Airsoft Indonesia
Home > LOEKELOE > SPORTS > Airsoft Indonesia > Panduan Aksesoris dan Part Airsoft
Total Views: 32345 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 24 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

putra_parker - 12/08/2008 09:49 AM
#1
Panduan Aksesoris dan Part airsoft
Thread ini membahas hal2 terkait aksesoris ersop dan part ersop yang bermasalah

Spoiler for tips

This article formerly posted by Erzelo (Erick)


[quote=Erzelo]
TIPS RINGAN DALAM MEMILIH ASESORIS DAN PELENGKAP AIRSOFT
by : Erick (Erzelo)

Tentang FPS

Seringkali kita "tertipu" dengan ukuran FPS dari produk-produk airsoftgun buatan Cina. Mereka menuliskan ukuran FPS yang sebenarnya terlalu tinggi dari yang sebenarnya (pengukuran oleh chronograph). Seperti kita ambil contoh untuk produk dari Well, Well R6. Dituliskan di karton pembungkusnya, bahwa R6 berkecepatan 330 FPS.

Pada sebenarnya, jika diukur dengan chronograph, maka FPS yang dihasilkan hanya 240. Demikian juga dengan airsoftgun lain buatan Cina. Jadi untuk mudahnya, jika tertulis FPS dengan angka sekian untuk sebuah airsoftgun Cina pada buku manual atau kardus pembungkusnya, maka ada baiknya kita kurangkan 100.

Memilih BB

Pada umumnya, airsoftgun menggunakan peluru BB (Ball Bearing) berukuran diamter 6mm. Hampir semua jenis airsoftgun menggunakan BB berukuran ini. Pemilihan BB yang baik sangatlah penting, karena kesalahan dalam memilih BB yang digunakan dapat mengakibatkan tembakan yang tidak akurat, airsoftgun macet, bahkan bisa sampai merusak mekanisme airsoftgun yang menggunakan BB yang buruk. Selain itu perlu juga memperhatikan berat dan warna dari BB tersebut, sesuai kebutuhan. Untuk memilih BB yang baik dan tepat, tidaklah sulit.

1. Pilih BB dengan permukaan licin, dan bulat utuh, tidak ada bekas sambungan plastik, tidak ada permukaan yang kasar maupun tidak rata. Hal ini ditujukan agar sewaktu BB masuk ke chamber di receiver dan innner barrel, tidak ada BB yang macet.

2. Pilih BB dengan warna kuning cerah, jingga cerah, atau merah cerah. Hal ini ditujukan agar sewaktu menembakan BB, kita dapat melihat BB yang terlontar dari laras airsoftgun kita, sehingga memudahkan dalam "melacak" arah tembakan kita. Hal ini terutama sangat penting pada saat kita akan menyetel "hop-up", atau sedang mengukur arah angin, karena jika kita memakai BB berwarna biru, merah tua, atau putih, seringkali BB yang terlontar tidak terlihat oleh mata, karena secara visual, warna kuning cerah, jingga cerah, dan merah cerah saja yang dapet merefleksikan cahaya meski di siang hari yang sangat terang, juga di malam hari, saat intensitas cahaya cukup rendah.

3. Berat BB juga sangat berperan penting dalam bermain airsoftgun. Untuk airsoft model AEG atau high-power airsoftgun, dengan FPS antara 230-300, bisa memakai BB dengan berat 0.12g, 0.15g, dan 0.2g. Untuk airsoft dengan FPS di atas 300 (biasanya model sniper rifle, atau airsoft yang sudah diupgrade) sangat disarankan untuk memakai BB dengan berat 0.2g, 0.25g, 0.30g, agar dalam menembak tidak ada BB yang terlalu melayang karena tidak seimbangnya berat BB dengan tenaga yang melontarkan BB tersebut. Untuk permainan outdoor, sangat penting dalam mengukur kecepatan angin, jika dirasa angin agak kencang, maka sebaiknya menggunakan BB dengan berat minimal 0.2g.


