Arsitektur
Home > LOEKELOE > TEKNIK > Arsitektur > All About CAT
Total Views: 196288
Page 8 of 59 | ‹ First  < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 >  Last ›

servant_hugi - 21/06/2009 11:37 AM
#141

Quote:
Original Posted By chromashade
@servant_hugi
timbul putih-putih bisa jadi jamur, bisa juga chalking (mengapur) karena cat tembok lama sudah kehilangan integrity polymernya, sehingga filler dalam kondisi bebas dan terjadi chalking. Kemungkinan lain karena effloresence, tapi karena itu tembok lama, kayaknya kecil kemungkinan ini. Kalau sudah terkelupas, sudah pasti harus dikerok. Jika "nekat" ditumpuk cat baru, bayangkan saja kalau dasarnya sudah terkelupas, maka tidak bisa menjadi dasar untuk melekatnya cat baru. Cat tembok lama yang sudah menempel di tembok tidak akan bisa "larut" kembali dan membentuk "senyawa" dengan cat tembok baru. Jadi harus dikerok dan dibersihkan terlebih dahulu sebelum dicat ulang. Kalau warna, coba tanya anak-anak kaskus yang kuliah di DKV.




thank broo,, btw yg d kerok itu bagian yg putih aj nya aj,, apa smua???

kerok abis sampe tersisa didinding polos yah??
sukiman - 24/06/2009 04:48 AM
#142

Quote:
Original Posted By servant_hugi
thank broo,, btw yg d kerok itu bagian yg putih aj nya aj,, apa smua???

kerok abis sampe tersisa didinding polos yah??


kalo yang ini gw numpang jawab yah..

putih2 bentol2 yg mengelupas kemungkinan disebabkan oleh berjamurnya plamur yang lembab yang terperangkap diantara tembok dan lapisan cat..

kerok & amplas sebisa mungkin, terutama di bidang yang lembab.. setelah itu gunakan alkali sealer solvent based atau cat acrylic solvent based, agar plamur/cat yg berkapur lumayan merekat kembali di dinding..

setelah itu, kalau mau dindingnya benar2 mulus: plamur lagi, tunggu kering sempurna, trus cat.. atau langsung dicat saja
Ucup_karyO - 24/06/2009 04:15 PM
#143

menurut saya bro... apapun catnya, asalkan tidak berbau dan tidak menganggu pernafasan gpp sih... itung2 ikut menjaga bumi.. bumi pertiwi... hehehe

yoooo tarik lagii...
chromashade - 29/06/2009 10:07 AM
#144

Plamur bisa juga dicurigai sebagai biang jamuran, hal ini karena tukang old-style suka sekali memakai plamur jenis "LEM PUTIH" yang sudah diajarkan turun temurun selama beberapa generasi (mungkin). Lem putih berbahan dasar PVAc jika tanpa menggunakan additif biocides yang baik maka akan ada kemungkinan terserang jamur dari sisi bawah, sehingga menimbulkan masalah daya rekat (adhesi) cat tembok ke lapisan plamur dan temboknya sendiri. Kerok yang bersih dan di-refinishing lagi dari awal. Sebaiknya gunakan lapisan skim coat yang sesuai, jangan menggunakan lem putih.

Konsep Green Product dibagi menjadi beberapa jenis, yang paling "ringan" adalah dengan menggunakan surfactant yang APEO Free dan juga heavy metal free (termasuk mercury free). Seperti kita ketahui (baca blog tutorial tentang cat tembok) bahwa hampir semua cat berbahan dasar air sebenarnya adalah waterborne, bukan 100% berbahan dasar air saja didalamnya, tapi selalu terdapat solvent. Surfactant ini berfungsi sebagai emulsifier yang menjaga keseimbangan larutan yang terjadi. Keseimbangan ini bermacam-macam, yaitu keseimbangan polymer dan juga additif-additif yang ada didalam campuran cat tersebut. Nah, konsep APEO free ini adalah yang disebut "green surfactant" yang tidak merusak lingkungan. Umumnya semua produsen additif sekarang sudah memasarkan produk yang APEO free, cuman harganya sedikit lebih premium sehingga kebanyakan produsen cat tembok masih "enggan" untuk memakainya.

