik counter-steer (memutar roda berlawanan arah). sbelum masuk lbh lanjut, cekidot video slow-motion ini. NOTE: perhatikan pantat mobil, arah roda depan , dan gerakan roda belakang.
[youtube]r0r-BtDstCM[/youtube]
[youtube]Jk71mZPhEuI[/youtube]

ada bagian slow-motion juga, sbagian dipercepat
[youtube]YCCxsFSM8Uc[/youtube]

video rc drift train orang jepang....GILA!!
[youtube]kc4JUwsQfg0[/youtube]


Spoiler for FDR/Final Drive Ratio

eniwei...buat yg bingung ama FDR...ini ada tabel panduan gear ratio yg mnurut ane masuk akal banget.
[spoiler=gear ratio]


RUMUS FDR = Gear Ratio x Internal Drive Ratio
Gear Ratio = Spur / Pinion
Internal Drive Ratio = Pulley ato Gigi Matahari di as roda belakang / Pulley ato Pinion Propeller Shaft.

CATATAN:
Ini hanya panduan umum UNTUK FDR. Sisanya kembali ke style agan2 sendiri dalam ngedrift kitnya masing2.
[/spoiler]
callmeyas - 03/08/2008 04:19 AM
#3
Lanjutan lagiii..:)
Spoiler for Variasi TT01, TA05, MR4TC, R31

From: kusumasandy
Subject: variasi TT01, TA05, MR4TC, R31 (will be updated)

TT01 ada bbrp macem...
1. TT01 - ban karet, standar.
2. TT01E - ban karet, upper deck, motor cover (gak guna)
3. TT01D - ban drift, motor sport tuned, full ball bearing, adjustable arm (buat setel camber dan toe), heatsink motor alu, cva shock (bisa di isi oli)
4. TT01ED - TT01D + upper deck ama motor cover.
5. TT01R - TT01D minus ban drift, dan smua part banyak yg alumunium.

note: TT01 itu kit shaft basic. touring bisa, drift bisa, rally bisa.

TA05 ada bbrp macem...
1. TA05 - ban karet, 2 belt drive system, CVA shock (standar shock oli)
2. TA05R (kit only) - ban karet, 2 belt drive system, TRF Damper (alumunium), dan bbrp part alumunium
3. TA05 IFS - ban karet, 2 belt drive, shock depan bisa dibikin tidur ato berdiri, lower arm baru (reversible).
4. TA05 IFS R - versi upgrade TA05 IFS dgn bbrp part alumunium dan TRF damper
5. TA05 V2 - ban karet, 2 belt drive system, CVA shock (standar shock oil), lower arm reversible, shock depan bisa tidur ato tegak, motor mount desain baru
6. TA05 V2R (kit only)- versi upgrade TA05 V2 dgn TRF damper dan part2 alumunium.
7. TA05 VDF (kit only, ga dpt ban velg) - Front Mid Ship, material karbon fiber lower deck dan upper deck, part alumunium u/ motor mount, chassis brace. belakang udah solid axle, 2 drive belt, TRF damper, no ackerman steering.

note: TA05 kit belt. cuma bisa drift ama touring aja kcuali TA05 VDF. scara spek, TA05 jauh diatas TT01.

MR4TC ada bbrp macam...
1. Drift Package / MR4TC Type B - Shaft, front and rear solid axle unit, fix spur gear, standard oil-less shock, blum Lipo ready tp bisa kok, ban single ring, dapet bodi.
2. Drift Package Basic / MR4TC Type B - Sama dgn No 1, tp g dapet bodi dan ban velg.
3. Drift Package Plus / MR4TC Type C - Lightweight blue alumunium shaft, lightweight spur gear adapter, front and rear solid axle unit, alumunium shock body (kaya DRB), chassis lipo ready, ga dapet bodi, dapet ban velg (kalo g salah), adjustable caster (4 dan 7), new lower & upper arm (ukuran sama depan belakang), front & rear universal driveshaft, new front & rear shock tower, new upper shock mounting, pivot ball knuckle system (type B msh pake C-hub)
4. Drift Package Super Plus / MR4TC Type C - fitur2 DP Plus ditambah alumunium front and rear chassis brace, new urethane bumper w/ weight slot bumper guard (bisa di isi timbel pemberat).

Streetjam OTA R31 ada bbrp macam...
1. OTA R31 - 3 belt drive system, bodi langka, ban SJ 45 degree, velg limited edition, Front Mid Ship, 50 degree steering angle, 2 caster included (4 dan 7), super smooth shock absorber and spring, unique rear diffuser, batre sejajar chassis
2. OTA R3X - fitur2 R31 dgn chassis full carbon fiber, ban, velg limited edition, dapet remot Sanwa M11X SJ edition, koper khusus, Motor 7.5T sensored, ESC Keyence (ceramic ESC), alumunium body shock
3. OTA R3R - fitur R31 dgn chassis full carbon fiber (lower, battery slot, shock tower), ALUMUNIUM bulkhead depan belakang.


