Dunia Kerja & Profesi
Home > CASCISCUS > BUSINESS BOARD > Dunia Kerja & Profesi > [Tips & Trik] Membuat Curriculum Vitae (CV) Untuk Melamar Pekerjaan
Total Views: 24600 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 40 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

IrvineShare - 21/08/2011 09:55 PM
#1
[Tips & Trik] Membuat Curriculum Vitae (CV) Untuk Melamar Pekerjaan
Saya mau nge-share Tips & Trik Membuat Curriculum Vitae (CV) yang baik dan benar nih..

Semoga bisa ngebantu para juragans dalam melengkapi map file lamaran pekerjaannya.

Referensi materi : Kumpulan dari Google.

UPDATE...!!!

[B]Untuk sementara ini saya sebagai TS menutup share CV dalam bentuk .word dikarenakan ID ini terjebak di Invitation Only, jadi engga bisa login, post thread dan cek kulkas. Ini saya post via hape.

Untuk yang sudah ngirim cendol dan kirim notif ke email saya, secepatnya saya kirim. Mohon maaf, share CV bisa dibuka lagi setelah ID ini normal kembali (tidak terjebak di invitation only)

Mungkin kaskuser bisa bantu ID IrvineShare ini kembali normal? Saya sudah clear cookies, lapor ke officer, momod, mimin, tapi belum ada perkembangan. Terima kasih kalo bisa bantu.

A. Urutan Penulisan Curriculum Vitae / Daftar Riwayat Hidup.[/B]

Quote:
DATA PRIBADI

Cantumkan identitas anda dengan jelas, seperti :

1. Nama : nama lengkap sesuai KTP, tanpa tittle pendidikan

2. Jenis Kelamin : Laki-laki / Perempuan

3. Tempat dan Tanggal Lahir : Jakarta, 24 Februari 1986

4. Agama :

5. Status Pernikahan : Menikah / Belum Menikah

6. Tinggi dan Berat Badan : 170 cm - 68 kg

Quote:
DATA KONTAK

1. Alamat Rumah : tulis alamat domisili tempat tinggal juragan

2. Email : tulis email personal nama agan, jangan email yg Alay yaa

3. No. Telepon : tulis no. handphone yg selalu aktif, lebih dari 1 nomer lebih bagus. Pisahkan dengan [spasi] per beberapa nomer agar mudah dibaca.

Quote:
OBJEKTIF PEKERJAAN

Tulis bidang pekerjaan apa yg sedang kita cari, lalu jelaskan sifat & sikap kita dalam bekerja, dan kemampuan kita dalam bekerja.

contoh :

Saya mencari pekerjaan dalam bidang public relations, broadcasting, advertising, protokoler, training, customer relations, human resource.

Saya seorang pekerja keras, kreatif, disiplin, bertanggung jawab, berjiwa kepemimpinan dan memiliki integritas yang tinggi.

Saya mampu memberikan solusi terbaik dalam bekerja.

Quote:
PENDIDIKAN FORMAL

Juni 2006 sampai Oktober 2010 jika masih kuliah, tahun lulus ditulis ‘Sekarang’

Instansi : Universitas Pasundan - Bandung (Akreditasi : A)

Kualifikasi : Sarjana S1

Program Studi : Ilmu Komunikasi

Konsentrasi : Public Relations / Hubungan Masyarakat

Tanggal Kelulusan : 18 Oktober 2010

IPK : 3.62 (skala 4.00)

Yudisium : Cum Laude / Sangat Memuaskan / Memuaskan (pilih)

Quote:
PENDIDIKAN NON-FORMAL

1. Pelatihan Public Speaking - Forum Kehumasan Indonesia - Bandung 2010

2. Seminar ‘Effective Marketing Public Relations’ - Bandung 2009

3. ESQ English ‘Art for Tommorow’ - Universitas Pasundan - Bandung 2009

4. English Course in English First (EF) - Bandung 2008

Quote:
KEAHLIAN

Komputer :
Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft PowerPoint, Data Entry, Email, Internet, Website, Blog, Adobe Photoshop, Corel Draw.

Bidang Lain :
Promosi, Public Relations, Konsep, Protokoler, Strategic Planning, Training, Design, Sinematografi, Fotografi, Creative, Script Writer, Copywriting.