Konsep Green Product yang lain adalah tentang VOC (Volatile Organic Compound), yaitu bahan-bahan yang menguap dan merusak lingkungan. Adapun karena adanya additif "solvent" didalam waterborne system, maka solvent tersebut berpotensi menguap. Konsep VOC ini sangat tricky karena berdasarkan regulasi masing negara bisa berbeda-beda angkanya. Di Eropa, semua jenis solvent dengan titik didih diatas 245 Celsius (kalau tidak salah) dihitung sebagai Non-VOC (artinya dibawah itu adalah VOC). Di Amerika lain lagi, di China lain lagi, di Singapore juga mungkin lain lagi. Di Indonesia......... tidak ada aturannya. Dan perlu diketahui, penggunaan additif Non-VOC sebenarnya baik untuk lingkungan, tapi untuk performance polymer..... beberapa menyatakan setara tetapi harga bisa berlipat-lipat dari polymer yang biasa dengan kualitas setara tersebut. Jadi problemnya akan bergerak ke masalah ekonomikal sekarang.
evolet - 28/07/2009 09:09 PM
#145

Iseng buka kaskus cari tentang cat, gak rela banget produk dr perusahaan tempat gw kerja skrg koq pada gak tau yahh

Kayakna para petinggi perusahaan gw banyak pe er deh kalo keadaannya kayak gini. So buat meringankan beban para petinggi perusahaan gw bantu deh dikit2 sebisa nya.

Coba buka yang satu ini deh, semua produk cat, tips, & masalah2 dalam pengecatan dibahas tuntas...tass.. tass....

http://www.hiyoto.com/

more information email / pm aja yah..

[email]me_given79@yahoo.com[/email]. thank u

Red Hot - 07/08/2009 10:57 AM
#146

Waahh... seru seru.. gw baca dari awal jadi banyak masukan..
Tapi masih ada sedikit ganjelan neh..
Tolong bantu yaa..

Masalah cat exterior..
Cat lama rumah gwe udah pada ngelupas.. pertama gwe ambil ini rumah, si pengembang pake cat merek Q-luc..
Lalu 1,5 tahun kemuadian gwe ganti warna, pake cat Vinilex..
3 tahun kemudian (sekarang), itu cat sebagian udah pada ngelupas.. ada yang muncul warna cat pertama (Q-luc), ada juga yang sampe warna semen aci-annya..
Gwe sendiri lupa waktu ngecat sebelum ini, tukangnya maen timpa cat lama ato dibersihin / diamplas dulu..
Nah, sekarang ada rencana pake Dulux weathershield..
Tapi kata tukangnya, percuma.. soalnya tetep nanti ngelupas lagi..
Dan dia gak jamin awet, walo pake sealer sekalipun.
Apa benar demikian gan..????
Kalo iya, berarti kondisi rumah gwe sudah tidak maksimal lagi ya kalo pake cat dulux sekalipun.?

Trus... Apa iya sangat berpengaruh kalo cat biasa, katakanlah Vinilex, dicampur zat additive / penguat mutu cat, bisa jadi lebih baik untuk exterior..??

Thx ya buat bantuannya..
kristian_mario - 07/08/2009 01:08 PM
#147
Pemilihan warna cat
two thumbs up buat chromashade daan cunyang yg mau bagi2 ilmu2.....

mau tanya nih, kalau untuk pemilihan cat secara online ada gk yah , maksud saya, web yg nyediain gambar rumah2an + cat yg bisa kita pilih untuk di cat di rumah2an tsb.. maaf bahasa agk susah... thx
hel57 - 16/08/2009 11:24 AM
#148

mowilex bagus abis coy
TheatrEOFDreamS - 27/08/2009 02:30 PM
#149

gue mau nanya sedikit ni. misalnya kita cat tembok pake cat merk apapun. bagusan pake kuas atau yang kaya rol ?

soalnya gue mau buat cat tembok kamar. rol nya gue belom ada. adanya cuman kuas doank. cuma gue takut ga rapi. kalo pake kuas terus cat nya model timpa gitu bagus ga ?
karbukotak - 27/08/2009 04:39 PM
#150

interior pake vinilex,...exteriornya pake dulux gan
sukiman - 27/08/2009 04:55 PM
#151

Quote:
Original Posted By TheatrEOFDreamS
gue mau nanya sedikit ni. misalnya kita cat tembok pake cat merk apapun. bagusan pake kuas atau yang kaya rol ?

soalnya gue mau buat cat tembok kamar. rol nya gue belom ada. adanya cuman kuas doank. cuma gue takut ga rapi. kalo pake kuas terus cat nya model timpa gitu bagus ga ?


sori gw numpang jawab dulu, sembari nunggu bos2..

kalo untuk pake kuas, kadar air utk pengencerannya harus seimbang..

jangan terlalu banyak sehingga daya tutup/opacitynya berkurang atau bahkan mengapur catnya. jangan juga terlalu sedikit sehingga bekas kuasnya kelihatan.

untuk cat yang murah/encer ga usah ditambahkan air, utk cat mahal/kental, air max 10%. catatan cukup tambahkan air pada cat yang akan dipakai, karena kalau sudah ditambahkan air, cat harus dipakai habis dalam 1-2 hari, bila tidak akan membusuk sisanya..