Laser Pointer dan Scope

Laser pointer yang bagus adalah laser pointer yang lurus dan titiknya tidak menyebar (fokus). Laser pointer saat ini ada dalam 3 warna, yaitu merah, biru, dan hijau. Perlu diketahui bahwa laser dengan warna biru dan hijau dilarang penggunaannya dalam permainan semacam airsoftgun, karena terutama laser dengan warna biru dapat menyebabkan kebutaan dengan tingkat peluang 70%, sementara laser hijau dengan tingkat 40%. Jadi selalulah memakai laser dengan warna merah, yang mana dinilai cukup aman
dalam situasi permainan semacam airsoftgun, dan jangan sekali-kali memancarkan laser ke mata orang lain atau diri sendiri.
Penggunaan laser sangat disarankan pada malam hari, di mana situasi cukup gelap, sehingga sulit untuk mengukur posisi lawan dengan akurat tanpa bantuan sebuah laser pointer. Sementara pada siang hari, laser pointer tidak terlalu banyak berguna, karena tersamar oleh cahaya matahari, sehingga, diperlukan sebuah scope untuk manandai target. Scope yang baik adalah scope yang mempunyai "crosshair", sehingga kita dapat dengan mudah menandai target pada titik terkecil, dengan kata lain, selalu gunakan scope kusus untuk rifle, bukan scope lain (misalnya binocular atau scope untuk golf). Jadi scope dan laser pointer adalah tandem yang diperlukan, yang posisinya saling melengkapi (perlu keduanya), jika kita ingin menandai target dengan tepat (sniper mode).


Tune UP Kit

Saat kita ingin upgrade airsoftgun kita, perlu diperhatikan bagian-bagian mana yang penting untuk diganti.

1. Per. Gunakan selalu per dengan panjang yang sama dengan per asli dari airsoftgun yang ingin kita upgrade, tetapi dengan Bahan yang lebih keras. Hal ini ditujukan supaya piston dan spring guide tidak terlalu tertekan pada saat posisi normal, karena per yang lebih panjang, tetapi tetap melontarkan piston dengan lebih keras.

2. Spring guide. Saat mengganti per, sebaiknya spring guide juga diganti ke bahan yang sudah metal (jika sebelumnya spring guide hanya terbuat dari plastik atau bahan lain yang lebih lunak dari metal). Hal ini ditujukan, agar spring guide tidak mudah patah.

3. Bearing yang digunakan sebaiknya terbuat dari metal.

4. Pasak pada gear sebaiknya terbuat dari metal. Pada beberapa airsoftgun, meski gear dan gearbox sudah metal, tetapi seringkali didapati bahwa pasak atau poros pada gear masih dari bahan plastik, seperti produk Well R6. Hal ini sebenarnya tidak terlalu fatal, tapi bisa menyebabkan kefatalan pada jangka panjang. Dengan berputarnya gear, maka porosnya otomatis akan tergesek. Oleh sebab itu sebaiknya terbuat dari metal juga.

5. Inner barrel sebaiknya terbuat dari kuningan. Hal ini dimaksudkan agar inner barrel lebih tahan lama dan tidak memuai seperti bahan almunium. Tetapi yang menjadi kekurangan adalah, almunium tidak bisa berkarat, sedangkan kuningan bisa karatan, jadi sangat penting inner barrel selalu dibersihkan setiap kali sehabis skirmish. Inner barrel dapat dibersihkan dengan cara memakai "rod cleaner" yang didapat saat membeli airsoftgun, dan cara pemakaiannya pun ada di setiap buku manual. Jangan lupa memakai silicon oil/silicon spray sebagai cairan pembersih, jangan gunakan WD-40 atau cairan pembersih lain yang mangandung karosin/minyak tanah, karena jika terkena karet hop-up atau bagian plastik dan karet lain di dalam airsoftgun, maka dapat terjadi kemungkinan merusak bagian-bagian dari karet dan plastik tersebut.