Bahasa :
Indonesia (aktif) dan English (spoken = 8 ; written = 8).

Quote:
PENGALAMAN KERJA

     Tuliskan:

- Nama perusahaan dengan lengkap

- Bergerak bidang usaha apa perusahaan itu

- Lokasi - Periode - Jabatan terakhir

- Job Description
Contoh:

1. PERUM PERUMNAS (Perusahaan Umum Pembangunan Perumahan Nasional)

Perusahaan BUMN yang bergerak di bidang properti bangunan rumah tinggal.

Lokasi : Wisma Perumnas - Kantor Pusat, Jl. D.I Pandjaitan Kav. 11. Jakarta

Periode : Juni 2009 s/d sekarang

Jabatan : Staf pada Dept. Humas dan Protokoler.

Job Description:

- Membuat Press Release acara resmi Perumnas dengan klien

- Menyusun materi untuk press conference dengan media massa

- Melayani keluhan konsumen terhadap perusahaan

- Merekapitulasi biaya penawaran kerjasama untuk acara sponsorship kegiatan yang diselenggarakan Perumnas

Notes : Jika Fresh Graduate/belum punya pengalaman kerja, di hapus saja bagian ini.
IrvineShare - 21/08/2011 09:57 PM
#2

B. Tips Penulisan. (Kertas, Huruf, Foto, Dokumen Pendukung)

Quote:
1. Gunakan kertas putih polos.

CV sebaiknya diprint di kertas putih polos, tidak menggunakan background image (kecuali jurusan Seni/Design)

Jangan menggunakan form CV yang dijual di toko-toko.


Quote:
2. Diketik dengan huruf standar surat resmi.

CV jangan ditulis tangan, namun diketik dengan komputer/laptop.

Gunakan huruf dengan ukuran dan jenis standar (warna hitam),

Rekomendasi TS pakai font CALIBRI


Quote:
3. Foto terbaru.

Lampirkan pas foto terbaru ukuran 4×6. (kebijakan perusahaan)

Sebaiknya gunakan pas foto berwarna, dan berpakaian resmi (misalkan jas lengkap dengan dasi).

Background foto pilh warna yang standart : Merah, Biru, atau Abu-abu (kebijakan perusahaan)

Lampirkan maximal 2 lembar.


Quote:
4. Dokumen pendukung.

Lampirkan dokumen atau bukti-bukti tentang hal-hal yang dituliskan dalam CV seperti Ijazah, transkrip nilai, sertifikat atau penghargaan, dsb

(dokumen pendukung tersebut dalam bentuk photocopy).

Agar dokumen pendukung yang dilampirkan tidak terlalu banyak,

sebaiknya anda menyeleksi/menyortir dokumen mana yang paling penting dan relevan untuk dilampirkan.

Jika belum memiliki Ijazah (masih kuliah/sedang proses cetak) maka bisa diganti dengan Surat Keterangan Mahasiswa / Surat Keterangan Lulus
IrvineShare - 21/08/2011 09:59 PM
#3

C. Beberapa Saran Penting.

Quote:

1. Jujur, Jangan Berbohong.

Ingat, jangan sekali-kali menuliskan pada CV anda suatu pengalaman yang anda sendiri tidak mengalaminya.

Memang seseorang terkadang merasa gengsi dengan pengalaman yang dia miliki, karena merasa kalah pengalaman.

Jangan sampai kita di Blacklist oleh perusahaan karena kita berbohong pada CV kita,

kebohongan itu rata-rata dalam dokumen sertifikasi seminar, kursus, TOEFL, Transkrip Nilai, KTP, dsb.


Quote:

2. Jumlah Halaman.

Pada umumnya CV hanya terdiri dari 1 (satu) atau 2 (dua) halaman.

Namun jika memang riwayat pekerjaan/karir anda sangat banyak, juga pendidikan/kursus/pelatihan anda sangat banyak.

Dan anda menganggap bahwa itu penting untuk ditampilkan, maka anda boleh menambahkannya menjadi 3 (tiga) halaman CV

sebagai lampiran Surat Lamaran Kerja, tidak masalah. Tetapi khusus untuk Surat Lamaran Kerja, tetap upayakan 1 (satu) halaman.


Quote:

3. Tata Bahasa, Tanda Baca, dan Ejaan.

Tidaklah dibenarkan jika dalam resume terjadi kesalahan-kesalahan menyangkut tata bahasa, tanda baca, dan ejaan.

