YOUNG ON TOP KASKUS COMMUNITY (YOTKC)
Home > CASCISCUS > YOUNG ON TOP KASKUS COMMUNITY (YOTKC) > Gagal Terus? Sama Sekali Ga Salah Kok
Total Views: 40712 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 77 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

YOTCA - 21/08/2011 02:41 PM
#1
Gagal Terus? Sama Sekali Ga Salah Kok
By: Laura Khairunnisa - YOT CA Swiss German Univeristy

Halo YOTers, perkenalkan nama saya Laura Khairunnisa, saya adalah Young On Top Campus Ambassador dari Swiss German Univeristy. Setiap bulannya kami, para CA diwajibkan untuk menulis artikel. Awalnya saya sempat bingung, karena sehari hari saya tidak punya pengalaman yang menarik yang bisa saya share dan terlebih saya bukan orang yang memiliki banyak achievement dan awards jadi belum bisa berbagi cerita kesuksesan juga hehehe….

Akhirnya untuk artikel bulan ini, saya memutuskan untuk berbagi cerita tentang apa yang saya jago banget dan sering banget alami: kegagalan. Yes! I fail often, I fail better. Saya yakin 100000%, semua orang pasti pernah mengalami kegagalan, kalau ada yang ngaku belum pernah coba deh inget inget lagi, pernah ga kalah dalam pertandingan atau berada dalam posisi 5 terbawah di kelas, mau dagang kecil kecilan tapi kok ga laku laku atau hanya sekedar ditolak pas nembak cewe ;p eh jangan salah, itu termasuk gagal lho….

Kalau saya sendiri seriiiiiing banget gagal, kalo kalian pengen tahu, ada banyak sekali kegagalan yang saya alami, yaitu:

     1. Pada waktu Try Out UAN SMP, nilai saya ga pernah lebih dari 20% bisa dibayangkan kan, kenapa saya benci banget kalo ada try out.

     2. Pas kelas satu SMA, saya harus ikut remedial untuk hampir semua mata pelajaran, dari 13 mata pelajaran, saya harus remed atau ikut ujian ulang di 12 mata pelajaran, saya cuma lulus pelajaran seni waktu itu, padahal juga suara pas pas-an (kayaknya gurunya baik banget sehingga meluluskan saya ;p).

     3. Saya dulu pengen banget masuk Universitas Indonesia, untuk jurusan apapun, saya pernah nyoba Hukum, ditolak, Manajemen juga ditolak. Saya ikuti semua ujian masuk untuk ke UI, dari mulai SIMAK, SNMPTN dan satu ujian lagi yang saya lupa namanya. Hasilnya? SEMUANYA GAGAL. Dan berujung pada depresi yang teramat sangat karena gatau mau kuliah dimana.

     4. Di awal semester 4 saya memberanikan untuk mencalonkan diri sebagai Presiden dari Student Board Swiss German University. Hasilnya? Gagal maning gagal maning, saya kalah lagi!.

     5. Saya sempat ikut beberapa beauty pageant dan hasilnya cuma lolos sampai semi-finalis, kalo yang ini emang kayaknya kerena muka saya yang pas-pasan deh ;p.

     6. Dan yang terakhir, saya keluar dari hubungan yang saya sudah jalin selama 3 tahun lebih a.k.a PUTUS. Padahal saya pikir bisa sampai menikah dll krn keluarga saya dan dia sudah deket banget… eh ini juga dihitung gagal lho… ;p.

Masih banyak banget kegagalan-kegagalan yang saya alami. Apakah saya lalu sekarang hidup tidak bahagia dan kerjaannya mengeluh terus karena kegagalan-kegagalan yang saya alami? Tidak. Saya baru sadar baru baru ini bahwa ternyata ada dua pelajaran utama yang bisa saya ambil dari semua kegagalan ini yang saya rangkum dalam poin poin berikut:

     1. Banyak hal baru yang kamu pelajari ketika kamu gagal

     (atau banyak hal baru yang terpaksa harus kamu pelajari ketika kamu gagal p)

     Pernah denger quotes yang bilang bahwa orang yang ga pernah gagal ga pernah nyoba hal baru? Ya, itu bener banget… Saya selalu belajar hal baru dari kegagalan saya, seperti contohnya ketika saya mencalonkan diri sebagai Presiden SO SGU, ada sesi debat yang harus diikuti oleh calon presiden ini. Selama 19 tahun saya hidup, saya tidak pernah harus berbicara di depan orang yang banyak banget dan terlebih saya ga pernah debat! Gawat banget kan… akhirnya saya belajar debat, cara berkomunikasi di depan orang banyak, bahkan cara berpolitik D Walaupun saya kalah, banyak sekali hal baru yang bermanfaat yang saya dapatkan.

