YOUNG ON TOP KASKUS COMMUNITY (YOTKC)
Home > CASCISCUS > YOUNG ON TOP KASKUS COMMUNITY (YOTKC) > 9 Jurus Memancing Kreatifitas
Total Views: 19966 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 33 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

ID20102010 - 13/09/2011 10:38 AM
#1
9 Jurus Memancing Kreatifitas
9 Jurus Memancing Kreatifitas

Entah ke mana perginya kreativitas. Sementara deadline di depan mata. Banyak orang mengaku menjadi kreatif ketika berada di bawah tekanan. Namun, studi menunjukkan sebaliknya. Orang menjadi paling tidak kreatif ketika harus berjuang memenuhi target deadline. Mengapa? Tenggat waktu tidak menciptakan suasana kondusif bagi kreativitas karena Anda tidak memiliki waktu untuk memikirikan masalah secara mendalam. Sebagian besar Ide justru muncul setelah Anda diberi cukup waktu untuk membiarkan benih ide itu ‘meresap’ ke dalam pikiran dan berkembang sampai matang.

Berikut ini 9 jurus bagaimana memancing kreativitas:

Quote:
[CENTER]1. Tanya Mengapa?

Coba tanyakan pada diri sendiri , mengapa kreativitas mandek. Lalu, cari 6 alasannya. Untuk setiap alasannya, tanyakan kembali mengapa hal ini bisa terjadi? Teruslah bertanya pada diri sendiri. Hal ini akan membantu Anda untuk lebih mengerti berbagai alasan mengapa Anda bisa mati ide. Dengan begitu, Anda bisa menemukan berbagai jalan keluar.

Quote:
2. Talk To A Stranger.

Bahkan jika Anda introvert sekalipun. Dengan bicara pada orang yang tidak dikenal, otak dilatih berpikir cepat mencari bahan pembicaraan. Ini bisa membantu Anda membangkitkan ide. Siap mencoba? Mulai sekarang coba buat obrolan kecil dengan orang yang tidak dikenal di pesta, supermarket, toko buku atau saat nonton film di bioskop. Hitung-hitung menambah teman dan memperluas networking juga, bukan?

Quote:
3. Buka Kamus.

Pilih kata apa pun secara acak. Tuliskan 6 kata yang berhubungan dengan kata tersebut. Misalnya, pohon. Kata yang berhubungan adalah akar, ranting, jenis, apel, batang pohon dan tinggi. Setelah itu, coba ciptakan hubungan antara kata-kata tersebut dengan masalah yang Anda hadapi untuk menciptakan suatu ide segar. Hal ini sudah terbukti berhasil, baik untuk individu maupun kelompok.


Quote:
4. Think Like Celebrity.

Coba cari tahu, bagaimana para selebriti menghadapi masalah saat kreativitas mereka mentok? Apa yang akan dilakukan Sherlock Holmes ketika kehabisan ide? Temukan pendekatan individual tokoh idola Anda dalam memecahkan masalah dan membangkitkan kreatifitas. Hal ini mungkin dapat memberikan Anda jalur keluar atau inspirasi yang cukup radikal.

Quote:
5. Berlibur Bersaa Laptop.

Kalau kreatifitas sudah benar-benar buntu, ambil cuti satu hari dan bawa laptop Anda jalan-jalan. Anda bisa pergi ke pedesaan, taman kota, coffee shop, atau pekarangan vila teman. Di sana Anda tak perlu melakukan latihan mencari ide dan kreatifitas. Cukup lihat sekeliling. Biarkan pikiran Anda bertualang. Dan, biarkan kreativitas itu muncul secara alami.


Quote:
6. Lihat Benda Seni.

Merenungkan masalah yang Anda hadapi sambil berjalan-jalan di galeri seni atau museum, juga bisa dicoba. Stimuli eksternal di wilayah yang penuh kreativitas ini akan dapat merenangsang otak menciptakan ide baru.


Quote:
7. Menyepi di Keramaian.

Anda datang ke mal bukan untuk berbelanja, melainkan menyenangkan hati agar bisa mendapatkan ide. Mungkin cara itu bisa membuat Anda melahirkan sebuah ide (karena pikiran Anda sedang senang), tapi bisa juga tidak (karena Anda malah sibuk berbelanja). Ada cara lain yang lebih menarik dan bisa mendatangkan banyak ide kreatif. Duduk atau berdirilah di suatu tempat yang nyaman di keramaian mal. Lalu, amatilah orang-orang yang lau lalang di depan Anda. Memang cara ini tidak seperti Anda sedang meningkatkan kreatifitas atau produktifitas. Namun, otak tetap bekerja. Pasti ada sesuatu yang Anda dapat dari pengamatan tersebut. Kalau beribu-ribu ide cemerlang bisa lahir di kamar mandi atau teman, mengapa di mal tidak?


Quote:
8. Buat Cerita.

Gambarkan situasi permasalahan dalam bentuk karton yang menggambarkan orang-orang yang terlibat serta masalah-masalahnya. Gantungkan di dinding dan bayangkan bagaimana ceritanya akan berkembang. Bayangkan semuanya seperti potongan cerita kartun. Kabanyakan otak manusia bekerja dengan lebi baik dengan gambar dibandingkan dengan kata-kata atau angka. Jadi cara ini dapat membawa Anda kepada suatu ide yang fantastis.


Quote:
9. Berandai-Andai.

Pikirkan masalah lain dalam hidup yang mirip dengan masalah yang Anda hadapi sekarang. Misalnya, Anda tak puny ide untuk membuat rekan kerja atau staf bekerja menggunakan metode baru. Cobalah bayangkan kejadian lain yang mirip. Misalnya, betapa sulitnya mengajak keponakan Anda untuk memakan sayuran. Pikirkan cara-cara yang dapat dilakukan untuk membujuk keponakan memakan sayuran. Dari cara-cara tersebut, lihat apa ada yang dapat digunakan sebagai jalan keluar untuk permasalahan Anda.