Selain itu usahakan catnya per bidang selesai baru istirahat/berhenti, jangan cat setengah bidang, berhenti lanjut esok. nanti akan kelihatan bekas sambungannya..

tambahan, kalau bisa, coba lapisan pertama dikuas horizontal, lapisan kedua dikuas vertikal, atau sebaliknya, bisa lebih ok hasilnya. hehehe...
selikoer - 28/08/2009 12:30 AM
#152

lagi cari warna merah berani

1. nyoba merek Yoko, ane aplikasi di lis profil gypsum koq gak bisa rata catnya ya, pengecetan pake kuas

2. nyoba merek mowilex, ane aplikasi di tembok, sebelumnya udah di dasari putih, pake kuas, tetep keliatan garis kuasnya

kalau pake roll koq sepertinya bergelembung isi udara/busa gitu

pertanyaan, cat merk apa yang punya koleksi warna merah asli/berani?, coba cari di dulux sepertinya gak ada warna merah

kalau susah ratanya itu salah di mananya? apakah harus di pake spray?
erickhan - 28/08/2009 11:33 PM
#153

@all ada yang tau merk vugo?
sukiman - 29/08/2009 01:41 PM
#154

numpang jawab lagi...

Quote:
Original Posted By selikoer
lagi cari warna merah berani

1. nyoba merek Yoko, ane aplikasi di lis profil gypsum koq gak bisa rata catnya ya, pengecetan pake kuas

apakah cat yoko solvent base (menggunakan thinner)? kemungkinan disebabkan karena hiding power/opacitynya kurang, cat hanya berisi pigmen merah aja, kurang filler/titanium. harus dilapis 3-4x agar rata. utk hasil optimal sebelum dicat warna akhir, gunakan cat dasar (meni/undercoat) biasanya tampilannya dof/flat/matt berwarna putih baru dilapisi cat akhirnya 2x..

Quote:
2. nyoba merek mowilex, ane aplikasi di tembok, sebelumnya udah di dasari putih, pake kuas, tetep keliatan garis kuasnya

coba sesuaikan kekentalannya dengan menambahkan sedikit air. coba dengan lapisan I gunakan air 5-10%, lapisan II gunakan air 10-25%...

Quote:
kalau pake roll koq sepertinya bergelembung isi udara/busa gitu

gelembung udara biasanya segera pecah dan setelah kering takkan berbekas, memang akan menghasilkan textur khas kuas rol.. bila tiak mau tekstur kuas tidak kelihatan, gunakanlah cat yang hasil akhirnya flat/dof/matt..

Quote:
pertanyaan, cat merk apa yang punya koleksi warna merah asli/berani?, coba cari di dulux sepertinya gak ada warna merah

sebagian besar cat bermerk memiliki warna merah berani, hanya saja pigmen merah & kuning dibuat dari bahan organik yang tidak tahan UV. produsen cat berkelas sudah menghindari pemakaian pigmen merah utk cat2 exterior agar tidak citra & nama baik mereka.
tapi warna merah & kuning masih banyak dipasaran koq, dicari aja, hehehe..

Quote:
kalau susah ratanya itu salah di mananya? apakah harus di pake spray?

kalau mau pakai spray lalu catnya semigloss/satin/silk tentu hasil akhir jauh lebih bagus. kalau pake kuas cat/rol lalu tidak suka dengan teksturnya, gunakanlah cat yang hasil akhirnya doff/matt/flat..
selikoer - 30/08/2009 12:07 AM
#155

terima kasih ya atas jawabannya, mulai terbuka nich pikirannya
sukiman - 31/08/2009 12:58 PM
#156

maaf numpang jawab lagi, sembari nunggu bos2... saya juga lagi nunggu konsultasi nih..
Quote:
Original Posted By Red Hot
Waahh... seru seru.. gw baca dari awal jadi banyak masukan..
Tapi masih ada sedikit ganjelan neh..
Tolong bantu yaa..

