TANAMAN
Home > LOEKELOE > TANAMAN > Ada Nolina, Dracaena, Pandan, dan Puya di Sini
Total Views: 5840 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 14 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

hararejo - 06/01/2009 01:17 AM
#1
Ada Nolina, Dracaena, Pandan, dan Puya di Sini
Bagi yang suka salah satu tanaman berikut ini:
NOLINA
DRACAENA
PANDAN, atau
PUYA,
mari kita sharing.

Sebagai pemancing, saya ingin menampilkan NOLINA sebagai sarana untuk belajar bagi bayi atau todler yang mulai mengenal bilangan.

Karena nolina bisa bercabang banyak, kita bisa mengurutkannya sebagai pengganti bilangan. Bagi anak kecil, bilangan adalah sesuatu yang abstrak. Utk memperkenalkan bilangan kita harus menggunakan alat bantu.

Nah, dalam hal ini nolina bisa menjadi contoh.

Tanaman NOLINA yang besarnya seperti ini:

Ada Nolina, Dracaena, Pandan, dan Puya di Sini
bisa kita jadikan alat bantu untuk mengajar berhitung
............................

Mari ajari bocah cilik kita berhitung dengan nolina berikut:

SATU
Ada Nolina, Dracaena, Pandan, dan Puya di Sini

DUA
Ada Nolina, Dracaena, Pandan, dan Puya di Sini

TIGA
Ada Nolina, Dracaena, Pandan, dan Puya di Sini

EMPAT
Ada Nolina, Dracaena, Pandan, dan Puya di Sini

LIMA
Ada Nolina, Dracaena, Pandan, dan Puya di Sini

.......DAN SETERUSNYA......

Cara belajar yang menyenangkan, kan?

Ada yang bisa sharing manfaat lainnya?
Seureuhbeureum - 06/01/2009 06:46 AM
#2

Quote:
Original Posted By hararejo
Bagi yang suka salah satu tanaman berikut ini:
NOLINA
DRACAENA
PANDAN, atau
PUYA,
mari kita sharing.

Sebagai pemancing, saya ingin menampilkan NOLINA sebagai sarana untuk belajar bagi bayi atau todler yang mulai mengenal bilangan.

Karena nolina bisa bercabang banyak, kita bisa mengurutkannya sebagai pengganti bilangan. Bagi anak kecil, bilangan adalah sesuatu yang abstrak. Utk memperkenalkan bilangan kita harus menggunakan alat bantu.

Nah, dalam hal ini nolina bisa menjadi contoh.

gile kang keren2, mantaps2 saya juga suka pisan tapi belum punya

Tanaman NOLINA yang besarnya seperti ini:

Ada Nolina, Dracaena, Pandan, dan Puya di Sini
bisa kita jadikan alat bantu untuk mengajar berhitung
............................

Mari ajari bocah cilik kita berhitung dengan nolina berikut:

SATU
Ada Nolina, Dracaena, Pandan, dan Puya di Sini

DUA
Ada Nolina, Dracaena, Pandan, dan Puya di Sini

TIGA
Ada Nolina, Dracaena, Pandan, dan Puya di Sini

EMPAT
Ada Nolina, Dracaena, Pandan, dan Puya di Sini

LIMA
Ada Nolina, Dracaena, Pandan, dan Puya di Sini

.......DAN SETERUSNYA......

Cara belajar yang menyenangkan, kan?

Ada yang bisa sharing manfaat lainnya?


gile kang keren2, mantaps2 saya juga suka pisan tapi belum punya yang kayak gitu, yang ada kayak gini kata pedagangya termasuk nolina juga
tapi kristata, betul gak sih???

Ada Nolina, Dracaena, Pandan, dan Puya di Sini
ddionysius - 06/01/2009 07:18 AM
#3

bener keren dan mantep, pakde gak punya yang bulet-2 kayak gitu. adanya yang udah manjang "leher" nya, yang nurut pakde kurang cakep.
murry - 06/01/2009 07:36 AM
#4

nyimak dulu sambil coffee:
Alwyp2008 - 06/01/2009 07:45 AM
#5

Nolina kalo mo bercabang, tinggal potong aja sisain tuh umbinya lalu disemprot ZPT penumbuh tunas samping deh D betul gak gan ???
Seureuhbeureum - 06/01/2009 08:11 AM
#6

Quote:
Original Posted By Alwyp2008
Nolina kalo mo bercabang, tinggal potong aja sisain tuh umbinya lalu disemprot ZPT penumbuh tunas samping deh D betul gak gan ???


tapi yang no urut 3 kayaknya udah dari sononya bang alwyp?
hararejo - 06/01/2009 12:48 PM
#7

Quote:
Original Posted By Seureuhbeureum
gile kang keren2, mantaps2 saya juga suka pisan tapi belum punya yang kayak gitu, yang ada kayak gini kata pedagangya termasuk nolina juga
tapi kristata, betul gak sih???