Spoiler for bikin bodi yg bagus yuk...pt 1

Punya bodi clear...bingung mau dibikin kaya apa??? Nah disini ada beberapa tips yang mungkin bisa berguna

1. Fokus mau dibikin dgn gaya gimana? (JDM? USDM? EUDM? ato Drift Look? ato Custom?)
2. Googling pake keyword dari model bodi yg mau agan pake.
3. Belum nemu yg di cari? coba tambahin kata drift dari keyword pertama (misal: SC430 Drift)
4. Udah liat2 trus gak nemu juga? coba keyword ganti pake model mobil yang kira2 umum dipake (misal: S13, JZX, Skyline, 180SX, bla bla bla)

Nah kalo udah ketemu model warna yg di idam2kan...skrg mau di kasih stiker ato nda nih? Terserah agan. Kalo JDM/USDM/EUDM rata2 polosan, yg bikin bagus di pilihan velg nya. Kalo model Drift look...ya harus cari yg kira2 sesuai di bodi dan sesuai dgn slera agan2 skalian tentunya

Maksud dari stiker sesuai dgn bodi?? Ya gini donk, kalo bodinya Nissan, masa dikasih stiker TRD (Toyota Racing Development)?? ya jelas jadi aneh kan Kecuali, stikernya bentuk grafis yg g ada merek2 ya laen lagi gan

Kalo bingung mau dibikin gimana, bisa konsultasikan dgn TS tinggal posting aja di trit, supaya smua orang bisa bantu kasih sumbangan inspirasi


Spoiler for capung88

Quote:
Original Posted By capung88
Ane ikut nyumbang deh,...
pengetahuan basic, ya mungkin bisa ngeramein page one...

cara bongkar shock oil & perawatan
[spoiler=]
[spoiler= cara bongkar shock oil]



Spoiler for cara pasang balik


Spoiler for video

cara bongkar shock oil & ganti oil nya
[youtube]DgtLqd5OiOM[/youtube]

[/spoiler]

tips cara ganti konektor batt standart
Spoiler for

[spoiler= Tips Nyolder]
[spoiler= Alat2:]
1. wire cutter

2. Solder + timah solder

3. heatsring/kabel bakar
gunanya buat nutupin sambungan kabel, bisa jugan pake lakban tapi lebih bagus ini gk bakal lepas...


Spoiler for cara nyolder

[youtube]BLfXXRfRIzY[/youtube]
[youtube]VVLJRnDERu0[/youtube]
[youtube]xZU9rtACdZY[/youtube]
[youtube]3Yj-DHxKS6c[/youtube]


Tips:

[*] Kabel plus minus batre jg sampai bersentuhan,...karena akan menimbulkan kerusakan pd btre...nilai mah akan berkurang yg lebih parah bs meledak...
[*] potong kabel plus dulu atau minus dulu...jgn lakukan pemotongan secara bersamaan.
[*] Lakukan dengan orang/teman yg lebih berpengalaman...


[/spoiler]

kalo gk mau ribet nyolder2 pake ini
Spoiler for connector


[/spoiler]
Tentang Offset velg
Spoiler for offset velg

Menandakan seberapa besar permukaan tengah velg menjorok ke dalam atau ke luar. Semakin kecil angka maka penampang tengah velg makin celong ke dalam dan bibir velg lebar.


Specification :
A - Width : 26mm
B - Diameter : 52mm
C - Hex Size : 12mm
D : 4mm
E : 2mm
F - Hex Thickness : 4mm
G - Offset : -9mm

Spec.
Weight: 11g each
Offset: 3mm
Width: 26mm
Hex size: 12mm


Spec.
Weight: 11g each
Offset: 6mm
Width: 26mm
Hex size: 12mm
[/spoiler]

Spoiler for Soal Ban Drift (Part 1)

From: capung88
Subject: beda 3 ban drift yg ada di foto dan ban drift apa aja yg biasa di pake.





1. ban alur...ini buat pemula cocok, krn handlingnya lbh mudah di atur, dan ban ini bisa idup di banyak surface, kaya keramik, semen, aspal, karpet. krn handling lbh mudah di atur, sudut waktu ngedrift jg relatif lbh kecil. itulah knp ban ini jarang di pake sama drifter2 senior

2. ban slick ato polos dgn beragam model...handling lbh susah sedikit krn gripnya lbh sedikit dibanding ban alur....tapii ban ini sudut driftnya besar & sering dipake drifter2 senior. beda model biasanya beda kompon. ada kompon keras, lunak, medium, dan laen2. ban model ini ga bisa hidup di 2 surface..karpet ya karpet, semen ya semen, keramik ya keramik....krn skali pindah2 surface, umumnya sudah ga enak buat maen.

3. ban yokomo single ring...ringnya licin sekali untuk keramik, tp cocok buat aspal dan semen. ban ini jg sudah lama di tinggalkan drifter2 senior krn msh ada ban karet di sisi ujung ban. krn ada ban karetnya ini, ban ini dilarang dipake di perlombaan

untuk merek2 ban....berikut merek2 yg biasa di pake oleh senior2
1. square (ban karpet ada)
2. streetjam (ban karpet ada, ban keramik ada, ban semen jg ada)
3. max concept (ban karpet ada, ban keramik ada)
4. spice (ban karpet ada, ban keramik ada)
5. ds racing (ban karpet ada, ban keramik ada, ban semen ada, ban aspal ada)
6. active hobby (ban karpet)
7. HPI (ban karpet ada, ban alur jg ada...asli lho ban alurnya, lisensi resmi)
8. tanpa merek/ultima (umumnya replika merek2 ternama spt 7 merek diatas)

catatan: urutan di atas bukan menandakan kualitas ato harga ato apapun.