Bacalah kembali tata bahasa di buku atau Kamus Bahasa Indonesia.

Atau klik disini untuk melihat pedoman tentang tanda bahasa, tanda baca, dan ejaan.

Jika anda menulis CV dalam Bahasa Inggris, dan anda belum yakin,

maka cobalah minta dicek kembali atau di-review oleh teman/kerabat yang menguasai Bahasa Inggris tersebut.


Quote:

4. Jelas, Singkat.

Jangan membuat orang yang membaca CV atau resume anda mengintepretasikan atau mengartikan hal yang berbeda.

Contoh: CV pada bagian pendidikan, anda menuliskan Sarjana Akuntansi Universitas Pancasila, dan tidak menambahkan nama kota lokasinya.

Jangan berasumsi bahwa pembaca pasti tahu Universitas Pancasila itu ada di Jakarta.

Oleh karena itu tambahkan nama kota dibelakangnya, misalkan Sarjana Akuntansi Universitas Pancasila – Jakarta.


Quote:

5. Mudah Dibaca dan Mudah Dicerna.

CV yang dibuat secara kacau-balau menggambarkan pikiran yang tidak jernih dan ketidakmampuan penulis dalam menuangkan isi hatinya.

Oleh karena itu sangat penting membuat CV yang mudah dibaca, mudah dicerna, urutannya jelas, dan logis.

Bila perlu bagian-bagian atau kata-kata yang anda anggap sangat penting untuk ditonjolkan, dapat ditulis dengan huruf tebal (bold).

Namun jangan terlalu banyak bagian yang ditebalkan, sehingga tidak terlihat lagi bagian yang sangat penting tersebut.


Demikian uraian tentang panduan cara membuat Curriculum Vitae (CV) dengan baik & benar.

Semoga dapat dijadikan bahan acuan untuk anda yang ingin membuat CV.

Dan, semoga anda mendapatkan pekerjaan yang anda impikan. Amiiiiiin
IrvineShare - 21/08/2011 10:00 PM
#4

Testimonial Juragans Yang Sudah Pesan CV

Spoiler for testimonial
Quote:
Original Posted By soldierofheart
mau kasih testi nih buat agan irvineshare... sekarang ane udah diterima kerja di PT Accenture, berkat format CV dari agan juga nih.. shakehand

Quote:
Original Posted By orionbelt22
mau kasi testimoni nih...
yang butuh format cv yang recommended silahkan PM atau email aja agan ini, baik kok, dan isinya maknyus...saya sudah membuktikan D

Quote:
Original Posted By ago
sesuai dengan nama id nya, irvineshare ternyata agan yg satu ini emg baik hati dan mau saling sharing ngakaks

bener banget nih gan, atas petunjuk agan mendapat pencerahan dalam menulis cv jadi keliatan lebih baik. Muantap

Quote:
Original Posted By adodira
wohohohooooo keren gan mantabbbsss :thumbup

dikasi versi english! sangat berguna gan! Thanks bgt thumbup:

Quote:
Original Posted By saqargelo
oke gan cv dah diterima, formatnya bagus gan, klo bs request sekalian surat lamaran kerja dong, hehe..
semoga bisa melancarkan jalan saya menuju ke pekerjaan yang bagus dan agan mendapat balasan dari yang di atas, AMIN

Quote:
Original Posted By aiin
Mantabs gan CV nya,, sangat membatu ane D

ada yang mau ane tanyain gan \)

apakah bagian pendidikan formal cukup ditulis pendidikan terakhir saja ??
ataukah harus dari pendidikan dasar sampai akhir gan??

Quote:
Original Posted By myplans
sudah ane terima gan. shakehand2
sukses terus untuk anda dan saya beer:

Quote:
Original Posted By ramozeven
sudah ane terima di email gan

thanks gan beer:

Ane bantu sundul juga deh buat agan yg baik hati ini

sup2:sup2:sup2:sup2:sup2:

Quote:
Original Posted By angelznino
mancap gan format cvnya, boleh lah yah saya pake formatnya kebetulan fresh grad lg lamar sana sini malu:
Kertas f4 itu kyk apa sih? Klo a4 aja gmn gan ?