Ada Nolina, Dracaena, Pandan, dan Puya di Sini


Kayaknya itu juga nolina yang biasa juga disebut beaucarnea. Lengkapnya Nolina/Beaucarnea recurvata (ini nolina yang paling umum di kita). Saya juga punya N. gracilis, N. guatemalaensis dan N. longifolia. Tapi semuanya masih imut2... Kapan2 diposting deh gbrnya di sini.

Ohya Seureuh, itu sampe ke umbi2nya dikubur ya? Kayaknya medianya terlalu tinggi tuh. Bonggol harus terkena sinar dan udara juga sebagi upaya menjalani proses penuaan. Kalau umbi/bonggolnya sudah agak besar mungkin perlu repotting juga.
hararejo - 06/01/2009 01:02 PM
#8

Quote:
Original Posted By Alwyp2008
Nolina kalo mo bercabang, tinggal potong aja sisain tuh umbinya lalu disemprot ZPT penumbuh tunas samping deh D betul gak gan ???


Betul sekali! Memang tidak 100% dijamin 'jadi', kadang seteah dipotong malah bonggol jadi gembos dan membusuk. Jadi saran saya kalau mau eksperimen dengan memotong cabang harus punya banyak persediaan.

Quote:
Original Posted By Seureuhbeureum
tapi yang no urut 3 kayaknya udah dari sononya bang alwyp?


Iya, yang nomor 3 masih asli. Sebenarnya yang asli bonggol dari bawah menjadi lebih dari 3 pun ada sih, tapi jarang.
Seureuhbeureum - 06/01/2009 01:13 PM
#9

Quote:
Original Posted By hararejo
Kayaknya itu juga nolina yang biasa juga disebut beaucarnea. Lengkapnya Nolina/Beaucarnea recurvata (ini nolina yang paling umum di kita). Saya juga punya N. gracilis, N. guatemalaensis dan N. longifolia. Tapi semuanya masih imut2... Kapan2 diposting deh gbrnya di sini.


Ngemeng2 gak ada yang dilepas gak tuh? selain nolina kayaknya Tilandsia pun bagus kang, punya koleksi tilandsia juga gak?

[/QUOTE]Ohya Seureuh, itu sampe ke umbi2nya dikubur ya? Kayaknya medianya terlalu tinggi tuh. Bonggol harus terkena sinar dan udara juga sebagi upaya menjalani proses penuaan. Kalau umbi/bonggolnya sudah agak besar mungkin perlu repotting juga.[/QUOTE]

Wah thanks banget infonya ntar direpot lagi dah.
Alwyp2008 - 06/01/2009 01:15 PM
#10

Quote:
Original Posted By Seureuhbeureum
tapi yang no urut 3 kayaknya udah dari sononya bang alwyp?


3 dan 4 kayaknya original body tuh genit: genit: pengen:
hararejo - 06/01/2009 01:39 PM
#11

Quote:
Original Posted By Alwyp2008
3 dan 4 kayaknya original body tuh genit: genit: pengen:


Yang 4 kan keliatan kalo itu hasil modif D
Seureuhbeureum - 06/01/2009 03:57 PM
#12

Quote:
Original Posted By hararejo
Yang 4 kan keliatan kalo itu hasil modif D


media yang bagus buat nolina apa kang? trus harus basah atau kering?
hararejo - 06/01/2009 05:32 PM
#13

Quote:
Original Posted By Seureuhbeureum
media yang bagus buat nolina apa kang? trus harus basah atau kering?