callmeyas - 03/08/2008 09:02 AM
#4

Lanjutan dan Update Pekiwan... hadiah dari om Momod

Tipe Chassis dan Macam2 Chassis...Part 1
(oleh Vtec_power)

Spoiler for part 1

Quote:
Original Posted By Vtec_power
iseng2 aja mo nambah referensi drifter (dan tolong tambahin kalau ada yg kurang dan salah)

pada dasarnya kit untuk drift ada 2 yaitu shaft driven (SD) dan belt driven (BD)

SD menggunakan shaft untuk menghubungkan gear depan dan belakang dan menggunakan bevel gear untuk menghubungkan shaft ke wheel axle/ diff gear

keuntungan menggunakan kit SD :
- perawatan mudah, umur part lbh panjang, respons lbh bagus dibandingkan belt
drive
kerugian menggunakan Kit SD :
- modifikasi cs sangat terbatas (bahkan beberapa tidak ada option cs), pilihan kit jenis SD lbh sedikit

beberapa merek dan tipe kit SD
-Tamiya TT01 (ada juga replikanya kyk HSP flying fish dan merek china laennya)
kit ini terhitung sangat banyak dipakai saat awal2 perkembangan drift di Indonesia, Kit ini sangat bagus untuk pemula/ entry level karena sangat mudah untuk di setting dan parts yang cukup banyak.
Bagi yang ingin mendalami kit ini juga menarik, karena ternyata beberapa manufaktur seperti active hobby atau 3 racing mengeluarkan hop-up yg bisa meningkatkan kemampuan. bagian2 tertentu dalam tt01 bisa dimodifikasi baik dengan custom atau oleh tuner. misalnya part kaki2 TT01 bisa dicustom menggunakan kaki2 TA05 (saya pernah nyoba dan berhasil) atau kaki2 OTA-r31 (mengingat banyak ta05 sp yg menggunakan kaki2 OTA-r31 saya berasumsi TT01 bisa juga donk?orang pake kaki2 ta05 aja bisa?)
kelemahan TT01 sangat banyak bgt, mulai dari material plastik sampai posisi motor di belakang,,tpi kalau anda tekun mendalami bisa kq jadi bagus..tapi hati2 dengan budget,,krn bikin bagus kit ini bisa setara dengan beli kit high-end terbaru..(trust me! i've already been there)



- Tamiya TA01 - TA02
sebenernya ini kit jadul banget, kalau diliat2 sistemnya mirip2 seperti DF03 dengan distribusi beban yang sebenarnya cukup baik,,cuma kit ini skrng sedikit yang memakai,,bahkan cukup jarang ditemukan. kl diliat2 kit ini awalnya sepertinya didedikasikan untuk touring dengan posisi motor dibelakang.



-Tamiya TB03, TB03 shuriken, TB03 ver2
TB03 sebenarnya kit yang bagus, namun kalau melihat harganya sebenarnya akan lebih worthed kalau membeli kit yg high end sekalian. tapi belakangan tamiya mengeluarkan tamiya VDS yang basisnya adalah TB03 dengan ubahan posisi motor yang berada di depan (baik untuk drift). adapun mekanisme TB03, kurang lbh mirip dengan Yokomo MR4tc, jadi kemungkinan parts seperti CS kit untuk MR4tc bisa masuk kesini..


- Tamiya DF03ra
melihat embel2 Ra dibelakangnya, kit ini emang bwat rally,,tapi bisa juga lah dipake bwat drift,,cuma ya mungkin gak sebagus kit yg emg special bwat drift, beberapa part DF03 juga bisa digunakan dari TT01 seperti spur gear/bevel, shaft dan part TA05 seperti knuckle arm dan universal shaft. Karena diperuntukan untuk rally, kit ini punya ground clereance yang cukup tinggi, sehingga kalau bwat drift terhitung kurang stabil..


- Tamiya TB03 VDS
keluaran terbaru tamiya yang menggunakan TB03 sebagai basisnya. kit ini memang diperuntukan khusus untuk drift, sehingga performanya bisa disejajarkan dengan kit high end lainnya (kit ini harganya emg terhitung mahal). saingan terdekat VDS mungkin OTA-zeon atau MR4tc active hobby yg memiliki distribusi kurang lbh sama.


-Yokomo MR4TC (type a, b, c)
nah ini kitnya TS..dia pasti lbh ngerti dah,,tp intinya kit ini selain ada tipe SD juga ada BD nya loh.. nah ini meg itungannya lineup kit drift "termurah" yokomo tapi bisa dikatakan jauh lbh baik dari TT01 atau Tb03.. dengan setting yg bagus dan driver yg oke kit ini juga bisa jadi lawan yg tangguh..namun kelemahan kit ini mungkin masih terletak pada modifikasi cs yg terbatas (1,5; 1,8; 2,0) dan posisi motor std dibelakang (makanya banyak konversi ke motor depan)


-yokomo D-max
kit dmax ini bisa dikatakan kit high-end nya drift untuk kategori SD,,didukung dengan weight distribution yg bagus dan material karbon, kit ini memang diperutuntukan untuk drift. kelemahan utama dari kit ini mungkin tipe batre yang saddle pack ( 2 piece bersebrangan ). saddle pack agak lumayan jarang dibandingkan batre "lontong" biasa..


