Basketball
Home > LOEKELOE > SPORTS > Basketball > [UPDATE] Ask the Coach :Teori Perbasketan, Fundamental, Drill2 dsb.
Total Views: 33676 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 2 of 57 |  < 1 2 3 4 5 6 7 >  Last ›

indraolef - 23/08/2011 03:49 AM
#21

BALLHANDLING

Ballhandling adalah penguasaan terhadap bola, seperti yang saya bilang, bahwa pemain basket mesti tau, kenal dan sayang dengan bola berwarna orange itu, tidak mudah lepas dr tangan, bisa memgangnya dgn baik, terkontrol dan terkuasai pergerakannya, bisa memainkannya dengan baik, menangkap dan melemparnya dengan baik serta yg lainnya.
Untuk belajar ballhanding mesti sejak usia dini, mulai umur 8 thn mesti kenal dgn bola dan pantulannya, serta menggelindingnya bola tersebut, namun efektifnya saat usia 10 thn. Tangan adalah rumah bola tersebut dalam ballhandling itu, dan tangan itu alhamdulillah diciptakan 2 biji, so tangan kiri dan tangan kanan mesti sama2 kuatnya, sama2 menjadi rumah bagi bola itu, tangan mesti menempel sesuai struktur bolanya.

Adapun untuk latihan ballhandling variasinya banyak, berikut saya kasih drill untuk latihan ball handling :

[*]Bola diputar mengelilingi kepala, arah perputarannya searah jarum jam, dan kemudian diputar arah kebalikannya, bisa dilakukan sampai 30-50 putaran dengan kecepatan semaksimal mungkin tanpa bola jatuh.
[*]Bola diputar mengelilingi badan, arahnya sama kaya latihan pertama, repitisi drill nya bisa dilakukan sama dengan latihan 1.
[*]Bola diputar mengelilingi lutut, arah dan repitisi drill nya sama dengan latihan 1.
[*]Kaki dilebarkan seperti stance defense, bola diputarkan melalui dan diantara kedua kaki membentuk angka 8, arah perputarannya dan repitisinya sama kaya latihan pertama.
[*]Kaki dilebarkan seperti drill diatas, bola dipegang di belakang kaki oleh kedua tangan, dan dilemparkan melewati kedua celah kaki dan kemudian mesti ditangkap oleh kedua tangan lagi di depan kaki, repitisi sebanyak 30 x.
[*]Kaki dilebakan seperti drill 5, pegang bola oleh kedua tangan diantara celah kaki, tangan kiri memgang dari belakang, tangan kanan memegang dr depan, lemparkan bola keatas diantara celah kaki setinggi kurang lebih 20 cm, kemudian tangkap jatuhnya bola dengan pergantian tangan, tangan kiri jadi di depan, dan tangan kanan jadi di belakang.



Latihan ballhandling juga bisa dilakukan sambil latihan drible, berikut contoh2 drill2nya :

[*]Kedua kaki dirapatkan, drible bola setinggi kurang lebih 30 cm mengelilingi kedua kaki dengan menggunakan 1 tangan, bisa dilakukan sebanyak 10 x putaran, setelah itu gantian tangan yang lainnya, kemudian ganti arah perputarnnya juga.
[*]Kaki dilebarkan seperti posisi defense, drible bola membentuk angka 8 mengelilingi, melewati, dan melalui celah antara kedua kaki, bisa dilakukan sebanyak 10 x putaran, setelahnya ganti arah dan ganti tangan yang drible.
[*]Posisi stance pada saat offense, drible bola sekuat2nya setinggi pundak dari tangan kiri ke tangan kanan, bisa dilakukan selama 1 menit, diusahakan jangan kehilangan bola, dan ingat mesti sekuat2nya, setelah itu kurangi ketinggian pantulan bola sampai setinggi perut, namun tetep driblenya mesti sekuat2nya, setelah itu kurangi ketinggian driblenya lagi sampai setinggi lutut, buat drible sekuat2nya dan secepat2nya.
[*]Drible menggunakan 2 bola sekaligus, pertama2 drible lurus dengan gerakan maju dan gerakan mundur, latihan pertamanya pantulkan bola secara bersamaan, dengan kecepatan dan kekuatan yang sama, untuk latihan keduanya pantulkan bola secara bergantian meskipun kecepatan dan kekuatannya sama, latihan bisa diawali dengan gerakan berjalan, setelah lancar bisa dialakukan dengan menambah kecepatan lari nya.