     Hal lainnya adalah ketika saya memutuskan untuk mengakhiri hubungan 3 tahun saya dengan seorang teman (a.k.a putus ;p), saya terpaksa mempelajari hal hal baru yang selama ini tidak saya lakukan dulu, seperti belajar menyetir, belajar mandiri dan mengikuti kegiatan kegiatan positive seperti berorganisasi. Ga kebayang kalo saya ga gagal dalam hal ini, bisa seberapa tidak bekembangnya saya hehehe….

     2. Kegagalan adalah kunci kesuksesan

     Saya setuju banget dengan apa yang diungkapkan oleh John C Maxwell di bukunya “The Difference Maker” bahwa “Failure doesn’t mean you’ll never succeed. It just means it will take longer”. Hal ini saya alami berkali kali, saya sering banget gagal, cuma karena kegagalan itulah kemudian saya sukses. Kalo saya ga remed di 13 mata pelajaran, semester berikutnya saya ga akan bisa langsung naik 20 peringkat dan masuk 15 besar. Kalo saya ga ditolak terus sama UI, saya ga akan tuh giat belajar dan akhirnya bisa mendapat nilai UAN tertinggi untuk jurusan IPS di sekolah saya. Kalian cuma harus sabar menunggu lebih lama dan berusaha lebih giat untuk merubah kegagalan menjadi kesuksesan \)

Walaupun banyak banget manfaatnya, tapi yang namanya gagal tuh emang ga enak sih, nah cara saya untuk melewati kesedihan dari kegagalan ini ada banyak banget, yang pertama, pada saat kamu down karena kamu gagal, ekspresikan kesedihan mu, kamu boleh nangis, teriak sekenceng-kencengnya, marah marah, dll. Hal ini dimaksudkan untuk membuat kamu lebih lega aja, karena perasaan marah, sedih dan kecewa itu wajar banget kok \) Tapi ingat, jangan lama lama ya, kalo kata Steve Davis, “It may not be your fault for being down, but it is your fault for not getting up”.

Kedua, saya yakin kalo Allah SWT pasti sayang umatnya, jadi setiap saya sedang dalam posisi down dan ga ada semangat hidup saya selalu mengingat tuhan, ada satu ayat dari Al-Quran yang selalu jadi motivator saya:

“So, verily, with every difficulty, there is relief. Verily, with every difficulty there is relief.” Quran, 94: 5-6

Arti dari ayat ini adalah bahwa dari setiap kesusahan pasti ada kemudahan, saya selalu percaya bahwa kegagalan yang selama ini saya alami memiliki maksud tertentu yang nantinya akan saya syukuri di kemudian hari. Contohnya adalah ketika saya gagal masuk UI, akhirnya saya sekarang kuliah di Marketing SGU, ternyata ini adalah tempat yang paling baik untuk saya, ga kebayang kalau saya waktu itu keterima Hukum UI, saya harus stuck 4 tahun di bidang yang ternyata bukan minat saya.

Ketiga, ketika gagal, cobalah share dengan teman dekat atau keluarga. Well, waktu ga akan kembali sih… masalah mungkin saja tidak akan selesai dan kamu tetap saja gagal, namun setelah kamu share kamu akan merasa sedikit lebih lega dan punya motivasi untuk move on, karena udah disemangati oleh orang orang terdekatmu \)

Keempat, ketika susah sekali untuk move on dari kegagalan, ketika kamu merasa sedih banget dan murung berhari hari sampe gamau makan (lebay modeon) coba deh kamu inget orang orang penting dalam hidup kamu dan, coba untuk mengatasi kesedihan kamu atas kegagalan ini untuk mereka (kalau untuk diri sendiri sulit ya….). Misalnya inget mama papa, kamu gamau kan mengecewakan orang tua kamu karena kamu berdiam diri dan doing nothing alias ga move on- move on dari kegagalan?