Pada setiap kali upgrade, jangan lupa juga mengganti batere dengan kapasitas amper yang jauh lebih besar, agar batere tidak cepat habis. Sementara untuk voltase, untuk mendorong per dengan ukuran 120, masih bisa digunakan batere 8.4 volt, tidak perlu
mengganti dengan ukuran 9.6 volt

[/quote]
putra_parker - 12/08/2008 07:42 PM
#2

LINKS

All About Aiming Devices -- pembahasan khusus aiming devices (scope,reddot,dll)
Tips Memilih Laser dan Scope
Cara kerja Hi-Capacity Magazine untuk AEG
Battere?
What is bushing or metal bushing?
Hop-Up

Kalau rekan2 ada yang menemukan thread atau post yang berupa tips/artikel/panduan dan sebagainya terkait AKSESORIS dan PART.

silahkan post atau PM ke saya linknya,agar membantu menambah informasi buat temen2 kita yang lainnya.

terima kasih.
eriertanto - 12/08/2008 07:58 PM
#3

TIPS dari sayah:
Jangan Keburu Napsu Karena Kena Racun Yang Ditebar Oleh Tetangga genit:

SARAN:
Pelajari dulu sebelum membeli / memesan jadi ga buang2 pikiran, tenaga dan yang penting ya isi ATM.... o

nohope:
b0ris - 12/08/2008 08:03 PM
#4

Quote:
Original Posted By putra_parker
mainlah dengan yang FPS nggak lebih dari 450an...
dan bermain dengan jarak aman....up to 15m

nggak akan pecah kok....

dan resiko kenanya juga kecil kok..karena pas ditembak pasti otomatis tubuh ngelak..kecuali anda nggak ngaku (curang) ditembakin terus..jangan marah kalo lensanya baret or sesialnya pecah...

intinya....ati2 aja makenya...


thx broder
kecil berarti resikonya....

maklum, nubi abis...skirmis aja blon pernah...penasaran kek gimana beburu manusia yg bisa nembak balik genit:
Sgt.Lvp - 14/08/2008 06:08 AM
#5

nambahin dwong deh :

safety first!

banyak banget newbie yang nanya, abis bli aeg ama gbb, enaknya beli apa? ato vest apa? ato sragam apa?

hello..???

itu mata cuman dua, kalo rusak ga ada yang jual spare partnya, ga peduli merk jingong ato systema!


itu kancing bunder penghias kepala mending diamanin dulu deh!
coekrix - 14/08/2008 06:51 AM
#6

manx di kepala ada kancing gitu??

koq aq ga ada??
Sgt.Lvp - 14/08/2008 07:16 AM
#7

Quote:
Original Posted By coekrix
manx di kepala ada kancing gitu??

koq aq ga ada??



kepala yang spec down emang dikurangi featurenya, termasuk isi2nya diilangin.
coekrix - 14/08/2008 07:35 AM
#8

ooowww....

makanya yang lain pada heran.....

mana pada pengen tukeran lagi...

ternyata kpalaku special to....
mamangbakso - 14/08/2008 12:19 PM
#9

Quote:
Original Posted By coekrix
ooowww....

makanya yang lain pada heran.....

mana pada pengen tukeran lagi...

ternyata kpalaku special to....


ngomong opo toh krix.... holo ??
wollstonecraft - 14/08/2008 08:20 PM
#10

Quote:
Original Posted By putra_parker
mainlah dengan yang FPS nggak lebih dari 450an...
dan bermain dengan jarak aman....up to 15m

nggak akan pecah kok....

dan resiko kenanya juga kecil kok..karena pas ditembak pasti otomatis tubuh ngelak..kecuali anda nggak ngaku (curang) ditembakin terus..jangan marah kalo lensanya baret or sesialnya pecah...

intinya....ati2 aja makenya...


stuju banget, sebisa mungkin pas skirmish mending coba nyari freeze musuh lebih seru, artinya bagus mainnya kalo gitu.. lgpula hemat BB kaya saya hehehe... emang makenya low cap ya dijamin hemat dong, pdhal bukan seseniperan kaya om eri hehe...