Drill2 untuk ballhandling variasinya sangat banyak sekali, termasuk video2nya, namun kunci dr latihan ballhandling adalah setiap gerakan mesti diawali dari gerakan pelan menuju gerakan cepat, dan diusahakan bolanya juga menggunakn bola resmi pertandingan, biar terbiasa dengan karakter bola nya. Ballhandling identik dengan latihan dribl, keduanya bisa di mix.
Belajar lah dengan anak2 streetball tentang ballhandling, terkadang mereka mempunyai drill2 yang sangat bagus.

[youtube]8AYFkBvm2YY[/youtube]

[youtube]waDmsVUXb-g&feature=related[/youtube]
indraolef - 23/08/2011 03:54 AM
#22

PASSING & CATCHING

PASSING

Filosofinya, passing itu adalah suatu cara paling cepat untuk memindahkan bola dari 1 pemain ke pemain lainnya. Passing bola selalu lebih cepat dibandingkan dengan drible bahkan dengan pergerakan pemain sekalipun, hitungannya sudah persekian detik untuk memindahkan bola dengan passing itu. Itulah mengapa dengan bermain passing2 saja, permainan basket bisa lebih cepat, dari ujung lapangan defense, ke ujung lapangan offense dengan sekali passing pun bisa dilakukan. Passing itu mesti selalu cepat sehingga pemain defense tidak mempunyai kesempatan untuk bereaksi, passing juga mesti memperhitungan akurasi, timing dan kekuatan nya, untuk itu didalam passing dasar utamanya ya komunikasi, komunikasi didalam passing biasanya menggunakan 2 cara, dengan mata dan dengan mulut (spoken).


[*]Chest Pass, dalam bahasa indonesianya yaitu passing dada, yaitu passing dari dada seseorang passer ke dada catcher atau penerima. Chest pass dilakukan dengan kedua tangan, dimulai dengan bola dipegang di depan dada oleh kedua tangan dimana kedua tangan itu berada di sisi bola, kemudian melepaskan bola dengan ayunan kedua tangan/jari, perputaran bola mesti selalu back spin, posisi akhir kedua tangan yaitu kedua tangan lurus kedepan dan kedua punggung tangan menjadi berhadap2an.
Posisi kaki pada saat chest pass yaitu, kaki dilebarkan, tidak terlalu lebar dan tidak terlalu rapat juga, setelah melakukan passing selalau mesti follow through, satu kaki ikut melangkah (bukan kaki tumpuan). Sebenarnya kekuatan yang paling utama di saat chest pass yaitu tangan dan 5 jari itu, meskipun dengan langkah kaki bisa saja menambah kekuatan passingnya. Jadi inti dari chest pass adalah, posisi tangan, ayunan, back spin dan follow through kaki.

[UPDATE] Ask the Coach :Teori Perbasketan, Fundamental, Drill2 dsb.


[*]Bounce Pass, dalam bahasa indonesianya adalah passing pantulan (ke lapang), bounce pass dilakukan untuk menghindari intersept pemain lawan terhadap chest pass, hal yang paling utama di dalam bounce pass sama dengan yg ada di chest pass, yang membedakannya yaitu bahwa bounce pass perlu menentukan sudut pantulan yang pas supaya bola memantulnya pas tepat ke pemain yang akan menerima passing, seberapa jauh jarak pantulan bola dengan jarak antar pemainnya teori sebenarnya adalah g ada aturan yang pasti, meskipun ada yang menyebut 50% jarak, atau 75 % jarak, sebenarnya kembali lagi ke tujuan utamanya dilakukan bounce pass, tujuan utamanya yaitu menghindari intersept lawan, dan teori yang sebenarnya supaya bounce pass nya sukses tanpa di intersept lawan yaitu ketika lawan menghalangi (sejajar) posisi arah passing, untuk melewatkan bola tersebut dilakukan bounce pass mendekati posisi kaki lawan (tidak kena kaki), pantulan yang benarnya yaitu di daerah dekat kaki lawan, kenapa demikian, karena semakin dekat dengan kaki, lawan akan kesulitan untuk meraihnya.

[UPDATE] Ask the Coach :Teori Perbasketan, Fundamental, Drill2 dsb.