Cek kolor cendols

Quote:
Original Posted By septiancecepdigul@yahoo.com
wah mantab dah gan...
Ini emang sangat berguna dah gan buat ngelamar kerjaan...
Ane jga lagi butuh nih buat ngelamar pekerjaan baru.....

Quote:
Original Posted By nestorraditya
terimakasih banyak buat agan irvineshare, bener2 enak buat share ttg cv, surat lamaran, dll :2thumbup
besok nambah beberapa gelas cendol lg deh ya, blm mateng nih peace:

Quote:
Original Posted By salep99
makasi bgt gan,,cwsilver sudah dterima,,hehe

jd pnasaran sm yg premiumberdukas..tp apadaya blum iso gann,,huaaaa

anyway makasi banyak ya gan cv nya,,heeiloveindonesias

Quote:
Original Posted By shelamet
ini thread penting bagi temen2 yang mau memasuki dunia kerja \)
ataupun yang mau pindah kerja ilovekaskus

sukses y gan thread nya

Quote:
Original Posted By salep99
mantab gann,,hehe,,makasi bgt ya gan tips"nya,,hehe\)biloveindonesias

Quote:
Original Posted By laceleste
sip gan, udah terkirim, bikin cv dulu ane gan ngacir:

Quote:
Original Posted By ayulicy
ya ampuuuun baiknya malus
ayuparadita[at]gmail.com
makasih ya gan malus
dj arifvf - 22/08/2011 07:31 AM
#5

nice tips gan D
kebetulan ane butuh nih
tertius - 22/08/2011 02:53 PM
#6

Saran yg bagus nih.....

Sedikit menambahkan....Surat Lamaran kerja dan CV merupakan berkas/dokumen yg formal. Maka dari itu teliti kembali dan jangan ada kesalahan ketik terutama Nama perusahaan yang dilamar. Contoh: Anda ingin melamar di PT. ABC namun di surat lamaran tertulis ditujukan ke PT. XYZ.
Kesalahan2 seperti itu sering terjadi.

Thanks....
IrvineShare - 22/08/2011 07:44 PM
#7

Quote:
Original Posted By dj arifvf
nice tips gan D
kebetulan ane butuh nih


Oke gan..

Silahkan diedit-edit lagi CV nyaa.. cendols
IrvineShare - 22/08/2011 07:48 PM
#8

Quote:
Original Posted By tertius
Saran yg bagus nih.....

Sedikit menambahkan....Surat Lamaran kerja dan CV merupakan berkas/dokumen yg formal. Maka dari itu teliti kembali dan jangan ada kesalahan ketik terutama Nama perusahaan yang dilamar. Contoh: Anda ingin melamar di PT. ABC namun di surat lamaran tertulis ditujukan ke PT. XYZ.
Kesalahan2 seperti itu sering terjadi.

Thanks....


Okee sama-sama..

Iya kita juga mesti perhatiin penulisan tanda baca, tanda bahasa, dan ejaan yang baik dan benar. Bisa dilihat disini
charles.id - 23/08/2011 01:10 PM
#9

treengkiu gan,,,ane butuh banget ne D
lokernasional - 23/08/2011 01:18 PM
#10

Tips yang sangat berguna

saya hanya mau menambahi, untuk pasphoto pakaian digunakan sebaiknya disesuaikan dengan jenis lowongan, misalkan untuk level supervisor atau manajer lbh baik menggunakan pakaian resmi berdasi.
IrvineShare - 24/08/2011 06:18 PM
#11

Quote:
Original Posted By dj arifvf
nice tips gan D
kebetulan ane butuh nih


Hajaaaar Gaaaaan.. D
IrvineShare - 24/08/2011 06:18 PM
#12

Quote:
Original Posted By lokernasional
Tips yang sangat berguna

saya hanya mau menambahi, untuk pasphoto pakaian digunakan sebaiknya disesuaikan dengan jenis lowongan, misalkan untuk level supervisor atau manajer lbh baik menggunakan pakaian resmi berdasi.