-HPI e10
HPI e10 sebenernya cukup unik,,bisa dituker posis motornya (dibelakang atau didepan), dan kyknya emg udah didesain untuk bisa maen touring atau drift..tapi entah knp HPI tidak research (atau saya tidak update) kenapa tidak mengeluarkan cs kit..problem utama pada HPI e10 ada pada kaki2nya dimana part hex yg ada disk brake sering copot atau kendor.. dulu awal2 perkembangan drift di indoneisa kit ini cukup banyak digunakan selain tt01.

HPI pro D
HPI pro D terhitung sebagai kit high end, dengan material karbon dan distribusi yang cukup baik. sma halnya dengan D-max, kit ini menggunakan batre saddle pack. sama sprti e10, kit ini kurang didukung option untuk cs dan sulit menemukan part HPI (walaupun beberapa part bisa di subtitusi dengan merek lain seperti tamiya TA05)


- street jam ota Zeon
OTA zeon tergolong kit high end, gw blom pernah nyentuh ini kit, walau cuma liat dari jauh, tapi kl liat dari salah satu pemakainya yg terhitung expert, keliatannya kit ini cukup menarik, dengan desain cukup unik. Ota zeon sendiri bisa menggunakan cs kit MR4tc untuk memodifikasi. ketersediaan part bisa dikatakan sedikit jika dibandingkan sodaranya OTA-r31..


-kyosho Fazer EP
gak bisa ngomong banyak soal kit ini, pertama dulu waktu masih pakai blom ngerti banget soal drift,, kyosho terkenal banget dari die cast, rc touring dan offroadnya, jadi kyknya kit ini emg gak didedikasikan untuk drift,,tp bisa kq dipake bwat drift..


selain kit std, ada juga konversi yg bisa dipilih biar kit lbh bagus
- Eagle conversion TT01 FMS
konversi yg cocok bgt bwat drift, bisa upgrade steering angle hingga 45 degree (bisa lbh tapi pake part laen). terhitung murah untuk konversi dengan material karbon graphite dan aluminium. (sebenarnya ada konversi active yg untuk TT01 FMS tapi mahal,mending beli eagle deh)


-eagle conversion TT01 RMS
sama aja kyk versi FMS tapi kyknya ini untuk touring,,price sama aja kyk versi FMS


-3racing TT01 conversion
kurang lbih sama seperti TT01 eagle RMS, bisa modifikasi jadi FMS dengan option tambahan dari active hobby


-3racing TT01 conversion to Mchassis
bwat yg suka bikin tt01 jd unuk ya bisa beli conversi ini,,cuma kalau ingin ikut lomba, kit ini tidak diperbolehkan karena tergolong 1/12 (mchassis).


-active hobby conversion MR4tc

-eagle racing mr4tc

nah kalau belt drive kitnya buanyak banget..ntar ane lanjutin di post berikutnya..
callmeyas - 03/08/2008 08:56 PM
#5

Tipe Chassis dan Macam2 Chassis...Part 2
(oleh Vtec_power)

Spoiler for part 2

Quote:
Original Posted By Vtec_power
kategori belt drive (BD) sebenarnya tergolong yang paling banyak digunakan di dunia drift, pilihannya mulai dari TA05, OTA r31, drb dan lain2..
(+) BD = option banyak, aplikasi cs sangat mudah, cukup ganti pulley dan sesuaikan belt, variasi setting bermacam2, jenis BD juga banyak 2belt FMS, 2belt RMS, 3 belt FMS, 3belt FMS
9-) BD = maintenance cukup rumit, ketahanan part (terutama belt) relatif pendek (tergantung cara pakai dan instalasi), harga kit relatif mahal dibandingkan SD (some of them..)

apa aja kit yang ada di Belt drive (dan bisa dipakai drift)

Tamiya TA series (TA03, TA04, TA05, TA06)
basis chassis ini sebenernya touring (walaupun ada beberapa konversi yg jhusus drfit), ketersediaan part sangat banyak,, malah, beberapa partnya bisa digunakan di kit lain. kit ini sebenernya cocok mulai dari pemula sampai yg pro.

Tamiya TA03

sebenernya ini kit asik bgt,,front motor (yes front motor not FMS), streamline, good weight distribution,,,tapi ya itu,,spare part perlu dipertanyakan,,soallnya waktu itu pernah ditawarin kit ini cukup murah sih kisaran 1,2jt cm mikir2 lagi partnya (gak tau bisa kanibal pake part apa)

Tamiya TA04

ktanya kalau untuk touring, beban lbh bagus dibelakang,,makanya ta04 weight distributionnya lbh ke belakang,,tapi waktu kmrn2 maen ke mall di jkt yg ada DM tiap minggunya gw pernah liat kit ini di custom jadi FMS,,jadi anything is possible..hehehehehe

Tamiya TA05 (IFS, ver.2, TA05MS)



sebenernya yang jadi pertanyaan kan apa sih beda TA05 ifs, ver 2 dan ta05ms atau malah ta05R???bedanya cuma divariasi chassis aja..
kalau ta05 ifs (inboard front suspension) diliat dari namanya aja bisa diliat kalau posisi front suspensionnya tidur,, nah kl ta05r itu versi lbh bagus (kyk honda type R kali ya??) tapi masih based on ta05ifs (liat aja gambar untuk perbedaannya)..nah kl TA05ms itu posisi dinamo terbilang ketengah (kl liat gambar cm beda2 tipis bgt dari ifs) tapi front suspension undah berdiri dan pake shock tower.. TA05 ifs juga bisa kq didiriin suspensionnya dengan beli aja bulkhead belakang TA05 (katanya desain depan dan belakang sebenernya sama aja atau reversible).. TA05 juga paling bnyak aftermarket tunernya atau hop-up dan conversionnya mulai dari square, active hobby sampai eagle racing.. semuanya kembali keperluan dan budget aja..