[*]Baseball Pass, atau passing baseball, sesuai namanya baseball pass yaitu passing seperti pemain baseball melakukan passing, stance nya sama dengan stance semua jenis passing, yang membedakannya yaitu satu kaki ditarik kebelakang (kaki pivot-tidak terlalu kebelakang juga), bola dipegang didekat telinga, satu tangan memegang dibagian belakang, dan satu lagi memegang di bagian depan, pandangan tetap ke depan, pada saat release bola, tangan depan berhenti memegang sampai tangan belakang/jari melepas bola (passing), follow through mesti selalu dilakukan, kaki pivot mesti mengikuti arah bola.

[UPDATE] Ask the Coach :Teori Perbasketan, Fundamental, Drill2 dsb.


[*]Overhead pass, bahasa indonesianya yaitu passing diatas kepala, posisi stance nya sama dengan posisi stance semua passing, sedangkan posisi tangannya yaitu, bola dipegang ditas kepala kita oleh kedua tangan, dimana kedua tangan berada di kedua sisi bola, bola tidak terlalu ditarik ke belakang kepala supaya kecepatan bola bisa lebih cepat, follow through kaki dan tangan mesti selalu mengikuti arah passing, teoriri sebenarnya dr overhead itu adalah passing diatas kepala menuju chest atau dada, meskipun terkadang passing dilakukan menuju atas kepala lagi (overhead), sebenarnya itu cuma permintaan dr catcher saja, overhead pass tidak mesti berakhir ditas kepala juga passingnya.

[UPDATE] Ask the Coach :Teori Perbasketan, Fundamental, Drill2 dsb.


[*]Sidearm pass, adalah passing yang dilakukan di sisi salah satu tangan, bisa kiri atau tangan, bisa oleh satu tangan bisa oleh kedua tangan, bisa ke arah dada pemain lagi bisa dilakukan dengan bounce pass, bisa juga diarahkan ke arah overhead, kunci utama dr sidearm pass adalah gerakan menggeser badan dan kaki pivot ke arah samping, tujuan utamanya untuk mencari sudut passing pada saat lawan menutup arah passing lurus dr kita, posisi tangan dan follow through mesti selalu ada (dasar dr passing), posisi bola berada di samping badan kita.

[UPDATE] Ask the Coach :Teori Perbasketan, Fundamental, Drill2 dsb.


[*]Behind the back pass, sesuai namanya yaitu passing melewati belakang tubuh kita, prosesnya yaitu kita melakukan passing oleh satu tangan ke pemain tim kita lainnya melewati bagian belakang tubuh kita, proses yang paling susah didalam passing, namun bisa maksimal jika kita sering berlatih untuk melakukannya.

[UPDATE] Ask the Coach :Teori Perbasketan, Fundamental, Drill2 dsb.


indraolef - 24/08/2011 03:21 AM
#23

CATCHING

Catching adalah bagian dari fundamental basketball, Passing yang bagus tanpa Catching yang bagus akan membuat permainan menjadi tidak sempurna, ada beberapa hal mendasar saat kita menjadi catcher :


[*]Posisi, posisi yang bagus untuk seorang catcher yaitu ready position, pemain catcher mesti siap menerima passing, untuk itu mesti selalu ada komunikasi antar passer dan catcher, Stance yang benar untuk posisi catcher yaitu kaki mesti dilebarkan, dan tangan mesti selalu open, jari mesti selalu terbuka untuk menerima bola. mata mesti selalu tertuju pada bola dan mesti bisa memperhitungkan kekuatan dan arah bola (jika pemain sedang bergerak), sepersekian saja lengah dr pandangan bola, kemungkinan besar bola akan lepas dan tidak bisa di tangkap.
[*]Catcher mesti selalu siap untuk bergerak, tidak boleh lazy (malas) untuk bergerak dalam menerima passing, pada saat bergerak dan kemudian menerima passing selanjutnya kembali ke fundamental body control, berhenti bergerak setelah menerima passingnya bisa dilakukan dengan 2 step stop atau jump stop.
[*]Setelah menerima passing atau bahkan sebelum menerima passing, pemain mesti dengan cepat melakukan pilihan gerakan yang akan dilakukan, nantinya akan kembli ke posisi triple threat, bisa langsung shooting,bisa langsung drive, bisa langsung passing, kunci utamanya yaitu membaca pergerakan defender. Hand positioning sangat penting sebagai catcher, seorang pemain yang akan langsung melakukan shooting, posisi tangannya saat menerima bola disesuaikan dengan posisi tangan pada saat akan melakukan shooting, dengan demikian akan lebih cepat geraknya.