Okee Gan, makasih tambahannyaaa...
patiquebernama - 25/08/2011 12:13 AM
#13

Nice tips gan. Sangat berguna [Tips & Trik] Membuat Curriculum Vitae (CV) Untuk Melamar Pekerjaan
IrvineShare - 25/08/2011 06:46 AM
#14

Quote:
Original Posted By patiquebernama
Nice tips gan. Sangat berguna [Tips & Trik] Membuat Curriculum Vitae (CV) Untuk Melamar Pekerjaan


Sipp.. iloveindonesias
kiko_koki - 25/08/2011 08:18 PM
#15

sekedar tips...

kalau misalnya pengalaman kerja sudah banyak dan punya track record-nya bagus, sebaiknya bagian itu ditaro sebelom pendidikan, karena pada kenyataannya "pengalaman" lebih sering menjual daripada status akademis. Kecuali untuk fresh graduate, pendidikan boleh setelah personal data, karena mungkin belum punya pengalaman kerja, atau masih sangat sedikit track recordnya.

satu lagi, untuk industri tertentu, sepertinya penggunaan kertas polos bisa jadi blunder \) alias tidak berpotensi untuk dilihat. Untuk industri kreatif seperti advertising agency, broadcasting, publishing dan sejenisnya malah sebaiknya jangan menggunakan metode CV konvensional yang terlalu formal, boleh bebas berkreasi selama masih dalam jalur yang benar, dan tidak mengurangi fungsi CV itu sendiri sebagai "tanda pengenal". \)

Selama kerja, saya pribadi belum pernah pakai kertas polos putih untuk ngelamar, foto pakai jas dan dasi. Tapi untuk point lainnya mengenai kejujuran, jumlah halaman, tata bahasa dan lainnya, setuju banget. Biar bagaimanapun, CV harus bisa berfungsi sebegai pre-introduction. Gimana caranya interviewer bisa "mengenal" kita sebelum ketemu sekalipun.

nice thread anyway beer:
IrvineShare - 26/08/2011 01:33 AM
#16

Quote:
Original Posted By kiko_koki
sekedar tips...

kalau misalnya pengalaman kerja sudah banyak dan punya track record-nya bagus, sebaiknya bagian itu ditaro sebelom pendidikan, karena pada kenyataannya "pengalaman" lebih sering menjual daripada status akademis. Kecuali untuk fresh graduate, pendidikan boleh setelah personal data, karena mungkin belum punya pengalaman kerja, atau masih sangat sedikit track recordnya.

satu lagi, untuk industri tertentu, sepertinya penggunaan kertas polos bisa jadi blunder \) alias tidak berpotensi untuk dilihat. Untuk industri kreatif seperti advertising agency, broadcasting, publishing dan sejenisnya malah sebaiknya jangan menggunakan metode CV konvensional yang terlalu formal, boleh bebas berkreasi selama masih dalam jalur yang benar, dan tidak mengurangi fungsi CV itu sendiri sebagai "tanda pengenal". \)

Selama kerja, saya pribadi belum pernah pakai kertas polos putih untuk ngelamar, foto pakai jas dan dasi. Tapi untuk point lainnya mengenai kejujuran, jumlah halaman, tata bahasa dan lainnya, setuju banget. Biar bagaimanapun, CV harus bisa berfungsi sebegai pre-introduction. Gimana caranya interviewer bisa "mengenal" kita sebelum ketemu sekalipun.

nice thread anyway beer:


Iya benar sekali gan. Khusus untuk perusahaan yg bergerak di bidang itu, harus dibedakan jenis kertas dan format penulisannya tanpa keluar jalurnya..

Oiya, untuk hal foto, foto yg bagaimana sebaiknya yg dilampirkan di CV ke perusahaan tersebut gan?
rockondome - 27/08/2011 04:51 PM
#17

wah ane butuh banget Gan..
maklum baru lulus.. \)b
IrvineShare - 29/08/2011 12:53 AM
#18

Quote:
Original Posted By rockondome
wah ane butuh banget Gan..
maklum baru lulus.. \)b


Okee gaaan.. Langsung bikin CV..

Sukseees yaaa...
jackdelta - 02/09/2011 10:02 PM
#19

ga dibikinin contohnya gan??? jadi tinggal copas aja gitu... p

maaf ni ane Indonesia bgt gan, takut salah soalnya low mau bikin... malu
pinochio - 10/09/2011 11:43 AM
#20

ada contoh buat yang fresh graduate gak ya o
Page 1 of 40 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > CASCISCUS > BUSINESS BOARD > Dunia Kerja & Profesi > [Tips & Trik] Membuat Curriculum Vitae (CV) Untuk Melamar Pekerjaan