konversi TA05
yang paling terkenal mungkin adalah TA05 square SP (type T, type s dll)
ta05 square sp ini katanya pembawaannya agresif banget,,mungkin hal ini karena desain chassis yg flexible (terutama type T yg punya ketebalan chassis lbh tipis)

kalau diliat sih emg kit ini weight distributionnya tergolong paling optimal, FMS, batre melintang..cm belakangan sejak keluarnya OTA-r31 yg punya steering angle 50deg. kit ini jadi punya kelemahan,,walaupun pada akhirnya ngambil juga sistem kaki2 OTA-r31 (SP-R31)..

ada juga konversi yg dikeluarin tamiya namanya tamiya VDF (kitnya TS juga nih). konversi ini sebenernya juga banyak bgt yang pakai,,walau katanya banyak yg bilang susah manji. menurut yg expert, kit ini agak susah manji karena framenya vvertikal sehingga tergolong rigit dan gak se-fleksibel square punya,,tapi kl yg maen jago dan settingan ok sih bagus2 aja (buktinya TS kita)...

ada dua versi dari vdf,,yg pertama kelaur itu vdf blue,,lalu keluar juga bersi emas (gold) nya,,sama aja sih sebenernya,,cm beda warna aja,,kl diliat2 sebenernya VDF dan SP sebenernya punya karakter yg sama FMS, karbon,,tapi beda di frame upper decknya aja,,tp kenapa karakternya beda ya??hehehehehehe...
beberapa drifter juga ada kq yg pake konversi lain kyk TA05 eagle racing, TA05 active hobby, TA05 T-N racing, sampe TA05 fijon.mungkin perbedaan kasat matanya bisa diliat dari gambar2 berikut.




tamiya TA06 tergolong baru,,part nya juga masih terbatas,,tapi yg perlu diketahui sistemnya udah 3 belt dengan posisi batre menyerupai otar31 cm dari bawah,,posisi shock seperti ifs,,tp juga kata ahlinya tamiya di stc, reversible bisa pake bulkhead blkng untuk buat posisi shock berdiri (i haven't confirmed it nyet)

dari make tamiya masih ada juga kit belt yg potensial namanya TRF (tamiya racing factory???) mulai dari 414,415,416 dan 417..
saya gak terlalu paham mengenai sejarah kit ini,,tapi kalau diliat dari sistemnya yg menyerupai ta05, sepertinya trf ini semacam mugen version dari honda atau modified rc tamiya (CMIIW)...




ada juga replika dari trf ini,,untuk identifikasinya bisa aja melihat gambar,,tapi yg biasanya di copy adalah trf 415 (Henglong series)

sama seperti TRF, Xray juga kit yg diperuntukan untuk touring,,jd gak gw bahas secara jhusus,,tapi kurang lbih tipe nya mirip kyk trf atau kit touring lain.contoh x-ray t3



lanjut lagi yg khusus drift nanti (atau kl ada yg mao lanjutin silakan..capek juga ngetik...)



callmeyas - 10/08/2008 12:59 AM
#6
All About ELEKTRONIK
Spoiler for break-in/inreyen motor brushed baru

hmm...brushed ato mata karbon standar pabrik alias masih gress biasanya ada lapisan pelindungnya. nah lapisan ini perlu di rusak alias di break-in. kalo ngga di break-in ato di inreyen dulu, lapisan ini jd smacam penghambat aliran listrik yg bikin motor jd tidak mengeluarkan power optimalnya, alhasil, konsumsi batre nda efisien, ato performa motor kurang maksimal.

ada banyak macem cara untuk inreyen ato break-in motor brushed. scara umum dan ini ane praktekin dgn melihat kertas petunjuk dari Tamiya. brikut langkah2nya.

1. siapin 3 batre NiMH ato 2 batre Alkaline. batre2 tersebut di rangkai seri supaya menghasilkan tegangan 3V (alkaline) atau 3.6V (NiMH). untuk hasil terbaik, gunakan adaptor AC > DC dan switch voltase output ke DC 3V. (untuk beberapa tipe motor, tidak bisa pakai batre, harus pake adaptor >ACDC)
2. siapin motor di tempat yg stabil dan tidak bikin motornya jalan2 sendiri waktu di break-in
3. hidupkan motor dgn memasang kutub2nya ke batre yg dipersiapkan pada nomer 1
4. biarkan motor berjalan pelan dan tanpa beban di tempat pinion.
5. lakukan break-in tanpa gangguan kira2 10~15 menit.
6. Setelah selesai dinginkan motor.