Terakhir coba renungkan sekali lagi bahwa, apa yang bikin kamu seperti hari ini, bagaimana hebatnya kamu hari ini, seberapa banyak piala piala di kamar kamu adalah hasil dari diri kamu yang telah mengalami kegagalan berulang kali. Mengutip kata kata Winston Churchill: “Success consists of going from failure to failure without loss of enthusiasm.”

Okay guys, jadi jangan takut gagal ya, gagal terus dan gagal lebih baik lagi! karena gagal itu ga salah sama sekali kok, yang salah adalah kalau kalian gagal dan ga belajar apapun dan mengulangi kegagalan yang sama \) good luck with your life!

Young On Top Campus Ambassador, "Learn and Share"
T : @YoungOnTop
FB : youngontopYOT
web : www.youngontop.com

Sumber : [url]http://billyboen.com/gagalterus/

comment" :

Quote:
Original Posted By afromonkey
wah, baru tau kalo YOTCA punya akun kaskus...

asik nih..

thx tulisannya, pas banget menginspirasi saya...

kmaren2 mrasa gagal memberi first impression yang bagus ke bbrapa orang...

pelajaran yang berharga... \)


iya donk gan ilovekaskus kegagalan kan sukses yang tertunda gan... coba trus gan... sukses

Quote:
Original Posted By livejedi
"GAGAL YA GAGAL AJA, GAK USAH PAKE EMBEL2 KESUKSESAN YANG TERTUNDA!"

1 kegagalan membawa kita 1 langkah lebih maju menuju kehancuran. 1 kegagalan membawa kita 1 langkah lebih dekat dengan keterpurukan. 1 kegagalan membawa kita 1 langkah lebih dekat dengan neraka.

Tapi satu kegagalan bisa membawa kita 10/100/1000 lebih kuat/pintar/cerdas (aka kemampuan) dari sebelum terjadi kegagalan.
Pertanyaannya: Apa yang akan kamu lakukan dengan meningkatnya kemampuanmu?


setuju gan..
jawab: apa yang akan ane lakukan dengan meningkatnya kemampuan ane, tentu aja ada banyak hal. ane bisa memperbagus kinerja ane, akademik jadi lebih bagus yang nantinya bisa bikin bangga diri sendiri dan orang tua.
sendy yustian d - 21/08/2011 04:47 PM
#2

share pengalaman yg sungguh inspiratif. setuju bgt dibalik kesulitan pasti ada kemudahan Gagal Terus? Sama Sekali Ga Salah Kok
rotiisimelon - 21/08/2011 05:30 PM
#3

Mau sukses yah harus gagal dulu..
Itu lah hidup..
Thx inspiratif sekali.. Gagal Terus? Sama Sekali Ga Salah Kok
afromonkey - 21/08/2011 05:48 PM
#4

wah, baru tau kalo YOTCA punya akun kaskus...

asik nih..

thx tulisannya, pas banget menginspirasi saya...

kmaren2 mrasa gagal memberi first impression yang bagus ke bbrapa orang...

pelajaran yang berharga... \)
Mr.ZetoAjax - 21/08/2011 06:23 PM
#5

:mewek sedih ane bacanya
sist banyak banget gagalnyaamazed:
nice share:2thumbup
goil - 21/08/2011 06:39 PM
#6

sangat menginspirasi banget gan :matabelo
goil - 21/08/2011 06:40 PM
#7

sangat menginspirasi banget gan :matabelo
FromSatival - 21/08/2011 10:05 PM
#8

sist saya banyak banget gagalnya
ga keitung malah

pengen banget deh bisa sharing sama sist, semoga bisa
ane mw belajar dari sist kalo boleh D
wisnuwew - 21/08/2011 11:55 PM
#9

Bener2 tergerak liat thread yang satu ini :mewek

:2thumbup
nikini - 22/08/2011 02:11 AM
#10

agan gigih banget ya..
itu yang namanya tekun. kegagalan ga buat agan putus asa..
salut banget gan

sukses selalu
n4rve - 22/08/2011 07:05 AM
#11

Betul bgt tuh,,,,

kalo ane setiap mengalami kegagalan pasti ane inget tentang thomas alfaedison : "dia aja pernah gagal seribu x tuk nemuin sbuah lampu ya masa kita baru gagal sekali lsg putus asa" ngakaks
sayangkaskus - 22/08/2011 09:16 AM
#12

:thumbup
yandhi_gila' - 22/08/2011 12:11 PM
#13

gagal itu bagian dari proses menuju sukses...........