catching

[UPDATE] Ask the Coach :Teori Perbasketan, Fundamental, Drill2 dsb.

triple threat

[UPDATE] Ask the Coach :Teori Perbasketan, Fundamental, Drill2 dsb.


cMonks - 24/08/2011 03:53 PM
#24

bro, saran aja dari ane...
kalo bisa nanti dicantumin sumber2 info nya secara jelas.
biar bisa dipertanggungjawabkan...
makasih
indraolef - 24/08/2011 05:07 PM
#25

Quote:
Original Posted By cMonks
bro, saran aja dari ane...
kalo bisa nanti dicantumin sumber2 info nya secara jelas.
biar bisa dipertanggungjawabkan...
makasih


wah sumber info apa gan, ini emang buatan ane sendiri, kecuali animasi, video youtube, serta sebagian gambar2nya, tapi gambar lapangan basket, tentang cutting bahkan tentang gambar screen buatan ane sendiri ko, ane g copas postingan orang ko, bisa dipertanggungjawabkan gan, semua rangkaian materinya berasal dari apa yang ane pelajari, ane baca, ane hapal dr penataran, pertandingan dsb nya, dan g ada sedikitpun mencopas tulisan orang.
nuskie - 24/08/2011 09:37 PM
#26

coba bro cari tutorial dr DRE BALDWIN di youtube mudah2an bisa membantu nambah referensi juga bro . legend such as pete maravich , jordan , juga kasih tutorial2 kok bro di youtube . munkin bisa dipilih2 bro yang cocok masuk di trit ini bro , sekedar saran aja sih bro . thanks ya Yb
indraolef - 24/08/2011 11:06 PM
#27

Quote:
Original Posted By nuskie
coba bro cari tutorial dr DRE BALDWIN di youtube mudah2an bisa membantu nambah referensi juga bro . legend such as pete maravich , jordan , juga kasih tutorial2 kok bro di youtube . munkin bisa dipilih2 bro yang cocok masuk di trit ini bro , sekedar saran aja sih bro . thanks ya Yb


sip bro makasih info nya, di youtube emang banyak video2 tutorialnya, bnyk ilmu yg didapat dari sono, ane cuma coba memaparkan dgn kata2 doang, ane percaya disini banyak master2 perbasketan ko, ane cm memaparkan teori2nya saja, fundamental nya aja, untuk latihan selanjutnya kembali ke individu masing2 juga, mau belajar dasar, mau tahap advance dan pro, cuma satu kata, mesti mau belajar.

sekali lagi terimakasih ya bro, ikut share juga bro.iloveindonesias
TSJAMINA.JR - 24/08/2011 11:35 PM
#28

Quote:
Original Posted By wicakzz
Ane Tanya Gan
Kan Ane Tuh Dulu Sebelum Liburan Naek Kelas
Bisa Banget Lay Up.......... Nah Stelah Liburan
Ane Suka Banget Traveling...
Stelah Kelamaan Tiap Ane Lay Up Malah Dibilang Traveling


---
The Question Is
Misalnya Ane Baru Di Passing
Trus Langsung Langkah 2x Apakah Traveling?

*Masih Pemula Tentang Basketball Dan Anak - Anaknya


jangankan 2x, 1x aja bisa travellin kalo ente gak triple threat D
evilbomb - 25/08/2011 04:54 AM
#29

gan nanya cara bikin form shooting yang bagus gimana ya? drill yang wajib dijalanin apa aja ya?
indraolef - 25/08/2011 06:46 AM
#30

Quote:
Original Posted By evilbomb
gan nanya cara bikin form shooting yang bagus gimana ya? drill yang wajib dijalanin apa aja ya?


form ini maksudnya perform atau form ni gan?
ane coba bantu aja sebisanya ya gan, untuk meningkatkan kualitas shooting baik itu dari segi kecepatan dan akurasinya bisa melakukan drill2 sebagai berikut gan (sebagian contoh drill khusus tanpa ada partner ya) :