Yang jelas harus porous banget bro.
Itu kan masih kelompok yang suka hidup di gurun2..
Karena pertumbuhan akarnya cepat, harus sering ganti media atau pot. Kasihan kalo akar2nya berjulat-jalit sampai memenuhi dasar.
Daun keringnya rajin2 dibuang ya D
godongmulyo - 06/01/2009 05:55 PM
#14

weeeekkssss ,lucu2 nolinanya om

nyemai dr biji ya kayaknya ? bisa tumbuh bareng2 dan montok2....,juga ada juga beberapa yg timbul kelainan

wuiiiih keren euy
maho
ricogracie - 06/01/2009 10:21 PM
#15

wew keren......... kalo d kasih anak belajar hitung yg ad rontok smua\)
2 3 4 5 bagus
hararejo - 07/01/2009 12:13 AM
#16

Quote:
Original Posted By godongmulyo
weeeekkssss ,lucu2 nolinanya om

nyemai dr biji ya kayaknya ? bisa tumbuh bareng2 dan montok2....,juga ada juga beberapa yg timbul kelainan

wuiiiih keren euy
maho


Iya, dari biji bro, kecuali yg gede pertama itu.
Kalau dari biji kan kita bisa belajar mengamati pertumbuhannya sejak germinate.
Lagian, kepuasannya lain bro, dalem banget...haha
Alwyp2008 - 07/01/2009 07:15 AM
#17

Quote:
Original Posted By hararejo
Iya, dari biji bro, kecuali yg gede pertama itu.
Kalau dari biji kan kita bisa belajar mengamati pertumbuhannya sejak germinate.
Lagian, kepuasannya lain bro, dalem banget...haha


berapa lama ya bro nanam dari biji sampai segitu besarnya?

Belum pernah liat bijinya euy!! D kalo misah umbi iya!
hararejo - 07/01/2009 04:55 PM
#18

Quote:
Original Posted By Alwyp2008
berapa lama ya bro nanam dari biji sampai segitu besarnya?

Belum pernah liat bijinya euy!! D kalo misah umbi iya!


Bijinya putih kecil, lebih kecil dari biji Dracaena (hehe, jangan2 biji Dracaena juga blom liat). Yah, ukurannya sebesar biji lada atau ketumbar deh. Waktu nyemai sih sempet saya foto, tapi nyari fotonya itu yang makan waktu.

Kalau biji segar sejak nyemai sampai berkecambah tidak sampai seminggu. Contoh tanaman yang # 1 di atas sekitar usia 6 bulan. Saat masa pertumbuhan sangat boros nutrisi. Karena akarnya banyak, harus repotting dari waktu ke waktu, terutama jika bonggol mulai terbentuk.
godongmulyo - 07/01/2009 05:54 PM
#19

Quote:
Original Posted By hararejo
Bijinya putih kecil, lebih kecil dari biji Dracaena (hehe, jangan2 biji Dracaena juga blom liat). Yah, ukurannya sebesar biji lada atau ketumbar deh. Waktu nyemai sih sempet saya foto, tapi nyari fotonya itu yang makan waktu.

Kalau biji segar sejak nyemai sampai berkecambah tidak sampai seminggu. Contoh tanaman yang # 1 di atas sekitar usia 6 bulan. Saat masa pertumbuhan sangat boros nutrisi. Karena akarnya banyak, harus repotting dari waktu ke waktu, terutama jika bonggol mulai terbentuk.


Kalau yg paling besar itu dah pernah berbunga blum om ? kali aja bisa di HP (handpollination) buat hasilken bijinya.....kan mayan,ndak usah import lagi he3x
Alwyp2008 - 07/01/2009 08:48 PM
#20

Quote:
Original Posted By hararejo
Bijinya putih kecil, lebih kecil dari biji Dracaena (hehe, jangan2 biji Dracaena juga blom liat). Yah, ukurannya sebesar biji lada atau ketumbar deh. Waktu nyemai sih sempet saya foto, tapi nyari fotonya itu yang makan waktu.

Kalau biji segar sejak nyemai sampai berkecambah tidak sampai seminggu. Contoh tanaman yang # 1 di atas sekitar usia 6 bulan. Saat masa pertumbuhan sangat boros nutrisi. Karena akarnya banyak, harus repotting dari waktu ke waktu, terutama jika bonggol mulai terbentuk.


lho kok tau nohope: he..he..D takutnya bijinya kayak biji palisotha..alus-alus ampe lupa nabur dimana trus pas tumbuh kirain rumput liar D D
Btw masih ada gak biji nolinanya ?? krn kemarin mampir ke depot kembang saya liat nolina bonggolnya dah guede banget +/- seukuran 30cm dan 40cm belum pernah berbunga palagi berbuah nohope:
Page 1 of 14 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > LOEKELOE > TANAMAN > Ada Nolina, Dracaena, Pandan, dan Puya di Sini