Langkah ini opsional alias tambahan (ini versi ane...nda perlu di ikutin jg nda papa. coba googling tentang "break-in brushed motor")
7. siapkan semprotan electronic contact cleaner
8. semprotkan sedikit saja dgn memakai sedotan ke arah kepala komutator
9. kalau ada kompresor, semprotkan kepala komutator yg sudah di semprot dgn contact cleaner.
10. kalau nda ada kompresor, di angin2kan dulu sebentar, kmudian hidupkan lagi motor kira2 3 menit untuk memastikan mata karbon / brushed siap di pakai.

slamat mencoba

note: silakan buka ini kalo bingung [youtube]-ZWD5PwLvMM[/youtube]


Spoiler for Arti nilai "A" di ESC

From:naga34
"semakin besar nilai A pd esc maka semakin besar pula kemampuan esc menyuplai arus ke motor,biasanya semakin besar nilai A nya maka arus yg dijejali ke motor secara tiba2 (burst) semakin besar pula,nah pernah liat rc bisa wheely/wheel stand, biasanya esc yg dipakai bernilai A lebih besar"


Spoiler for Brushless Motor/BL

apa sih motor BL?
motor BL itu teknologi terbaru dari motor arus DC yg sudah tidak memakai brush/carbon untuk memutar stator/komutator/rotor ato apalah (pokoknya yg di poros tengah itu.

karena ngga pake brush/carbon, otomatis motor jd hampir2 bebas perawatan (secara kasat mata) seperti ganti brush, proses break-in carbon/brush baru, bersih2 komutator/stator/rotor.

penggerak motor BL apa donk?
penggerak motor BL itu medan elektromagnet yg diciptakan dari kumparan/core yg ada disekeliling magnet yang disetrum berulang kali untuk menciptakan efek tarik menarik dgn magnet BL...jdnya....berputar deh itu magnet di tengah motor yg disebut dgn rotor.

BL kok ada yg sensorless sama sensored...bedanya apa?
Karena ngga pake brush/carbon, ESC nda tau dimana posisi titik tengah/titik netral. alhasil....krn buta, dan motor ngga ngasih tau posisi rotor...jadinya ESC asal printah aja "tambah gas kira2 30%"...di motor jadinya bisa 26% ato malah 33%. ini disebut motor sensorless.

nah motor sensored, otomatis, ESCnya bisa ngobrol2 sama motor...pada putaran sekian...rotor di posisi mana...otomatis, ESC bisa ngelola throttle supaya sesuai dengan perintah dari remot. waktu remot minta buka gas 30%...ESC lgsg printah ke motor, dan motor lgsg memberikan bukaan gas yg akurat...30% ya 30%. alhasil...bukaan gas lebih halus dan torsi di tiap RPM kurang lebih ada dan linear.

kelemahan BL apa sih?
kelemahan BL kurang lebih hampir sama kaya motor brushed....panas dan ngga boleh kena air di endbell (daerah kabel2).

Panas. sama kaya di motor brushed...suhu kerja motor BL jg sama2 tinggi sampe ujung jari aja mau megang motor ga bakal tahan lebih dari 1 ato 2 detik. alhasil...magnet di rotor akan melemah ato loyo kekuatan medan magnetnya...akibatnya putaran motor jd pelan dan makin lama terasa ngga reponsif. Kalo dipaksa dan dilakuin terus2an.......alamat ganti rotor donk gan.

meskipun magnet di rotor berbahan neodymium (magnet dgn toleransi suhu tinggi yg paling bagus) tetep ada batasnya. makanya....maennya jgn kontinu terus yaa

Air. sampe kapanpun....elektronik ngga bisa di campur sama air...parahnya....kalo motor BL termasuk kategori motor dgn kontrol elektronik di dalemnya. jadi? bisa rusak kalo endbell (tutup pantat motor)nya kemasukan air. analoginya....motor brushed = mesin jadul pake karburator, motor BL = mesin canggih dgn injeksi elektronik. makanya kalo offroader2 rata2 pake mesin yg injeksinya mekanis kaya karburator...biar bisa nyemplung2 di air/lumpur


Spoiler for Sensored vs Sensorless

Teknologi motor brushless dan ESC modern memunculkan dua kategori brushless...sensorless dan sensored. Lgsg cekidot dibawah ini..

Apa sih fungsi dari sensor di motor BL dan ESC?
Fungsinya sebagai "kabel data" antara ESC dgn BL. Dgn adanya "kabel data" ini ESC dapat berkomunikasi dengan BL supaya menghasilkan power dan torsi pada tiap RPM secara merata, efeknya? bikin halus akselerasinya dan makin tinggi top speednya. Kalo ngga ada "kabel data" power dan torsi yang diberikan oleh BLnya msh kasar dan ngga merata di tiap RPM.

Sensorless
Berarti tidak memakai sensor. Karena tidak memakai sensor, desain motor BL ama desain ESC lebih simpel...otomatis harga motor BL dan ESC sensorless jauh lebih ekonomis. Terlihat power dan torsi lebih galak, namun waktu pengendaraan slow speed atau throttle di urut, kliatan canggung motornya alias power dan torsi kurang rata.

Sensored
Jelas kali kalo sensored artinya pake sensor . Dengan adanya sensor, di motor dan esc ada rangkaian elektronik tambahan yang otomatis menambah biaya manufaktur (halah)....lebih mahal buat dibeli ketimbang sensorless. Tapi dengan lebih mahalnya itu, jaminan power dan torsi yang merata sekaligus lebih kencang jg ada dan nyata. Coba deh di urut throttlenya kl pake sensored...jauh lebih mak nyuss...dan smooooooth bawaannya.