[*]Drill Shoot 3 point, agan cari 5 titik di luar garis 3 point, shooting per titik 10-20 x, rebound sendiri dan kembali balik ke titik shooting, jika sudah cape, dan cara posisi shoot agan berubah dan salah, berhenti gan, jangan dilanjutin, nantinya kalau dilanjutin akan merubah cara shoot agan juga. Setiap latihan mesti punya catatan persentasi masuknya gan, biar ada parameter penilaiannya.
[*]Drill Medium shoot, biasanya dilakukan diantara daerah short corner dan daerah wing atau bahakn di daerah free throw, lemparkan bola ke atas depan dengan back spin kemudian tangkap dan lakukan jump shoot, agan rebound sendiri dan kembali ke daerah lainnya dan lakukan langkah awal lagi sampai jump shoot, yang penting agan shootnya berada di dalam daerah medium shoot, kasih waktu 1 menit, dan catat berapa bola yang masuk, repitisi bisa dilakukan selama 5 x atau lebih, dan sama dengan latihan yang pertama, jika sudah cape dan cara shootnya sudah berubah, jangan dipaksakan, istirahat lah terlebih dahulu, setiap latihan shoot gerakan mesti benar, fundamentalnya mesti benar, dan untuk daerah medium shoot mesti selalu jump shoot.
[*]Variasikan drill yang kedua dengan melakukan sedikit drible supaya bisa lebih siap jika defensenya agresif, agan bisa membuat gerakan melawan rintangan sebelum agan melakukan jump shoot dan rintangannya bisa dibuat dr apapun, contoh drill nya, lempar bola back spin, tangkap, triple threat, sweep melewati rintangan, drive drible, two step stop and jump shoot, atau lempar bola back spin, tangkap, between the leg drible melewati rintangan, two step stop and jump shoot, atau bisa juga lempar bola back spin, tangkap, triple threat, drive drible, hoop back and jump shoot. Setiap gerakan mesti mempunyai target, misalnya 15 x gerakan yang sama, dan catat persentasinya, setelah itu lakukan gerakan lainnya. repitisi bisa dilaukan sebanyak 3-5 x.
[*]Free throw, latihan shooting free throw bisa menambah feeling shoot agan, g perlu terburu2, yang penting agan fokus ke bola dan ke ring, bisa dilakukan sbanyak 50 x, dan ingat gan, mesti selalu punya catatan persentasinya



nah itu sebagain drill2nya gan, agan bisa cari yang lebih bagusnya lagi di youtube, kata kuncinya drill shooting basketball

[youtube]YIHjdVteO2A[/youtube]

[youtube]rPWtdEDUS80[/youtube]


maaf ya gan jika info nya kurang maksimal, saya lebih senang membahas yang fundamental2 dulu si, takutnya agan sudah advance, jadi drill yang saya kemukakan biasa aja. oh iya gan untuk melatih kekuatan ayunan telapak tangan dan jari untuk shooting, agan bisa latihan dengan barbel, caranya pegang barbel (kalau bisa jangan yang lebih dari 5 kg) kemudian putar2 barbel tersebut oleh tangan, yang berputar cuma pergelangan tangan aja ya, kiri dan kanan mesti balance, kalau g ada barbel, bisa memakai botol minuman seperti teh botol, atau bekas aqua atau minuman lainnya yang diisi air, kalau bisa ukurannya yang besar.

mungkin sesepuh2 lainnya mau menambahkan !!
b460r - 25/08/2011 09:38 AM
#31

Quote:
Original Posted By evilbomb
gan nanya cara bikin form shooting yang bagus gimana ya? drill yang wajib dijalanin apa aja ya?


tambahan dikit aja...latihan simple dari pengalaman nubi sendiri ini juga malu
kalo form yang bagus bisa liat di Tips and Trick Basketball

untuk drill2nya bisa coba :
1. tanpa bola
coba lakukan dari mulai berdiri sampai follow through berulang2, maksudnya sih supaya biasa dulu. lakukan tanpa loncatan terlebih dahulu.
2. dengan bola
pada posisi set point ( sebelum posisi release) lakukan beberapa repetisi sambil loncat tanpa melakukan release (3-5x). pada hitungan terakhir baru coba release bola.

drill2 selanjutnya bisa yang seperti agan TS saranin. D

maapken kalo salah malu
indraolef - 25/08/2011 06:12 PM
#32

Quote:
Original Posted By b460r
tambahan dikit aja...latihan simple dari pengalaman nubi sendiri ini juga malu
kalo form yang bagus bisa liat di Tips and Trick Basketball

untuk drill2nya bisa coba :
1. tanpa bola
coba lakukan dari mulai berdiri sampai follow through berulang2, maksudnya sih supaya biasa dulu. lakukan tanpa loncatan terlebih dahulu.
2. dengan bola
pada posisi set point ( sebelum posisi release) lakukan beberapa repetisi sambil loncat tanpa melakukan release (3-5x). pada hitungan terakhir baru coba release bola.