D


karena kita belajar dari setiap kegagalan kita ntu...........


justru esense nya bgimana orang bangkit dari kegagalan ntu.........

:thumbup


kata orang...

Quote:
pengalaman adalah guru yg terbaik.....

dan pengalaman ntu datangnya dari kegagalan..................

D
boldtouchyman - 22/08/2011 01:03 PM
#14

klo ga pernah gagal, ga pernah tahu salah, jadi gagal yah gpp, pengalaman



Gagal Terus? Sama Sekali Ga Salah Kok
maspenewu - 22/08/2011 03:34 PM
#15

kegagalan memang selalu jadi hal membuat kita tambah dewasa dan bisa berfikir cepat untuk selanjutnya, bicara tenatang gagal aku juga sama kok,
-gagal masuk smp favorithammers
-gagal nggak masuk sma favorithammers
-gagal dapet juara lomba popdafuck3:
-gagal dapet pacar/ditolak\(
-dan lebih parah gagal nggak naik kelasnohope:
-setelah itu jadi depresi/ agak stres gila:
-temn2 pada mengkhianat/terutama gebetan breakheart
-gagal dapet beasiswamalu:
-ngecewain semua orangberdukas

tapi sekarang aku beda, sama seperti TS sedikit demi sedikit ane maju bangkit dan berhasil, alhamdulillah ane bisa jadi juara 2 di kelas \)kemajuan di akademik dibarengi dengan kemajuan dapet temen kembali & dapet gebetan barurose:, khusus di bidang akademik meki cuman dapet rank2 di akhir semster bsk aku bisa dpt rank 1thumbup: semogasundulganssundulganssundulgans
Constantine5 - 22/08/2011 05:01 PM
#16

Baca dulu ya gan keliatannya mantab nih thumbup:

Quote:
Kunjungi Thread ane dengan klik gambar di bawah ini gan
Quote:
Gagal Terus? Sama Sekali Ga Salah Kok

Gagal Terus? Sama Sekali Ga Salah Kok

Gagal Terus? Sama Sekali Ga Salah Kok

rainbow: Terima Kasih rainbow:
livejedi - 22/08/2011 06:42 PM
#17

"GAGAL YA GAGAL AJA, GAK USAH PAKE EMBEL2 KESUKSESAN YANG TERTUNDA!"

1 kegagalan membawa kita 1 langkah lebih maju menuju kehancuran. 1 kegagalan membawa kita 1 langkah lebih dekat dengan keterpurukan. 1 kegagalan membawa kita 1 langkah lebih dekat dengan neraka.

Tapi satu kegagalan bisa membawa kita 10/100/1000 lebih kuat/pintar/cerdas (aka kemampuan) dari sebelum terjadi kegagalan.
Pertanyaannya: Apa yang akan kamu lakukan dengan meningkatnya kemampuanmu?
Will Hunting - 23/08/2011 05:08 AM
#18

wih ini kisah keren juga, dah banyak pengalaman

btw ini penulisnya IGO banged gan, akademisi pula, ambassador di Billy Boen YOT \)
Gagal Terus? Sama Sekali Ga Salah Kok
Laura Khairunnisa
Quote:
Universitas : Swiss German University
Jurusan : Business Administration
TTL : Pematang Siantar, 29 Oktober 1991
Email : [email]laurannisa@gmail.com[/email]
FB : Laura Khairunnisa
Twitter : @laurannisa
Prestasi :
Present – SGU, Board of Executive, Public relation division
2010 – SGU, Acoustic Concert: publication staff and usher
2008 – SMAN 8, an annual event: Schoolympic Head of committee farewell party and special supervisor
2007-08 – SMAN 8, Student’s representative council Chairman of special project division
2007 – Chairman of material division of MPK recruitment
2007 – Member of magazine division

sumber
sumber
PENCARI SUAKA - 23/08/2011 06:54 AM
#19

Kegagalan bukanlah akhir (buruk), Tapi Merupakan Awal untuk bangkit..
Terus Berupaya untuk hasil yang terbaik ,.:2thumbup nice post.
JasaSpredCendoL - 23/08/2011 12:00 PM
#20

yups betul gagal itu emang perlu kok buat menggebleng kita
Page 1 of 77 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > CASCISCUS > YOUNG ON TOP KASKUS COMMUNITY (YOTKC) > Gagal Terus? Sama Sekali Ga Salah Kok