Quote:
Original Posted By eriertanto
TIPS dari sayah:
Jangan Keburu Napsu Karena Kena Racun Yang Ditebar Oleh Tetangga genit:

SARAN:
Pelajari dulu sebelum membeli / memesan jadi ga buang2 pikiran, tenaga dan yang penting ya isi ATM.... o

nohope:


isi ATM tuh emang penting banget deh kalo udah mulai maen airsoft ini hehehe... coba ATM bisa upgrade juga ya

Quote:
Original Posted By Sgt.Lvp
nambahin dwong deh :

safety first!

banyak banget newbie yang nanya, abis bli aeg ama gbb, enaknya beli apa? ato vest apa? ato sragam apa?

hello..???

itu mata cuman dua, kalo rusak ga ada yang jual spare partnya, ga peduli merk jingong ato systema!


itu kancing bunder penghias kepala mending diamanin dulu deh!


bukannya ada yg merk JG atau DBOYS ya pak kancingnya hehehe... kmrn smpet liat tuh yg speknya view up to 100m, view up to 200m dst dst heuheuheue...
Cipet - 14/08/2008 08:23 PM
#11

wew, mending ori, speknya bisa view up to unlimited
Ca|vinK|ein* - 14/08/2008 08:49 PM
#12

^
Harganya jg ampir unlimited bro bagi pengemis seperti saya ini.. oo
cybertdo - 13/02/2009 12:25 AM
#13

guys.. nanya dong.......

goggle yang bagus merk apa yak?? yang bisa dipake bareng kacamata tapinya... kalo bisa sih yg full face (emang helm motor?? DDD)
dan itu blinya dimana yak??

kmaren gw disuruh bli yg pake mesh gitu, cuman gw gak yakin.... gak yakin kuat...

harga gak masalah lah....... (tapi moga2 gak lebih dari 600-700k p)
dibanding sama biaya operasi yang 7 digit keatas...... + biaya kacamata minus yg 500k keatas....

rgx guys..........
putra_parker - 13/02/2009 07:10 AM
#14

Quote:
Original Posted By cybertdo
guys.. nanya dong.......

goggle yang bagus merk apa yak?? yang bisa dipake bareng kacamata tapinya... kalo bisa sih yg full face (emang helm motor?? DDD)
dan itu blinya dimana yak??

kmaren gw disuruh bli yg pake mesh gitu, cuman gw gak yakin.... gak yakin kuat...

harga gak masalah lah....... (tapi moga2 gak lebih dari 600-700k p)
dibanding sama biaya operasi yang 7 digit keatas...... + biaya kacamata minus yg 500k keatas....

rgx guys..........

untuk itu silahkan cari di FJB nyang jual bro debrite sama eriertanto ...

banyak kok yang gede2...bisa buat kacamata.paling umum dan murmer merk besgard (harga kisaran 100-200rb) lainnya banyak macam falan,dll.silahkan dipilih-pilih.
djouhan - 13/02/2009 09:19 AM
#15

Oakley yg fan profile juga bagus kok kaka o
Semriwing, gak foging, dompet kering hammer:

Hey..., it's rhyming D D
aufklarungs - 13/02/2009 10:01 AM
#16

Thread putra yg lama naik lg D
bangketikus - 13/02/2009 11:41 AM
#17

Bagus kok isinya...

Jadi yg penting safety gears :
1. Goggle
2. Sepatu
3. Knee & elbow pad


Kalo helm, sarung tangan, ama body armor perlu ga?
loveissucks - 13/02/2009 11:52 AM
#18

nais inpo gan beer:
cybertdo - 13/02/2009 11:54 AM
#19

Quote:
Original Posted By bangketikus
Bagus kok isinya...

Jadi yg penting safety gears :
1. Goggle
2. Sepatu
3. Knee & elbow pad


Kalo helm, sarung tangan, ama body armor perlu ga?


kalo gw pas 2 kali skirmish kmaren,

sarung tangan menurut gw perlu abis... coz dari 2 kali skirmish, 80% gw ketembak di jari... hammer: kalo gak ada sarung tangan yg full, sakitnya.......

helm, mendingan sih iya....

body armor, pake vest2 yg dijual di mangdu juga cukup kok... vest motor juga jadi.... kalo cuman mau utk proteksi doang, tapi kalo nyari kantong2nya sih....
gubrakburger - 13/02/2009 11:59 AM
#20

ada saran utk memili sarung tangan? biar gak selip pas pegang aeg bagusnya bahan apa yah? di toko2 ersop gitu ada jual sarung tgn khusus gak ya?
Page 1 of 24 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > LOEKELOE > SPORTS > Airsoft Indonesia > Panduan Aksesoris dan Part Airsoft