Spoiler for Fungsi Exponential

exponential itu fungsinya mengatur output throttle ato steering sesuai bukaan di remot. jd variabelnya...

expo (+) positif > umumnya, membuat output throttle dan/ato steering lebih sensitif ato agresif. kalo di liat di garis kurvanya, expo + itu kurvanya naik ke atas. (feelingnya output dan input = 1,x : 1)

expo (0) netral > umumnya, membuat output throttle dan/ato steering linear sesuai dengan bukaan throttle dan/atau steering di remot (feelingnya output dan input = 1 : 1)

expo (-) negatif > umumnya, membuat output throttle dan/ato steering lebih kalem atau lambat. (feelingnya output dan input = -1,x : 1)

ini penting banget gan, baik maen speed offroad, touring EP, drift, M chassis, dan RC2 yg laen pasti butuh seting feeling kan? nah ini yg membantu agan bisa ngendaliin mobilnya agan.

skedar sharing, dulu ane setia pake futaba 2PL, tp smakin lama skill makin berkembang, ane maennya jd tambah ga enak, krn ga bisa ngatur sensitifitas remot ke mobil, akhirnya mau g mau (setelah dipaksa sama temen2) beli Futaba 4PL dan asli feelingnya lbh ktemu bgt ada setting exponential.

callmeyas - 10/08/2008 01:53 AM
#7
Modifikasi Kreatif :D
Bikin kit jd lebih enak? kaga perlu beli part2 yg sifatnya khusus...dgn putar otak sedikit bisa jd kit2 yg modifikasinya justru kreatif :2thumbup

1. Sumbangan agan felipe10
Spoiler for HL 518














Spoiler for sakura zero










callmeyas - 11/08/2008 08:10 PM
#8
Lanjutan Pekiwaaaan
Spoiler for pertanyaan umum

Q: merk mana yang murah tapi lumayan bagus?
A:
Merek yg murah tp lumayan bagus? 3racing dan MST. Why? 3racing terkenal sbagai pabrik aftermarket part2 RC dari berbagai merek, dan baru2 ini develop their own RC product dan kualitasnya udah diakui diberbagai ajang kompetisi Touring (untuk drift baru2 aja kluar baru)

Untuk MST, ini juga pabrik baru di Taiwan dmn dia jd OEM untuk kit MS-01D yg identik dengan Spice Desire SRD-01. Untuk market Jepang, dipasarkan Spice SRD-01, untuk market internasional, dipasarkan MS-01D. Varian terbaru ada FS-01D (dgn teknologi front motor).

Q: merk yang gampang cari sparepart & ga mahal
A:
ada 2, tp juara 1nya dipegang oleh TAMIYA. Sluruh LHS di Indonesia gak ada yg gak nyetok part Tamiya. Kemahalan beli part ori? ada aftermarketnya, mulai 3racing, Yeah Racing, GPM, dll

Juara 2 dipegang oleh 3racing. Pusat part 3racing untuk indo ada di Bandung Hobiland, Surabaya Fun RC, Jogjakarta Pitstop.

Q: merk mana yang lbh kuat / awet?
JA:
Untuk drift...rata2 gak ada kerusakan yg berarti (tabrakan pun gak separah maen speed apalagi heli. Jd smua merek OK kok. Biasanya merek Jepang lebih kuat. dibanding merek2 hongkong (Yeah Racing, 3racing)

cuman ada bbrp kasus part2 Eagle Racing lbh ringkih (namanya aja murah meriah)

Q: merk murah meriah mana yang continuitas nya terjamin?
A:
susah jawab 1 ini, krn agan gak spesifik dalam hal "kontinuitasnya". Tp yg pasti kontinyu (walopun speednya pelan), Tamiya, Yokomo, Streetjam, ARD, RC-Art, MST, 3racing,
Square, Eagle Racing, Yeah Racing, Proline, Spice, Enroute, Henglong, dll. Kecuali merek2 replika...mreka cuma copas produk ori aja.

Q: penjelasan tiap merek donk?
A:

Tamiya : pioneer RC dan hobby model di jepang. desain produknya user friendly dan mencakup sgala kalangan. untuk drift, statusnya cuma pelengkap line up aja. Skor drift: 6.5 / 10, alasan: biasa banget produk driftnya.

Kyosho : pioneer die-cast dan RC juga di jepang. terkenal dgn Mini-Z. Produk drift? gak punya. Skor drift: 0, alasan: gak punya produk khusus drift.

Yokomo : pabrikan RC yg murni performa tinggi. sponsor resmi D1GP (formula 1nya kompetisi drift di dunia). R&Dnya bergaji tertinggi di antara pabrikan lainnya (Masami Hirosaka). Produk drift? TOP MARKOTOB untuk newbie sampe expert. Drift Package (entry level dgn aftermarket part seabrek di jepang). DRB (kit exclusive drift Yokomo yg gak diragukan prestasinya), dan line up terbaru DIB. Skor drift: 8.5/10, alasan: teknologi gak se-update kompetitornya.