drill2 selanjutnya bisa yang seperti agan TS saranin. D

maapken kalo salah malu


wah mantap gan, ide bagus, dimulai dr gerakan awal basic shoting, pelan2 dulu kemudian tambah lagi, tambah lagi dan lagi..

sebenarnya kesalahan gw jg si gan, gw dr awal g ngasih petunjuk buat para penanya, kl sekarang mah udah di update di post #1, ini aja gw bingung untuk menjawab pertanyaan yang itu, kalau jawabannya simple, takutnya yang nanya udah pemain libamanas atau pemain porda, jawab yang rumit2, takutnya masih anak smp dan baru belajar basket, blum tentu juga ngerti istilah2 kaya sweep, hoop back dsb nya, tiap drill disesuaikan dengan kemampuan awal dan usia juga si.

thx ya gan atas helping sharenya D
life4share - 25/08/2011 08:37 PM
#33

Quote:
Original Posted By evilbomb
gan nanya cara bikin form shooting yang bagus gimana ya? drill yang wajib dijalanin apa aja ya?


shooting form itu bukannya yang mulaidari dapet bola,taro bola diatas kepala sampe release ya gan ?

kalo pengamatan gw ya, pemain NBA itu kebanyakan posisi tangan yang ngedorong bola itu di mekarin tangan nya gan. dengan gini menurut gw sih di pergelangan tangan jadi bertenaga. tapi tenaga yang paling penting itu waktu shoot tetap ada di lutut/saat loncatan gan.

BTW, nice thread gan.
Unclebereker - 25/08/2011 09:04 PM
#34

macam lounge ke-2 buat bahas basket nih beer:
newbie mencoba belajar n memberi masukan malus
NaizZ - 26/08/2011 12:13 AM
#35
[ask] playmaker / point guard yg bagus dan benar
gan , saya maw tanya saya kan PM tinggi saya 150an gitu , nah , pola playmaker itu gmn sih gan ? lalu bagaimana seorang playmaker mengontrol timnya ? need help gan bagi yg jago PM , thx b4
indraolef - 26/08/2011 03:15 AM
#36

Quote:
Original Posted By life4share
shooting form itu bukannya yang mulaidari dapet bola,taro bola diatas kepala sampe release ya gan ?

kalo pengamatan gw ya, pemain NBA itu kebanyakan posisi tangan yang ngedorong bola itu di mekarin tangan nya gan. dengan gini menurut gw sih di pergelangan tangan jadi bertenaga. tapi tenaga yang paling penting itu waktu shoot tetap ada di lutut/saat loncatan gan.

BTW, nice thread gan.


wah ini master defense datang kemari, ayo gan ikut ngeshare juga tentang fundamental defense yang baik, sepertinya agan sangat menyukai man to man defense D

Quote:
Original Posted By Unclebereker
macam lounge ke-2 buat bahas basket nih beer:
newbie mencoba belajar n memberi masukan malus


aduh agan sepuh suka merendah gt ni, ayo gan ikut nge share juga, layaknya permainan basket, di trit ini diutamakan kerjasama tim malus
indraolef - 26/08/2011 07:08 AM
#37

DRIBLING/DRIBLE

Dribling adalah salah satu fundamental yang mesti dikuasai oleh pemain basket, tanpa drible yang bagus, suatu tim atau individu tidak akan sempurna pada saat melakukan offense, pada saat kita sulit untuk melakukan passing, sulit untuk melakukan shoot, salah satu cara untuk membuka ruang dan melakukan finish ya dengan melakukan dribling terlebih dahulu.

Filosofi dribling:

[*]Skill dribling erat kaitannya dengan ballhandling, so pelajari juga tentang ballhandling untuk memperkuat skill dribling. Dribling = ball and hand become one.
[*]Dalam melakukan dribling tangan/pergelangan tangan adalah mata nya. Kepala mesti selalu tegak jangan menduduk.
[*]Semaksimal mungkin kedua tangan mempunyai kekuatan dan kemampuan yang sama dalam melakukan dribling, weak side of dribling bisa menjadikan kelemahan tim bukan sekedar kelemahan individu. Selalu gunakan fingertips/jari untuk drible.
[*]Selalu gunakan tangan yang tidak melakukan drible untuk menutupi dan melindungi bola, dan gunakan juga badan untuk melindungi bola jika perlu.
[*]Semakin rendah dan semakin cepat drible kita, semakin sulit untuk di steal oleh lawan, so drible hard & low.