SUMBER[/CENTER]

Quote:
SEMOGA THREAD ANE BERMANFAAT
cendolbig
ID20102010 - 13/09/2011 10:38 AM
#2

Share dari Kaskuser

Quote:
Original Posted By Kurokazemaru
:2thumbup

Bagus bener threadnya, ane bantu sup2: deh......

Bener jg sie semua penjelasannya, w kadang2 jg sering ngelakuin hal yg kaya gtu, seperti contoh yg ke-2 Bicara dengan orang yg g d kenal.....

Mungkin bagi sebagian orang itu aneh, tp klo kita sering ngelakuin itu mungkin bakal membantu kita bwt mengerti orang lain jg, bisa nambah pengetahuan dan jg kenalan baru........


Quote:
Original Posted By frienlymuhammad
biasanya orang kalo merasa semangat kalo udah dapet aura positif.
percuma dia udah dapet motifasi tapi aura positifnya belon ada ...
tapi ini tret bagus memotofasi thanks.
sup2:




olickz - 13/09/2011 10:41 AM
#3

LoveMeydaSefira - 13/09/2011 10:52 AM
#4

nice thread gan :2thumbup
ane bantu :rate5 dah \)
ID20102010 - 13/09/2011 10:59 AM
#5

Quote:
Original Posted By olickz
berarti intinya banyak bergerak ya gan,..
berotak atau pun otot,...CMIIW

nice thread gan :rate5


iya gan bener bnyak bergrak salah satu faktor untuk membangkitkan kreatifitas,..

Quote:
Original Posted By LoveMeydaSefira
nice thread gan :2thumbup
ane bantu :rate5 dah \)


thank sist
semoga bermanfaat buat sista D
herocm19 - 13/09/2011 10:59 AM
#6

ijin praktekin gan..

nice shared..
frienlymuhammad - 13/09/2011 11:09 AM
#7

biasanya orang kalo merasa semangat kalo udah dapet aura positif.
percuma dia udah dapet motifasi tapi aura positifnya belon ada ...
tapi ini tret bagus memotofasi thanks.
sup2:
ID20102010 - 13/09/2011 11:18 AM
#8

Quote:
Original Posted By herocm19
ijin praktekin gan..

nice shared..


silahkn gan,..
semoga bermanfaat D

Quote:
Original Posted By frienlymuhammad
biasanya orang kalo merasa semangat kalo udah dapet aura positif.
percuma dia udah dapet motifasi tapi aura positifnya belon ada ...
tapi ini tret bagus memotofasi thanks.
sup2:


betul banget gan,..
dan biasanya kalo mengrakan tubuh atau olahraga,.
aura positif kta akan muncul dengan sendirinya,..D
MarksmanRyo - 13/09/2011 11:35 AM
#9

Nice info gan, ane tambahin:

sering2 join forum diskusi via internet, contohnya:
9 Jurus Memancing Kreatifitas

ilovekaskusilovekaskusilovekaskus
REPAIRINGSOUL - 13/09/2011 11:35 AM
#10

keren banget gan threadnya,..


ternyata trit di sini keren-keren ya
id.bersama - 13/09/2011 11:38 AM
#11

meski ud dpt motivasi tapi gak ada yg support biasanya jadi memble lagi...
mucheu - 13/09/2011 11:39 AM
#12

berfikir seperti selebritis mesti di coba nih,..

:rate5
ID20102010 - 13/09/2011 11:42 AM
#13

Quote:
Original Posted By MarksmanRyo
Nice info gan, ane tambahin:

sering2 join forum diskusi via internet, contohnya:
9 Jurus Memancing Kreatifitas

ilovekaskusilovekaskusilovekaskus


betul banget gan,..
ngaskus emang bikin kita menemukan inspirasi dan kreativitas

Quote:
Original Posted By REPAIRINGSOUL
keren banget gan threadnya,..


ternyata trit di sini keren-keren ya


thank gan semoga bermanfaat
greatbluerolla - 13/09/2011 11:56 AM
#14

nice share gan.. :2thumbup
ane bantu :rate5
abbas92 - 13/09/2011 12:07 PM
#15

Berandai-Andai.

ini yang sering ane lakukan gan, ane sering berandai-andai kalo lagi sendirian \)
hawkin - 13/09/2011 08:44 PM
#16

wah mantep nih thread
:thumbup
suryadinningrat - 14/09/2011 05:08 AM
#17

kl dapet ide langsung dicatat di buku kecil gan biar ga lupa,,
ID20102010 - 15/09/2011 10:43 AM
#18

Quote:
Original Posted By abbas92
Berandai-Andai.

ini yang sering ane lakukan gan, ane sering berandai-andai kalo lagi sendirian \)


sama gan kadang ane juga begitu,.. D

Quote:
Original Posted By hawkin
wah mantep nih thread
:thumbup


thank gan,..
semoga bermanfaat D
olickz - 16/09/2011 12:02 PM
#19

Quote:
Original Posted By ID20102010
iya gan bener bnyak bergrak salah satu faktor untuk membangkitkan kreatifitas,..



thank sist
semoga bermanfaat buat sista D


iya gan salah satunya dengan Olahraga D
FastCoreBoy - 16/09/2011 05:23 PM
#20

wah keren gan tritnya, boleh dicoba juga nih :thumbup
Page 1 of 33 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > CASCISCUS > YOUNG ON TOP KASKUS COMMUNITY (YOTKC) > 9 Jurus Memancing Kreatifitas