Streetjam/RC-Art/ARD/Kazama : sbenernya bukan pabrikan yg gede...krn awalnya dari bengkel mobil dan iseng2 kembangin kit yg udah ada dipasaran dgn label mreka. Bermula dari kit konversi (1+1 = 1) hingga punya kit orisinil dgn dibekali teknologi terkini dunia rc drift. Skor drift: 9/10, alasan: part hanya banyak di jepang dan harganya (kit maupun part) mahal. Tp disisi teknologi, paling maju.

hpi racing: salah satu mbah RC di amrik. dan gak punya kit drift tulen. untuk meramaikan pasar drift, hpi racing bikin perwakilan di jepang dengan nama Hot Bodies dan meluncurkan kit fenomenal, hpi/hb TC-D yg menjadi ibu dari segala desain kit drift dgn format front-mid motor layout yg akhirnya diikuti oleh merek2 lainnya. kit terbarunya, TC-FD dgn berbagai pembenahan dari TC-D. Skor drift: 8/10, alesan: di indonesia gak niat distributornya dan lagi harga mahal.

msh ada merek laen, kaya henglong, hsp, team magic, thundertiger, exceed rc, tp saya rasa kit drift yg ditawarkan nasibnya hanya pelengkap dan ngga terlalu istimewa. Pengecualian untuk team magic, mreka punya kit baru khusus drift dgn teknologi yg cukup baru walaupun ngga baru2 banget. saya udah nyobain itu kit (enak sih)...dan msh nunggu kesanggupan distributornya untuk masukin part2 nya.
callmeyas - 15/08/2008 01:03 AM
#9

reserved for update
street_sleeper - 15/08/2008 10:50 PM
#10

Quote:
Original Posted By adozen
mo ngedrift harus 4wd deh alias roda 4-4nya harus jalan...
mo yg murah meriah sih udah dikuarin ma tomica...cuman lom kuar disini..
drpd mini-z bisa bangkrut deh..
neh gw kasi dikit penampakan...



release sekitar 3000 YEN...ya 300rban la ma ship dll..
berharap aja cepet2 direlease di indo...hehehhe

source :
http://www.rc-fever.com/takara-tomy-ir-car-arxx-drift-package-light-c-136_263.html?language=jp


mantap boz!!!!
itu skala berapa yah?
itu ada setingan apa lagi ga boz?
mercusuar - 19/08/2008 01:39 AM
#11

itu emang mantep brooo...lagi nunggu di relaese aja

semoga cepet...
di jepang sih bulan 7 kmrn dah di relaese

tinggal tunggu masuk indo kapan.....

hahaha
mercusuar - 19/08/2008 01:45 AM
#12





ini saya punya baru mulai maen sih sekitar 1 bulanan

nyari barang na susah

itu yg biasa bukan yg drift

hehehehe
-dSt-GeRaLd - 09/09/2008 08:54 PM
#13

oh tidakk..udah lama ga ngedrift..
kasian kit gw terbengkalai
chitosse - 02/10/2008 04:01 PM
#14

gw liat di youtube, drift di Jepang populer banget ya? gimana nih dengan indonesia? soalnya gw tertarik banget dengan r/c yang nge-drift gitu..

coz gw msih awam, apa semua jenis r/c dapat di pake bwat nge-drift?
dulipat - 03/01/2009 03:27 PM
#15

bos..klo R/C merek Kyosho yg pk engine RFR brapa ya skrg harganya???
thx bos..msh awam nih..
k3bot - 20/01/2009 11:36 AM
#16

sepi beneerr...

pd ngumpul yuks di snayan
harizakbar - 23/01/2009 09:52 AM
#17

gag bisa nge drift,, pasti melintir
bukankecap - 25/01/2009 02:04 AM
#18

Quote:
Original Posted By adozen
mo ngedrift harus 4wd deh alias roda 4-4nya harus jalan...
mo yg murah meriah sih udah dikuarin ma tomica...cuman lom kuar disini..
drpd mini-z bisa bangkrut deh..
neh gw kasi dikit penampakan...



release sekitar 3000 YEN...ya 300rban la ma ship dll..
berharap aja cepet2 direlease di indo...hehehhe

source :
http://www.rc-fever.com/takara-tomy-ir-car-arxx-drift-package-light-c-136_263.html?language=jp


kapan yah nih barang ada di indonesia??surabaya khususnya...dah ngubek2 surabaya g kliatan idungnya ma sekali...TT mau beli onlen ada yang bisa kasi tau caranya g??yang g pake kartu kredit.. pokokna kudu dapat nih barang..
cybrid - 02/02/2009 12:55 PM
#19

Kayanya dah ada di indo neh. Kemaren2 g liat di multi...
Tapi sistem driftnya aneh. ban depan gak bisa belok gt. cuma dinamonya ada dua jadi kalo gak salah ban depan ama belakang digerakinnya pake dinamo independen.
rosser - 05/02/2009 06:38 PM
#20

Quote:
Original Posted By cybrid
Kayanya dah ada di indo neh. Kemaren2 g liat di multi...
Tapi sistem driftnya aneh. ban depan gak bisa belok gt. cuma dinamonya ada dua jadi kalo gak salah ban depan ama belakang digerakinnya pake dinamo independen.


kaga bro ban depan bisa belok
coba cek lagi pas masangnya

dinamo ada 2 tapi yang depan cuma bwd belokkin roda depan doank
yg belakang buat gerekin roda belakang n depan
gearnya sama kyk mini4wd (tamiya) ada tiang panjang dari gearbox belakang ke depan jadi muterlah 2-2nya dengan 1 dinamo saja
Page 1 of 491 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > LOEKELOE > MODEL KIT & R/C > [Share Info]Serba-Serbi Drift RC (Electric)