Berbagai macam teknik drible dan pengertiannya :

[*]Crossover Drible, drible yang paling ditakutkan oleh semua pemain defense, teori sederhananya, crossover adalah gerakan drible yang sangat cepat dan rendah dimana bola berpindah dari tangan satu ke tangan yang lainnya, terkadang drible crossover dilakukan tidak rendah, dan sesuai fungsinya, drible crossover itu ya memindahkan arah drible, jadi tidak menjadi masalah jika drible nya tidak rendah, tapi akan berbeda jika pemain defensenya melakukan penjagaan dengan ketat, untuk melewati, untuk membuka ruang, dan untuk mengganti arah drible pada saat defensenya ketat, crossover drible nya mesti selalu rendah dan cepat.

Spoiler for crossover

[youtube]nlFq5rFUr5U[/youtube]

[youtube]tzuXgPuyN4g&feature=related[/youtube]



[*]Reverse Drible, reverse drible adalah gerakan drible dengan memutar badan membelakangi pemain defense, tujuannya yaitu untuk melewati, membuka ruang dan mengganti arah, konsep dasar dr reverse drible yaitu, step kaki awal gerakan yaitu kaki yang bersebrangan dengan posisi tangan yang mendrible, kemudian melakuakn spin dan selalu body to body to protect the ball, jika badan kita tidak bersentuhan, artinya pemain defense punya waktu untuk merespon gerak kita dan mungkin bisa melakukan steal drible kita, karena pada dasarnya gerakan spin/reverse pada saat drible kelemahannya yaitu kita tidak tahu posisi defender kita karena kita membelakanginya, jadi diharapkan dengan body to body kita bisa mengontrol pemain defender kita. Posisi kepala mesti selalu tegak dan selalu memprotek bolanya.

Spoiler for reverse/spin drible
[youtube]Dv-R51ahfBs&playnext=1&list=PLED7C67DE36AB378F[/youtube]



[*]Behind the back drible, yaitu drible yang dilakukan dengan melewatkan bola diantara belakang badan kita dan menjadikan pergatian tangan yang mendrible bola, selain untuk melewati, memindahkan arah dan membuka ruang, drible behind the back efektif dilakukan pada saat pemain defense menutup arah drible kita dengan cepat, pada saat itu kita tidak ada ksempatan untuk crossover karena jarak yang dekat, dan kita juga tidak bisa melakukan reverse drible karena badan kita tidak seimbang.

Spoiler for behind the back drible
[youtube]6L1Y7YHK_8A[/youtube]



[*]Between the leg drible, yaitu drible yang dilakukan dengan memasukan bola diantara kaki kita, salah satu kaki mesti selalu di depan, yaitu kaki yang bersebrangan dengan tangan yang mendrible, semakin rendah drible nya akan semakin bagus, setalah bola melewati kaki, kaki yang dibelakang cepat2 berganti posisi menjadi didepan untuk melindungi bola, keep your hand to protect the ball and keep your head up.

Spoiler for between the leg drible
[youtube]15_rYLFucro[/youtube]



[*]In and out drible, sebenarnya gerakan drible yang paling biasa digunakan untuk melewati pemain defense, ada 2 hal yang bisa dilakukan, yang pertama bola di drible ke dalam (in) seolah2 mau berpindah arah (fake crossover) kemudian di drible ke arah luar kembali dengan menggunakan tangan yang sama, atau melakukan teknik permainan handling bola saja pada saat drible (tanpa illegal drible), jadi tekniknya yaitu tangan kita seolah mau drible ke dalam (in), namun sebenarnya cuma posisi tangan/pergelangan tangan saja yang bergerak di sekitar bola (jangan sampai illegal drible), dengan cepat bola itu ditarik/didrible lagi keluar.