Masalah cat exterior..
Cat lama rumah gwe udah pada ngelupas.. pertama gwe ambil ini rumah, si pengembang pake cat merek Q-luc..
Lalu 1,5 tahun kemuadian gwe ganti warna, pake cat Vinilex..
3 tahun kemudian (sekarang), itu cat sebagian udah pada ngelupas.. ada yang muncul warna cat pertama (Q-luc), ada juga yang sampe warna semen aci-annya..
Gwe sendiri lupa waktu ngecat sebelum ini, tukangnya maen timpa cat lama ato dibersihin / diamplas dulu..
Nah, sekarang ada rencana pake Dulux weathershield..
Tapi kata tukangnya, percuma.. soalnya tetep nanti ngelupas lagi..
Dan dia gak jamin awet, walo pake sealer sekalipun.
Apa benar demikian gan..????
Kalo iya, berarti kondisi rumah gwe sudah tidak maksimal lagi ya kalo pake cat dulux sekalipun.?

memang untuk ngupas cat yg dah tua&berkapur, sampai kelihatan tembok hitamnya, repot.. apalagi kalau cuma pakai amplas biasa dan pisau dempul..

kalau bisa sewa kontraktor yang punya alat blasting ato pake water jet, mungkin lebih mendingan... kalau pakai pengupas cat/soda api, lalu asamnya masuk ke pori2 semen, jadi repot lagi..

untuk mendapatkan hasil maksimal di kasus rumah anda, pakai alkali sealer memang hanya akan berpengaruh dikit, lebih baik pakai masonry sealer (solvent base sealer) dimana setelah ditambahkan thinner, daya penetrasinya lebih tinggi dari water based sealer. sehingga berfungsi untuk mengikat kembali cat/lapisan yang dah berkapur, ke tembok dibelakangnya..

Quote:
Trus... Apa iya sangat berpengaruh kalo cat biasa, katakanlah Vinilex, dicampur zat additive / penguat mutu cat, bisa jadi lebih baik untuk exterior..??

hmm... kalau sangat berpengaruh.. tergantung yah... tergantung juga aditif yang digunakan..

ada banyak bermacam2 aditif untuk cat tembok, kalau untuk penguat mutu cat, misalkan berhubungan dengan aditif anti fungal & anti bacterial.
setiap cat memiliki daya tahan berbeda terhadap jamur, lumut & bakteri. ini disebabkan karena bahan dasar yang digunakan + aditif.. selain memperpanjang jangka waktu expirednya, juga membuat jamur/lumut tidak bisa hidup/bertumbuh pada permukaan cat.

cat kualitas rata2 seperti yang anda sebutkan bisanya setelah 1 tahun diaplikasikan, akan mulai 'dihinggap' lumut, apalagi di bagian profil atau talang yang sering dilewati atau ditiris air hujan..

dengan menambahkan kadar anti fungal/bacterial, dapat memperlama ketahanan cat akan lumut sampai katakanlah 2-3 tahun, tidak lebih... tapi kadar racun di catnya akan bertambah sehingga kadang aplikasi di ruangan tertutup, orang bisa batuk2&muntah, dan bila air dari talang/profil jatuh ke tanaman, tanaman akan mati, bila sisa cat dibuang ke tanah, tanah juga teracuni.. itu kalau ditambahin aditif anti fungal..

tapi biasanya tukang cuma nambahin lem putih kedalam cat lalu dicampur rata, sepertinya ketahanan & daya rekatnya naik sedikit, aditif resep lokal... hehehe...
danke76 - 31/08/2009 02:10 PM
#157

thread yg sangat informatif, pas kebeneran mo cat ulang interior rumah...thx all
wircr7 - 12/09/2009 11:51 AM
#158

Walah, bingung zaman sekarang pilih cat..Btw kok rata2 di rumah gw cat 1-2 tahunan uda kotor ya. Banyak dedu2 nempel. Klo di lap takut catnya luntur nih..
bmasub01 - 13/09/2009 11:48 AM
#159
Perbandingan Harga (100% Acrylic) u/ Mowilex, Nippon, Dulux ICI, dan ACE Paint
Halo semuanya,

Mau tanya perbandingan harga antara Mowilex, Nippon, Dulux ICI, dan ACE Paint? Terus bisa kasih saran bagus nya pake apa? thank you.
congkoko - 21/09/2009 01:45 PM
#160

ada saran ngak gan buat pengecatan eksterior selain dulux weathershield
Page 8 of 59 | ‹ First  < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 >  Last ›
Home > LOEKELOE > TEKNIK > Arsitektur > All About CAT