Spoiler for in and out drible
[youtube]pTug9qlmFkY[/youtube]





Hal2 lain yang mesti dipelajari dalam fundamental drible :

[*]Speed drible, speed drible yaitu drible yang dilakukan sambil berlari kencang, pada saat speed drible terutama waktu melakukan fast break dan sebagainya, tempatkan posisi drible di depan badan kita lebih jauh, jangan drible di pinggir badan karena tidak efektif untuk speednya. Pada saat melakukan speed drible otomatis control kita terhadap bola akan lebih longgar, jadi hati2 dengan musuh yang ada di depan kita, bukan yang ada di samping atau dibelakang kita.
[*]Control drible, dengan melakukan control drible otomatis bola bisa terkontrol oleh kita, selalu kasih jarak dengan musuh, lindungi bola, dan selalu mengawasi keadaan lapangan, dari sini lah permulaan penetrasi pada saat set offense, bisa melakukan passing, bisa set shooting, bahkan bisa drive.
[*]Perubahan kecepatan drible, perubahan kecepatan pada saat drible dilakukan untuk mengecoh lawan, biasanya untuk melewati lawan, atau menjauhkan bola dari lawan, yang paling utama dari cara perubahannya yaitu, selalu mendadak atau tiba2, jangan sampai defense bisa mengetahuinya, gunakan step kaki untuk gerakan pertama perubahan kecepatan, step kaki mesti unggul terlebih dahulu dari kaki defense dan gunakan ledakan gerakan yang cepat dan bertenaga untuk melewati pemain.

Unclebereker - 26/08/2011 12:13 PM
#38

mau ngasih masukan buat dribble workout.hal paling utama buat dribble workout itu chin-up D n selalu lakukan dalam game-speed, jadi ya IMO lebih efektif kalo agan2 baskeball-lover latihan dribble+lari in game-speed, kaya taro cone ato apa dibayangin jadi musuh yang jaga.
indraolef - 26/08/2011 04:28 PM
#39

Quote:
Original Posted By NaizZ
gan , saya maw tanya saya kan PM tinggi saya 150an gitu , nah , pola playmaker itu gmn sih gan ? lalu bagaimana seorang playmaker mengontrol timnya ? need help gan bagi yg jago PM , thx b4


coba maen kesini gan Penjelasan posisi pemain dan tugasnya di basket

saya sedikit menambahkan filosofi yang saya biasa terapkan, IMO bahwa seorang playmaker itu mesti lebih pinter dan mengetahui tentang pola offense tim yang diinginkan oleh pelatih, dia mesti tau keadaan set play nya seperti apa, motion mesti gimana, fast break seperti apa, sisi mana yang mesti di serang, bagian mana yang efektif dilewati, dan selalu bisa mengkomunikasikan hal tersebut dengan semua pemain dengan cepat, so seorang playmaker g boleh tertekan keadaannya, mesti bisa mengontrol drible, control passing, control defender yang menjaganya, dan selalu punya ruang untuk bermain bola sekaligus mengontrol keseluruhan permainan. Seorang Playmaker mesti punya kemampuan lebih dalam ballhandling, drible, passing dan shooting dibandingkan dengan pemain lain. Kalau g akan passing atau shooting, seorang palymaker jangan sampai menghentikan driblenya.

Quote:
Original Posted By Unclebereker
mau ngasih masukan buat dribble workout.hal paling utama buat dribble workout itu chin-up D n selalu lakukan dalam game-speed, jadi ya IMO lebih efektif kalo agan2 baskeball-lover latihan dribble+lari in game-speed, kaya taro cone ato apa dibayangin jadi musuh yang jaga.


sip gan, dalam drible mesti selalu chin-up, head up, jangan pernah menundukan kepala kita, biarlah tangan menjadi mata bagi control bola nya. Selain workout yang dilakukan dengan game speed, untuk latihan drible mesti sering juga melakukan workout pergantian kecepatan drible dan pergantian arah drible dan tidak lupa setiap latihan drible apapun mesti selalu berlatih melindungi bolanya juga. Pastikan bola nya aman, keep hard and low.
life4share - 26/08/2011 05:30 PM
#40

Quote:
Original Posted By indraolef
wah ini master defense datang kemari, ayo gan ikut ngeshare juga tentang fundamental defense yang baik, sepertinya agan sangat menyukai man to man defense D



aduh agan sepuh suka merendah gt ni, ayo gan ikut nge share juga, layaknya permainan basket, di trit ini diutamakan kerjasama tim malus


bukannya seneng man to man defense gan, tapi seneng jadi center of attention gan. bayangin kalo pemain lawan step-up abis2an, lagi bagus2nya, cuma defense kita bisa bikin dia berhenti scoring ngakaks
Page 2 of 57 |  < 1 2 3 4 5 6 7 >  Last ›
Home > LOEKELOE > SPORTS > Basketball > [UPDATE] Ask the Coach :Teori Perbasketan, Fundamental, Drill2 dsb.